Reasuransi Maipark

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62

PT Asuransi Maipark semula merupakan perusahaan asuransi umum yang berubah sesuai dengan kesepakatan pemegang saham menjadi perusahaan reasuransi yang memberikan jaminan proteksi terhadap lembaga keuangan.

Maipark merupakan gabungan dari Maskapai Asuransi Indonesia dan Perusahaan Asuransi Risiko Khusus sehingga terbentuklah PT Reasuransi Maipark pada tahun 2004 yang sahamnya dimiliki oleh 32 perusahaan asuransi umum. Beberapa di antaranya seperti PT Asuransi Multi Artha Guna, PT Tugu Pratama Indonesia, dan PT Asuransi Astra Buana.

Sejak maraknya bencana gempa bumi, Maipark hadir sebagai antisipasi dalam memberikan proteksi terhadap klaim yang tinggi dari beberapa produk asuransi umum khususnya asuransi gempa bumi dan sejenisnya.

Terlebih posisi Indonesia sebagai negara kepulauan rentan terhadap gempa bumi, tsunami, hingga letusan gunung berapi serta banjir. Contohnya saja, bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2016 di pesisir Sumatera Barat menjadi perhatian media internasional karena besarnya kerusakan yang disebabkan oleh bencana tersebut. 

Sejak saat itu, Maipark hadir memberikan keringanan kepada perusahaan asuransi umum ketika harus membayarkan klaimnya.

Ada beberapa produk yang ditanggung kembali oleh Maipark seperti asuransi gempa bumi, asuransi kebakaran dan ledakan karena gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami, dan risiko lain yang ditanggung dalam polis asuransi.

Hukum dan Legalitas Maipark 

PT Reasuransi Maipark telah mendapat izin pendirian usaha dari OJK dengan nomor izin KEP-5633/MD/1986 Tanggal 01 September 1986. Perusahaan ini tercatat telah melakukan perubahan nama perusahaan dari PT Maskapai Asuransi Indonesia menjadi PT Asuransi Maipark Indonesia pada tahun 2004.

PT Reasuransi Maipark juga sudah terdaftar dalam Asosiasi Asuransi Umum Indonesia yang memberikan reasuransi kepada beberapa perusahaan asuransi khususnya yang memiliki produk asuransi gempa bumi dan sejenisnya.

Laporan Keuangan Maipark 

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Tahunan 2018 yang dirilis pada situs resmi Maipark. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk menentukan suatu perusahaan asuransi sehat atau tidak.

  • Rasio solvabilitas: 556,10 persen
  • Jumlah aset: Rp442,690 miliar
  • Jumlah ekuitas: Rp980,249 miliar

Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas Maipark mencapai 556,10 persen di tahun 2018 terbilang sangat baik. Rasio solvabilitas secara sederhana adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya.

 

Kelebihan dan Kekurangan Maipark versi Lifepal:

  • (+) Situs resmi yang dimiliki Maipark menarik untuk dikunjungi, sebab pada situs tersebut tersedia informasi mengenai riwayat peristiwa gempa yang pernah melanda Indonesia, 
  • (+) Reasuransi Maipark terus memenangkan penghargaan setiap tahunnya sejak tahun 2006. Dengan penghargaan terbanyak didapat dari Infobank Award. 
  • (-) Hanya terdapat satu kantor yang berpusat di Jakarta
  • (-) Tidak tersedianya media sosial yang memberikan update terbaru mengenai reasuransi Maipark.

Lifepal tidak melakukan kerja sama dengan PT Reasuransi Maipark. Untuk mengetahui informasi terkait produk asuransi Prudential, sila cek situs resmi maipark.com. Jika tertarik untuk mengetahui informasi produk dari asuransi lainnya, Lifepal dapat membantu untuk mencarikan asuransi terbaik dan konsultasi gratis.

Asuransi Maipark memberikan manfaat berupa dana tunai untuk melindungi likuiditas lembaga keuangan setelah terjadinya bencana gempa. Berikut adalah pertanggungan atau manfaat Asuransi Maipark sesuai dengan produk, polis, dan plan yang dipilih. 

Reasuransi Maipark
Asuransi Gempa Bumi Berbasis Index (AGGBI):
Produk reasuransi Maipark yang memberikan perlindungan finansial pada lembaga keuangan terhadap risiko gempa bumi, kebakaran, ledakan karena diikuti gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami dan risiko lain yang ditanggung dalam polis asuransi.

Produk Asuransi Maipark yang telah disebutkan tadi memiliki ketentuan masing-masing. Agar lebih jelas dan semakin memahami berbagai produk asuransi Maipark tersebut, mari perhatikan ulasan berikut terlebih dahulu.

Pertanggungan Asuransi Maipark adalah benefit atau manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Tentu saja berdasarkan produk asuransi yang disepakati sesuai dengan polis tertulis. Agar lebih jelas, mari simak pertanggungan atau manfaat asuransi Maipark berdasarkan jenis produknya.

Asuransi Maipark

Pertanggungan yang diberikan mencakup penggantian dana tunai sebagai ganti rugi setelah terjadinya gempa bumi sesuai dengan ketentuan dalam polis asuransi.

  • Asuransi Gempa Bumi Berbasis Index (AGGBI): Memberikan manfaat dana tunai sebagai ganti rugi terhadap semua risiko yang ditanggung atau dijamin dalam polis asuransi.

Besaran premi asuransi Maipark disesuaikan dengan surat edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 21/SEOJK.05/2015 tentang penetapan tarif premi atau kontribusi pada lini usaha asuransi harta benda dan asuransi kendaraan bermotor tahun 2015.

Harga premi Asuransi Maipark tidak disebutkan dalam situs resminya. Untuk mengetahui informasi harga premi, sila hubungi call center Maipark, agen, atau broker terkait. Asuransi Maipark akan menghitung tarif premi atau kontribusi sesuai dengan objek pertanggungan yang disesuaikan dengan zonasi serta kelas konstruksinya sesuai dengan ketentuan dalam polis.

Metode penggantian biaya asuransi adalah metode perusahaan asuransi dalam memberikan manfaat berupa dana tunai sesuai dengan uang pertanggungan yang diberikan berdasarkan ketentuan dalam polis asuransi. Penggantian biaya diberikan secara tunai mengikuti mekanisme yang tertulis dalam polis asuransi dan produk yang dipilih.

Penggantian reasuransi biasanya dilakukan dengan metode pemberian dana tunai langsung kepada lembaga keuangan yang menjadi nasabah. Artinya, apabila terjadi kerugian, maka perusahaan asuransi akan mengirimkan dana klaim dengan nominal yang sesuai kesepakatan dalam polis Maipark.

Membeli produk asuransi Maipark secara online akan sangat praktis. Sebab, Anda tidak perlu mendatangi kantor cabang Maipark terdekat sekalipun. Anda dapat menghubungi call center Maipark melalui nomor (021) 2938 0088 untuk mengetahui cara pembelian asuransi Maipark secara online. 

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan produk dan polis asuransi terbaik melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya membandingkan produk dari satu perusahaan asuransi, melainkan produk dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, Anda mendapatkan proteksi terbaik dan harga paling ringan. 

Pembayaran premi asuransi Maipark bergantung pada jenis produk asuransinya. Maipark tidak mencantumkan informasi terkait cara pembayaran premi pada situs resminya. Untuk mengetahui informasi terkait pembayaran premi sila menghubungi call center Maipark, agen, maupun broker asuransi terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis Anda. 

Berbeda dengan perusahaan asuransi pada umumnya, produk reasuransi Maipark menyasar perusahaan asuransi atau lembaga keuangan sebagai calon nasabahnya. 

Untuk itu, apabila perusahaan Anda merupakan peserta asuransi dari Maipark, hubungi nomor telepon atau email terkait untuk mendapatkan informasi mengenai dokumen yang diperlukan untuk pengajuan klaim.

Secara umum, tahapan untuk penanganan klaim adalah sebagai berikut ini:

  • Terjadi gempa sesuai dengan Informasi dari BMKG/USGS.
  • Tertanggung memberi tahu penanggung.
  • Menunggu 24 jam setelah gempa untuk parameter yang valid.
  • Penanggung mengisi formulir persetujuan ganti rugi dan mengirimkan ke tertanggung.
  • Penentuan Indeks pembayaran berdasarkan parameter yang paling mutakhir.
  • Penanggung dan tertanggung menyetujui ganti rugi yang dibayarkan.
  • Penanggung melakukan pembayaran ganti rugi.
  • Bank/lembaga keuangan memiliki dana.
  • Pertanggungan atas polis tersebut selesai atau berakhir secara otomatis. 

Jika ingin berhenti menjadi nasabah asuransi Maipark, ada beberapa cara umum yang bisa Anda tempuh, antara lain: 

  • Proposal produk dan diskusi antara calon penanggung dengan calon tertanggung.
  • Calon tertanggung menyatakan hendak menutup pertanggungan.
  • Calon tertanggung melengkapi SPPA.
  • Calon penanggung menerbitkan polis disertai dengan ikhtisar pertanggungan.
  • Calon tertanggung menyetujui dan membayar minimum deposit premi.
  • Tertanggung mempunyai pelindungan.
  • Tiap bulan tertanggung mengupdate penanggung tentang besaran portfolio pinjaman aktual.
  • Di akhir tahun pertanggungan, tertanggung membayar atau penanggung mengembalikan sisa premi (bila ada).
  • Jika tertanggung ingin berhenti di tengah jalan, silakan hubungi call center Asuransi Maipark untuk informasi lebih lengkap. 

Ada beberapa perusahaan lain yang menyediakan reasuransi seperti Maipark, di antaranya adalah:

Informasi Umum

PT Asuransi Maipark semula merupakan perusahaan asuransi umum yang berubah sesuai dengan kesepakatan pemegang saham menjadi perusahaan reasuransi yang memberikan jaminan proteksi terhadap lembaga keuangan.

Maipark merupakan gabungan dari Maskapai Asuransi Indonesia dan Perusahaan Asuransi Risiko Khusus sehingga terbentuklah PT Reasuransi Maipark pada tahun 2004 yang sahamnya dimiliki oleh 32 perusahaan asuransi umum. Beberapa di antaranya seperti PT Asuransi Multi Artha Guna, PT Tugu Pratama Indonesia, dan PT Asuransi Astra Buana.

Sejak maraknya bencana gempa bumi, Maipark hadir sebagai antisipasi dalam memberikan proteksi terhadap klaim yang tinggi dari beberapa produk asuransi umum khususnya asuransi gempa bumi dan sejenisnya.

Terlebih posisi Indonesia sebagai negara kepulauan rentan terhadap gempa bumi, tsunami, hingga letusan gunung berapi serta banjir. Contohnya saja, bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2016 di pesisir Sumatera Barat menjadi perhatian media internasional karena besarnya kerusakan yang disebabkan oleh bencana tersebut. 

Sejak saat itu, Maipark hadir memberikan keringanan kepada perusahaan asuransi umum ketika harus membayarkan klaimnya.

Ada beberapa produk yang ditanggung kembali oleh Maipark seperti asuransi gempa bumi, asuransi kebakaran dan ledakan karena gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami, dan risiko lain yang ditanggung dalam polis asuransi.

Hukum dan Legalitas Maipark 

PT Reasuransi Maipark telah mendapat izin pendirian usaha dari OJK dengan nomor izin KEP-5633/MD/1986 Tanggal 01 September 1986. Perusahaan ini tercatat telah melakukan perubahan nama perusahaan dari PT Maskapai Asuransi Indonesia menjadi PT Asuransi Maipark Indonesia pada tahun 2004.

PT Reasuransi Maipark juga sudah terdaftar dalam Asosiasi Asuransi Umum Indonesia yang memberikan reasuransi kepada beberapa perusahaan asuransi khususnya yang memiliki produk asuransi gempa bumi dan sejenisnya.

Laporan Keuangan Maipark 

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Tahunan 2018 yang dirilis pada situs resmi Maipark. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk menentukan suatu perusahaan asuransi sehat atau tidak.

  • Rasio solvabilitas: 556,10 persen
  • Jumlah aset: Rp442,690 miliar
  • Jumlah ekuitas: Rp980,249 miliar

Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas Maipark mencapai 556,10 persen di tahun 2018 terbilang sangat baik. Rasio solvabilitas secara sederhana adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya.

 

Kelebihan dan Kekurangan Maipark versi Lifepal:

  • (+) Situs resmi yang dimiliki Maipark menarik untuk dikunjungi, sebab pada situs tersebut tersedia informasi mengenai riwayat peristiwa gempa yang pernah melanda Indonesia, 
  • (+) Reasuransi Maipark terus memenangkan penghargaan setiap tahunnya sejak tahun 2006. Dengan penghargaan terbanyak didapat dari Infobank Award. 
  • (-) Hanya terdapat satu kantor yang berpusat di Jakarta
  • (-) Tidak tersedianya media sosial yang memberikan update terbaru mengenai reasuransi Maipark.

Lifepal tidak melakukan kerja sama dengan PT Reasuransi Maipark. Untuk mengetahui informasi terkait produk asuransi Prudential, sila cek situs resmi maipark.com. Jika tertarik untuk mengetahui informasi produk dari asuransi lainnya, Lifepal dapat membantu untuk mencarikan asuransi terbaik dan konsultasi gratis.

Pilihan Produk

Asuransi Maipark memberikan manfaat berupa dana tunai untuk melindungi likuiditas lembaga keuangan setelah terjadinya bencana gempa. Berikut adalah pertanggungan atau manfaat Asuransi Maipark sesuai dengan produk, polis, dan plan yang dipilih. 

Reasuransi Maipark
Asuransi Gempa Bumi Berbasis Index (AGGBI):
Produk reasuransi Maipark yang memberikan perlindungan finansial pada lembaga keuangan terhadap risiko gempa bumi, kebakaran, ledakan karena diikuti gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami dan risiko lain yang ditanggung dalam polis asuransi.
Ulasan Produk

Produk Asuransi Maipark yang telah disebutkan tadi memiliki ketentuan masing-masing. Agar lebih jelas dan semakin memahami berbagai produk asuransi Maipark tersebut, mari perhatikan ulasan berikut terlebih dahulu.

Pertanggungan Asuransi Maipark adalah benefit atau manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Tentu saja berdasarkan produk asuransi yang disepakati sesuai dengan polis tertulis. Agar lebih jelas, mari simak pertanggungan atau manfaat asuransi Maipark berdasarkan jenis produknya.

Asuransi Maipark

Pertanggungan yang diberikan mencakup penggantian dana tunai sebagai ganti rugi setelah terjadinya gempa bumi sesuai dengan ketentuan dalam polis asuransi.

  • Asuransi Gempa Bumi Berbasis Index (AGGBI): Memberikan manfaat dana tunai sebagai ganti rugi terhadap semua risiko yang ditanggung atau dijamin dalam polis asuransi.

Besaran premi asuransi Maipark disesuaikan dengan surat edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 21/SEOJK.05/2015 tentang penetapan tarif premi atau kontribusi pada lini usaha asuransi harta benda dan asuransi kendaraan bermotor tahun 2015.

Harga premi Asuransi Maipark tidak disebutkan dalam situs resminya. Untuk mengetahui informasi harga premi, sila hubungi call center Maipark, agen, atau broker terkait. Asuransi Maipark akan menghitung tarif premi atau kontribusi sesuai dengan objek pertanggungan yang disesuaikan dengan zonasi serta kelas konstruksinya sesuai dengan ketentuan dalam polis.

Metode penggantian biaya asuransi adalah metode perusahaan asuransi dalam memberikan manfaat berupa dana tunai sesuai dengan uang pertanggungan yang diberikan berdasarkan ketentuan dalam polis asuransi. Penggantian biaya diberikan secara tunai mengikuti mekanisme yang tertulis dalam polis asuransi dan produk yang dipilih.

Penggantian reasuransi biasanya dilakukan dengan metode pemberian dana tunai langsung kepada lembaga keuangan yang menjadi nasabah. Artinya, apabila terjadi kerugian, maka perusahaan asuransi akan mengirimkan dana klaim dengan nominal yang sesuai kesepakatan dalam polis Maipark.

Membeli produk asuransi Maipark secara online akan sangat praktis. Sebab, Anda tidak perlu mendatangi kantor cabang Maipark terdekat sekalipun. Anda dapat menghubungi call center Maipark melalui nomor (021) 2938 0088 untuk mengetahui cara pembelian asuransi Maipark secara online. 

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan produk dan polis asuransi terbaik melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya membandingkan produk dari satu perusahaan asuransi, melainkan produk dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, Anda mendapatkan proteksi terbaik dan harga paling ringan. 

Pembayaran premi asuransi Maipark bergantung pada jenis produk asuransinya. Maipark tidak mencantumkan informasi terkait cara pembayaran premi pada situs resminya. Untuk mengetahui informasi terkait pembayaran premi sila menghubungi call center Maipark, agen, maupun broker asuransi terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis Anda. 

Berbeda dengan perusahaan asuransi pada umumnya, produk reasuransi Maipark menyasar perusahaan asuransi atau lembaga keuangan sebagai calon nasabahnya. 

Untuk itu, apabila perusahaan Anda merupakan peserta asuransi dari Maipark, hubungi nomor telepon atau email terkait untuk mendapatkan informasi mengenai dokumen yang diperlukan untuk pengajuan klaim.

Secara umum, tahapan untuk penanganan klaim adalah sebagai berikut ini:

  • Terjadi gempa sesuai dengan Informasi dari BMKG/USGS.
  • Tertanggung memberi tahu penanggung.
  • Menunggu 24 jam setelah gempa untuk parameter yang valid.
  • Penanggung mengisi formulir persetujuan ganti rugi dan mengirimkan ke tertanggung.
  • Penentuan Indeks pembayaran berdasarkan parameter yang paling mutakhir.
  • Penanggung dan tertanggung menyetujui ganti rugi yang dibayarkan.
  • Penanggung melakukan pembayaran ganti rugi.
  • Bank/lembaga keuangan memiliki dana.
  • Pertanggungan atas polis tersebut selesai atau berakhir secara otomatis. 

Jika ingin berhenti menjadi nasabah asuransi Maipark, ada beberapa cara umum yang bisa Anda tempuh, antara lain: 

  • Proposal produk dan diskusi antara calon penanggung dengan calon tertanggung.
  • Calon tertanggung menyatakan hendak menutup pertanggungan.
  • Calon tertanggung melengkapi SPPA.
  • Calon penanggung menerbitkan polis disertai dengan ikhtisar pertanggungan.
  • Calon tertanggung menyetujui dan membayar minimum deposit premi.
  • Tertanggung mempunyai pelindungan.
  • Tiap bulan tertanggung mengupdate penanggung tentang besaran portfolio pinjaman aktual.
  • Di akhir tahun pertanggungan, tertanggung membayar atau penanggung mengembalikan sisa premi (bila ada).
  • Jika tertanggung ingin berhenti di tengah jalan, silakan hubungi call center Asuransi Maipark untuk informasi lebih lengkap. 

Ada beberapa perusahaan lain yang menyediakan reasuransi seperti Maipark, di antaranya adalah:

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal