Asuransi Parolamas

3.5 / 5.0 (5.637 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
83 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
83 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
83 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
83 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
83 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
1970/01/01 00:00:00Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Parolamas

PT Asuransi Parolamas (Parolamas) adalah perusahaan asuransi umum yang berdiri sejak tahun 1964. Pada September 2019, kepemilikan saham Parolamas telah diambil alih seratus persen oleh Tokio Marine Asia Pte. Ltd. 

Pada bulan Maret 2020, seluruh produk asuransi konvensional perusahaan kini dikelola oleh PT Asuransi Tokio Marine Indonesia. Sementara untuk unit syariah dikelola oleh PT Asuransi Jasindo Syariah per bulan April 2020. 

Ringkasan

  • Perusahaan kini telah diambil alih oleh PT Asuransi Tokio Marine Indonesia untuk unit konvensional dan PT Asuransi Jasindo Syariah untuk unit syariah. 
  • Pengambilan alih perusahaan efektif per bulan Maret dan April 2020. 
  • Nasabah Parolamas kini menjadi tanggung jawab asuransi Tokio Marine dan Jasindo Syariah

Sejarah Asuransi Parolamas

Telah berdiri sejak 1964, Parolamas telah beberapa kali mengalami proses akuisisi. Pada mulanya, komposisi kepemilikan saham Parolamas dimiliki oleh Syarifuddin Harahap yang sekaligus menjabat Presiden Direktur 54,88 persen, sebesar 44,38 persen dimiliki Teuku Raffli Rahman (Direktur), dan 0,74 persen dimiliki pemegang saham minoritas lainnya. 

Namun, pada tahun 2015, Parolamas diakuisisi oleh asuransi umum terbesar di Australia dan Selandia Baru, yaitu Insurance Australia Group (IAG) dengan kepemilikan saham sebesar 80 persen

Kepemilikan oleh IAG hanya bertahan selama empat tahun. Hal ini terjadi karena pada September 2019, Tokio Marine Asia Pte. Ltd. mengambil alih seratus persen kepemilikan saham Parolamas sehingga kini Parolamas telah menjadi bagian perusahaan Tokio Marine Asia Pte Ltd.

Selain menghadirkan produk asuransi umum untuk kumpulan maupun individu. Perusahaan juga mengeluarkan sebuah anak usaha bernama Simplr. Simplr menawarkan produk asuransi tunjangan hidup yang dapat dibeli secara mudah via online dengan pilihan produk gaya hidup, kendaraan bermotor, dan dana sehat.

PT Asuransi Parolamas terdaftar di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dan juga telah mendapatkan izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor KEP-7436/MD/1986 pada tanggal 13 November 1986. Sementara, untuk unit syariah juga telah mendapat izin dari otoritas terkait melalui surat keputusan nomor KEP-007/KM.10/2007 tertanggal 30 Januari 2007.

Parolamas meraih berbagai penghargaan bergengsi, adapun prestasi dan penghargaan yang ditorehkan oleh Parolamas meliputi: Best General Insurance untuk Kelompok Aset Rp50-100 Miliar; Best Syariah Awards 2018.

Kesehatan keuangan suatu perusahaan asuransi haruslah berdasar pada standardisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.

Mengacu kepada laporan keuangan 2018, PT Asuransi Parolamas membuktikan performa kinerja finansialnya sebagai berikut.

  • Rasio solvabilitas: 592 persen
  • Jumlah aset: Rp234,121 miliar
  • Jumlah ekuitas: Rp120,611 miliar

Dari data keuangan tersebut dapat disimpulkan bahwa perusahaan mampu melampaui ketetaan POJK. Hanya saja, efektif per bulan Maret 2020 Parolamas telah diakuisisi oleh Tokio Marine Asia Pte. Ltd.

 
 

Produk Asuransi Parolamas

Berkaitan dengan proses akuisisi perusahaan dengan Tokio Marine, daftar produk asuransi yang dihadirkan dapat dilihat pada laman Asuransi Tokio Marine.

 

Berita Terbaru Parolamas

Maret 2020 - Sesuai dengan persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PT Asuransi Parolamas konvensional kini diambil alih oleh PT Asuransi Tokio Marine Indonesia (TMI) efektif bulan Maret 2020. Sementara untuk unit syariah dikelola di bawah perusahaan PT Asuransi Jasindo Syariah (Jasindo Syariah) efektif bulan April 2020.

Februari 2018 - Lima perusahaan asuransi umum masuk dalam konsorsium asuransi pengangkutan impor beras oleh Perum Bulog yang jumlahnya sebanyak 281.000 ton. Lima perusahaan tersebut yakni PT Asuransi Parolamas, PT Asuransi Bintang Tbk., PT. Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur, PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero), dan PT Mandiri AXA General Insurance. Dengan perusahaan bertindak menjadi leader atau pimpinan konsorsium.

 

Tanya Jawab

Berikut ini adalah beberapa tips dan pertanyaan yang sering disampaikan oleh nasabah terkait Asuransi Parolamas:

Apa itu Asuransi Parolamas?

Parolamas merupakan perusahaan asuransi umum yang kini telah diambil alih oleh PT Asuransi Tokio Marine Indonesia untuk produk konvensional dan PT Asuransi Jasindo Syariah untuk unit syariah.

Bagaimana dengan nasib nasabahnya?

Sehubung dengan telah diresmikannya proses pengambilan alih perusahaan, maka nasabah asuransi umum konvensional Parolamas kini menjadi tanggung jawab PT Asuransi Tokio marine Indonesia dan nasabah unit syariah PT Asuransi Jasindo Syariah. 

Layanan dan Call Center Asuransi Parolamas

Layanan nasabah atau call center Parolamas dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Parolamas, dan sebagainya, silakan menghubungi kontak berikut.

  • Customer Care Centre: Pondok Indah Office Tower 2, 16th Floor Suite 1601, Kav. V-TA, Jakarta Selatan, 12310
  • Call Center:1500554
  • Email: [email protected] 
  • Faksimile: 021-80631388
  • Situs resmi: parolamas.co.id

Sumber dan referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.parolamas.co.id/
  • https://finansial.bisnis.com/read/20180201/215/732960/lima-perusahaan-masuk-konsorsium-asuransi-pengangkutan-impor-beras
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/ini-rencana-iag-setelah-membeli-asuransi-parolama
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan