Asuransi Tugu Mandiri

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62

Asuransi Tugu Mandiri

Asuransi Tugu Mandiri merupakan perusahaan asuransi jiwa yang memiliki nama lengkap PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri. Produk asuransi yang dihadirkan oleh perusahaan, antara lain asuransi jiwa, asuransi kesehatan Tugu Mandiri, dan dana pensiun lembaga keuangan (DPLK).

Kelebihan dan Kekurangan Tugu Mandiri versi Lifepal:

  • (+)  Asuransi Tugu memiliki tiga jenis produk asuransi yaitu, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan DPLK.
  • (+) Asuransi Tugu Mandiri memiliki delapan kantor pemasaran dan empat kantor agency yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.
  • (+) Asuransi Tugu Mandiri memiliki seribu agen produktif yang telah berhasil menjual lebih dari 50.000 polis asuransi unit link Tugu Mandiri.
  • (+) Asuransi Tugu Mandiri memiliki layanan nasabah berbasis aplikasi bernama TMLife. Aplikasi tersebut memudahkan pelayanan pendaftaran dan pembayaran premi asuransi.
  • (+) Asuransi Tugu Mandiri sudah mendukung pembayaran secara online, yaitu Finpay (payment gateway berbasis digital) dan virtual account.
  • (-) Kebanyakan produk asuransi Tugu Mandiri adalah unit link atau asuransi berbalut investasi. Bagi calon nasabah yang menginginkan produk proteksi saja, produk demikian terbilang terbatas di Tugu Mandiri.

Sekilas tentang Tugu Mandiri

Tugu Mandiri didirikan pada 28 Juni 1985 dengan kepemilikan saham oleh Dana Pensiun Pertamina, PT Timah Tbk., dan Kementerian Keuangan RI.

Dalam segi pengoperasiannya, Tugu Mandiri didukung oleh delapan kantor pemasaran, empat kantor agency, dan seribu agen produktif yang telah sukses menjual lebih dari 50 ribu polis asuransi unit link. Pencapaian tersebut menghasilkan penghargaan Top Rookie Agent AAJI Award 2018 di ajang Top Agent Awards (TAA) 2018.

Salah satu produk unggulan Asuransi Tugu Mandiri adalah Program Pensiun Untuk Kompensasi Pesangon (PPUKP) DPLK. Produk tersebut cocok bagi nasabah yang ingin mempersiapkan dana pensiun. Selain itu, Tugu Mandiri juga punya produk asuransi jiwa bagi karyawan. Produk asuransi jiwa bagi karyawan cukup jarang ditemukan pada perusahaan lain yang lebih sering menjual asuransi kesehatan karyawan.

PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri sudah memperoleh izin operasional sebagai perusahaan asuransi jiwa dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia pada 12 Agustus 1986 melalui SK Menteri Keuangan No.Kep-082/KM.11/1986. Asuransi Tugu Mandiri tergabung pada Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).
Tugu Mandiri telah mendapat sejumlah penghargaan dalam berbagai kategori. Berikut beberapa di antaranya: Indonesia Good Corporate Governance Award 2019, Economic Review; The Best oh The Best Life Insurance Company 2019, 8th Indonesia Insurance Award 2019 Economic Review; Peringkat Sangat Bagus atas Kinerja Keuangan selama Tahun 2018, Infobank 20th Insurance Award 2019.

Laporan Keuangan Tugu Mandiri

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Tahunan 2018 yang dirilis pada situs resmi asuransi Tugu Mandiri. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk menentukan suatu perusahaan asuransi sehat atau tidak.

  • Rasio solvabilitas: 167 persen.
  • Jumlah aset: Rp1,662 triliun
  • Ekuitas: Rp258,603 miliar.

Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar.

Jika mengacu pada data laporan keuangan tahun 2018, asuransi Tugu Mandiri memiliki rasio solvabilitas yang hanya mencapai 167 persen. Angka tersebut hanya 47 persen lebih besar dari ketentuan pemerintah. Rasio solvabilitas secara sederhana adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya. Asuransi Tugu Mandiri harus terus meningkatkan performanya agar mampu memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya.

Saat ini, Lifepal belum bekerja sama dengan PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri. Untuk mengetahui informasi terkait produk asuransi Tugu Mandiri, sila cek situs resmi tugumandiri.com. Jika tertarik untuk mengetahui informasi produk dari asuransi lainnya, Lifepal dapat membantu untuk mencarikan asuransi terbaik dan konsultasi gratis.

Berita Terbaru Asuransi Tugu Mandiri

Agustus 2019-PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri melakukan ekspansi pasar ke Bali. Kantor cabang yang baru diresmikan berada di gedung Renon Landmark, Denpasar. Kantor cabang ini merupakan kantor cabang ke-10. Hingga saat ini, Bali didapuk sebagai salah satu wilayah dengan jumlah polis terbesar, yaitu 3.000 polis.
April 2019-PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri membukukan penurunan laba komprehensif 55,4 persen pada 2018. Berdasarkan laporan keuangan Tugu Mandiri per 31 Desember 2018, perusahaan membukukan laba komprehensif Rp26,8 miliar. Jumlahnya menurun dibandingkan dengan laba 2017 senilai Rp60,3 miliar.

Asuransi Tugu Mandiri memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan atau manfaat asuransi Tugu Mandiri berdasarkan jenis produk, polis, dan plan yang dipilih.

Asuransi Jiwa Individu Tugu Mandiri
TM Power Link
Memberikan hasil investasi yang optimal sesuai dengan jenis investasi yang dipilih.
Asuransi Jiwa Individu Tugu Mandiri
TM Personal Accident (PA) Medicard
Mampu memberikan pertanggungan hingga Rp30 juta.
Asuransi Jiwa Individu Tugu Mandiri
TM Power Link - Tugu Prestasi
Memastikan anak-anak Anda memperoleh jaminan dana untuk kelangsungan belajarnya.
Asuransi Jiwa Individu Tugu Mandiri
TM Power Link - Tugu Proteksi
Proteksi dengan pemberian santunan dana selama Anda harus dirawat dan tidak bisa menjalankan operasional kerja.
Asuransi Jiwa Individu Tugu Mandiri
TM Power Link - Tugu Warisan
Memberikan santunan bagi ahli waris sebesar Rp 1 miliar.
Asuransi Jiwa Individu Tugu Mandiri
TM Power Link - Tugu Sejahtera
Memberikan perlindungan hari tua di saat Anda sudah pensiun dan tidak lagi berpenghasilan.
Asuransi Jiwa Individu Tugu Mandiri
TM Health Guard
Penggantian biaya rawat inap dan pembedahan dengan masa pertanggungan selama satu tahun.
Asuransi Jiwa Individu Tugu Mandiri
TM Smart Gift
Memberikan manfaat tahapan beasiswa hingga 205% dari premi yang dibayarkan dan manfaat meninggal dunia untuk tertanggung sebesar 50% dari premi.
Asuransi Jiwa Individu Tugu Mandiri
Tugu Dana Maksima
Perlindungan dan investasi untuk masa depan yang indah dan aman.
Asuransi Jiwa Individu Tugu Mandiri
Tugu Eka Warsa
Penanggung akan membayar uang pertanggungan sebagaimana tercantum dalam ikhtisar polis sebelum tanggal berakhirnya polis dengan masa asuransi satu tahun.
Asuransi Jiwa Grup Tugu Mandiri
TM Group Credit Shield
Jaminan pembayaran bila peserta meninggal dunia secara wajar dalam masa pertanggungan.
Asuransi Jiwa Grup Tugu Mandiri
Group Personal Accident Plan
Melindungi dari terjadinya kecelakaan yang mengakibatkan kematian atau cacat tetap seluruhnya.
Asuransi Jiwa Grup Tugu Mandiri
Group Severance Program
Memastikan perusahaan selalu siap dalam pendanaan pembayaran pesangon pekerja bila terjadi PHK.
Asuransi Jiwa Grup Tugu Mandiri
Group Term Life
Memberikan penggantian uang pertanggungan 100% selama masa pertanggungan akibat kematian oleh sebab apapun.
Asuransi Jiwa Grup Tugu Mandiri
Grup Single Premium (GSP) Endowment
Pembayaran uang tertanggung 125% premi apabila peserta meninggal dunia.
Asuransi Kesehatan Tugu Mandiri
Group Managed Health Care Plan
Memberikan jaminan pelayanan kesehatan kelompok, di jaringan provider di seluruh Indonesia, tanpa limit tahunan, dan pelayanan kesehatan komprehensif.
Asuransi Kesehatan Tugu Mandiri
Group Medicare Plan
Memberikan pergantian berimbang atas biaya pengobatan.
Asuransi Kesehatan Tugu Mandiri
Hospital Cash Plan Plus
Memberikan santunan tunai harian yang bisa digunakan untuk biaya rumah sakit atau biaya kebutuhan hidup.
Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)
TM Sitampan Insani
Memberikan perlindungan jiwa yang disebabkan kematian karena sebab apapun.
Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)
TM Sitampan Sahati
Memberikan santunan Hospital Cash Plan (HCP) kepada peserta berupa dana tunai selama perawatan seperti rawat inap, ICU/ICCU, serta operasi.
Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)
TM Sitampan Dapati
Memberikan 100% uang pertanggungan bila peserta meninggal dunia.
Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)
TM SiTampan
Pemberian iuran dan hasil investasi mendapatkan fasilitas perpajakan baik itu PPh 21 dan PPh 23, sehingga dana dapat berkembang lebih optimal dan Peserta dikenakan pajak manfaat pensiun yang lebih rendah.

Berbagai produk asuransi Tugu Mandiri yang telah disebutkan tadi memiliki ketentuan masing-masing. Agar lebih jelas dan semakin memahami berbagai produk asuransi Tugu Mandiri tersebut, mari perhatikan ulasan berikut terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda dapat mempertimbangkan kelayakan produk asuransi Tugu Mandiri. 

Pertanggungan asuransi Tugu Mandiri adalah benefit atau manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Tentu saja berdasarkan produk asuransi yang disepakati berdasarkan polis tertulis.

Agar lebih jelas, mari simak apa saja pertanggungan atau manfaat asuransi Tugu Mandiri berdasarkan jenis produknya.

1. Asuransi Jiwa

Berikut adalah pertanggungan asuransi jiwa pada Tugu Mandiri:

  • TM Power Link: memberikan hasil investasi yang optimal sesuai dengan jenis investasi yang dipilih.
  • TM Personal Accident (PA) Medicard: mampu memberikan pertanggungan hingga Rp30 juta.
  • TM Power Link – Tugu Prestasi: memastikan anak-anak Anda memperoleh jaminan dana untuk kelangsungan belajarnya.
  • TM Power Link – Tugu Proteksi: proteksi dengan pemberian santunan dana selama Anda harus dirawat dan tidak bisa menjalankan operasional kerja.
  • TM Power Link – Tugu Warisan: memberikan santunan bagi ahli waris sebesar Rp 1 miliar.
  • TM Power Link – Tugu Sejahtera: memberikan perlindungan hari tua di saat Anda sudah pensiun dan tidak lagi berpenghasilan.
  • TM Health Guard: penggantian biaya rawat inap dan pembedahan dengan masa pertanggungan selama satu tahun.
  • TM Smart Gift: memberikan manfaat tahapan beasiswa hingga 205% dari premi yang dibayarkan dan manfaat meninggal dunia untuk tertanggung sebesar 50% dari premi.
  • Tugu Dana Maksima: perlindungan dan investasi untuk masa depan yang indah dan aman.
  • Tugu Eka Warsa: penanggung akan membayar uang pertanggungan sebagaimana tercantum dalam ikhtisar polis sebelum tanggal berakhirnya polis dengan masa asuransi satu tahun.
  • TM Group Credit Shield: jaminan pembayaran bila peserta meninggal dunia secara wajar dalam masa pertanggungan .
  • Group Personal Accident Plan: melindungi dari terjadinya kecelakaan yang mengakibatkan kematian atau cacat tetap seluruhnya.
  • Group Severance Program: memastikan perusahaan selalu siap dalam pendanaan pembayaran pesangon pekerja bila terjadi PHK.
  • Group Term Life: memberikan penggantian uang pertanggungan 100% selama masa pertanggungan akibat kematian oleh sebab apapun.
  • Grup Single Premium (GSP) Endowment: pembayaran uang tertanggung 125% premi apabila peserta meninggal dunia.

2. Asuransi Kesehatan

Berikut adalah pertanggungan asuransi kesehatan pada Tugu Mandiri:

  • Group Managed Health Care Plan memberikan jaminan pelayanan kesehatan kelompok, di jaringan provider di seluruh Indonesia, tanpa limit tahunan, dan pelayanan kesehatan komprehensif.
  • Group Medicare Plan mampu: memberikan pergantian berimbang atas biaya pengobatan.
  • Hospital Cash Plan Plus: memberikan santunan tunai harian yang bisa digunakan untuk biaya rumah sakit atau biaya kebutuhan hidup.

3. Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

Berikut adalah pertanggungan DPLK pada Tugu Mandiri:

  • TM Sitampan Insani: memberikan perlindungan jiwa yang disebabkan kematian karena sebab apapun
  • TM Sitampan Sahati: memberikan santunan Hospital Cash Plan (HCP) kepada peserta berupa dana tunai selama perawatan seperti rawat inap, ICU/ICCU, serta operasi.
  • TM Sitampan Dapati : memberikan 100% uang pertanggungan bila peserta meninggal dunia.
  • TM SiTampan: pemberian iuran dan hasil investasi mendapatkan fasilitas perpajakan baik itu PPh 21 dan PPh 23, sehingga dana dapat berkembang lebih optimal dan Peserta dikenakan pajak manfaat pensiun yang lebih rendah.

Harga premi asuransi Tugu Mandiri berbeda-beda dan disesuaikan dengan produk, rencana ke depan, profil calon nasabah, dan risiko serta riwayatnya. Selain itu juga terdapat perbedaan manfaat dari tiap asuransi yang dipilih. Adapun harga premi masing-masing produk, antara lain:

1. Asuransi Jiwa

  • TM Power Link: mulai dari Rp300 ribuan.
  • TM Personal Accident (PA) Medicard: mulai dari Rp100 ribuan.
  • TM Power Link – Tugu Prestasi: mulai dari Rp600 ribuan.
  • TM Power Link – Tugu Proteksi: mulai dari Rp600 ribuan.
  • TM Power Link – Tugu Warisan: mulai dari Rp600 ribuan.
  • TM Power Link – Tugu Sejahtera: mulai dari Rp600 ribuan.
  • TM Health Guard: mulai dari Rp1 juta/tahun
  • TM Smart Gift: mulai dari Rp5 juta.
  • Tugu Dana Maksima: minimal premi Rp100 juta dan maksimal Rp50 miliar.
  • Tugu Eka Warsa: mengikuti ketentuan polis dasar.
  • TM Group Credit Shield: minimal Rp5 juta per polis.
  • Group Personal Accident Plan: mengikuti ketentuan polis dasar.
  • Group Severance Program: mengikuti ketentuan polis dasar.
  • Group Term Life: mengikuti ketentuan polis dasar.
  • Grup Single Premium (GSP) Endowment: premi dibayarkan sekaligus dengan nilai minimal Rp.50 juta

2. Asuransi Kesehatan

  • Group Managed Health Care Plan: mengikuti ketentuan polis dasar.
  • Group Medicare Plan mampu: mengikuti ketentuan polis dasar.
  • Hospital Cash Plan Plus: mengikuti ketentuan polis dasar.

4. Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

  • TM Sitampan Insani: iuran Rp300 ribu per bulan.
  • TM Sitampan Sahati: iuran Rp2 juta per bulan.
  • TM Sitampan Dapati : mulai dari Rp2 juta
  • TM SiTampan: mulai dari Rp100 ribu.

Pada umumnya, ada beberapa metode penggantian biaya asuransi. Setiap metode, tentunya bergantung pada produk asuransi yang Anda gunakan.

  • Reimbursement. Reimbursement dapat dilakukan secara berkala maupun sekaligus, tergantung pada produk asuransi yang Anda miliki.  Metode ini mengharuskan tertanggung untuk melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan. Lalu, pihak perusahaan asuransi akan mengganti sebagian atau seluruh tagihan tersebut sesuai kesepakatan di polis asuransi.
  • Cashless. Metode penggantian cashless dilakukan dengan cara peserta asuransi menunjukkan kartu asuransi Tugu Mandiri agar bisa mendapatkan pelayanan medis.

Membeli asuransi secara Tugu Mandiri  secara online akan sangat praktis. Sebab, Anda tak perlu mendatangi kantor cabang terdekat sekalipun. Dengan agen asuransi yang mencapai ratusan ribu, cukup mudah bagi Anda membeli asuransi Prudential melalui mereka.

Untuk membeli secara online, Anda bisa mengunjungi situs resmi atau mengunduh aplikasi Tugu Mandiri Life (TMLife).

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membeli asuransi Tugu Mandiri secara online melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi Tugu Mandiri  saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula. 

Kini melakukan pembayaran Asuransi Tugu Mandiri semakin mudah, sebab kita bisa melakukannya dengan berbagai cara, mulai dari Finpay hingga virtual account. Berikut adalah cara membayar asuransi Tugu Mandiri.

Melalui Finpay

Pembayaran via Finpay dimulai dari 12 digit berawal 021xxx (khusus pembayaran premi pertama) dan 12 digit berawal 195xxx (khusus pembayaran premi lanjutan).

Pembayaran melalui ATM BRI

  • Pilih menu Transaksi Lain.
  • Pilih jenis transaksi Pembayaran.
  • Pilih transaksi pembayaran Telkom/Flexi/Speedy.
  • Masukkan 13 digit payment code pembayaran premi yang Anda dapatkan (tambahkan angka 0 di depan). Contoh: 195xxx menjadi 0195xxx.
  • Pilih Ya untuk melanjutkan pembayaran.

Pembayaran melalui ATM BCA

  • Pilih menu Transaksi Lain.
  • Pilih jenis transaksi Pembayaran.
  • Pilih jenis pembayaran telepon/ponsel.
  • Pilih operator telepon Telkom.
  • Masukkan 12 digit payment code pembayaran premi yang Anda dapatkan (tanpa angka 0 di depan).
  • Pilih Ya untuk melanjutkan pembayaran.

Pembayaran melalui Internet Banking Mandiri

  • Login ke Internet Banking Mandiri.
  • Pilih menu Pembayaran.
  • Pilih provider telepon Telkom.
  • Masukkan 3 digit pertama payment code dengan angka 0 di depannya, sehingga menjadi “0195”.
  • Masukkan 9 digit terakhir nomor Finpay Anda, kemudian pilih Lanjutkan.
  • Masukkan challenge code ke token.
  • Masukkan kode token internet banking Anda, kemudian klik Submit.

Pembayaran melalui Jaringan ATM Bank Bersama

  • Pilih menu Pembayaran.
  • Pilih menu Pembayaran Telepon/Telkom.
  • Pilih transaksi pembayaran Telkom/Flexi/Speedy.
  • Masukkan 13 digit payment code ditambahkan angka 0 di depannya.
  • Bila diminta masukkan kode area, masukkan 3 digit pertama beserta angka 0 di depannya kembali.
  • Ikuti petunjuk ATM/E-Channel Bank selanjutnya.

Pembayaran melalui Outlet Indomaret/ Alfamart/ Pos Indonesia/ Pegadaian

  • Kunjungi gerai outlet terdekat.
  • Beritahu kepada kasir  untuk melakukan pembayaran FinPay.
  • Sebutkan nomor pembayaran FinPay Anda.
  • Kasir akan memasukkan kode pembayaran di aplikasi dan menginformasikan jumlah yang harus dibayarkan.
  • Lakukan pembayaran dan minta bukti transaksi pembayaran.

Melalui virtual account

Pembayaran via virtual account dimulai dari memasukkan angka 02787 + 11 digit akhir nomor polis Anda. Berikut adalah cara selengkapnya.

Pembayaran melalui ATM BRI

  • Pilih menu Transaksi Lain.
  • Pilih jenis transaksi Pembayaran.
  • Pilih menu Briva.
  • Masukkan nomor virtual account yang sudah ditambahkan 02787.
  • Pilih Ya untuk melanjutkan pembayaran.

Pembayaran melalui ATM BCA

  • Pilih menu Transaksi Lain.
  • Pilih menu Transfer.
  • Pilih menu Ke Rek BCA Virtual Account.
  • Masukkan nomor virtual account yang sudah ditambahkan 02787.
  • Masukkan nilai premi pembayaran.
  • Pilih Ya untuk melanjutkan pembayaran.

Pembayaran melalui ATM Mandiri

  • Pilih menu Bayar/Beli.
  • Pilih menu Lainnya, kemudian Asuransi.
  • Masukkan kode perusahaan: 23456 (AJ Tugu Mandiri).
  • Masukkan nomor virtual account yang sudah ditambahkan 02787.
  • Masukkan nilai premi pembayaran.
  • Pilih Ya untuk melanjutkan pembayaran.

Pembayaran melalui Jaringan ATM Bersama

  • Pilih menu Transfer.
  • Pilih menu Transfer Bank Lain/ ATM Bersama.
  • Masukkan kode bank 002 + nomor virtual account yang sudah ditambahkan 02787 di depannya.
  • Masukkan nilai premi pembayaran.
  • Pilih Ya untuk melanjutkan pembayaran.

Pengajuan klaim asuransi Tugu Mandiri dibedakan berdasarkan jenis asuransi yang dipilih. Berikut adalah cara yang dapat diikuti.

Cara klaim asuransi jiwa

Cara klaim asuransi jiwa Tugu Mandiri terbagi menjadi sembilan cara, setiap cara klaim sudah memiliki format formulir yang dapat diunduh dan diisi langsung di http://www.tugumandiri.com/formulir. Berikut adalah jenis-jenis klaimnya.

  • Ekspress Claim: proses penyelesaian klaim secara cepat dengan kondisi berkas klaim sudah diajukan ke PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri dan berkas sudah lengkap sesuai ketentuan polis.
  • Klaim Asuransi Jiwa Kumpulan (Askum): siapkan surat pengantar perusahaan, mengisi formulir yang sudah ditandatangani pejabat pemegang polis,  fotokopi surat keputusan pensiun peserta, KTP, kartu peserta, fotokopi rekening tabungan.
  • Klaim Asuransi Jiwa Perorangan (Asper): siapkan formulir asuransi jiwa perorangan yang sudah diisi, fotokopi KTP, polis asli, kwitansi pembelian premi asli, dan fotokopi rekening tabungan peserta.
  • Klaim Hospital Cash Plain: siapkan fotokopi identitas diri, surat kuasa bermaterai, surat keterangan kepolisian, surat dokter, resume medis, rekapitulasi tagihan rumah sakit, kwitansi asli pembelian obat.
  • Klaim Mandiri Asuransi Pesangon Sejahtera (MAPS): dokumen persyaratan yang harus disiapkan berbeda-beda tergantung faktor pencetusnya, antara berhenti bekerja, berhenti karena cacat tetap total, atau meninggal dunia.
  • Klaim meninggal dunia.

Cara klaim asuransi kesehatan

Cara klaim asuransi kesehatan Tugu Mandiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu klaim rawat jalan dan klaim rawat inap. Setiap jenis memiliki persyaratan yang tidak jauh berbeda. Namun, Anda bisa mendapatkan formulir lengkapnya di website resmi Tugu Mandiri.

Jika Anda ingin berhenti membayar iuran atau menutup polis asuransi Tugu Mandiri maka Anda bisa mengikuti prosedur berikut ini:

  • Hubungi Halo Tugu Mandiri di nomor (021) 2788 6600 / 0804 168 168 atau ke nomor kantor pemasaran yang ada di kota Anda.
  • Unduh formulir pembatalan asuransi.
  • Mengisi formulir dengan lengkap.
  • Mengembalikan buku polis asuransi.
  • Menyertakan fotokopi KTP dan buku tabungan.
  • Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, pajak, dan administrasi.
  • Menunggu proses pembatalan asuransi.

Asuransi Tugu Mandiri memiliki rekanan rumah sakit, klinik, optik, dan laboratorium yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Berikut daftar rumah sakit dan rekanan asuransi Tugu Mandiri.

Jabodetabek

  • Jakarta: Apotek K 24, Raden Saleh Jl. Raden Saleh No. 39 G, 021-3140142
  • Jakarta: RS Harapan Bunda Jakarta, Jl. Raya Bogor Km. 22 No. 44, 021-8400257
  • Bogor: RS Pertamedika Sentul, Jl. MH Thamrin kavling 57 Sentul City, 021-2967-2990
  • Depok: RS Puri Cinere, Jl. Maribaya Blok F2 No. 1-10 Puri Cinere, 021-754548
  • Tangerang: Siloam Hospitals Lippo Village, Jl. Siloam No. 6 Lippo Karawaci 1600, 021-25668000
  • Bekasi: RSU Sentosa Bekasi, Jl. Pahlawan No. 60 Duren Jaya, Bekasi Timur, 021-8806140

Jawa Barat

  • Cirebon: RS Pertamina Cirebon, Jl. Patra Raya Klayan, 0231-224646
  • Subang: RS Perkebunan Nusantara 8 Subang, Jl. Otista No. 1, 0260-411632, 420406, 420306
  • Sukabumi: RS Kartika Medical Center, Jl. Jend. Ahmad Yani No. 18 A, 0266-6250902, 6250905
  • Karawang: Klinik Aulia, Jl. Raya Purwasari Km. 6, 0264-8286755
  • Purwakarta: Laboratorium Prodia Purwakarta, Jl. Veteran no. 96, 0264-8222633

Jawa Tengah

  • Semarang: Optik Seis Gajah Mada Semarang, Jl. Gajah Mada No. 34, 024-3546774
  • Solo: RS Cakra Husada, Jl. Merbabu No. 7, 0272 – 321123
  • Purwokerto: Laboratorium Prodia Purwokerto, Jl. Letjen S. Parman no. 946 A, 0281-631558 ; 642448
  • Tegal: RS Mitra Keluarga Tegal, Jl. Sipelem No. 4 Kemandungan, 0283-340399
  • Wonosobo:  Laboratorium Prodia Wonosobo, Jl. Kauman no. 15 (Pertigaan Mangli), 0286-325275 ; 5823155

Jawa Timur

  • Surabaya: Klinik Medis Pusura Yos Sudarso, Jl. Yos Sudarso No. 9A, 031-40604, 51
  • Gresik: RS Petrokimia Gresik, Jl. Jend. Ahmad Yani No. 69, 031-3988877 ; 3990994
  • Sidoarjo: Optik Seis SunCity, Mall Sidoarjo Jl. Pahlawan (Water Park), Lantai I Blok A, No. 35 031-8070977
  • Pacitan: Laboratorium Prodia Pacitan, Jl. Basuki Rahmat no.14, 0357-884222
  • Malang: RSIA Hermina Tangkubanprahu, Jl. Tangkubanprahu No. 3,3 0341-325082

Sumatera

  • Nanggroe Aceh Darussalam: RS Teungku Fakinah, Jl. Jend. Sudirman No. 27-29, 0651-41454 ; 42754
  • Sumatera Utara: RS Martha Friska Multatuli, Jl. Multatuli Komp. Taman Multatuli Indah No.1, 061- 4149666
  • Binjai: Laboratorium Prodia Binjai, Jl. Sudirman no.25, 061-8828269
  • Sumatera Selatan: Laboratorium Prodia Palembang (Veteran), Jl. Veteran 930/C2, 9 Ilir, 0711-377239; 362487
  • Sumatera Selatan: Optik Seis OPI, Mall Palembang OPI Mall Palembang, 0711 – 5624047

Kalimantan

  • Banjarmasin: RS Islam Banjarmasin, Jl. Letjend. S. Parman No. 88, 0511-3354896, 3350332
  • Samarinda: Laboratorium Prodia Samarinda, Jl. A. Yani komp. Cendrawasih Trade Center Blok A-6, 0541 – 736198
  • Balikpapan: Optik Seis, The Plaza Balikpapan Lt.1, No. 7, Jl. Jendral Sudirman No. 1, 0542 – 413881
  • Pontianak: RSIA Anugerah Bunda Khatulistiwa, Jl. A. Yan,i 0561-581818
  • Tarakan: Pertamedika Hospital Tarakan, Jl. Mulawarman No. 14 Tarakan, 0551-31403/31665

Sulawesi

  • Sulawesi Selatan: RS Stella Maris Makassar, Jl. Sombu Opu No. 273, 0411-871391, 873346
  • Manado: RSIA Kasih Ibu Manado, Komp. Bahu Mall Block C23, Jl. Wolter Mongunsidi No. 1 Kel Bahu, 0431- 834780
  • Sulawesi Utara: Optik Seis Manado, Boulevard Center Blok A4, Jl. Dr. Sam Ratulangi No. 22 A, 0431 – 859900
  • Palu: Laboratorium Prodia Palu, Jl. S. Parman No. 6, 0451 – 451639
  • Kendari: Siloam Hospitals Buton, Jl. Sultan Hasanuddin No.58 Kel.Batulo Kec.Wolio, 0402-2825555

Maluku

  • Ambon: Laboratorium Prodia Ambon, Jl. Anthony Rhebok No. 1 B-C, 0911 – 348071;085299781
  • Ternate: Laboratorium Prodia Ternate, Jl. Mononutu No. 21, 0921 – 3111246

Papua

  • Papua: RS Pertamina Sorong, Jl. Ahmad Yani No. 13, 0951-321362

Ketahui lebih lengkap jaringan rumah sakit dan rekanan Asuransi Tugu Mandiri lainnya di situs resmi Tugu Mandiri.

Ada beberapa perusahaan lain yang menyediakan asuransi seperti Tugu Mandiri, di antaranya adalah:

  • Asuransi Astra
  • Asuransi Tugu
  • Asuransi BNI
  • Asuransi CAR
  • Asuransi Cigna
  • Asuransi Ciputra
  • Asuransi Commonwealth
  • Asuransi FWD
Informasi Umum

Asuransi Tugu Mandiri

Asuransi Tugu Mandiri merupakan perusahaan asuransi jiwa yang memiliki nama lengkap PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri. Produk asuransi yang dihadirkan oleh perusahaan, antara lain asuransi jiwa, asuransi kesehatan Tugu Mandiri, dan dana pensiun lembaga keuangan (DPLK).

Kelebihan dan Kekurangan Tugu Mandiri versi Lifepal:

  • (+)  Asuransi Tugu memiliki tiga jenis produk asuransi yaitu, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan DPLK.
  • (+) Asuransi Tugu Mandiri memiliki delapan kantor pemasaran dan empat kantor agency yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.
  • (+) Asuransi Tugu Mandiri memiliki seribu agen produktif yang telah berhasil menjual lebih dari 50.000 polis asuransi unit link Tugu Mandiri.
  • (+) Asuransi Tugu Mandiri memiliki layanan nasabah berbasis aplikasi bernama TMLife. Aplikasi tersebut memudahkan pelayanan pendaftaran dan pembayaran premi asuransi.
  • (+) Asuransi Tugu Mandiri sudah mendukung pembayaran secara online, yaitu Finpay (payment gateway berbasis digital) dan virtual account.
  • (-) Kebanyakan produk asuransi Tugu Mandiri adalah unit link atau asuransi berbalut investasi. Bagi calon nasabah yang menginginkan produk proteksi saja, produk demikian terbilang terbatas di Tugu Mandiri.

Sekilas tentang Tugu Mandiri

Tugu Mandiri didirikan pada 28 Juni 1985 dengan kepemilikan saham oleh Dana Pensiun Pertamina, PT Timah Tbk., dan Kementerian Keuangan RI.

Dalam segi pengoperasiannya, Tugu Mandiri didukung oleh delapan kantor pemasaran, empat kantor agency, dan seribu agen produktif yang telah sukses menjual lebih dari 50 ribu polis asuransi unit link. Pencapaian tersebut menghasilkan penghargaan Top Rookie Agent AAJI Award 2018 di ajang Top Agent Awards (TAA) 2018.

Salah satu produk unggulan Asuransi Tugu Mandiri adalah Program Pensiun Untuk Kompensasi Pesangon (PPUKP) DPLK. Produk tersebut cocok bagi nasabah yang ingin mempersiapkan dana pensiun. Selain itu, Tugu Mandiri juga punya produk asuransi jiwa bagi karyawan. Produk asuransi jiwa bagi karyawan cukup jarang ditemukan pada perusahaan lain yang lebih sering menjual asuransi kesehatan karyawan.

PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri sudah memperoleh izin operasional sebagai perusahaan asuransi jiwa dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia pada 12 Agustus 1986 melalui SK Menteri Keuangan No.Kep-082/KM.11/1986. Asuransi Tugu Mandiri tergabung pada Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).
Tugu Mandiri telah mendapat sejumlah penghargaan dalam berbagai kategori. Berikut beberapa di antaranya: Indonesia Good Corporate Governance Award 2019, Economic Review; The Best oh The Best Life Insurance Company 2019, 8th Indonesia Insurance Award 2019 Economic Review; Peringkat Sangat Bagus atas Kinerja Keuangan selama Tahun 2018, Infobank 20th Insurance Award 2019.

Laporan Keuangan Tugu Mandiri

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Tahunan 2018 yang dirilis pada situs resmi asuransi Tugu Mandiri. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk menentukan suatu perusahaan asuransi sehat atau tidak.

  • Rasio solvabilitas: 167 persen.
  • Jumlah aset: Rp1,662 triliun
  • Ekuitas: Rp258,603 miliar.

Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar.

Jika mengacu pada data laporan keuangan tahun 2018, asuransi Tugu Mandiri memiliki rasio solvabilitas yang hanya mencapai 167 persen. Angka tersebut hanya 47 persen lebih besar dari ketentuan pemerintah. Rasio solvabilitas secara sederhana adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya. Asuransi Tugu Mandiri harus terus meningkatkan performanya agar mampu memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya.

Saat ini, Lifepal belum bekerja sama dengan PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri. Untuk mengetahui informasi terkait produk asuransi Tugu Mandiri, sila cek situs resmi tugumandiri.com. Jika tertarik untuk mengetahui informasi produk dari asuransi lainnya, Lifepal dapat membantu untuk mencarikan asuransi terbaik dan konsultasi gratis.

Berita Terbaru Asuransi Tugu Mandiri

Agustus 2019-PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri melakukan ekspansi pasar ke Bali. Kantor cabang yang baru diresmikan berada di gedung Renon Landmark, Denpasar. Kantor cabang ini merupakan kantor cabang ke-10. Hingga saat ini, Bali didapuk sebagai salah satu wilayah dengan jumlah polis terbesar, yaitu 3.000 polis.
April 2019-PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri membukukan penurunan laba komprehensif 55,4 persen pada 2018. Berdasarkan laporan keuangan Tugu Mandiri per 31 Desember 2018, perusahaan membukukan laba komprehensif Rp26,8 miliar. Jumlahnya menurun dibandingkan dengan laba 2017 senilai Rp60,3 miliar.
Pilihan Produk

Asuransi Tugu Mandiri memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan atau manfaat asuransi Tugu Mandiri berdasarkan jenis produk, polis, dan plan yang dipilih.

Asuransi Jiwa Individu Tugu Mandiri
TM Power Link
Memberikan hasil investasi yang optimal sesuai dengan jenis investasi yang dipilih.
Asuransi Jiwa Individu Tugu Mandiri
TM Personal Accident (PA) Medicard
Mampu memberikan pertanggungan hingga Rp30 juta.
Asuransi Jiwa Individu Tugu Mandiri
TM Power Link - Tugu Prestasi
Memastikan anak-anak Anda memperoleh jaminan dana untuk kelangsungan belajarnya.
Asuransi Jiwa Individu Tugu Mandiri
TM Power Link - Tugu Proteksi
Proteksi dengan pemberian santunan dana selama Anda harus dirawat dan tidak bisa menjalankan operasional kerja.
Asuransi Jiwa Individu Tugu Mandiri
TM Power Link - Tugu Warisan
Memberikan santunan bagi ahli waris sebesar Rp 1 miliar.
Asuransi Jiwa Individu Tugu Mandiri
TM Power Link - Tugu Sejahtera
Memberikan perlindungan hari tua di saat Anda sudah pensiun dan tidak lagi berpenghasilan.
Asuransi Jiwa Individu Tugu Mandiri
TM Health Guard
Penggantian biaya rawat inap dan pembedahan dengan masa pertanggungan selama satu tahun.
Asuransi Jiwa Individu Tugu Mandiri
TM Smart Gift
Memberikan manfaat tahapan beasiswa hingga 205% dari premi yang dibayarkan dan manfaat meninggal dunia untuk tertanggung sebesar 50% dari premi.
Asuransi Jiwa Individu Tugu Mandiri
Tugu Dana Maksima
Perlindungan dan investasi untuk masa depan yang indah dan aman.
Asuransi Jiwa Individu Tugu Mandiri
Tugu Eka Warsa
Penanggung akan membayar uang pertanggungan sebagaimana tercantum dalam ikhtisar polis sebelum tanggal berakhirnya polis dengan masa asuransi satu tahun.
Asuransi Jiwa Grup Tugu Mandiri
TM Group Credit Shield
Jaminan pembayaran bila peserta meninggal dunia secara wajar dalam masa pertanggungan.
Asuransi Jiwa Grup Tugu Mandiri
Group Personal Accident Plan
Melindungi dari terjadinya kecelakaan yang mengakibatkan kematian atau cacat tetap seluruhnya.
Asuransi Jiwa Grup Tugu Mandiri
Group Severance Program
Memastikan perusahaan selalu siap dalam pendanaan pembayaran pesangon pekerja bila terjadi PHK.
Asuransi Jiwa Grup Tugu Mandiri
Group Term Life
Memberikan penggantian uang pertanggungan 100% selama masa pertanggungan akibat kematian oleh sebab apapun.
Asuransi Jiwa Grup Tugu Mandiri
Grup Single Premium (GSP) Endowment
Pembayaran uang tertanggung 125% premi apabila peserta meninggal dunia.
Asuransi Kesehatan Tugu Mandiri
Group Managed Health Care Plan
Memberikan jaminan pelayanan kesehatan kelompok, di jaringan provider di seluruh Indonesia, tanpa limit tahunan, dan pelayanan kesehatan komprehensif.
Asuransi Kesehatan Tugu Mandiri
Group Medicare Plan
Memberikan pergantian berimbang atas biaya pengobatan.
Asuransi Kesehatan Tugu Mandiri
Hospital Cash Plan Plus
Memberikan santunan tunai harian yang bisa digunakan untuk biaya rumah sakit atau biaya kebutuhan hidup.
Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)
TM Sitampan Insani
Memberikan perlindungan jiwa yang disebabkan kematian karena sebab apapun.
Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)
TM Sitampan Sahati
Memberikan santunan Hospital Cash Plan (HCP) kepada peserta berupa dana tunai selama perawatan seperti rawat inap, ICU/ICCU, serta operasi.
Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)
TM Sitampan Dapati
Memberikan 100% uang pertanggungan bila peserta meninggal dunia.
Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)
TM SiTampan
Pemberian iuran dan hasil investasi mendapatkan fasilitas perpajakan baik itu PPh 21 dan PPh 23, sehingga dana dapat berkembang lebih optimal dan Peserta dikenakan pajak manfaat pensiun yang lebih rendah.
Ulasan Produk

Berbagai produk asuransi Tugu Mandiri yang telah disebutkan tadi memiliki ketentuan masing-masing. Agar lebih jelas dan semakin memahami berbagai produk asuransi Tugu Mandiri tersebut, mari perhatikan ulasan berikut terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda dapat mempertimbangkan kelayakan produk asuransi Tugu Mandiri. 

Pertanggungan asuransi Tugu Mandiri adalah benefit atau manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Tentu saja berdasarkan produk asuransi yang disepakati berdasarkan polis tertulis.

Agar lebih jelas, mari simak apa saja pertanggungan atau manfaat asuransi Tugu Mandiri berdasarkan jenis produknya.

1. Asuransi Jiwa

Berikut adalah pertanggungan asuransi jiwa pada Tugu Mandiri:

  • TM Power Link: memberikan hasil investasi yang optimal sesuai dengan jenis investasi yang dipilih.
  • TM Personal Accident (PA) Medicard: mampu memberikan pertanggungan hingga Rp30 juta.
  • TM Power Link – Tugu Prestasi: memastikan anak-anak Anda memperoleh jaminan dana untuk kelangsungan belajarnya.
  • TM Power Link – Tugu Proteksi: proteksi dengan pemberian santunan dana selama Anda harus dirawat dan tidak bisa menjalankan operasional kerja.
  • TM Power Link – Tugu Warisan: memberikan santunan bagi ahli waris sebesar Rp 1 miliar.
  • TM Power Link – Tugu Sejahtera: memberikan perlindungan hari tua di saat Anda sudah pensiun dan tidak lagi berpenghasilan.
  • TM Health Guard: penggantian biaya rawat inap dan pembedahan dengan masa pertanggungan selama satu tahun.
  • TM Smart Gift: memberikan manfaat tahapan beasiswa hingga 205% dari premi yang dibayarkan dan manfaat meninggal dunia untuk tertanggung sebesar 50% dari premi.
  • Tugu Dana Maksima: perlindungan dan investasi untuk masa depan yang indah dan aman.
  • Tugu Eka Warsa: penanggung akan membayar uang pertanggungan sebagaimana tercantum dalam ikhtisar polis sebelum tanggal berakhirnya polis dengan masa asuransi satu tahun.
  • TM Group Credit Shield: jaminan pembayaran bila peserta meninggal dunia secara wajar dalam masa pertanggungan .
  • Group Personal Accident Plan: melindungi dari terjadinya kecelakaan yang mengakibatkan kematian atau cacat tetap seluruhnya.
  • Group Severance Program: memastikan perusahaan selalu siap dalam pendanaan pembayaran pesangon pekerja bila terjadi PHK.
  • Group Term Life: memberikan penggantian uang pertanggungan 100% selama masa pertanggungan akibat kematian oleh sebab apapun.
  • Grup Single Premium (GSP) Endowment: pembayaran uang tertanggung 125% premi apabila peserta meninggal dunia.

2. Asuransi Kesehatan

Berikut adalah pertanggungan asuransi kesehatan pada Tugu Mandiri:

  • Group Managed Health Care Plan memberikan jaminan pelayanan kesehatan kelompok, di jaringan provider di seluruh Indonesia, tanpa limit tahunan, dan pelayanan kesehatan komprehensif.
  • Group Medicare Plan mampu: memberikan pergantian berimbang atas biaya pengobatan.
  • Hospital Cash Plan Plus: memberikan santunan tunai harian yang bisa digunakan untuk biaya rumah sakit atau biaya kebutuhan hidup.

3. Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

Berikut adalah pertanggungan DPLK pada Tugu Mandiri:

  • TM Sitampan Insani: memberikan perlindungan jiwa yang disebabkan kematian karena sebab apapun
  • TM Sitampan Sahati: memberikan santunan Hospital Cash Plan (HCP) kepada peserta berupa dana tunai selama perawatan seperti rawat inap, ICU/ICCU, serta operasi.
  • TM Sitampan Dapati : memberikan 100% uang pertanggungan bila peserta meninggal dunia.
  • TM SiTampan: pemberian iuran dan hasil investasi mendapatkan fasilitas perpajakan baik itu PPh 21 dan PPh 23, sehingga dana dapat berkembang lebih optimal dan Peserta dikenakan pajak manfaat pensiun yang lebih rendah.

Harga premi asuransi Tugu Mandiri berbeda-beda dan disesuaikan dengan produk, rencana ke depan, profil calon nasabah, dan risiko serta riwayatnya. Selain itu juga terdapat perbedaan manfaat dari tiap asuransi yang dipilih. Adapun harga premi masing-masing produk, antara lain:

1. Asuransi Jiwa

  • TM Power Link: mulai dari Rp300 ribuan.
  • TM Personal Accident (PA) Medicard: mulai dari Rp100 ribuan.
  • TM Power Link – Tugu Prestasi: mulai dari Rp600 ribuan.
  • TM Power Link – Tugu Proteksi: mulai dari Rp600 ribuan.
  • TM Power Link – Tugu Warisan: mulai dari Rp600 ribuan.
  • TM Power Link – Tugu Sejahtera: mulai dari Rp600 ribuan.
  • TM Health Guard: mulai dari Rp1 juta/tahun
  • TM Smart Gift: mulai dari Rp5 juta.
  • Tugu Dana Maksima: minimal premi Rp100 juta dan maksimal Rp50 miliar.
  • Tugu Eka Warsa: mengikuti ketentuan polis dasar.
  • TM Group Credit Shield: minimal Rp5 juta per polis.
  • Group Personal Accident Plan: mengikuti ketentuan polis dasar.
  • Group Severance Program: mengikuti ketentuan polis dasar.
  • Group Term Life: mengikuti ketentuan polis dasar.
  • Grup Single Premium (GSP) Endowment: premi dibayarkan sekaligus dengan nilai minimal Rp.50 juta

2. Asuransi Kesehatan

  • Group Managed Health Care Plan: mengikuti ketentuan polis dasar.
  • Group Medicare Plan mampu: mengikuti ketentuan polis dasar.
  • Hospital Cash Plan Plus: mengikuti ketentuan polis dasar.

4. Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

  • TM Sitampan Insani: iuran Rp300 ribu per bulan.
  • TM Sitampan Sahati: iuran Rp2 juta per bulan.
  • TM Sitampan Dapati : mulai dari Rp2 juta
  • TM SiTampan: mulai dari Rp100 ribu.

Pada umumnya, ada beberapa metode penggantian biaya asuransi. Setiap metode, tentunya bergantung pada produk asuransi yang Anda gunakan.

  • Reimbursement. Reimbursement dapat dilakukan secara berkala maupun sekaligus, tergantung pada produk asuransi yang Anda miliki.  Metode ini mengharuskan tertanggung untuk melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan. Lalu, pihak perusahaan asuransi akan mengganti sebagian atau seluruh tagihan tersebut sesuai kesepakatan di polis asuransi.
  • Cashless. Metode penggantian cashless dilakukan dengan cara peserta asuransi menunjukkan kartu asuransi Tugu Mandiri agar bisa mendapatkan pelayanan medis.

Membeli asuransi secara Tugu Mandiri  secara online akan sangat praktis. Sebab, Anda tak perlu mendatangi kantor cabang terdekat sekalipun. Dengan agen asuransi yang mencapai ratusan ribu, cukup mudah bagi Anda membeli asuransi Prudential melalui mereka.

Untuk membeli secara online, Anda bisa mengunjungi situs resmi atau mengunduh aplikasi Tugu Mandiri Life (TMLife).

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membeli asuransi Tugu Mandiri secara online melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi Tugu Mandiri  saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula. 

Kini melakukan pembayaran Asuransi Tugu Mandiri semakin mudah, sebab kita bisa melakukannya dengan berbagai cara, mulai dari Finpay hingga virtual account. Berikut adalah cara membayar asuransi Tugu Mandiri.

Melalui Finpay

Pembayaran via Finpay dimulai dari 12 digit berawal 021xxx (khusus pembayaran premi pertama) dan 12 digit berawal 195xxx (khusus pembayaran premi lanjutan).

Pembayaran melalui ATM BRI

  • Pilih menu Transaksi Lain.
  • Pilih jenis transaksi Pembayaran.
  • Pilih transaksi pembayaran Telkom/Flexi/Speedy.
  • Masukkan 13 digit payment code pembayaran premi yang Anda dapatkan (tambahkan angka 0 di depan). Contoh: 195xxx menjadi 0195xxx.
  • Pilih Ya untuk melanjutkan pembayaran.

Pembayaran melalui ATM BCA

  • Pilih menu Transaksi Lain.
  • Pilih jenis transaksi Pembayaran.
  • Pilih jenis pembayaran telepon/ponsel.
  • Pilih operator telepon Telkom.
  • Masukkan 12 digit payment code pembayaran premi yang Anda dapatkan (tanpa angka 0 di depan).
  • Pilih Ya untuk melanjutkan pembayaran.

Pembayaran melalui Internet Banking Mandiri

  • Login ke Internet Banking Mandiri.
  • Pilih menu Pembayaran.
  • Pilih provider telepon Telkom.
  • Masukkan 3 digit pertama payment code dengan angka 0 di depannya, sehingga menjadi “0195”.
  • Masukkan 9 digit terakhir nomor Finpay Anda, kemudian pilih Lanjutkan.
  • Masukkan challenge code ke token.
  • Masukkan kode token internet banking Anda, kemudian klik Submit.

Pembayaran melalui Jaringan ATM Bank Bersama

  • Pilih menu Pembayaran.
  • Pilih menu Pembayaran Telepon/Telkom.
  • Pilih transaksi pembayaran Telkom/Flexi/Speedy.
  • Masukkan 13 digit payment code ditambahkan angka 0 di depannya.
  • Bila diminta masukkan kode area, masukkan 3 digit pertama beserta angka 0 di depannya kembali.
  • Ikuti petunjuk ATM/E-Channel Bank selanjutnya.

Pembayaran melalui Outlet Indomaret/ Alfamart/ Pos Indonesia/ Pegadaian

  • Kunjungi gerai outlet terdekat.
  • Beritahu kepada kasir  untuk melakukan pembayaran FinPay.
  • Sebutkan nomor pembayaran FinPay Anda.
  • Kasir akan memasukkan kode pembayaran di aplikasi dan menginformasikan jumlah yang harus dibayarkan.
  • Lakukan pembayaran dan minta bukti transaksi pembayaran.

Melalui virtual account

Pembayaran via virtual account dimulai dari memasukkan angka 02787 + 11 digit akhir nomor polis Anda. Berikut adalah cara selengkapnya.

Pembayaran melalui ATM BRI

  • Pilih menu Transaksi Lain.
  • Pilih jenis transaksi Pembayaran.
  • Pilih menu Briva.
  • Masukkan nomor virtual account yang sudah ditambahkan 02787.
  • Pilih Ya untuk melanjutkan pembayaran.

Pembayaran melalui ATM BCA

  • Pilih menu Transaksi Lain.
  • Pilih menu Transfer.
  • Pilih menu Ke Rek BCA Virtual Account.
  • Masukkan nomor virtual account yang sudah ditambahkan 02787.
  • Masukkan nilai premi pembayaran.
  • Pilih Ya untuk melanjutkan pembayaran.

Pembayaran melalui ATM Mandiri

  • Pilih menu Bayar/Beli.
  • Pilih menu Lainnya, kemudian Asuransi.
  • Masukkan kode perusahaan: 23456 (AJ Tugu Mandiri).
  • Masukkan nomor virtual account yang sudah ditambahkan 02787.
  • Masukkan nilai premi pembayaran.
  • Pilih Ya untuk melanjutkan pembayaran.

Pembayaran melalui Jaringan ATM Bersama

  • Pilih menu Transfer.
  • Pilih menu Transfer Bank Lain/ ATM Bersama.
  • Masukkan kode bank 002 + nomor virtual account yang sudah ditambahkan 02787 di depannya.
  • Masukkan nilai premi pembayaran.
  • Pilih Ya untuk melanjutkan pembayaran.

Pengajuan klaim asuransi Tugu Mandiri dibedakan berdasarkan jenis asuransi yang dipilih. Berikut adalah cara yang dapat diikuti.

Cara klaim asuransi jiwa

Cara klaim asuransi jiwa Tugu Mandiri terbagi menjadi sembilan cara, setiap cara klaim sudah memiliki format formulir yang dapat diunduh dan diisi langsung di http://www.tugumandiri.com/formulir. Berikut adalah jenis-jenis klaimnya.

  • Ekspress Claim: proses penyelesaian klaim secara cepat dengan kondisi berkas klaim sudah diajukan ke PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri dan berkas sudah lengkap sesuai ketentuan polis.
  • Klaim Asuransi Jiwa Kumpulan (Askum): siapkan surat pengantar perusahaan, mengisi formulir yang sudah ditandatangani pejabat pemegang polis,  fotokopi surat keputusan pensiun peserta, KTP, kartu peserta, fotokopi rekening tabungan.
  • Klaim Asuransi Jiwa Perorangan (Asper): siapkan formulir asuransi jiwa perorangan yang sudah diisi, fotokopi KTP, polis asli, kwitansi pembelian premi asli, dan fotokopi rekening tabungan peserta.
  • Klaim Hospital Cash Plain: siapkan fotokopi identitas diri, surat kuasa bermaterai, surat keterangan kepolisian, surat dokter, resume medis, rekapitulasi tagihan rumah sakit, kwitansi asli pembelian obat.
  • Klaim Mandiri Asuransi Pesangon Sejahtera (MAPS): dokumen persyaratan yang harus disiapkan berbeda-beda tergantung faktor pencetusnya, antara berhenti bekerja, berhenti karena cacat tetap total, atau meninggal dunia.
  • Klaim meninggal dunia.

Cara klaim asuransi kesehatan

Cara klaim asuransi kesehatan Tugu Mandiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu klaim rawat jalan dan klaim rawat inap. Setiap jenis memiliki persyaratan yang tidak jauh berbeda. Namun, Anda bisa mendapatkan formulir lengkapnya di website resmi Tugu Mandiri.

Jika Anda ingin berhenti membayar iuran atau menutup polis asuransi Tugu Mandiri maka Anda bisa mengikuti prosedur berikut ini:

  • Hubungi Halo Tugu Mandiri di nomor (021) 2788 6600 / 0804 168 168 atau ke nomor kantor pemasaran yang ada di kota Anda.
  • Unduh formulir pembatalan asuransi.
  • Mengisi formulir dengan lengkap.
  • Mengembalikan buku polis asuransi.
  • Menyertakan fotokopi KTP dan buku tabungan.
  • Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, pajak, dan administrasi.
  • Menunggu proses pembatalan asuransi.

Asuransi Tugu Mandiri memiliki rekanan rumah sakit, klinik, optik, dan laboratorium yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Berikut daftar rumah sakit dan rekanan asuransi Tugu Mandiri.

Jabodetabek

  • Jakarta: Apotek K 24, Raden Saleh Jl. Raden Saleh No. 39 G, 021-3140142
  • Jakarta: RS Harapan Bunda Jakarta, Jl. Raya Bogor Km. 22 No. 44, 021-8400257
  • Bogor: RS Pertamedika Sentul, Jl. MH Thamrin kavling 57 Sentul City, 021-2967-2990
  • Depok: RS Puri Cinere, Jl. Maribaya Blok F2 No. 1-10 Puri Cinere, 021-754548
  • Tangerang: Siloam Hospitals Lippo Village, Jl. Siloam No. 6 Lippo Karawaci 1600, 021-25668000
  • Bekasi: RSU Sentosa Bekasi, Jl. Pahlawan No. 60 Duren Jaya, Bekasi Timur, 021-8806140

Jawa Barat

  • Cirebon: RS Pertamina Cirebon, Jl. Patra Raya Klayan, 0231-224646
  • Subang: RS Perkebunan Nusantara 8 Subang, Jl. Otista No. 1, 0260-411632, 420406, 420306
  • Sukabumi: RS Kartika Medical Center, Jl. Jend. Ahmad Yani No. 18 A, 0266-6250902, 6250905
  • Karawang: Klinik Aulia, Jl. Raya Purwasari Km. 6, 0264-8286755
  • Purwakarta: Laboratorium Prodia Purwakarta, Jl. Veteran no. 96, 0264-8222633

Jawa Tengah

  • Semarang: Optik Seis Gajah Mada Semarang, Jl. Gajah Mada No. 34, 024-3546774
  • Solo: RS Cakra Husada, Jl. Merbabu No. 7, 0272 – 321123
  • Purwokerto: Laboratorium Prodia Purwokerto, Jl. Letjen S. Parman no. 946 A, 0281-631558 ; 642448
  • Tegal: RS Mitra Keluarga Tegal, Jl. Sipelem No. 4 Kemandungan, 0283-340399
  • Wonosobo:  Laboratorium Prodia Wonosobo, Jl. Kauman no. 15 (Pertigaan Mangli), 0286-325275 ; 5823155

Jawa Timur

  • Surabaya: Klinik Medis Pusura Yos Sudarso, Jl. Yos Sudarso No. 9A, 031-40604, 51
  • Gresik: RS Petrokimia Gresik, Jl. Jend. Ahmad Yani No. 69, 031-3988877 ; 3990994
  • Sidoarjo: Optik Seis SunCity, Mall Sidoarjo Jl. Pahlawan (Water Park), Lantai I Blok A, No. 35 031-8070977
  • Pacitan: Laboratorium Prodia Pacitan, Jl. Basuki Rahmat no.14, 0357-884222
  • Malang: RSIA Hermina Tangkubanprahu, Jl. Tangkubanprahu No. 3,3 0341-325082

Sumatera

  • Nanggroe Aceh Darussalam: RS Teungku Fakinah, Jl. Jend. Sudirman No. 27-29, 0651-41454 ; 42754
  • Sumatera Utara: RS Martha Friska Multatuli, Jl. Multatuli Komp. Taman Multatuli Indah No.1, 061- 4149666
  • Binjai: Laboratorium Prodia Binjai, Jl. Sudirman no.25, 061-8828269
  • Sumatera Selatan: Laboratorium Prodia Palembang (Veteran), Jl. Veteran 930/C2, 9 Ilir, 0711-377239; 362487
  • Sumatera Selatan: Optik Seis OPI, Mall Palembang OPI Mall Palembang, 0711 – 5624047

Kalimantan

  • Banjarmasin: RS Islam Banjarmasin, Jl. Letjend. S. Parman No. 88, 0511-3354896, 3350332
  • Samarinda: Laboratorium Prodia Samarinda, Jl. A. Yani komp. Cendrawasih Trade Center Blok A-6, 0541 – 736198
  • Balikpapan: Optik Seis, The Plaza Balikpapan Lt.1, No. 7, Jl. Jendral Sudirman No. 1, 0542 – 413881
  • Pontianak: RSIA Anugerah Bunda Khatulistiwa, Jl. A. Yan,i 0561-581818
  • Tarakan: Pertamedika Hospital Tarakan, Jl. Mulawarman No. 14 Tarakan, 0551-31403/31665

Sulawesi

  • Sulawesi Selatan: RS Stella Maris Makassar, Jl. Sombu Opu No. 273, 0411-871391, 873346
  • Manado: RSIA Kasih Ibu Manado, Komp. Bahu Mall Block C23, Jl. Wolter Mongunsidi No. 1 Kel Bahu, 0431- 834780
  • Sulawesi Utara: Optik Seis Manado, Boulevard Center Blok A4, Jl. Dr. Sam Ratulangi No. 22 A, 0431 – 859900
  • Palu: Laboratorium Prodia Palu, Jl. S. Parman No. 6, 0451 – 451639
  • Kendari: Siloam Hospitals Buton, Jl. Sultan Hasanuddin No.58 Kel.Batulo Kec.Wolio, 0402-2825555

Maluku

  • Ambon: Laboratorium Prodia Ambon, Jl. Anthony Rhebok No. 1 B-C, 0911 – 348071;085299781
  • Ternate: Laboratorium Prodia Ternate, Jl. Mononutu No. 21, 0921 – 3111246

Papua

  • Papua: RS Pertamina Sorong, Jl. Ahmad Yani No. 13, 0951-321362

Ketahui lebih lengkap jaringan rumah sakit dan rekanan Asuransi Tugu Mandiri lainnya di situs resmi Tugu Mandiri.

Ada beberapa perusahaan lain yang menyediakan asuransi seperti Tugu Mandiri, di antaranya adalah:

  • Asuransi Astra
  • Asuransi Tugu
  • Asuransi BNI
  • Asuransi CAR
  • Asuransi Cigna
  • Asuransi Ciputra
  • Asuransi Commonwealth
  • Asuransi FWD

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal