8 Mobil Sedan Bekas Merek Jepang di Bawah Rp 200 Juta

mobil sedan

Pasar domestik mobil sedan emang lagi mengalami penurunan belakangan ini, lebih tepatnya di segmen sedan medium. Tapi bukan berarti sedan itu gak layak dibeli lho ya. Mobil ini tetap punya keunggulan yang gak dimiliki mobil-mobil lain.

Beberapa keunggulan sedan yang harus kamu ketahui adalah kenyamanan yang gak ada duanya, bagasinya juga benar-benar luas. Desainnya pun tampak elegan dan gampang banget buat dimodifikasi.

Kelebihan lain, bila sedan itu berkapasitas mesin besar, performanya pasti mantap.

Harganya emang mahal sih ketimbang mobil lain. Tapi, sebagai alternatif, kamu bisa aja pilih mobil sedan bekas. Gak jelek-jelek amat kok.

Dalam artikel ini, MoneySmart bakal membahas mobil sedan bekas, khusus merek-merek Jepang yang layak dibeli dengan harga di bawah Rp 200 juta.

Pengin tahu apa aja? Simak yuk.

1. Toyota Camry 2011 – Rp 170 jutaan

Gak usah khawatir jika kamu memutuskan buat beli Toyota Camry tahun 2011 atau Camry generasi dua. Mesin mobil sedan premium keluaran Toyota ini bisa dibilang bandel banget.

Mobil ini punya kapasitas mesin 2.400 cc dengan konfigurasi empat silinder segaris 16 katup (2,4) VVT-i. Mesin itu sanggup mengeluarkan tenaga maksimal hingga 167 Hp di 6 ribu RPM, sementara torsi maksimalnya di 224 Nm di 4 ribu RPM.

Semua pasti udah tahu kalau selain bandel, mobil ini juga nyaman banget dan punya image mobil mewah. Peredaman kabinnya juga bagus banget.

Kalau ini masih kurang, kamu harus ingat kalau ini adalah produk Toyota. Jadi urusan suku cadang gampanglah. Pasti ada di mana-mana.

Gimana dengan kekurangannya? Kekurangan mobil ini ada boros bahan bakar. Udah itu aja. Kalau dipakai di dalam kota ya konsumsinya bisa cuma delapan kilometer per liter. Dan kamu harus pakai bahan bakar oktan 92 atau di atas itu.

2. Honda Accord 2011 – Rp 189 jutaan

Yang kedua adalah rival dari Camry, Honda Accord, dengan tahun yang sama. Mobil sedan yang satu ini bisa dibilang “badak” alias tangguh banget. Lihat aja, Accord Maestro tahun 90an aja masih enak dikemudikan, apalagi Accord baru.

Baik Camry maupun Accord masuk dalam daftar mobil yang mesinnya tetap tangguh walau tembus 300 ribu Kilometer.

Mobil ini punya desain mewah dan lekukan yang terlihat solid. Keindahan itu gak cuma bisa kamu saksikan dari eksterior, sebab di interiornya pun bisa dikatakan cukup mewah.

Selain itu, harga Accord juga gak jatuh, bahkan jauh lebih mahal dari Camry.

Soal tenaga, Accord emang lebih kuat dibanding Camry. Mobil bermesin 2.356 cc ini sanggup menghembuskan tenaga sebesar 180 Hp di 6.500 RPM dan torsi maksimum di 225 Nm (4.300 RPM). Kekurangannya juga sama seperti Camry, boros BBM.

3. Nissan Teana 2012 – Rp 180 jutaan

Nissan Teana merupakan mobil sedan kompetitor Accord dan Camry. Mobil ini cukup oke dan punya kelebihan yang lebih menonjol ketimbang dua kompetitornya.

Yang jelas nih, Nissan Teana punya kabin yang lebih lega ketimbang Accord dan Camry, dan cukup kedap suara serta mewah. Mobil ini juga punya suspensi soft.

Namun uniknya nih, ketika mobil itu dipacu 200 kilometer per jam, setirnya tetap stabil.

Soal tenaga, Teana menggunakan mesin V6 lho. Suaranya khas banget dan bikin kamu ketagihan nyetir. Mesinnya juga di atas 2.000 cc, samalah kayak Camry dan Accord.

Kekurangan dari mobil ini adalah resale value-nya yang rendah banget. Selain itu sparepart juga mahal, otomatis kamu bakal kerepotan sendiri ketika harus servis.

4. Toyota Altis 2013 – Rp 193 jutaan

Buat yang pengin mobil sedan dengan kapasitas di bawah 2 ribu cc, maka Altis bisa jadi pilihan terbaik. Mesin 2ZR-FE 1.8 liter DUAL VVT-i di mobil ini mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 136 Hp pada 6.000 RPM dan torsi 174 Nm pada 4.400 RPM.  

Buat konsumsi bahan bakar, Altis tergolong cukup irit. Desainnya juga cukup keren dan terkesan mewah, walau gak semewah Camry ya.

Meski demikian, sistem kemudinya tergolong ringan banget. Dan ini salah satu kekurangan Altis keluaran 2013.

Mungkin sistem kemudi yang ringan menguntungkan bagi mereka yang menggunakan mobil di perkotaan aja. Tapi ketika mobil ini harus digeber di tol dengan kecepatan tinggi, kadang handling atau setirnya jadi gak enak dan terasa liar.

Jadi mendingan jangan ngebut-ngebut deh kalau lagi pakai mobil ini. Kecuali kalau kemampuan berkendaramu emang aduhai.

5. Honda Civic 2011 – Rp 185 jutaan

Civic 2012, mobil sedan dengan kapasitas mesin sama seperti Altis, tapi nuansanya lebih sporty. Sensasi berkendara yang bisa kamu dapatkan di mobil ini juga lebih seru.

Civic menggendong mesin R18A1 berkapasitas 1.8 L yang sanggup mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 140 Hp pada putaran mesin 6300 RPM dan torsi puncak sebesar 177 Nm pada putaran mesin 4200 RPM.

Soal handling, gak usah diragukan lagi deh. Mobil ini emang jagonya melakukan manuver. Civic memiliki karakter sport dan hal itu udah bisa dirasakan di suspensinya, serta ground clearance yang rendah. Gejala limbung juga bakal terasa minim walaupun mobil ini dipacu dengan kecepatan tinggi.

Meski demikian, hal itu jadi berimbas ke bantingannya yang keras. Selain itu kabin Civic juga gak terlalu kedap.

6. Mazda 6 SkyActiv 2012  – Rp 195 jutaan

Mazda 6 SkyActiv merupakan mobil sedan mewah yang juga bernuansa sport. Kapasitas mesinnya 2.400 cc, tapi lekukannya tajam ala-ala mobil coupe. Jelas gak bisa disamakan dengan Camry, Accord, atau Teana.

Tenaga maksimum yang mampu dihasilkan sebesar 187 Ps pada putaran mesin 5700 RPM dan torsi puncak 250 Nm pada putaran mesin 3250 RPM.

Konon kabarnya, walaupun kapasitas mesin Mazda 6 besar, konsumsi bensinnya lebih irit daripada Camry, Accord, atau Teana.

Kelebihan Mazda 6 yang lainnya adalah handling stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi, dan fiturnya canggih-canggih.

Tapi mengingat bodinya yang cukup besar, mobil ini agak kurang lincah jika dikendarai di perkotaan. Belum lagi karena suspensinya yang keras, maka bantingannya juga terbilang keras.

Selain masalah penggunaan, Mazda 6 juga terkenal dengan resale value yang rendah. Dan asal kamu tahu nih, pajak mobil sedan Mazda itu kabarnya lebih besar ketimbang mobil sedan kompetitornya. Ya kalau kamu punya uang banyak hal ini gak jadi masalah sih.

7. Toyota Vios 2015 – Rp 195 jutaan

Buat yang nyari mobil sedan 1.400 cc, ada Toyota Vios nih. Lebih tepatnya adalah Vios keluaran tahun 2015.

Kelebihan Vios jelas bisa dilihat dari eksteriornya yang cukup menarik dan lumayan sporty. Mobil ini menggendong mesin 2NR-FE, 4 Cylinders in-line, 16 Valve, DOHC Dual VVT-i 1.496 cc. Udah pasti irit banget bensin deh.

Tapi kekurangannya ada pada kabinnya. Peredam suara mobil ini bisa dibilang kurang bagus. Lalu bagian atapnya juga tipis. Cukup mengganggu waktu hujan deras karena bakal berisik banget. Belum lagi material interiornya juga kurang berkualitas.

8. Honda City 2014 – Rp 189 juta

Ketika kamu menatap mobil sedan ini, tentu kesan pertama yang muncul adalah penampilannya yang gagah dan sporty. Fitur interior mobil ini juga terbilang cukup lengkap.

Buat dapur pacunya, Honda City dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.496 cc i-VTEC yang sanggup menghasilkan tenaga 117 Hp di 6 ribu RPM. Soal keselamatan, Honda City tahun 2014 juga lebih mumpuni ketimbang pendahulunya.

Tapi sayangnya, mobil ini belum dilengkapi dengan fitur kontrol stabilitas, dan handlingnya bisa dikatakan gak terlalu nyaman. Walaupun fiturnya lengkap, desain interior Honda City juga bisa dibilang biasa-biasa aja.

Soal harga, emang sih mobil ini tergolong cukup mahal terutama kalau dibeli dalam kondisi baru. Makanya, membeli Honda City bekas tampaknya bisa jadi pilihan cerdas.

Mana mobil sedan pilihanmu?

Itulah delapan rekomendasi mobil sedan dari pabrikan asal Jepang yang bisa kamu jadikan pilihan. Pilih yang emang sesuai dengan kantongmu aja ya.

Dan ingat, itu mobil bekas bukan mobil baru. Kalau udah lebih dari lima tahun, biasanya mobil apa pun itu bakal banyak “jajan” alias perbaikan.

Jadi, pastikan kamu gak salah ketika memilih mobil sedan. Jangan sampai menyesal belakangan ya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →