Mencari Asuransi Terbaik?
Masukkan informasi diri dan sistem kami akan merekomendasikan polis terbaik sesuai dengan profil, kebutuhan, dan anggaranmu.

Asuransi Meritz Korindo

3.5 / 5.0 (5.637 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Meritz Korindo

Asuransi Meritz Korindo merupakan perusahaan asuransi umum yang berdiri pada tahun 1997 dengan nama PT Asuransi Hanjin Mitra. Perusahaan berdiri di bawah naungan Oriental Fire and Marine Insurance.

Perusahaan memiliki beragam jenis produk asuransi umum, mulai dari asuransi kebakaran, asuransi properti, asuransi pengangkutan, asuransi proyek, asuransi kendaraan bermotor, asuransi tanggung jawab pihak ketiga, asuransi kerusakan mesin, sampai asuransi fidelity (asuransi penjaminan bagi pebisnis/perusahaan akibat ketidakjujuran karyawan).

Ringkasan

  • Polis Fidelity Insurance memberikan pertanggungan yang tidak biasa, yaitu pemberian ganti rugi kepada nasabah apabila ada karyawannya yang melakukan penipuan atau ketidakjujuran lainnya dan merugikan perusahaan.
  • Polis Property All Risk menawarkan pertanggungan yang cukup luas, mulai dari kerusakan fisik harta benda hingga ke gangguan bisnis akibat kejahatan atau bencana alam. Selain itu apabila ingin memproteksi risiko tuntutan hukum, pemilik usaha juga bisa menambahkan polis Asuransi Tanggung Jawab Hukum.
  • Berdasarkan laporan keuangan tahun 2018, perusahaan memiliki rasio solvabilitas 679%. Artinya, aset perusahaan mampu membayar utang jangka panjang yang berarti risiko perusahaan mengalami gagal bayar klaim nasabah sangat rendah.

Sejarah Asuransi Meritz Korindo

Meritz Korindo Insurance Indonesia didirikan pada tahun 1997 dengan nama PT Asuransi Hanjin Mitra, hasil kerja sama Oriental Fire & Marine Insurance (sekarang Meritz Fire & Marine Insurance Company Ltd) dan Korindo Group.

Setelah itu, PT Asuransi Hanjin Mitra sempat mengalami pergantian nama sebanyak dua kali, yaitu menjadi PT Asuransi Hanjin Korindo pada tahun 1999 dan pada tahun 2013 berubah menjadi PT Asuransi Meritz Korindo hingga saat ini.

Perusahaan telah terdaftar di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dan mendapatkan izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor KEP-3068/LK/1999 pada tahun 27 Juli 1999.
Perusahaan telah meraih berbagai penghargaan bergengsi, adapun daftar penghargaan tersebut sebagai berikut: TOP 5 Financial Performances for Insurance Company with Assets Below 1 Triliun oleh Indonesia Best Insurance Award 2019.; Asuransi Terbaik 2018 dengan Aset Rp250 miliar hingga Rp1 triliun versi Majalah Investor.; Best Financial Performance 2018, General Insurance Company, Category Asset between Rp300—Rp400 Billion.; Asuransi Terbaik 2017 dengan Aset Rp250 miliar hingga Rp1 triliun versi Majalah Investor.

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Tahunan 2018 yang dirilis pada situs resmi perusahaan. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk menentukan suatu perusahaan asuransi sehat atau tidak.

  • Rasio solvabilitas: 680 persen.
  • Jumlah aset: Rp351,591 miliar.
  • Jumlah ekuitas: Rp178,445 miliar.

Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas secara sederhana adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya. Rasio solvabilitas mencapai 680 persen di tahun 2018 terbilang sangat baik. Artinya, perusahaan dapat membayar utang jangka panjangnya sebanyak enam kali lipat.

 
 

Produk Meritz Korindo

Perusahaan menyediakan beberapa jenis produk asuransi untuk segmen korporasi. Berikut di antaranya.

1. Asuransi Kebakaran

Produk asuransi kebakaran ini memberikan perlindungan terhadap harta benda dari risiko kebakaran. Melihat pertanggungan yang diberikan, asuransi kebakaran tersebut mengikuti Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI).

2. Asuransi Properti

Produk asuransi properti ini memberikan ganti rugi terhadap kerugian fisik maupun kerusakan pada harta benda yang telah diasuransikan. Pertanggungannya terdiri dari dua, yaitu kerusakan fisik dan interupsi bisnis. Produk ini bisa diperluas dengan pertanggungan kerugian akibat kerusuhan dan bencana alam.

3. Asuransi Pengangkutan

Produk asuransi pengangkutan ini memberikan perlindungan terhadap barang-barang selama melakukan pengangkutan melalui jalur darat, laut, maupun udara. Produk ini cocok digunakan oleh perusahaan yang terlibat dalam kegiatan perdagangan ekspor impor.

4. Asuransi Proyek

Produk asuransi proyek ini adalah berupa contractor dan erection all risk  memberikan jaminan perlindungan terhadap pekerja maupun mesin-mesin yang akan digunakan dalam proyek konstruksi.

5. Asuransi Kendaraan Bermotor

Produk asuransi kendaraan bermotor ini memberikan jaminan pertanggungan terhadap kerugian maupun kerusakan pada kendaraan bermotor. Selain itu, nasabah juga bakal mendapatkan proteksi terhadap perlindungan pihak ketiga. Produk juga bisa diperluas dengan pertanggungan kerugian akibat kerusuhan, bencana alam, dan kecelakaan diri.

6. Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga

Produk asuransi tanggung jawab pihak ketiga ini memberikan penggantian kerugian apabila perusahaan mengalami masalah yang mengakibatkan kerugian terhadap publik. Sehingga, publik meminta pertanggungjawaban kepada perusahaan. Produk ini cocok untuk perusahaan minyak dan gas serta konstruksi.

7. Asuransi Ketidakjujuran

Produk asuransi yang memberikan ganti rugi kepada perusahaan apabila salah satu karyawannya melakukan pencurian atau penggelapan uang sehingga menimbulkan kerugian pada perusahaan. 

8. Asuransi Kerusakan Mesin

Produk asuransi yang memberikan ganti rugi jika aset mesin dalam operasional bisnis mengalami kerusakan. 

 

Daftar Polis Meritz Korindo

Produk asuransi terbagi menjadi delapan kategori produk yang menyasar segmen korporasi. Berikut adalah daftar polisnya.

Asuransi Kebakaran

Fire Insurance

Produk asuransi yang memberikan manfaat pertanggungan berupa uang ganti rugi terhadap kerugian atau kerusakan aset bangunan akibat peristiwa kebakaran.

  • Penggantian biaya kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran, petir, ledakan, pesawat jatuh, dan asap.
Asuransi Properti

Property All Risk 

Produk yang memberikan manfaat pertanggungan berupa ganti rugi terhadap kerugian pada aset properti milik tertanggung akibat penyebab yang tertulis dalam polis.

  • Penggantian biaya terhadap kerusakan fisik bangunan.
Asuransi Pengangkutan

Marine Cargo Insurance

Produk yang memberikan manfaat pertanggungan berupa jaminan perlindungan terhadap barang-barang yang sedang melakukan pengangkutan baik melalui jalur darat, laut, maupun udara.

Asuransi Proyek

Contractor/Erection All Risk

Produk asuransi yang memberikan manfaat pertanggungan berupa uang ganti rugi terhadap kerusakan maupun kerugian yang terjadi pada alat konstruksi maupun pekerja selama proyek konstruksi berlangsung.

  • Biaya penggantian kerugian dalam proyek.
Asuransi Kendaraan Bermotor

Motor Vehicle Insurance

Produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap risiko kerugian pada kendaraan bermotor.

  • Penggantian biaya erusakan kendaraan bermotor yang diakibatkan tabrakan dan terbalik.
  • Jaminan properti, biaya medis, cedera tubuh, dan santunan kematian terhadap pihak ketiga yang mengalami kerugian akibat kendaraan bermotor.
Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga

Public Liability Insurance

Produk asuransi yang memberikan jaminan terhadap tertanggung dari tanggung jawab hukum atas cacat tubuh atau cedera badan dan kerugian harta benda pihak ketiga.

  • Penggantian kerugian harta benda atau cedera pihak ketiga.
Asuransi Ketidakjujuran

Fidelity Insurance

Produk asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi kepada tertanggung sebagai pemberi kerja atas kehilangan uang atau harta benda akibat tindak kriminal yang dilakukan karyawannya.

  • Kerugian akibat dari tindakan penipuan, pencurian, atau ketidakjujuran karyawan dalam pekerjaannya.
Asuransi Kerusakan Mesin

Machinery Breakdown

Produk asuransi yang memberikan manfaat pertanggungan biaya ganti rugi terhadap kerusakan aset mesin milik tertanggung karena sebab yang tertulis dalam polis.

  • Kerugian akibat kecerobohan pekerja, korsleting, cacat sejak perakitan
  • Kerugian akibat mesin jatuh, tabrakan, maupun masuknya benda asing yang mengakibatkan kerusakan
 

Berita Terbaru Meritz Korindo

Maret 2019 - Kementerian Perdagangan (Kemdag) RI mencatat, per 11 Maret 2019, ada 17 perusahaan asuransi nasional yang mendapatkan persetujuan pendaftaran untuk menggarap asuransi muatan laut (marine cargo insurance) untuk ekspor dan impor barang tertentu. Salah satunya adalah PT Meritz Korindo Insurance yang mendaftar secara konsorsium.

 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Meritz Korindo, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Meritz Korindo adalah perusahaan asuransi umum yang didirikan pada tahun 1997. Perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta ini sempat beberapa kali berganti nama, mulai dari Asuransi Hanjin Mitra, lalu berganti menjadi Asuransi Hanjin Korindo sampai tahun 2013.

Berikut ini adalah jajaran manajemen perusahaan saat ini.

Dewan Komisaris

  • Presiden Komisaris: Park In Chul
  • Komisaris Independen: Abdul Aziz
  • Komisaris Independen: Hari Purwanto

Dewan Direksi

  • Presiden Direktur: Kang Hyung Koo
  • Direktur Teknik: Sali S. Rangkuti
  • Direktur Marketing: Jongha Son

Penasihat Teknis: Yoo Ho Keun

Associate Director: Irvan Subekti

Cari tahu premi asuransi Meritz Korindo dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.

Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut.

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Pembayaran premi asuransi Meritz Korindo bergantung pada ketentuan pada polis asuransi. Silakan menghubungi call center Meritz Korindo, agen, maupun broker asuransi terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis.

Cara klaim untuk setiap produk asuransi tentu berbeda-beda. Berikut adalah langkah umum yang dilakukan untuk mengajukan klaim.

  • Lakukan pelaporan ke pihak asuransi bahwa ingin mengajukan klaim. Laporan dapat dilakukan dengan menghubungi call center atau dengan mendaftar pengajuan klaim melalui situs web resmi.
  • Isi formulir klaim yang telah disediakan.
  • Kirimkan formulir klaim beserta laporan detail kerugian yang dialami.
  • Pihak asuransi akan melakukan pemeriksaan untuk memeriksa tingkat kerugian atau kerusakan yang dialami.
  • Apabila kerugian yang dialami sesuai dengan persyaratan yang tercantum dalam polis, maka klaim akan disetujui.

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja untuk perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.

Tidak tersedia informasi sistem keagenan asuransi Meritz Korindo dalam situs resminya. Untuk mendapatkan informasi tersebut, silakan menghubungi call center Meritz Korindo.

Layanan nasabah atau call center Meritz Korindo dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Meritz Korindo, dan sebagainya, silakan hubungi kontak berikut.

  • Customer Care Centre: Wisma Korindo, 1st Floor, Jalan M.T Haryono Kav.62, Jakarta 12780
  • Call Center: (021) 7975959
  • Email: [email protected]
  • Situs resmi: meritzkorindo.co.id

Asuransi Meritz Korindo memiliki rekanan yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, baik rekanan rumah sakit maupun bengkel. Untuk mengetahui daftar lengkap rekanan tersebut, Anda bisa menghubungi call center Meritz Korindo melalui nomor (021) 7975959.

Berdasarkan informasi yang didapat di situs resmi asuransi Meritz Korindo, PT. Meritz Korindo Insurance hanya memiliki satu kantor utama yang berlokasi di Jakarta. Adapun alamat lengkapnya sebagai berikut.

Wisma Korindo

1st Floor, Jalan M.T Haryono Kav.62

Jakarta 12780 Indonesia

Telepon: (021) 7975959

Email: [email protected]

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • http://meritzkorindo.co.id/
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/bertambah-lagi-kini-ada-17-perusahaan-asuransi-ekspor-impor-terdaftar-di-kemdag
Avatar
Penulis Ruri Sari Mantan peracik tulisan di media sosial yang mencoba berbagi informasi seputar mengelola keuangan pribadi dan sharing trik-trik jitu yang bisa kita semua nikmati. Lihat profile penulis