Punya Mobil dengan Gaji Rp 5 Juta? Bisa! Ini 4 Pilihannya

Datsun (datsun.co.id)

Punya kendaraan pribadi mungkin jadi mimpi banyak orang. Meski mobil murah sekalipun. Biarpun kebutuhan sekunder, banyak alasan yang membuat kepemilikan mobil jadi penting. Dari kebutuhan sebagai alat transportasi sampai alat memenuhi gengsi.

Hal ini gak jadi masalah kalau penghasilan kamu memang mencukupi. Tapi, kalau gaji Rp 5 jutaan, mampukah punya mobil sendiri?

Kamu mungkin udah tahu kalau saat ini banyak lembaga pembiayaan yang bisa memudahkanmu buat kredit mobil. Tenor yang ditawarkan pun cukup lama, dari enam sampai delapan tahun.

Dengan tenor delapan tahun, biaya cicilan per bulan yang perlu dibayarkan pun akan semakin kecil. Meski begitu, perlu diketahui bahwa semakin panjang tenor, semakin banyak bunganya. Sementara, harga mobil turun sejak pertama kali keluar dari showroom. Ditambah lagi, performa mobil mungkin udah menurun di usia ke-8.

Amannya, untuk kredit mobil tanpa mengalami kerugian, pilihlah tenor maksimal 4-5 tahun. Konsekuensinya kumpulkanlah dulu uang muka hingga lebih dari setengah harga mobil.

Jadi, coba pikir-pikir dulu, benarkah sudah butuh dan harus beli mobil?

Tapi, kalau kamu merasa kebutuhan punya mobil ini udah gak bisa ditolerir, kamu bisa melirik mobil murah LCGC (Low Cost Green Car) atau mobil murah ramah lingkungan yang punya harga terjangkau.

 

Nah, untuk memastikan apakah penghasilanmu memang cukup buat membeli mobil secara kredit, yuk kita lakukan simulasi perhitungannya dulu.

 

Simulasi

Misalnya dengan penghasilan Rp 5 juta, jumlah aman yang bisa dialokasikan untuk kredit maupun utang adalah 30 persennya. Berarti 5 juta x 30% = Rp 1,5 juta.

Dengan catatan kamu gak ada utang lain, maka jumlah uang inilah yang akan kamu alokasikan untuk membayar cicilan kredit.  

Nah sekarang mari hitung berapa harga mobil yang bisa dicicil dengan bujet sekitar Rp 1,5 juta.

Sebagai contoh kamu ingin membeli mobil seharga Rp 110 juta. Mengacu pada Surat Edaran BI No.15/40/DKMP 2013, uang muka yang perlu dibayarkan minimal 25 persen dari harga mobil atau dalam hal ini sebesar Rp 27,5 juta.

Namun, jika membayar DP pada batas minimum, utang pokok kredit menjadi Rp 82,5 juta. Dengan menggunakan tenor 4 tahun agar bisa menyicil sejumlah bujet yang dialokasikan, yaitu Rp 1,5 juta, minimal kamu udah siapkan DP sebesar Rp 70 juta.

mobil murah
(Image: acc finance)

Nah, dari simulasi di atas, uang yang perlu kamu siapkan untuk membayar cicilan tiap bulannya sebesar Rp 1.445.000 atau Rp 1,5 jutaan.

Artinya, dengan gaji Rp 5 juta dan uang muka minimal Rp 70 juta, kamu bisa membeli mobil maksimal di harga Rp 110 juta. Kalau belum tahu mobilnya apa aja, berikut ini rekomendasinya.

1. Daihatsu Sigra 1.0 D (M/T)

mobil murah
(Image: YouTube)

Daihatsu Sigra diluncurkan dengan 4 tipe berbeda, Sigra D, Sigra M, Sigra X, dan Sigra R. Daihatsu Sigra 1.0 D ini merupakan salah satu seri termurahnya. Tipe ini menggunakan mesin berkapasitas kecil, yaitu 1,0 liter dengan transmisi manual.

Berbeda dengan tipe saudaranya, Sigra X dan R yang menggunakan mesin 1,2 liter dengan dua pilihan transmisi, manual dan matic.

Meski begitu, Daihatsu Sigra siap menampung tujuh penumpang sehingga cocok banget digunakan sebagai mobil keluarga. Sigra D dibanderol sekitar Rp 79-109 juta.

2. Daihatsu Ayla

mobil murah
(Image: priceprice)

Daihatsu Ayla dijual mulai dari Rp 94 jutaan. Mobil berkapasitas lima kursi ini menggunakan mesin 998 cc. Pada bagian dashboard, terdapat fitur 2 DIN Touchscreen Audio untuk mengatur panel dengan sentuhan jari. Setir kemudinya juga udah dilengkapi panel switch yang terintegrasi dengan sistem audio. Jadi kamu bisa mudah mengontrol audio saat menyetir.

Meski  murah, desain eksterior Ayla gak tampak murahan. Pada bagian depan, terdapat projector headlamp dengan LED position lamp dan daytime running light. Ayla hadir dalam enam warna, yaitu hitam, silver, putih, merah metalik, dan oranye metalik.

3. Suzuki Karimun Wagon R GA Airbag

mobil murah
(Image: priceprice)

Suzuki Karimun pernah menjadi salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Mobil ini hadir dengan desain bagai mobil kecil Eropa yang cocok digunakan di area perkotaan.

Tapi meski mesin Karimun irit bahan bakar dan mobil ini mudah dikendalikan, pelan-pelan Karimun ditinggalkan peminatnya. Produksinya pun sempat diberhentikan.

Beberapa tahun kemudian, PT Suzuki Indomobil menghadirkan versi reborn Suzuki Karimun, yaitu Suzuki Karimun Wagon R. Mobil LCGC ini mewarisi platform dari versi terdahulu dengan desain “kotak”, sederhana, dan modern.

Wagon R dinilai cukup hemat bahan bakar. Untuk satu liter bensin, dapat digunakan hingga jarak tempuh 20 kilometer. Mobil berkapasitas lima penumpang ini dibanderol mulai dari Rp 103 juta.

4. Datsun Go+

mobil murah
(Image: auto.ndtv)

Datsun Go+ dibanderol mulai dari Rp 98 jutaan. Mobil ini telah dilengkapi fitur driver airbag dan tujuh tempat duduk. Kapasitas mesinnya lebih besar daripada New Ayla Tipe D, yaitu sebesar 1.198 cc. Sebagai mobil keluarga, mobil ini juga menyediakan bagasi yang cukup luas yang mampu menampung bawaan hingga 347 liter.

Sayangnya, Datsun Go+ belum dilengkapi AC dan power steering. Kamu juga tidak bisa menikmati fitur alarm dan sistem keamanan immobilizer.

 

Itulah beberapa mobil di bawah Rp 110 juta yang bisa dibeli dengan dengan gaji Rp 5 jutaan. Bisa-bisa aja sih membeli mobil lain dengan harga di atas itu, tapi siap-siap membayar cicilan yang lebih besar tiap bulannya.

Jika belum siap hidup hemat karena harus bayar cicilan dalam masa waktu yang panjang, lebih baik kamu pikir-pikir lagi niatan membeli mobil, meskipun jenisnya mobil murah.

Tapi, jika tekadmu sudah bulat, mulailah mencari penghasilan tambahan atau menabunglah dulu sampai uang muka yang terkumpul jadi lebih banyak. Dengan begitu, kamu tetap bisa bernapas lega karena jumlah cicilan yang minim.