Asuransi Mobil Sinar Mas

3.8 / 5.0 (5.907 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%HEMAT 15%
 

Asuransi Mobil Sinar Mas

Asuransi Mobil Sinar Mas adalah asuransi kendaraan khusus mobil yang dimiliki PT Asuransi Sinar Mas. Perusahaan asuransi umum (kerugian) ini merupakan salah satu anak perusahaan dari Sinar Mas Group.

Asuransi Mobil Sinar Mas tersedia dalam empat pilihan polis yaitu asuransi gabungan (comprehensive/all risk) plus TPL, asuransi mobil TLO plus TPL, asuransi mobil TPL, dan asuransi mobil eksklusif yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Ringkasan

  • Jaminan tanggungan jawab hukum pihak ketiga sudah termasuk manfaat utama semua polis.
  • Tersedia jaminan bagi pengemudi dan penumpang hingga 20 persen dari pertanggungan mobil.
  • Tersedia fitur pengembalian premi dengan syarat dan ketentuan tertentu.
  • Pilihan masa pertanggungan bulanan di tengah pandemi Covid-19, mulai satu bulan hingga satu tahun (12 bulan).

Sekilas Tentang Asuransi Mobil Sinar Mas

Asuransi Mobil Sinar Mas adalah produk asuransi khusus mobil dari PT Asuransi Sinar Mas yang didirikan pada 27 Mei 1985. Asuransi mobil Sinar Mas atau Simas Mobil menawarkan beberapa pilihan polis, baik untuk mobil pribadi maupun bisnis/dinas/komersial/korporasi. Polis asuransi mobil yang ditawarkan cukup lengkap, yaitu Gabungan (Komprehensif) + tanggung jawab pihak ketiga (third party liability/TPL), Kerugian Total (TLO) + TPL, Simas Mobil TPL, Simas Mobil Exclusive.

Salah satu yang menjadi unggulan Simas Mobil adalah Simas Mobil Exclusive yang memberikan pertanggungan kecelakaan diri bagi pengemudi, penumpang, dan pihak ketiga. Pertanggungan untuk pengemudi dan penumpang memiliki limit cukup tinggi, yaitu 20 persen dari pertanggungan kendaraan.

Selain asuransi mobil Sinar Mas, tersedia pula asuransi kesehatan Sinar Mas, asuransi kecelakaan diri, asuransi rekayasa, dan asuransi mikro dengan berbagai pilihan polis/plan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Demi memberikan pelayanan maksimal kepada nasabah, ASM memperluas jaringan pemasaran yaitu melalui 33 kantor cabang, satu kantor cabang khusus syariah, 71 kantor pemasaran, dan 107 marketing point untuk menjangkau nasabah dan menambah pelayanan di Indonesia.

 
 

Polis Asuransi Mobil Sinar Mas

Asuransi Mobil Sinar Mas memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut jenis polis dan ulasan pertanggungan Asuransi Mobil Sinar Mas.

Asuransi Mobil Sinar Mas

Simas Mobil Gabungan + TPL

Polis asuransi mobil yang memberikan pertanggungan terhadap berbagai risiko sesuai Polis Standar Asuransi Kendaraan Indonesia (PSAKI).

  • Risiko tabrakan, benturan, terbalik, atau tergelincir di jalan.
  • Perbuatan jahat orang lain.
  • Pencurian, termasuk dengan kekerasan.
  • Kebakaran.
  • Sambaran petir.
  • Kerugian akibat kecelakaan selama penyeberangan dengan kapal feri atau alat transportasi penyeberangan resmi lain yang berada di bawah pengawasan Dirjen Perhubungan Darat.
  • Biaya wajar yang dikeluarkan nasabah jika terjadi kerugian atau kerusakan akibat risiko yang dijamin selama penjagaan, pengangkutan, atau penarikan ke bengkel dan tempat lain untuk mengurangi kerugian atau kerusakan yang dialami maksimal 0,5 persen dari jumlah pertanggungan.
Asuransi Mobil Sinar Mas

Simas Mobil TLO + TPL

Polis yang memberikan jaminan ganti rugi sesuai Polis Standar Asuransi Kendaraan Indonesia (PSAKI) untuk  kerusakan mobil lebih dari 75 persen atau kehilangan.

  • Kerusakan atau kerugian akibat peristiwa alam (bencana) atau tindak kriminal orang lain yang bukan keluarga lebih dari 75 persen atau lebih dari harga mobil tersebut.
  • Kerugian yang dialami pihak ketiga atas kecelakaan atau pencurian yang dilakukan orang lain.
  • Pertanggungan kerusakan harta benda pihak ketiga.
  • Pertanggungan biaya pengobatan pihak ketiga.
  • Pertanggungan cedera badan pihak ketiga.
  • Pertanggungan kematian bagi pihak ketiga.
Asuransi Mobil Sinar Mas

Simas Mobil TPL

Polis asuransi yang khusus memberikan pertanggungan kepada pihak ketiga yang terdampak oleh kecelakaan atau kondisi lain yang dialami mobil tertanggung.

  • Kerusakan harta benda pihak ketiga seperti menabrak pagar tetangga.
  • Biaya pengobatan untuk orang lain yang tertabrak mobil tertanggung.
  • Biaya dan santunan penggantian cedera badan yang dialami pihak ketiga.
  • Santunan kematian kepada pihak ketiga akibat kecelakaan lalu lintas.
Asuransi Mobil Sinar Mas

Simas Mobil Exclusive

Polis asuransi yang menjadi unggulan asuransi mobil Sinar Mas karena pertanggungan yang cukup lengkap yaitu asuransi all risk, TPL, dan kecelakaan diri (personal accident, PA).

  • Pertanggungan PA bagi penumpang maksimal empat orang dengan limit hingga 20 persen dari uang pertanggungan mobil yang dipertanggungkan.
  • Pertanggungan PA bagi pengemudi (satu orang) hingga 20 persen dari uang pertanggungan mobil yang dipertanggungkan.
  • Klaim tanggung jawab hukum pihak ketiga adalah klaim yang timbul akibat adanya tuntutan dari pihak ketiga terhadap tertanggung yang disebabkan secara langsung oleh kendaraan bermotor yang dipertanggungkan.
  • Pertanggungan akibat perbuatan jahat orang lain atau akibat pencurian termasuk yang disertai kekerasan dan ancaman.
  • Pertanggungan atas nilai perbaikan yang belum mencapai 100 persen dari harga kendaraan sebenarnya yang dipertanggungkan sesaat sebelum terjadi kerugian.
 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Asuransi Mobil Sinar Mas, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Asuransi Mobil Sinar Mas uang kembali memang ada. Berdasarkan pemberitaan di media finansial online, Asuransi Sinar Mas (ASM) memberikan pengembalian premi lewat produk Simas Mobil Bonus yang diluncurkan September 2011.

Produk ini merupakan pengembangan dari Simas Mobil yang telah ada. Simas Mobil Bonus menawarkan pengembalian premi kepada nasabah yang tidak melakukan klaim selama masa pertanggungan atau istilah di dunia asuransi no claim bonus.

Pengembalian premi kepada nasabah dalam bentuk point rewards, setiap poin bernilai Rp1.000 dan bisa dihitung dengan mudah oleh nasabah. Misalnya, nasabah membayar premi Rp2 juta per tahun. Jika sampai akhir periode pertanggungan nasabah tidak mengajukan klaim, maka nasabah tersebut berhak atas 2.000 point rewards setara Rp2 juta.

Namun, jika terjadi klaim selama masa pertanggungan, fitur point rewards ini akan hangus. Keunggulan lain dari fitur ini adalah bisa ditukar dengan uang. Point rewards juga bisa ditukar untuk membeli produk Asuransi Sinar Mas lainnya.

Point rewards ini dapat dicairkan menjadi uang tunai dalam tiga periode waktu yaitu 3, 5, atau 8 tahun. Pada akhir tahun kedelapan, poin tersebut bisa ditukar menjadi uang tunai dengan jumlah setara 100% premi yang pernah dibayarkan oleh nasabah.

Pengembalian 75% dari premi yang sudah disetorkan bisa diterima nasabah yang menukarkan point rewards pada akhir tahun kelima. Adapun pengembalian 50% bakal diterima di akhir tahun ketiga.

Lelang Mobil Asuransi Sinar Mas bisa dilakukan lewat Lelang Salvage. ASM menyediakan fasilitas lelang mobil terutama untuk kendaraan yang rusak karena kecelakaan.

Lelang ini bisa diikuti oleh perorangan atau perusahaan/CV dengan memenuhi beberapa persyaratan berikut.

Perorangan Perusahaan / CV
Foto diri ukuran 4X6 sebanyak 2 lembar (berwarna) Foto diri ukuran 4X6 sebanyak 2 lembar (berwarna)
Foto Bengkel 4R sebanyak 2 Lbr (berwarna)  Foto Bengkel 4R sebanyak 2 Lbr (berwarna)
Fotokopi KTP Fotokopi KTP
Fotokopi Kartu Keluarga (KK) Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Fotokopi Surat Ijin Usaha
Fotokopi Buku Tabungan Bank halaman 1 atau Rekening Koran Fotokopi Surat Tempat Usaha
Nomor Telepon Rumah, Ponsel, Faksimile, dan Surel (Formulir Terlampir) Surat keterangan Berdomisili untuk Badan usaha
Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Fotokopi Buku Tabungan Bank halaman 1 atau Rekening Koran
Nomor Telepon, Ponsel, Fax, dan Surel (Formulir Terlampir)

Asuransi mobil bekas tersedia di sejumlah perusahaan asuransi umum (kerugian. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memilih asuransi mobil bekas:

  • Jenis asuransi mobil bekas tersedia dua pilihan seperti asuransi untuk mobil baru yaitu comprehensive (all risk) dan total loss only (TLO).
  • Usia mobil yang bisa diasuransikan di perusahaan asuransi rata-rata adalah 9 tahun untuk all risk dan 15 tahun untuk TLO.
  • Premi asuransi all risk dan TLO berbeda. Premi all risk lebih mahal dibandingkan TLO karena all risk memberikan jaminan ganti rugi menyeluruh.
  • Pertimbangkan memilih polis kombinasi all risk dan TLO untuk menghindari risiko yang mungkin terjadi. Namun, harga premi akan lebih mahal dibandingkan hanya membeli polis all risk.

Asuransi all risk mobil tua tersedia di sejumlah perusahaan asuransi. Namun, tetap ada syarat dan ketentuan terkait usia maksimal mobil yang akan diasuransikan. Beberapa perusahaan membatasi usia maksimal 10 tahun untuk mobil tua jaminan all risk dan 15 tahun untuk TLO.

Beberapa perusahaan asuransi juga memberikan jaminan asuransi untuk mobil tua kategori klasik atau antik dengan usia lebih dari 40 tahun. Tetapi, terdapat syarat kondisi mobil dan aksesoris mobil yang sesuai aslinya atau tidak dimodifikasi.

Tersedia juga asuransi mobil yang menanggung mobil klasik dengan usia antara 20 – 40 tahun, dengan syarat boleh mengalami perbaikan dan perawatan tetapi tidak mengubah desain dan spesifikasi awal.

Simulasi Premi Asuransi Mobil Sinar Mas merupakan salah satu fitur yang tersedia di situs resmi Asuransi Sinar Mas khusus produk asuransi mobil. Fitur ini akan memperkirakan harga premi per tahun yang harus dibayarkan nasabah untuk mendapatkan jaminan asuransi mobil dari Sinar Mas.

Simulasi bernama Kalkulator Premi Asuransi Simas Mobil mewajibkan calon nasabah memberikan data diri serta informasi mengenai kendaraan yang akan dijaminkan. Kolom yang wajib diisi untuk mengetahui premi asuransi mobil Sinar Mas yaitu:

  • No. Polisi.
  • Merk.
  • Type / Model.
  • Tahun Kendaraan.
  • Penggunaan: termasuk informasi mengenai lokasi mobil biasa diparkir.
  • Harga kendaraan.
  • Harga Pertanggungan.
  • Kondisi Pertanggungan.
  • Jenis asuransi : All Risk, TLO, TPL, dll.
  • Perluasan (tambahan): gempa bumi, tsunami, dan atau letusan gunung berapi, angin topan, badai, hujan es, banjir, tanah longsor, teroris & sabotase, huru-hara dan kerusuhan.
  • Jaminan kecelakaan diri pengemudi (1 orang).
  • Jaminan kecelakaan diri penumpang (maksimal 4 orang).
  • Tarif Premi TJH Pihak Ketiga
  • Harga Casco
  • Casco Lainnya

Setelah itu, calon nasabah akan mendapatkan informasi mengenai premi yang harus dibayarkan dalam setahun.

Selain lewat fitur kalkulator premi, biaya Asuransi Mobil Sinar Mas bisa diketahui lewat agen atau customer service Asuransi Sinar Mas.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil Sinar Mas, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk kepada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Selain ketentuan di atas, Simas Mobil Gabungan menetapkan tambahan biaya, yaitu loading premi minimal 5 persen per tahun untuk mobil berusia di atas 5 tahun. Sementara untuk Simas Mobil TLO menerapkan loading premi minimal 5 persen per tahun untuk usia mobil di atas 10 tahun.

Hitung asuransi mobil bisa dengan mudah dilakukan berdasarkan persentase premi yang ditetapkan, wilayah tempat nasabah tinggal, dan harga mobil. Namun, hitungan ini hanya perkiraan premi yang harus dibayarkan nasabah.

Berikut persentase asuransi mobil all risk dan TLO berdasarkan wilayah:

  • Wilayah I: Sumatera dan kepulauan di sekitarnya
  • Wilayah II: Jakarta, Banten, dan Jawa Barat
  • Wilayah III: semua daerah di Indonesia yang tidak termasuk Wilayah I dan II.

Persentase asuransi mobil all risk:

  • Kategori 1 ≤Rp 125 juta 3,82%-4,20% 3,26%-3,59% 2,53%-2,78%
  • Kategori 2 >Rp 125 – Rp 200 Juta 2,67%-2.94% 2,47%-2,72% 2,69%-2,96%
  • Kategori 3 >Rp 200 – Rp 400 Juta 2,18%-2,40% 2,08%-2,29% 1,79%-1,97%
  • Kategori 4 >Rp 400 – Rp 800 Juta 1,20%-1,32% 1,20%-1,32% 1,14%-1,25%
  • Kategori 5 >Rp 800 Juta 1,05%-1,16% 1,05%-1,16% 1,05%-1,16%

Persentase asuransi mobil TLO:

  • Kategori 1 0 s.d. Rp 125 Juta 0,47%-0,56% 0,65%-0,78% 0,51%-0,56%
  • Kategori 2 >Rp 125 – Rp 200 Juta 0,63%-0,69% 0,44%-0,53% 0,44%-0,48%
  • Kategori 3 >Rp 200 – Rp 400 Juta 0,41%-0,46% 0,38%-0,42% 0,29%-0,35%
  • Kategori 4 >Rp 400 – Rp 800 Juta 0,25%-0,30% 0,25%-0,30% 0,23%-0,27%
  • Kategori 5 > Rp 800 Juta 0,20%-0,24% 0,20%-0,24% 0,20%-0,24%

Bagi calon nasabah yang ingin membeli polis asuransi Simas Mobil secara online bisa mengunjungi situs resmi Sinar Mas. Ikuti instruksi yang diberikan pada situs resmi Sinar Mas hingga selesai. Selain itu, calon nasabah juga bisa membeli asuransi mobil Sinar Mas melalui call center atau mendatangi langsung kantor cabang/pemasaran terdekat.

Atau, jika ingin lebih berimbang, calon nasabah dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi Sinar Mas saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, calon nasabah akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi yang ringan pula.

Cek status asuransi mobil bisa dilakukan nasabah dengan fitur yang disediakan perusahaan asuransi. Pada Asuransi Sinar Mas, nasabah bisa melakukan cek status melalui situs resmi perusahaan. Kemudian klik Layanan dan klik bagian Cek Status Polis.

Berikut informasi yang harus diisi oleh nasabah untuk cek status Asuransi Mobil Sinar Mas:

  • Masukkan nomor polis
  • Masukan nomor Digit SUM/No Jaminan

Keterangan :

  • Nomor Digit Sum tertera di bawah tanda tangan atau nomor polis.
  • Contoh 0C130A11130A0A0C
  • Masukan nomor polis tanpa tanda titik. Contoh 02051199909693
  • Apabila mengalami kesulitan dalam pencarian Nomor Polis atau Nomor Plat, hubungi kami melalui [email protected]

Pembayaran asuransi mobil Sinar Mas dapat dilakukan dengan berbagai cara. Karena masih dalam satu grup dengan Bank Sinarmas, maka metode pembayaran asuransi mobil Sinar Mas melalui bank tersebut menjadi salah satu pilihan utama.

Namun bagi nasabah yang tidak memiliki rekening di Bank Sinarmas tetap bisa melakukan pembayaran langsung ke teller Bank Sinarmas. Jika dirasa merepotkan, nasabah bisa memilih beberapa metode di bawah ini agar lebih nyaman.

Berdasarkan situs resmi perusahaan terdapat dua cara pembayaran premi yaitu melalui Virtual Account Bank Sinarmas dan E-Payment.

Berikut tahapannya:

Virtual Account Bank Sinarmas

Pembayaran melalui ATM Bank Sinarmas:

  • Pilih menu transfer, pilih rekening Bank Sinarmas dan rekening nasabah lain
  • Masukan no. rekening tujuan dan jumlah transfer
  • Masukan no. referensi dan muncul layar konfirmasi
  • Jika data sudah benar, silahkan pilih “YA”

Pembayaran melalui ATM yang tergabung dalam jaringan ATM prima dan ATM bersama dengan menggunakan kartu ATM Bank Sinarmas atau kartu ATM jaringan ATM bersama atau ATM Prima:

  • Masukan kode sandi Bank Sinarmas: 153
  • Masukan nomor rekening Bank Sinarmas: 8005XXXXXXXXXXXX
  • Masukan nominal sesuai dengan jumlah yang tertera pada kuitansi

Pembayaran melalui internet banking Bank Sinarmas:

  • No rekening Giro Bank Sinarmas : 8005XXXXXXXXXXXX
  • Nama pemegang rekening : ASM QQ ABCD (nama pengirim)
  • Bank tujuan : Bank Sinarmas
  • Masukan nominal sesuai dengan jumlah yang tertera pada kuitansi

Transaksi melalui bank lain:

  • No rekening Giro Bank Sinarmas : 8005XXXXXXXXXXXX
  • Nama pemegang rekening : ASM QQ ABCD (nama pengirim)
  • Bank tujuan : Bank Sinarmas
  • Masukan nominal sesuai dengan jumlah yang tertera pada kuitansi

Melalui teller bank lain:

  • No rekening Giro Bank Sinarmas : 8005XXXXXXXXXXXX
  • Nama pemegang rekening : ASM QQ ABCD (nama pengirim)
  • Bank tujuan : Bank Sinarmas
  • Masukan nominal sesuai dengan jumlah yang tertera pada kuitansi 

Pembayaran secara tunai melalui cabang Bank Sinarmas:

  • No rekening Giro Bank Sinarmas : 8005XXXXXXXXXXXX
  • Nama pemegang rekening : ASM QQ ABCD (nama pengirim)
  • Masukan nominal sesuai dengan jumlah yang tertera pada kuitansi

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Pada asuransi mobil Sinar Mas, terdapat beberapa metode penggantian biaya asuransi yang disesuaikan dengan polis yang dipilih dan jenis klaim yang diajukan. Berikut penjelasan singkat mengenai beberapa metode penggantian biaya asuransi mobil Sinar Mas.

  • Fasilitas cashless yaitu kemudahan memperbaiki mobil di bengkel rekanan asuransi Sinar Mas tanpa perlu mengeluarkan uang pribadi. Namun, untuk setiap klaim biasanya ada biaya administrasi yang harus dibayarkan sekitar Rp300 ribu.
  • Uang pertanggungan berupa santunan tunai untuk klaim asuransi kecelakaan bagi penumpang, pengemudi, dan pihak ketiga. Santunan tunai juga diberikan kepada aset pihak ketiga yang mengalami kerusakan. Contoh, jika tertanggung menabrak pagar rumah pihak ketiga.

Dokumen klaim Asuransi Mobil Sinar Mas disesuaikan dengan jenis klaim yang diajukan dan polis yang dimiliki nasabah. Hubungi customer service untuk informasi lebih lanjut mengenai dokumen klaim yang dibutuhkan. Untuk formulir klaim bisa diunduh di situs resmi Asuransi Sinar Mas.

Prosedur pengajuan klaim asuransi Simas Mobil cukup mudah. Klaim asuransi harus dilakukan paling lambat lima hari setelah kejadian. Karena itu, akan lebih baik langsung mengajukan klaim setelah terjadi risiko, baik kehilangan, kecelakaan, atau tanggung jawab kepada pihak ketiga.

Berikut kontak Simas Mobil yang bisa dipilih untuk melaporkan klaim.

  • Melaporkan kejadian melalui Customer Care (021) 23567888/50507888
  • Email: [email protected]
  • Situs resmi: www.sinarmas.co.id lalu pilih menu Layanan Konsumen – Registrasi Klaim
  • Kunjungi kantor cabang Asuransi Sinar Mas terdekat.

Klaim Asuransi Mobil Sinar Mas untuk Kecelakaan (Partial Loss)

  • Penyurvei (surveyor) akan datang dan melakukan survei mobil yang akan diklaim. Survei bisa dilakukan di kediaman tertanggung atau kantor cabang Asuransi Sinar Mas.
  • Melengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan klaim kecelakaan yaitu: formulir klaim diisi lengkap, STNK, SIM pengemudi, KTP asli, polis asuransi atas nama Asuransi Sinar Mas,Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) dari kepolisian tempat kecelakaan terjadi (khusus kendaraan dengan kerusakan parah atau kehilangan sparepart).
  • Setelah survei dan dokumen lengkap, maka diterbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) agar kendaraan dapat diperbaiki di bengkel rekanan.

Klaim Asuransi Mobil Sinar Mas untuk Kerusakan Parah (CTLO)

Pengajuan klaim ini khusus untuk kendaraan yang mengalami kerusakan parah. Dokumen yang dibutuhkan yaitu:

  • BPKB asli.
  • STNK asli.
  • Surat Blokir STNK asli.
  • Kunci kendaraan asli dan cadangan.
  • Buku KIR (untuk kendaraan pick up).
  • Dua lembar kuitansi kosong yang ditandatangani oleh tertanggung (salah satunya bermaterai 6000).
  • Faktur asli.
  • Surat pernyataan subrogasi (penggantian hak terhadap pihak ketiga) yang ditandatangani di atas meterai 6000.
  • Surat pelepasan hak (jika atas nama perusahaan atau badan hukum).

Prosedur klaim ini dilakukan jika kendaraan hilang akibat pencurian atau risiko lain yang ditanggung oleh polis Simas Mobil TLO. Berikut prosedur dan dokumen yang dibutuhkan:

  • Formulir klaim yang sudah terisi lengkap.
  • STNK asli (jika STNK disita, maka nasabah meminta Surat Penyitaan dari pihak kepolisian).
  • Kunci kendaraan asli dan cadangan.
  • KTP asli (hasil scan atau foto asli) jika nama pelapor yang terdapat pada formulir klaim bukan nama tertanggung.
  • Jika polis asuransi atas nama perusahaan, maka formulir klaim harus dilengkapi dengan stempel perusahaan.
  • STPL dari kantor kepolisian setempat.
  • Jika klaim dinyatakan diterima, kelengkapan dokumen yang harus ditambahkan tertanggung adalah: BPKB asli, faktur asli, Surat Blokir STNK asli, Surat Keterangan Hilang asli dari Polda, dua kuitansi kosong yang ditandatangani tertanggung (salah satunya bermeterai 6000).
  • Faktur asli (untuk kendaraan jenis pick up).

Terdapat beberapa pengajuan klaim dari polis Simas Mobil Exclusive. Berikut ini penjelasan singkat dan dokumen yang dibutuhkan untuk masing-masing klaim.

Klaim kecelakaan (partial loss)

  • Identitas tertanggung (KTP/SIM) dari karyawan yang melapor untuk perusahaan.
  • Mengisi formulir klaim dengan lengkap dan benar.
  • Laporan kepolisian setempat (jika ada unsur kejahatan).

Klaim tanggung jawab hukum pihak ketiga (TPL)

  • Identitas pihak ketiga (korban) seperti SIM atau KTP.
  • SIM (wajib) dilampirkan jika kerugian pihak ketiga melibatkan kendaraan bermotor.
  • Surat tuntutan dari pihak ketiga.
  • Laporan kepolisian setempat jika dibutuhkan.

Klaim CTLO

  • STNK & BPKB (wajib asli)..
  • Surat Keterangan Kecelakaan dari kepolisian setempat (TKP).
  • Kunci kontak (asli) dan cadangan.
  • Kuitansi kosong bermaterai 6000 yang ditandatangani tertanggung (rangkap dua).
  • Identitas tertanggung (SIM atau KTP).

Biaya klaim Asuransi Mobil Sinar Mas adalah minimum risiko sendiri untuk klaim partial loss, CTL, dan kehilangan (stolen). Pada Asuransi Mobil Sinar Mas risiko sendiri untuk klaim partial loss Rp200 ribu/kejadian. Klaim CTL dan kehilangan sebesar 5% dari nilai penggantian klaim.

Pengecualian Asuransi Mobil Sinar Mas adalah sebab dan kejadian yang membuat klaim asuransi mobil nasabah tidak ditanggung oleh Asuransi Sinar Mas. Berikut keterangannya:

Kerugian/kerusakan mobil atau tanggung jawab hukum pihak ketiga jika:

  • Kendaraaan digunakan untuk menarik atau mendorong kendaraan atau benda lain, memberi pelajaran mengemudi.
  • Turut serta dalam perlombaan, latihan, penyaluran hobi kecakapan atau kecepatan, karnaval, pawai, kampanye, unjuk rasa.
  • Melakukan tindak kejahatan.
  • Penggunaan selain dari yang dicantumkan dalam Polis.
  • Penggelapan, penipuan, hipnotis dan sejenisnya.

Perbuatan jahat yang dilakukan oleh:

  • Tertanggung sendiri.
  • Suami atau istri, anak, orang tua atau saudara sekandung Tertanggung.
  • Orang yang disuruh Tertanggung, bekerja pada Tertanggung, orang yang sepengetahuan atau seizin Tertanggung.
  • Orang yang tinggal bersama Tertanggung.
  • Pengurus, pemegang saham, komisaris atau pegawai, jika Tertanggung merupakan badan hukum.
  • Kelebihan muatan dari kapasitas kendaraan yang telah ditetapkan pabrikan.

Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian/kerusakan mobil atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang langsung maupun tidak langsung disebabkan oleh, akibat dari, ditimbulkan oleh:

  • Kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat, pengambil-alihan kekuasan, revolusi, pemberontakan, kekuatan militer, invasi, perang saudara, perang dan permusuhan, makar, terorisme, sabotase, penjarahan.
  • Gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, badai, tsunami, hujan es, banjir, genangan air, tanah longsor atau gejala geologi atau meteorologi lainnya.
  • Reaksi nuklir, termasuk tetapi tidak terbatas pada radiasi nuklir, ionisasi, fusi, fisi atau pencemaran radio aktif, tanpa memandang apakah itu terjadi di dalam atau di luar Kendaraan Bermotor dan atau kepentingan yang dipertanggungkan.

Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan dan atau biaya atas Kendaraan Bermotor dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga jika:

  • Disebabkan oleh tindakan sengaja Tertanggung dan atau pengemudi pada saat terjadinya kerugian atau kerusakan, Kendaraan Bermotor dikemudikan oleh seseorang yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Dikemudikan oleh seorang yang berada di bawah pengaruh minuman keras, obat terlarang atau sesuatu bahan lain yang membahayakan.
  • Dikemudikan secara paksa walaupun secara teknis kondisi kendaraan dalam keadaan rusak atau tidak laik jalan.
  • Memasuki atau melewati jalan tertutup, terlarang, tidak diperuntukkan untuk Kendaraan Bermotor atau melanggar rambu-rambu lalu-lintas.

Rekanan bengkel Asuransi Sinar Mas cukup luas di Indonesia. Berikut ini sejumlah bengkel rekanan yang disadur dari situs resmi perusahaan.

DKI Jakarta

  • Layanan Prima, Jl Jelambar Barat III No 12A, Jakarta Barat. Telepon: 021-5665930/31
  • CV Auto Prima Makmur, Jalan Raya Srengseng No.133 Jakarta Barat. 021-58900800/5844229
  • Karyakita Putra Sejahtera, PT (KIA PLAZA), Jalan Gunung Sahari Ancol No.17 Jakarta Pusat. 021-6253378
  • PT. Gema Mitra Abadi, Jalan Tanjung Barat Raya No.143B Jakarta Selatan. 021-78834018
  • PT Jakarta Teknologi Utama Motor, Jalan Rawabali I No.25 Pulogadung, Jakarta Timur. 021-46826242
  • Raperind Motor, Jalan Kalimalang Blok Q No.2E Jakarta Timur. 021-8642456

Jawa Barat

  • Otto Cemerlang, Jalan Kol. Supadio No.30 Bandung. 022-6075838
  • Virtue (Bandung), Jalan Wastukencana No.39 Rt 001/004. 022-4234524
  • Star Auto, Jalan Holis No.433 Bandung. 022-5414402/022-5416962
  • Shine Auto, Jalan RA Kartini No.18 Rawa Panjang, Bekasi Barat. 021-82425396
  • PT Brayat Kretya Andaru, Jalan KH. Soleh Iskandar RT001/RW001 Kota Bogor. 0251-7544373

Jawa Tengah

  • Auto Fix – Santosa Motor Service, Jalan Majapahit 129B Semarang. 024-6720720/6701701
  • Bintang Utama, Jalan Wolter Monginsidi No.45 Semarang. 024-6710415/6733627/28
  • Oto Onderdil, Jalan Raya Kaligawe KM.6 Semarang. 024-6581668/6582144
  • Utama Sakti, Jalan Durian Raya No.17A Banyumanik. 024-7477425
  • Tejo Motor, Jalan Pedurungan Kidul No.82, Semarang. 024-6711001
  • Eka Auto (PT. Motoreko Mobilindo), Jalan Arteri Soekarno Hatta No.18 Semarang. 024-76857777
  • Bimatama Auto Body Repair and Paint, Jalan Hasanudin G 63 Semarang Utara. 024-3547190

Jawa Timur

  • Top Mobil, Jalan Supersemar No.12 Kediri. 0354-7011099
  • Mahkota Otomotif Body Repair, Jalan Sersan Suharmaji VII/34 Kediri. 0354-697411
  • Ngebrak Motor, Jalan Raya Kediri-Kertosono Kediri. 0354-697081
  • Surya Indah Singonegaran Timur II No. 25 Kediri 0354-691294
  • Klinik Mobil GSM ( Kediri), Jalan Raya Purwokerto No.352 Ngadiluwih, Kediri. 0354-476907
  • Indo Kreatif, Jalan Supersemar 48 Kediri. 0354-699088
  • Jakarta Teknologi Utama, Jalan Raya Waru No. 82, Waru, Sidoarjo. 031-8531616/8537939/8531813
  • Bahtera Motors (Kusuma Bahtera Jaya), Jalan Dukuh Kupang Utara I/1 Surabaya. 031-5614603
  • Kharisma Gemillang, Jalan Raya Sepat Lidah Kulon No.200 Menganti, Surabaya. 031-7526919

Sumatera

  • Energi Auto Station Jalan Malikul Saleh Lhong Raya, Aceh. 0651-7559552
  • Perodua Motor / Optima Motor, Jalan T. P. Nyak Makam No. 91, Lampineung – Banda Aceh 081269641944/081317601945
  • Aneka Cat Service, Jalan T. Iskandar No. 78 Ulee Kareng–Banda Aceh. 0651-7559116
  • CV. Adi Guna, Jalan Manunggal No.03 Lamteh, Ulee, Banda Aceh. 0651-34785
  • Sumber Teknik, Jalan Pangeran Hidayat No.51 Jambi. 0741-40333/41333
  • Panca Indah Jaya Motor, Jalan HM. Yusuf Nasri No. 23 (Pelita). 0741-32789/32788
  • PT. Primatama Karya Cemerlang, Jalan By Pass Km. 6 Parak Karakah, 161 Padang Padang 0751-779701
  • CV. Anugrah Jaya, Jalan Ryacudu No.97 Jalur Dua Korpri. 0721-705307
  • CV. Tri Jaya Cemerlang, Jalan Adam Malik No. 50 Kec. Medan Barat-Medan. 061 6615888

Sulawesi

  • CV. Bintang Auto Cat Jalan Abdul Kadir No. 15, Makassar. 0411-862821/862801
  • Citra Auto, Jalan Pergudangan lantebung Makassar. 0411-514808
  • PT. Bosowa Berlian Motor, Jalan Perintis Kemerdekaan Km.9 Tamalanrea-Makassar. Telepon: 0411-585888/4772722
  • Bengkel Wahyu, Jalan Tunggala Dalam, Kendari. (0401) 3138532
  • Sultra Perdana Mobil Utama, Jalan Letjen R Suprapto No.63 Kendari. 0401-3121419

Kalimantan

  • Imola Motor, Jalan Soekarno – Hatta KM. 4,5 No.20 RT.074, Balikpapan. 0542-861618
  • Perdana, Jalan S. Parman (Gn.Guntur) RT 30/RW.10 No. 3, Balikpapan 0542-734403
  • Mitra Abadi Motor, Jalan Bukit Raya XV No.3 Palangkaraya. 0536-3268100
  • Putera Sampoerna Motor, Jalan Garuda XI No.02 Palangkaraya. 082148584800
  • CV Auto Mobil Jaya Jalan Purnama 2 No. 87 Pontianak. 0561-7006682/731382
  • SW Motor, Jalan Karya Baru II No.1 Pontianak. 0561-735540

Nusa Tenggara dan Indonesia Timur

  • Arema, Jalan Tanah Rata Rt. 001 / Rw. 05 Kebun Cengkeh, ambon. 0911-3350162/ 082199243800
  • AJ Motor, Jalan Wolter Monginsidi, Ambon. 081343240890
  • Sinar Timur, Jalan Sandubaya No.18 Sweta, Cakranegara, Mataram. 0370-672456
  • Paloma Motor, Jalan Selandir No.11 NTB. 0370-627843
  • HIPRO, Jalan Sandubaya No.1 Kota Mataram. 0370-672270
  • BRD Autocare, Jalan Sriwijaya No.69 Cakranegara, Mataram. 087851289897

Bagi nasabah yang ingin berhenti menjadi nasabah Asuransi Mobil Sinar Mas perlu menghubungi kantor pusat, kantor cabang, atau kantor pemasaran terdekat. Setelah itu, ikuti petunjuk sesuai instruksi.

Biasanya, pihak Asuransi Sinar Mas akan meminta nasabah mengisi formulir online di situs atau aplikasi. Setelah terisi, lanjutkan dengan mengunduh formulir tersebut bersama fotokopi STNK dan bukti pembayaran premi.

Setelah itu, nasabah akan dikonfirmasi melalui telepon atau email yang menginformasikan bahwa nasabah sudah berhenti menjadi nasabah Simas Mobil. Namun, agar lebih nyaman, sebaiknya berhenti menjadi nasabah setelah masa pertanggungan selesai atau setelah satu tahun. Dengan begitu, proses tutup polis lebih mudah.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.sinarmas.co.id/
  • https://personalfinance.kontan.co.id/news/klaim-nol-uang-kembali-1
Penulis Dzulfikar Financial Content Writer yang mengemas informasi, tips, dan kiat keuangan dengan bahasa yang lebih mudah dicerna. Lihat profile penulis