5 Cara Didik Anak Biar Sukses, Ala Ibu Orang Terkaya di Dunia Urutan ke 23

Maye Musk sukses mendidik Elon seorang diri (Instagram).

Setiap orang punya cara mendidik anak yang berbeda-beda. Namun semuanya punya harapan besar, yaitu ingin putra atau putrinya bisa sukses di masa depan.

Pendiri Tesla dan Space X, Elon Musk, kerap kali dipandang sebagai salah satu figur sukses yang menginspirasi. Wajar saja, dia berhasil merevolusi dunia transportasi dengan menciptakan mobil listrik.

Dia pun terkenal dengan sikapnya yang workaholik. Dalam wawancaranya di media, Elon pernah mengatakan, dirinya pernah bekerja non stop selama 120 jam. 

Sebagai orang terkaya di dunia, Elon Musk menempati urutan ke 23 versi Forbes, dengan total kekayaan sebesar Rp 383 triliun. Luar biasa!

Bicara soal orangtua, Elon dibesarkan oleh seorang ibu bernama Maye Musk. Perempuan berdarah Kanada ini, memiliki profesi sebagai model.

Di CNBC, Maye pernah menulis esai seputar bagaimana dirinya mendidik Elon Musk hingga akhirnya sukses menjadi entrepreneur. 

Elon sejatinya memiliki masa kecil yang cukup keras. Karena Maye dan Errol (ayahnya) harus bercerai saat Elon masih berusia sembilan tahun. Pria kelahiran Afrika Selatan ini memutuskan untuk ikut dengan ayahnya, namun saat remaja dia justru terbang ke Kanada agar bisa tinggal bersama ibunya.

Mau tahu lebih lanjut soal bagaimana cara mendidik anak ala Maye Musk yang berstatus single parent? Yuk simak ulasannya.

1. Biasakan sang anak untuk kerja saat masih kecil

Cara Mendidik Anak
Elon Musk bersama Ibunda Tercinya, Maye (Instagram)

Bagi Maye Musk, membiasakan anak untuk bekerja saat masih kecil cara mendidik anak yang efektif. “Kerja” yang dimaksud bukan kerja cari duit lho ya, melainkan mengerjakan pekerjaan sehari-hari di rumah. 

Sebut saja seperti beres-beres rumah, mulai dari ngepel, nyuci pakaian, cuci piring, dan lainnya. 

Metode ini sama saja dengan memberikan sang anak sebuah tanggung jawab yang mesti dia emban. Gak heran kalau akhirnya, kebiasaan ini bisa berbuah baik di masa depan. 

2. Perlakukan mereka seperti orang dewasa

Cara Mendidik Anak
Maye Musk (Instagram).

Cara yang satu ini juga gak mudah. Gak jarang, meski anak-anak sudah dewasa, orangtua juga lebih sering memandangnya bak anak kecil.

“Orang tua saya mendidik saya dengan memperlakukan saya layaknya orang dewasa. Itupun menginspirasi saya untuk melakukan hal serupa pada anak saya,” tulis Maye Musk dalam satu artikel di CNBC.

Apakah kamu setuju dengan yang satu ini? Atau malah berpikir agar anakmu yang kecil dan sedang lucu-lucunya untuk gak beranjak dewasa dalam waktu cepat?

3. Biarkan mereka mengikuti passion

Cara Mendidik Anak
Maye Musk (Instagram).

“Saya gak pernah menyuruh mereka untuk mempelajari sesuatu. Saya gak pernah mengingatkan mereka agar membuat PR yang diberikan sekolah, itu adalah tanggung jawab mereka,” ucap Maye.

Membiarkan ini bukan berarti cuek, tapi lebih kepada membiarkan mereka berkreasi. Asalkan sang anak memang bertanggung jawab.

Coba lihat sekarang, Elon Musk punya jam kerja yang luar biasa gila. Dia pun sama sekali gak mengenal kata malas.

4. Jangan biarkan mereka dekat dengan kemewahan

Cara Mendidik Anak
Elon Musk dan Ibunda, Maye Musk (Instagram).

Elon Musk memang kerap tampil parlente, bak Tony Stark di film Avenger. Namun coba tengok penampakannya saat dia baru saja mendirikan PayPal. Mungkin beberapa dari kamu beranggapan bahwa dandanannya cupu banget.

Maye memang gak pernah membiasakan anak-anaknya untuk bermewah-mewahan. Bukan berarti gak boleh sama sekali, boleh saja asal sudah mampu membelinya.

“Ketika mereka masih kuliah, mereka hidup dalam kondisi yang cukup memprihatinkan. Tidur di kasur tanpa ranjang yang tergeletak di lantai, dan satu kamar diisi oleh enam orang. Namun, mereka gak mempermasalahkan hal itu, asalkan mereka gak gemar bermewah-mewahan sejak kecil, mereka sanggup dengan kondisi ini,” ujar Maye.

5. Biarkan mereka memikirkan masa depannya sendiri

Cara Mendidik Anak
Maye Musk (Instagram).

Nasihat akhir dari Maye Musk seputar cara mendidik anak adalah, “gak usah dipusingin dan dikhawatirkan.”

Sebagian dari orangtua kita atau kita sendiri tentu sering khawatir soal masa depan sang anak. Namun pada intinya, jika ingin mereka sukses ya gak usah pusing-pusing deh.

“Mau tahu nasihat dari saya? Biarkan anakmu bertanggung jawab untuk masa depannya sendiri. Ajari mereka tentang cara bersikap yang baik, namun biarkanlah mereka untuk menentukan apa yang mereka mau,” ujar Maye.

Itulah lima poin penting soal cara mendidik anak versi Maye Musk agar anakmu bisa sukses di masa depan. Apakah cukup bermanfaat buatmu? (Editor: Winda Destiana Putri)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →