Asuransi Tugu

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62
 

Asuransi Tugu Pratama Indonesia

Asuransi Tugu Pratama Indonesia adalah perusahaan asuransi umum yang berada di bawah naungan PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. Perusahaan berfokus pada pelayanan asuransi untuk korporasi dan unit syariah.

Kelebihan dan Kekurangan Tugu Pratama Indonesia versi Lifepal:

  • (+) Asuransi Tugu tidak hanya memiliki kantor cabang di Indonesia melainkan juga di Hongkong.
  • (+) Perusahaan dengan susunan kepemilikan saham yang patut diperhitungkan, yaitu Pertamina. Dengan demikian, keuangan perusahaan pun bisa lebih stabil sebab disokong oleh institusi yang sangat sustain dari segi kemampuan finansial.
  • (+) Produk asuransi Tugu lebih ditujukan bagi nasabah korporasi. Hal ini bisa menjadi plus-minus bagi Tugu. Nilai lebihnya adalah pelayanan bagi nasabah korporasi terasa lebih maksimal dengan rangkaian produk yang memang lengkap pula. Akan tetapi, ada nilai minus bagi Tugu karena nasabah individu jadi kurang mengenal perusahaan ini.
  • (-) Situs resmi Asuransi Tugu tidak menampilkan daftar rekanan bengkel yang dimiliki.
  • (-) Produk asuransi Tugu tidak dapat dibeli secara online.

Sekilas tentang Tugu Pratama Indonesia

Asuransi Tugu berdiri berdiri pada 25 November 1981 dan merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero). Terhitung sejak Mei 2018, Asuransi Tugu telah efektif terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham TUGU. Saat ini Asuransi Tugu memiliki sebelas kantor cabang yang berlokasi di Indonesia dan satu kantor cabang yang berlokasi di Hongkong.

Hingga saat ini, total saham Tugu dipegang oleh PT Pertamina (Persero) sebesar 58,50 persen. Sementara, UOB Kay Hian Pte Ltd. dan Siti Taskiyah masing-masing memiliki saham sejumlah 15,75 persen dan 10,93 persen. Tidak ketinggalan pula Samsung Fire and Marine Insurance Co., Ltd sebesar 5,29 persen. Dengan kepemilikan saham seperti ini, Asuransi Tugu Pratama Indonesia layak dipertimbangkan oleh calon nasabah.

Asuransi Tugu memiliki beberapa produk unggulan, yaitu asuransi aneka, asuransi energi, dan asuransi rekayasa. Ketiga produk tersebut merupakan produk yang ditujukan untuk korporasi dan terbilang cukup jarang ada di perusahaan asurans lain. Misalnya, Workmen’s Compensation Insurance yang memberikan manfaat berupa santunan sekaligus perawatan bagi karyawan yang mengalami kecelakaan selama bekerja.

Asuransi Tugu berada di bawah naungan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). PT Tugu Pratama Indonesia telah memperoleh izin operasional berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan Indonesia pada 8 Desember 1986 dengan nomor KEP-8014/MD/1986.

Asuransi Tugu telah meraih berbagai prestasi dan penghargaan. Berikut adalah daftar penghargaan yang telah dimiliki Asuransi Tugu: Brand Strength Category Gold Sektor Asuransi - RRI BUMN Award 2019.; Best CEO in Insurance Industry - Bisnis Indonesia Financial Award 2019.; The Best Performance General Insurance Company.; GCG Report Award for General Insurance Company- Warta Ekonomi.; Best Contract Award in Synergy Category Provider - APSA 2019.; Best Insurance 2019 - Investor Award - Kategori Asuransi Umum Aset Di Atas 5 Triliun Rupiah.

Laporan Keuangan Asuransi Tugu

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Tahunan 2018 yang dirilis pada situs resmi Asuransi Tugu. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk menentukan suatu perusahaan asuransi sehat atau tidak.

  • Rasio solvabilitas: 464 persen.
  • Jumlah aset: Rp10,452 triliun.
  • Ekuitas: Rp4,667 triliun.

Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar.

Sepanjang 2018, asuransi Tugu berhasil memiliki rasio solvabilitas sebesar 464 persen. Secara sederhana, rasio solvabilitas merupakan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya. Tugu Pratama Indonesia mampu memenuhi kewajibannya hingga empat kali lipat dari seharusnya. Dengan demikian, rasio solvabilitas Tugu Pratama Indonesia tergolong sangat baik.

Saat ini, Lifepal belum bekerja sama dengan PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. Untuk mengetahui informasi terkait produk Asuransi Tugu, sila cek situs resmi tugu.com. Jika tertarik untuk mengetahui informasi produk dari asuransi lainnya, Lifepal dapat membantu untuk mencarikan asuransi terbaik dan konsultasi gratis.

Berita Terbaru Tugu

November 2019 - PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) kembali mendapatkan peringkat Rating A- (Excellent) dari A.M. Best, lembaga pemeringkat global di bidang perasuransian. Dengan peringkat Rating A- (Excellent), Tugu Insurance telah berhasil mempertahankan peringkat selama 4 tahun berturut-turut. Tugu Insurance masih menjadi satu-satunya perusahaan asuransi umum nasional yang memiliki predikat rating internasional A- (Excellent) dari A.M. Best.

November 2019 - PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU) mencatat kenaikan laba 174% menjadi Rp 285,9 miliar pada triwulan III-2019. Kenaikan laba bersih tersebut ditopang oleh pendapatan premi bruto konsolidasi yang naik 45 persen menjadi R 4,94 triliun dibanding periode tahun sebelumnya.

Januari 2020 - Harga saham PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) bolak-balik di kisaran Rp3.000-an, setelah go public pada pertengahan 2018 dengan harga saham Rp 3.850.

 

Dilansir dari laman produk pada situs resmi asuransi tugu.com, berikut beberapa pilihan kategori produk asuransi yang disediakan oleh PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk.

Asuransi Umum Konvensional
Asuransi Energi
Menjamin harta benda yang berada di darat dan lepas pantai. Penggantian biaya untuk mendapatkan kembali kendali atas sumur energi yang diasuransikan.
Asuransi Umum Konvensional
Offshore Construction All Risk
Menjamin semua kerugian atau kerusakan fisik pada harta benda yang diasuransikan.
Asuransi Umum Konvensional
Transport, Storage, and Utilisation Insurance
Melindungi tertanggung terhadap semua kerugian atas kerusakan pada semua muatan, seperti properti, peralatan, bahan habis pakai, dan produk untuk kegiatan eksplorasi lainnya.
Asuransi Umum Konvensional
Oil and Gas Well Drilling Equipment Insurance
Menjamin semua resiko kerugian atau kerusakan fisik pada : peralatan pengeboran sumur minyak dan gas, peralatan servis, dan peralatan pengerjaan ulang.
Asuransi Umum Konvensional
Kebakaran dan Properti
Menjamin kerugian atau kerusakan pada harta benda akibat kebakaran, petir, ledakan, pesawat jatuh, dan asap.
Asuransi Umum Konvensional
Penerbangan
Memberikan ganti rugi jika terjadi luka-luka, cacat atau meninggal pada kapten pilot, co- pilot, cabin attendant, dan teknisi yang timbul dari suatu kecelakaan.
Asuransi Umum Konvensional
Rekayasa
Memberikan perlindungan terhadap peralatan elektronik pemroses data, peralatan radiasi dan listrik untuk keperluan medis, fasilitas komunikasi dan lainnya.
Asuransi Umum Konvensional
Rangka Kapal, dan Pengangkutan
Menjamin semua kerugian yang ditemukan selama periode asuransi termasuk biaya memperbaiki penggantian atau pembaharuan bagian yang cacat.
Asuransi Umum Konvensional
Kredit dan Penjaminan
Memberikan perlindungan atas risiko kegagalan debitur melunasi fasilitas kredit yang diberikan oleh Bank Umum atau Lembaga Pembiayaan Keuangan.
Asuransi Umum Konvensional
Personal
Memberikan perlindungan dan jaminan terhadap rumah tinggal atas risiko yang bisa terjadi.
Asuransi Umum Konvensional
TPI Health Insurance
Memberikan jaminan perawatan di rumah sakit, rawat jalan, dan jaminan kacamata.
Asuransi Umum Konvensional
Tanggung Gugat
Melindungi bisnis jika pengguna produk mengalami kerugian akibat kesalahan produk.
Asuransi Umum Konvensional
Aneka
Memberikan perlindungan dari cedera badan atau meninggal dunia akibat kecelakaan yang timbul dari dan selama ikatan kerja.
Asuransi Umum Syariah
Asuransi Kecelakaan Diri Haji Syariah
Memberikan manfaat risiko kematian, cacat tetap, cacat sementara, biaya perawatan dan atau pengobatan yang secara langsung disebabkan suatu kecelakaan.
Asuransi Umum Syariah
Asuransi Syariah Kendaraan Bermotor Indonesia
Memberikan manfaat asuransi atas setiap kerugian kendaraan bermotor jika biaya perbaikan lebih dari 75 persen dari nilai pasar atau hilang karena pencurian.
Asuransi Umum Syariah
Asuransi Property All Risks Syariah
Menjamin semua risiko pertanggungan yang diakibatkan kerusuhan, bencana alam, pencurian, dna gangguan usaha.
Asuransi Umum Syariah
Asuransi Syariah Kebakaran Tugu
Memberikan perlindungan pada harta benda akibat kebakaran yang disebabkan api, petir, ledakan, kejatuhan pesawat, dan asap.
Asuransi Umum Syariah
Asuransi Kecelakaan Diri Travel Syariah
Memberikan manfaat risiko kematian, cacat tetap, cacat sementara, biaya perawatan dan atau pengobatan yang secara langsung disebabkan suatu kecelakaan.
Asuransi Umum Syariah
Asuransi Kecelakaan Diri Umroh Syariah
Memberikan manfaat risiko kematian, cacat tetap, cacat sementara, biaya perawatan dan atau pengobatan yang secara langsung disebabkan suatu kecelakaan.
 

Simak ulasan pertanggungan, premi, cara klaim, layanan nasabah, dan rekanan. Informasi berikut disadur dari situs resmi tugu.com sebagai pertimbangan untuk memilih Asuransi Tugu.

Asuransi Tugu menghadirkan berbagai produk asuransi, mulai dari asuransi korporasi, retail, dana asuransi syariah.

Berikut pilihan polis Asuransi Tugu  yang bisa dipertimbangkan:

Asuransi Korporasi

  • Asuransi Energi: Produk asuransi Tugu yang memberikan jaminan perlindungan atas risiko yang mungkin terjadi pada operasional bidang energi.
  • Asuransi Kebakaran dan Properti: Produk asuransi Tugu yang memberikan jaminan atas risiko kerugian atas aset, bangunan, dan isi bangunan apabila terjadi risiko kebakaran.
  • Asuransi Kelautan: Produk asuransi yang memberikan perlindungan menyeluruh atas berbagai risiko yang mungkin timbul selama proses pembangunan kapal dan kegiatan pengangkutan barang di laut.
  • Asuransi Penerbangan & Satelit: Produk asuransi yang memberikan perlindungan secara menyeluruh selama bepergian dengan asuransi perjalanan.
  • Asuransi Rekayasa: Produk asuransi yang memberikan jaminan kerugian atas risiko terhambatnya proyek bangunan dalam masa konstruksi, proyek pemasangan mesin, atau kerusakan peralatan elektronik akibat kecelakaan.
  • Asuransi Kredit dan Penjaminan: Produk asuransi yang memberikan perlindungan kepada tertanggung apabila terjadi hal-hal buruk sehingga tidak mampu membayar pinjaman yang dimiliki.
  • Asuransi Aneka: Produk asuransi yang terdiri dari asuransi kecelakaan kerja, asuransi uang, asuransi pencurian, asuransi hole in one, dan asuransi perjalanan. 
  • Asuransi Kesehatan: Produk asuransi yang memberikan perlindungan kesehatan kepada karyawan dan keluarga.

Asuransi Syariah

  • Asuransi (Ta’min) Gangguan Usaha atau Business Interruption
  • Asuransi (Ta’min) Kebongkaran atau Burglary
  • Asuransi (Ta’min) Uang atau Money
  • Asuransi (Ta’min) Pengangkutan: Jaminan pertanggungan yang diberikan pada produk asuransi ini meliputi:
    • Pengangkutan melalui laut
    • Pengangkutan melalui udara
    • Pengangkutan melalui darat
  • Asuransi (Ta’min) Tanggung Gugat
  • Asuransi (Ta’min) Rekayasa: Produk asuransi ini terbagi menjadi tiga, yaitu:
    • Asuransi (Ta’min) Konstruksi
    • Asuransi (Ta’min) Pemasangan Mesin
    • Asuransi (Ta’min) Kerusakan Mesin atau Asuransi (Ta’min) Peralatan Elektronik
  • Asuransi (Ta’min) Alat Berat
  • Asuransi (Ta’min) Kecelakaan Diri: Jaminan pertanggungan yang diberikan pada produk asuransi ini meliputi:
    • Kecelakaan diri haji dan travel
    • Kecelakaan diri umroh
  • Asuransi (Ta’min) Kendaraan bermotor

Cari tahu premi asuransi Tugu dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.

Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Pembayaran premi asuransi Tugu bergantung pada ketentuan pada polis asuransi. Sila menghubungi call center Asuransi Tugu, agen, maupun broker asuransi terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis.

Cara klaim asuransi Tugu disesuaikan dengan ketentuan polis yang dimiliki. Sila cek laman situs resmi tugu.com atau menghubungi   layanan konsumen 24 jam Asuransi Tugu Pratama Indonesia, yaitu Call TIA di nomor 1500458 untuk mengetahui panduan klaim asuransi dari Asuransi Tugu.

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi yang bekerja untuk perusahaan asuransi, dalam hal ini Asuransi Tugu. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara Asuransi Tugu dengan calon nasabah.

Asuransi Tugu tidak mencantumkan sistem keagenan yang dimiliki pada laman situs resmi. Untuk mengetahui seperti apa sistem keagenan tersebut, sila menghubungi call center Asuransi Tugu.

Lifepal adalah broker asuransi online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Saat ini, Lifepal belum bekerja sama dengan Asuransi Tugu.

Layanan nasabah atau call center Tugu dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Tugu, dan sebagainya, sila hubungi kontak berikut.

  • Customer Care Center Asuransi Tugu: Wisma Tugu I, Jalan H.R. Rasuna Said Kav. C8-9, Jakarta 12920 Indonesia
  • Call TIA (Tugu Insurance Assistance): 1500 458
  • WhatsApp TIA: 081197900100
  • Email: [email protected], [email protected], [email protected], [email protected], [email protected] 
  • Faksimile: (021) 529 61555
  • Instagram: instagram.com/tuguinsurance/
  • Twitter: twitter.com/tuguinsurance/
  • Facebook: facebook.com/tuguinsurance
  • Website: www.tugu.com

Layanan Asuransi Tugu

 

  • T-rex: Layanan aplikasi nasabah yang memberikan layanan 24 jam truk derek, truk towing, dan sepeda motor.
  • T-drive: Layanan aplikasi nasabah yang akan memantau kinerja mengemudi sehari-hari.

 

 

Asuransi Tugu tidak mencantumkan daftar rekanan asuransi bengkel maupun rumah sakit yang dimiliki. Apabila nasabah ingin mengetahui daftar rekanan bengkel silakan menghubungi call center Asuransi Tugu.

Asuransi Tugu memiliki kantor pusat yang berlokasi di Jakarta dan memiliki sejumlah rekanan yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia dan Hongkong. Berikut adalah daftar alamat kantor Asuransi Tugu

Alamat Kantor Pusat Asuransi Tugu

Wisma Tugu I

Jalan H.R. Rasuna Said Kav. C8-9, Jakarta 12920 Indonesia

Tel. (021) 529 61777 (hunting)

Fax. (021) 529 61555, 529 62555

Email: [email protected], [email protected], [email protected], [email protected], [email protected]

Alamat Kantor Cabang Asuransi Tugu

  • Hong Kong: Tugu Insurance Company Ltd, 28/F China Online Centre, 333 Lockhart Road, Wanchai, Hong Kong, Telepon: +852 282 42939
  • Surabaya: Wisma Tugu Darmo, Jl. Raya Darmo, No.64, Surabaya 60264, Telepon: +62 31 566 4470 (Hunting)
  • Bandung: Jl. BKR No. 19 A RT.09 /RW.06, Kel Cijagra ,Kec. Lengkong, Bandung, Telepon: +62 22 87328455
  • Medan: Jl. Palang Merah No. 116 Medan, Indonesia 20112, Telepon: +62 61 414 5411/ 457 7705
  • Balikpapan: Balikpapan Super Block Ruko E-11 Jl. Jenderal Sudirman No.47.  Balikpapan – 76114. Kalimantan Timur, Telepon: +62 542 721 9899
  • Semarang: Jl.MT. Haryono No. 798B  semarang timur 50124, Telepon: 024 8416386
  • Palembang: Komp. Pertamina Kenten, Jl. AKBP Cek Agus No.12, 8 Ilir, Ilir Timur II Kota Palembang, Sumatera Selatan 30114, Telepon: +62 711 573 3633 /3376
  • Lampung: Jalan Jend. Sudirman No.23 C-D Kel. Enggal kec. Enggal Kota Bandar Lampung, Lampung 35118, Telepon: +62 721- 6011311
  • Makassar: Jl. Lamadukelleng Buntu No. 82 Kelurahan Kunjung Mae Kecamatan Mariso Kota Makassar 90113, Telepon: +62 411 894 3732
  • Pekanbaru: Sudirman  City Square Blok E01Jl. Jend.sudirman,Tangkerang Selatan Kota Pekanbaru 28125, Telepon: (0761) 8656207
  • Denpasar: Jl.Gatot Subroto tengah No. 335 Denpasar,Bali, Telepon: 0361 9093160
  • Cirebon: Cirebon Super Blok Office  park P10Jl. Dr Cipto Mangunkusumo No. 26, Telepon: 023 18291500

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • tugu.com
  • https://www.cnbcindonesia.com/market/20191106105833-17-113033/mantap-tugu-insurance-pertahankan-rating-a-dari-am-best
  • https://www.cnbcindonesia.com/market/20191114163620-17-115339/laba-meroket-174-ini-rincian-kinerja-tugu-insurance
  • https://www.cnbcindonesia.com/market/20200116143956-17-130507/membedah-fundamental-tugu-insurance

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal