Tokio Marine Life Medan

5.0 / 5.0 (9.073 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
1970/01/01 00:00:00Cicilan 0%Hemat 25%
 

Sekilas tentang Tokio Marine Life Medan 

Tokio Marine Life Medan adalah PT Tokio Marine Life Indonesia yang beroperasi dan melayani warga Kota Medan, Sumatera Utara. Tokio Marine Life Indonesia berasal dari kelompok perusahaan asuransi umum tertua di Jepang, Tokio Marine Group, yang didirikan pada 1979. Di Indonesia, Tokio Marine hadir pada tahun 2012.

Berawal sebagai perusahaan asuransi umum, Tokio Marine mengembangkan bisnisnya secara global, termasuk asuransi jiwa. Jaringan internasional Tokio Marine hingga kini telah melayani nasabah di lebih dari 480 kota dan 35 negara.

Hingga Agustus 2018, Tokio Marine Life telah memiliki 10 kantor pemasaran di 9 kota di Indonesia. Tokio Marine Life Indonesia juga telah terdaftar dan memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam memasarkan produknya.

Adapun produk-produk asuransi jiwa yang tersedia di Tokio Marine Life Indonesia adalah asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi kecelakaan. Dari ketiga produk tersebut, tersedia sejumlah polis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan warga Medan.

 
 

Alamat Tokio Marine Life Medan

Tokio Marine Life memiliki kantor pusat yang berada di Jakarta. Namun, demi meningkatkan pelayanan terhadap seluruh nasabahnya, Tokio Marine Life juga memiliki kantor cabang yang tersebar di kota-kota lainnya di Indonesia. Berikut ini daftar alamat Tokio Marine Life Medan, Tokio Marine Life Pusat, dan Tokio Marine Life kota lainnya: 

Tokio Marine Life Medan

Jalan Palang Merah No.1 AUR

Medan Maimun, Kota Medan

Sumatera Utara 20212.

Telp: (061) 88817671.

Alamat Tokio Marine Life Pusat

International Financial Centre Tower 2, Level 33A

Jalan Jenderal Sudirman Kav.22-23, Jakarta 12920

Kantor Cabang Tokio Marine Life Lainnya:

  • Tokio Marine Life Bandung: PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia, Jalan Lengkong Kecil No.46, Bandung 40261, Jawa Barat. Telepon: (022) 4223838
  • Tokio Marine Life Semarang: PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia, Jln imam Bonjol No.47–49, Ruko Metro Square B8 Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Telepon: (024) 86041616
  • Tokio Marine Life DI Yogyakarta: PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia, Ruko Sumber Baru Square Kav.N, Jalan Ringroad Utara, Sendangadi Mlati, Sleman, Yogyakarta. Telepon: (0274) 4469709
  • Tokio Marine Life Surabaya: PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia, Jalan Raya Gubeng No. 11, Surabaya. Telepon: (031) 5013273
  • Tokio Marine Life Jakarta: Chaze Plaza 16Fl, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 21, Jakarta 12920. Telp: (021) 2934 7968
  • Tokio Marine Life Tangerang: Ruko Golden Road Blok C 32 No. 19, BSD City, Tangerang Selatan. Telp: (021) 5377363
  • Tokio Marine Life Medan: Jl. Palang Merah Medan, Royal Residence Lantai II Tower A, Kelurahan AUR, Kecamatan Medan Maimun. Telp: (061) 88817671
  • Tokio Marine Life Denpasar: Jl. Mahendradata 16C, Kecamatan Denpasar Barat, Bali. Telp: (0361) 8466672
  • Tokio Marine Life Pontianak: Komplek Perdana Square, Blok E1 & E2, Jl. Perdana, Parit Tokaya, Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Telp: (0561) 747588
  • Tokio Marine Life Makassar: Jl. Pettarani No. 18, Blok B2, Makassar 90211. Telp: (0411) 466 0816/7
 

Call Center Tokio Marine Life Medan

Bagi nasabah yang berada di Medan, bisa menghubungi layanan nasabah atau call center Tokio Marine Life pusat yang dapat dicapai dengan berbagai media:

  • PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia: International Financial Centre Tower 2, Level 33A, Jalan Jenderal Sudirman Kav.22-23, Jakarta 12920
  • No. Telp: (021) 2953 0730
  • Faksimili: (021) 572 4010​ (khusus klaim)
  • Email: [email protected]
  • Departemen Klaim PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia di Plaza Bapindo, Citibank Tower, lantai 19, Jalan Jend. Sudirman Kav. 54-55, Jakarta 12190
  • Telepon Tokio Marine Life Medan: (061) 88817671
 

Rumah Sakit Rekanan Tokio Marine Life Medan 

Terdapat puluhan rekanan rumah sakit Tokio Marine Life di Medan. Lihat daftar lengkap rumah sakit rekanan melalui website resmi perusahaan. Berikut ini sejumlah rumah sakit rekanan Tokio Marine Life di Medan yang siap memberikan pertanggungan sesuai polis nasabah:

  • RS Hermina Medan: Jalan Asrama/Ampera II Sei Sikambing C-II, Medan Helvetia. Telp: (061) 80862525
  • RSU Imelda Pekerja Indonesia: Jalan Bilal No.24 Pulo Brayan Darat I. Telp: (061) 6610072
  • RSI Malahayati Medan: Jalan Pangeran Diponegoro No.2-4 Medan. Telp: (061) 4518766
  • RSU Prof Dr Boloni Medan: Jalan Wolter Monginsidi No.11 Medan. Telp: (061) 4512687
  • RS Santa Elisabeth Medan: JalanH. Misbah No.7 Medan Maimun. Telp: (061) 4144737
  • RS Siloam Dhirga Surya: Jalan Imam Bonjol No.6 Petisah Medan. Telp: (061) 88881900
  • RSU Materna Medan: Jalan Teuku Umar No.11 Medan. Telp: (061) 4514222
  • RSU Sarah Medan: Jalan Baja Raya No.10 Petisah Tengah, Medan. Telp: (061) 4528744
  • RS Setiabudi Medan: Jalan Mesjid No.3 Tj. Rejo, Medan. Telp: (061) 8220995
  • RSIA Rosiva Medan: Jl Bangka No.15 Medan. Telp: (061) 4510522
  • RSU Madani Medan: Jalan AR Hakim No.168 Medan. Telp: (061) 7345911
  • RS Sri Ratu Medan: Jalan Nimbung Raya No.204-212 Petisah Tengah, Medan. Telp: (061) 4521074
  • Sumatera Eye Center Medan (SMEC Medan): Jl Iskandar Muda No.278-280 Medan. Telp: (061) 4525058
 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait asuransi Tokio Marine Life Medan, baik informasi profil perusahaan, harga premi, cara klaim dan lain sebagainya.

Apa PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia?

PT Tokio Marine Life Insurance (TMLI) Indonesia adalah perusahaan asuransi jiwa yang menjadi bagian dari grup asuransi umum tertua di Jepang, Tokio Marine Group.

Tokio Marine sebagai asuransi jiwa di Indonesia mulai beroperasi pada tahun 2012. Perusahaan menyediakan beragam produk asuransi jiwa dari tradisional, syariah, hingga unit link yang dikelompokkan dalam produk seperti asuransi kesehatan, perencanaan keuangan, hingga jaminan pensiun.

Secara global, Tokio Marine memiliki jaringan internasional yang terus tumbuh di lebih dari 480 kota dan 35 negara. Tokio Marine Life Insurance memiliki 10 kantor pemasaran yang tersebar di sembilan kota di seluruh Indonesia dan siap berekspansi ke kota lain di Tanah Air.

Tokio Marine Group sebagai asuransi umum telah hadir selama lebih dari 130 tahun atau sejak 1879 di Jepang. Grup asuransi ini kemudian melebarkan sayap bisnis ke sektor asuransi jiwa pada tahun 1945 dan memasuki pasar Asia.

Sejak itu, Tokio Marine menguatkan pondasinya di pasar Asia dengan kehadirannya di berbagai negara termasuk Hong Kong, Singapura, Indonesia, India, Australia, Philipina, Malaysia, Thailand, Taiwan, Tiongkok, dan Vietnam.

Tokio Marine Life Insurance Indonesia pada tahun 2018 membukukan aset sebesar Rp2,29 triliun dan total klaim mencapai Rp350,54 miliar. Jumlah nasabah Tokio Marine di Tanah Air adalah 26.620 jiwa atau tertanggung untuk kategori nasabah individu dan 25.869 jiwa dari 79 perusahaan.

Produk Asuransi Tokio Marine Life Medan

Tokio Marine Life memiliki beberapa jenis produk asuransi murni maupun investasi (unit link). Berikut kategori produk asuransi yang disediakan Tokio Marine Life bagi masyarakat Medan:

  • Asuransi Personal
  • Asuransi Bisnis

Harga Premi Asuransi Tokio Marine Life Medan

Nasabah bisa mencari tahu harga premi asuransi Tokio Marine Life dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan atau menghubungi langsung kantor cabang Tokio Marine Life Medan.

Adapun harga premi masing-masing produk asuransi yang telah disebutkan, antara lain:

  • TM Peace of Mind: mulai dari Rp500 ribu per tahun atau Rp300 ribu per enam bulan.
  • TM Peace of Mind Plus: mulai dari Rp2 juta per tahun, Rp1,04 juta per semester, Rp550 ribu per tiga bulan, dan Rp300 ribu per bulan.
  • Asuransi TM 50: N/A.
  • TM Well Being (syariah): Rp1,29-12,63 juta per tahun.
  • TM Peace of Mind-Accident (syariah): Rp266-535 ribu per tahun.
  • TM  WellBeing-Group: N/A.
  • TM Group Personal Accident: N/A.
  • TM Group Term Life: N/A.
  • TM Executive Medicare: Rp7,8-15,6 juta per tahun.
  • TM Credit Protection: N/A.
  • TM Credit Life with Critical Illness: N/A.

Cara Membeli Asuransi Tokio Marine

Calon nasabah bisa melakukan pembelian produk dan polis asuransi Tokio Marine Life secara online melalui situs tokiomarine.com. Dalam situs tersebut nasabah bisa membeli produk-produk asuransi personal mulai dari asuransi perjalanan, asuransi properti, dan asuransi kecelakaan diri. 

Caranya mudah sekali, tinggal mengklik pilihan “Beli Sekarang” di pojok kanan atas halaman situs perusahaan. Kemudian ikuti petunjuk untuk mendapatkan polisnya. 

Selain melalui online, calon nasabah juga bisa mendapatkannya dengan mendatangi langsung ke Kantor Cabang Tokio Marine Life Medan.

Cara Klaim Tokio Marine Life Medan

Klaim dalam produk asuransi Tokio Marine Life Indonesia bisa dilakukan dengan dua cara yaitu reimbursement dan cashless. Berikut ini cara pengajuan klaimnya berdasarkan kedua metode tersebut. 

Reimbursement:

  • Mengisi formulir klaim dengan lengkap.
  • Menyerahkan formulir klaim tersebut ke Kantor Pusat atau Kantor Pemasaran Tokio Marine Life Insurance terdekat.
  • Klaim tersebut dapat diproses apabila formulir klaim dan seluruh dokumen pendukung diterima secara lengkap oleh Tokio Marine Life Insurance.
  • Tokio Marine Life Insurance akan memproses klaim tersebut dalam waktu maksimum 14 hari kerja sejak dokumen dan informasi yang dibutuhkan diterima secara lengkap.

Cashless dalam negeri:

  • Menunjukkan kartu kepesertaan Tokio Marine Life.
  • Menunggu verifikasi dari pihak rumah sakit. 
  • Setelah diverifikasi, nasabah bisa langsung menikmati pertanggungannya. 

Cashless di luar negeri:

  • Tertanggung atau keluarga tertanggung atau pemegang polis menghubungi AAI Indonesia untuk rencana rawat inap di rumah sakit rekanan luar negeri.
  • AAI Indonesia melakukan verifikasi data, maksimal tiga hari kerja dan kemudian AAI Indonesia mengirimkan Hospital Admission Form (HAF) untuk diisi oleh dokter di Indonesia yang memeriksa tertanggung. Jika ada, mohon menyertakan rekam medis terakhir.
  • Pemegang polis atau tertanggung mengirimkan formulir HAF yang telah diisi lengkap melalui email atau fax minimal tiga hari kerja sebelum tanggal keberangkatan.
  • AAI Indonesia mengirimkan fotokopi Surat Jaminan Awal.
  • Tertanggung datang ke rumah sakit rekanan melakukan pendaftaran.
  • Tertanggung memberikan fotokopi Surat Jaminan Awal dan Kartu Asuransi pada waktu melakukan pendaftaran.
  • Tertanggung menjalani rawat inap di rumah sakit rekanan.
  • Pada saat tertanggung akan keluar dari rawat inap, rumah sakit rekanan mengirimkan pemberitahuan dan dokumen pendukung kepada Regional AAI Indonesia.
  • Rumah sakit rekanan memberitahukan kepada tertanggung untuk proses administrasi keluar rawat inap.
  • Tertanggung menyelesaikan proses administrasi keluar rawat inap di rumah sakit rekanan termasuk membayar kelebihan klaim (jika ada).
  • Jika sudah selesai, tertanggung diperbolehkan pulang.

Dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan klaim: 

  • Melampirkan surat pernyataan dokter.
  • Formulir aplikasi klaim.
  • Surat kuasa permintaan data medis.
  • Formulir aplikasi klaim rawat jalan.

Agen Asuransi Tokio Marine Life Medan

Pemasaran asuransi Tokio Marine di Indonesia terus berkembang. Saat ini terdapat 10 kantor pemasaran di sembilan kota yaitu Jakarta, BSD-Tangerang, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Denpasar, Pontianak, dan Makassar.

Jumlah agen Tokio Marine yang terdaftar sudah mencapai 1.000 orang, di antaranya adalah 15 persen pekerja penuh dan 85 persen pekerja paruh waktu. Agen asuransi yang tergabung dalam perusahaan telah lulus ujian lisensi yang diselenggarakan oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

Terdapat perbedaan antara agen asuransi dengan broker asuransi. Agen asuransi adalah orang pribadi yang bekerja sendiri pada perusahaan asuransi. 

Sementara itu, broker asuransi merupakan perusahaan yang menjadi pihak perantara antara calon nasabah asuransi dengan perusahaan asuransi. Dengan demikian, calon nasabah asuransi dapat membandingkan produk asuransi terbaik bagi dirinya sendiri maupun kelompok.

Agen asuransi mewakili perusahaan asuransi. Akan tetapi, broker asuransi memposisikan diri sebagai orang yang mewakili kepentingan pihak calon nasabah asuransi. Broker asuransi juga senantiasa membantu nasabah asuransi dalam proses klaim kepada pihak perusahaan asuransi tersebut.

Lifepal merupakan broker asuransi terbaik di Indonesia. Bandingkan produk asuransi terbaik dan murah melalui situs web Lifepal.co.id. Lifepal adalah marketplace asuransi nomor satu di Indonesia yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Mengapa Warga Medan Butuh Asuransi Tokio Marine Life

Tokio Marine Life dibutuhkan warga Medan karena beberapa alasan. Salah satunya adalah penyakit endemik seperti difteri (infeksi pada hidung dan tenggorokan), pertusis (batuk rejan), dan hepatitis. Dalam berita yang diturunkan Bisnis, September 2019, terjadi kasus kematian mahasiswi Universitas Sumatera Utara (USU) asal Malaysia akibat difteri.

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Sumatera Utara, sepanjang 2019 terjadi 17 kasus difteri dengan tiga di antaranya meninggal dunia. Pada 2018, juga terjadi 17 kasus dan pada 2017 terjadi 10 kasus.

Selain alasan penyakit endemik, alasan lain adalah peningkatan biaya rumah sakit (RS) yang terjadi di Indonesia setiap tahun, termasuk Medan. Berdasarkan data Watson Global Medical Trend Survey Report 2018, biaya rumah sakit di Indonesia mengalami kenaikan 12-18 persen setiap tahun.

Kenaikan tersebut tidak diiringi kenaikan upah minimum provinsi (UMP) yang seimbang di Medan. Berdasarkan keputusan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, UMP provinsi ditetapkan sebesar Rp2.499.423 atau naik 8,51 persen dari tahun sebelumnya.

Dengan memiliki asuransi Tokio Marine Life, warga Medan akan diringankan dari sisi finansial jika terjadi risiko sakit. Masyarakat tidak perlu mencairkan tabungan, menjual aset atau investasi hanya untuk membayar biaya rumah sakit.

Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.tokiomarine.com/
  • https://sumatra.bisnis.com/read/20190930/533/1153826/pemprov-sumut-berupaya-tekan-penyakit-endemik
  • https://medan.tribunnews.com/2019/11/01/ump-sumut-2020-dipatok-rp-2499423-berapa-umk-medan
Penulis Hanifah Nurul Eks jurnalis bidang moneter, keuangan, dan gaya hidup yang memberikan pencerahan finansial lewat tulisan sederhana. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan