Profil Sinarmas MSIG Life dan Produk Unggulan Mereka

Sinarmas MSIG Life

Perusahaan yang didirikan pada tahun 1985 dengan nama PT Asuransi jiwa Purnamala Internasional ini sejak awal sudah berfokus pada asuransi jiwa. Berganti nama menjadi PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk pada tahun 2007.

Prestasi terbaru yang pernah diraih, salah satunya adalah penghargaan Asuransi Jiwa Syariah pilihan konsumen pada tahun 2018, berdasarkan survei yang dilakukan media Warta Ekonomi. Prestasi-prestasi lainnya diperoleh Sinarmas MSIG hampir tiap tahun sejak tahun 2014.

Produk asuransi Sinarmas MSIG sangat kuat di bidang Bancassurance yang sudah bekerja sama dengan beberapa bank ternama, seperti BJB, Bank Jatim, Bank Bukopin, BTN Syariah, Bank Jatim Syariah, dan Bank Sinarmas itu sendiri.

Sinarmas MSIG memberikan pertanggungan jiwa hingga 100 persen dengan nilai tunai di usia 100 tahun. Premi yang Anda bayarkan cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp1.5 juta saja perbulan.

Produk Sinarmas MSIG Life

Produk Sinarmas MSIG

Sinarmas MSIG Life memberikan cukup banyak pilihan produk sesuai dengan kebutuhan personal maupun kumpulan, terutama bagi keluarga dan perusahaan yang ingin memberikan proteksi kepada para karyawannya.

Berikut ini adalah pembagian produk-produk yang ditawarkan oleh Asuransi Sinarmas MSIG Life.

Produk individu

1. Asuransi Dasar Tradisional

Beberapa produk Asuransi Dasar Tradisional yang ditawarkan di antaranya adalah Power Save, Smile Multi Invest, Smile Personal Accident, Smile Medical, dan Smile Hospital Protection Plus.

Power 

Save

Smile

Multi Invest

Smile

Personal 

Accident

Smile

Medical

Smile 

Hospital

Protection

Plus

Jenis

Proteksi

Kecelakaan Jiwa

(sakit /

kecelakaan)

Kecelakaan Kesehatan Kesehatan
Nilai

Pertanggungan

Max 1 Miliar 200% dari

premi

tahunan

Max 2 Miliar Max 1.9

Miliar

Per tahun

Max Rp2

Juta

Per hari

Termasuk

Investasi

Ya Ya Tidak Tidak Tidak
Fungsi Utama Utama Rider Rider Utama

2. Asuransi Unit Link

Asuransi unit link memberikan opsi bagi konsumen untuk memiliki proteksi sekaligus nilai investasi saat jatuh tempo. Anda bisa mendapatkan nilai tunai dari premi yang dibayarkan sekaligus atau berkala dengan besar keuntungan berdasarkan ketentuan perusahaan.

Smile 

Link 88

Smile 

Link 99

Smile Link

Pro 100

Smile 

Link Proasset

Proteksi Jiwa (sakit /

kecelakaan)

Jiwa (sakit /

kecelakaan)

Hingga usia 99

Jiwa (sakit /

kecelakaan)

Hingga usia 100

Jiwa

Seumur

Hidup

Nilai

Pertanggungan

100% Uang

Pertanggungan

Ditambah

Nilai polis

100% Uang

Pertanggungan

Ditambah

Nilai polis

100% 200%

100%

(Alokasi Dana

Investasi)

Termasuk

Investasi

Ya Ya Ya Ya
Fungsi Utama Utama Utama Utama

3. Asuransi Syariah

Sinarmas MSIG juga menawarkan Asuransi Jiwa Syariah yang memproteksi tertanggung dari risiko kecelakaan ataupun kematian.

Beberapa produk yang ditawarkan di dalam asuransi syariah memiliki benefit yang tidak berbeda jauh dengan produk Asuransi Dasar Tradisional dan Asuransi Unit Link.

Perbedaannya terletak pada akad dan pilihan investasi dana yang sesuai dengan prinsip syariat. Asuransi syariah juga mendapatkan pengawasan ketat dari Dewan Syariah MUI.

Beberapa produk yang ditawarkan, di antaranya Power Save Syariah, Smile Multi Invest Syariah, Smile PA Syariah, Smile Medical Syariah, dan Smile Hospital Protection Plus Syariah.

Sementara untuk asuransi unit link yang ditawarkan hanya dua produk, yaitu Smile Link 88 Syariah dan Smile Link 99 Syariah.

Jika tertanggung meninggal dunia, ahli waris akan mendapatkan santunan dan nilai dana investasi sesuai dengan akad dan ketentuan yang disepakati.

Produk bank

Pada prinsipnya, produk yang ditawarkan melalui bank mitra tidak berbeda jauh dengan produk-produk yang sudah ada, baik itu Asuransi Dasar Tradisional Unit Link maupun Syariah. Tetapi, tidak semua bank menawarkan pilihan produk yang sama.

Salah satu contoh, di Bank Sinarmas terdapat enam produk asuransi, sedangkan di Bank Jatim hanya terdapat dua produk asuransi yang ditawarkan.

Meskipun dengan nama produk yang berbeda, tetapi jenis asuransi, uang pertanggungan serta manfaat yang didapatkan tidak berbeda dengan produk utama atau rider yang sudah ada.

Produk kumpulan

Asuransi jenis ini biasanya dibutuhkan oleh perusahaan yang ingin memberikan proteksi kepada karyawannya. Produk yang diberikan bukan hanya semata produk asuransi saja, tetapi bisa juga digabungkan dengan manfaat dana pensiun ataupun tabungan.

Manfaatnya dapat diberikan kepada karyawan langsung maupun keluarga karyawan. Berikut ini adalah beberapa produk kumpulan yang ditawarkan Asuransi Sinarmas MSIG.

1. Smile Medicare

Produk ini bisa dijadikan produk tambahan bagi karyawan yang sudah memiliki BPJS Kesehatan. Smile Medicare memberikan jaminan biaya kesehatan yang berlaku di seluruh dunia.

Sinarmas MSIG sudah bermitra dengan rumah sakit yang menjamin pelayanan rawat inap, rawat jalan, maupun rawat bersalin di seluruh Indonesia.

2. PA Kumpulan 

Produk ini memberikan manfaat proteksi terhadap karyawan dari risiko kecelakaan, seperti perawatan di rumah sakit, cacat, maupun meninggal dunia.

3. Ekawarsa

Produk ini sangat fleksibel hingga dapat memberikan benefit asuransi jiwa bagi para pekerja kontrak dengan masa kerja minimal satu tahun. Karyawan yang meninggal dunia dalam periode kontrak akan mendapatkan uang pertanggungan yang diberikan kepada ahli warisnya.

4. DPLK PPUKP

Produk ini merupakan salah satu apresiasi khusus bagi karyawan berstatus tetap berupa jaminan program pensiun dan kompensasi pesangon jika keuangan perusahaan tiba-tiba memburuk. Pada dasarnya, program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) ini bertujuan memakmurkan kehidupan pekerja di masa tua ketika sudah tidak bekerja lagi.

5. Ekasejahtera

Karyawan bisa bernapas dengan lega jika sudah dijaminkan dalam program Ekasejahtera. Pasalnya, produk ini memberikan manfaat jika sewaktu-waktu karyawan memasuki masa pensiun, meninggal dunia, cacat tetap total atau terkena PHK maupun mengundurkan diri.

Ekasejahtera merupakan produk asuransi jiwa kumpulan yang digabungkan dengan tabungan atau disebut juga dengan asuransi dwiguna (endownment).

Inovasi Sinarmas MSIG Life

Sinarmas MSIG Life termasuk salah satu perusahaan yang inovatif. Terbukti, kerja sama yang dilakukan cukup agresif dengan menggandeng mitra lembaga keuangan seperti bank.

Selain itu, Sinarmas MSIG Life juga cerdik dalam memahami kebutuhan pasar yang mana Asuransi Syariah mulai digandrungi oleh masyarakat. Sehingga dengan jaringan mitra bank tepercaya, konsumen bisa memilih produk asuransi konvensional maupun syariah dari bank yang sudah bermitra dengan Sinarmas MSIG.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Sinarmas MSIG Life

Kelebihan dan Kekurangan Sinarmas MSIG

Patut diakui bahwa Asuransi Sinarmas MSIG memiliki jaringan yang cukup kuat terutama dengan jumlah mitra bancassurance yang menjangkau hingga daerah-daerah terpencil terutama di Pulau Jawa.

Hingga tahun 2018, pendapatan premi yang berhasil dikumpulkan mencapai Rp5.3 triliun sehingga mendapatkan tujuh penghargaan sekaligus di tahun yang sama. Hal ini dinilai dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk memilih asuransi Sinarmas MSIG Life sebagai salah satu opsi yang menawarkan produk asuransi jiwa dan kesehatan yang beragam.

Namun pada sisi kekurangannya, Sinarmas MSIG Life belum memberikan kemudahan pembelian secara online. Padahal pasar asuransi saat ini membutuhkan produk yang bisa dibeli dengan sangat mudah.

Namun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa membeli berbagai produk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan secara langsung dengan mudah melalui Lifepal. Ada berbagai pilihan produk yang dapat disesuaikan dengan target dan kemampuan finansial Anda.