Asuransi Taspen Life

Asuransi Taspen Life

4 / 5.0 (6.025 Ulasan)
  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Cicilan 0%
Hemat 30%
  • TAS_45_1_D
90 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Asuransi Taspen Life

Taspen Life adalah perusahaan asuransi jiwa yang berdiri sejak tahun 2014 dan dikelola oleh PT Asuransi Jiwa Taspen. Produk asuransi yang ditawarkan di antaranya asuransi jiwa, asuransi unit link, asuransi pendidikan, hingga asuransi kredit untuk nasabah individu maupun korporasi. Salah satu produk unggulannya adalah asuransi jiwa unit link dengan premi mulai Rp300 ribu per bulan!

Daftar Polis Asuransi Taspen Life

Dilansir dari laman produk pada situs resmi taspenlife.com, berikut beberapa pilihan kategori produk asuransi yang disediakan oleh PT Asuransi Jiwa Taspen.

Pilihan Produk Taspen Life

Taspen Life berfokus pada produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi pendidikan bagi nasabah individu maupun kumpulan. Berikut ini daftar produk yang tersedia di Taspen Life:

ProdukManfaat Diberikan
Asuransi IndividuAsuransi pendidikan + investasi + hari tua untuk tertanggung individu
Asuransi KumpulanAsuransi kesehatan + jiwa untuk tertanggung karyawan perusahaan
Bancassurance Produk asuransi yang khusus dijual di bank yang telah bekerja sama

Lanjutkan baca detail manfaat pertanggungan polis yang diberikan oleh masing-masing produk asuransi di atas.

Layanan Nasabah Taspen Life

Layanan nasabah atau call center Taspen Life dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Taspen Life, dan sebagainya, silakan menghubungi kontak berikut.

Alamat Kantor Pusat Taspen Life

PT ASURANSI JIWA TASPEN

Menara Taspen lantai 11, 

Jalan Jend. Sudirman KAV. 2, 

Jakarta 10220, Indonesia

Telp: (021) 57933306

Faks: (021) 57933269

Email: [email protected]

www.taspenlife.com

Rumah Sakit Rekanan Taspen Life

Rekanan rumah sakit Taspen Life tersebar luas di Indonesia dan umumnya serupa dengan rekanan rumah sakit yang dimiliki induk perusahaan, yaitu PT Taspen. Berikut ini sejumlah rumah sakit rekanan perusahaan asuransi Taspen Life.

Sekilas Tentang Taspen Life

PT Asuransi Jiwa Taspen atau Taspen Life adalah anak perusahaan PT TASPEN (Persero).  Taspen Life unggul dengan produknya yang berfokus pada asuransi kumpulan untuk tertanggung karyawan perusahaan. 

Pada kuartal III-2019, total aset Taspen Life tumbuh 26,35% atau Rp4,37 triliun dari Rp3,46 triliun pada 2018. Pertumbuhan total aset sebagian besar bersumber dari pertumbuhan aset investasi 34,06% dari Rp3,14 triliun pada 2018 menjadi Rp4,21 triliun pada 2019.

Taspen Life terus meningkatkan kinerjanya dari segala sisi termasuk dalam melakukan penetrasi pasar. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah polis/peserta pada September 2019 sebesar 8,18% atau sebanyak 606.618 polis/peserta dari periode sebelumnya 560.758 polis /peserta.

Berita Asuransi Taspen Life

Meski terbilang cukup baru dalam industri asuransi Indonesia, Taspen Life memiliki perusahaan induk, PT Taspen, yang telah beroperasi sejak 1963. Dengan pengalaman induk perusahaannya, Taspen Life dinilai konsisten dalam memberikan pelayanan asuransi jiwa kumpulan dan individu. Ini dibuktikan dengan layanan nasabah yang mumpuni, serta kesehatan keuangan perusahaan yang baik.  

Pertanyaan Seputar Asuransi Taspen Life

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Asuransi Taspen Life, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Apakah Taspen Life Bangkrut?

Berdasarkan berita terbaru pada Januari 2020, Taspen Life tidak bangkrut atau bermasalah. Ombudsman Republik Indonesia (Ombudsman) menyatakan saat ini tengah mengawasi penyelenggaraan pelayanan oleh PT Taspen (Persero), atau induk perusahaan Taspen Life.

Komisioner Ombudsman RI Ahmad Alamsyah Saragih mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan, pihaknya menemukan pertumbuhan investasi saham Taspen minus 23 persen selama dua tahun berturut-turut hingga 2018. Meskipun investasi saham tersebut hampir seluruhnya ditempatkan di saham-saham yang masuk dalam kategori IDX80.

Ahmad pun menilai penempatan investasi saham Taspen masih lebih konservatif jika dibandingkan dengan dua perusahaan asuransi pelat merah lain yang sedang jadi sorotan, yaitu PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Asabri (Persero). Selain itu, dirinya juga meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk segera membuat peta jalan serta regulasi investasi untuk industri asuransi.

Apa saja program Taspen Life?

Program Taspen Life cukup lengkap bagi nasabah individu dan kumpulan. Tersedia program asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi jiwa plus tabungan, asuransi jiwa plus investasi, asuransi pendidikan, hingga asuransi kecelakaan diri.

Semua produk asuransi yang tersedia bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah individu ataupun perusahaan.

Apa itu asuransi jiwa Taspen Life?

Asuransi Jiwa Taspen Life adalah produk asuransi jiwa yang ditawarkan Taspen Life, anak perusahaan PT Taspen (Persero). Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang memberikan jaminan berupa santunan uang pertanggungan (UP) jika nasabah meninggal dunia.

Taspen Life memiliki beberapa jenis asuransi jiwa yaitu asuransi jiwa murni, asuransi jiwa dan tabungan (endowment), serta asuransi jiwa dan investasi (unit link). Asuransi Jiwa Taspen Life ditujukan bagi nasabah individu, kumpulan (karyawan), dan nasabah bank yang mengambil pinjaman.

Apa itu Asuransi Dwiguna Taspen?

Program Tabungan Hari Tua atau THT pada induk perusahaan Taspen Life, PT Taspen (Persero), bernama Asuransi Dwiguna. Polis ini terdiri atas asuransi jiwa dan dana pensiun.

Asuransi Dwiguna memberikan jaminan keuangan kepada pensiun PNS atau pejabat negara yang telah berhenti bekerja akibat pensiun dan kepada ahli waris jika meninggal sebelum memasuki usia pensiun.

Iuran yang harus dilunasi tiap bulan sejumlah penghasilan bulanan (gaji pegawai+tunjangan keluarga) x 3,25%. Peserta juga wajib memberikan data pribadi dan keluarga serta melaporkan jika ada perubahan gaji atau mengalami perubahan pangkat/golongan.

Apa itu Taspen Proteksi Beasiswa?

Taspen Proteksi Beasiswa adalah produk yang khusus dirancang untuk memberikan perlindungan jiwa bagi para orangtua dan perencanaan dana pendidikan untuk anak tertanggung.

  • Syarat dan Ketentuan usia peserta 18-60 tahun. Usia anak 0-13 tahun.
  • Masa Asuransi: hingga anak berusia 23 tahun.
  • Premi minimal Rp350 ribu/bulan atau minimal Rp10 juta (single premi).
  • Pembayaran premi: bulanan, triwulanan, semesteran, tahunan, atau sekaligus.
  • Manfaat: Dana pendidikan bertahap sesuai jenjang pendidikan, uang saku untuk kuliah selama 5 tahun.
  • Total manfaat dana pendidikan yang diterima hingga 210% dari UP.
  • UP 100% atau sesuai yang tercantum dalam polis.
Apa itu Taspen Save?

Taspen Save adalah produk asuransi jiwa individu yang memberikan proteksi finansial atas risiko meninggal dunia, kecelakaan, serta manfaat pensiun. Manfaat atau pertanggungannya antara lain:

  • Proteksi jiwa dengan santunan meninggal dunia.
  • Proteksi kecelakaan dengan santunan meninggal dunia karena kecelakaan.
  • Pembayaran fleksibel.
  • Top-up reguler dan sekaligus.
  • Pengembangan dana lebih baik dari tabungan untuk masa pensiun.
Berapa premi asuransi jiwa Taspen Life?

Asuransi Kematian Taspen adalah santunan atau uang pertanggungan yang diberikan kepada ahli waris/keluarga ketika peserta meninggal dunia. Besaran nominal disesuaikan dengan golongan PNS atau pejabat negara.

Sementara, pada Taspen Life yang bisa dimiliki masyarakat umum, UP meninggal dunia sesuai yang tercantum dalam polis dan premi yang dibayarkan setiap periodenya.

Apa fungsi aplikasi My Taspen Life?

Aplikasi Taspen Life adalah My Taspen Life yaitu aplikasi yang bisa diunduh di Appstore. Direktur Utama Taspen Life Maryoso Sumaryono menyatakan sejak Januari 2018 lalu perusahaan menyiapkan aplikasi karena menyadari bahwa ke depan, entry point produk asuransi berada di sana.

Kehadiran aplikasi ini sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat terutama generasi milenial yang serbadigital. Melalui aplikasi ini proses underwriting hingga klaim bisa dilakukan via aplikasi.

Nasabah melalui gawai android bisa daftar dan proses pembelian polis bisa lebih sederhana dan cepat. Jika cetak polis memerlukan 14-15 hari, lewat aplikasi bisa dilakukan dalam hitungan menit.

Apa saja syarat Taspen Life?

Syarat Taspen Life adalah dokumen dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk membeli polis asuransi Taspen Life. Syarat ini disesuaikan dengan polis yang akan dibeli. Namun, rata-rata terkait usia nasabah yaitu 18 tahun. Sedangkan untuk usia nasabah anak 0-13 tahun.

Bagaimana cara cek Taspen Life?

Untuk mengecek Taspen Life bisa dilakukan dengan berbagai cara. Menghubungi call center, atau membuka aplikasi My Taspen Life adalah beberapa pilihan terbaik bagi nasabah untuk cek Taspen Life, terutama untuk klaim.

Apa saja manfaat Taspen Life?

Berikut ini beberapa manfaat Taspen Life yang bisa kamu pertimbangkan:

  • Melindungi ahli waris karena asuransi jiwa Taspen Life menjaga keluarga dan orang yang dicintai dari risiko kerugian secara finansial.
  • Mencegah kerugian besar akibat kecelakaan. Contohnya adalah cacat total tetap yang membuat nasabah tidak lagi bisa mendapatkan penghasilan tetap dalam waktu lama.
  • Mendapatkan jaminan biaya perawatan baik rawat jalan, rawat inap, atau pembedahan karena kecelakaan atau sakit.
  • Mendapatkan perasaan aman karena jika terjadi musibah sudah memiliki jaminan biaya atau santunan meninggal dunia bagi ahli waris atau keluarga yang ditinggalkan.
  • Pengelolaan keuangan terbaik karena asuransi membuat nasabah tidak perlu mengambil tabungan atau mencairkan investasi saat terjadi musibah.
Bagaimana perhitungan klaim Taspen Life?

Perhitungan Taspen Life bertujuan mengetahui harga premi dan manfaat (nominal) yang akan diterima. Berikut ini beberapa perhitungan dari polis Taspen Life:

  • Taspen Save:  meninggal sebab alami = 50X premi dasar, meninggal kecelakaan = 100X premi dasar.
  • Premi Taspen Group Endowment: % x GDA atau disesuaikan dengan memperhitungkan asumsi kenaikan gaji/tahun.
  • Taspen Group Annuity: ditetapkan dari besarnya UP, usia, masa asuransi, masa iuran sampai akhir asuransi, masa iuran sampai dengan valuasi dan skala kenaikan gaji per tahun.
Seperti apa metode penggantian Taspen Life?

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh pemegang polis.

Adapun metode penggantian biaya asuransi yang disediakan oleh Taspen Life sebagai berikut:

  • Reimbursement. Penggantian biaya asuransi dengan cara reimbursement yaitu mengganti biaya perawatan medis di rumah sakit/fasilitas kesehatan yang dibayarkan terlebih dahulu oleh peserta. Metode ini dilakukan jika peserta asuransi atau tertanggung menjalani perawatan di rumah sakit yang bukan rekanan Taspen Life.
  • Cashless. Metode ini dilakukan di rumah sakit rekanan Taspen Life dengan menunjukkan kartu kepesertaan, sehingga tertanggung tidak perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu kecuali terdapat kelebihan biaya dari yang tercantum dalam buku polis.
  • Santunan tunai. Metode ini diberikan kepada ahli waris tertanggung yang meninggal dunia.
  • Santunan cacat total tetap. Metode ini diberikan kepada tertanggung atau peserta yang mengalami cacat total tetap akibat kecelakaan.
  • Santunan pendidikan. Santunan pendidikan diberikan kepada ahli waris/keluarga untuk biaya pendidikan anak yang diberikan bertahap dengan persentase sesuai jenjang pendidikan anak. Santunan pendidikan disertai uang saku untuk jenjang universitas selama lima tahun.
  • Pembebasan biaya premi. Metode ini memberikan ahli waris/keluarga yang terdaftar sebagai tertanggung bebas premi seumur hidup/sesuai yang tercantum dalam polis akibat peserta asuransi/tertanggung utama meninggal dunia.
Bagaimana cara mendapatkan Taspen Life?

My Taspen Life adalah salah satu cara untuk mendapatkan Taspen Life. Membeli asuransi Taspen Life secara online bisa dilakukan dengan cara mengunduh dan mengisi formulir pendaftaran. Bagi kamu yang ingin membeli asuransi Taspen Life kategori kumpulan bisa mengunduh formulir pendaftaran peserta dan pemotongan gaji.

Bagi kamu yang ingin membeli asuransi jiwa individu juga bisa mengunduh formulir. Selain itu, nasabah juga bisa menghubungi atau mendatangi kantor pusat atau pemasaran/cabang terdekat di kota kamu.

Atau, jika ingin lebih berimbang, kamu dapat membandingkan produk dan polis asuransi terbaik melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, nasabah tidak hanya membandingkan produk dari satu perusahaan asuransi, melainkan produk dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, kamu mendapatkan proteksi terbaik dan harga paling ringan.

Apa itu agen dan broker Taspen Life?

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.

Terkait dengan pemasaran melalui sistem keagenan, Taspen Life menginformasikan melalui situs web taspenlife.com bahwa terdapat tiga kantor pemasaran yang masing-masing membawahi beberapa agen, yaitu:

  • KP Jakarta – 9 agen resmi.
  • KP Denpasar – 10 agen resmi.
  • KP Semarang – 9 agen resmi.

Informasi selengkapnya mengenai sistem pemasaran Taspen Life bisa didapatkan dengan menghubungi call center (021) 579 33306.

Selain melalui agen, calon nasabah bisa mendapatkan proteksi asuransi melalui peran broker asuransi. Lifepal sebagai broker asuransi online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat memberikan bantuan mendapatkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Namun pada saat ini, Lifepal belum bekerja sama dalam memasarkan produk asuransi dari Taspen Life. Untuk mendapatkan referensi terkait produk perlindungan dari perusahaan asuransi lainnya yang serupa dengan produk dari Taspen Life, calon nasabah dapat mengunjungi Lifepal dan sekaligus berkonsultasi secara gratis.

Bagaimana metode pembayaran premi Taspen Life?

Metode pembayaran premi asuransi Taspen Life disesuaikan dengan polis asuransi yang dimiliki. Terdapat beberapa metode pembayaran yang dibagi menjadi dua kategori berdasarkan produk asuransi Taspen Life yaitu Asuransi Jiwa Individu dan Asuransi Jiwa Kumpulan.

  1. Pembayaran Asuransi Jiwa Individu Taspen Life
  • Transfer ATM.
  • Autodebet kartu kredit atau kartu debit.
  • Mobile banking.
  • Internet banking.
  • Melalui teller bank.
  1. Pembayaran Asuransi Jiwa Kumpulan Taspen Life
  • Transfer ATM.
  • Autodebet kartu kredit atau kartu debit.
  • Mobile banking.
  • Internet banking.
  • Melalui teller bank.
  • Bilyet dan giro.
  • Atau disesuaikan dengan kesepakatan bersama antara Taspen Life dengan perusahaan.
Bagaimana cara cek saldo Taspen Life?

Nasabah bisa melakukan cek saldo Taspen Life lewat My Taspen Life. Aplikasi ini memudahkan administrasi secara online dengan fitur yang tersedia dan siap digunakan:

  • Profil Taspen LIFE
  • Produk yang dikelola oleh Taspen LIFE
  • Pendaftaran Login
  • Registrasi Kepesertaan
  • Individual Account Statement
  • Referral System
  • Simulasi Produk

Selain itu terdapat fitur dalam proses pengembangan antara lain:

  • Top Up Premi
Bagaimana cara klaim asuransi Taspen?

Bagi nasabah Asuransi Kumpulan (Karyawan) Taspen Life langsung menghubungi Taspen Life (021) 57933306

Bagi nasabah individu bisa melakukan klaim dengan melengkapi dokumen yang dibutuhkan serta langkah-langkahnya sebagai berikut:

Klaim meninggal dunia

Dokumen yang diperlukan untuk klaim meninggal dunia oleh ahli waris/keluarga:

  • Polis asli
  • Formulir klaim meninggal dunia asli diisi dengan jelas, benar dan lengkap.
  • Surat Keterangan Kematian dari pemerintah setempat minimal kelurahan
  • Surat Keterangan Dokter (SKD) untuk klaim meninggal asli dan diberi cap oleh Rumah Sakit.
  • Salinan catatan media atau resume medis tertanggung.
  • Salinan seluruh hasil pemeriksaan medis yang telah dilakukan seperti hasil pemeriksaan laboratorium dan radiologi.
  • Salinan Kartu Identitas Diri Tertanggung. Pemegang Polis dan ahli waris yang masih berlaku (KTP / SIM / Paspor), termasuk Surat Perubahan Nama jika pernah dilakukan.
  • Surat Berita Acara Kepolisian jika meninggal karena kecelakaan.
  • Dokumen lain yang dianggap perlu oleh Taspen Life.
  • Bukti identitas ahli waris yang berhak menerima Uang Pertanggungan.

Langkah-langkah klaim meninggal dunia:

  1. Ahli waris atau keluarga mengajukan klaim dengan cara mengisi formulir dan membawa kelengkapan dokumen klaim melalui:
  • Kurir Ekspedisi atau POS ke alamat kantor pusat PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspenlife);
  • Datang langsung ke kantor pusat PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspenlife) atau kantor cabang PT Taspen (Persero).
  1. Taspen Life menerima dan memeriksa formulir serta dokumen klaim.
  2. Nasabah menerima pemberitahuan keputusan klaim melalui:
  • Klaim diterima: SMS
  • Klaim ditunda: Telepon atau E-mail
  • Klaim ditolak: E-mail atau Surat Resmi dari PT Asuransi Jiwa Taspen
  • Jika klaim diterima, pembayaran akan ditransaksikan melalui rekening aktif milik beneficiary atau penerima manfaat.

Klaim manfaat tahapan dan maturity:

  • Dana manfaat tahapan untuk produk Taspen Proteksi Beasiswa (TPB) akan ditransaksikan langsung kepada rekening pemegang polis/ penerima manfaat setiap tanggal 5 Mei pada tahun yang tertera sesuai dalam tabel manfaat pada polis asuransi.
  • Dana nilai tunai untuk produk Taspen Dwiguna Sejahtera (TDS) akan ditransaksikan langsung kepada rekening pemegang polis/ penerima manfaat setiap tanggal 15 pada bulan dan tahun berkenaan sesuai tanggal jatuh tempo (due date) polis asuransi.

Formulir yang diunduh di situs Taspen Life:

  • Surat Permintaan Pembayaran (TL.01)
  • Klaim untuk Akhir Kontrak, Meninggal Dunia dan Keluar/Sebab-sebab Lain
  • Surat Permohonan Mutasi (TL.02)
  • Mutasi Kantor Bayar, No. Rekening dan Alamat (MGD)
  • Kutipan Perincian Penerimaan Gaji (KPPG) (TL.03)
  • Lampiran Form SPP Klaim Meninggal Dunia (Aktif)
  • Keterangan Ahli Waris (TL.04)
  • Lampiran Form SPP Klaim Meninggal Dunia (Aktif)
  • Surat Keterangan Kuasa dari Ahli Waris (TL.05)
  • Lampiran Form SPP Klaim Meninggal Dunia Ahli Waris yang berhak lebih dari 1 (satu) orang
Bagaimana cara E Klim Taspen Life?

E Klim merupakan fitur klaim online dari PT Taspen (Persero), induk perusahaan Taspen Life. Bagi nasabah Taspen Life yang ingin klaim secara online bisa dilakukan lewat aplikasi My Taspen Life.

Daftar rumah sakit rekanan Taspen Life? 

Rumah sakit rekanan Taspen Life tersebar luas hampir di seluruh wilayah Indonesia. Lihat daftar lengkap rumah sakit rekanan perusahaan pada tab Rekanan.

Perusahaan Asuransi Lain seperti Taspen Life

Berikut ini daftar beberapa perusahaan yang menyediakan asuransi seperti Taspen Life untuk dijadikan perbandingan dalam memilih asuransi terbaik. 

Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.taspenlife.com/
  • https://majalah.tempo.co/read/ekonomi-dan-bisnis/159694/dana-taspen-dikabarkan-bermasalah?hidden=login
  • https://finansial.bisnis.com/read/20200218/215/1202937/milenial-taspen-life-kenalkan-nabung-rp350.000-dapat-rp500-juta
  • https://money.kompas.com/read/2020/01/18/143000226/selain-jiwasraya-dan-asabri-ombudsman-juga-tengah-awasi-taspen
  • https://www.wartaekonomi.co.id/read217507/era-digital-taspen-life-akan-luncurkan-aplikasi-my-taspen-life
Chat Bantuan