Mencari Asuransi Terbaik?
Masukkan informasi diri dan sistem kami akan merekomendasikan polis terbaik sesuai dengan profil, kebutuhan, dan anggaranmu.

Asuransi Samsung Tugu

3.5 / 5.0 (5.661 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Samsung Tugu

PT Asuransi Samsung Tugu adalah perusahaan asuransi umum (kerugian) patungan Samsung Fire & Marine Co. Ltd. asal Korea Selatan dan PT Tugu Pratama Indonesia. Saat ini, perusahaan melayani pasar asuransi Indonesia dengan serangkaian produk jasa asuransi umum.

Produk yang ditawarkan Samsung Tugu di antaranya asuransi kendaraan bermotor, asuransi marine, dan asuransi non-marine. Keunggulan dari brand ini adalah pertanggungan produk asuransi kecelakaan diri yang lengkap, mulai dari santunan kematian dan cacat, biaya pemakaman, dan perawatan di rumah sakit.

Ringkasan

  • Polis Cargo menawarkan manfaat yang luas, yaitu menanggung risiko kerusakan kargo, kerugian karena bahaya laut dan bencana alam, terbuangnya barang tanpa sengaja, kerusakan paket saat bongkar muat, hingga masuknya air ke tempat penyimpanan barang.
  • Polis Engineering atau Asuransi Rekayasa tidak hanya memberikan ganti rugi akibat kerusakan fisik, tetapi juga tanggung jawab hukum pihak ketiga.
  • Kesehatan keuangan perusahaan dinilai baik jika dilihat dari rasio solvabilitas pada Laporan Keuangan 2018 sebesar 408 persen. Artinya, perusahaan mampu membayar utang jangka panjangnya sebesar 4 kali lipat yang berarti risiko gagal bayar klaim nasabah juga lebih rendah.

Sejarah Samsung Tugu

Samsung Fire & Marine Insurance merupakan perusahaan asuransi yang didirikan pada 26 Januari 1952 di bawah nama Korea Anbo Fire Marine Reinsurance. Sementara, PT Tugu Pratama Indonesia merupakan asuransi umum yang didirikan pada tahun 1981.

Sejak mulai beroperasi hingga kini, Samsung Tugu menawarkan aneka produk asuransi seperti asuransi cargo, asuransi kebakaran, asuransi rekayasa, asuransi kecelakaan diri, dan asuransi aneka. Dengan pengalaman dari masing-masing perusahaan, Samsung Tugu menjadi salah satu pilihan untuk berasuransi.

Asuransi Samsung Tugu terdaftar sebagai anggota Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Selain itu, perusahaan juga memiliki izin usaha berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan dengan nomor KEP-6/KMK.017/1997 tanggal 3 Januari 1997. Dalam operasionalnya, Asuransi Samsung Tugu terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Tahunan 2018 yang dirilis pada situs resmi Samsung Tugu. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan melihat kesehatan keuangan perusahaan asuransi.

  • Rasio solvabilitas: 408 persen
  • Jumlah aset: Rp897,776 miliar
  • Ekuitas: Rp269,821 miliar

Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan OJK (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas Samsung Tugu mencapai 408 persen pada tahun 2018 atau berada di atas ketentuan minimum yang ditetapkan regulator industri jasa keuangan. Rasio solvabilitas secara sederhana adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya.

 
 

Daftar Produk Asuransi Samsung Tugu

Dilansir dari laman produk pada situs resmi asuransi samsungtugu.com, berikut beberapa pilihan kategori produk asuransi yang disediakan oleh PT Asuransi Samsung Tugu.

1. Asuransi Kendaraan Bermotor (Motor Vehicle)

Pertanggungan yang diberikan Asuransi Kendaraan Bermotor Samsung Tugu terdiri atas jaminan risiko kerugian sebagian dan menyeluruh (comprehensive) dan kerugian total atau kehilangan (TLO). 

2. Asuransi Marine

Pertanggungan yang diberikan Asuransi Marine Samsung Tugu terdiri atas jaminan kerugian/kehilangan barang/aset yang diangkut. Manfaat yang ditawarkan di antaranya proteksi kargo dan aset kapal.

3. Asuransi Non Marine

Pertanggungan Asuransi Non Marine Samsung Tugu secara umum ditujukan bagi properti/aset hingga proyek dan peralatan pendukung dari berbagai risiko yang tercantum dalam buku polis. Manfaat yang ditawarkan di antaranya proteksi aset properti terhadap kebakaran, proteksi proyek, proteksi harta benda, sampai kecelakaan diri.

 

Daftar Polis Asuransi Samsung Tugu

Berikut adalah daftar polis asuransi yang ditawarkan oleh Samsung Tugu.

Asuransi Kendaraan Bermotor

Motor Vehicle Insurance

Produk asuransi yang memberikan penggantian biaya terhadap kerusakan kendaraan bermotor milik tertanggung.

  • Pertanggungan atas risiko kerugian/kerusakan sebagian (partial loss) dan keseluruhan (total loss) akibat semua risiko yang tidak dikecualikan dalam polis.
  • Pertanggungan atas risiko kerugian/kerusakan menyeluruh atau jika biaya perbaikan melebihi 75 persen.
  • Pertanggungan atas kehilangan kendaraan akibat pencurian.
  • Pertanggungan atas risiko-risiko berkendara seperti tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir dari jalan, terperosok, perbuatan jahat orang lain, hingga kebakaran dan sambaran petir.
Asuransi Marine

Cargo

Produk asuransi yang memberikan penggantian biaya terhadap risiko kerugian dalam proses pengiriman kargo.

  • Kerugian akibat kehilangan/kerusakan barang akibat kebakaran, ledakan, kapal terdampar/kandas/tenggelam/terbalik, alat angkutan darat terbalik atau keluar rel, pembongkaran muatan di pelabuhan darurat.
  • Kerugian umum yang ditanggung bersama, yaitu pembuangan sebagian atau seluruh barang ke laut dalam kondisi bahaya untuk menyelamatkan kapal.
  • Kerugian akibat gempa bumi dan letusan gunung berapi.
  • Kerugian akibat terbuangnya sebagian barang secara tidak sengaja (washing overboard).
  • Masuknya air laut/sungai/danau ke tempat penyimpanan barang.
  • Kerusakan total untuk setiap paket saat bongkar muat.
Asuransi Marine

Hull

Produk asuransi yang memberikan penggantian biaya terhadap risiko kerugian yang berhubungan dengan aset kapal.

  • Jaminan atas kerusakan/kerugian pada kapal akibat bahaya di laut, seperti cuaca buruk, tabrakan, kandas, terdampar, tenggelam, serta risiko kebakaran.
  • Tanggung jawab pihak ketiga akibat tabrakan kapal (collision liability).
  • Jaminan kontribusi kerugian umum.
Asuransi Non Marine

Fire Insurance (Asuransi Kebakaran)

Produk asuransi yang memberikan penggantian biaya terhadap risiko kebakaran pada aset properti tertanggung.

  • Menjamin kerugian atas kerusakan/kehilangan bangunan/tempat tinggal/pabrik beserta isinya dari risiko kebakaran, ledakan, kejatuhan pesawat, hingga asap.
  • Jaminan perlindungan bagi tertanggung atas kejadian yang sifatnya tidak terduga dan tidak dikecualikan dalam polis.
Asuransi Non Marine

Engineering (Asuransi Rekayasa)

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan biaya terhadap risiko kerugian dalam sebuah proyek konstruksi atau instalasi.

  • Jaminan finansial bagi pemilik/pelaksana proyek konstruksi atau instalasi.
  • Jaminan komprehensif atas kerugian/kerusakan mesin proyek atau instalasi.
  • Risiko pihak ketiga atas proyek yang sedang dibangun.
Asuransi Non Marine

Miscellaneous (Aneka)

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan biaya terhadap berbagai risiko yang tidak dicover oleh asuransi lainnya.

  • Jaminan atas tuntutan hukum pihak ketiga.
  • Jaminan atas pukulan langsung dalam turnamen golf (hole in one).
  • Jaminan atas risiko berkendara yang belum dijaminkan oleh asuransi kendaraan.
  • Jaminan comprehensive atas risiko kerusakan pemindahan barang.
Asuransi Non Marine

Personal Accident (Kecelakaan Diri)

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan biaya terhadap risiko kerugian akibat kecelakaan yang dialami oleh tertanggung.

  • Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan.
  • Santunan cacat total tetap akibat kecelakaan.
  • Penggantian biaya perawatan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lain.
  • Santunan biaya pemakaman.
  • Perlindungan selama jam kerja atau di luar jam kerja.
  • Perlindungan saat berolahraga.
 

Tanya Jawab

Asuransi Samsung Tugu adalah perusahaan asuransi yang didirikan pada tahun 1997. PT Samsung Tugu merupakan perusahaan asuransi patungan antara Samsung Fire & Marine Co., Ltd. dan PT Tugu Pratama Indonesia.

Berikut ini adalah Jajaran Manajemen Samsung Tugu.

Dewan Komisaris

Presiden Komisaris: Keun Young Park

Komisaris: Andy Samuel

Komisaris Independen: M Syamsudin Cholid

Komisaris Independen: Tubagus C Subhan

 

Dewan Direksi

President Direktur: Sung Sang Jun

Direktur Marketing: Chung Yoon Seok

Direktur Keuangan: Kim Tae Sik

Direktur Kepatuhan: Agus Trihananto

 

Penasihat Teknis: Teguh Haryono

 

Harga premi Asuransi Samsung Tugu ditetapkan berdasarkan aset yang akan dipertanggungkan dan polis yang dipilih. Untuk mengetahui harga premi Asuransi Samsung Tugu, Anda bisa mengunjungi laman resmi perusahaan atau langsung menghubungi perusahaan.

Membeli Asuransi Samsung Tugu secara online akan sangat praktis. Sebab, Anda tidak perlu mendatangi kantor cabang Samsung Tugu terdekat sekalipun. Untuk pembelian secara online, Anda dapat mengisi formulir yang tersedia di laman resmi atau menghubungi call center Samsung Tugu melalui nomor 80622000.

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan produk dan polis asuransi terbaik melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya membandingkan produk dari satu perusahaan asuransi, melainkan produk dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, Anda mendapatkan proteksi terbaik dan harga paling ringan.

Pembayaran premi Asuransi Samsung Tugu bergantung pada jenis polis asuransi yang Anda beli. Terdapat beberapa metode pembayaran yang bisa dipilih sesuai kenyamanan Anda. Berikut beberapa pilihan pembayaran Asuransi Samsung Tugu.

  • Autodebet kartu kredit atau debit.
  • ATM.
  • Transfer antarbank.
  • Teller bank.
  • Mobile banking.
  • Internet banking.
  • Setoran tunai.
  • Bilyet/giro.

Adapun cara klaim Asuransi Samsung Tugu cukup mudah. Meski tidak dijelaskan dalam laman resmi perusahaan, Anda bisa langsung menghubungi bagian khusus klaim Asuransi Samsung Tugu di nomor (021) 80622022 atau 081311111414.

Jika ingin berhenti menjadi nasabah Samsung Tugu atau menutup polis asuransi, Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini.

  • Mengajukan tutup polis kepada agen atau broker Asuransi Samsung Tugu yang menjual polis kepada Anda.
  • Datang langsung ke kantor cabang Samsung Tugu dan ajukan penutupan polis.
  • Datang ke kantor pusat Samsung Tugu.
  • Hubungi call center Samsung Tugu dan ajukan penutupan polis.

Setelah itu, Anda ikuti arahan proses penutupan polis dari pihak Asuransi Samsung Tugu seperti mengisi formulir dengan lengkap dan benar, mengembalikan buku polis, menyertakan fotokopi KTP, serta membayar kewajiban yang belum diselesaikan seperti pajak dan administrasi (jika ada).

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi yang bekerja untuk perusahaan asuransi, dalam hal ini Samsung Tugu. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara Samsung Tugu dengan calon nasabah.

Situs resmi perusahaan yaitu samsungtugu.com tidak menampilkan informasi seputar keagenan serta kantor cabang/pemasaran di daerah. Hubungi call center Samsung Tugu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keagenan di Samsung Tugu.

Lifepal adalah broker asuransi online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Meski begitu, calon nasabah bisa mendapatkan berbagai referensi produk asuransi terbaik di Indonesia dengan kemudahan berkonsultasi secara gratis di Lifepal.

Layanan nasabah atau call center Samsung Tugu dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim, dan sebagainya, silakan hubungi kontak berikut.

Call Center Samsung Tugu

  • Customer Care Centre: AIA Central Lantai 27, Jalan Jend Sudirman Kavling 48A, Jakarta 12930, Indonesia.
  • Samsung Tugu Call Center: (021) 80622000
  • Layanan Klaim: (021) 80622022 atau 081311111414
  • Faksimile: (021) 80622027
  • Situs resmi: samsungtugu.com

Samsung Tugu tidak menginformasikan sebaran kantor cabang/pemasaran di daerah di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kantor pusat yang beralamat di bawah ini.

Alamat Kantor Pusat Samsung Tugu

ASURANSI SAMSUNG TUGU

AIA Tower Lantai 27

Jalan Jenderal Sudirman Kavling 48A

Jakarta 12930, Indonesia.

Samsung Tugu Call Center: (021) 80622000

Layanan Klaim: (021) 80622022 atau 081311111414

Faksimile: (021) 80622027

Situs resmi: samsungtugu.co

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • Situs resmi https://www.samsungtugu.com/
Avatar
Penulis Hanifah Nurul Eks jurnalis bidang moneter, keuangan, dan gaya hidup yang memberikan pencerahan finansial lewat tulisan sederhana. Lihat profile penulis