Asuransi Mobil Sinar Mas

4.5 / 5.0 (5.930 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
59 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
59 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
59 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
59 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
59 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
2021/03/31 23:59:59Diskon HEBOHMulai 20%
 

Pilihan Polis Asuransi Mobil Sinar Mas

Asuransi mobil Sinar Mas terbagi menjadi dua pilihan polis, yaitu all risk dan total loss only (TLO) sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing nasabah.

Berikut rangkuman manfaat polisnya:

Simas Mobil Comprehensive / All-Risk
Simas Mobil All Risk & Comprehensive

Simas Mobil Comprehensive ini memberikan pertanggungan lengkap untuk polis yang dipilih. Setiap polis yang ditawarkan Simas Mobil memberikan jaminan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga (TPL).

  • Menanggung risiko tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir dari jalan
  • Menanggung risiko perbuatan jahat orang lain
  • Menanggung risiko pencurian termasuk pencurian dengan kekerasan
  • Menanggung risiko kebakaran dan sambaran petir
  • Menanggung risiko kecelakaan selama penyeberangan dengan feri
  • Menanggung biaya derek maksimal 0,5 persen dari jumlah pertanggungan
  • Simas Mobil TPL: Produk asuransi menjamin tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang secara langsung disebabkan oleh kendaraan bermotor yang dipertanggungkan sebagai akibat risiko yang dijamin polis yang berupa kerusakan harta benda (property damage), biaya pengobatan, cedera badan dan/atau kematian.

Simas Mobil Total-Loss-Only
Simas Mobil TLO

Simas Mobil TLO ini memberikan jaminan ganti rugi atas risiko kerusakan atau kehilangan mobil mencapai lebih dari 75 persen harga mobil saat ini. Setiap polis yang ditawarkan Simas Mobil memberikan jaminan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga (TPL).

  • Menanggung risiko tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir dari jalan
  • Menanggung risiko perbuatan jahat orang lain
  • Menanggung risiko pencurian termasuk pencurian dengan kekerasan
  • Menanggung risiko kebakaran dan sambaran petir
  • Menanggung risiko kecelakaan selama penyeberangan dengan feri
  • Menanggung biaya derek maksimal 0,5 persen dari jumlah pertanggungan
  • TLO + TPL: Produk pertanggungan untuk kerusakan dan/atau kerugian karena suatu peristiwa yang dijamin oleh polis dimana biaya perbaikan, penggantian atau pemulihan ke keadaan semula sesaat sebelum terjadinya pencurian dan/atau kerusakan sama dengan atau lebih dari harga sebenarnya kendaraan bermotor yang dipertanggungkan atau kendaraan hilang karena pencurian.

 
 

Tentang Asuransi Sinar Mas

Asuransi Sinar Mas adalah perusahaan asuransi umum yang cukup dikenal dan banyak diminati orang karena menghadirkan pilihan polis yang sangat banyak, yaitu lebih dari 60 pilihan polis. 

Produk yang dihadirkan mencakup asuransi kecelakaan diri, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan bermotor, asuransi syariah, asuransi mikro, dan masih banyak lagi. 

Sementara salah satu produk unggulannya adalah asuransi mobil Sinar Mas yang memiliki jaringan bengkel terluas, dan menanggung mobil tua hingga usia 12 tahun

 

Tabel Manfaat Asuransi Mobil Sinar Mas

Polis asuransi mobil Sinar Mas terbagi menjadi dua kategori yang dibedakan berdasarkan luas risiko yang ditanggung. Berikut pilihannya:

Produk Manfaat
Asuransi Mobil All Risk Ganti rugi atas segala risiko kerugian, baik kerusakan sedang maupun menyeluruh. 
Asuransi Mobil TLO Ganti rugi atas risiko kerugian total atau nilai kerugiannya mencapai lebih dari 75 persen harga mobil.

 

Harga Premi Asuransi Mobil Sinar Mas

Harga premi asuransi mobil ditentukan oleh beberapa faktor. Termasuk jenis polis yang dibeli dan wilayah pertanggungan.

Berikut ini beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Sementara, persentase asuransi mobil all risk dan TLO yang ditentukan berdasarkan harga mobil dan wilayah adalah sebagai berikut:

  • Wilayah I: Sumatera dan kepulauan di sekitarnya
  • Wilayah II: Jakarta, Banten, dan Jawa Barat
  • Wilayah III: semua daerah di Indonesia yang tidak termasuk Wilayah I dan II.

  • Kategori 1 ≤Rp 125 juta 3,82%-4,20% 3,26%-3,59% 2,53%-2,78%
  • Kategori 2 >Rp 125 – Rp 200 Juta 2,67%-2.94% 2,47%-2,72% 2,69%-2,96%
  • Kategori 3 >Rp 200 – Rp 400 Juta 2,18%-2,40% 2,08%-2,29% 1,79%-1,97%
  • Kategori 4 >Rp 400 – Rp 800 Juta 1,20%-1,32% 1,20%-1,32% 1,14%-1,25%
  • Kategori 5 >Rp 800 Juta 1,05%-1,16% 1,05%-1,16% 1,05%-1,16%

  • Kategori 1 0 s.d. Rp 125 Juta 0,47%-0,56% 0,65%-0,78% 0,51%-0,56%
  • Kategori 2 >Rp 125 – Rp 200 Juta 0,63%-0,69% 0,44%-0,53% 0,44%-0,48%
  • Kategori 3 >Rp 200 – Rp 400 Juta 0,41%-0,46% 0,38%-0,42% 0,29%-0,35%
  • Kategori 4 >Rp 400 – Rp 800 Juta 0,25%-0,30% 0,25%-0,30% 0,23%-0,27%
  • Kategori 5 > Rp 800 Juta 0,20%-0,24% 0,20%-0,24% 0,20%-0,24%

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk kepada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Selain ketentuan di atas, Simas Mobil Gabungan menetapkan tambahan biaya, yaitu loading premi minimal 5 persen per tahun untuk mobil berusia di atas 5 tahun. Sementara untuk Simas Mobil TLO menerapkan loading premi minimal 5 persen per tahun untuk usia mobil di atas 10 tahun.

 

Klaim Asuransi Mobil Sinar Mas

Klaim asuransi mobil Sinar Mas hampir sama dengan klaim asuransi mobil lainnya. Nasabah hanya perlu memenuhi dokumen yang dibutuhkan sesuai jenis polis dan klaim yang akan diajukan.

Berikut ini cara klaim asuransi mobil Sinar Mas untuk kecelakaan (partial loss).

  • Menyertakan dokumen yang dibutuhkan yaitu formulir klaim diisi lengkap, STNK, SIM pengemudi, KTP asli, polis asuransi atas nama Asuransi Sinar Mas,Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) dari kepolisian tempat kecelakaan terjadi (khusus kendaraan dengan kerusakan parah atau kehilangan sparepart).
  • Penyurvei (surveyor) akan datang dan melakukan survei mobil yang akan diklaim.
  • Setelah survei dan dokumen lengkap, maka diterbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) agar kendaraan dapat diperbaiki di bengkel rekanan.

Berikut ini prosedur dan cara pengajuan klaim ini khusus untuk kendaraan yang mengalami kerusakan parah atau kehilangan.

  • Melengkapi dokumen yang diperlukan: BPKB asli, STNK asli, surat blokir STNK asli, kunci kendaraan asli dan cadangan, buku KIR (jenis kendaraan pick up), kuitansi bermaterai, surat pernyataan subrogasi (untuk penggantian TPL), dan surat pelepasan hak (kendaraan perusahaan)
  • Formulir klaim yang sudah terisi lengkap.
  • KTP asli (hasil scan atau foto asli) jika nama pelapor yang terdapat pada formulir klaim bukan nama tertanggung.
  • Jika polis asuransi atas nama perusahaan, maka formulir klaim harus dilengkapi dengan stempel perusahaan.
  • STPL dari kantor kepolisian setempat.
  • Jika klaim dinyatakan diterima, kelengkapan dokumen yang harus ditambahkan tertanggung adalah: BPKB asli, faktur asli, Surat Blokir STNK asli, Surat Keterangan Hilang asli dari Polda, dua kuitansi kosong yang ditandatangani tertanggung (salah satunya bermeterai 6000).
  • Faktur asli (untuk kendaraan jenis pick up)

Berikut ini prosedur klaim kecelakaan Simas Mobil Exclusive.

  • Identitas tertanggung (KTP/SIM) dari karyawan yang melapor untuk perusahaan.
  • Mengisi formulir klaim dengan lengkap dan benar.
  • Laporan kepolisian setempat (jika ada unsur kejahatan).

Berikut ini prosedur klaim TPL Simas Mobil Exclusive.

  • Identitas pihak ketiga (korban) seperti SIM atau KTP.
  • SIM (wajib) dilampirkan jika kerugian pihak ketiga melibatkan kendaraan bermotor.
  • Surat tuntutan dari pihak ketiga.
  • Laporan kepolisian setempat jika dibutuhkan.

Berikut ini prosedur klaim TLO Simas Mobil Exclusive.

  • STNK & BPKB (wajib asli)..
  • Surat Keterangan Kecelakaan dari kepolisian setempat (TKP).
  • Kunci kontak (asli) dan cadangan.
  • Kuitansi kosong bermaterai 6000 yang ditandatangani tertanggung (rangkap dua).
  • Identitas tertanggung (SIM atau KTP).

Biaya klaim Asuransi Mobil Sinar Mas adalah minimum risiko sendiri untuk klaim partial loss, CTL, dan kehilangan (stolen). Pada Asuransi Mobil Sinar Mas risiko sendiri untuk klaim partial loss Rp200 ribu/kejadian. Klaim CTL dan kehilangan sebesar 5% dari nilai penggantian klaim.

 

Cara Menghindari Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Ada beberapa alasan yang umumnya dapat membuat klaim asuransi mobil nasabah ditolak. Di antaranya adalah sebagai berikut: 

1. Masuk dalam risiko pengecualian

Baca dengan teliti polis yang akan dibeli, apakah perusahaan asuransi menanggung risiko kerugian sebagian atau total saja. Jika nasabah memilih polis asuransi mobil TLO, maka kerugian seperti baret, penyok, dan sejenisnya tidak akan ditanggung karena termasuk kerusakan ringan.  

2. Dokumen klaim kurang lengkap

Salah satu alasan klaim ditolak seringkali terjadi karena dokumen klaim kurang lengkap. Karena itu, sebaiknya tanyakan secara detail kepada pihak asuransi, dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim. 

3. Di luar lokasi pertanggungan asuransi

Misalnya, nasabah berdomisili di Jakarta dan terjadi kerugian di Bandung. Kemudian, nasabah ingin mengajukan klaim di bengkel area Bandung. Perlu dipahami bahwa tidak semua asuransi akan menanggung biaya perbaikan di luar kota.

 

Bengkel Rekanan Asuransi Mobil Sinar Mas

Rekanan bengkel Asuransi Sinar Mas cukup luas di Indonesia. Berikut ini sejumlah bengkel rekanan asuransi mobil Sinar Mas di beberapa provinsi di Indonesia.

  • Layanan Prima, Jl Jelambar Barat III No 12A, Jakarta Barat. Telepon: 021-5665930/31
  • CV Auto Prima Makmur, Jalan Raya Srengseng No.133 Jakarta Barat. 021-58900800/5844229
  • Karyakita Putra Sejahtera, PT (KIA PLAZA), Jalan Gunung Sahari Ancol No.17 Jakarta Pusat. 021-6253378
  • PT. Gema Mitra Abadi, Jalan Tanjung Barat Raya No.143B Jakarta Selatan. 021-78834018
  • PT Jakarta Teknologi Utama Motor, Jalan Rawabali I No.25 Pulogadung, Jakarta Timur. 021-46826242
  • Raperind Motor, Jalan Kalimalang Blok Q No.2E Jakarta Timur. 021-8642456

  • Otto Cemerlang, Jalan Kol. Supadio No.30 Bandung. 022-6075838
  • Virtue (Bandung), Jalan Wastukencana No.39 Rt 001/004. 022-4234524
  • Star Auto, Jalan Holis No.433 Bandung. 022-5414402/022-5416962
  • Shine Auto, Jalan RA Kartini No.18 Rawa Panjang, Bekasi Barat. 021-82425396
  • PT Brayat Kretya Andaru, Jalan KH. Soleh Iskandar RT001/RW001 Kota Bogor. 0251-7544373

  • Auto Fix – Santosa Motor Service, Jalan Majapahit 129B Semarang. 024-6720720/6701701
  • Bintang Utama, Jalan Wolter Monginsidi No.45 Semarang. 024-6710415/6733627/28
  • Oto Onderdil, Jalan Raya Kaligawe KM.6 Semarang. 024-6581668/6582144
  • Utama Sakti, Jalan Durian Raya No.17A Banyumanik. 024-7477425
  • Tejo Motor, Jalan Pedurungan Kidul No.82, Semarang. 024-6711001
  • Eka Auto (PT. Motoreko Mobilindo), Jalan Arteri Soekarno Hatta No.18 Semarang. 024-76857777
  • Bimatama Auto Body Repair and Paint, Jalan Hasanudin G 63 Semarang Utara. 024-3547190

  • Top Mobil, Jalan Supersemar No.12 Kediri. 0354-7011099
  • Mahkota Otomotif Body Repair, Jalan Sersan Suharmaji VII/34 Kediri. 0354-697411
  • Ngebrak Motor, Jalan Raya Kediri-Kertosono Kediri. 0354-697081
  • Surya Indah Singonegaran Timur II No. 25 Kediri 0354-691294
  • Klinik Mobil GSM ( Kediri), Jalan Raya Purwokerto No.352 Ngadiluwih, Kediri. 0354-476907
  • Indo Kreatif, Jalan Supersemar 48 Kediri. 0354-699088
  • Jakarta Teknologi Utama, Jalan Raya Waru No. 82, Waru, Sidoarjo. 031-8531616/8537939/8531813
  • Bahtera Motors (Kusuma Bahtera Jaya), Jalan Dukuh Kupang Utara I/1 Surabaya. 031-5614603
  • Kharisma Gemillang, Jalan Raya Sepat Lidah Kulon No.200 Menganti, Surabaya. 031-7526919

Lihat daftar bengkel rekanan selengkapnya pada laman Asuransi Sinar Mas.

 

Pertanyaan Seputar Asuransi Mobil Sinar Mas

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait asuransi mobil Sinar Mas, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Asuransi Mobil Sinar Mas adalah produk asuransi khusus mobil dari PT Asuransi Sinar Mas yang didirikan pada 27 Mei 1985. Asuransi mobil Sinar Mas atau Simas Mobil menawarkan beberapa pilihan polis, baik untuk mobil pribadi maupun bisnis/dinas/komersial/korporasi. Polis asuransi mobil yang ditawarkan cukup lengkap, yaitu Gabungan (Komprehensif) + tanggung jawab pihak ketiga (third party liability/TPL), Kerugian Total (TLO) + TPL, Simas Mobil TPL, Simas Mobil Exclusive.

Salah satu yang menjadi unggulan Simas Mobil adalah Simas Mobil Exclusive yang memberikan pertanggungan kecelakaan diri bagi pengemudi, penumpang, dan pihak ketiga. Pertanggungan untuk pengemudi dan penumpang memiliki limit cukup tinggi, yaitu 20 persen dari pertanggungan kendaraan.

Selain asuransi mobil Sinar Mas, tersedia pula asuransi kesehatan Sinar Mas, asuransi kecelakaan diri, asuransi rekayasa, dan asuransi mikro dengan berbagai pilihan polis/plan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Demi memberikan pelayanan maksimal kepada nasabah, ASM memperluas jaringan pemasaran yaitu melalui 33 kantor cabang, satu kantor cabang khusus syariah, 71 kantor pemasaran, dan 107 marketing point untuk menjangkau nasabah dan menambah pelayanan di Indonesia.

Asuransi Mobil Sinar Mas uang kembali memang ada. Berdasarkan pemberitaan di media finansial online, Asuransi Sinar Mas (ASM) memberikan pengembalian premi lewat produk Simas Mobil Bonus yang diluncurkan September 2011.

Produk ini merupakan pengembangan dari Simas Mobil yang telah ada. Simas Mobil Bonus menawarkan pengembalian premi kepada nasabah yang tidak melakukan klaim selama masa pertanggungan atau istilah di dunia asuransi no claim bonus.

Pengembalian premi kepada nasabah dalam bentuk point rewards, setiap poin bernilai Rp1.000 dan bisa dihitung dengan mudah oleh nasabah. Misalnya, nasabah membayar premi Rp2 juta per tahun. Jika sampai akhir periode pertanggungan nasabah tidak mengajukan klaim, maka nasabah tersebut berhak atas 2.000 point rewards setara Rp2 juta.

Namun, jika terjadi klaim selama masa pertanggungan, fitur point rewards ini akan hangus. Keunggulan lain dari fitur ini adalah bisa ditukar dengan uang. Point rewards juga bisa ditukar untuk membeli produk Asuransi Sinar Mas lainnya.

Point rewards ini dapat dicairkan menjadi uang tunai dalam tiga periode waktu yaitu 3, 5, atau 8 tahun. Pada akhir tahun kedelapan, poin tersebut bisa ditukar menjadi uang tunai dengan jumlah setara 100% premi yang pernah dibayarkan oleh nasabah.

Pengembalian 75% dari premi yang sudah disetorkan bisa diterima nasabah yang menukarkan point rewards pada akhir tahun kelima. Adapun pengembalian 50% bakal diterima di akhir tahun ketiga.

Lelang Mobil Asuransi Sinar Mas bisa dilakukan lewat Lelang Salvage. ASM menyediakan fasilitas lelang mobil terutama untuk kendaraan yang rusak karena kecelakaan.

Lelang ini bisa diikuti oleh perorangan atau perusahaan/CV dengan memenuhi beberapa persyaratan berikut.

Perorangan Perusahaan / CV
Foto diri ukuran 4X6 sebanyak 2 lembar (berwarna) Foto diri ukuran 4X6 sebanyak 2 lembar (berwarna)
Foto Bengkel 4R sebanyak 2 Lbr (berwarna)  Foto Bengkel 4R sebanyak 2 Lbr (berwarna)
Fotokopi KTP Fotokopi KTP
Fotokopi Kartu Keluarga (KK) Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Fotokopi Surat Ijin Usaha
Fotokopi Buku Tabungan Bank halaman 1 atau Rekening Koran Fotokopi Surat Tempat Usaha
Nomor Telepon Rumah, Ponsel, Faksimile, dan Surel (Formulir Terlampir) Surat keterangan Berdomisili untuk Badan usaha
Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Fotokopi Buku Tabungan Bank halaman 1 atau Rekening Koran
Nomor Telepon, Ponsel, Fax, dan Surel (Formulir Terlampir)

Asuransi mobil bekas tersedia di sejumlah perusahaan asuransi umum (kerugian. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memilih asuransi mobil bekas:

  • Jenis asuransi mobil bekas tersedia dua pilihan seperti asuransi untuk mobil baru yaitu comprehensive (all risk) dan total loss only (TLO).
  • Usia mobil yang bisa diasuransikan di perusahaan asuransi rata-rata adalah 9 tahun untuk all risk dan 15 tahun untuk TLO.
  • Premi asuransi all risk dan TLO berbeda. Premi all risk lebih mahal dibandingkan TLO karena all risk memberikan jaminan ganti rugi menyeluruh.
  • Pertimbangkan memilih polis kombinasi all risk dan TLO untuk menghindari risiko yang mungkin terjadi. Namun, harga premi akan lebih mahal dibandingkan hanya membeli polis all risk.

Asuransi all risk mobil tua tersedia di sejumlah perusahaan asuransi. Namun, tetap ada syarat dan ketentuan terkait usia maksimal mobil yang akan diasuransikan. Beberapa perusahaan membatasi usia maksimal 10 tahun untuk mobil tua jaminan all risk dan 15 tahun untuk TLO.

Beberapa perusahaan asuransi juga memberikan jaminan asuransi untuk mobil tua kategori klasik atau antik dengan usia lebih dari 40 tahun. Tetapi, terdapat syarat kondisi mobil dan aksesoris mobil yang sesuai aslinya atau tidak dimodifikasi.

Tersedia juga asuransi mobil yang menanggung mobil klasik dengan usia antara 20 – 40 tahun, dengan syarat boleh mengalami perbaikan dan perawatan tetapi tidak mengubah desain dan spesifikasi awal.

Bagi calon nasabah yang ingin membeli polis asuransi Simas Mobil secara online bisa mengunjungi situs Lifepal. Lewat marketplace asuransi nomor satu di Indonesia, calon nasabah bisa membandingkan ratusan asuransi mobil dari berbagai perusahaan. Dengan demikian, calon nasabah akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi yang ringan pula.

Cek status asuransi mobil bisa dilakukan nasabah dengan fitur yang disediakan perusahaan asuransi. Pada Asuransi Sinar Mas, nasabah bisa melakukan cek status melalui situs resmi perusahaan. Kemudian klik Layanan dan klik bagian Cek Status Polis.

Berikut informasi yang harus diisi oleh nasabah untuk cek status Asuransi Mobil Sinar Mas:

  • Masukkan nomor polis
  • Masukan nomor Digit SUM/No Jaminan

Keterangan :

  • Nomor Digit Sum tertera di bawah tanda tangan atau nomor polis.
  • Contoh 0C130A11130A0A0C
  • Masukan nomor polis tanpa tanda titik. Contoh 02051199909693
  • Apabila mengalami kesulitan dalam pencarian Nomor Polis atau Nomor Plat, hubungi kami melalui [email protected]

Pembayaran asuransi mobil Sinar Mas dapat dilakukan dengan berbagai cara. Karena masih dalam satu grup dengan Bank Sinarmas, maka metode pembayaran asuransi mobil Sinar Mas melalui bank tersebut menjadi salah satu pilihan utama.

Namun bagi nasabah yang tidak memiliki rekening di Bank Sinarmas tetap bisa melakukan pembayaran langsung ke teller Bank Sinarmas. Jika dirasa merepotkan, nasabah bisa memilih beberapa metode di bawah ini agar lebih nyaman.

Berdasarkan situs resmi perusahaan terdapat dua cara pembayaran premi yaitu melalui Virtual Account Bank Sinarmas dan E-Payment.

Berikut tahapannya:

Virtual Account Bank Sinarmas

  1. Pembayaran melalui ATM Bank Sinarmas:
  • Pilih menu transfer, pilih rekening Bank Sinarmas dan rekening nasabah lain
  • Masukan no. rekening tujuan dan jumlah transfer
  • Masukan no. referensi dan muncul layar konfirmasi
  • Jika data sudah benar, silahkan pilih “YA”
  1. Pembayaran melalui ATM yang tergabung dalam jaringan ATM prima dan ATM bersama dengan menggunakan kartu ATM Bank Sinarmas atau kartu ATM jaringan ATM bersama atau ATM Prima:
  • Masukan kode sandi Bank Sinarmas: 153
  • Masukan nomor rekening Bank Sinarmas: 8005XXXXXXXXXXXX
  • Masukan nominal sesuai dengan jumlah yang tertera pada kuitansi
  1. Pembayaran melalui internet banking Bank Sinarmas:
  • No rekening Giro Bank Sinarmas : 8005XXXXXXXXXXXX
  • Nama pemegang rekening : ASM QQ ABCD (nama pengirim)
  • Bank tujuan : Bank Sinarmas
  • Masukan nominal sesuai dengan jumlah yang tertera pada kuitansi
  1. Transaksi melalui bank lain:
  • No rekening Giro Bank Sinarmas : 8005XXXXXXXXXXXX
  • Nama pemegang rekening : ASM QQ ABCD (nama pengirim)
  • Bank tujuan : Bank Sinarmas
  • Masukan nominal sesuai dengan jumlah yang tertera pada kuitansi
  1. Melalui teller bank lain:
  • No rekening Giro Bank Sinarmas : 8005XXXXXXXXXXXX
  • Nama pemegang rekening : ASM QQ ABCD (nama pengirim)
  • Bank tujuan : Bank Sinarmas
  • Masukan nominal sesuai dengan jumlah yang tertera pada kuitansi 
  1. Pembayaran secara tunai melalui cabang Bank Sinarmas:
  • No rekening Giro Bank Sinarmas : 8005XXXXXXXXXXXX
  • Nama pemegang rekening : ASM QQ ABCD (nama pengirim)
  • Masukan nominal sesuai dengan jumlah yang tertera pada kuitansi

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Pada asuransi mobil Sinar Mas, terdapat beberapa metode penggantian biaya asuransi yang disesuaikan dengan polis yang dipilih dan jenis klaim yang diajukan. Berikut penjelasan singkat mengenai beberapa metode penggantian biaya asuransi mobil Sinar Mas.

  • Fasilitas cashless yaitu kemudahan memperbaiki mobil di bengkel rekanan asuransi Sinar Mas tanpa perlu mengeluarkan uang pribadi. Namun, untuk setiap klaim biasanya ada biaya administrasi yang harus dibayarkan sekitar Rp300 ribu.
  • Uang pertanggungan berupa santunan tunai untuk klaim asuransi kecelakaan bagi penumpang, pengemudi, dan pihak ketiga. Santunan tunai juga diberikan kepada aset pihak ketiga yang mengalami kerusakan. Contoh, jika tertanggung menabrak pagar rumah pihak ketiga.

Pengecualian Asuransi Mobil Sinar Mas adalah sebab dan kejadian yang membuat klaim asuransi mobil nasabah tidak ditanggung oleh Asuransi Sinar Mas. Berikut keterangannya:

  1. Kerugian/kerusakan mobil atau tanggung jawab hukum pihak ketiga jika:
  • Kendaraaan digunakan untuk menarik atau mendorong kendaraan atau benda lain, memberi pelajaran mengemudi.
  • Turut serta dalam perlombaan, latihan, penyaluran hobi kecakapan atau kecepatan, karnaval, pawai, kampanye, unjuk rasa.
  • Melakukan tindak kejahatan.
  • Penggunaan selain dari yang dicantumkan dalam Polis.
  • Penggelapan, penipuan, hipnotis dan sejenisnya.
  1. Perbuatan jahat yang dilakukan oleh:
  • Tertanggung sendiri.
  • Suami atau istri, anak, orang tua atau saudara sekandung Tertanggung.
  • Orang yang disuruh Tertanggung, bekerja pada Tertanggung, orang yang sepengetahuan atau seizin Tertanggung.
  • Orang yang tinggal bersama Tertanggung.
  • Pengurus, pemegang saham, komisaris atau pegawai, jika Tertanggung merupakan badan hukum.
  • Kelebihan muatan dari kapasitas kendaraan yang telah ditetapkan pabrikan.
  1. Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian/kerusakan mobil atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang langsung maupun tidak langsung disebabkan oleh, akibat dari, ditimbulkan oleh:
  • Kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat, pengambil-alihan kekuasan, revolusi, pemberontakan, kekuatan militer, invasi, perang saudara, perang dan permusuhan, makar, terorisme, sabotase, penjarahan.
  • Gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, badai, tsunami, hujan es, banjir, genangan air, tanah longsor atau gejala geologi atau meteorologi lainnya.
  • Reaksi nuklir, termasuk tetapi tidak terbatas pada radiasi nuklir, ionisasi, fusi, fisi atau pencemaran radio aktif, tanpa memandang apakah itu terjadi di dalam atau di luar Kendaraan Bermotor dan atau kepentingan yang dipertanggungkan.
  1. Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan dan atau biaya atas Kendaraan Bermotor dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga jika:
  • Disebabkan oleh tindakan sengaja Tertanggung dan atau pengemudi pada saat terjadinya kerugian atau kerusakan, Kendaraan Bermotor dikemudikan oleh seseorang yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Dikemudikan oleh seorang yang berada di bawah pengaruh minuman keras, obat terlarang atau sesuatu bahan lain yang membahayakan.
  • Dikemudikan secara paksa walaupun secara teknis kondisi kendaraan dalam keadaan rusak atau tidak laik jalan.
  • Memasuki atau melewati jalan tertutup, terlarang, tidak diperuntukkan untuk Kendaraan Bermotor atau melanggar rambu-rambu lalu-lintas.

Bengkel rekanan perusahaan asuransi Sinar Mas tersebar luas hampir di seluruh wilayah Indonesia. Lihat daftar selengkapnya pada tab Rekanan

Bagi nasabah yang ingin berhenti menjadi nasabah Asuransi Mobil Sinar Mas perlu menghubungi kantor pusat, kantor cabang, atau kantor pemasaran terdekat. Setelah itu, ikuti petunjuk sesuai instruksi.

Biasanya, pihak Asuransi Sinar Mas akan meminta nasabah mengisi formulir online di situs atau aplikasi. Setelah terisi, lanjutkan dengan mengunduh formulir tersebut bersama fotokopi STNK dan bukti pembayaran premi.

Setelah itu, nasabah akan dikonfirmasi melalui telepon atau email yang menginformasikan bahwa nasabah sudah berhenti menjadi nasabah Simas Mobil. Namun, agar lebih nyaman, sebaiknya berhenti menjadi nasabah setelah masa pertanggungan selesai atau setelah satu tahun. Dengan begitu, proses tutup polis lebih mudah.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.sinarmas.co.id/
  • https://personalfinance.kontan.co.id/news/klaim-nol-uang-kembali-1
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan