Mengenal Perusahaan Asuransi Askrida dan Produk Terbaiknya

askrida

Bagi yang sering berurusan dengan asuransi, barangkali nama Askrida sudah tidak asing. Tapi bagi yang awam, bisa jadi perusahaan asuransi Askrida belum begitu familiar. 

Tapi tenang, artikel ini akan membantumu memahami dan mengenal PT Asuransi Bangun Askrida atau lebih dikenal dengan Askrida. Termasuk, produk asuransi yang ditawarkan dan layanan lainnya. 

Askrida adalah perusahaan asuransi yang berfokus pada penyediaan asuransi umum. Askrida berada di bawah naungan PT Asuransi Bangun Askrida.

Berdiri sejak tahun 1989 menjadi salah satu faktor yang membuktikan Askrida sudah cukup teruji. Meski bergerak di bidang asuransi umum yang tidak begitu populer di masyarakat, Askrida berhasil mendapatkan berbagai penghargaan.

Yuk, simak sekilas mengenai perusahaan asuransi umum Askrida berikut dengan berbagai produk asuransi yang ditawarkannya!

Sekilas perusahaan asuransi askrida

PT Asuransi Bangun Askrida, atau yang biasa disebut “Askrida”, didirikan oleh pemerintah Republik Indonesia sebagai sebuah perusaha yang menawarkan perlindungan asuransi atas semua risiko dan kehilangan, khususnya bagi gedung-gedung pemerintahan, dan aset-aset milik pemerintah lainnya.

Perusahaan ini adalah perusahaan asuransi berskala nasional yang didirikan pada tanggal 2 Desember 1989 di bawah badan hukum Raharti Sudjardjati, SH, dan dengan persetujuan dari Departemen Keuangan Republik Indonesia (berdasarkan keputusan pemerintah No. KEP.192/KM.B/1990, dd. 14 March 1990). 

Pertama kali berdiri perusahaan ini dimiliki Bank Pembangunan Daerah (BPD). Lalu pada tahun 1996, sebuah keputusan penting dibuat oleh Menteri Dalam Negeri yang bertujuan untuk memperluas kepemilikan perusahaan asuransi ini dengan mengikutsertakan 33 instansi pemerintahan daerah (propinsi), yang karen itu telah membuat profil perusahaan menjadi lebih kuat khususnya dalam hal partisipasi Askrida dalam mengembangkan industri asuransi di Indonesia.

Karena fokus pada asuransi umum, nasabah Askrida memang kebanyakan berasal dari perusahaan lain. Dengan kata lain, bisnis asuransi Askrida berfokus pada B2B alias business-to-business.

Fokus bisnis Askrida tersebut sesuai dengan moto mereka, yaitu “Mitra dalam Usaha Pelindung dalam Duka”. Sesuai moto tersebut, Askrida membuktikan mereka memang dapat diandalkan.

Seiring dengan berkembangnya jumlah pelanggan yang sudah dilayani maka profil perusahaan ini juga semakin kuat, dan masyarakat publik pun semakin mengenal lebih jauh mengenai perusahaan ini. Dengan pemegang saham utama Bank Pembangunan Daerah dan Pemerintah Daerah Propinsi.

Visi misi Askrida

Berikut ini visi misi Askrida:

  • Visi
  • Misi

Visi 

Menjadi lima besar perusahaan asuransi umum nasional yang unggul dan terpercaya dengan pertumbuhan yang berkesinambungan di Indonesia.

Misi

Meningkatkan literasi asuransi di Indonesia melalui sumber daya manusia perusahaan yang profesional.

Memberikan pelayanan prima kepada tertanggung dan mitra kerja secara efektif dan efisien melalui praktik tata kelola perusahaan yang baik.

Memberikan kontribusi terbaik bagi karyawan, pemegang saham dan seluruh pemangku kepentingan.

Alamat:

ASKRIDA Tower Lt.6-11

Jl. Pramuka Kav.151

Jakarta Timur – 13120

Phone : 021 8191212

Fax : 021 29827215 – 29827216

Email : [email protected]

Untuk memperoleh informasi lebih lengkap mengenai PT Asuransi Bangun Askrida dapat membuka website http://www.askrida.com.

Penghargaan asuransi Askrida

PT Asuransi Bangun Askrida termasuk salah satu pemain besar asuransi umum di Tanah Air. Terbukti, banyak penghargaan yang disabet perusahaan asuransi ini. 

Seperti dikutip dari situs resmi perusahaan asuransi Akrida, berikut ini beberapa penghargaan yang sempat diraih:

  • Penghargaan Asuransi Terbaik Berdasarkan Kinerja Keuangan di tahun 2018 oleh Infobank.
  • Asuransi Umum Terbaik 2018 oleh Majalah Investor.
  • Best Financial Performance General Insurance Company 2017 oleh Warta Ekonomi
  • Top General Insurance Indonesia 2017 BussinessNews Indonesia
  • Asuransi Terbaik 2017 oleh Media Asuransi Indonesia

Nah, bagi nasabah yang memiliki usaha maupun perorangan bisa mempertimbangkan produk-produk asuransi umum dari Askrida.

Produk asuransi yang dimiliki Askrida

Produk asuransi dari Askrida termasuk sangat beragam. Terdapat sekitar 10 pilihan asuransi yang disediakan dan disesuaikan dengan tiap case yang spesifik. Bahkan, ada beberapa produk asuransi yang masih jarang ditemukan di perusahaan asuransi lain. 

Berikut ini detail masing-masing produk tersebut.

  • Asuransi Askrida harta benda
  • Asuransi kendaraan bermotor
  • Asuransi konstruksi
  • Asuransi kecelakaan
  • Asuransi penjaminan
  • Kontra bank garansi
  • Asuransi kredit
  • Asuransi kapal
  • Asuransi uang
  • Asuransi golf

1. Asuransi Askrida harta benda

Produk asuransi harta benda dari Askrida ditujukan bagi nasabah perorangan. Adapun proteksi yang diberikan adalah Household Insurance, dan asuransi kebakaran.

Household Insurance ditujukan untuk proteksi rumah, isi, serta penghuni rumah apabila terjadi kejadian tidak terduga karena berbagai sebab. Sementara itu, asuransi kebakaran lebih ditujukan pada proteksi terhadap kerugian akibat kebakaran, baik api, petir, dan ledakan.

2. Asuransi kendaraan bermotor

Masih untuk nasabah perorangan, Askrida punya asuransi kendaraan bermotor. Asuransi tersebut menanggung risiko kecelakaan lalu lintas yang meliputi tabrakan lalu lintas, perbuatan jahat oleh orang lain, pencurian, dan kebakaran akibat bencana alam.

Khusus untuk asuransi kendaraan bermotor dari Askrida, kita bisa menghitung simulasinya melalui laman situs Askrida di http://www.askrida.com/kalkulator-kendaraan-bermotor.html.

3. Asuransi konstruksi

Produk asuransi ini ditujukan bagi proyek-proyek konstruksi. Jadi, selama periode pembangunan apabila terjadi risiko seperti kerusakan pada mesin dan sebagainya, maka akan diganti oleh Askrida.

Adapun pilihan proteksi untuk proyek yang dihadirkan oleh Askrida berupa asuransi kontraktor, asuransi pemasangan mesin, dan asuransi apabila terjadi kerusakan mesin.

4. Asuransi kecelakaan

Produk asuransi kecelakaan Askrida cukup unik. Sebab, proteksi yang diberikan ditujukan sebagai perlindungan kerugian akibat perampokan atau kebongkaran rumah. Nah, produk asuransi ini memberikan proteksi tidak hanya bagi properti tetapi juga penghuni rumah. Termasuk juga kecelakaan karena nasabah terjangkit virus ataupun terhirup asap beracun.

Khusus untuk asuransi kecelakaan atau general accident, Askrida menyediakan produk asuransi kebongkaran dan asuransi kecelakaan diri. Kemudian, ada pula asuransi perjalanan yang ditujukan untuk proteksi kecelakaan.

5. Asuransi penjaminan

Asuransi penjaminan atau surety bond Askrida menawarkan proteksi terhadap kerugian yang bisa terjadi atas perjanjian di antara kontraktor dan pemilik proyek. Jadi, asuransi ini cocok bagi kita yang memiliki proyek tertentu maupun sebagai kontraktor. 

Adapun cakupan proteksi atau perlindungan yang diberikan mulai dari penawaran proyek, pelaksanaan, hingga pemeliharaan.

6. Kontra bank garansi

Asuransi berupa kontra bank garansi mungkin masih menjadi istilah asing bagi orang awam. Secara sederhana, kontra bank garansi ini adalah asuransi yang menjamin kerugian finansial yang dialami oleh pihak bank. 

Penyebabnya, karena terjadi wanprestasi alias ingkar janji dari kontraktor. Dengan begitu, bakal ada ganti rugi kepada pihak bank dari asuransi.

7. Asuransi kredit

Jika kontra bank garansi memberikan ganti rugi pada wanprestasi oleh kontraktor, maka asuransi kredit merupakan proteksi kerugian akibat debitur. Saat ada kredit macet oleh debitur, sebenarnya bank akan menerima ganti rugi dari pihak asuransi.

8. Asuransi kapal

Asuransi kapal Askrida atau marine insurance terdiri atas dua proteksi, yaitu asuransi rangka kapal dan asuransi pengangkutan barang.

Asuransi rangka kapal memberikan perlindungan ganti rugi apabila terjadi kerusakan pada kapal itu sendiri. Sementara asuransi pengangkutan barang dikhususkan untuk barang-barang yang diangkut oleh kapal tersebut.

9. Asuransi uang

Bagi pemilik usaha, uang yang menjadi aset perusahaan bisa diasuransikan. Asuransi uang Askrida menawarkan perlindungan berupa asuransi pengiriman maupun penyimpanan uang. Asuransi ini khususnya sangat dibutuhkan saat kita bertransaksi bisnis. 

10. Asuransi golf

Ini dia produk asuransi yang cukup jarang di Indonesia. Penyelenggara turnamen golf bisa mendapatkan ganti rugi karena pencairan hadiah hole-in-one. Hole-in-one maksudnya saat pemain bisa menembakkan bola dari cup menuju lubang hanya dalam sekali tembakan. Karena itu, asuransi ini diberi nama Hole in One Insurance.

Unik, bukan?

Kelebihan dan kekurangan asuransi Askrida

Askrida cukup unggul di beberapa jenis asuransi dibandingkan dengan perusahaan asuransi lain. Bahkan, dengan perusahaan asuransi sejenis, seperti Asuransi Harta.

Dibandingkan perusahaan Asuransi Harta, Askrida menawarkan produk asuransi yang jauh lebih beragam dan bahkan sangat spesifik.

Meski menawarkan produk asuransi bagi perorangan, sayangnya Askrida sepertinya tidak memberikan perlindungan maksimal. 

Karena jangkauan proteksi yang diberikan cukup terbatas, seperti misalnya hanya karena kecelakaan maupun karena tindakan kriminal.

Tips memilih produk asuransi

Setelah kamu menyimak apa saja produk yang ditawarkan perusahaan asuransi Askrida, alangkah baik kalau kamu paham juga bagaimana tips memilih sebuah produk asuransi

Selain Askrida, banyak banget lho produk asuransi. Jadi biar kamu ngga salah pilih, simak beberapa tips berikut ini:

  • Pilih perusahaan asuransi punya reputasi baik
  • RBC di atas 120 persen
  • Pilih yang tawarkan premi terjangkau
  • Pilih yang punya banyak rekanan yang berkualitas
  • Pelajari sistem asuransi
  • Ketahui apa yang dibutuhkan
  • Pilih agen yang memiliki lisensi

1. Pilih perusahaan asuransi punya reputasi baik

Tips memilih asuransi yang pertama adalah memilih perusahaan asuransi berdasarkan reputasinya. Pastinya pilih perusahaan asuransi dengan reputasi yang baik.

Perusahaan yang  baru berdiri gak lantas bisa dicap buruk. Namun, memilih perusahaan yang telah berdiri belasan hingga puluhan tahun memudahkanmu menganalisa rekam jejak dan reputasinya. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisasi risiko kerugian.

Perusahaan asuransi yang kredibel tentu memiliki reputasi yang baik. Cobalah mengumpulkan informasi dari surat kabar atau media digital mengenai penanganan klaim nasabah. Jangan ragu juga buat bertanya pada teman yang telah lebih dulu menggunakan asuransi tersebut.

Jika kamu menemukan terlalu banyak keluhan nasabah atau bahkan kasus penipuan, sebaiknya kesampingkan dulu deh perusahaan tersebut.

2. RBC di atas 120 persen

Tips memilih asuransi yang kedua adalah mengecek rasio solvabilitas atau Risk Based Capital (RBC). Apa itu RBC?

Risk Based Capital (RBC) atau rasio solvabilitas ini menunjukan kesehatan keuangan perusahaan asuransi. Semakin besar rasio RBC, semakin sehat kondisi finansialnya. Setidaknya, RBC harus sebesar 120 persen.

Hal ini penting buat diketahui calon nasabah. Pasalnya, calon nasabah setidaknya dapat memperkirakan apakah perusahaan memang mampu memenuhi janji pembayaran atau klaim saat diperlukan.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa mengecek neraca keuangan di koran atau di situs resmi perusahaan terkait.

3. Pilih yang tawarkan premi terjangkau

Tips memilih asuransi yang ketiga adalah membandingkan antarasuransi untuk mendapatkan premi asuransi yang terjangkau.

Setiap perusahaan menawarkan premi yang beragam. Namun, semakin mahal premi gak lantas menjamin kualitas program asuransi tersebut. Perusahaan yang baik justru menawarkan harga premi yang terjangkau dan berkualitas.

Terkait hal ini, kamu bisa membandingkan produk sejenis dari dua atau tiga perusahaan sekaligus. Ingat, pahami dulu kebutuhanmu agar tidak mudah tergoda saat ditawarkan berbagai produk asuransi oleh para sales dan konsultan asuransi.

4. Pilih yang punya banyak rekanan yang berkualitas

Perusahaan harus memiliki banyak rekanan pusat kesehatan yang berkualitas. Semakin banyak rekanan, semakin mudah nasabah mengakses layanan yang diperlukan. Hal ini sangat krusial, terutama saat nasabah membutuhkan penanganan medis yang cepat.

Untuk asuransi kendaraan, banyaknya rekanan bengkel juga penting. Dengan begitu kamu sebagai nasabah akan merasa tenang saat bepergian. Jika terjadi hal yang tak diinginkan pada kendaraan saat berada di tengah jalan, kamu punya banyak pilihan bengkel.

5. Pelajari sistem asuransi

Mengapa perlu mempelajari sistem asuransi? Tentu tujuannya agar kamu dapat sebaik mungkin memanfaatkan asuransimu, terutama ketika hendak mengajukan klaim.

Ada dua jenis sistem klaim asuransi, yaitu reimburse dan cashless. Jika sistem klaim asuransi yang kamu miliki adalah reimburse, ketika kamu mengalami peristiwa yang ter-cover dalam ketentuan polis asuransi, misalnya rawat inap atau kecelakaan berkendara, kamu perlu mengurus dan membayar semua biaya yang muncul terlebih dahulu. 

Setelah itu, barulah kamu dapat mengajukan klaim penggantian biaya yang telah dikeluarkan ke pihak asuransi.

Sebaliknya, jika sistem klaim asuransi yang dimiliki adalah cashless, kamu cukup menunjukkan kartu anggota saja tanpa perlu menalangi biaya yang muncul untuk mendapatkan perawatan. Pihak asuransi yang akan langsung mengurus biaya yang timbul. 

6. Ketahui apa yang dibutuhkan

Agar tak mubazir, bahkan salah sasaran, kamu harus mengetahui apa yang kamu butuhkan dari produk asuransi yang hendak kamu beli.

Sayang bukan kalau sudah membayar premi dengan rajin, tapi manfaat yang ditawarkan dari asuransi itu tidak sesuai dengan kebutuhanmu?

Sebagai contoh, kalau kebutuhan utamamu adalah asuransi kesehatan yang dapat menanggung biaya rawat jalan dan rawat inap, pilihlah asuransi murni yang bisa memenuhinya.

Tak perlu kamu membeli asuransi unit-link dengan harga yang sama dengan asuransi murni, tapi manfaat yang ditawarkan tidak sesuai dengan kebutuhanmu.

7. Pilih agen yang memiliki lisensi

Agen yang memiliki lisensi adalah agen resmi yang keberadaannya terdaftar dan diawasi oleh pemerintah. 

Di Indonesia, salah satu cara untuk memastikan status agen asuransi itu resmi atau tidak dapat dilakukan dengan mengecek keanggotaannya dalam asosiasi resmi seperti Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) atau Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

Memilih asuransi dari agen yang berlisensi ini penting karena dia cenderung sudah berpengalaman, dan dapat membantumu ketika mengajukan klaim.

Tentunya tak ada yang mau mengalami situasi, ‘sudah jatuh tertimpa tangga pula’ bukan, yaitu ketika kita sudah dalam posisi sulit, tapi kesulitan pula mengajukan klaim karena agen tersebut kurang berpengalaman atau bertanggung jawab.

Jadi, Askrida dapat dibilang lebih cocok bagi para pebisnis maupun perusahaan. Terlihat pula dari laman situs resmi Askrida, partner perusahaan asuransi ini kebanyakan adalah perusahaan yang mana sebagian besarnya berasal dari bank.

Untuk mendapatkan ulasan selengkapnya mengenai profil dan produk-produk asuransi yang ditawarkan oleh Asuransi Askrida, jangan ragu untuk mencari tahu di Lifepal, ya!