Reasuransi Maipark

3.5 / 5.0 (5.513 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Reasuransi Maipark

PT Asuransi Maipark semula merupakan perusahaan asuransi umum yang berubah sesuai dengan kesepakatan pemegang saham menjadi perusahaan reasuransi yang memberikan jaminan proteksi terhadap lembaga keuangan.

Reasuransi Maipark menawarkan produk reasuransi gempa bumi, kebakaran, dan ledakan, maksudnya perusahaan akan menanggung risiko klaim asuransi gempa bumi yang dituntut kepada tertanggung (perusahaan asuransi). Keunggulan dari brand ini adalah pada produk yang disediakan terfokus pada satu jenis reasuransi sehingga menjadi ekspert pada sektor tersebut.

Ringkasan

  • Fokus melayani pertanggungan klaim dari asuransi gempa bumi dan tsunami, sehingga menjadi ekspert dalam reasuransi sektor tersebut.
  • Reasuransi Maipark terus memenangkan penghargaan setiap tahunnya sejak tahun 2006. Dengan penghargaan terbanyak didapat dari Infobank Award.

Sejarah Reasuransi Maipark

Maipark merupakan gabungan dari Maskapai Asuransi Indonesia dan Perusahaan Asuransi Risiko Khusus sehingga terbentuklah PT Reasuransi Maipark pada tahun 2004 yang sahamnya dimiliki oleh 32 perusahaan asuransi umum. Beberapa di antaranya PT Asuransi Multi Artha Guna, PT Tugu Pratama Indonesia, dan PT Asuransi Astra Buana.

Sejak maraknya bencana gempa bumi, Maipark hadir sebagai antisipasi dalam memberikan proteksi terhadap klaim yang tinggi dari beberapa produk asuransi umum khususnya asuransi gempa bumi dan sejenisnya.

Terlebih posisi Indonesia sebagai negara kepulauan rentan terhadap gempa bumi, tsunami, hingga letusan gunung berapi serta banjir. Contohnya saja, bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2016 di pesisir Sumatera Barat menjadi perhatian media internasional karena besarnya kerusakan yang disebabkan oleh bencana tersebut.

Sejak saat itu, Maipark hadir memberikan keringanan kepada perusahaan asuransi umum ketika harus membayarkan klaimnya.

Ada beberapa produk yang ditanggung kembali oleh Maipark seperti asuransi gempa bumi, asuransi kebakaran dan ledakan karena gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami, dan risiko lain yang ditanggung dalam polis asuransi.

PT Reasuransi Maipark telah mendapat izin pendirian usaha dari OJK dengan nomor izin KEP-5633/MD/1986 Tanggal 01 September 1986. Perusahaan ini tercatat telah melakukan perubahan nama perusahaan dari PT Maskapai Asuransi Indonesia menjadi PT Asuransi Maipark Indonesia pada tahun 2004. PT Reasuransi Maipark juga sudah terdaftar dalam Asosiasi Asuransi Umum Indonesia yang memberikan reasuransi kepada beberapa perusahaan asuransi khususnya yang memiliki produk asuransi gempa bumi dan sejenisnya.

Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standardisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.

Mengacu kepada laporan keuangan 2018, PT Reasuransi Maipark membuktikan performa kinerja finansialnya sebagai berikut.

  • Rasio solvabilitas: 556,10 persen
  • Jumlah aset: Rp442,690 miliar
  • Jumlah ekuitas: Rp980,249 miliar

Dari data keuangan tersebut dapat disimpulkan bahwa dari segala aspek yang dijadikan indikator penentu kualitas keuangan perusahaan, PT Reasuransi Maipark termasuk perusahaan dengan kondisi finansial yang layak dijadikan pilihan prioritas bagi calon nasabah. Kondisi finansial yang kuat akan memberikan jaminan kepada kualitas produk dan pemenuhan kebutuhan klaim para nasabahnya hingga tuntas.

 
 

Pilihan produk Reasuransi Maipark

Reasuransi Maipark memiliki satu produk yang bergerak di perlindungan bencana alam seperti tsunami hingga gempa bumi. Berikut ini adalah ulasan singkatnya

Produk Asuransi Gempa Bumi Berbasis Index (AGBBI)

Reasuransi Maipark berfokus pada produk reasuransi yang memberikan perlindungan finansial terhadap lembaga keuangan atas risiko gempa bumi, kebakaran, ledakan dan risiko lain yang ditanggung dalam polis asuransi. Beberapa keunggulan dari produk-produk tersebut adalah manfaat dana tunai sebagai ganti rugi atas non performing loan (NPL), objek pertanggungan yang dapat diproses adalah portofolio pinjaman yang diberikan lembaga keuangan kepada nasabahnya dan perlindungan kecepatan pembayaran klaim yang relatif cepat.

 

Daftar Polis dan Manfaat Reasuransi Maipark

Reasuransi Maipark hanya menghadirkan satu produk, yakni asuransi gempa bumi. Berikut polis asuransi Maipark yang bisa dipilih.

Reasuransi Gempa Bumi

Reasuransi Gempa Bumi Berbasis Index (AGBBI)

Produk reasuransi Maipark yang memberikan perlindungan finansial pada lembaga keuangan terhadap risiko gempa bumi, kebakaran, ledakan karena diikuti gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami dan risiko lain yang ditanggung dalam polis asuransi.

  • Manfaat dana tunai sebagai ganti rugi atas non performing loan (NPL)
  • Objek pertanggungan yang dapat diproses adalah portofolio pinjaman yang diberikan lembaga keuangan kepada nasabahnya
  • Perlindungan kecepatan pembayaran klaim yang relatif cepat
 

Berita Terbaru Maipark

Januari 2020 - Perusahaan Reasuransi MAIPARK membangun Maipark Research Network (MRN) untuk meneliti potensi bencana alam di Indonesia. Nantinya ini akan menjadi acuan untuk menentukan premi asuransi kebencanaan serta diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Strategi ini diharapkan bisa mengubah lanskap asuransi umum di Indonesia.
 

Tanya Jawab

Berikut ini adalh beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh nasabah terkait Reasuransi Maipark

PT Asuransi Maipark semula merupakan perusahaan asuransi umum yang berubah sesuai dengan kesepakatan pemegang saham menjadi perusahaan reasuransi yang memberikan jaminan proteksi terhadap lembaga keuangan.

Maipark merupakan gabungan dari Maskapai Asuransi Indonesia dan Perusahaan Asuransi Risiko Khusus sehingga terbentuklah PT Reasuransi Maipark pada tahun 2004 yang sahamnya dimiliki oleh 32 perusahaan asuransi umum. Beberapa di antaranya PT Asuransi Multi Artha Guna, PT Tugu Pratama Indonesia, dan PT Asuransi Astra Buana.

Sejak maraknya bencana gempa bumi, Maipark hadir sebagai antisipasi dalam memberikan proteksi terhadap klaim yang tinggi dari beberapa produk asuransi umum khususnya asuransi gempa bumi dan sejenisnya.

Sudah bergerak di bidang reasuransi Tanah Air selama kurang lebih 16 tahun membuat Maipark merupakan salah satu perusahaan yang cukup terkemuka di bidangnya tersebut. Dengan rutin melaporkan laporan keuangannya serta memiliki kondisi keuangan yang sehat, ini membuktikan bahwa perusahaan ini cukup dikelola oleh tenaga-tenaga kerja yang memiliki kapabilitas dan komitmen tinggi kepada pelanggan.

Selain itu Maipark sendiri relatif jarang terdengar isu miring yang menerpa sehingga bisa masuk dalam kategori perusahaan reausransi berkategori bagus yang bisa dipertimbangkan oleh nasabah di Tanah Air.

Maipark ialah gabungan dari Maskapai Asuransi Indonesia dan Perusahaan Asuransi Risiko Khusus sehingga terbentuklah PT Reasuransi Maipark pada tahun 2004 yang sahamnya dimiliki oleh 32 perusahaan asuransi umum. Beberapa di antaranya PT Asuransi Multi Artha Guna, PT Tugu Pratama Indonesia, dan PT Asuransi Astra Buana.

  • Presiden Direktur: Fauzie Darwis
  • Direktur: Imelda Siahaja, Heddy A. Pritasa
  • Services Business Development Group Head: Akbar Kusumanto
  • Human Resources & General Affair Group Head: Rini Widyastuti
  • Information Technology Group Head: M. Riski Nasarullah
  • Risk Management and Analitycs  Group Head: Andriansyah
  • Internal Audit Group Head: Satwika Arief
  • Finance & Accounting Group Head: Cucu Ferawati
  • Corporate Secretary Group Head: Jefry Rasyid

Asuransi Gempa Bumi Berbasis Index (AGBBI) adalah produk reasuransi Maipark yang memberikan perlindungan finansial pada lembaga keuangan terhadap risiko gempa bumi, kebakaran, ledakan karena diikuti gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami dan risiko lain yang ditanggung dalam polis asuransi. 

Berdasarkan surat edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 21/SEOJK.05/2015 tentang “Penetapan Tarif Premi Atau Kontribusi Pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda Dan Asuransi Kendaraan Bermotor Tahun 2015, penghitungan premi asuransi gempa bumi mengacu kepada dua faktor, yaitu kelas konstruksi bangunan dan zona daerah.

Kelas konstruksi bangunan terbagi menjadi dua jenis, yaitu commercial dan dwelling house.

  • Commercial adalah objek pertanggungan dengan kode okupasi selain rumah tinggal.
  • Dwelling house adalah objek pertanggungan rumah tinggal dengan semua kelas konstruksi.

 Berikut penjelasan mengenai kelas konstruksi asuransi gempa bumi.

Commercial

  • Com: Steel, Wood, RC ≤ 9: Konstruksi bangunan menggunakan rangka baja, kayu, dan beton bertulang dengan jumlah lantai sampai dengan 9 lantai.
  • Com: Steel, Wood, RC > 9: Konstruksi bangunan menggunakan rangka baja, kayu, beton bertulang, dengan jumlah lantai lebih dari 9 lantai.
  • Com: Others: Konstruksi bangunan tanpa menggunakan rangka baja, kayu, dan beton bertulang.

Dwelling House

  • DW: Steel, Wood, RC: Konstruksi rumah tinggal yang menggunakan rangka baja, kayu, dan beton bertulang.
  • DW: Others: Konstruksi rumah tinggal tanpa menggunakan rangka baja, kayu,dan beton bertulang.

Berikut ini tarif premi asuransi gempa bumi selengkapnya.

Commercial and Industrial 

Kelas Konstruksi Tarif Premi atau Kontribusi per mill  (%oo)
Zona 1 Zona 2 Zona 3 Zona 4 Zona 5
Com: Steel, Wood, RC ≤ 9 0.75 0,76 1,00 1,43 1,90
Com: Steel, Wood, RC > 9 1,12 1,15 1,22 1,53  2,00
Com: Others 0,80 1,04  1,55 2,46 4,70

Dwelling House 

Kelas Konstruksi Tarif Premi atau Kontribusi per mill  (%oo)
Zona 1 Zona 2 Zona 3 Zona 4 Zona 5
DW: Steel, Wood, RC 0,76 0,79 1,04 1,35 1,60
DW: Others 0,80 1,00 1,55 2,24  4,50

Kemudian, tarif perhitungan gempa bumi dapat dilakukan dengan rumus berikut ini:

Nilai Pertanggungan x Tarif Premi Sesuai Zona Gempa

Konsultasikan dengan agen, broker, atau pihak perusahaan asuransi untuk mendapatkan informasi selengkapnya sebagaimana tiap perusahaan memiliki ketentuan yang berbeda-beda.

Pembayaran premi Maipark bergantung pada ketentuan pada polis. Silakan menghubungi call center Maipark, maupun agen terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis.

Berbeda dengan perusahaan asuransi pada umumnya, produk reasuransi Maipark menyasar perusahaan asuransi atau lembaga keuangan sebagai calon nasabahnya. Untuk itu, mengetahui cara klaim dari Maipark, hubungi nomor telepon atau email terkait untuk mendapatkan informasi mengenai dokumen yang diperlukan untuk pengajuan klaim.

Jika ingin berhenti menjadi nasabah asuransi Maipark, ada beberapa cara umum yang bisa Anda tempuh, antara lain: 

  • Proposal produk dan diskusi antara calon penanggung dengan calon tertanggung.
  • Calon tertanggung menyatakan hendak menutup pertanggungan.
  • Calon tertanggung melengkapi SPPA.
  • Calon penanggung menerbitkan polis disertai dengan ikhtisar pertanggungan.
  • Calon tertanggung menyetujui dan membayar minimum deposit premi.
  • Tertanggung mempunyai pelindungan.
  • Tiap bulan tertanggung mengupdate penanggung tentang besaran portfolio pinjaman aktual.
  • Di akhir tahun pertanggungan, tertanggung membayar atau penanggung mengembalikan sisa premi (bila ada).
  • Jika tertanggung ingin berhenti di tengah jalan, silakan hubungi call center Asuransi Maipark untuk informasi lebih lengkap. 

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.

Pada situs resmi Maipark tidak dijelaskan sistem keagenan yang dimiliki. Untuk mengetahui seperti apa sistem keagenannya, silakan menghubungi call center Maipark.

Selain melalui agen, calon nasabah bisa mendapatkan proteksi asuransi melalui peran broker asuransi. Lifepal sebagai broker asuransi online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat memberikan bantuan mendapatkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Layanan nasabah atau call center Maipark dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Maipark, dan sebagainya, sila hubungi kontak berikut.

  • Customer Care Centre: Jalan Kuningan Mulia Blok 9B Jakarta 12960, Indonesia
  • Maipark Call Center: (62-21) 2938 0088
  • Email: [email protected]
  • Situs resmi: maipark.com 

Adapun kantor pusat PT Reasuransi Nasional Indonesia (Maipark) berada di alamat berikut:

PT. Reasuransi MAIPARK Indonesia

Multivision Tower 8th Floor 

Jalan Kuningan Mulia Blok 9B Jakarta 12960, Indonesia

Email:: [email protected]

Telepon: (62-21) 2938 0088

Faksimile: (62-21) 2938 0089

Ada beberapa perusahaan lain yang menyediakan reasuransi seperti Maipark, di antaranya adalah:

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.maipark.com/id/
  • https://ekbis.sindonews.com/read/1498054/178/acuan-premi-gempa-bumi-tengah-disiapkan-maipark-1579102178
Penulis Dzulfikar Financial Content Writer yang mengemas informasi, tips, dan kiat keuangan dengan bahasa yang lebih mudah dicerna. Lihat profile penulis