Tentang Asuransi Manulife
Manulife adalah perusahaan asuransi jiwa global asal Kanada yang telah beroperasi di Indonesia sejak 1980-an di bawah PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia. Berbagai layanan keuangan yang ditawarkan termasuk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi jiwa terkait investasi (unit link), asuransi perlindungan dan tabungan, dan dana pensiun (DPLK Manulife).
Selain menghadirkan pilihan produk asuransi lengkap, perusahaanunggul dalam produk asuransi kesehatan. Produk asuransi kesehatannya menawarkan pertanggungan biaya pengobatan penyakit HIV/AIDS yang jarang ditemukan pada brand lainnya.
Ringkasan
|
Daftar Polis Asuransi Manulife
Berikut beberapa pilihan kategori produk asuransi yang disediakan oleh PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia.
Asuransi Kesehatan-Individu MiUltimate HealthCare Polis asuransi kesehatan individu yang memberikan jaminan atas perawatan di rumah sakit karena sakit atau kecelakaan termasuk penyakit kritis.
|
Asuransi Penyakit Kritis-Individu MiUltimate Critical Care Polis khusus penyakit kritis untuk nasabah individu dengan berbagai keunggulan termasuk angioplasti atau pemasangan ring jantung hingga Rp200 juta.
|
Asuransi Jiwa-Individu ProActive Plus Polis asuransi jiwa bagi nasabah individu yang memiliki profesi atau lebih sering beraktivitas di luar ruangan (outdoor) sehingga lebih berisiko kecelakaan.
|
Asuransi Jiwa Berjangka-Individu ProLife Plus Polis asuransi jiwa jangka panjang bagi nasabah individu hingga tertanggung berusia 99 tahun dengan berbagai manfaat tambahan yang bisa dipilih nasabah.
|
Asuransi Jiwa Murni-Individu ProLiving Absolute Polis asuransi jiwa individu yang memberikan jaminan seumur hidup atau hingga usia tertanggung 99 tahun, termasuk jaminan cacat total tetap.
|
Asuransi Jiwa Berjangka-Individu Term Saving Protection Polis asuransi jiwa berjangka untuk nasabah individu dengan jaminan pengembalian premi jika nasabah hidup hingga akhir masa asuransi.
|
Asuransi Jiwa Unit Link Manulife Prime Assurance Polis asuransi jiwa berjangka yang dilengkapi investasi untuk nasabah individu dengan manfaat tambahan termasuk asuransi kesehatan.
|
Asuransi Jiwa Unit Link Manulife Lifestyle Protector Polis asuransi jiwa dan investasi (unit link) untuk nasabah individu yang memberikan jaminan proteksi jiwa hingga usia 70 tahun.
|
Asuransi Jiwa Unit Link Manulife Value Protector Absolute Polis asuransi jiwa dengan pilihan investasi yang fleksibel bagi nasabah individu dan menjamin proteksi jiwa seumur hidup atau hingga usia tertanggung 99 tahun.
|
Asuransi Jiwa Unit Link Manulife Investment Protector Polis asuransi jiwa dan investasi untuk nasabah individu dengan manfaat tambahan proteksi investasi, proteksi 56 penyakit kritis, dan kecelakaan.
|
Asuransi Jiwa Unit Link Miwealth Assurance Polis asuransi jiwa terkait investasi dengan premi berkala bagi nasabah individu dengan banyak keuntungan termasuk penambahan UP jiwa sejak ulang tahun polis di tahun ke-6.
|
Asuransi Jiwa Unit Link-Syariah Berkah SaveLink Asuransi jiwa terkait investasi (unit link) berbasis syariah bagi nasabah individu dengan keunggulan penambahan nilai polis bagi ahli waris.
|
Asuransi Pendidikan-Individu Manulife Education Protector Polis asuransi jiwa untuk nasabah individu atau keluarga yang memberikan manfaat atau pertanggungan berupa dana pendidikan anak jika tertanggung utama (orangtua) meninggal dunia atau cacat total tetap.
|
DPLK-Kumpulan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Program tabungan untuk karyawan yang memberikan jaminan dana pensiun bagi karyawan yang telah memasuki usia pensiun.
|
DPLK-Kumpulan Group Savings Program asuransi terkait investasi untuk dana pensiun karyawan sebagai program pencadangan dana untuk pembayaran pesangon/imbalan pasca kerja. Terdapat dua polis asuransi yakni Manulife Karyawan Sejahtera Plus dan Manulife Program Pesangon Plus.
|
Asuransi Jiwa-Kumpulan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan Kumpulan (Group Life and Health) Program asuransi jiwa dan kesehatan berjangka untuk karyawan meliputi asuransi gigi, asuransi melahirkan, perawatan rumah sakit dan bedah, hingga kacamata.
|
DPLK-Kumpulan MiGolden Retirement Program asuransi yang memberikan manfaat pensiun, cacat total tetap, dan meninggal dunia bagi nasabah kumpulan atau karyawan perusahaan.
|
Daftar Produk Asuransi Manulife
Produk Asuransi Manulife terdiri atas sembilan kategori yang dikelompokan sesuai kebutuhan calon nasabah. Berikut ini daftar produk yang tersedia di Manulife:
Produk | Manfaat |
Asuransi Kesehatan-Individu | Pertanggungan rawat inap + pembedahan |
Asuransi Penyakit Kritis-Individu | Pertanggungan perawatan + pembedahan khusus penyakit kritis + 100% UP + 100% total premi |
Asuransi Jiwa Murni -Individu | Santunan meninggal dunia + santunan cacat total tetap |
Asuransi Jiwa Unit Link | Santunan meninggal dunia + nilai investasi |
Asuransi Jiwa Unit Link Syariah | Santunan meninggal dunia + nilai investasi syariah |
Asuransi Pendidikan-Individu | Santunan meninggal dunia + jaminan biaya pendidikan anak |
Asuransi Jiwa Plus Kesehatan-Kumpulan | Santunan meninggal + santunan cacat total tetap + rawat inap + rawat jalan + melahirkan + kacamata + perawatan gigi |
DPLK-Kumpulan | Dana pensiun + pesangon |
Cara Klaim Asuransi Manulife
Prosedur klaim asuransi Manulife pada dasarnya hampir sama dengan asuransi lain. Perbedaanya terletak pada jenis polis dan klaim yang akan diajukan.
Berikut ini prosedur klaim asuransi berdasarkan kategori produk:
Berikut ini cara klaim asuransi individu: Berikut ini cara klaim asuransi kumpulan: Berikut ini cara klaim group savings: Berikut ini cara klaim DPLK berdasarkan manfaat yang diterima:
Layanan Nasabah Manulife
Manulife Indonesia memiliki 25 kantor pemasaran yang tersebar di Indonesia. Berikut ini daftar kantor dan call center yang melayani berbagai jasa keuangan termasuk asuransi.
Kantor Pusat Manulife
Gedung Sampoerna Strategic Square South Tower Lt. 3-17 Jl. Jenderal Sudirman Kavling 45-46 Jakarta 12930. Telp: (021) 2555 7777 Fax: (021) 2555 2226 Bebas pulsa: 0-800-1-606060 Email: [email protected] dan [email protected] |
- Batam: Komplek Ruko Mahkota Raya Blok A No.18 Batam Center, Batam, 29462. Telepon: (0778) 7483020
- Bandung: Jalan Asia Afrika No.142, Bandung, 40261. Telepon: (022) 4201945
- Malang: Jalan Wilis No.12, Malang, 65115. Telepon: (0341) 567222
- Bogor: Jalan Raya Padjajaran No.88 Blok I-J, Bogor Tengah, Bogor, 16153. Telepon: (0251) 8359527
- Pontianak: Jalan Imam Bonjol No.573, Pontianak, 78124. Telepon: (0561) 737013
- Singkawang: Jalan Pangeran Diponegoro No.14, Singkawang Barat, Singkawang, 79123. Telepon: (0562) 638657
- Medan: Jalan Pangeran Diponegoro No.34 Madras Hulu, Kota Medan, Sumatera Utara, 20125. Telepon: (061) 4563003
- Probolinggo: Jalan Dr. Sutomo No.37, Probolinggo, 67217. Telepon: (0335) 426178
- Pekanbaru: Komplek Sudirman City Square Blok A No.15, Riau, 28282. Telepon: (0761) 7891333
- Semarang: Jalan Pandanaran No.16-18, Semarang, 50241. Telepon: (024) 8315609
- Lhokseumawe: Jalan Merdeka No.21-22, Kota Lhokseumawe, Aceh. Telepon: (0645) 42352
- Palembang: Komp. Rukan H. Senen Putra, Jalan Jend Sudirman No.2841F, Palembang. Telepon: (0711) 379715
- Bali: Komplek Sanur Raya No.17, Jalan By Pass Ngurah Rai, Sanur, Denpasar, Bali, 80228. Telepon: (0361) 281113
- Solo: Jalan Dr. Rajiman No.301, Solo. Telepon: (0271) 734051
- Surabaya: Graha Bukopin Surabaya lantai 6-9, Jalan Panglima Sudirman No.10-18, Surabaya, 60271. Telepon: (031) 28954109
- Manado: Komplek Ruko Mega Smart 7 No.21, Jalan Pierre Tendean Boulevard, Manado, 95111. Telepon: (0431) 83881233
- Makassar: Jalan Jenderal Sudirman No.50, Makassar, 90113. Telepon: (0411) 3622460
- Jambi: Jalan Kolonel Polisi M. Taher No.114-115, Jambi, 36138. Telepon: (0741) 7550688
- Cirebon: Hotel Aston Jalan Brigjen. Darsono No.12C, Desa Kertawinangun, Cirebon
- Tangerang: Ruko Bidex Blok A No.1-2, Sektor CBD Lot VII, Jalan Pahlawan Seribu Bumi Serpong Damai, Tangerang, 15321. Telepon: (021) 5376189
- Palu: Jalan Moh. Hatta No.20, Palu. Telepon: (0451) 457733
- Banda Aceh: Jalan Jendral Ahmad Yani No.37, Peunayong, Banda Aceh, 23122. Telepon: (0651) 638124
Daftar Rumah Sakit Rekanan Manulife
Asuransi Manulife memiliki rekanan rumah sakit, klinik, laboratorium, hingga optik yang siap melayani nasabahnya di dalam maupun luar negeri. Berikut sejumlah rumah sakit dan rekanan asuransi Manulife.
- AIC Kuningan Medical Center: Kuningan City Mall, Jalan Prof DR.Satrio Kav.18, Jakarta Selatan, 12940. Telepon: +622130051801.
- RS Pondok Indah: Jalan Metro Duta Kavling UE, Jakarta Selatan. Telepon: +62217657525.
- Lab Klinik Pan Medika: Green Ville Blok AW 34, Jakarta Barat. Telepon: +62215671535.
- E-Labs Jakarta: Jalan Percetakan Negara No.17, Jakarta Pusat. Telepon: +622142877404.
- RS Premier Jatinegara: Jalan Raya Jatinegara Timur No.85-87, Jakarta Timur, 13310. Telepon: +62212800888.
- RS Puri Indah: jalan Puri Indah Raya BL.S2, Kembang Selatan Jakarta Barat. Telepon: +622125695222 ext.2100 atau +622125695252.
- Lab Klinik Medikaloka: RDTX Tower, Level Lobi, Jalan Prof. DR. Satrio Kav. E4 No.6 Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Telepon: +622157991055 atau +62215799 1068.
- Lab Klinik Muara Karang: Jalan Muara Karang Blok R4 Timur No.2, Jakarta Utara. Telepon: +62216697843.
- RS Siloam Asri: Jalan Duren Tiga No.20, Jakarta Selatan, 12760. Telepon: +622127837900 ext.22001; 22002; 22003.
- Eka Hospital: Central Business District LotI X BSD City, Tangerang Selatan. Telepon:+622125655555.
- Mayapada Hospital: Jalan Honoris Raya Kav. 6, Kota Modern, Tangerang. Telepon: +622155781888.
- RS Siloam Gleneagles: Jalan Siloam No.6, Lippo Karawaci. Telepon: +62215460055 ext.5111.
- RS Mitra Keluarga Gading Serpong: Jalan Raya Legok, Karawaci, Kabupaten Tangerang. Telepon: +622155689111.
- Klinik Cito: Jalan Pajajaran No.145-146, Bogor. Telepon: +62518352633.
- RS Siloam Bogor: Jalan Pajajaran No.27, Bogor Tengah, Kota Bogor. Telepon: +62518303900 ext.22000, 22104, 22103, 22102.
- Telkomedika Health Center (THC) Bogor: Jalan Pengadilan No.14, Bogor. Telepon: +62518380134
- E-Labs Buah Batu-Bandung: Jalan Sentot Alibasyah No.4, Bandung. Telepon: +62227506339.
- RS Immanuel: Jalan Kopo No.161 / Jalan Peta Bandung. Telepon: +62225230151, 5201656, 5201656.
- Laboratorium Pramita: Jalan LL. RE. Martadinata 135, Bandung. Telepon: +62227271946.
- Delta Surya: Jalan Pahlawan, Sidoarjo. Telepon: +6231896253, 8961271,8961272.
- Gleneagles Diagnostic Centre Surabaya: Jalan Tais Nasution No.5, Surabaya. Telepon: +62315455470.
- RS Siloam Surabaya: Jalan Raya Gubeng No.70, Surabaya. Telepon: +623199200969 ext. 27000, 22601, 22604.
- RS Primasatya Husada Citra (PHC) Surabaya: Jalan Prapat Kurung Selatan No.1, Surabaya. Telepon: +62313294801-03.
- BIMC Hospital Nusa Dua: Kawasan BTDC Blok D, Nusa Dua, 80363. Telepon: +623613000911.
- Lab. Quantum Sarana Medik: Jalan Raya Sesetan No.20, Denpasar, Bali. Telepon: +62361228835.
- Merdeka Medical Centre: Jalan Merdeka VII No.2 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali. Telepon: +62361233790, 236284.
- RS Siloam Bali: Jalan Sunset Road No.818, Kuta, Bali, 80361. Telepon: +62361779900 ext. 22000, 22001, 22002.
- E-Labs Makassar: Jalan Sam Ratulangi No.126, Makassar.
- RS Siloam Makassar: Jalan Metro Tanjung Bunga Kav.9, Makassar, 90134. Telepon: +624113662900 ext. 27000, 22603.
- Telkomedika Health Center (THC) Makassar: Jalan DR. Ratulangi No.126, Makassar. Telepon: +624118122283 / 081355551600.
- Laboratorium Pramita: Jalan Karunrung No.9, Sawerigading, Ujung Pandang. Telepon: +624118940250.
- RS Awal Bros Makassar: Jalan Jend. Urip Sumoharjo No.43, Karuwisi Utara Panakkukang, Makassar, 90232. Telepon: +62411454567.
- E-Labs Medan: Jalan Timor No.25, Medan. Telepon: +62614101293.
- Lab Klinik Gatot Subroto: Jalan Jend. Gatot Subroto No.86/42, Medan. Telepon: +62614533325, 4524236, 4538701.
- RS Siloam Dhirga Surya: Jalan Imam Bonjol No.6, Petisah, Medan. Telepon: +626188881900 ext. 22601, 22611, 22602, 21000.
- Laboratorium Pramita: Jalan Diponegoro 37, Medan. Telepon: +62614525925.
- RS Awal Bros Betang Pambelum Palangkaraya: Jalan Tjilik Riwut KM 6, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, 73112. Telepon: +625364279888.
- RS Siloam Balikpapan: Jalan MT Haryono No.9, Ringroad, Balikpapan, Kalimantan Timur. Telepon: +625428862999 ext. 22600.
- RS Kharitas Bhakti Pontianak: Jalan Siam No.153, Pontianak, Kalimantan Barat. Telepon: +62561734373.
- RS Siloam Bangka: Jalan Soekarno Hatta KM.5 Bangka Tengah, 33684. Telepon: +627179190900 ext. 22100; 22101; 22300.
- Lifescan Medical Center Singapore Medical Group: 290 Orchard Road #07-8, Paragon Tower 2, Singapura 235589.
- Raffles Hospital: 585 NORTH BRIDGE ROAD #11-00, Singapura, 188770. Telepon: +65-6311-1111 (57853979 EXT 115).
Berita Tentang Manulife Indonesia
PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia adalah bagian dari Manulife Financial Corporation, grup penyedia layanan keuangan asal Kanada. Grup ini beroperasi di Asia, Kanada, dan Amerika Serikat.
Di Indonesia, perusahaan asal Kanada ini resmi didirikan pada 1989. Sejak itu, perusahaan terus mengalami perkembangan positif. Terbukti, nama perusahaan ini di Indonesia sangatlah populer. Hal tersebut tidak terlepas dari jaringan lebih dari 9.000 karyawan dan agen profesional yang tersebar di 25 kantor pemasaran, Manulife Indonesia hingga kini telah melayani lebih dari 2,5 juta nasabah.
PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia beroperasi dengan izin usaha berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No.Kep-020//KM.13/1989 pada tanggal 6 Maret 1989, Surat Departemen Keuangan Republik Indonesia No.S.254/MK.17/99 tanggal 30 Juni 1999. Manulife Indonesia juga terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Legalitas Unit Syariah Manulife Legalitas unit syariah Manulife telah mendapat rekomendasi dari Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) dengan nomor U-024/DSN-MUI/I/2009 tertanggal 22 Januari 2009. Izin pembukaan Unit Syariah PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia yaitu Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor: KEP-107/KM.10/2009 tertanggal 13 Mei 2009.
Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Konvensional Tahunan 2018 yang dirilis pada situs resmi Manulife. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk melihat kesehatan keuangan suatu perusahaan asuransi. Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar. Rasio solvabilitas Prudential mencapai 461 persen di tahun 2018 atau berada di atas ketentuan minimum yang telah ditetapkan pemerintah. Angka tersebut tergolong sangat baik, karena bisa memenuhi hampir empat kali lipat dari kewajiban yang ditetapkan pemerintah. Rasio solvabilitas secara sederhana adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya.
Manulife Memperluas Jaringan Digital di Tengah Pandemi Covid19 May 2020 – Hampir semua industri terkena dampak ekonomi dari penyebaran virus covid19 atau virus corona, tidak terkecuali industri asuransi. Oleh karena itu, perusahaan sebagai salah satu asuransi global dunia membuat strategi untuk mempertahankan bisnis dan kinerjanya. Seluruh agen asuransi telah melakukan digitalisasi dalam menawarkan dan mendistribusikan produk asuransi, khususnya pada daerah zona merah. Seluruh kegiatan perusahaan baik untuk nasabah, karyawan hingga agen telah dilakukan melalui platform digital sehingga mengurangi interaksi langsung kepada para nasabah. Perusahaan juga memaksimalkan agen dan customer service untuk menjawab pertanyaan dan keluhan yang datang secara online dengan lebih baik. Manulife Hadirkan 3 Aplikasi Terbaru Januari 2020 – Perusahaan asuransi jiwa PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia memperkuat layanan digital melalui tiga layanan aplikasi terbaru bagi nasabah dan tenaga pemasaran. Tiga aplikasi yang dihadirkan yaitu Online Payment untuk melengkapi metode pembayaran, ePOS untuk memudahkan submit pengajuan asuransi bagi agen, dan MiLearn pelatihan digital yang membantu tenaga pemasar baik agen atau spesialis keuangan dalam menjual produk.
Pertanyaan Seputar Asuransi Manulife
Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Manulife, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.
Apa Itu Manulife?
Manulife Financial Corporation merupakan grup jasa keuangan internasional yang membantu masyarakat membuat keputusan finansial lebih mudah dan hidup lebih baik. Perusahaan menyediakan nasihat keuangan, solusi asuransi dan jasa manajemen aset dan manajemen kekayaan untuk konsumen individu, konsumen kumpulan dan institusi-institusi.
Di Indonesia, perusahaan hadir sejak 1985. Perusahaan menawarkan beragam layanan keuangan termasuk asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan kesehatan, layanan investasi dan dana pensiun kepada nasabah individu maupun pelaku usaha di Indonesia.
Perusahaan terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Apakah Manulife Cover Covid-19?
Demi membantu menghadapi situasi pandemi Covid-19, Manulife memberikan perlindungan menyeluruh bagi nasabah individu dan keluarga yaitu:
- Perlindungan kesehatan langsung, tanpa masa tunggu ketika terdiagnosa COVID-19 sesuai dengan syarat dan ketentuan polis asuransi kesehatan yang dimiliki nasabah.
- Tambahan manfaat tutup usia Rp100 juta (ekstra benefit) dari manfaat untuk polis aktif.
- Tambahan manfaat tutup usia Rp200 juta (ekstra benefit) bagi pemilik polis individu Manulife mulai 10 Maret 2020.
Apa Asuransi Kehamilan Manulife?
Asuransi kehamilan dari Manulife atau disebut juga asuransi persalinan adalah penggantian biaya proses melahirkan atau persalinan karyawati/istri karyawan baik yang dilakukan dengan proses normal atau dengan pembedahan. Selain itu peserta mendapatkan penggantian biaya rawat inap jika terjadi komplikasi kehamilan/keguguran serta rawat jalan pada saat kehamilan.
Apa Asuransi Gigi Manulife?
Asuransi gigi Manulife adalah penggantian biaya perawatan gigi dasar bagi karyawan dan keluarganya.Selain itu tersedia juga program komprehensif yang memberikan manfaat tambahan berupa penggantian biaya perawatan gigi kompleks dan gigi palsu.
Apa Itu Asuransi Manulife Jiwa Murni?
Asuransi jiwa murni Manulife adalah jaminan seumur hidup atau hingga usia tertanggung 99 tahun. Jaminan yang diberikan adalah santunan meninggal dunia atau uang pertanggungan (UP) sesuai yang tercantum dalam polis. Adapun manfaat atau pertanggungan utama yang diberikan adalah:
- Jaminan perlindungan seumur hidup hingga tertanggung berusia 99 tahun.
- Jaminan nilai tunai yang tidak dipengaruhi oleh fluktuasi pasar.
- jaminan besaran premi dasar tetap selama masa pembayaran premi, dengan pilihan masa pembayaran bervariasi, antara 5/10/20 tahun.
- Tambahan manfaat meninggal akibat kecelakaan sesuai dengan plan yang dipilih.
- Jaminan besaran premi dasar yang tetap selama masa pembayaran premi.
Asuransi Manulife Unit Link
Manulife Unit Link adalah asuransi jiwa dari Manulife dengan investasi yang dikelola manajer investasi Manulife. Dengan kata lain, premi yang dibayarkan dibagi ke dua kantung yaitu kantung proteksi jiwa (asuransi jiwa) dan investasi yang dikelola perusahaan manajer investasi.
Apa Itu Asuransi Manulife Term Life?
Asuransi Manulife Term Life atau asuransi jiwa berjangka adalah kontrak asuransi jiwa berjangka yang uang pertanggungannya dibayarkan pada saat terjadi kematian tertanggung dalam masa perlindungan yang masih berlaku.
- Produk asuransi jiwa berjangka ini cocok bagi: calon pemegang polis yang ingin memproteksi masa depan anaknya atau calon pemegang polis yang baru meniti karier.
- Manfaat: produk ini akan memberikan perlindungan asuransi dengan biaya murah untuk jangka waktu tertentu.
Apa Itu Asuransi Manulife Pendidikan?
Asuransi pendidikan sebenarnya adalah asuransi jiwa yang memberikan uang pertanggungan (UP) atau santunan meninggal dunia atau cacat total tetap sesuai jenjang pendidikan anak. Asuransi pendidikan merupakan suatu penunjang masa depan anak yang sangat penting. Fungsi asuransi pendidikan anak adalah jaminan dana pendidikan anak hingga perguruan tinggi.
Apa Itu Asuransi Kesehatan Manulife Cashless?
Asuransi kesehatan Manulife cashless adalah asuransi yang memberikan jaminan biaya perlindungan seperti perawatan di rumah sakit hingga pembedahan sesuai yang tercantum dalam polis.
Keuntungan memiliki asuransi kesehatan cashless:
- Tidak perlu sedia dana talangan.
- Sangat berguna pada kondisi darurat karena tidak perlu menjual aset.
- Prosesnya mudah dan cepat.
Satu hal yang harus kamu tahu, klaim cashless harus di klinik atau rumah sakit rekanan dengan asuransi kesehatan Manulife. Jika tidak, kamu harus membayarkan terlebih dahulu, kemudian melakukan klaim reimbursement.
Apa Itu DPLK Manulife?
Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Manulife Indonesia merupakan badan hukum yang didirikan oleh PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia untuk mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun berdasarkan landasan hukum dana pensiun yaitu Undang-undang Nomor 11 tanggal 20 April 1992 serta peraturan pelaksanaannya.
DPLK Manulife Indonesia telah mendapatkan pengesahan dari Menteri Keuangan, No. KEP-231/KM.17/1994, tanggal 5 Agustus 1994.
Manfaat DPLK bagi perusahaan:
- Memberikan solusi atas masalah arus kas yang mungkin dihadapi oleh perusahaan di kemudian hari.
- Dapat mengurangi pajak penghasilan badan (PPh 25/29).
- Dapat mempertahankan karyawan berkualitas.
- Menjadi nilai tambah bagi perusahaan.
- Iuran bersifat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kondisi perusahaan.
Manfaat DPLK bagi karyawan:
- Jaminan kesinambungan penghasilan di usia pensiun.
- Dapat mengurangi pajak penghasilan pribadi (PPh 21).
- Pendanaan yang “sudah pasti” dari pemberi kerja.
- Hasil investasi bebas pajak sampai dengan manfaat program dibayarkan.
- Terpisah dari kekayaan perusahaan.
Apa yang Dimaksud Asuransi Manulife AdMedika?
Asuransi Manulife AdMedika adalah asuransi kesehatan dari Manulife yang bisa melakukan klaim di rumah sakit atau klinik rekanan kartu asuransi Manulife berlogo AdMedika. AdMedika sendiri merupakan pihak ketiga yang mengurus administrasi di RS. Dengan menggunakan Manulife AdMedika, nasabah akan mendapatkan pelayanan rawat jalan hingga rawat inap secara cashless.
Cara Membeli Asuransi Manulife Online
Asuransi kesehatan Manulife kini bisa dibeli secara online sehingga kamu tidak perlu lagi memilih polis yang paling tepat tanpa bantuan agen sama sekali. Berdasarkan situs resmi Manulife Indonesia, cara membeli polis online melalui MiAccount Manulife.
Proses pembayarannya juga mudah hanya dengan melakukan transfer melalui ATM, minimarket, m-banking, dan lain sebagainya. Berikut cara membeli polis asuransi online Manulife;
- Unduh MiAccount di smartphone atau via laptop dan PC Anda.
- Registrasi dengan memilih polis yang diinginkan, misalnya “Individu”.
- Klik “Registrasi”.
- Isi kolom ID Pengguna dengan alamat email dan tanggal lahir.
- Tunggu konfirmasi dan klik link yang terdapat dalam kiriman email tersebut.
- Isi kolom dengan tanggal lahir, sandi baru, dan data nomor polis untuk aktivasi polis.
- Transfer dana sesuai arahan dalam MiAccount.
- Setelah pembayaran, tunggu konfirmasi yang menyatakan bahwa polis Anda telah aktif.
Agen dan Broker Asuransi Manulife
Seperti perusahaan asuransi pada umumnya, pemasaran asuransi Manulife juga dilakukan oleh agen dan broker asuransi. Hingga Agustus 2019, jumlah agen asuransi Manulife yang aktif dan terdaftar di Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) berjumlah 6.861 orang. Dalam situs resmi perusahaan terdapat laman Karir yang memberikan informasi mengenai cara bergabung sebagai agen asuransi Manulife.
Broker asuransi adalah badan hukum yang dibentuk dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan suatu badan yang dapat membantu mereka membeli produk asuransi dan mendampingi pada saat terjadi klaim.
Secara sederhana broker asuransi adalah perusahaan yang menjadi perantara bisnis asuransi yang berpihak di sisi tertanggung (nasabah). Lifepal adalah broker asuransi yang menyediakan berbagai produk asuransi dan jasa keuangan lain serta berpihak kepada nasabah sebagai sesuai tagline #temanandalanmu.
Metode Penggantian Asuransi Manulife
Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh pemegang polis.
Metode penggantian di Manulife ada dua jenis yaitu penggantian biaya (reimbursement) dan cashless.
Klaim Penggantian Biaya (Reimbursement) adalah fasilitas yang disediakan oleh Manulife Indonesia untuk memudahkan tertanggung atau tanggungan ketika menjalani rawat jalan dan rawat inap di seluruh rumah sakit di seluruh dunia.
Fasilitas Cashless menyediakan kemudahan pada saat tertanggung menjalani rawat inap di rumah sakit rekanan, dimana penanggung akan melakukan pembayaran langsung ke rumah sakit rekanan melalui third party administrator (TPA) yaitu PT Administrasi Medika (AdMedika).
Berapa Premi Manulife?
Cari tahu premi asuransi Manulife dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.
Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:
- Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
- Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
- Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
- Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).
Pada situs resmi Manulife tidak disebutkan mengenai harga premi asuransi. Untuk mengetahui informasi premi, sila hubungi call center Manulife, agen, atau broker terkait.
- Manulife Education Protector N/A
- MiUltimate HealthCare N/A
- MiUltimate Critical Care N/A
- ProActive Plus N/A
- ProLife Plus N/A
- ProLiving Absolute N/A
- Term Saving Protection N/A
- Manulife Prime Assurance N/A
- Manulife Lifestyle Protector N/A
- Manulife Value Protector Absolute N/A
- Manulife Investment Protector V N/A
- Miwealth Assurance N/A
Terdapat pula pilihan asuransi tambahan dari Manulife yang dapat Anda pertimbangkan ketika mulai membeli produk asuransi tersebut. Ada 6 (enam) macam asuransi yang terdiri atas:
- Payor Benefit
- Accidental Death and Disability Benefit (ADDB)
- Advanced Life Protector
- Manulife Crisis Cover
- Yearly Renewable Term
- Manulife Crisis Cover Ultimate
Cara Pembayaran Asuransi Manulife
Pembayaran premi asuransi Manulife bergantung pada ketentuan tertulis pada polis. Terdapat beberapa metode pembayaran yaitu:
Pembayaran premi asuransi individu:
- DOKU Paybuddy
- Auto debit kartu kredit atau rekening tabungan
- BCA: transfer ATM, m-banking, atau Klik BCA
- Bank Permata: transfer ATM
- Jaringan ATM Bersama, ALTO, atau Prima
Pembayaran premi asuransi kumpulan:
- Virtual Account
- BCA: transfer ATM, Klik BCA, m-banking, dan melalui counter BCA
Pembayaran premi group saving:
- Virtual Account BCA
- Klik BCA Bisnis
- ATM BCA
- LLG/RTGS
Pembayaran iuran DPLK:
- Virtual Account CitiBank
Cara Pembayaran Asuransi Manulife Lewat ATM BCA
Cara pembayaran asuransi Manulife lewat ATM BCA adalah sebagai berikut:
- Pilih menu “Transaksi Lainnya”
- Pilih menu “Pembayaran”
- Pilih menu “Asuransi”
- Masukkan “Kode Bayar” dan nomor polis dengan ketentuan berikut:
- 1001 + nomor polis (premi polis non syariah)
- 2001 + nomor polis (premi perubahan polis)
- 3001 + nomor polis (top up unit link non syariah)
- 4001 + nomor polis (pinjaman polis)
- 5001 + nomor polis (premi dan top up polis syariah)
- 6001 + nomor polis (biaya cetak polis/kartu pemegang polis)
- Masukkan “Jumlah Pembayaran”
- Jika sudah sesuai dengan tagihan premi, maka pilih “Lanjutkan”.
Cara Bayar Asuransi Manulife Lewat ATM Mandiri
- Pilih menu “Transfer”
- Pilih menu “Transfer antar Bank” atau “Ke Rek Bank Lain”
- Masukkan kode bank, kode rekening dan nomor polis dengan ketentuan berikut:
- 013 + 888777 + Nomor Polis (premi polis non unit link)
- 013 + 888999 + Nomor Polis (premi polis unit link)
- 013 + 888333 + Nomor Polis (premi polis syariah)
- Masukkan “Jumlah Pembayaran” sesuai dengan tagihan premi
- Jika sudah sesuai, maka lanjutkan sesuai instruksi mesin ATM.
Manulife Cek Polis
Untuk mempermudah informasi terkait polis nasabah, Manulife telah menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Kita bisa mengakses seluruh informasi polis kita secara mandiri lewat MiAccount. Yaitu webportal untuk nasabah mengakses sendiri informasi polisnya.
Segala hal yang berkaitan dengan polis asuransi, bisa kita ketahui di sini. Lengkap dan tidak terbatas waktu maupun tempat selama kita terhubung dengan internet.
Cara cek saldo MiAccount di situs web adalah sebagai berikut:
- Untuk mengakses MiAccount, kita harus masuk ke situs web Manulife Indonesia di https://www.manulife.co.id.
- Jika sudah masuk website Manulife Indonesia, klik MiAccount di sebelah kanan atas dari laman tersebut.
- Pilih Individual bagi kita yang memiliki polis individu.
- Pilih Life, Health & Accident.
- Jika sebagai nasabah Manulife kita belum memiliki akun, kita akan diminta untuk mendaftar dahulu untuk bisa mengakses MiAccount.
- Jika sudah memiliki akun, kita bisa langsung login untuk mendapatkan informasi lengkap.
- Dengan mengakses MiAccount, kita bisa mengakses informasi polis mulai dari nilai polis hingga status klaim asuransi.
Berapa Lama Proses Klaim Manulife
Pengajuan klaim akan diproses minimal 5-10 hari kerja setelah seluruh dokumen klaim yang dibutuhkan sampai di kantor Manulife Indonesia sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Jadi, nasabah yang mengajukan klaim harus memastikan dokumen lengkap, sehingga tidak ada keterlambatan proses dokumen klaim.
Berapa Lama Pencairan DPLK Manulife?
Pencairan DPLK Manulife terdiri atas beberapa jenis yaitu:
- Manfaat Pensiun Normal
- Manfaat Pensiun Dipercepat
- Manfaat Pensiun Ditunda
- Manfaat Pensiun Janda/Duda
- Manfaat Pensiun Cacat
- Manfaat Pensiun Anak
- Penarikan Dana Sebagian
- Penarikan Dana karena Berhenti Bekerja
Proses pencairan DPLK Manulife tergantung pada kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Jika semua dokumen lengkap, maka prosesnya sekira 5-10 hari untuk diterima nasabah DPLK Manulife.
Kartu Asuransi Manulife Hilang
Peserta dapat menghubungi customer service Manulife Indonesia secepatnya ketika menyadari kartu asuransi atau DPLK hilang. Manulife Indonesia akan menyediakan kartu DPLK dan polis asuransi yang baru setelah peserta mengisi formulir kehilangan polis/kartu identifikasi DPLK serta menyerahkan kembali formulir ke customer service Manulife Indonesia dengan surat kehilangan dari kepolisian dan fotokopi kartu identitas KTP/SIM ataupun paspor.
Daftar RS Rekanan Asuransi Manulife
Manulife Indonesia telah bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit yang tersebar luas hampir di seluruh wilayah Indonesia. Lihat daftar rumah sakit rekanan pada tab Rekanan.
Perusahaan Asuransi Lain Seperti Manulife
Berikut ini beberapa daftar perusahaan asuransi yang memiliki izin OJK yang menyediakan produk seperti Manulife sebagai bahan pertimbangan kamu memilih asuransi terbaik:
Sumber dan Referensi
Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.
Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:
- manulife.co.id
- https://www.manulife.co.id/id/tentang-kami/pusat-informasi/berita/perlindungan-manulife-indonesia-terkait-covid-19.html
- https://keuangan.kontan.co.id/news/manulife-awali-tahun-2020-dengan-penguatan-layanan-digital-lewat-3-aplikasi-baru?page=all