Asuransi Mobil Sinar Mas

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62
 

Asuransi Mobil Sinar Mas

Asuransi mobil Sinar Mas adalah asuransi kendaraan khusus mobil yang dimiliki PT Asuransi Sinar Mas dengan manfaat proteksi sebagian atau keseluruhan pada kendaraan. PT Asuransi Sinar Mas dikenal sebagai salah satu bagian dari Sinar Mas Group yang cukup sukses di bidang asuransi umum.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil Sinar Mas

  • (+) Tersedia empat jenis polis asuransi.
  • (+) Tersedia jaminan bagi pengemudi dan penumpang hingga 20 persen dari pertanggungan mobil.
  • (+) Masing-masing produk telah dilengkapi tanggung jawab hukum pihak ketiga (TPL).

Sekilas tentang Asuransi Mobil Sinar Mas

PT Asuransi Sinar Mas adalah perusahaan asuransi umum yang didirikan pada tanggal 27 Mei 1985 dengan nama PT Asuransi Kerugian Sinar Mas Dipta melalui surat keputusan menteri keuangan dengan nomor Kep-2562/MD 1986.

Nama perusahaan diubah menjadi PT Asuransi Sinar Mas atau ASM pada 1991 hingga kini dengan singkatan ASM. Sebagai salah satu perusahaan asuransi umum terbesar di Indonesia, ASM berhasil membukukan kinerja keuangan positif pada tahun 2018. Tercatat total aset mencapai Rp7,95 triliun, rasio solvabilitas (RBC) 403,75 persen, serta pendapatan premi Rp3,30 triliun.

Demi memberikan pelayanan maksimal, ASM memperluas jaringan pemasaran yaitu melalui 33 kantor cabang, satu kantor cabang khusus syariah, 71 kantor pemasaran, dan 107 marketing point.

Asuransi mobil Sinar Mas atau Simas Mobil menawarkan beberapa pilihan polis, baik untuk mobil pribadi maupun bisnis/dinas/komersial/korporasi. Polis asuransi mobil yang ditawarkan cukup lengkap, yaitu Gabungan (Komprehensif) + tanggung jawab pihak ketiga (third party liability/TPL), Kerugian Total (TLO) + TPL, Simas Mobil TPL, Simas Mobil Exclusive.

Salah satu yang menjadi unggulan Simas Mobil adalah Simas Mobil Exclusive yang memberikan pertanggungan kecelakaan diri bagi pengemudi, penumpang, dan pihak ketiga. Pertanggungan untuk pengemudi dan penumpang memiliki limit cukup tinggi, yaitu 20 persen dari pertanggungan kendaraan.

Selain asuransi mobil Sinar Mas, tersedia pula asuransi kesehatan Sinar Mas, asuransi kecelakaan diri, asuransi rekayasa, dan asuransi mikro dengan berbagai pilihan polis/plan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

 

Asuransi Mobil Sinar Mas terdiri atas berbagai polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan nasabah. Berikut pilihan polis asuransi mobil Sinar Mas yang bisa dipertimbangkan.

Asuransi Mobil Sinar Mas
Simas Mobil Gabungan + TPL
Produk asuransi mobil yang memberikan perlindungan komprehensif ditambah tanggung jawab terhadap pihak ketiga.
Asuransi Mobil Sinar Mas
Simas Mobil TLO + TPL
Produk asuransi mobil yang memberikan pertanggungan untuk kerusakan lebih dari 75 persen atau hilang ditambah tanggung jawab terhadap pihak ketiga.
Asuransi Mobil Sinar Mas
Simas Mobil TPL
Produk asuransi mobil yang hanya memberikan pertanggungan terhadap pihak ketiga baik kecelakaan atau kerusakan aset yang dialami pihak ketiga.
Asuransi Mobil Sinar Mas
Simas Mobil Exclusive
Produk asuransi yang memberikan proteksi menyeluruh serta proteksi kecelakaan diri bagi pengemudi dan penumpang.
 

Asuransi mobil Sinar Mas memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut ulasan pertanggungan, harga premi, cara membeli, cara klaim, hingga cara berhenti menjadi nasabah Simas Mobil.

Pertanggungan asuransi mobil Sinar Mas tergantung pada jenis produk yang dipilih. Berikut ini penjelasan singkat mengenai pertanggungan yang diberikan Simas Mobil berdasarkan jenis masing-masing polis.

Simas Mobil Gabungan + TPL

Produk asuransi mobil ini memberikan pertanggungan terhadap berbagai risiko sesuai Polis Standar Asuransi Kendaraan Indonesia (PSAKI). Berikut berbagai risiko yang ditanggung polis Simas Mobil Gabungan + TPL:

  • Risiko tabrakan, benturan, terbalik, atau tergelincir di jalan.
  • Perbuatan jahat orang lain.
  • Pencurian, termasuk dengan kekerasan.
  • Kebakaran.
  • Sambaran petir.
  • Kerugian akibat kecelakaan selama penyeberangan dengan kapal feri atau alat transportasi penyeberangan resmi lain yang berada di bawah pengawasan Dirjen Perhubungan Darat.
  • Biaya wajar yang dikeluarkan nasabah jika terjadi kerugian atau kerusakan akibat risiko yang dijamin selama penjagaan, pengangkutan, atau penarikan ke bengkel dan tempat lain untuk mengurangi kerugian atau kerusakan yang dialami maksimal 0,5 persen dari jumlah pertanggungan.

Simas Mobil TLO + TPL

Pertanggungan polis Simas Mobil TLO + TPL secara umum disesuaikan dengan Polis Standar Asuransi Kendaraan Indonesia (PSAKI). Sesuai penjelasan sebelumnya, polis ini khusus memberikan pertanggungan bagi kerusakan mobil lebih dari 75 persen atau kehilangan. Berikut penjelasan singkatnya:

  • Kerusakan atau kerugian akibat peristiwa alam (bencana) atau tindak kriminal orang lain yang bukan keluarga lebih dari 75 persen atau lebih dari harga mobil tersebut.
  • Kerugian yang dialami pihak ketiga atas kecelakaan atau pencurian yang dilakukan orang lain.
  • Pertanggungan kerusakan harta benda pihak ketiga.
  • Pertanggungan biaya pengobatan pihak ketiga.
  • Pertanggungan cedera badan pihak ketiga.
  • Pertanggungan kematian bagi pihak ketiga.

Simas Mobil TPL

Polis asuransi ini khusus memberikan pertanggungan kepada pihak ketiga yang terdampak oleh kecelakaan atau kondisi lain yang dialami mobil tertanggung. Berikut penjelasan singkat pertanggungan yang diberikan Simas Mobil TPL:

  • Kerusakan harta benda pihak ketiga seperti menabrak pagar tetangga.
  • Biaya pengobatan untuk orang lain yang tertabrak mobil tertanggung.
  • Biaya dan santunan penggantian cedera badan yang dialami pihak ketiga.
  • Santunan kematian kepada pihak ketiga akibat kecelakaan lalu lintas.

Simas Mobil Exclusive

Polis asuransi ini menjadi salah satu unggulan asuransi mobil Sinar Mas karena pertanggungan yang cukup lengkap yaitu asuransi all risk, TPL, dan kecelakaan diri (personal accident, PA). Berikut penjelasan singkat mengenai pertanggungan Simas Mobil Exclusive:

  • Pertanggungan PA bagi penumpang maksimal empat orang dengan limit hingga 20 persen dari uang pertanggungan mobil yang dipertanggungkan.
  • Pertanggungan PA bagi pengemudi (satu orang) hingga 20 persen dari uang pertanggungan mobil yang dipertanggungkan.
  • Klaim tanggung jawab hukum pihak ketiga adalah klaim yang timbul akibat adanya tuntutan dari pihak ketiga terhadap tertanggung yang disebabkan secara langsung oleh kendaraan bermotor yang dipertanggungkan.
  • Pertanggungan akibat perbuatan jahat orang lain atau akibat pencurian termasuk yang disertai kekerasan dan ancaman.
  • Pertanggungan atas nilai perbaikan yang belum mencapai 100 persen dari harga kendaraan sebenarnya yang dipertanggungkan sesaat sebelum terjadi kerugian.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil Sinar Mas, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk kepada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Selain ketentuan di atas, Simas Mobil Gabungan menetapkan tambahan biaya, yaitu loading premi minimal 5 persen per tahun untuk mobil berusia di atas 5 tahun. Sementara untuk Simas Mobil TLO menerapkan loading premi minimal 5 persen per tahun untuk usia mobil di atas 10 tahun.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Pada asuransi mobil Sinar Mas, terdapat beberapa metode penggantian biaya asuransi yang disesuaikan dengan polis yang dipilih dan jenis klaim yang diajukan. Berikut penjelasan singkat mengenai beberapa metode penggantian biaya asuransi mobil Sinar Mas.

  • Fasilitas cashless yaitu kemudahan memperbaiki mobil di bengkel rekanan asuransi Sinar Mas tanpa perlu mengeluarkan uang pribadi. Namun, untuk setiap klaim biasanya ada biaya administrasi yang harus dibayarkan sekitar Rp300 ribu.
  • Uang pertanggungan berupa santunan tunai untuk klaim asuransi kecelakaan bagi penumpang, pengemudi, dan pihak ketiga. Santunan tunai juga diberikan kepada aset pihak ketiga yang mengalami kerusakan. Contoh, jika tertanggung menabrak pagar rumah pihak ketiga.

Bagi calon nasabah yang ingin membeli polis asuransi Simas Mobil secara online bisa mengunjungi situs resmi Sinar Mas. Ikuti instruksi yang diberikan pada situs resmi Sinar Mas hingga selesai. Selain itu, calon nasabah juga bisa membeli asuransi mobil Sinar Mas melalui call center atau mendatangi langsung kantor cabang/pemasaran terdekat.

Atau, jika ingin lebih berimbang, calon nasabah dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi Sinar Mas saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, calon nasabah akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi yang ringan pula.

Pembayaran asuransi mobil Sinar Mas dapat dilakukan dengan berbagai cara. Karena masih dalam satu grup dengan Bank Sinarmas, maka metode pembayaran asuransi mobil Sinar Mas melalui bank tersebut menjadi salah satu pilihan utama.

Namun bagi nasabah yang tidak memiliki rekening di Bank Sinarmas tetap bisa melakukan pembayaran langsung ke teller Bank Sinarmas. Jika dirasa merepotkan, nasabah bisa memilih beberapa metode di bawah ini agar lebih nyaman. 

  • Kartu kredit.
  • Pendebitan kartu debit.
  • Melalui ATM Sinarmas.
  • Melalui ATM Bersama, ALTO, dan Prima.
  • Melalui virtual account.
  • Mobile banking.
  • Internet banking.
  • Transfer bank: BCA, Permata, CIMB Niaga, Danamon, BNI, dan Maybank.
  • E-payment: Gopay, OVO.

Prosedur pengajuan klaim asuransi Simas Mobil cukup mudah. Klaim asuransi harus dilakukan paling lambat lima hari setelah kejadian. Karena itu, akan lebih baik langsung mengajukan klaim setelah terjadi risiko, baik kehilangan, kecelakaan, atau tanggung jawab kepada pihak ketiga.

Berikut kontak Simas Mobil yang bisa dipilih untuk melaporkan klaim.

  • Melaporkan kejadian melalui Customer Care (021) 23567888/50507888
  • Email: [email protected]
  • Situs resmi: www.sinarmas.co.id lalu pilih menu Layanan Konsumen – Registrasi Klaim
  • Kunjungi kantor cabang Asuransi Sinar Mas terdekat.

Klaim Asuransi Mobil Sinar Mas Secara Umum

Klaim Asuransi Mobil Sinar Mas untuk Kecelakaan (Partial Loss)

  • Penyurvei (surveyor) akan datang dan melakukan survei mobil yang akan diklaim. Survei bisa dilakukan di kediaman tertanggung atau kantor cabang Asuransi Sinar Mas.
  • Melengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan klaim kecelakaan yaitu: formulir klaim diisi lengkap, STNK, SIM pengemudi, KTP asli, polis asuransi atas nama Asuransi Sinar Mas,Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) dari kepolisian tempat kecelakaan terjadi (khusus kendaraan dengan kerusakan parah atau kehilangan sparepart).
  • Setelah survei dan dokumen lengkap, maka diterbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) agar kendaraan dapat diperbaiki di bengkel rekanan.

Klaim Asuransi Mobil Sinar Mas untuk Kerusakan Parah (CTLO)

Pengajuan klaim ini khusus untuk kendaraan yang mengalami kerusakan parah. Dokumen yang dibutuhkan yaitu:

  • BPKB asli.
  • STNK asli.
  • Surat Blokir STNK asli.
  • Kunci kendaraan asli dan cadangan.
  • Buku KIR (untuk kendaraan pick up).
  • Dua lembar kuitansi kosong yang ditandatangani oleh tertanggung (salah satunya bermeterai 6000).
  • Faktur asli.
  • Surat pernyataan subrogasi (penggantian hak terhadap pihak ketiga) yang ditandatangani di atas meterai 6000.
  • Surat pelepasan hak (jika atas nama perusahaan atau badan hukum).

Klaim Asuransi Mobil Sinar Mas untuk Simas Mobil TLO

Prosedur klaim ini dilakukan jika kendaraan hilang akibat pencurian atau risiko lain yang ditanggung oleh polis Simas Mobil TLO. Berikut prosedur dan dokumen yang dibutuhkan:

  • Formulir klaim yang sudah terisi lengkap.
  • STNK asli (jika STNK disita, maka nasabah meminta Surat Penyitaan dari pihak kepolisian).
  • Kunci kendaraan asli dan cadangan.
  • KTP asli (hasil scan atau foto asli) jika nama pelapor yang terdapat pada formulir klaim bukan nama tertanggung.
  • Jika polis asuransi atas nama perusahaan, maka formulir klaim harus dilengkapi dengan stempel perusahaan.
  • STPL dari kantor kepolisian setempat.
  • Jika klaim dinyatakan diterima, kelengkapan dokumen yang harus ditambahkan tertanggung adalah: BPKB asli, faktur asli, Surat Blokir STNK asli, Surat Keterangan Hilang asli dari Polda, dua kuitansi kosong yang ditandatangani tertanggung (salah satunya bermeterai 6000).
  • Faktur asli (untuk kendaraan jenis pick up)

Klaim Asuransi Mobil Sinar Mas untuk Simas Mobil Exclusive

Terdapat beberapa pengajuan klaim dari polis Simas Mobil Exclusive. Berikut ini penjelasan singkat dan dokumen yang dibutuhkan untuk masing-masing klaim.

Klaim kecelakaan (partial loss):

  • Identitas tertanggung (KTP/SIM) dari karyawan yang melapor untuk perusahaan.
  • Mengisi formulir klaim dengan lengkap dan benar.
  • Laporan kepolisian setempat (jika ada unsur kejahatan).

Klaim tanggung jawab hukum pihak ketiga (TPL):

  • Identitas pihak ketiga (korban) seperti SIM atau KTP.
  • SIM (wajib) dilampirkan jika kerugian pihak ketiga melibatkan kendaraan bermotor.
  • Surat tuntutan dari pihak ketiga.
  • Laporan kepolisian setempat jika dibutuhkan.

Klaim CTLO:

  • STNK & BPKB (wajib asli)..
  • Surat Keterangan Kecelakaan dari kepolisian setempat (TKP).
  • Kunci kontak (asli) dan cadangan.
  • Kuitansi kosong bermeterai 6000 yang ditandatangani tertanggung (rangkap dua).
  • Identitas tertanggung (SIM atau KTP).

Bagi nasabah yang ingin berhenti menjadi nasabah Asuransi Mobil Sinar Mas perlu menghubungi kantor pusat, kantor cabang, atau kantor pemasaran terdekat. Setelah itu, ikuti petunjuk sesuai instruksi.

Biasanya, pihak Asuransi Sinar Mas akan meminta nasabah mengisi formulir online di situs atau aplikasi. Setelah terisi, lanjutkan dengan mengunduh formulir tersebut bersama fotokopi STNK dan bukti pembayaran premi.

Setelah itu, nasabah akan dikonfirmasi melalui telepon atau email yang menginformasikan bahwa nasabah sudah berhenti menjadi nasabah Simas Mobil. Namun, agar lebih nyaman, sebaiknya berhenti menjadi nasabah setelah masa pertanggungan selesai atau setelah satu tahun. Dengan begitu, proses tutup polis lebih mudah.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.sinarmas.co.id/

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal