Asuransi Taspen Life

4.0 / 5.0 (5.994 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Taspen Life

Taspen Life adalah perusahaan asuransi jiwa yang juga merupakan anak perusahaan dari PT Taspen (Persero). Taspen Life didirikan pada 26 Februari 2014 oleh PT Asuransi Jiwa Taspen dan dikenal sebagai salah satu asuransi spesialis employee benefit di Indonesia. Hal ini sejalan dengan bisnis utama induk perusahaannya di bidang serupa yang mengkhususkan kepada perlindungan untuk aparatur sipil negara (ASN) dan pejabat negara.

Jika Taspen (Persero) khusus melayani nasabah ASN dan pejabat negara, Taspen Life tidak demikian. Hal ini membuat Taspen Life cocok bagi nasabah individu yang menginginkan program asuransi pendidikan dan tabungan hari tua untuk pensiun.

Namun, ada baiknya mempertimbangkan brand perusahaan lain karena saat ini Taspen Life tengah bermasalah terkait investasi. Taspen Life sejak kuartal pertama 2018 tidak menerima kupon bunga dan denda obligasi sebesar Rp161,6 miliar. Ada potensi kesalahan investasi dalam persoalan yang terbongkar dari hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Bandingkan brand dan berbagai polis di Lifepal untuk menemukan yang terbaik!

Ringkasan

  • (+) Perusahaan Asuransi Taspen Life memiliki kantor cabang yang tersebar luas di wilayah Indonesia. 
  • (+) Perusahaan Asuransi Taspen Life memiliki rumah sakit yang tersebar luas di wilayah Indonesia. 
  • (+) Terdapat layanan aplikasi Taspen Otentikasi untuk memudahkan proses administrasi secara online.
  • (-) Tidak ada rekanan RS di luar negeri.

Sejarah Taspen Life 

Meski terbilang cukup baru dalam industri asuransi Indonesia, Taspen Life memiliki perusahaan induk, PT Taspen, yang telah beroperasi sejak 1963. Dengan pengalaman induk perusahaannya, Taspen Life dinilai konsisten dalam memberikan pelayanan asuransi jiwa kumpulan dan individu. Begitupun dengan pengelolaan keuangan perusahaan yang bisa disimak di pembahasan berikutnya mengenai statistik Taspen Life yang diambil dari laporan keuangan tahun 2018.

Taspen Life memiliki produk perlindungan yang cocok bagi nasabah umum yang memiliki perusahaan dan membutuhkan manfaat asuransi jiwa untuk karyawannya. Sebab, Taspen Life dikenal unggul melalui produk employee benefit-nya.

Sayangnya, dalam sebuah pemberitaan media online nasional, Taspen Life tengah dirundung masalah terkait investasi. Berdasarkan hasil audit BPK, Taspen Life berpotensi rugi atas investasi senilai Rp161,6 miliar sejak 2018.

Taspen Life terdaftar di Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Selain itu, Taspen Life memiliki izin usaha di bidang asuransi jiwa dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdasarkan surat keputusan nomor Kep-30/D.05/2014 tanggal 10 April 2014.

Taspen Life telah mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi dari dalam negeri. Berikut beberapa di antaranya: Top Life Insurance dengan Aset Rp1-3 Triliun, Top Insurance Award 2017; Top CEO Insurance 2017, Top Insurance Awards 2017; Top Life Insurance dengan Aset Rp1-3 Triliun, Top Insurance Awards 2017.

Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standardisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.

Mengacu kepada laporan keuangan 2018, PT Asuransi Jiwa Taspen membuktikan performa kinerja finansialnya sebagai berikut.

  • Rasio solvabilitas: 234,14 persen
  • Jumlah ekuitas: Rp405,793 miliar
  • Jumlah aset: Rp3,459,841 triliun

Dari data keuangan tersebut dapat disimpulkan bahwa dari segala aspek yang dijadikan indikator penentu kualitas keuangan perusahaan, PT Asuransi Jiwa Taspen termasuk perusahaan dengan kondisi finansial yang layak dijadikan pilihan prioritas bagi calon nasabah. Kondisi finansial yang kuat akan memberikan jaminan kepada kualitas produk dan pemenuhan kebutuhan klaim para nasabahnya hingga tuntas.

 
 

Daftar Produk Asuransi Taspen Life

Taspen Life berfokus pada produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi pendidikan bagi nasabah individu maupun kumpulan.

Berikut ini daftar produk yang tersedia di Taspen Life:

Kategori Individu

Dalam kategori individu ini terdapat tiga pilihan asuransi yaitu asuransi pendidikan, asuransi investasi, dan asuransi hari tua. Masing-masing memiliki polis yang bisa disesuaikan dengan kemampuan nasabah.

Kategori Kumpulan

Terdapat dua jenis asuransi dalam kategori kumpulan. Asuransi ini biasanya adalah proteksi kesehatan dan jiwa bagi karyawan suatu perusahaan.

Kategori Bancassurance

Produk asuransi yang khusus dijual di bank yang telah bekerja sama. Biasanya tidak hanya asuransi jiwa atau kesehatan, tetapi tersedia asuransi kredit yang melunasi pinjaman tertanggung apabila meninggal dunia atau mengalami cacat total tetap.

 

Daftar Polis Asuransi Taspen Life

Dilansir dari laman produk pada situs resmi taspenlife.com, berikut beberapa pilihan kategori produk asuransi yang disediakan oleh PT Asuransi Jiwa Taspen.

Asuransi Individu

TaspenLink Dana Prima

Polis asuransi jiwa plus investasi (unit link) untuk nasbah individu dengan kemudahan pembayaran premi tunggal (single premi).

  • Masa proteksi asuransi hingga usia 100 tahun.
  • Premi minimal Rp10 juta dan top up sekaligus Rp1 juta.
  • Pembayaran premi sekaligus dengan fleksibilitas pembayaran top up sistem autodebet.
  • Uang Pertanggungan (UP) tetap diberikan dengan nasabah masih hidup atau meninggal dunia setelah masa asuransi berakhir.
Asuransi Individu

TaspenLink Dana Sejahtera

Polis asuransi unit link untuk nasabah individu yang memberikan proteksi jiwa plus nilai investasi dengan pembayaran premi reguler (bulanan, per tiga bulan, semester, atau tahunan).

  • Masa proteksi asuransi hingga usia 100 tahun.
  • Premi minimal Rp300 ribu/bulan.
  • Pembayaran premi bisa setiap bulan/tiga bulan/semester/tahunan.
  • Uang Pertanggungan (UP) tetap diberikan dengan nasabah masih hidup atau meninggal dunia setelah masa asuransi berakhir.
Asuransi Individu

Taspen Proteksi Beasiswa

Program asuransi yang mempersiapkan dana pendidikan bagi anak sekaligus memberikan perlindungan jiwa bagi nasabah atau tertanggung utama.

  • Bebas premi dan santunan kematian jika orangtua meninggal dunia.
  • Proteksi jiwa dan kecelakaan bagi tertanggung (orangtua).
  • Pembayaran premi fleksibel (bulanan/semester/tahunan).
  • Dana tahapan pendidikan diberikan saat usia anak masuk SD, SMP, SMA, dan universitas dengan persentase 10-20 persen tergantung tahapan pendidikan.
  • Manfaat uang saku selama lima tahun setelah akhir masa pertanggungan sebesar 20% dari uang pertanggungan per tahun.
Asuransi Individu

Taspen Dwiguna Sejahtera

Program asuransi yang dirancang untuk memberikan perlindungan jiwa dan mempersiapkan kebutuhan nasabah menjelang usia pensiun dengan pilihan masa asuransi 5 tahun dan 10 tahun.

  • Santunan meninggal dunia karena kecelakaan.
  • Santunan meninggal dunia karena sakit/alami.
  • Pengembalian premi dan pengembangan pada akhir masa asuransi.
  • Premi tunggal.
  • Masa asuransi hanya 5 tahun atau 10 tahun.
Asuransi Individu

Taspen Smart Save

Polis asuransi jiwa yang dirancang tidak hanya memberikan manfaat proteksi jiwa namun juga memberikan saving solution bagi rencana keuangan masa depan nasabah atau keluarga.

  • Minimal premi Rp350 ribu/bulan.
  • Meninggal bukan kecelakaan sebesar minimal 50x dari premi bulanan.
  • Meninggal karena kecelakaan sebesar minimal 100x dari premi bulanan.
  • Akhir kontrak yaitu seluruh saldo nilai tunai yang terbentuk di tanggal berakhirnya kontrak asuransi.
Asuransi Kumpulan

Taspen Save

Produk asuransi yang memberikan manfaat perlindungan jiwa dan perencanaan hari tua karyawan yang dapat dimanfaatkan sebagai tabungan masa pensiun serta memberikan dana santunan apabila terjadi risiko pada peserta dalam masa asuransi.

  • UP meninggal bukan kecelakaan = 50x premi dasar.
  • UP meninggal kecelakaan = 100x premi dasar.
  • Bebas Medical atau perawatan di RS maksimal Rp100 juta.
Asuransi Kumpulan

Taspen Group Endowment

Program asuransi yang memberikan manfaat perlindungan jiwa dan perencanaan hari tua bagi karyawan perusahaan yang dapat dimanfaatkan sebagai tabungan masa pensiun.

  • Uang Pertanggungan: manfaat akhir kontrak sesuai dengan Tabel Manfaat UU Ketenagakerjaan No. 13/2003.
  • Bebas biaya perawatan kesehatan (sesuai yang didaftarkan secara kumpulan).
Asuransi Kumpulan

Taspen Group Whole Life

Program yang dirancang untuk memberikan perlindungan jiwa seumur hidup bagi karyawan perusahaan. Polis asuransi jiwa seumur hidup ini menjadi salah satu keunggulan Taspen Life karena tidak semua perusahaan asuransi jiwa memiliki produk tersebut.

  • Santunan dibayarkan sehubungan dengan peserta tetap hidup saat jatuh tempo atau meninggal dunia dalam masa asuransi.
Asuransi Kumpulan

Taspen Group Annuity

Program asuransi yang memberikan proteksi jiwa dan perencanaan hari tua karyawan dengan penerimaan manfaat asuransi peserta dilakukan secara bulanan.

  • Uang pertanggungan sebesar faktor koefisien yang ditetapkan dikalikan masa kerja dan penghasilan terakhir peserta.
Asuransi Kumpulan

Taspen Group Term Life

Program asuransi jiwa berjangka yang dirancang untuk karyawan dengan manfaat berupa santunan apabila peserta meninggal dunia karena sakit/alami atau kecelakaan dalam masa asuransi dan selanjutnya pertanggungan berakhir.

  • Santunan meninggal dunia bagi peserta yang meninggal dunia.
Asuransi Kumpulan

Taspen Group Personal Accident

Program asuransi yang memberikan perlindungan asuransi jiwa terhadap risiko kecelakaan dalam periode kerja maupun di luar jam kerja (24 jam penuh).

  • Proteksi dari kecelakaan selama 24 jam.
  • Biaya perawatan di rumah sakit baik rawat inap atau rawat jalan.
  • Biaya pembedahan akibat kecelakaan.
  • Santunan cacat total tetap akibat kecelakaan
  • Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan.
Bancassurance

Taspen Credit Life

Program asuransi yang dirancang secara khusus untuk melindungi perusahaan pemberi kredit terhadap risiko ketidaksanggupan debitur dalam melunasi sisa pinjaman apabila debitur meninggal dunia.

  • Masa asuransi paling lama 25 tahun atau telah mencapai usia 70 tahun pada saat akhir pertanggungan.
  • Besaran premi ditetapkan berdasarkan usia debitur, besarnya kredit, masa asuransi, dan kondisi kesehatan debitur.
  • Premi belum terpakai yaitu apabila debitur melunasi pinjaman lebih awal dari waktu yang diperjanjikan semula dalam perjanjian kredit, maka atas permintaan perusahaan pemberi kredit, Taspen Life akan mengembalikan premi yang belum terpakai dengan formula perhitungan yang telah ditetapkan.
  • Premi dibayarkan sekaligus (single premi).
  • Uang pertanggungan (UP) sebesar faktor koefisien yang ditetapkan dikalikan masa kerja dan penghasilan terakhir peserta.
Bancassurance

Taspen Eksekutif Endowment

Produk yang dirancang khusus bagi nasabah dari bank mitra Taspen Life yang ingin berinvestasi dengan tambahan proteksi jiwa.

  • Meninggal karena kecelakaan sebesar 120% dari premi dengan maksimal akumulasi UP kecelakaan Rp4 miliar.
  • Meninggal bukan kecelakaan sebesar Rp10 juta dengan maksimal akumulasi UP asuransi jiwa Rp100 juta.

Setelah Masa Periode Investasi:

  • Meninggal karena kecelakaan sebesar 120% dari premi dengan maksimal akumulasi UP kecelakaan Rp4 miliar.
  • Manfaat asuransi apabila meninggal bukan kecelakaan otomatis berakhir.
 

Berita Terbaru Taspen Life

Februari 2020 - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memeriksa kejanggalan transaksi PT Taspen (Persero) melalui anak usahanya PT Taspen Life atas kejanggalan transaksi pada Desember 2018. Audit yang selesai 3 bulan kemudian itu mencatat investasi bermasalah dimulai pada 25 Oktober 2017.

Taspen Life membeli surat utang (obligasi) jangka menengah Prioritas Raditya sebesar Rp150 miliar melalui KPD Emco. Surat utang bertenor tiga tahun itu jatuh tempo pada 22 Oktober 2020 dengan kupon sebesar 15 persen per tahun. setelah dikurangi pajak dan komisi, Taspen Life menerima 12 persen.

Sayangnya, pembayaran kupon pertama bermasalah pada periode kedua yang harusnya dibayar pada April 2018. Prioritas Raditya tidak membayar hingga total tagihan kupon dan denda mencapai Rp161,6 miliar.

Februari 2020 - PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) menargetkan 10 persen pendapatan premi perusahaan berasal dari kalangan milenial. Untuk mencapai target ini Taspen Life menyiapkan sejumlah program spesial. Salah satunya adalah Taspen Smartsave. Program ini adalah asuransi plus menabung dengan premi mulai Rp350 ribu dan hasilnya untuk pensiun bisa mendapatkan Rp400-500 juta.

Saat ini baru 5 persen milenial atau penduduk dengan kelahiran periode 1980-2000 yang menjadi nasabah Taspen Life. Milenial yang disasar oleh perseroan yakni mereka yang saat ini berusia 25 tahun sampai 30 tahun.

Dilansir melalui situs resminya, pertumbuhan premi Asuransi Taspen Life meningkat hingga 216,09 persen pada bulan September 2019, mencapai Rp1,17 triliun. Artinya meningkat hingga dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar Rp369 miliar. Adapun kenaikan premi disumbang oleh asuransi individu sebesar 300,45 persen dan asuransi kumpulan 204,45 persen dibandingkan tahun lalu.

 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Asuransi Taspen Life, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

PT Asuransi Jiwa Taspen atau Taspen Life adalah anak perusahaan PT TASPEN (Persero) yang didirikan pada 26 Februari 2014. Taspen Life hadir sebagai jawaban atas kebutuhan asuransi masyarakat umum.

Sekadar informasi, PT TASPEN hanya melayani asuransi bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan pejabat negara. Taspen Life juga telah memiliki izin usaha dari OJK melalui keputusan Nomor : Kep-30/D.05/2014.

Kepemilikan saham PT Asuransi Jiwa Taspen sebesar 99,97% dipegang oleh PT TASPEN (Persero) sebagai induk perusahaan, dan 0,03% saham milik Koperasi Karyawan Taspen Jakarta.

Produk pertama yang dirilis Taspen Life adalah asuransi jiwa kumpulan yang memiliki manfaat dalam hal program kesejahteraan karyawan dan asuransi jiwa kredit. Seiring dengan pertumbuhan perusahaan dan meningkatnya permintaan atas produk asuransi Taspen Life, kini produk yang ditawarkan untuk masyarakat semakin beragam dengan menghadirkan program asuransi jiwa individu seperti pendidikan, investasi dan tabungan hari tua.

Pada kuartal III-2019, total aset Taspen Life tumbuh 26,35% atau Rp4,37 triliun dari Rp3,46 triliun pada 2018. Pertumbuhan total aset sebagian besar bersumber dari pertumbuhan aset investasi 34,06% dari Rp3,14 triliun pada 2018 menjadi Rp4,21 triliun pada 2019.

Taspen Life terus meningkatkan kinerjanya dari segala sisi termasuk dalam melakukan penetrasi pasar. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah polis/peserta pada September 2019 sebesar 8,18% atau sebanyak 606.618 polis/peserta dari periode sebelumnya 560.758 polis /peserta.

Asuransi Kematian Taspen adalah santunan atau uang pertanggungan yang diberikan kepada ahli waris/keluarga ketika peserta meninggal dunia. Besaran nominal disesuaikan dengan golongan PNS atau pejabat negara.

Sementara, pada Taspen Life yang bisa dimiliki masyarakat umum, UP meninggal dunia sesuai yang tercantum dalam polis dan premi yang dibayarkan setiap periodenya.

Berdasarkan berita terbaru pada Januari 2020, Taspen Life tidak bangkrut atau bermasalah. Ombudsman Republik Indonesia (Ombudsman) menyatakan saat ini tengah mengawasi penyelenggaraan pelayanan oleh PT Taspen (Persero), atau induk perusahaan Taspen Life.

Komisioner Ombudsman RI Ahmad Alamsyah Saragih mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan, pihaknya menemukan pertumbuhan investasi saham Taspen minus 23 persen selama dua tahun berturut-turut hingga 2018. Meskipun investasi saham tersebut hampir seluruhnya ditempatkan di saham-saham yang masuk dalam kategori IDX80.

Ahmad pun menilai penempatan investasi saham Taspen masih lebih konservatif jika dibandingkan dengan dua perusahaan asuransi pelat merah lain yang sedang jadi sorotan, yaitu PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Asabri (Persero). Selain itu, dirinya juga meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk segera membuat peta jalan serta regulasi investasi untuk industri asuransi.

Asuransi Jiwa Taspen Life adalah produk asuransi jiwa yang ditawarkan Taspen Life, anak perusahaan PT Taspen (Persero). Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang memberikan jaminan berupa santunan uang pertanggungan (UP) jika nasabah meninggal dunia.

Taspen Life memiliki beberapa jenis asuransi jiwa yaitu asuransi jiwa murni, asuransi jiwa dan tabungan (endowment), serta asuransi jiwa dan investasi (unit link). Asuransi Jiwa Taspen Life ditujukan bagi nasabah individu, kumpulan (karyawan), dan nasabah bank yang mengambil pinjaman.

Program Tabungan Hari Tua atau THT pada induk perusahaan Taspen Life, PT Taspen (Persero), bernama Asuransi Dwiguna. Polis ini terdiri atas asuransi jiwa dan dana pensiun.

Asuransi Dwiguna memberikan jaminan keuangan kepada pensiun PNS atau pejabat negara yang telah berhenti bekerja akibat pensiun dan kepada ahli waris jika meninggal sebelum memasuki usia pensiun.

Iuran yang harus dilunasi tiap bulan sejumlah penghasilan bulanan (gaji pegawai+tunjangan keluarga) x 3,25%. Peserta juga wajib memberikan data pribadi dan keluarga serta melaporkan jika ada perubahan gaji atau mengalami perubahan pangkat/golongan.

Taspen Proteksi Beasiswa adalah produk yang khusus dirancang untuk memberikan perlindungan jiwa bagi para orangtua dan perencanaan dana pendidikan untuk anak tertanggung.

  • Syarat dan Ketentuan usia peserta 18-60 tahun. Usia anak 0-13 tahun.
  • Masa Asuransi: hingga anak berusia 23 tahun.
  • Premi minimal Rp350 ribu/bulan atau minimal Rp10 juta (single premi).
  • Pembayaran premi: bulanan, triwulanan, semesteran, tahunan, atau sekaligus.
  • Manfaat: Dana pendidikan bertahap sesuai jenjang pendidikan, uang saku untuk kuliah selama 5 tahun.
  • Total manfaat dana pendidikan yang diterima hingga 210% dari UP.
  • UP 100% atau sesuai yang tercantum dalam polis.

Taspen Save adalah produk asuransi jiwa individu yang memberikan proteksi finansial atas risiko meninggal dunia, kecelakaan, serta manfaat pensiun. Manfaat atau pertanggungannya antara lain:

  • Proteksi jiwa dengan santunan meninggal dunia.
  • Proteksi kecelakaan dengan santunan meninggal dunia karena kecelakaan.
  • Pembayaran fleksibel.
  • Top-up reguler dan sekaligus.
  • Pengembangan dana lebih baik dari tabungan untuk masa pensiun.

Program Taspen Life cukup lengkap bagi nasabah individu dan kumpulan. Tersedia program asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi jiwa plus tabungan, asuransi jiwa plus investasi, asuransi pendidikan, hingga asuransi kecelakaan diri.

Semua produk asuransi yang tersedia bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah individu ataupun perusahaan.

Aplikasi Taspen Life adalah My Taspen Life yaitu aplikasi yang bisa diunduh di Appstore. Direktur Utama Taspen Life Maryoso Sumaryono menyatakan sejak Januari 2018 lalu perusahaan menyiapkan aplikasi karena menyadari bahwa ke depan, entry point produk asuransi berada di sana.

Kehadiran aplikasi ini sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat terutama generasi milenial yang serbadigital. Melalui aplikasi ini proses underwriting hingga klaim bisa dilakukan via aplikasi.

Nasabah melalui gawai android bisa daftar dan proses pembelian polis bisa lebih sederhana dan cepat. Jika cetak polis memerlukan 14-15 hari, lewat aplikasi bisa dilakukan dalam hitungan menit.

Syarat Taspen Life adalah dokumen dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk membeli polis asuransi Taspen Life. Syarat ini disesuaikan dengan polis yang akan dibeli. Namun, rata-rata terkait usia nasabah yaitu 18 tahun. Sedangkan untuk usia nasabah anak 0-13 tahun.

Untuk mengecek Taspen Life bisa dilakukan dengan berbagai cara. Menghubungi call center, atau membuka aplikasi My Taspen Life adalah beberapa pilihan terbaik bagi nasabah untuk cek Taspen Life, terutama untuk klaim.

Berikut ini beberapa manfaat Taspen Life yang bisa kamu pertimbangkan:

  • Melindungi ahli waris karena asuransi jiwa Taspen Life menjaga keluarga dan orang yang dicintai dari risiko kerugian secara finansial.
  • Mencegah kerugian besar akibat kecelakaan. Contohnya adalah cacat total tetap yang membuat nasabah tidak lagi bisa mendapatkan penghasilan tetap dalam waktu lama.
  • Mendapatkan jaminan biaya perawatan baik rawat jalan, rawat inap, atau pembedahan karena kecelakaan atau sakit.
  • Mendapatkan perasaan aman karena jika terjadi musibah sudah memiliki jaminan biaya atau santunan meninggal dunia bagi ahli waris atau keluarga yang ditinggalkan.
  • Pengelolaan keuangan terbaik karena asuransi membuat nasabah tidak perlu mengambil tabungan atau mencairkan investasi saat terjadi musibah.

Perhitungan Taspen Life bertujuan mengetahui harga premi dan manfaat (nominal) yang akan diterima. Berikut ini beberapa perhitungan dari polis Taspen Life:

  • Taspen Save:  meninggal sebab alami = 50X premi dasar, meninggal kecelakaan = 100X premi dasar.
  • Premi Taspen Group Endowment: % x GDA atau disesuaikan dengan memperhitungkan asumsi kenaikan gaji/tahun.
  • Taspen Group Annuity: ditetapkan dari besarnya UP, usia, masa asuransi, masa iuran sampai akhir asuransi, masa iuran sampai dengan valuasi dan skala kenaikan gaji per tahun.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh pemegang polis.

Adapun metode penggantian biaya asuransi yang disediakan oleh Taspen Life sebagai berikut:

  • Reimbursement. Penggantian biaya asuransi dengan cara reimbursement yaitu mengganti biaya perawatan medis di rumah sakit/fasilitas kesehatan yang dibayarkan terlebih dahulu oleh peserta. Metode ini dilakukan jika peserta asuransi atau tertanggung menjalani perawatan di rumah sakit yang bukan rekanan Taspen Life.
  • Cashless. Metode ini dilakukan di rumah sakit rekanan Taspen Life dengan menunjukkan kartu kepesertaan, sehingga tertanggung tidak perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu kecuali terdapat kelebihan biaya dari yang tercantum dalam buku polis.
  • Santunan tunai. Metode ini diberikan kepada ahli waris tertanggung yang meninggal dunia.
  • Santunan cacat total tetap. Metode ini diberikan kepada tertanggung atau peserta yang mengalami cacat total tetap akibat kecelakaan.
  • Santunan pendidikan. Santunan pendidikan diberikan kepada ahli waris/keluarga untuk biaya pendidikan anak yang diberikan bertahap dengan persentase sesuai jenjang pendidikan anak. Santunan pendidikan disertai uang saku untuk jenjang universitas selama lima tahun.
  • Pembebasan biaya premi. Metode ini memberikan ahli waris/keluarga yang terdaftar sebagai tertanggung bebas premi seumur hidup/sesuai yang tercantum dalam polis akibat peserta asuransi/tertanggung utama meninggal dunia.

My Taspen Life adalah salah satu cara untuk mendapatkan Taspen Life. Membeli asuransi Taspen Life secara online bisa dilakukan dengan cara mengunduh dan mengisi formulir pendaftaran. Bagi kamu yang ingin membeli asuransi Taspen Life kategori kumpulan bisa mengunduh formulir pendaftaran peserta dan pemotongan gaji.

Bagi kamu yang ingin membeli asuransi jiwa individu juga bisa mengunduh formulir. Selain itu, nasabah juga bisa menghubungi atau mendatangi kantor pusat atau pemasaran/cabang terdekat di kota kamu.

Atau, jika ingin lebih berimbang, kamu dapat membandingkan produk dan polis asuransi terbaik melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, nasabah tidak hanya membandingkan produk dari satu perusahaan asuransi, melainkan produk dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, kamu mendapatkan proteksi terbaik dan harga paling ringan.

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.

Terkait dengan pemasaran melalui sistem keagenan, Taspen Life menginformasikan melalui situs web taspenlife.com bahwa terdapat tiga kantor pemasaran yang masing-masing membawahi beberapa agen, yaitu:

  • KP Jakarta – 9 agen resmi.
  • KP Denpasar – 10 agen resmi.
  • KP Semarang – 9 agen resmi.

Informasi selengkapnya mengenai sistem pemasaran Taspen Life bisa didapatkan dengan menghubungi call center (021) 579 33306.

Selain melalui agen, calon nasabah bisa mendapatkan proteksi asuransi melalui peran broker asuransi. Lifepal sebagai broker asuransi online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat memberikan bantuan mendapatkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran..

Harga premi asuransi Taspen Life didasarkan pada profil calon nasabah dan produk asuransi yang ditawarkan. Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Dilansir dari laman situs resmi Taspen Life, berikut harga premi masing-masing produk asuransi Taspen Life:

  1. Premi Asuransi Jiwa Individu Taspen Life
  • Taspen Save: mulai Rp100 ribu/bulan.
  • Taspen Dwiguna Sejahtera: minimal premi dasar Rp10 juta, minimal premi top-up Rp40 juta.
  • Taspen Proteksi Beasiswa: tergantung profil calon peserta dan masa pertanggungan (N/A).
  1. Premi Asuransi Jiwa Kumpulan Taspen Life
  • Taspen Group Endowment: N/A.
  • Taspen Group Whole Life: N/A.
  • Taspen Group Annuity: N/A.
  • Taspen Credit Life: N/A.
  • Taspen Group Term Life: N/A.
  • Taspen Group Personal Accident: N/A.

Metode pembayaran premi asuransi Taspen Life disesuaikan dengan polis asuransi yang dimiliki. Terdapat beberapa metode pembayaran yang dibagi menjadi dua kategori berdasarkan produk asuransi Taspen Life yaitu Asuransi Jiwa Individu dan Asuransi Jiwa Kumpulan.

  1. Pembayaran Asuransi Jiwa Individu Taspen Life
  • Transfer ATM.
  • Autodebet kartu kredit atau kartu debit.
  • Mobile banking.
  • Internet banking.
  • Melalui teller bank.
  1. Pembayaran Asuransi Jiwa Kumpulan Taspen Life
  • Transfer ATM.
  • Autodebet kartu kredit atau kartu debit.
  • Mobile banking.
  • Internet banking.
  • Melalui teller bank.
  • Bilyet dan giro.
  • Atau disesuaikan dengan kesepakatan bersama antara Taspen Life dengan perusahaan.

Nasabah bisa melakukan cek saldo Taspen Life lewat My Taspen Life. Aplikasi ini memudahkan administrasi secara online dengan fitur yang tersedia dan siap digunakan:

  • Profil Taspen LIFE
  • Produk yang dikelola oleh Taspen LIFE
  • Pendaftaran Login
  • Registrasi Kepesertaan
  • Individual Account Statement
  • Referral System
  • Simulasi Produk

Selain itu terdapat fitur dalam proses pengembangan antara lain:

  • Top Up Premi

Bagi nasabah Asuransi Kumpulan (Karyawan) Taspen Life langsung menghubungi Taspen Life (021) 57933306

Bagi nasabah individu bisa melakukan klaim dengan melengkapi dokumen yang dibutuhkan serta langkah-langkahnya sebagai berikut:

Klaim meninggal dunia

Dokumen yang diperlukan untuk klaim meninggal dunia oleh ahli waris/keluarga:

  • Polis asli
  • Formulir klaim meninggal dunia asli diisi dengan jelas, benar dan lengkap.
  • Surat Keterangan Kematian dari pemerintah setempat minimal kelurahan
  • Surat Keterangan Dokter (SKD) untuk klaim meninggal asli dan diberi cap oleh Rumah Sakit.
  • Salinan catatan media atau resume medis tertanggung.
  • Salinan seluruh hasil pemeriksaan medis yang telah dilakukan seperti hasil pemeriksaan laboratorium dan radiologi.
  • Salinan Kartu Identitas Diri Tertanggung. Pemegang Polis dan ahli waris yang masih berlaku (KTP / SIM / Paspor), termasuk Surat Perubahan Nama jika pernah dilakukan.
  • Surat Berita Acara Kepolisian jika meninggal karena kecelakaan.
  • Dokumen lain yang dianggap perlu oleh Taspen Life.
  • Bukti identitas ahli waris yang berhak menerima Uang Pertanggungan.

Langkah-langkah klaim meninggal dunia:

  1. Ahli waris atau keluarga mengajukan klaim dengan cara mengisi formulir dan membawa kelengkapan dokumen klaim melalui:
  • Kurir Ekspedisi atau POS ke alamat kantor pusat PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspenlife);
  • Datang langsung ke kantor pusat PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspenlife) atau kantor cabang PT Taspen (Persero).
  1. Taspen Life menerima dan memeriksa formulir serta dokumen klaim.
  2. Nasabah menerima pemberitahuan keputusan klaim melalui:
  • Klaim diterima: SMS
  • Klaim ditunda: Telepon atau E-mail
  • Klaim ditolak: E-mail atau Surat Resmi dari PT Asuransi Jiwa Taspen
  • Jika klaim diterima, pembayaran akan ditransaksikan melalui rekening aktif milik beneficiary atau penerima manfaat.

Klaim manfaat tahapan dan maturity:

  • Dana manfaat tahapan untuk produk Taspen Proteksi Beasiswa (TPB) akan ditransaksikan langsung kepada rekening pemegang polis/ penerima manfaat setiap tanggal 5 Mei pada tahun yang tertera sesuai dalam tabel manfaat pada polis asuransi.
  • Dana nilai tunai untuk produk Taspen Dwiguna Sejahtera (TDS) akan ditransaksikan langsung kepada rekening pemegang polis/ penerima manfaat setiap tanggal 15 pada bulan dan tahun berkenaan sesuai tanggal jatuh tempo (due date) polis asuransi.

Formulir yang diunduh di situs Taspen Life:

  • Surat Permintaan Pembayaran (TL.01)
  • Klaim untuk Akhir Kontrak, Meninggal Dunia dan Keluar/Sebab-sebab Lain
  • Surat Permohonan Mutasi (TL.02)
  • Mutasi Kantor Bayar, No. Rekening dan Alamat (MGD)
  • Kutipan Perincian Penerimaan Gaji (KPPG) (TL.03)
  • Lampiran Form SPP Klaim Meninggal Dunia (Aktif)
  • Keterangan Ahli Waris (TL.04)
  • Lampiran Form SPP Klaim Meninggal Dunia (Aktif)
  • Surat Keterangan Kuasa dari Ahli Waris (TL.05)
  • Lampiran Form SPP Klaim Meninggal Dunia Ahli Waris yang berhak lebih dari 1 (satu) orang

E Klim merupakan fitur klaim online dari PT Taspen (Persero), induk perusahaan Taspen Life. Bagi nasabah Taspen Life yang ingin klaim secara online bisa dilakukan lewat aplikasi My Taspen Life.

Rekanan rumah sakit Taspen Life tersebar luas di Indonesia dan umumnya serupa dengan rekanan rumah sakit yang dimiliki induk perusahaan, yaitu PT Taspen. Berikut ini sejumlah rumah sakit rekanan perusahaan asuransi Taspen Life.

Jabodetabek

  • RS Islam Jakarta: Jalan Cempaka Putih Tengah I/1 Jakarta
  • RSPAD Gatot Soebroto: Jalan Dr. Abdul Rachman Saleh No.24 Jakarta
  • RS Cijantung Kesdam Jaya: Jalan Mahoni Cijantung II Pasar Rebo, Jakarta
  • RSUD Kota Bogor: Jalan Dr. Sumeru No.20 Bogor
  • RS Hermina Mekarsari: Jalan Raya Cileungsi Jonggol Km.1
  • RS Paru Dr. M Goenawan Partowidigdo: JalanRaya Puncak KM.83
  • RS Bhakti Yudha Depok: Jalan Raya Sawangan No.2A Sawangan
  • RSUD Depok: Jalan Raya Muchtar No.99 Sawangan
  • RSUD Cibinong: Jalan KSR Dadi Kusmayadi No.27
  • RS Bhakti Asih: Jalan  RDN Saleh No.10 Tangerang
  • RS Mulya: Jl .KH.Hasyim Ashari
  • RS Hermina Ciputat: JalanKertamukti No.2 Cireundeu
  • RS Sentra Medika Cikarang: Jalan Industri Pasir Gombong Cikarang
  • RSUD Kota Bekasi: Jalan Pramuka No.55 Kota Bekasi
  • RS Siloam Lippo Cikarang: Jalan HM Thamrin Kav.1 Lippo Cikarang

Jawa Barat

  • RS Khusus Bedah Halmahera Siaga: Jalan LL RE Martadinata No.28 Bandung
  • RSUD Cibabat: JalanJendral H Amir Machmud No.140 Bandung
  • Pusat Mata Nasional RS Mata Cicendo: Jln.Cicendo No.4
  • RS Singaparna Medika Citra Utama: Jalan Rancamaya Singaparna Tasikmalaya
  • RS Jasa Kartini Tasikmalaya: Jalan Otto Iskandardinata No.15
  • RSUD Ciamis: Jalan Rumah Sakit No.76 Ciamis
  • RSUD Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya: Jalan Rumah Sakit No.33 Kota Tasikmalaya 
  • RS Pelabuhan Cirebon: Jalan Sisimangaraja No.45 Cirebon

Jawa Tengah

  • RSUD Tugurejo Kota Semarang: Jalan Raya Tugurejo
  • RSUD Kab. Temanggung: Jalan Gajah Mada IA, Temanggung
  • RSUD Dr. R Soetijono Blora: Jalan Dr. Sutomo No.42, Kab. Blora
  • RSUD Ambarawa: Jalan Kartini No.101 Ambarawa
  • RSUD Kota Salatiga: Jalan Osamaliki No.19 Salatiga
  • RSUD Kota Semarang: Jalan Fatmawati No.1 Semarang
  • RSUD Dr Soetrasno: Jl Pahlawan No.16 Rembang
  • RSUP Dr Kariadi: Jl Dr Sutomo No.16 Semarang
  • RSU Elisabeth Semarang: Jalan Kawi, Kota Semarang
  • RSUD Muntilan Kab Magelang: Jalan Kartini No 13 Muntilan.

Jawa Timur

  • RSU Wali Songo 1: Jalan Raya Balongpanggang-mojokerto Km 4
  • RS PT Pelindo Husada Citra (PHC): Jalan Prapat Kurung Selatan No.1
  • RSUD Kabupaten Jombang: Jalan Wahid Hasyim No.52
  • RSI Sakinah Mojokerto: Jalan RA Basuni No.12 Mojokerto
  • RSUD Bangil Pasuruan: Jalan Raya Raci Bangil, Kab Pasuruan
  • RSUD Waluyo Jati Kraksaan: Jalan Dr. Sutomo No.01 Kandangjati
  • RSUD Lawang Kab. Malang: Jalan Kartini No.5 Lawang Kab. Malang 35
  • RSU Dr. Saiful Anwar Malang: Jalan Jaksa Agung Suprapto No.2
  • RSUD Dr. R Soedarsono: Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo No.1 Pasuruan
  • RSUD Dr. Soedomo: Jalan Dr. Soetomo No. 2 Trenggalek
  • RS Bhayangkara Kediri: Jalan Kombes Duryat No.17 Kediri
  • RS Ngudi Waluyo Wlingi: Jalan Dr. Sucipto Wlingi
  • RS Baptis: Jalan Brigjen Pol IBH Pranoto 1-7 Kediri

Sumatera

  • RS Teungku Fakinah: Jalan Jendral Sudirman No.27-29 Banda Aceh
  • RSUD Cut Nyak Dhien: Jalan Gajah Mada, Meulaboh, Aceh Barat
  • RSUD Kota Sabang: Jalan Teuku Umar No.21 Kota Atas, Aceh
  • RS Murni Teguh Memorial Hospital: Jalan Jawa No.2 Medan
  • RS TK II Putri Hijau Kesda: Jalan Putri Hijau No.17 Medan
  • RSUD Muara Labuh: Jl Raya Muara Labuh Km 1, Kec Sungai Pagu, Solok Selatan, Padang.
  • RSUD Solok: Jalan Simp. Rumbio, Solok
  • RSUD Dr. M. Zein: Jalan Painan IV Jurai, Pesisir Selatan.
  • RS Urip Sumoharjo: Jalan Urip Sumoharjo No.200 Way Halim, Bandar Lampung
  • RSUD Arga Makmur: Jalan Siti Khadijah No.08 Arga Makmur, Bengkulu Utara
  • RSUD Oku Timur: Jalan Raya Rasuan No.1 Ogan Komering Ulu Timur, Sumsel.
  • RSUD Palembang Bari: Jalan Panca Usaha No.1 Kel. Lima Ulu
  • RS Islam Siti Khadijah: Jalan Demang Lebar Daun Lorok Pakjo, Palembang

Kalimantan

  • RSUD Dr. H. Andi Abdurrahman Noor: Jalan Raya H.M Amin KM.10 Tanah Bumbu, Banjarmasin
  • RS Sari Mulia: Jalan Pangeran Antasari No.139 Sungai Baru, Banjarmasin
  • RS Islam Banjarmasin: Jalan Letjen S Parman Gang Purnama No.88, Pasar Lama, Banjarmasin
  • RSUD Penajam Paser Utara: Jalan Provinsi Km. 9 Penajam Paser, Samarinda
  • RSUD Panglima Sebaya: Jalan Kesuma Ban GSA KM.5 Tana Paser. Samarinda
  • RSUD A Wahab Sjahranie: Jalan Dr.Soetomo, Samarinda
  • RSUD Jaraga Sasameh: Jalan Pati Anom No.6 Buntok, Palangkaraya
  • RSUD Tamiang Layang: Jalan Nansarunai No.62 Tamiang Layang, Palangkaraya
  • RS Awal Bros Betang Pambelum: JalanTjilik Riwut Km 6,5, Palangkaraya
  • RSUD Dr.Rubini Mempawah: Jalan Raden Kusno No.1 Mempawah, Pontianak
  • RSUD Landak: JalanRaya Ngabang-Sanggau No.109, Pontianak
  • RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie: Jalan Kom.Yos Sudarso, Pontianak

Sulawesi

  • RSUD HM Anwar Makkatu: Jalan Teratai No.20 Bataeng, Makassar
  • RSUD Nene Mallomo Sidrap: Jalan Wolter Monginsidi No.234 Makassar
  • RSUD Kota Bitung: Jalan SH Sarun Dayang Kel.Manembo, Manado
  • RSU Pancaran Kasih Manado: Jalan Sam Ratulangi No.XIII Manado
  • RSUD Kota Kendari: Jalan Brigjen ZA Sugianto No.39
  • RSUD Kab. Muna: Jalan Sultan Hasanuddin No.6 Kendari
  • RSUD Kab. Muna Barat: Jalan Poros Lagadi-Tondasi KM.25 Kendari

Bali, Nusa Tenggara, dan Indonesia Timur

  • RSUD Wangaya: Jl Ra Kartini No.133 Denpasar
  • RSUD Negara: Jl Wijaya Kusuma No.17 Denpasar
  • RSU Bangli: Jalan Brigjen Ngurah Rai No.99X Denpasar
  • RS Bhayangkara Mataram: Jalan Langko No.64, Pejeruk, Ampenan, Kota Mataram
  • RSUD Provinsi NTB: Jalan Prabu Rangkasari, Dasan Cermen, Kota Mataram
  • RSI Yatofa: Jalan Raya Praya-Mantang No.7, Kab. Lombok Tengah
  • RSUD Waikabubak: Jalan Adhyaksa KM 3 Waikabubak
  • RSUD Waingapu: Jalan Adam Malik No.54 Waingapu Kupang
  • RS Karitas: Jln. Bulgur No.1 Weetebula, Kupang
  • RS Bergerak: Jalan Lintas Waihibur, Desa Umbu Mami
  • RSUD Karel Sadsuitubun: Jalan Merdeka Raya No.3 Langgur Malut
  • RSUD Maren Kota Tual: Desa Dullah, Ambon
  • RSU Piru Kab. Seram Bagian Barat: Jalan Arteri Piru Seram Bagian Barat, Papua
  • RS TK II Marthen Indey: Jalan Diponegoro No.57 Jayapura

Layanan nasabah atau call center Taspen Life dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Taspen Life, dan sebagainya, silakan menghubungi kontak berikut.

Taspen Life tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Hingga tahun 2018, Taspen Life memiliki kantor pusat di Jakarta, 55 kantor cabang di berbagai kota di Indonesia, serta 11 kantor pemasaran. Berikut ini beberapa lokasi Taspen Life di Indonesia.

Alamat Kantor Pusat Taspen Life

PT ASURANSI JIWA TASPEN

Menara Taspen lantai 11, 

Jalan Jend. Sudirman KAV. 2, 

Jakarta 10220, Indonesia

Telp: (021) 57933306

Faks: (021) 57933269

Email: [email protected]

www.taspenlife.com

Kantor Pemasaran Taspen Life

  • Taspen Life Denpasar: Jalan Raya Puputan Niti Mandala Renon No.21 Denpasar, Bali. Telp: (0361) 4457854
  • Taspen Life Medan: Jalan H Adam Malik No.64 Silalas, Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara. Telp: (061) 80088683
  • Taspen Life Bandung: Jalan PHH Mustofa No.78 Bandung, Jawa Barat. Telp: (022) 20531545
  • Taspen Life Palembang: Jalan Jendral Sudirman No 732, Pahlawan Kemuning, Palembang, Sumatera Selatan. Telp: (0711) 313889
  • Taspen Life Makassar: Jalan Botolempangan No.27, Makassar. Telp: (0411) 8942336
  • Taspen Life Semarang: Jalan Mataram No.892-894, Peterongan, Semarang. Telp: (024) 76585187
  • Taspen Life Surabaya: Jalan Diponegoro No.193 Surabaya, Jawa Timur. Telp: (031) 99535323
  • Taspen Life Pontianak: Jalan Jenderal Ahmad Yani, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak. Telp: (0561) 731192
  • Taspen Life Palangkaraya: Jalan Cilik Riwut KM.3 Palangkaraya
  • Taspen Life Pematang Siantar: Jalan Sisingamangaraja No.98 Pematang Siantar. Telp: (0622) 21996  

Kantor Cabang Taspen Life:

  • Kantor Cabang Taspen Life Palembang: Jalan Jend Sudirman KM 4,5 No.732 Palembang.
  • Kantor Cabang Taspen Life Bandar Lampung: Jalan Drs. Warsito No. 3, Teluk Betung, Bandar Lampung.
  • Kantor Cabang Taspen Life Serang: Jalan KH Abdul Fatah Hasan No.80 Serang. Telp: (0254) 202106
  • Kantor Cabang Taspen Life Banjarmasin: Jalan Jend Achmad Yani KM 3,5 No.10 Banjarmasin. Telp: (0511) 3256003.
  • Kantor Cabang Taspen Life Bengkulu: Jalan Pangeran Natadirja No. 65 KM 7 Bengkulu. Telp: (0736) 25282
  • Kantor Cabang Taspen Life Padang: Jalan Jend Sudirman No.63 Padang. Telp: (0751) 31152
  • Kantor Cabang Pekanbaru: Jalan Jend Sudirman No.317 Pekanbaru. Telp: (0761) 23531
  • Kantor Cabang Taspen Life Jambi: Jalan Slamet Riyadi-Broni Jambi. Telp: (0741) 64520
  • Kantor Cabang Taspen Life Tanjung Pinang: Jl Ir. Sutami No.322 Tanjung Pinang. Telp: (0717) 312600
  • Kantor Cabang Taspen Life Tasikmalaya: Jl Ir. H. Juanda Bypass Tasikmalaya. Telp: (0265) 320255
  • Kantor Cabang Taspen Life Cirebon: Jalan Dr. Wahidin Soedirohoesodo No.12 Cirebon. Telp: (0231) 233326
  • Kantor Cabang Taspen Life Kendari: Jalan Mayjend Sutoyo No.55 Kendari. Telp: (0401) 3123475
  • Kantor Cabang Taspen Life Ambon: Jalan Tulukabessy Mardika Ambon. Telp: (0911) 312719
  • Kantor Cabang Taspen Life Jayapura: Jalan Raya Abepura No.100 Jayapura. Telp (0967) 582778
  • Kantor Cabang Taspen Life Gorontalo: Jalan Raden Saleh Gorontalo. Telp: (0435) 827984
  • Kantor Cabang Taspen Life Ternate: Jalan Raya Mangga Dua Ternate. Telp: (0921) 3110972
  • Kantor Cabang Taspen Life Mamuju: Jl Jend A Yani No.8 Sulawesi Barat. Telp: (0426) 21856
  • Kantor Cabang Taspen Life Manokwari: Jalan Jugaharjo Pasar Sanggeng, Papua Barat. Telp: (0986) 21466

Berikut ini daftar beberapa perusahaan yang menyediakan asuransi seperti Taspen Life untuk dijadikan perbandingan dalam memilih asuransi terbaik. 

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.taspenlife.com/
  • https://majalah.tempo.co/read/ekonomi-dan-bisnis/159694/dana-taspen-dikabarkan-bermasalah?hidden=login
  • https://finansial.bisnis.com/read/20200218/215/1202937/milenial-taspen-life-kenalkan-nabung-rp350.000-dapat-rp500-juta
  • https://money.kompas.com/read/2020/01/18/143000226/selain-jiwasraya-dan-asabri-ombudsman-juga-tengah-awasi-taspen
  • https://www.wartaekonomi.co.id/read217507/era-digital-taspen-life-akan-luncurkan-aplikasi-my-taspen-life
Penulis Dzulfikar Financial Content Writer yang mengemas informasi, tips, dan kiat keuangan dengan bahasa yang lebih mudah dicerna. Lihat profile penulis