Asuransi Tokio Marine Life

4.0 / 5.0 (2.348 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Jiwa & Kesehatan Tokio Marine Life

Tokio Marine Life adalah perusahaan asuransi jiwa yang beroperasi di Indonesia sejak 2012. Perusahaan ini merupakan bagian dari grup asuransi umum tertua di Jepang, Tokio Marine Group, yang hadir di Indonesia dengan nama PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia (TMLI).

Produk Tokio Marine Life tersedia dalam dua kategori yaitu Asuransi Personal dan Asuransi Bisnis. Masing-masing memiliki produk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Ringkasan

  • Polis TM Peace of Mind fleksibel dalam masa pertanggungan asuransi dengan pilihan 5-20 tahun.
  • Polis TM Peace of Mind Plus menjamin pengembalian premi jika tidak ada klaim hingga akhir masa asuransi.
  • Polis TM Well Being memberikan proteksi kesehatan dari risiko sakit atau kecelakaan.
  • Polis TM Credit Life with Critical Illness menjamin proteksi pelunasan kredit jika peminjam terkena salah satu dari 54 jenis penyakit kritis.
  • Tersedia produk asuransi kesehatan dan jiwa untuk individu maupun kumpulan (karyawan) baik konvensional maupun syariat.
  • Rekanan rumah sakit tersebar luas di Indonesia.

Sejarah Tokio Marine Life Insurance

Tokio Marine Group sebagai asuransi umum telah hadir selama lebih dari 130 tahun atau sejak 1879 di Jepang. Grup asuransi ini kemudian melebarkan sayap bisnis ke sektor asuransi jiwa pada 1945 dan memasuki pasar Asia.

Secara global, Tokio Marine memiliki jaringan internasional yang terus tumbuh di lebih dari 480 kota dan 35 negara. Tokio Marine Life Insurance memiliki 10 kantor pemasaran yang tersebar di sembilan kota di seluruh Indonesia dan siap berekspansi ke kota lain di Tanah Air.

PT Tokio Marine Life Insurance (TMLI) Indonesia adalah perusahaan asuransi jiwa yang menjadi bagian dari grup asuransi umum tertua di Jepang, Tokio Marine Group.

Tokio Marine sebagai asuransi jiwa di Indonesia mulai beroperasi pada tahun 2012. Perusahaan menyediakan beragam produk asuransi jiwa dari tradisional, syariah, hingga unit link yang dikelompokkan dalam produk seperti asuransi kesehatan, perencanaan keuangan, hingga jaminan pensiun.

Meski di Indonesia terbilang baru, Tokio Marine Group sebagai perusahaan asuransi umum telah melayani nasabah sejak 1879 di Jepang. Grup perusahaan asuransi ini mulai melebarkan sayap bisnis ke sektor asuransi jiwa pada 1945 dan memasuki pasar Asia.

Asuransi Tokio Marine Life menyediakan beragam produk asuransi individu dan bisnis (kumpulan). Beberapa di antaranya adalah asuransi jiwa, asuransi jiwa syariah, asuransi kesehatan, hingga asuransi kecelakaan.

PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia terdaftar sebagai anggota Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Selain itu, perusahaan juga telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor KEP--597/KM.10/2012 yang dikeluarkan pada tanggal 29 Oktober 2012.

Untuk unit syariah Tokio Marine Life Indonesia, perusahaan mendapatkan izin usaha melalui nama PT MAA Life Assurance dengan nomor KEP-058/KM.10/2008 tanggal 9 April 2008.

Sejak hadir di Indonesia pada tahun 2012, Tokio Marine Insurance Group berusaha menjadi mitra finansial tepercaya bagi berbagai kalangan. Secara internasional, Tokio Marine Group diakui sebagai merek perusahaan asuransi Jepang dengan reputasi terbaik melalui perusahaan asuransi umumnya yang meraih General Insurance Company of the Year-Asian Insurance Review untuk tahun 2008 dan 2012.

Di Tanah Air, Tokio Marine Life Insurance Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai The Breakthrough CSR Program of the Year dalam acara Marketeers Editor's Choice yang digagas Majalah Marketeers pada tahun 2018; Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik kategori Unit Link dari Infobank Unit Link Awards 2018’ yang diselenggarakan oleh Majalah Infobank dan PasarDana.

Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standardisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.

Mengacu pada laporan keuangan 2018, PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia membuktikan performa kinerja finansial cukup baik, yaitu:

  • Rasio solvabilitas: 2.740 persen.
  • Jumlah aset: Rp2,297 triliun.
  • Ekuitas: Rp1,228 triliun

Dari data keuangan tersebut dapat disimpulkan bahwa dari segala aspek yang dijadikan indikator penentu kesehatan keuangan perusahaan, PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia termasuk perusahaan dengan kondisi finansial yang layak dijadikan pilihan prioritas bagi calon nasabah. Kondisi finansial yang kuat akan memberikan jaminan kepada kualitas produk dan pemenuhan kebutuhan klaim para nasabahnya hingga tuntas.

 
 

Produk Tokio Marine Life Indonesia

Tokio Marine Life memiliki cukup banyak produk asuransi umum termasuk asuransi kendaraan bermotor, asuransi properti atau rumah, hingga asuransi perjalanan (traveling). Sementara, pada kategori asuransi komersial tersedia asuransi pengangkutan barang, asuransi kendaraan bermotor, hingga asuransi harta benda.

Berikut daftar produk yang tersedia:

Asuransi Personal

Asuransi Personal Tokio Marine Life adalah produk asuransi jiwa dan kesehatan yang ditujukan bagi nasabah individu dan keluarga. Tersedia pilihan asuransi terkait investasi (unit link) bagi nasabah yang menginginkan proteksi jiwa atau santunan meninggal dunia dan hasil investasi bagi ahli waris dan keluarga tercinta. Nasabah juga bisa memiliki asuransi berbasis syariat di Tokio Marine Life.

Asuransi Bisnis

Asuransi Bisnis Tokio Marine Life adalah produk asuransi jiwa dan kesehatan bagi karyawan perusahaan. Pilihan polis hingga manfaat dan manfaat tambahan bisa disesuaikan dengan keuangan perusahaan. Tersedia pula polis asuransi gigi dan melahirkan bagi karyawan.

 

Polis Asuransi Tokio Marine Life Insurance Indonesia

Keberagaman produk yang ditawarkan Tokio Marine Life memudahkan nasabah individu atau komersial dalam memilih polis sesuai kebutuhan. Berikut pilihan polis yang disediakan Tokio Marine Life Insurance.

Asuransi Personal

TM Peace of Mind

Produk asuransi jiwa berjangka dengan masa pembayaran premi berkala dengan pilihan masa pertanggungan fleksibel yaitu 5-20 tahun.

  • Proteksi atau manfaat uang pertanggungan meninggal dunia.
Asuransi Personal

TM Peace of Mind Plus

Produk asuransi jiwa berjangka dengan masa pembayaran premi singkat dan 100 persen pengembalian premi.

  • Proteksi atau manfaat uang pertanggungan meninggal dunia.
  • Manfaat akhir masa pertanggungan yaitu pengembalian premi jika tertanggung masih hidup hingga masa pertanggungan selesai.
Asuransi Personal

Asuransi TM 50

Produk asuransi jiwa berjangka dengan manfaat santunan kematian untuk keluarga yang ditinggalkan dalam hal terjadi risiko kematian.

  • Masa pertanggungan produk ini adalah 10 tahun dengan masa pembayaran premi hanya selama lima tahun.
  • Produk ini memastikan pengembalian 50 persen premi yang telah dibayar jika tidak terjadi klaim hingga akhir masa pertanggungan.
Asuransi Personal

TM Well Being

Produk asuransi kesehatan dengan prinsip syariah yang memberikan perlindungan dan pelayanan berupa rawat inap, pembedahan, dan perawatan.

  • Biaya rawat inap di rumah sakit.
  • Biaya pembedahan.
  • Biaya perawatan karena kecelakaan.
  • Biaya sebelum dan sesudah rawat inap.
Asuransi Personal

TM Peace of Mind-Accident

Produk asuransi kecelakaan diri yang memberikan uang pertanggungan apabila mengalami kematian, cacat tetap total, dan perawatan di rumah sakit.

  • Manfaat kematian.
  • Manfaat cacat tetap total atau sebagian.
  • Penggantian penghasilan saat dirawat di rumah sakit.
  • Manfaat penggantian biaya medis.
  • Santunan duka.
  • Dengan kontribusi yang kompetitif dan polis dapat diperbaharui setiap tahun.
Asuransi Bisnis

TM  Well Being-Group

Produk asuransi non-participating yang memberikan manfaat kesehatan bagi karyawan, pasangan, dan anak-anaknya.

  • Manfaat kesehatan termasuk rawat inap karena sakit atau kecelakaan.
  • Manfaat kematian karena sakit atau kecelakaan.
  • Manfaat tambahan (riders) dengan manfaat rawat jalan, manfaat kacamata, manfaat perawatan gigi, dan manfaat persalinan.
Asuransi Bisnis

TM Group Personal Accident

Produk asuransi yang menjamin perlindungan terhadap risiko kecelakaan diri karyawan, pasangan, dan anak-anaknya.

  • Manfaat meninggal dunia akibat kecelakaan.
  • Cacat tetap total akibat kecelakaan.
  • Cacat tetap sebagian akibat kecelakaan.
  • Manfaat penggantian biaya perawatan akibat kecelakaan.
Asuransi Bisnis

TM Group Term Life

Produk asuransi jiwa berjangka yang memberikan manfaat asuransi jiwa berjangka bagi nasabah kumpulan atau karyawan perusahaan.

  • Santunan meninggal dunia akibat sakit atau kecelakaan.
Asuransi Bisnis

TM Executive Medicare

Produk asuransi kesehatan kumpulan yang ditujukan khusus bagi tenaga kerja asing asal Jepang yang bekerja di Indonesia.

  • Santunan cacat total tetap karena kecelakaan.
  • Biaya rawat jalan.
  • Biaya rawat inap.
  • Biaya obat-obatan dan perawatan medis.
  • Biaya perawat pribadi.
  • Biaya pembedahan.
  • Pemulangan jenazah (termasuk biaya pendampingan keluarga).
  • Memberikan manfaat pendampingan (apabila tertanggung dirawat inap minimal 5 hari
  • berturut-turut).
  • Uang pertanggungan (UP) meninggal dunia bukan karena kecelakaan.
Asuransi Bisnis

TM Credit Protection

Produk asuransi jiwa kumpulan yang memberikan manfaat utama berupa pelunasan pinjaman tertanggung bila meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan.

  • Pertanggungan meninggal dunia.
  • Pertanggungan akibat ketidakmampuan (cacat) tetap dan total.
Asuransi Bisnis

TM Credit Life with Critical Illness

Produk asuransi jiwa bagi nasabah kumpulan yang melunasi pinjaman tertanggung bila meninggal dunia atau terkena penyakit kritis.

  • Manfaat meninggal dunia yaitu pelunasan pinjaman atau kredit jika tertanggung meninggal.
  • Manfaat penyakit kritis yaitu pelunasan pinjaman atau kredit jika tertanggung menderita salah satu dari 54 jenis penyakit kritis.
 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Tokio Marine Life, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Tokio Marine Life adalah perusahaan asuransi jiwa dari kelompok perusahaan asuransi umum tertua di Jepang, Tokio Marine Group. Perusahaan asuransi umum ini didirikan pada 1879 dan sejak itu mengembangkan bisnisnya secara global di sektor asuransi umum dan jiwa.

Di Indonesia, Tokio Marine Life mulai beroperasi pada 2012 dengan nama resmi PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia. Produk yang disediakan Tokio Marine Life antara lain asuransi jiwa, asuransi kesehatan, unit link, dan asuransi berbasis syariah bagi nasabah individu maupun kumpulan (karyawan).

PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Agen yang melakukan pemasaran produk TMLI telah terdaftar dan diawasi oleh OJK dan asosiasi asuransi jiwa (AAJI) yang ditunjuk oleh OJK. Adapun izin usaha TMLI sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor KEP-597/KM.10/2012 yang dikeluarkan pada 29 Oktober 2012.

Terdapat perbedaan antara Tokio Marine Life dan Asuransi Tokio Marine Indonesia. Tokio Marine Life merupakan perusahaan yang terdaftar di OJK dan AAJI. Produk yang ditawarkan Tokio Marine Life adalah asuransi jiwa, kesehatan, dan perlindungan lain bagi nasabah.

Asuransi Tokio Marine Indonesia adalah perusahaan yang terdaftar di OJK dan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) sebagai perusahaan asuransi umum (kerugian). Sebagai perusahaan asuransi umum, produk yang tersedia memberikan jaminan ganti rugi atas aset yang dijaminkan seperti asuransi kendaraan bermotor dan asuransi properti atau asuransi rumah.

Situs resmi masing-masing perusahaan digabung dalam tokiomarine.com. Itu sebabnya untuk melihat masing-masing produk dari perusahaan asuransi ini agak membingungkan. Bagi calon nasabah yang ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai perusahaan asuransi asal Jepang ini bisa menghubungi Lifepal atau customer service Tokio Marine Indonesia.

Berikut ini daftar Direksi Tokio Marine Life Indonesia:

  • Direktur Utama Tham Chee Kong: Berpengalaman lebih dari 20 tahun di industri asuransi jiwa di beberapa perusahaan asuransi jiwa di Indonesia dan Malaysia.
  • Wakil Direktur Utama Chitaka Ishikura: Berpengalaman lebih dari 20 tahun di industri asuransi jiwa, termasuk perusahaan asuransi sebelumnya. Bergabung dengan Tokio Marine Life sejak April 2019.
  • Direktur Operasional Liany Kurniawan: menjabat posisi ini sejak Juli 2016.
  • Direktur Keuangan dan Aktuaria Chong Yoon Hin: Berpengalaman lebih dari 23 tahun dalam industri asuransi jiwa di Malaysia, Singapura, dan Indonesia.
  • Direktur Agency Distribution Nelly Husnayati: Bergabung sejak September 2016 dan berpengalaman lebih dari 25 tahun di industri asuransi jiwa.
  • Direktur Kepatuhan Florence Army: Bergabung sejak Desember 2019 dan telah bekerja di industri asuransi khususnya di bidang Legal & Compliance selama lebih dari 15 tahun.

RBC Tokio Marine Life Indonesia adalah Risk Based Capital atau rasio solvabilitas yaitu salah satu indikator level kesehatan keuangan perusahaan asuransi atau reasuransi. Di Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menetapkan indikator RBC perusahaan asuransi minimal 120 persen. Di bawah persentase ini akan dianggap risiko perusahaan asuransi dalam memenuhi kewajibannya tinggi.

RBC Tokio Marine Life Indonesia pada laporan keuangan 2019 1389 persen atau jauh di atas standar minimum OJK.

Berikut tujuan atau manfaat mengetahui RBC perusahaan asuransi:

  • Untuk mengetahui besarnya kebutuhan modal perusahaan sesuai dengan tingkat resiko yang dihadapi perusahaan dalam mengelola kekayaan dan kewajibannya.
  • Untuk mengukur tingkat kesehatan keuangan.
  • Untuk mengurangi biaya kepailitan (insolvency).
  • Untuk menentukan faktor resiko yang proporsional terhadap resiko kepailitan (insolvency).
  • Untuk membantu regulator (pemerintah) dalam mengukur nilai aktual dari ekuitas.
  • Untuk mengantisipasi masalah-masalah yang akan datang.

Perkembangan Life Insurance Indonesia alias asuransi jiwa di Indonesia cukup baik. Meski baru sekira 6,6 persen penduduk Indonesia yang memiliki asuransi jiwa, hal ini tidak mengurangi peningkatan kinerja sektor asuransi jiwa.

Peningkatan aset industri asuransi yang semula Rp807,7 triliun pada 2014 menjadi Rp1.325,7 triliun pada Desember 2019. Pendapatan premi asuransi komersial juga naik 6,1 persen Tepatnya dari Rp169,86 triliun pada 2018 menjadi Rp261,65 triliun pada 2019. 

Jika dilihat dari kacamata premi bruto secara keseluruhan, Laporan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenai Indonesia Life Insurance Statistics atau statistik asuransi jiwa di Indonesia, pendapatan premi bruto Rp407,7 triliun dibagi total penduduk Indonesia 265,02 juta jiwa. Dari angka tersebut, asuransi jiwa menyumbang premi terbesar yaitu sebesar 45,4 persen.

Data tersebut mendukung penguatan kemampuan perusahaan dalam membayar utang jangka panjangnya (Risk Based Capital/RBC), yaitu 329,3 persen untuk asuransi umum dan 725,4 persen untuk asuransi jiwa, di atas ketentuan pemerintah 120 persen. Artinya, kekuatan keuangan industri Indonesia relatif baik.

Berdasarkan laporan OJK 2018, jumlah perusahaan asuransi yang memiliki izin usaha per 31 Desember 2018 tercatat 387 perusahaan. Sebanyak 151 di antaranya adalah perusahaan asuransi dan reasuransi dan 236 adalah perusahaan penunjang usaha asuransi. 

Berikut rincian data:

  • Asuransi jiwa: 60 perusahaan
  • Asuransi umum: 79 perusahaan
  • Asuransi yang punya unit syariah: 62 perusahaan (beririsan dengan asuransi jiwa dan umum)
  • Asuransi yang memasarkan unit link: 38 perusahaan (beririsan dengan asuransi jiwa)
  • Reasuransi: 7 perusahaan
  • Penyelenggara program jaminan sosial: 2 badan
  • Pialang asuransi: 166 perusahaan
  • Pialang reasuransi: 43 perusahaan
  • Penilai kerugian asuransi: 27 perusahaan

Association of Indonesian Life Insurance atau Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) adalah wadah bagi perusahaan dan agen asuransi jiwa yang bertujuan menciptakan, memelihara, dan memupuk kerja sama demi pengembangan industri asuransi jiwa di Indonesia.

Sebelum menjadi organisasi independen, industri asuransi jiwa tergabung dalam Dewan Asuransi Indonesia (DAI) yang merupakan wadah tunggal bagi semua perusahaan asuransi —umum, jiwa, sosial, dan reasuransi— di seluruh Indonesia. Akhirnya, bertepatan penyelenggaraan kongres tahunan DAI Ke-10 pada 23 Januari 2002, dideklarasikan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) sebagai induk organisasi bagi industri asuransi jiwa di Indonesia.

Para pengurus AAJI merupakan para profesional dalam industri asuransi jiwa dan reasuransi di Indonesia yang dipilih setiap lima tahun sekali untuk memastikan organisasi menjalankan fungsi dan perannya dengan baik. AAJI juga bermitra dengan berbagai pihak terkait seperti pembuat kebijakan keuangan dan perbankan di Indonesia untuk melakukan kegiatan-kegiatannya di bawah perundang-undangan yang berlaku.

AAJI merupakan satu-satunya asosiasi yang memiliki kewenangan untuk menyelenggarakan ujian dan memberikan lisensi bagi tenaga pemasar asuransi jiwa profesional dari seluruh perusahaan anggota di Indonesia.

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia ( AAJI) optimistis potensi asuransi jiwa ke depan masih ada 93,4 persen pasar yang belum digarap. Hingga 2018, baru 6,6 persen masyarakat Indonesia yang memiliki polis asuransi jiwa.

AAJI melihat, sumbangsih nilai asuransi jiwa terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia cenderung stabil dari tahun-tahun sebelumnya. Terakhir, menyentuh angka 2,5 persen pada kuartal II-2018. Dalam 4 tahun terakhir, kinerja asuransi jiwa mengalami perkembangan cukup siginifikan dengan pertumbuhan premi baru sekira 18,3 persen.

Berdasarkan catatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per 2017, indeks literasi asuransi di Indonesia baru mencapai 15,76 persen. Angka ini turun dari survei 2013 di angka 17,84 persen. Sementara tingkat utilitas mencapai 12,08 persen, tidak berubah jauh dari survei 2013 di angka 11,81 persen. Penetrasi asuransi di Indonesia saat ini baru mencapai sekitar 6-7 persen, jumlah ini terbilang masih sangat kecil dibandingkan populasi Indonesia yang mencapai lebih dari 265 juta jiwa.

Asuransi jiwa Tokio Marine adalah produk asuransi yang memberikan jaminan perlindungan finansial dari Tokio Marine Life Indonesia. Tersedia tiga jenis asuransi jiwa di Tokio Marine yaitu asuransi jiwa whole life (seumur hidup), asuransi term life (berjangka), dan asuransi jiwa plus investasi (unit link).

Pertanggungan utama atau manfaat paling dasar dari asuransi jiwa Tokio Marine adalah santunan atau uang pertanggungan bagi nasabah yang meninggal dunia. UP ini diberikan kepada ahli waris atau keluarga sesuai ketentuan yang tertera dalam buku polis.

Tokio Marine Whole Life adalah asuransi jiwa seumur hidup yang memberikan pertanggungan hingga nasabah berusia 99 tahun. Asuransi ini tersedia bagi nasabah individu dan keluarga.

Manfaat dari produk ini yang paling utama adalah santunan meninggal dunia bagi nasabah yang meninggal dunia. Santunan berupa uang pertanggungan (UP) ini akan diserahkan kepada ahli waris atau keluarga nasabah dengan nominal yang tertera dalam buku polis.

Term Life Insurance Indonesia adalah asuransi berjangka yang tersedia di Indonesia. Salah satu perusahaan asuransi jiwa yang menawarkan asuransi term life adalah Tokio Marine Life Indonesia. Produk ini memberikan proteksi atau jaminan seperti asuransi jiwa, hanya jaminan berupa santunan meninggal dunia atau UP ini berlaku jika nasabah meninggal dunia dalam masa pertanggungan atau proteksi.

Tokio Marine Health Insurance adalah produk asuransi kesehatan Tokio Marine Life. Pertanggungan atau manfaat utama dari produk ini adalah jaminan biaya perawatan di rumah sakit terutama rawat inap dan pembedahan, serta biaya dokter dan obat-obatan.

Asuransi kesehatan juga memberikan manfaat tambahan seperti asuransi untuk perawatan gigi dan asuransi melahirkan.

Dana Pensiun Lembaga Keuangan Tokio Marine Life Indonesia adalah TM Link Retirement. Polis ini secara sederhana adalah asuransi jiwa plus investasi (unit link) dengan pembayaran premi berkala.

Manfaat dari polis ini adalah:

  • Perlindungan asuransi jiwa seumur hidup.
  • Manfaat investasi.
  • Manfaat dana pensiun yang stabil yang dimulai dari usia pensiun sesuai pilihan.
  • Pilihan manfaat asuransi tambahan (riders) sesuai kebutuhan.

Tokio Marine Travel Insurance adalah asuransi perjalanan dari Tokio Marine Indonesia. Asuransi ini tidak tersedia pada Tokio Marine Life, melainkan pada asuransi umum (kerugian) Tokio Marine.

Pertanggungan atau manfaat dari asuransi perjalanan ini cukup banyak termasuk keterlambatan penerbangan, kehilangan bagasi, pemulangan jenazah, dan lain-lain. Pada Tokio Marine, tersedia polis asuransi perjalanan domestik (dalam negeri) dan asuransi perjalanan internasional (luar negeri).

Temukan Tokio Marine Travel Insurance di Lifepal!

Asuransi mobil Tokio Marine adalah asuransi kendaraan bermotor khusus mobil dari Tokio Marine, tetapi bukan Tokio Marine Life. Polis asuransi mobil ini tersedia di PT Asuransi Tokio Marine Indonesia yaitu perusahaan asuransi umum (kerugian) dari Tokio Marine.

Jaminan atau manfaat dari asuransi mobil Tokio Marine yaitu jaminan ganti rugi comprehensive atau all risks yang memberikan jaminan menyeluruh atas semua risiko berkendara termasuk lecet hingga kerusakan parah.

Jaminan lain adalah total loss only (TLO) yaitu ganti rugi jika mobil hilang atau rusak lebih dari 75 persen. Ada pula manfaat tambahan seperti ganti rugi terhadap pihak ketiga (TPL) seperti saat terjadi kecelakaan.

Cari tahu premi asuransi Tokio Marine Life dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.

Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut.

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Adapun harga premi masing-masing produk asuransi yang telah disebutkan, antara lain:

Asuransi Individu

  • TM Peace of Mind: mulai dari Rp500 ribu per tahun atau Rp300 ribu per enam bulan.
  • TM Peace of Mind Plus: mulai dari Rp2 juta per tahun, Rp1,04 juta per semester, Rp550 ribu per tiga bulan, dan Rp300 ribu per bulan.
  • Asuransi TM 50: N/A.
  • TM Well Being (syariah): Rp1,29-12,63 juta per tahun.
  • TM Peace of Mind-Accident (syariah): Rp266-535 ribu per tahun.

Asuransi Bisnis

  • TM  WellBeing-Group: N/A.
  • TM Group Personal Accident: N/A.
  • TM Group Term Life: N/A.
  • TM Executive Medicare: Rp7,8-15,6 juta per tahun.
  • TM Credit Protection: N/A.
  • TM Credit Life with Critical Illness: N/A.

Situs resmi Tokio Marine Life dan Tokio Marine asuransi tergabung dalam tokiomarine.com. Produk asuransi yang bisa dibeli secara online merupakan gabungan antara polis asuransi yang tersedia di Tokio Marine Life dan PT Asuransi Tokio Marine Indonesia.

Adapun polis yang bisa dibeli secara online melalui situs tokiomarine.com adalah Asuransi Perjalanan, Asuransi Properti, dan Asuransi Kecelakaan Diri. Nasabah bisa memilih polis yang diinginkan dengan cara klik “Beli Sekarang” di pojok kanan atas situs perusahaan. Kemudian, pilih polis yang ingin dibeli dan ikuti petunjuk yang tersedia.

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.

Saat ini Tokio Marine melalui situsnya tidak menginformasikan terkait keagenan. Namun, bagi yang tertarik bergabung dengan Tokio Marine Life bisa mengirim CV dan lamaran kerja ke kantor pusat Tokio Marine Life atau email ke [email protected]

Lifepal sebagai broker asuransi online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat memberikan bantuan untuk mendapatkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Kita bisa mendapatkan referensi terkait produk perlindungan dari perusahaan asuransi lainnya dengan mengunjungi Lifepal dan sekaligus berkonsultasi secara gratis.

Premi asuransi Tokio Marine Life bisa dibayar secara tahunan atau diangsur setiap semester (per enam bulan), kuartal (per tiga bulan), setiap bulan sekali, dan akan diakui penanggung pada saat premi diterima di rekening penanggung.

Adapun kanal pembayaran yang disediakan adalah sebagai berikut ini:

  • Pembayaran premi online.
  • Pembayaran premi melalui Indomaret.
  • Pembayaran secara Setor Tunai.
  • Melalui ATM.
  • Melalui Internet Banking.
  • Pembayaran menggunakan Virtual Account
  • Pembayaran dengan Auto Debet kartu kredit atau rekening bank.

Cara pembayaran pada dasarnya sama saja, yang penting nasabah mengetahui nomor polis yang dibayarkan. Kemudian ketik nomor polis yang sesuai dan bayar premi sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan.

Jangan lupa simpan bukti pembayaran untuk arsip. Setiap transaksi pembayaran yang berhasil akan dikirimkan melalui SMS atau email di hari yang sama.

Klaim asuransi Tokio Marine Life Indonesia bisa dilakukan dengan dua cara yaitu reimbursement dan cashless.

  1. Khusus reimbursement

Cara klaim penggantian biaya, Anda lakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Mengisi formulir klaim dengan lengkap.
  • Menyerahkan formulir klaim tersebut ke Kantor Pusat atau Kantor Pemasaran Tokio Marine Life Insurance terdekat.
  • Klaim tersebut dapat diproses apabila formulir klaim dan seluruh dokumen pendukung diterima secara lengkap oleh Tokio Marine Life Insurance.
  • Tokio Marine Life Insurance akan memproses klaim tersebut dalam waktu maksimum 14 hari kerja sejak dokumen dan informasi yang dibutuhkan diterima secara lengkap.
  1. Untuk klaim cashless di luar negeri

Asuransi Tokio Marine Life Indonesia bisa digunakan di luar negeri dengan rumah sakit rekanan (AAI Indonesia). Berikut langkah-langkah klaimnya:

  • Tertanggung atau keluarga tertanggung atau pemegang polis menghubungi AAI Indonesia untuk rencana rawat inap di rumah sakit rekanan luar negeri.
  • AAI Indonesia melakukan verifikasi data, maksimal tiga hari kerja dan kemudian AAI Indonesia mengirimkan Hospital Admission Form (HAF) untuk diisi oleh dokter di Indonesia yang memeriksa tertanggung. Jika ada, mohon menyertakan rekam medis terakhir.
  • Pemegang polis atau tertanggung mengirimkan formulir HAF yang telah diisi lengkap melalui email atau fax minimal tiga hari kerja sebelum tanggal keberangkatan.
  • AAI Indonesia mengirimkan fotokopi Surat Jaminan Awal.
  • Tertanggung datang ke rumah sakit rekanan melakukan pendaftaran.
  • Tertanggung memberikan fotokopi Surat Jaminan Awal dan Kartu Asuransi pada waktu melakukan pendaftaran.
  • Tertanggung menjalani rawat inap di rumah sakit rekanan.
  • Pada saat tertanggung akan keluar dari rawat inap, rumah sakit rekanan mengirimkan pemberitahuan dan dokumen pendukung kepada Regional AAI Indonesia.
  • Rumah sakit rekanan memberitahukan kepada tertanggung untuk proses administrasi keluar rawat inap.
  • Tertanggung menyelesaikan proses administrasi keluar rawat inap di rumah sakit rekanan termasuk membayar kelebihan klaim (jika ada).
  • Jika sudah selesai, tertanggung diperbolehkan pulang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai klaim asuransi Tokio Marine Life, hubungi:

  • No.Telp: (021) 2953 0730
  • Faksimili: (021) 572 4010​ (khusus klaim)
  • Email: [email protected]
  • Atau kunjungi Departemen Klaim PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia di Plaza Bapindo, Citibank Tower, lantai 19, Jalan Jend. Sudirman Kav. 54-55, Jakarta 12190

Jangan lupa lampirkan dokumen berikut ini:

  • Melampirkan surat pernyataan dokter.
  • Formulir aplikasi klaim.
  • Surat kuasa permintaan data medis.
  • Formulir aplikasi klaim rawat jalan.

Manfaat asuransi kesehatan untuk perawatan rumah sakit dan pembedahan tidak akan diberikan akibat kondisi-kondisi sebagai berikut:

  • Perawatan atas penyakit atau cedera tanpa adanya rekomendasi dari dokter, dan pengobatan yang dilakukan tidak berhubungan dengan diagnosanya.
  • Kondisi yang telah ada sebelumnya (pre-existing condition), penyakit atau cedera yang telah ada atau diderita sebelumnya.
  • Penyakit khusus yang timbul atau diderita oleh tertanggung berdasarkan diagnosa dalam 24 (dua puluh empat) bulan terhitung sejak tanggal mulai berlaku atau tanggal pemulihan asuransi tambahan ini, mana yang terjadi paling akhir.
  • Segala penyakit yang timbul atau diderita oleh tertanggung berdasarkan diagnosa dalam 30 (tiga puluh) hari pertama setelah tanggal mulai berlaku atau tanggal pemulihan asuransi tambahan ini, kecuali akibat kecelakaan.
  • Segala biaya yang tidak berhubungan langsung dengan perawatan penyakit atau cidera atau pembedahan yang secara medis tidak dibutuhkan dan melebihi batas kewajaran.
  • Rawat jalan yang tidak berhubungan dengan rawat inap dan/atau pembedahan, termasuk pembedahan rawat jalan.
  • Perawatan kegemukan, penurunan atau penaikan berat badan.
  • Pemeriksaan mata, refraksi/ penyesuaian lensa, pembedahan kosmetik atau bedah plastik dan pembelian alat–alat termasuk kacamata dan lensa kontak.
  • Semua perawatan yang berhubungan dengan gigi atau perawatan/ pembedahan mulut serta pencabutan gigi, kecuali jika pembedahan dibutuhkan oleh akibat kecelakaan.
  • Perawatan yang berhubungan dengan kehamilan, keguguran (kecuali akibat kecelakaan) atau melahirkan (termasuk tes diagnosa untuk kemandulan), aborsi, sterilisasi (vasektomi dan tubektomi) dan alat KB lainnya termasuk komplikasi yang ditimbulkan oleh alat KB, serta perawatan kesuburan.
  • Serta pengecualian lain yang tercantum dalam polis atau hubungi customer service Tokio Marine Life.

Berikut ini biaya-biaya yang timbul dari jasa layanan darurat medis tidak akan ditanggung oleh provider di dalam keadaan sebagai berikut:

  • Pemberian jasa layanan yang tidak disebutkan di dalam penjelasan layanan ini atau perjanjian yang ditandatangani oleh penanggung dan provider, atau apabila tertanggung telah berusia 70 (tujuh puluh) tahun ke atas pada saat pelayanan ini dilaksanakan.
  • Jasa layanan yang dilakukan oleh pihak selain provider tanpa adanya persetujuan atau intervensi dari provider.
  • Jasa layanan yang dilakukan oleh pihak selain provider dimana pada umumnya tidak dibutuhkan biaya-biaya tertentu.
  • Perawatan medis yang diberikan oleh sanak saudara tertanggung, baik yang memiliki kualifikasi tertentu maupun tidak.
  • Biaya-biaya yang menjadi wajib dibayarkan karena tidak adanya penanganan provider.
  • Kasus-kasus penyakit atau luka ringan dimana berdasarkan pendapat tenaga medis provider dapat ditangani secara memadai pada fasilitas setempat.
  • Biaya-biaya yang timbul dimana tertanggung, berdasarkan pendapat dokter provider, secara fisik mampu melakukan perjalanan sebagai penumpang normal dengan tanpa disertai oleh dokter dan/ atau paramedis selama perjalanan, kecuali dianggap perlu oleh dokter provider.
  • Situasi yang berhubungan dengan keadaan medis yang telah ada atau sedang dalam perawatan pada saat dimulainya pertanggungan, kecuali secara khusus persetujuan telah didapat dan diberikan secara tertulis dari provider.
  • Situasi dimana suatu perjalanan secara spesifik dilakukan dengan tujuan untuk mendapat perawatan medis.
  • Kasus-kasus yang berhubungan dengan penyakit atau gangguan jiwa dimana perawatan sebelumnya telah diterima.

Asuransi Tokio Marine Life Indonesia memiliki kerjasama dengan ratusan rumah sakit, optik, klinik, dan laboratorium yang tersebar di seluruh Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Berikut ini beberapa rumah sakit dan rekanan asuransi Tokio Marine Life.

DKI Jakarta

  • RS Medika Permata Hijau, Jalan Raya Kebayoran Lama No.64. Telepon: (021) 530 5288
  • RSUD Cengkareng, Jalan N. Kamal Raya, Bumi Cengkareng Indah, Cengkareng Timur. Telepon: (021) 54372874/5/6
  • RSU Menteng Mitra Afia, Jalan Kali Pasir No.9 Menteng. Telepon: (021) 3154050
  • RS Pertamina Jaya, Jalan A.Yani No.2. Telepon: (021) 4204056
  • RS Abdi Waluyo, Jalan H.O.S. Cokroaminoto No.31-33. Telepon: (021) 3144989
  • RS MRCCC-Siloam Semanggi, Jalan Garnisun 2-3 Karet, Semanggi-Setiabudi. Telepon: (021) 29962888
  • RS Mayapada, Jalan Lebak Bulus I Kav.29. Telepon: (021) 29536660
  • RSIA Sammarie Basra Jl Basuki Rahmat No.31 Pondok Bambu, Duren Sawit (021) 86613145
  • RS Pusat Otak Nasional, Jalan M.T Haryono, Cawang. Telepon: (021) 2937 3377
  • RS Haji Jakarta, Jalan Raya Pondok Gede. Telepon: (021) 8000693-95

Banten

  • RS Kurnia Cilegon, Jalan Jombang Masjid No.4. Telepon: (0254) 391161
  • Klinik Griya Sehat, Perumahan Griya Cilegon Blok D6-7. Telepon: (0254) 388501
  • Optik Mikeda Cilegon Jalan Raya Serang No.3 Cilegon. Telepon: 085921116138
  • Optik Seis Cilegon, Center Mal Cilegon Center Mal, Jalan Jend.Ahmad Yani, Sukmajaya, Jombang. Telepon: (0254)7817520
  • RS Krakatau Medika, Jalan Semang Raya-Cilegon. Telepon: (0254) 396333
  • RB & Klinik Afina, Jalan Rambutan 12, Pagebangan-Cilegon. Telepon: (0254) 392568

Jawa Barat

  • RSU Bina Sehat, Jalan Raya Dayeuhkolot No.325. Telepon: (022)5207963-65
  • RS Mata Bandung Eye Center, Jalan Buah Batu No.147. Telepon: (022) 7351 4683/84
  • RS Immanuel Bandung, Jalan Kopo, No.161. Telepon: (022) 5201051
  • RSUD Al Ihsan, Jalan Ki Ashtamangala, Baleendah. Telepon: (022) 5940872
  • RSAU Dr. Moch. Salamun, Jalan Ciumbuleuit No.203 Cidadap. Telepon: (022) 2032090
  • RS Multazam Medika, Jalan Perumahan Jatimulya No.1 Tambun Selatan, Bekasi. Telepon: (021) 8215101
  • RS Hermina Grand Wisata, Jalan Festival Boulevard Blok Ja No. I, Grand Wisata, Telepon: (021) 82651212
  • RS Emc Sentul (D/H Rs. Pertamedika Sentul City), Jalan Mh.Thamrin Kav.57 Sentul City. Telepon: (021) 29672977/29672990
  • RS Bogor Senior, Jalan Raya Tajur No.168 Muara Sari, Bogor Selatan. Telepon: (0251) 7556777 

DI Yogyakarta

  • RS PKU Muhammadiyah Gamping, Jalan Wates KM 5,5 Gamping, Sleman. Telepon: (0274) 6499704
  • RS Sakina Idaman, Jalan Nyi Condro Lukito No.60, Blunyah Gede, Mlati. Telepon: (0274) 582039
  • RS Panti Rapih, Jalan Cik Ditiro No.30. Telepon: (0274) 514014
  • RSU Bethesda Lempuyangwangi, Jalan Hayam Wuruk No.6. Telepon: (0274) 512257
  • RS Happyland Medical Center, Jalan Ipda Tut Hars. Ono No.53 Timoho. Telepon: (0274) 550060/58

Jawa Tengah

  • RS PKU Aisyiyah Boyolali, Jalan Pasar Sapi Baru Singkil. Telepon: (0276) 322898/3293400
  • RS Bhakti Asih Brebes, Jalan Pangeran Diponegoro No.125 Pesantunan, Brebes. Telepon: (0283) 673481
  • RS Dedy Jaya, Jalan A. Yani No.57 Brebes. Telepon: (0283) 672145
  • RS Dera Asyifa, Jalan Merdeka No.191 Banjarharjo, Brebes. Telepon: (0283) 889588
  • RS Muhammadiyah Siti Aminah, Jalan Diponegoro Bumiayu. Telepon: (0289) 432209
  • RSU Allam Medica Bumiayu, Jalan Diponegoro No.609, Jatisawit Bumiayu. Telepon: (0289) 430822
  • RS Muhammadiyah Cepu, Jalan Ronggolawe No.137. Telepon: (0296)-421727
  • RS Aprilia, Jalan Jend Gatot Subroto No.95 Cilacap. Telepon: (0282) 536307
  • RS Santa Maria Cilacap, Jalan Jend.A.Yani No.38 Cilacap. Telepon: (0282) 534859
  • RS Islam Fatimah Cilacap Jalan H Juanda No.20. Telepon: (0282) 542396
  • RSI Muhammadiyah Kendal, Jalan AR Rahmah No.17 Weleri. Telepon: (0294) 641870
  • RS Islam Klaten, Jalan Raya Solo KM.4. Telepon: (0272) 322252
  • RS Cakra Husada Klaten, Jalan Merbabu No.7. Telepon: (0272) 321123
  • RSU PKU Muhammadiyah Delanggu, Jalan Delanggu Utara No.19. Telepon: (0272)551051

Jawa Timur

  • RS Graha Medika Banyuwangi, Jalan Raya Yosomulyo Gambiran Dusun Sidorejo Wetan. Telepon: (0333) 848999
  • RS Bhakti Husada Krikilan, Jalan Krikilan,Tegalharjo, Glenmore. Telepon: (0333) 821224
  • RS Umum Aminah Blitar, Jalan Veteran No.39, Kepanjen, Kidul. Telepon: (0342) 816304
  • RS Aisyiyah Bojonegoro, Jalan Hasyim Ashari No.17. Telepon: (0353) 881748
  • RS PKU Muhammadiyah Kalitidu, Jalan Raya Kalitidu No.266. Telepon: (0353) 511731
  • RS Bina Sehat, Jalan Jayanegara No.7. Telepon: (0331) 422701
  • Laboratorium Klinik Sima Jember, Jalan Gajah Mada No.199 Kaliwates. Telepon: (0311) 421639
  • RS Perkebunan (PTPN) X Jember, Jalan Bedadung No.2. Telepon: (0331) 487104

Sumatera

  • RS Naili DBS, Jalan Ratulangi No.24 Padang Barat. Telepon: (0751) 8951900
  • RS Mata Padang Eye Center (PEC), Jalan Pemuda No.53 Padang. Telepon: (0751) 30094
  • RSI Siti Rahmah Padang, Jalan Raya By Pass KM 15, Padang. Telepon: (0751) 4630592
  • RS Selaguri, Jalan A.Yani, No.26. Telepon: (0751) 33010
  • RSU Bunda Medical Center (RSU C-BMC), Jalan Proklamasi No.31-33-37. Telepon: (0751) 23164
  • RS Yos Sudarso, Jalan Situjuh No.1. Telepon: (0751) 33230
  • RS Myria, Jalan Kol. H. Burlian KM.7 No.228 Palembang. Telepon: (0711) 411610
  • RSIA YK Madira, Jalan Jend Sudirman No.1051 C-D, Palembang. Telepon: (0711) 364954
  • RS Pusri, Jalan Mayor Zen Komplek Pusri No.1. Telepon: (0711) 712222
  • RS Islam Siti Khadijah Palembang, Jalan Demang Lebar Daun, Lorong Pakjo.Telepon: (0711) 356008
  • RS Siloam Dhirga Surya, Jalan Imam Bonjol No.6 Kel. Petisah. Telepon: (061) 88881900
  • RS Imelda Pekerja Indonesia, Jalan Bilal No.24 Pulo Brayan Darat, Medan Timur. Telepon: (061) 6610072
  • RSU Sufina Aziz, Jalan Karya Baru No.1 Helvetia Timur. Telepon: (061) 8441111
  • RS Khusus Bedah Setia Budi, Jalan Mesjid No.3 Tanjung Rejo, Medan. Telepon: (061) 8220995
  • RS Meutia, Jalan Cut Meutia No.55 Kp. Baru, Banda Aceh. Telepon: (0651) 33149
  • RS Cempaka Az Zahra, Jalan Pocut Baren No.36-38-40, Banda Aceh. Telepon: (0651) 31066
  • RS Teungku Fakinah, Jalan Jend. Sudirman No.27-29. Telepon: (0651) 41454

Sulawesi

  • RSUD Mamuju, Jalan RE Martadinata, Mamuju, Sulbar. Telepon: (0426) 21107
  • RS Bhayangkara Hoegeng Iman Santoso, Jalan Arteri, Simboro-Mamuju, Telepon: 082196358960
  • RS Grestelina, Jalan Letjen Hertasning Raya No.51. Telepon: (0411) 427241
  • RS Ibnu Sina YBW-UMI, Jalan Urip Sumoharjo KM.5 No.264. Telepon: (0411) 452958
  • RS Bintang Laut, Jalan KH.M Hasyim No.5 Sabbangparu, Wara Utara, Pattene. Telepon: (0471) 21302
  • RS Fatima Pare-pare, Jalan Ilham V . Telepon: (0421) 21847
  • RS Fatima Makale Toraja, Jalan Nusantara No.18, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Telepon: (0423) 24058
  • RS Samaritan Palu, Jalan Towua No.77. Telepon: (0451) 4010925
  • RSU Kinapit Kotamobagu, Jalan S Parman No.201. Telepon: (0434) 21144
  • RSIA Kasih Ibu Manado, Jalan Wolter Monginsidi 1 Kompleks Bahu Mall Blok C-23, Malalayang. Telepon: (0431) 834780

Kalimantan

  • RS Fatima Ketapang, Jalan Jend Sudirman No.27 Ketapang. Telepon: (0534) 32814
  • RS Kasih Bunda Jaya, Jalan Juang KM.1 Nanga Pinoh, Tanah Tinggi. Telepon: (0568) 22885
  • RS Citra Husada Melawi, JalanDharma Bakti No.45C, Melawi. Telepon: (0568) 22355
  • RS Santo Antonius Pontianak, Jalan KH Wahid Hasyim No.249. Telepon: (0561) 732101
  • RSU Harapan Bersama, Jalan NP Belitung No.61 Singkawang. Telepon: (0562) 631791
  • RSIA Wempe Singkawang, Jalan Gunung Sari No.10, Singkawang Barat. Telepon: (0562) 4644000
  • RS Santo Vincentius Singkawang, Jalan P. Diponegoro No.5. Telepon: (0562) 631008
  • RS Sari Mulia, Jalan Pangeran Antasari No.139B. Telepon: (0511) 3252570
  • RS Islam Banjarmasin, Jalan Letjen S Parman No.88, Banjarmasin. Telepon: (0511) 335032
  • RS Siloam Palangkaraya, Jalan RTA Milono KM.4 No.425, Langkai, Pahandut. Telepon: (0536) 8001100
  • RS Awal Bros Betang Pambelum, Jalan Tjilik Riwut KM.6,6 Bukit Tunggal. Telepon: (0536) 4281888
  • RS Islam PKU Muhammadiyah Palangkaraya, Jalan RTA Milono KM .2,5 Menteng, Jekan Raya. Telepon: (0536) 3244801
  • RS Citra Husada Pangkalan Bun, Jalan Malijo, Madurejo, Arut Selatan, Kotawaringin Barat. Telepon: (0532) 2070777
  • RS Hermina Balikpapan, Jalan MT Haryono No.45, Sepinggan Baru, Balikpapan Selatan. Telepon: (0542) 8532525
  • RS Pertamina Balikpapan, Jalan Jend Sudirman No.1. Telepon: (0542) 7517485
  • Dental Specialist Balikpapan, Komplek Balikpapan Ruko Baru, Ruko Namirah Blok A3, Balikpapan Selatan. Telepon: (0542) 8510937
  • RSPKT Prima Sangatta (RS Pupuk Kaltim), Jalan Yos Sudarso I No.1, Sangatta. Telepon: (0549) 24555
  • RS Meloy Sangatta, Jalan Yos Sudarso II No.101. Telepon: (0549) 2026258 

Indonesia Timur

  • RS Provita, Jalan Sam Ratulangi No.39. Telepon: (0967) 5162888
  • Laboratorium Klinik 129, Jalan Raya Entrop Ruko Bucend II Jayapura, Papua. Telepon: (0967) 535625
  • RS Dian Harapan, Jalan Taruna Bhakti, Yabanci Distrik Herang. Telepon: (0967) 573479
  • Poliklinik Pertamina Jayapura, Jalan Argapura Atas No.15 Jayapura. Telepon: (0967) 541462
  • RS TK. II Marthen Indey, Jalan Diponegoro No.57. Telepon: (0967) 532491/92
  • RS Angkatan Laut Dr Azhar Zahir Manokwari, Jalan Serma Suwandi No.1. Telepon: (0986) 211758
  • RS Pertamina Sorong, Jalan Ahmad Yani No.13. Telepon: (0951) 321362
  • RS Maleo Sorong, Jalan Kesehatan No.37, Kampung Baru. Telepon: (0951) 322090
  • RS Kasih Herlina Sorong, Jalan Selat Makasar No.7, Remu, Sorong. Telepon: (0951) 321424
  • RS Sumber Hidup, Jalan Anthony Rhebok, Honipopu, Sirimau, Ambon, Maluku. Telepon: (0911) 352373
  • RS Bhakti Rahayu Ambon Jalan Batu Kerbau. Telepon: (0911) 342746
  • RS T TK.II Dr.J.A. Latumeten, Jalan Dr.Tamaela No.2. Telepon: (0911) 353555
  • RS Prima Ternate, Jalan Raya Mangga Dua. Telepon: 082292112020
  • RS Islam Ternate, Jalan Pemuda No.131 Kel.Tobeleu. Telepon: (0921) 3121623
  • RS Medika Harifalm, Jalan Zainal Abidinsyah No.25, Komplex Pohon Pala. Telepon: (0921) 3126087

Layanan nasabah atau call center Tokio Marine Life dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim, dan sebagainya, silakan menghubungi kontak berikut.

  • PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia: International Financial Centre Tower 2, Level 33A, Jalan Jenderal Sudirman Kav.22-23, Jakarta 12920
  • No. Telp: (021) 2953 0730
  • Faksimili: (021) 572 4010​ (khusus klaim)
  • Email: [email protected]
  • Departemen Klaim PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia di Plaza Bapindo, Citibank Tower, lantai 19, Jalan Jend. Sudirman Kav. 54-55, Jakarta 12190

PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia telah memiliki 10 kantor pemasaran di 10 kota besar di Indonesia. Sementara jumlah agen yang terdaftar dan memiliki lisensi Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencapai 1.000 agen.

Alamat Kantor Pusat Tokio Marine Life

PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia

International Financial Centre Tower 2, Level 33A

Jalan Jenderal Sudirman Kav.22-23, Jakarta 12920

Kantor Cabang Pemasaran PT Tokio Marine Life Indonesia

  • Bandung: PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia, Jalan Lengkong Kecil No.46, Bandung 40261, Jawa Barat. Telepon: (022) 4223838
  • Semarang: PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia, Jln imam Bonjol No.47–49, Ruko Metro Square B8 Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Telepon: (024) 86041616
  • DI Yogyakarta: PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia, Ruko Sumber Baru Square Kav.N, Jalan Ringroad Utara, Sendangadi Mlati, Sleman, Yogyakarta. Telepon: (0274) 4469709
  • Surabaya: PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia, Jalan Raya Gubeng No. 11, Surabaya. Telepon: (031) 5013273
  • Jakarta: Chaze Plaza 16Fl, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 21, Jakarta 12920. Telp: (021) 2934 7968
  • Tangerang: Ruko Golden Road Blok C 32 No. 19, BSD City, Tangerang Selatan. Telp: (021) 5377363
  • Medan: Jl. Palang Merah Medan, Royal Residence Lantai II Tower A, Kelurahan AUR, Kecamatan Medan Maimun. Telp: (061) 88817671
  • Denpasar: Jl. Mahendradata 16C, Kecamatan Denpasar Barat, Bali. Telp: (0361) 8466672
  • Pontianak: Komplek Perdana Square, Blok E1 & E2, Jl. Perdana, Parit Tokaya, Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Telp: (0561) 747588
  • Makassar: Jl. Pettarani No. 18, Blok B2, Makassar 90211. Telp: (0411) 466 0816/7

Berikut ini beberapa daftar perusahaan asuransi berizin OJK yang menyediakan produk seperti Tokio Marine Life sebagai bahan pertimbangan kamu memilih asuransi terbaik:

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • www.tokiomarine.com
  • https://www.beritasatu.com/ekonomi/599279/tokio-marine-siapkan-layanan-prioritas-bila-nasabah-terjangkit-virus-korona
  • https://www.wartaekonomi.co.id/read206507/tokio-marine-raih-penghargaan-csr-dari-marketeers.html
  • https://pasardana.id/news/2018/11/7/17-perusahaan-asuransi-jiwa-nasional-raih-infobank-unit-link-awards-2018/
  • https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/06/192907626/aaji-potensi-pasar-asuransi-jiwa-di-indonesia-masih-934-persen
  • https://economy.okezone.com/read/2018/11/20/320/1980384/indeks-literasi-asuransi-di-indonesia-masih-rendah
Penulis Hanifah Nurul Eks jurnalis bidang moneter, keuangan, dan gaya hidup yang memberikan pencerahan finansial lewat tulisan sederhana. Lihat profile penulis