Aplikasi Taspen: Cara Otentikasi dan Layanan E-Klim [2020]

Cek Taspen Online

Aplikasi Taspen Otentikasi merupakan layanan digital yang dihadirkan oleh PT Taspen (Persero) sebagai wadah untuk melakukan otentikasi online secara berkala. 

Langkah ini dinilai sebagai wujud pengembangan layanan agar tidak ada lagi keterlambatan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang segera pensiun dalam menerima hak-haknya. 

Selain pengelolaan dana pensiun PNS, asuransi Taspen juga menyediakan tiga jenis produk lainnya, seperti jaminan kecelakaan kerja, tabungan hari tua, dan jaminan kematian.

Dengan diperolehnya hak-hak ini, maka pensiunan PNS bersangkutan dapat mempertahankan kesejahteraan dirinya, baik pada sisi finansial maupun upaya dalam menjaga kesehatannya.

Cara Otentikasi Taspen Melalui Aplikasi

Otentikasi melalui aplikasi Taspen dapat dilakukan dengan melalui tiga proses dasar, yaitu pendaftaran ulang dan lakukan otentikasi taspen. Biar gak bingung mari simak penjelasan berikut ini: 

1. Lakukan Pendaftaran Ulang

Untuk bisa melakukan otentikasi online melalui aplikasi Taspen, peserta harus melakukan pendaftaran ulang dengan dibantu oleh petugas di tempat-tempat tertentu yang ditunjuk secara khusus oleh PT Taspen (Persero).

Pendaftaran ulang ini wajib dilakukan oleh peserta sendiri sebagaimana data-data yang diambil nantinya akan melibatkan dirinya langsung (biometrik). Data-data biometrik ini diperoleh dengan melakukan:

  • Pengisian informasi pribadi.
  • Pemotretan wajah tampak depan.
  • Pemindaian sidik jari.
  • Perekaman suara.

Setelah menyelesaikan pendaftaran ulang, pasien akan mendapatkan smart card yang dapat difungsikan sebagai:

  • Kartu Identitas Pensiun (Karip).
  • Kartu pembayaran umum.
  • Penarikan dana pensiun melalui ATM.
  • Kartu keanggotan untuk mendapatkan diskon di toko-toko tertentu.

Selain itu, peserta sudah bisa melakukan proses otentikasi secara berkala untuk menyatakan bahwa dirinya masih hidup melalui pengesahan di aplikasi Taspen.

2. Cara Menggunakan Aplikasi Taspen untuk Otentikasi Berkala

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah download aplikasi taspen. Aplikasi otentikasi Taspen dapat diunduh secara gratis di situs Taspen.co.id atau Google Play (Taspen Otentikasi). Kemudian ikuti langkah-langkah berikut. 

  • Buka aplikasi Taspen Otentikasi.
  • Ketikkan nomor keanggotaan pribadi (notas Taspen).
  • Untuk otentikasi suara, ucapkan angka-angka yang tertera di layar aplikasi.
  • Untuk otentikasi wajah, tempatkan wajah Anda di kotak pada aplikasi.
  • Untuk otentikasi sidik jari, tempatkan satu jari Anda di kotak pada aplikasi.

Aplikasi akan memberikan pernyataan ‘Otentikasi Berhasil’ jika peserta bisa memberikan setidaknya dua data biometrik yang berhasil dikenali oleh sistem. Pernyataan tersebut berarti Anda telah memenuhi kewajiban melakukan otentikasi berkala untuk menyatakan diri masih hidup dan manfaat pensiun bisa tetap didapatkan hingga masa otentikasi berikutnya.

Proses otentikasi harus dilakukan setiap bulannya agar jaminan pensiun dapat cair. Setelah otentikasi berhasil dilakukan, nasabah tinggal mengambil uang pensiun di rekening bank PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) terdekat. Jadi gak perlu lagi repot-repot ke bank. 

Syarat Mengajukan Pencairan Jaminan Pensiun 

Sebelum mengajukan pencairan dana pensiun, sebaiknya cek saldo Taspen secara online. Kemudian, penuhi persyaratan berikut ini:

  • Formulir permintaan pembayaran
  • Surat keterangan pensiun 
  • Pas foto 3×4 
  • Surat Keterangan Penghentian Pembayaran (SKPP)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) fotokopi 
  • Buku tabungan fotokopi 
  • NPWP fotokopi (jika ada)

Dokumen di atas dapat diunggah secara online dalam bentuk pdf melalui eklim.taspen.co.id/eklim. Sehingga tidak perlu datang langsung ke kantor Taspen.  

Untuk mengetahui target tujuan dana pensiun, kamu bisa lho memanfaatkan kalkulator dana pensiun dari Lifepal berikut ini.

Jika sudah dihitung, coba deh bandingkan dengan jumlah saldo Taspen kamu saat ini. Kira-kira bakal tercapai gak ya targetnya? Kalau belum, kamu perlu menambah pos tabungan dana pensiun lain di luar asuransi dan menaruhnya di tempat yang tepat.

Kalau ingin tahu lebih banyak tentang asuransi Taspen dan pengelolaan keuangan lain, yuk tanyakan ke ahlinya lewat fitur Tanya Lifepal!

Pertanyaan Terkait Aplikasi Taspen

Perlu diperhatikan bahwa pada praktiknya, otentikasi ini wajib dilakukan oleh peserta Taspen dengan tujuan membuktikan bahwa dirinya masih hidup dan masih berhak menerima manfaat pensiun. Selain itu, metode digitalisasi ini diharapkan bisa menghindarkan terjadinya penyalahgunaan nama penerima manfaat pensiun yang sudah meninggal sehingga tidak ada lagi pencairan manfaat pensiun kepada pihak yang tidak berhak menerimanya. Maka penggunaan surat kuasa untuk mengambil manfaat pensiun tidak berlaku lagi.

Penting untuk dipahami juga bahwa tanpa melalui proses otentikasi, manfaat pensiun peserta akan ditahan oleh PT Taspen (Persero). Lebih jauh lagi, jika peserta tidak melakukan otentikasi selama tiga bulan berturut-turut, maka peserta harus melakukan pengurusan dari awal dikarenakan uang pensiun tidak dapat dikeluarkan seluruhnya. Sayang banget bukan jika uang pensiun tidak keluar sepenuhnya, apalagi jika pensiunan PNS bersangkutan sangat bergantung dengan uang tersebut dalam menunjang biaya kesehatannya.

  • Peserta yang hidup sendiri wajib melakukan otentikasi tiap bulan.
  • Jika peserta hanya memiliki suami atau isteri, maka otentikasi dilakukan tiap tiga bulan sekali.
  • Peserta yang masih memiliki keluarga penuh yang terdiri atas suami, isteri, dan anak perlu melakukan otentikasi tiap enam bulan sekali.

Aplikasi Taspen memang sangat memudahkan nasabah dalam proses pencairan dana hari tua. Hanya saja, proses otentikasi Taspen kerap gagal dilakukan. Menurut Iwan Hermawan, selaku PPID dan Keluhan Pelanggan Taspen, otentikasi Taspen gagal memang kerap terjadi karena tingginya traffic akibat nasabah lain juga juga melakukan otentikan secara online.

Oleh karena itu, Iwan Hermawan menyarankan untuk melakukan otentikasi di awal bulan, sebab trafficnya masih belum terlalu tinggi sehingga koneksi dapat berjalan lancar. Atau pilihan lainnya, jika aplikasi Taspen dirasa sulit untuk diikuti atau terdapat ketidakcocokan dengan ponsel Anda, maka disarankan untuk melakukan otentikasi berkala di bank atau kantor yang ditunjuk secara khusus oleh PT Taspen (Persero).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →