7 Perusahaan Asuransi Terbesar di Dunia dan Nilainya 2020

AXA Insurance, Salah satu Perusahaan Asuransi Terbesar di Dunia (Shutterstock).

Perusahaan asuransi terbesar di dunia ini pastinya sudah kamu pernah dengar sebelumnya. Tapi, pernakah menyangka kalau nilai kapitalisasinya ternyata sebesar ini.

Seperti yang telah kita ketahui, perusahaan asuransi memiliki peran yang penting dalam kehidupan banyak orang di dunia. Mulai dari urusan kesehatan hingga keamanan kendaraan bermotor.

Tidak heran jika akhirnya perusahaan asuransi menjadi kategori bisnis dengan nilai kapitalisasi tinggi. Sebelum bahas lebih jauh soal daftar perusahaan asuransi terbesar di dunia, perlu kamu ketahui terlebih dahulu kalau dari sekian banyak jenis asuransi, pilihan perusahaan asuransi kesehatan masih menjadi yang paling diminati saat ini.

Nah, buat kamu yang ingin tahu, kira-kira pilihan perusahaan asuransi apa saja yang memiliki kredibilitas dan kapitalisasi pasar tinggi? Yuk, simak daftar lengkapnya berikut!

1. Berkshire Hathaway – Rp 7.334 triliunan

Perusahaan asuransi terbesar yang ada di dunia saat ini adalah Berkshire Hathaway yang dibangun pada tahun 1889 dan memiliki afiliasi dengan Warren Buffet.

Korporasi yang berkantor pusat di Nebraska, Amerika Serikat ini berinvestasi di banyak industri lain seperti transportasi, energi dan manufaktur. Jadi pantes aja kalau cuan yang didapatkan begitu besar.

Berkshire Hathaway diketahui memiliki kapitalisasi pasar mencapai Rp 7.334 triliunan.

2. Ping An Insurance – Rp 3.470 triliunan

Duduk di posisi runner up lagi-lagi berasal dari negeri Tirai Bambu dengan nama perusahaan asuransi Ping An of China. Dibandingkan korporasi lainnya, umur perusahaan ini terbilang cukup muda karena baru berdiri tahun 1988.

Ping An of China berkantor pusat di kota Shenzhen, China dan mempunyai usaha lainnya di bidang properti yang gak kalah menguntungkan.

Nilai kapitalisasi pasar yang berhasil dicapai oleh Ping An of China mencapai Rp 3.470 triliunan.

3. United Health Group – Rp 3.156 triliunan

Di urutan ketiga ada perusahaan asuransi United Health Group yang didirikan pada tahun 1977. Korporasi ini berpusat di kota Minnesota, Amerika Serikat.

Jumlah pelanggan yang udah dimiliki oleh United Health Group di Amerika Serikat dan 125 negara lainnya sebanyak 115 juta jiwa.

Dengan jumlah sebanyak itu pantes aja United Health Group berhasil membukukan kapitalisasi pasar sebanyak Rp 3.156 triliunan hingga hari ini.

4. AIA – Rp 1.728 triliunan

Selanjutnya ada Asuransi AIA yang juga beroperasi di Indonesia layaknya AXA dan Allianz. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1919 di Singapura dan sekarang berkantor pusat di Hong Kong.

Sekarang ini ada 18 negara yang udah berhasil mereka taklukan bisnis asuransinya seperti di Australia, China dan India. AIA memiliki kapitalisasi pasar mencapai Rp 1.728 triliunan.

5. China Life Insurance – Rp 1.700 triliunan

Perusahaan asuransi kelima yang terbesar di dunia datang dari daratan China yakni China Life Insurance yang udah berdiri semnjak tahun 1949. Sebagian besar kepemilikannya dimiliki oleh pemerintahan.

Sahamnya juga diperdagangkan di beberapa bursa efek seperti New York Stock Exchange, Hong Kong Stock Exchange dan Shanghai Stock Exchange. Total kapitalisasi pasar China Life Insurance menyentuh Rp 1.700 triliunan.

6. Allianz – Rp 1.442 triliunan

Urutan keenam ada Asuransi Allianz yang udah berdiri semenjak tahun 1890 di kota Munich, Jerman.  Di Indonesia nama perusahaan ini udah sangat terkenal dan menjadi salah satu pilihan masyarakat perkotaan.

Gak hanya menjalankan bisnis asuransi, Allianz juga ternyata memiliki di bidang kebutuhan finansial lho. Sekitar 70 negara di dunia udah berhasil mereka jajakan operasional bisnisnya. Kapitalisasi pasar yang berhasil diraup oleh Allianz mencapai Rp 1.442 triliunan.

7. Perusahaan asuransi AXA – Rp 806 triliunan

Mengutip dari Investopedia, brand pertama yang masuk dalam daftar adalah Asuransi AXA. Korporasi ini udah berdiri semenjak tahun 1816 dan berasal dari negara Perancis.

Tercatat bisnis operasinya udah berjalan di 56 negara di dunia dan memiliki lebih dari 102 juta pelanggan. Total karyawannya sendiri sekitar 125 ribu jiwa. Sedangkan untuk masalah kapitalisasi pasar dunia AXA menyentuh Rp 806 triliunan.

Nah itulah 7 perusahaan asuransi terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar yang dimiliki. Dari ketujuh nama tersebut, ada 4 nama yang menjajakan kakinya di Indonesia yakni AXA, China Life, AIA dan Allianz. Jadi, bisa dipertimbangkan kira-kira perusahaan asuransi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran! 

Bingung dalam memilih asuransi kesehatan yang cocok dengan kantongmu? Yuk, konsultasikan dengan ahli asuransi secara gratis melalui Tanya Lifepal!

Pertanyaan Seputar Asuransi Terbesar di Dunia

Jawabannya tidak. Masih ada faktor penting lainnya yang juga perlu dipertimbangkan, seperti besaran premi, manfaat asuransi, plafon atau besaran pertanggungan, hingga laporan tahunan perusahaan.

Tujuh perusahaan yang masuk dalam daftar asuansi terbesar di dunia merupakan perusahan global. Jadi, belum ada yang berasal dari Indonesia.

Tidak selalu, bergantung pada polis yang dipilih. Contohnya saja asuransi AXA Mandiri menghadirkan pilihan polis asuransi kesehatan dengan premi di bawah Rp500 ribu per bulan.

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →