4 Biaya Servis Motor yang Harus Disiapkan Setiap Bulan

Servis motor menjadi salah satu hal yang harus kamu lakukan setiap bulan agar kendaraan gak cepat rusak dan tetap awet.

Sayangnya, masih ada saja yang enggan meluangkan waktunya ke bengkel karena berbagai alasan. Salah satunya adalah gak punya duit.

Padahal saat kamu memiliki kendaraan, seharusnya kamu udah punya komitmen untuk menyiapkan uang tambahan untuk buat setiap bulan.

Lagipula uang yang harus kamu keluarkan untuk servis motor gak semahal seperti yang kamu bayangkan kok.

Masalahnya kalau kamu jarang servis, yang ada motormu akan cepat rusak. Kalau udah kayak gitu siap-siap deh kantongmu jebol untuk biaya “jajan” motormu.

Untuk menghindari kondisi tersebut, langsung simak aja yuk biaya servis motor yang harus kamu siapkan setiap bulan berikut ini:

1. Ganti oli

servis-motor
Ganti oli (motoris)

Ganti oli merupakan salah satu hal wajib yang harus kamu lakukan setiap bulan agar mesin berjalan dengan baik dan terbebas dari gangguan.

Selain itu, karena fungsinya sebagai pelumas, jadi oli dapat melapisi bagian logam agar tidak terjadi kontak langsung dengan udara atau air. Selain itu, oli juga dapat melindungi mesin agar tidak mudah berkarat.

Jenis oli yang digunakan pun gak bisa sembarangan. Karena itu, disarankan agar kamu konsultasikan dahulu dengan mekanik mengenai jenis oli yang tepat dengan tipe motormu.

Gak hanya itu, kamu juga gak dianjurkan untuk gonta-ganti merk dan jenis oli. Mengapa? Soalnya hal tersebut sangat berisiko merusak mesin motor kamu lho. Jadi, pastikan kamu menggunakan merk dan jenis oli yang sama sejak awal.

Nah, untuk biaya ganti oli ini umumnya kamu harus mengeluarkan uang mulai dari Rp 45 ribu hingga Rp 150 ribu per liter.

Sekadar informasi, harga oli tergantung dari varian atau tipe motormu, matik atau sport.

[Baca: 9 Langkah Ganti Oli Mobil Tanpa Harus ke Bengkel]

2. Servis tune up rutin

servis-motor
Servis tune up rutin (youtube)

Selain ganti oli, servis tune up juga harus dilakukan setiap bulan secara rutin. Tujuannya adalah agar kamu dapat mengetahui kondisi motormu.

Biaya servis ini terbilang cukup murah kok, yaitu sekitar Rp 75 ribu. Eits.. tapi biaya itu hanya untuk periksa aja ya. Jadi ini belum termasuk kalau ada perbaikan atau penggantian sparepart.

Akan tetapi, servis tune up ini umumnya paketan lho. Jadi, dengan mengeluarkan uang Rp 75 ribu, kamu sudah bisa:

  • Mengecek tekanan ban
  • Mengecek kondisi atau tegangan rantai
  • Karburator dan radiator dibersihkan
  • Mengecek alat ECU dan area CVT
  • Mengecek kondisi lampu (jauh, depan dan belakang), sen dan klakson
  • Saringan udara juga umumnya akan dibersihkan

Jika saat diservis tune up ternyata ada yang harus diperbaiki atau diganti, umumnya pihak mekanik akan bertanya terlebih dahulu ke kamu. Jadi, kamu gak perlu khawatir melihat tagihan yang meledak.

Akan tetapi, disarankan agar kamu membawa uang lebih saat akan servis motor. Jadi, apabila ada yang harus diperbaiki atau diganti, bisa langsung dikerjakan. Daripada nanti kamu harus ngantri-ngantri lagi kan.

3. Kampas rem

Rem merupakan salah satu sparepart yang harus selalu dipantau kualitasnya setiap bulan. Kebayang gak sih kamu kalau mengendarai kendaraan tapi remnya gak pakem? Duh, bisa ketar-ketir sendiri di jalan karena takut menabrak sesuatu.

Karena itu disarankan agar kamu rutin mengganti kampas rem setiap bulannya. Lagipula, harganya pun gak mahal kok dibanding keselamatan kamu.

Nah, untuk kampas rem ini terbagi menjadi dua dengan harga yang juga berbeda-beda, yakni:

  • Kampas rem depan cakram harganya sekitar Rp 45 ribu.
  • Kampas rem belakang tromol harganya sekitar Rp 35 ribu.

Akan tetapi, pihak mekanik umumnya akan memberitahukan apakah kampas remmu perlu diganti atau tidak dan usia kampas rem dipengaruhi dari cara pemakaianmu lho.

[Baca: Nyari Onderdil Motor Murah? Kunjungi 4 Tempat Ini]

4. Sparepart lainnya

servis-motor
Sparepart lainnya (iyaora.blogspot)

Ada beberapa sparepart yang usianya itu tidak selama sparepart lain. Contohnya saja aki yang bisa bertahan sekitar dua tahun.

Lagipula, kamu juga tentu gak mau kan harus dorong-dorong motor di jalanan karena motormu mati akibat ada salah satu sparepart yang rusak.

Karena itu, sebaiknya rutinlah mengganti beberapa sparepart, seperti:

  • Roller yang harganya berkisar antara Rp 20 ribu hingga Rp 35 ribu.
  • V belt yang harganya sekitar Rp 75 ribu sampai Rp 150 ribu.

Sama seperti kampas rem, usia beberapa sparepart tersebut juga dipengaruhi oleh cara pemakaianmu.

Yuk, kita jumlahkan berapa total biaya yang harus kamu keluarkan setiap bulan untuk servis motor:

  • Ganti oli = Rp 75 ribu
  • Servis tune up = Rp 75 ribu
  • Kampas rem = Rp 80 ribu
  • Sparepart lainnya = Rp 120 ribu

Jadi, total uang yang harus kamu keluarkan adalah sekitar Rp 350 ribu per bulan. Gak mahal bukan? Pasalnya dengan mengeluarkan uang segitu, motormu dijamin awet dan berkendara pun jadi lebih aman dan nyaman.

[Baca: Hati-hati, 7 Hal Ini Bikin Garansi Motormu Hangus Lho]