Asuransi Mega Pratama

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62
 

Asuransi Mega Pratama 

PT Asuransi Mega Pratama atau lebih dikenal dengan nama Asuransi Mega Pratama adalah perusahaan asuransi umum yang berdiri sejak tahun 1959. Asuransi Mega Pratama menghadirkan pilihan manfaat asuransi umum yang terbilang cukup lengkap, mulai dari asuransi tanggung gugat, asuransi kecelakaan diri, asuransi kendaraan, dan masih banyak lagi. 

Kelebihan dan Kekurangan Mega Pratama versi Lifepal

  • (+) Asuransi Mega Pratama memiliki kesehatan keuangan perusahaan yang sangat baik. 
  • (+) Asuransi Mega Pratama memiliki pengalaman dalam industri asuransi di Indonesia selama lebih dari 60 tahun. 
  • (+) Kantor cabang Mega Pratama tersebar luas tidak hanya di Jakarta, namun di kota-kota besar lainnya. 
  • (-) Asuransi Mega Pratama tidak mencantumkan informasi terkait rekanan bengkel dalam situs resminya. 
  • (-) Asuransi Mega Pratama tidak menyediakan layanan nasabah berbasis aplikasi yang dapat memudahkan nasabah mendapatkan informasi terkait polis, klaim, dan rekanan rumah sakit/bengkel yang dapat dikunjungi.

Sekilas tentang Asuransi Mega Pratama

Dilihat dari sejarahnya, Asuransi Mega Pratama telah beberapa kali mengalami pergantian nama. Mulanya, perusahaan asuransi umum asal Indonesia ini berdiri dengan nama PT Maskapai Asuransi Ikrar Lloyd dengan salah satu pemegang saham terbesarnya adalah Bakrie Finance Corporation (BFC). Hingga pada bulan Maret tahun 2004, seluruh saham BFC diambil alih oleh PT Prima Eksekutif dan secara resmi berganti nama menjadi PT Asuransi Mega Pratama. 

Memiliki pengalaman yang cukup lama dalam industri asuransi di Indonesia, Mega Pratama kemudian dikategorikan sebagai perusahaan asuransi dengan kinerja ‘Sangat Bagus’ oleh Infobank dan Warta Ekonomi pada tahun 2016 hingga 2018. 

Produk asuransi yang ditawarkan oleh Asuransi Mega Pratama sangat cocok untuk tertanggung yang membutuhkan manfaat perlindungan kecelakaan diri. Tidak hanya warga domestik, warga asing pun bisa memanfaatkannya. Sebab, manfaat Asuransi Kecelakaan Diri Mega Pratama juga berlaku bagi WNA yang berdomisili tetap atau sementara di Indonesia.

Asuransi Mega Pratama merupakan salah satu anggota Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). PT Asuransi Jiwa Mega Pratama telah terdaftar secara resmi dalam izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan izin usaha nomor KEP-7174/MD/1986 tanggal 3 November 1986.
Mega Pratama telah meraih berbagai penghargaan bergengsi. Berikut di antaranya: Asuransi Berpredikat Sangat Bagus Tahun 2018; Asuransi Berpredikat Sangat Bagus Tahun 2017; Asuransi Berpredikat Sangat Bagus Tahun 2016; Asuransi Berpredikat Sangat Bagus Tahun 2015 - Majalah Infobank.

Laporan Keuangan Mega Pratama 

Berdasarkan data-data yang disadur dari Laporan Keuangan Tahunan 2018 pada situs resmi Mega Pratama, dinyatakan beberapa poin berikut.

  • Rasio solvabilitas: 382,06 persen.
  • Jumlah ekuitas: Rp135,647 miliar
  • Jumlah aset: Rp378,337 miliar. 

Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016), terdapat beberapa indikator yang menentukan kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi. Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, serta perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas Mega Pratama mencapai 382,06 persen di tahun 2018 mampu melampaui ketetapan pemerintah hingga tiga kali lipat. Rasio solvabilitas secara sederhana adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya. 

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa Mega Insurance memiliki keuangan perusahaan yang sangat sehat. Bahkan rasio solvabilitas Mega Pratama mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Padahal secara keseluruhan pertumbuhan industri asuransi di Indonesia sedang mengalami kelesuan selama tahun 2018. 

Saat ini, Lifepal belum bekerja sama dengan PT Asuransi Mega Pratama. Untuk mengetahui informasi terkait produk Asuransi Mega Pratama, silakan cek situs resmi megapratama.com. Jika tertarik untuk mengetahui informasi produk dari asuransi lainnya, Lifepal dapat membantu dalam memberikan referensi produk asuransi terbaik dan konsultasi secara gratis.

 

Dilansir dari laman produk pada situs resmi asuransi megapratama.com, berikut beberapa pilihan kategori produk asuransi yang disediakan oleh PT Asuransi Mega Pratama. 

Asuransi Umum Mega Pratama
Asuransi Tanggung Gugat
Produk asuransi yang memberikan jaminan perlindungan finansial terhadap risiko timbulnya tuntutan hukum dari pihak lain yang dapat merugikan usaha tertanggung.
Asuransi Umum Mega Pratama
Asuransi Kecelakaan Diri
Produk asuransi yang memberikan jaminan perlindungan finansial atas risiko kecelakaan.
Asuransi Umum Mega Pratama
Asuransi Rekayasa
Produk asuransi yang memberikan solusi finansial atas kerugian harta benda yang diakibatkan oleh kecelakaan yang tidak disengaja.
Asuransi Umum Mega Pratama
Asuransi Penjaminan
Produk asuransi yang memberikan solusi finansial atas perjanjian atau kontrak suatu proyek usaha.
Asuransi Umum Mega Pratama
Asuransi Pengangkutan
Produk asuransi yang memberikan solusi finansial atas risiko kerugian atau kehilangan barang selama pengiriman melalui jalur laut, udara, atau darat.
Asuransi Umum Mega Pratama
Asuransi Harta Benda
Produk asuransi yang memberikan solusi finansial atas risiko kerugian atau kerusakan terhadap harta benda seperti bangunan, mesin, perabotan, dan isi bangunan lainnya.
Asuransi Umum Mega Pratama
Asuransi Kendaraan
Produk asuransi yang memberikan solusi finansial atas risiko kerusakan atau kerugian terhadap kendaraan motor dan mobil yang disebabkan oleh kecelakaan.
Asuransi Umum Mega Pratama
Asuransi Rangka Kapal
Produk asuransi yang memberikan solusi finansial atas kerusakan atau kerugian terhadap kapal dan mesinnya, serta risiko pelayaran.
 

Berbagai produk asuransi Mega Pratama yang telah disebutkan tadi memiliki ketentuan masing-masing. Agar lebih jelas dan semakin memahami berbagai produk asuransi Mega Pratama tersebut, mari perhatikan ulasan berikut terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda dapat mempertimbangkan kelayakan produk asuransi Mega Pratama.

Cari tahu premi Asuransi Mega Pratama dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan atau menghubungi agen maupun broker asuransi terkait.

Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut.

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Pembayaran premi Asuransi Mega Pratama bergantung pada ketentuan pada polis asuransi. Silakan menghubungi call center Mega Pratama, agen, maupun broker asuransi terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis.

Cara klaim Asuransi Mega Pratama disesuaikan dengan ketentuan polis yang dimiliki. Silakan cek laman Klaim pada situs Megapratama.com untuk mengetahui panduan klaim asuransi dari Mega Pratama.

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja untuk perusahaan asuransi. Hanya saja, Mega Pratama tidak mencantumkan informasi mengenai keagenan perusahaan asuransi dalam situs resminya. 

Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara Mega Pratama dengan calon nasabah.

Lifepal adalah broker asuransi online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Saat ini, Lifepal belum bekerja sama dengan Mega Pratama. Namun, calon nasabah dapat mengandalkan Lifepal dalam memberikan ulasan berbagai referensi produk asuransi sejenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan bujet pribadi.

Layanan nasabah atau call center Mega Pratama dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Mega Pratama, dan sebagainya, silakan menghubungi kontak berikut.

Call Center Mega Pratama

  • Customer Care Centre: Gedung Mega Pratama Jl. Raya Pasar Minggu No.14D, Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12510
  • Mega Pratama Call Center: (021) 7983401
  • Email: [email protected]
  • Faksimile: (021)  7983402/05
  • Website: megapratama.com

Asuransi umum Mega Pratama memiliki jaringan bengkel yang tersebar luas di wilayah Indonesia. Untuk informasi terkait rekanan bengkel dapat menghubungi call center Asuransi Mega Pratama. 

Mega Pratama tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Hingga tahun 2018, Mega Pratama mendirikan kantor pusat di Jakarta dan memiliki sejumlah kantor cabang di wilayah lainnya. 

Alamat Kantor Pusat Mega Pratama

PT ASURANSI MEGA PRATAMA

Gedung Mega Pratama 

Jl. Raya Pasar Minggu No.14D,

Pejaten Timur – Pasar Minggu, 

Jakarta Selatan 12510, INDONESIA

Telepon: (021) 7983401 

Faks: (021) 7983402/5

Email: [email protected]

www.megapratama.com 

Alamat Kantor Cabang Mega Pratama

  • Menara Citicon Lt.19,Jl Letjen S. Parman, Kav. 72 Slipi, Jakarta Telp. (021) 29339162 Email: [email protected] & Email: [email protected]
  • Jl. Pemuda No. 8 B, PADANG – 25117, Telp. (0751) 28251/32040, Fax. (0751) 25601, Email: [email protected]
  • Gedung Bank Mandiri Jl. Imam Bonjol No. 16 A Lantai 6 Blok 604, Medan – 20159 Telp. (061)7366200, Fax. (061) 7321500 Email: [email protected]
  • Jl. Arifin Ahmad Blok D/09, Pekanbaru Telp. (0761) 6700893, Fax. (0761) 6700893 Email: [email protected]
  • Jl. H. M. Rasyid Nawawi Blok B3 Nomor 512, Palembang – 30111 Telp. (0711) 5560299/76, Fax. (0711) 5641360 Email: [email protected]
  • Sudirman Center Jl. Jendral Sudirman No. 7, BANDAR LAMPUNG – 35127 Telp. (0721) 5620020, Fax. (0721) 5603720 Email: [email protected]
  • Jl. Untung Suropati RT, 37 No, 50 Simpang Puncak Jelatung, Jambi Telp. (0741) 43500, Fax. (0741) 42999 Email: [email protected]
  • Komplex Andhika Plaza Jl. Simpang Dukuh No, 38-40 Blok B III/38-S, Surabaya Telp. (031) 5476875, Fax. (031) 5476876 Email:[email protected]
  • Jl. Anjasmoro Raya No. 6C Karangayu, Semarang Telp. (024) 76432440/76432767 Fax. (024) 76432440 Email: [email protected]
  • Jl. AP Petarani Ruko Bisnis Center III Blok C No.10, Makassar Telp. (0411) 540575/76432767 Fax. (0411) 440979 Email: [email protected]
  • Jl. Puspowarno No. 49 A, Panularan Laweyan, Surakarta Telp. (0271) 728090, Fax. (0271)728090 Email: [email protected]
  • Jl Pulau Baru No. 4B, Denpasar Telp. (0361) 247288, Fax. (0361) 254986 Email: [email protected] 
  • Ruko Terusan Sulfat, Jl Terusan Sulfat No. 28A , Kav. C1,Lt2, Sawojajar, Malang – 65319 Telp. (0812) 3266.7991 Email: [email protected]

 

 

 

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • http://www.ramains.com/id/

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal