Ulasan Panin Dai Ichi Life

4.2 / 5.0 (1.927 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
67 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
67 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
67 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
67 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
67 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
1970/01/01 00:00:00Cicilan 0%Hemat 30%
 

Asuransi Panin Dai-ichi Life: Profil & Daftar Produk

Panin Dai-ichi Life atau Panin Daichi Life hadirkan produk asuransi jiwa, unit link, dan syariah. Cek ✔️Rreview produk✔️Alamat kantor ✔️Laporan keuangan.

 
 

Pilihan Manfaat Panin Dai-ichi Life

Asuransi Panin Dai-ichi Life memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan atau manfaat asuransi Panin Dai-ichi Life berdasarkan jenis produk, polis, dan plan yang dapat dipilih.

Asuransi Penyakit Kritis
Critical Illness Infinite Protection

Produk asuransi Panin Dai-ichi Life dengan pembayaran premi singkat yaitu selama 5 tahun dan masa pertanggungan sampai 20 tahun.

  • Menanggung biaya perawatan akibat 39 penyakit kritis, termasuk kanker, stroke, jantung, dan gagal ginjal.
  • Pengambalian premi 150 persen dari premi yang telah dibayarkan bila tertanggung meninggal dunia dalam masa tanggungan.
  • Bebas melanjutkan pembayaran premi bila tertanggung mengalami cacat tetap.
  • Saat masa pertanggungan berakhir, tertanggung akan mendapatkan 150 persen premi yang dibayarkan.

Program Hari Tua
Premier Heritage Plan

Produk asuransi Panin Dai-ichi Life yang memberikan manfaat uang pertanggungan dikurangi manfaat tahapan yang telah dibayarkan dan masa pertanggungan berakhir apabila tertanggung meninggal dunia atau hidup hingga akhir masa pertanggungan.

  • Mendapatkan manfaat uang pertanggungan secara bertahap, untuk menjamin masa tua nasabah.

Asuransi Jiwa Unit Link
Panin Dana Pasti

Produk asuransi Panin Dai-ichi Life yang membantu merencanakan tujuan finansial dengan perlindungan asuransi hingga usia 85 tahun.

  • Mendapatkan dana hasil investasi.
  • Mendapatkan uang pertanggungan sebesar Premi Tunggal ditambah uang investasi bila tertanggung meninggal dunia dalam masa pertanggungan.

Asuransi Pendidikan
Kids Edu Plan

Produk asuransi Panin Dai-ichi Life yang dirancang khusus untuk persiapan dana pendidikan anak yang berfokus pada pendidikan SMA dan universitas.

  • Mendapatkan manfaat tahapan dana pendidikan anak.
  • Pengembalian 100 persen premi pertanggungan dasar bila tertanggung meninggal dunia atau sakit dalam masa pertanggungan.
  • Mendapatkan 50 persen uang pertanggungan bila tertanggung masih hidup hingga akhir masa pertanggungan.

Asuransi Kecelakaan Diri
SIGAP

Produk asuransi kecelakaan Panin Dai-ichi Life dengan minimal 50 peserta.

  • Mendapatkan uang pertanggungan 100 persen bila nasabah meninggal dunia akibat kecelakaan.

Asuransi Jiwa Unit Link
Preferred Life

Produk asuransi Panin Dai-ichi Life dengan manfaat uang pertanggungan hingga Rp50 miliar.

  • Mendapatkan uang pertanggungan dan hasil investasi bila tertanggung meninggal dunia dalam masa pertanggungan.
  • Mendapatkan 100 persen uang pertanggungan bila tertanggung masih hidup hingga masa pertanggungan berakhir.
  • Nilai uang pertanggungan meningkat sebesar 5 persen setiap tahunnya.

Asuransi Kesehatan
Medica

Produk asuransi Panin Dai-ichi Life yang memberikan manfaat santunan rawat inap hingga Rp2 juta per hari.

  • Mendapatkan 100 persen uang pertanggungan apabila tertanggung meninggal dunia karena sakit atau sebab alami apapun.
  • Mendapatkan 100 persen uang pertanggungan apabila tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan.
  • Mendapatkan penggantian biaya rawat inap maksimal 90 hari per tahun.
  • Mendapatkan santunan rawat inap harian maksimal 45 hari per tahun.

Asuransi Jiwa
Panin Life Care

Produk asuransi Panin Dai-ichi Life dengan manfaat perlindungan hingga usia tertanggung 80 tahun.

  • Memberikan perlindungan bahkan hingga usia tertanggung 80 tahun.
  • Memberikan 100 persen uang pertanggungan bila tertanggung meninggal dunia selama masa pertanggungan.

Asuransi Jiwa Unit Link
Premier Maxilinked Assurance

Produk asuransi Panin Dai-ichi Life yang memberikan fleksibilitas dalam berinvestasi dan dapat menentukan besarnya Top Up untuk memaksimalkan hasil investasi.

  • Memberikan perlindungan sampai usia tertanggung 99 tahun.
  • Mendapatkan nilai pertanggungan ditambah nilai investasi bila tertanggung meninggal dunia pada masa pertanggungan.

Asuransi Jiwa Unit Link
Premier Multilinked Assurance

Produk asuransi Panin Dai-ichi Life dengan manfaat penarikan dana yang bisa dilakukan kapan saja.

  • Masa pertanggungan bisa sampai usia pemegang polis atau tertanggung utama berusia 99 tahun.
  • Usia tertanggung minimal adalah 1 bulan.
  • Akan mendapatkan uang pertanggungan ditambah hasil investasi bila tertanggung utama meninggal dunia dalam masa asuransi.

Asuransi Jiwa Unit Link
Premier Smart Protection

Produk asuransi Panin Dai-ichi Life dengan jaminan nilai tunai yang tidak dipengaruhi oleh fluktuasi pasar.

  • Memberikan proteksi hingga usia pemegang polis mencapai 99 tahun.
  • Akan mendapatkan uang pertanggungan bila tertanggung utama meninggal dunia dalam masa asuransi.
  • Mendapatkan tambahan uang pertanggungan bila meninggal karena kecelakaan.
  • Mendapatkan 100 persen uang pertanggungan plus uang hasil investasi bila tertanggung masih hidup sampai masa polis berakhir.

Asuransi Jiwa Unit Link
Panin Premier Protection

Produk asuransi Panin Dai-ichi Life yang tetap berlaku meskipun pemegang polis yang merupakan tertanggung utama mengalami risiko atau meninggal dunia.

  • Satu polis bisa untuk melindungi lima anggota keluarga.
  • Memberikan perlindungan asuransi jiwa hingga usia tertanggung mencapai 99 tahun.
  • Disertakan fitur investasi yang besarannya fleksibel, tergantung dari kesanggupan pemegang polis.
  • Mendapatkan uang pertanggungan ditambah hasil investasi bila tertanggung meninggal dunia di masa pertanggungan.

Asuransi Jiwa Unit Link
Premier Ultimalinked

Produk asuransi Panin Dai-ichi Life dengan masa pembayaran premi yang 3 tahun.

  • Mendapatkan manfaat investasi bahkan sejak tahun pertama.
  • Fleksibel dalam berinvestasi, pemegang polis bisa menentukan sendiri berapa dana yang ingin diinvestasikan.
  • Berkesempatan mendapatkan bonus apabila membayar premi dibayar penuh selama tiga tahun pertama.
  • Mendapatkan uang pertanggungan ditambah hasil investasi bila tertanggung meninggal dunia di masa pertanggungan.

Asuransi Jiwa Unit Link
Panin Lifevestlinked

Produk asuransi Panin Dai-ichi Life dengan manfaat asuransi jiwa dan nilai tunai investasi sekaligus, hingga usia 75 tahun.

  • Mendapatkan 100 persen uang pertanggungan ditambah hasil investasi bila tertanggung meninggal dunia akibat sakit atau sebab alami lainnya di masa pertanggungan.
  • Proses pembayaran dan investasi bisa dilakukan dengan dua mata uang, Rupiah dan Dolar
  • Nasabah bisa memilih sendiri jenis investasinya
  • Nasabah akan mendapatkan nilai investasi apabila masih hidup hingga masa pertanggungan berakhir.

Asuransi Syariah
Premier Multilinked Syariah

Produk asuransi Panin Dai-ichi Life yang memberikan manfaat perencanaan finansial hingga usia pihak yang diasuransikan 99 tahun dan pembayaran nilai investasi apabila tertanggung hidup hingga masa pertanggungan berakhir.

  • Memberikan perlindungan bagi pihak tertanggung hingga batas usia 99 tahun.
  • Mendapatkan hasil investasi berbasis syariah.
  • Bila pihak tertanggung meninggal dunia dalam masa pertanggungan, akan mendapatkan santunan ditambah hasil investasi.

 

Produk yang Ditawarkan Asuransi Panin Dai-ichi Life

Panin Dai-ichi Life menghadirkan produk asuransi yang terbagi menjadi delapan kategori. Berikut adalah pilihan polis yang dapat dipertimbangkan:

Produk Manfaat
Asuransi Kesehatan Pertanggungan biaya perawatan kesehatan
Asuransi Penyakit Kritis Pertanggungan biaya perawatan kesehatan atas risiko penyakit kritis
Asuransi Jiwa Santunan tunai atas risiko meninggal dunia
Asuransi Jiwa Unit Link Santunan tunai + nilai investasi atas risiko meninggal dunia
Asuransi Pendidikan Pertanggungan biaya pendidikan anak atas risiko meninggal dunia
Program Hari Tua Memberikan solusi finansial ketika memasuki usia lanjut
Asuransi Kecelakaan Diri Pertanggungan biaya perawatan atas risiko kecelakaan diri
Asuransi Syariah Proteksi asuransi yang mengikuti prinsip syariat Islam

Produk tambahan yang bisa dijadikan pilihan untuk mendukung produk asuransi utama. Berikut daftar produk manfaat tambahan berdasarkan kondisi dan tujuan finansial.

  • Optima Crisis Cover Plus: Mendapatkan uang pertanggungan apabila terdiagnosa menderita salah satu jenis penyakit kritis.
  • Essential Payor Benefit Premiere: Pembebasan premi bila pemegang polis meninggal dunia atau menderita cacat tetap total atau didiagnosa menderita salah satu dari 38 penyakit kritis
  • Spouse Life Cover: Memberikan manfaat uang pertanggungan untuk tertanggung (pasangan) apabila meninggal dunia.
  • Parent Life Cover: Memberikan manfaat uang pertanggungan untuk tertanggung (orang tua) apabila meninggal dunia.
  • Juvenile Life Cover: Memberikan manfaat uang pertanggungan untuk tertanggung (anak dari tertanggung utama pada pertanggungan dasar) apabila meninggal dunia.
  • Additional Life Cover: Memberikan tambahan manfaat uang pertanggungan untuk tertanggung apabila meninggal dunia.
  • Medical Benefit: Memberikan tambahan manfaat penggantian biaya yang timbul dari pelayanan dan perawatan apabila tertanggung menjalani rawat inap, tindakan bedah dan rawat jalan sesuai plan yang dipilih. 
  • Hospital Cash and Surgical: Memberikan tambahan manfaat santunan rawat inap (maksimal 90 hari per tahun), termasuk santunan perawatan di ICU (maksimal 45 hari per tahun).
  • Premium Waiver Plus: Memberikan manfaat tambahan pembebasan kewajiban membayar premi apabila tertanggung didiagnosa menderita salah satu dari 38 jenis penyakit kritis atau cacat total.
  • Payor Plus: polis asuransi tambahan dengan manfaat pembebasan kewajiban membayar premi apabila tertanggung meninggal dunia, menderita cacat tetap total atau menderita salah satu dari 38 jenis penyakit kritis.
  • Payor Benefit: Memberikan manfaat  tampahan pembebasan membayar premi berkala dan top up berkala, dengan persyaratan apabila pemegang polis meninggal dunia, menderita cacat tetap total atau menderita salah satu dari 38 jenis penyakit kritis.
  • Spouse Waiver: Manfaat tambahan pembebasan membayar premi berkala dan top up berkala bagi pasangan atau keluarga apabila tertanggung meninggal dunia, menderita cacat tetap total atau menderita salah satu dari 38 jenis penyakit kritis.
  • Waiver of Premium Plus: Memberikan manfaat tambahan uang pertanggungan bila tertanggung menderita salah satu dari 38 jenis penyakit kritis atau menderita cacat tetap total.
  • Smart Crisis Cover Plus: Memberikan manfaat tambahan uang pertanggungan apabila tertanggung didiagnosa menderita salah satu dari 39 jenis penyakit kritis pertama kalinya.
  • Smart Crisis Cover: Memberikan manfaat uang pertanggungan sebesar persentase dari uang pertanggungan penyakit kritis, berdasarkan klasifikasi jenjang penyakit yang diderita.
  • Waiver of Premium: Memberikan manfaat tambahan berupa pembebasan premi apabila tertanggung utama menderita cacat tetap total atau didiagnosa penyakit kritis dalam masa pertanggungan.
  • Spouse Crisis Cover: Memberikan manfaat tambahan perlindungan terhadap penyakit kritis untuk tertanggung (pasangan dari tertanggung utama pada pertanggungan dasar).
  • Parent Crisis Cover: Memberikan manfaat perlindungan terhadap penyakit kritis untuk tertanggung (orang tua dari tertanggung utama pada pertanggungan dasar).
  • Juvenile Crisis Cover: Memberikan proteksi tambahan terhadap penyakit kritis untuk tertanggung (anak dari tertanggung utama pada pertanggungan dasar).
  • Additional Crisis Cover: Memberikan manfaat perlindungan tambahan terhadap 39 penyakit kritis untuk tertanggung utama pada pertanggungan dasar, tapi uang pertanggungan tersebut tidak mengurangi pertanggungan dasar. 
  • Crisis Cover: Memiliki manfaat tambahan perlindungan terhadap 39 penyakit kritis untuk tertanggung utama pada pertanggungan dasar.
  • Accidental Death & Dismemberment: Memberikan proteksi tambahan jiwa akibat kecelakaan yang menyebabkan risiko meninggal dunia atau cacat.
 

Cara Klaim Asuransi Panin Life

Cara melakukan klaim polis pada Asuransi Panin Dai-ichi Life terbagi menjadi tiga cara, yaitu klaim asuransi kesehatan dengan cashless, reimbursement, dan klaim asuransi jiwa. Cara selengkapnya sebagai berikut.

Cara klaim asuransi kesehatan dengan cashless dapat dilakukan menggunakan kartu polis yang dimiliki dan kartu identitas pribadi (KTP).

Apabila rumah sakit yang dituju bukan rekanan, maka siapkan formulir pengajuan klaim yang bisa diakses di situs resmi kemudian kirim ke kantor Panin Dai-ichi Life terdekat. Lalu agen asuransi akan mengurus sistem klaim hingga selesai.

Cara klaim ini bisa dilakukan dengan melengkapi berbagai dokumen persyaratan. Berikut adalah daftar berkas yang harus dilengkapi.

  • Formulir asli pengajuan klaim
  • Surat keterangan dokter
  • Surat kuasa
  • Fotokopi identitas pemegang polis/tertanggung/ahli waris (KTP/SIM/Paspor/Akta Kelahiran) yang masih berlaku
  • Fotokopi hasil pemeriksaan penunjang diagnosa yang diberikan pihak rumah sakit
  • Fotokopi surat keterangan kepolisian dan visum yang telah dilegalisir, apabila terjadi kecelakaan atau disebabkan hal yang tidak wajar
  • Kuitansi rawat inap dari rumah sakit dan rinciannya

Cara klaim ini dilakukan dengan menyiapkan dokumen-dokumen yang diminta seperti berikut ini.

  • Formulir asli pengajuan klaim
  • Surat keterangan dokter untuk klaim meninggal atau cacat
  • Surat kuasa
  • Fotokopi identitas pemegang polis/tertanggung/ahli waris (KTP/SIM/Paspor/Akta Kelahiran) yang masih berlaku
  • Fotokopi hasil pemeriksaan penunjang diagnosa yang diberikan pihak rumah sakit
  • Fotokopi surat keterangan polisi dan visum yang telah dilegalisir, apabila terjadi kecelakaan atau disebabkan hal yang tidak wajar
  • Polis asuransi yang dimiliki oleh nasabah atau tertanggung, jika nasabah meninggal dunia
  • Fotokopi surat keterangan kematian yang dikeluarkan oleh kelurahan tempat domisili atau akta kematian dari kantor catatan sipil
  • Surat keterangan kematian dari Kedutaan Besar RI, apabila tertanggung meninggal dunia di luar negeri.
 

Layanan Nasabah dan Call Center Panin Dai-Ichi Life

Untuk mendapatkan layanan nasabah dapat mengunjungi kantor pusat atau cabang, bisa juga menghubungi call center perusahaan. Berikut informasi lengkapnya: 

Kantor Pusat Panin Dai-Ichi Life

Panin Life Center, Ground Floor

Letjend.S.Parman Kav. 91, Jakarta 11420, 

Call Center: (62-21) 255 66 788 

Faks: 021-25566889

Website: panindai-ichilife.co.id

Email: [email protected]

  • Ruko Beryl 3 No. 43, Jl.Raya Kelapa Gading Selatan, T. 021-54210751
  • Ruko Saraswati No. 11, Jln Ir. Soekarno Solo – Baru, T. 0271-626 978
  • Jl. Aiptu K.S. Tubun No. 2B, Kel. 17 Ilir Kec. Ilir Timur I, Palembang 30125, T. 0711-355767
  • Jl.Mayjend. Sutoyo Siswomiharjo, d/h Jl. Perdana No 101-A, Medan, T. 061-4151862
  • Jl. Timor No. 10 – E, Kel.Gang Buntu Kec.Medan Timur, Medan, T. 061-4536618
  • Jalan Brigadir Jendral Katamso, Komplek Centrium No. 70, Medan, T. 061-4531290
  • Jl. T. Cik Ditiro No. 51-, Lubuk Pakam, Medan, T. 061-79751940
  • Jl. Prof Yohanes No.168, 55233, Yogyakarta, T. 0274-553 330
  • Jl. Veteran No. 82 B, Kraton Pekalongan, T. 0285-441647
  • Jl. Hasan Basri No. B 10 Rt. 22, Kel. Bandara, Kec. Sungai Pinang, Samarinda, T. 0541-736 432
  • Jl. Sungai Saddang No 64, Makassar, T. 0411-877 800

Pengaduan sendiri bisa disampaikan melalui dua metode, yaitu lisan dan tulisan. Penyampaian pengaduan secara lisan bisa langsung menghubungi ke Customer Care Panin Dai-ichi Life di 021-25566788, sementara lewat tulisan bisa mengirimkan keluhan via email di [email protected]indai-ichilife.co.id.

Berikut ini prosedurnya, 

  • Pemegang polis atau nasabah melaporkan keluhannya via lisan maupun tulisan ke customer care. (sertakan dengan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pengaduan).
  • Petugas customer care kemudian melakukan pengecekan pengaduan dan verifikasi dokumen yang dikirimkan nasabah. 
  • Petugas Panin Dai-ichi Life akan mencarikan solusi untuk penyelesaian masalah yang diadukan oleh nasabah.
 

Rumah Sakit Rekanan Panin Dai-Ichi Life

Asuransi Panin Dai-Ichi Life memiliki rekanan rumah sakit yang tersebar luas di dalam dan luar negeri. Berikut ini daftar rumah sakit rekanan yang bisa dijadikan rujukan bagi nasabah. 

  • RSIA Bina Sehat Mandiri, Jl. Duri Raya No. 22, Duri Kepa, Kebon Jeruk
  • RS Bhakti Mulia, Jl. Aipda K.S. Tubun No. 79, Slipi
  • RS Ciputra Hospital Citra Garden City, Jl. Citra 5, Citra Garden City, Blok G-1, Kalideres
  • RS Grha Kedoya, Jl. Panjang No. 26
  • RS Hermina Daan Mogot, Jl. Kintamani Raya No. 2 Perumahan Daan Mogot Baru
  • RS Eye Center (JEC), Kedoya
  • RS Medika Permata Hijau, Jl. Raya Kebayoran Lama No.64[/acccordion]
[accordion title="RS Rekanan Padang"]
  • RSIA Cicik Padang, Jl. Dr. Soetomo No. 94, Marapalam, Padang 0751 – 38846
  • RS Islam Siti Rahmah, Jl. Raya By Pass KM. 15 Aie Pacah, Padang 0751 – 463059
  • RS Bedah Ropanasuri, Jl. Aur No. 8 Bandar Purus, Padang Barat 0751 – 31938
  • RS Charitas Palembang, Jl. Jendral Sudirman No. 1054 0711 – 353374
  • RS Hermina Palembang, Jl. Basuki Rahmat No. 897, 0711 – 352525
  • RS Hermina OPI Jakabaring, Jl. Gubernur H. A Bastari No.16, Sungai Kedukan, Rambutan, Kota Palembang, 0711 – 3031520
  • RS Hermina Balikpapan, Jl. MT. Haryono No. 45, RT 45, Kel. Sepinggan Baru
  • RSIA Permata Hati Balikpapan, Jl. Imam Bonjol No. 1
  • RS Pertamina Balikpapan, Jl. Jend. Soedirman No. 1
  • Siloam Hospitals Balikpapan, Jl. MT. Haryono No. 09 Ring Road
  • RS Awal Bros Palangka Raya, Jl. Tjilik Riwut km 6.5 rt 02/rw 01, Bukit Tunggal, Jekan Raya, Palangka Raya, Kalimantan Tengah 0536 – 4279 888
  • RS Palangkaraya Islam PKU Muhammadiyah Palangkaraya, Jl. RTA. Milono Km 2, 5 Palangka Raya, Menteng, Jekan Raya,Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 0536 – 3239444
  • Siloam Hospitals Palangka Raya, Jl. RTA Milono No.km, Langkai, Pahandut, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 0536 – 8001100
  • RS Bali Medistra (BaliMed), Jl. Mahendradatta No. 57X Denpasar 0361 – 484748
  • RS Bhakti Rahayu Denpasar, Jl. Gatot Subroto II No. 11 Denpasar 0361 – 430270
  • RSU Bali Royal, Jl.Tantular No. 6 Renon, Denpasar, 0361 – 247499
  • RS Omni Hospital Alam Sutera, Jl. Alam Sutera Boulevard Kav. 25 Serpong 021 – 53125555
  • RS Aminah Tangerang, Jl. HOS Cokroaminoto No.4A, Kreo Selatan, Kec. Larangan, Kota Tangerang, Banten 15156, 021 – 7371919
  • RS An-nisa, Jl. Gatot Subroto KM. 3 No. 96 Cibodas, 021 – 5525564
  • RS Aqidah, Jl. Raden Fatah No. 40, Parung Serab, Ciledug, Tangerang 021-7310851
  • RS Aria Sentra Medika, Jl. Aria Putra No. 9, Kedaung, Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15415 021- 7499199
  • RSIA  Ananda Makassar, Jl. Andi Djemma No.63, Banta-Bantaeng, Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222, 0411 – 874596
  • RS Awal Bros Makassar, Jl. Jend. Urip Sumoharjo No. 43, Panakkukang, Karuwisi Utara, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, 0411 – 454567
  • RS Hermina Makassar, Jl. Toddopuli Raya Timur No. 7, Borong, Manggala, Borong, Makassar, Kota Makassar 0851-4645-9070
  • RS Pertamina Sorong, Jl. Ahmad Yani No. 13 Sorong, 0951 – 326110
  • National Cancer Centre
  • Singapore National Skin Centre
  • John Hopkins Singapore Int’l Medical Centre
  • Singapore National Neuroscience Institute
  • Singapore Raffles Hospital
  • Mt Elizabeth Orchard Hospital
  • Mt Elizabeth Novena Hospital
  • Gleneagles Hospital
  • Parkway East Hospital
 

Review Asuransi Panin Dai-ichi Life 

Panin Dai-ichi Life adalah perusahaan asuransi jiwa yang dibentuk atas kerjasama grup Panin dengan Dai-Ichi Life, perusahaan asuransi asal Jepang. Rangkaian produk yang dihadirkan di Indonesia berfokus pada asuransi jiwa, asuransi investasi (unit link), dan unit syariah.

Panin Life adalah perusahaan asuransi jiwa yang telah melayani masyarakat Indonesia selama lebih dari 40 tahun. Perusahaan ini merupakan bagian dari Panin Group of Companies yang bergerak di industri jasa keuangan. 

Sedangkan Dai-Ichi Life merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di Jepang yang memiliki pengalaman lebih dari 110 tahun dalam industri asuransi jiwa dengan jaringan bisnis internasional. Dai-Ichi Life juga terdaftar sebagai perusahaan publik Jepang dengan peringkat A dari Fitch dan peringkat A+ dari Standard & Poor’s (per Juni 2015).

Pada tahun 2013, kedua perusahaan asuransi tersebut, yaitu Panin Life dan Dai Ichi Life, memutuskan untuk membentuk kerjasama joint-venture dengan nama Panin Dai-ichi Life yang beroperasi di Indonesia di dalam manajemen PT Panin Dai-ichi Life.

Didukung jaringan pelayanan dan pemasaran melalui agen, karyawan, serta berbagai mitra bisnis di berbagai kota besar di Indonesia, Panin Dai-ichi Life menghadirkan berbagai rangkaian produk inovatif dan komprehensif yang dapat disesuaikan bagi kebutuhan nasabah individu maupun korporat, terutama produk asuransi jiwa, investasi, dan asuransi syariah. 

Setiap tahunnya Panin Dai-ichi Life terus mengoptimalkan layanan produknya. Salah satunya pada pertengahan tahun 2019, Panin Dai-ichi Life menghadirkan manfaat tambahan Medical Benefit X. Produk tersebut akan memberikan kemudahan bagi nasabah dengan memberikan manfaat fleksibilitas pada pilihan jangkauan wilayah proteksi yang diinginkan, hingga ke seluruh dunia (termasuk Amerika Serikat).

Panin Dai-ichi Life adalah anggota Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan telah terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin usaha KEP213/KMK.013/1992 dan tanggal izin usaha 6 Agustus 1992.

Perusahaan juga memiliki izin usaha Unit Syariah berdasarkan surat Menteri Keuangan Nomor KEP-247/KM.10/2009  yang dikeluarkan pada tanggal 30 Agustus 2009.

Asuransi Panin Dai-ichi Life  terus mendapatkan berbagai apresiasi masyarakat, hal ini terbukti dari berbagai penghargaan yang didapatkan, antara lain:

  • 2018: Insurance Top Leader for Local Market Penetration Initiative di ajang Top Leader Awards
  • 2017: Warta Ekonomi Digital Innovation Award, Kategori Perusahaan Asuransi Jiwa dengan Aset  antara Rp 5-10 Triliun.
  • 2017: Investor Awards, Asuransi Jiwa Terbaik 2017 dengan Aset di atas 1 Triliun – 15 Triliun.
  • 2017: Indonesia Senior Executive Association (ISEA), penghargaan khusus atas dukungan terhadap program ISEA tahun 2012-2017.
  • 2016: Infobank, Asuransi Berpredikat “sangat bagus” dan Perusahaan Asuransi Jiwa dengan Premi Bruto diatas 1 triliun.
  • 2016:  The 12th Islamic Finance Award 2016, Runner Up The Best Islamic Life Insurance kategori aset dibawah 250 miliar.
  • 2014: Media Asuransi, Peringkat #6 Asuransi Terbaik, Kategori perusahaan asuransi jiwa dengan ekuitas lebih dari Rp 750 miliar.

Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standarisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.

Mengacu kepada laporan keuangan 2019, PT Panin Dai-ichi Life membuktikan performa kinerja finansialnya sebagai berikut.

  • Rasio Solvabilitas: 1649%.
  • Jumlah aset: Rp9,062 triliun.
  • Jumlah ekuitas: Rp 4,983 triliun.

Dari data keuangan tersebut dapat disimpulkan bahwa dari segala aspek yang dijadikan indikator penentu kualitas keuangan perusahaan, PT Panin Dai-ichi Life termasuk perusahaan dengan kondisi finansial yang layak dijadikan pilihan prioritas bagi calon nasabah. Kondisi finansial yang kuat akan memberikan jaminan kepada kualitas produk dan pemenuhan kebutuhan klaim para nasabahnya hingga tuntas.

 

Berita Terbaru

Mei 2020 – Pada bulan Mei 2020, Panin Dai-ichi Life membuktikan komitmen perusahaan dalam pembayaran klaim terhadap nasabahnya di Medan sebesar Rp3,1 miliar. Klaim ini merupakan pembayaran manfaat dari produk mereka yaitu Panin New Multilinked dan Panin Tuntas Madani.

Juli 2019 – Kecenderungan masyarakat Indonesia yang melakukan pengobatan di luar negeri semakin tinggi. Berdasarkan terjadinya kondisi tersebut, Panin Dai-ichi Life menghadirkan manfaat tambahan Medical Benefit X.

Medical Benefit X memberikan kemudahan bagi konsumen untuk memilih dan memadupadankan proteksi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan, dengan fleksibilitas pada pilihan jangkauan wilayah proteksi yang diinginkan, hingga ke seluruh dunia (termasuk Amerika Serikat), jenis ruangan rawat inap hingga VIP, total nilai manfaat yang diinginkan serta tambahan limit tahunan hingga 5 kali setiap tahun hingga usia 99 tahun.

 

Pertanyaan Seputar Panin Dai-ichi Life

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait asuransi Panin Dai-ichi Life, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Berapa harga premi Panin Dai-ichi Life?

Harga premi Asuransi Panin Dai-ichi Life berbeda-beda dan disesuaikan dengan profil calon nasabah dan produk yang ditawarkan. Adapun harga premi berkisar mulai dari Rp2 juta hingga puluhan juta per tahun.

Berikut kisaran produk unit link atau investasinya: 

Nama Unit Link  Harga 
Cash Fund  Rp 2.902,37
Fixed Income Fund Rp 1.999,89
Managed Fund  Rp 5.213,82
Managed Fund Conservative  Rp 2.294,18
Managed Fund Moderate  Rp 2.406,63
Managed Fund Aggressive  Rp 2.172,98
Panin Special Balanced Fund  Rp 1.001,24
Equity Fund  Rp 9.290,60
Panin Special Equity Fund  Rp 697,41
Syariah Cash Fund  Rp 2.289,73
Syariah Equity Fund  Rp 1.864,68
Syariah Managed Fund  Rp 1.866,45
Cash Fund USD 0,14
Managed Fund  USD 0,24
Managed Fund Aggressive  USD 12,17
SRC Moderate Fund USD 12,49

Berapa biaya akuisisi Panin Dai-ichi Life?

Biaya akuisisi Panin Dai-ichi Life adalah biaya perolehan atas polis yang akan dibebankan oleh perusahaan Panin Dai-ichi Life, kepada nasabah ketika memutuskan untuk membeli polis asuransi jiwa untuk mendapatkan fasilitas polis. Biaya akuisisi ini umumnya dipergunakan oleh perusahaan untuk membiayai operasional mereka dan termasuk di dalamnya adalah untuk memberi komisi kepada agen atau broker. 

Mengenai informasi besaran biaya akuisisi ini, calon nasabah atau nasabah bisa menghubungi customer service Panin Dai-ichi Life di 021-25566788

Bagaimana cara beli Asuransi Panin Dai-ichi Life Secara Online?

Jika tertarik untuk membeli produk-produk asuransi dari Panin Dai-ichi Life, Anda bisa langsung mengunjungi situs resmi Panin Dai-ichi Life. Setelah masuk ke halaman resminya, akan ada pertanyaan berapa usia, kebutuhan perlindungan, sehingga nanti sistem akan memberikan saran produk apa yang pas. 

Setelah itu, Anda diminta untuk menginput data diri mulai dari nama, email, dan nomor telepon yang bisa dihubungi oleh petugas dari Panin Dai-ichi Life.

Bagaimana pembayaran Asuransi Panin Dai-ichi Life?

Terdapat dua metode pembayaran yang bisa dilakukan terhadap Asuransi Panin Dai-ichi Life, yaitu melalui transfer/virtual account dan online payment. Berikut adalah cara membayar Asuransi Panin Dai-ichi Life berdasarkan kedua metode tersebut.

Transfer atau virtual account

Metode ini bisa dilakukan melalui Bank Panin, Bank Permata, BCA, maupun bank lainnya, dengan cara,

  • Teller bank, cara ini dilakukan dengan menyebut nomor rekening polis dan isi slip setor. Khusus Bank Panin tidak perlu mengisi slip setor.
  • ATM, khusus ATM Panin, BCA, dan Permata dapat dilakukan melalui menu virtual account. Untuk ATM Bersama, Prima, dan Alto dapat dilakukan dengan memilih menu. 
  • E-banking, khusus polis USD wajib melakukan pembayaran langsung ke rekening USD Panin Dai-ichi Life. 

Online payment

Metode ini dilakukan dengan melakukan pendebetan pada kartu kredit yang dimiliki. Apabila proses pendebetan telah berhasil, maka bukti pembayaran polis bisa dilihat pada kolom inbox Customer Connect.

Apabila belum terdaftar, silakan mengajukan pendaftaran dengan hubungi Customer Care di 021-25566788 atau email [email protected]

Cara pembayaran premi melalui ATM 

ATM Panin Bank atau Bank Permata 

  1. Masukkan kartu ATM ke mesin ATM 
  2. Pilih menu “Transaksi Lainnya”
  3. Tekan menu “Pembayaran”
  4. Pilih menu “Transaksi Lainnya” 
  5. Lalu pilih “Pembayaran” 
  6. Tekan “Layar Berikutnya” 
  7. Pilih menu “Virtual Account”
  8. Masukkan rekening polis (16 digit), lanjut dengan tekan “Benar”
  9. Masukkan jumlah pembayaran yang akan dibayarkan
  10. Setelah itu tekan “Ya” dan tunggu struk bukti pembayaran keluar

ATM BCA 

  1. Masukkan kartu ATM ke mesin ATM 
  2. Pilih “Transaksi Lainnya” 
  3. Tekan “Transfer”
  4. Pilih “Ke Rek BCA Virtual Account” 
  5. Masukkan rekening polis (16 digit), lalu tekan “Benar”
  6. Masukkan jumlah yang akan dibayarkan, lalu tekan “Benar”
  7. Periksa data pembayaran yang muncul di layar, jika benar tekan “Ya”
  8. Konfirmasi transaksi lalu tekan “Ya” 
  9. Simpan struk pembayaran sebagai buktinya

Harga Unit Panin Dai-ichi Life

Bagaimana metode penggantian biaya asuransi Panin Dai-ichi Life?

Pada umumnya, ada beberapa metode penggantian biaya asuransi Panin Dai-ichi Life. Metode tersebut bergantung pada produk asuransi yang digunakan.

  • Reimbursement: Metode ini bisa dilakukan secara berkala maupun sekaligus, tergantung produk asuransi yang dimiliki. Pada umumnya, tertanggung akan diminta untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan, mulai dari formulir klaim, kartu identitas, kwitansi perawatan, medical report, dan dokumen lainnya.
  • Cashless: Metode penggantian cashless dilakukan dengan cara menunjukkan kartu asuransi Panin Dai-ichi Life agar bisa mendapatkan pelayanan medis.

Formulir klaim Panin Dai-Ichi Life

Untuk mengajukan klaim, nasabah diharuskan menyertakan dokumen-dokumen penting ke pada pihak Panin Dai-Ichi Life, salah satunya adalah formulir klaim. Masing-masing produk asuransi memiliki formulir klaim yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan formulir sesuai dengan kebutuhan, nasabah bisa mengunduhnya langsung di situs resmi Panin Dai-Ichi Life

Bagaimana cara login Panin Dai-Ichi Life?

Untuk mengetahui detail polis, riwayat transaksi, harga unit terbaru, transaction statement, agen, dan lain sebagainya bisa digunakan dengan mengakses fasilitas Customer Connect yang dipersembahkan Panin Dai-ichi Life. Untuk mengaksesnya, berikut adalah cara registrasi dan login ke dalam layanan ini.

  • Lakukan registrasi di https://connect.panindai-ichilife.co.id/.
  • Klik tombol “Register”.
  • Masukkan data nomor polis, email, serta nomor ponsel yang sesuai dengan SPAJ yang telah diisi pada saat menjadi nasabah.
  • Klik tombol “Register”.
  • Nasabah akan mendapatkan kata sandi yang dikirimkan ke alamat surel pribadi.
  • Jika sudah, langkah berikutnya adalah mengubah kata sandi tersebut dengan login di Panin Dai-ichi Life.
  • Klik https://connect.panindai-ichilife.co.id/.
  • Lakukan login dengan menggunakan nomor polis dan password yang telah dikirimkan lewat surel.
  • Ubah kata sandi yang dikirimkan tadi dengan kata sandi yang baru. Kata sandi harus terdiri atas 8-10 huruf dan mengandung huruf besar, huruf kecil, serta angka demi meningkatkan keamanan.

Bagiamana cara berhenti Asuransi Panin Dai-Ichi Life?

Jika ingin berhenti menjadi nasabah asuransi Panin Dai-ichi Life, berikut adalah cara yang bisa ditempuh untuk melakukan pemberhentian.

  • Menghubungi kantor pemasaran Asuransi Panin Dai-ichi Life terdekat dan jelaskan alasan keinginan menutup polis.
  • Isi dokumen yang diminta. Tidak lupa untuk memahami secara jelas hal-hal yang dijabarkan dalam persyaratan dokumen.
  • Lengkapi persyaratan seperti fotokopi KTP, buku polis asuransi, dan sebagainya.

Untuk informasi lebih lengkap seputar penutupan polis, nasabah dapat menghubungi Customer Care Panin Dai-ichi Life di (62-21) 255 66 788 atau  mengirimkan surel ke alamat [email protected]

Agen dan broker Asuransi Panin Dai-Ichi Life

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi Panin Dai-ichi Life. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi yang bekerja untuk perusahaan asuransi, dalam hal ini Panin Dai-ichi Life. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara Panin Dai-ichi Life dengan calon peserta asuransi.

Calon nasabah bisa mendapatkan asuransi kesehatan Panin Dai-ichi Life baik secara langsung, melalui agen, maupun melalui broker. Beberapa broker di Indonesia pun menawarkan produk asuransinya secara online. Pastikan bahwa broker yang dipilih sudah terdaftar secara resmi juga di Otoritas Jasa Keuangan RI agar lebih aman dalam setiap transaksinya.

Sumber dan referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman perusahaan asuransi yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.panindai-ichilife.co.id/
Penulis Ruri Sari Mantan peracik tulisan di media sosial yang mencoba berbagi informasi seputar mengelola keuangan pribadi dan sharing trik-trik jitu yang bisa kita semua nikmati. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan