Cek Cara Klaim Asuransi ABDA dan Review Produknya di Sini!

Asuransi Abda

Asuransi ABDA adalah salah satu perusahaan asuransi umum yang menawarkan perlindungan yang cukup lengkap. Mulai dari asuransi mobil ABDA all risk, asuransi kesehatan ABDA, sampai asuransi yang menyasar segmen korporasi bisa kita dapatkan lewat perusahaan berskala nasional ini. 

Perlu diingat bahwa memiliki asuransi mobil terbaik sangat penting untuk mengantisipasi risiko kerugian yang lumayan besar kalau sampai mobil kamu mengalami kerusakan. Daripada keluar uang puluhan juta untuk memperbaiki mobil, lebih baik sisihkan beberapa ratus ribu per tahunnya!

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli asuransi umum di ABDA, pastikan kamu sudah paham beberapa hal penting, ya! Misalnya cara klaim asuransi ABDA, call center, hingga alamat kantornya. Supaya ketika mau mengajukan klaim gak lagi bingung.

Itu sebabnya pada artikel ini Lifepal akan menjelaskan sekilas info mengenai asuransi ABDA juga produk asuransi umum andalan mereka.

Profil Perusahaan Asuransi ABDA

Asuransi ABDA atau PT Asuransi Bina Dana Arta merupakan perusahaan asli Indonesia yang didirikan pada tanggal 12 Oktober 1982. Perusahaan sempat mengalami beberapa kali perubahan nama dalam perjalanannya, yaitu yaitu PT Asuransi Bina Dharma Arta (1982), PT Dharmala Insurance (1994), dan menjadi PT Asuransi Bina Dana Arta sejak tahun 1999 sampai sekarang.

Saat ini, perusahaan dipimpin oleh Tjan Soen Eng. Selama 37 tahun, perusahaan asuransi ini telah memiliki lebih dari 36 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

ABDA khusus menyediakan asuransi umum. Jenis-jenis asuransi umum yang ditawarkan di antaranya asuransi kendaraan, asuransi harta benda, asuransi kebakaran, asuransi rekayasa, asuransi perjalanan, asuransi pengangkutan,  sampai asuransi kecelakaan dan kesehatan.

Gak hanya itu, perusahaan juga menyediakan produk asuransi tambahan (rider) untuk melengkapi proteksi kendaraan nasabah terhadap risiko banjir.

Review Produk Unggulan Asuransi ABDA

Seperti yang sudah disebutkan, asuransi ABDA memiliki produk-produk unggulan yang bervariasi. Penawaran produk dari ABDA terdiri dari:

1. Asuransi kendaraan

Produk asuransi kendaraan memberikan proteksi kerugian apabila terjadi kerusakan pada kendaraan akibat risiko tertentu. Nah, ada dua jenis cakupan pertanggungan yang ditawarkan, yaitu Comprehensive (All Risk)  dan Total Loss Only (TLO).

Produk asuransi Comprehensive (asuransi mobil ABDA all risk) memberikan pertanggungan kerugian atas risiko paling kecil sekalipun, mulai dari baret atau lecet, sampai kerugian besar seperti rusak parah dan kehilangan mobil.

Sementara itu, produk asuransi mobil TLO hanya akan menanggung kerugian yang parah saja, yaitu kerusakan parah dan kehilangan kendaraan. Produk yang satu ini gak akan menanggung kerusakan kecil seperti lecet. Namun, keunggulan dari produk TLO adalah harga premi yang jauh lebih rendah daripada produk Comprehensive.

Untuk memperkirakan premi asuransi mobil, silakan gunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut ini!

2. Asuransi rumah

Asuransi rumah menawarkan pertanggungan kerugian apabila terjadi kerugian (berupa kerusakan) pada bangunan ataupun barang-barang perabotan yang ada dalam rumah. Beberapa risiko yang ditanggung adalah:

  • Perlindungan terhadap banjir, badai, angin topan, dan kerusakan lain akibat air.
  • Gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi.
  • Kerusuhan, pemogokan, huru-hara, dan perbuatan jahat orang lain.
  • Terorisme dan sabotase.
  • Pencurian atau kebongkaran dengan paksa

3. Asuransi kebakaran

Produk asuransi kebakaran melindungi seluruh jenis properti seperti rumah, apartemen, kantor, pabrik, dan sebagainya. Perlindungan ini diberikan jika properti tersebut mengalami kebakaran, bencana alam, dan kriminalitas. Produk asuransi kebakaran memiliki 3 (tiga) jenis yang berbeda, yaitu Property All Risks, Industrial All Risks, dan Asuransi Gangguan Usaha.

4. Asuransi rekayasa

Asuransi rekayasa memberikan perlindungan terhadap objek konstruksi, alat-alat mesin, dan objek pemancangan. Ada 4 (empat) macam produk yang ditawarkan yaitu: Machinery Breakdown Insurance, Contractors All Risks Insurance, Erection All Risks Insurance, dan Electronical Equipment Insurance.

5. Asuransi aneka

Asuransi aneka merupakan produk-produk asuransi tambahan yang dapat melindungi segala harta benda milik individu atau perusahaan. Ada 5 (lima) macam asuransi yang terdiri dari Asuransi Tanggung Gugat, Asuransi Kebongkaran, Cash in Transit, Cash in Safe/Cash in Cashier Box, dan Fidelity Guarantee.

6. Asuransi pengangkutan

Jenis asuransi ini memberikan perlindungan sekaligus jaminan terhadap barang-barang yang diangkut melalui jalur tertentu. Barang-barang tersebut akan dijamin jika terjadi resiko kehilangan atau kerusakan. Ada 3 (tiga) macam asuransi pengangkutan berdasar jalur pengangkutannya yaitu Asuransi Pengangkutan Laut, Asuransi Pengangkutan Darat, dan Asuransi Pengangkutan Udara.

7. Asuransi penjaminan

Jenis asuransi memberikan perlindungan terhadap jaminan kontrak kepada seorang Principal. Asuransi ini dibagi menjadi 4 (empat) bagian, yaitu Bid Bond Performance Bond, Advance Payment Bond, Advance Payment Bond, dan Maintenance Bond.

8. Asuransi kecelakaan diri dan kesehatan

Asuransi kecelakaan diri merupakan salah satu produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap risiko kecelakaan. Produk ini juga diberikan terhadap risiko kriminalitas dan kerusuhan.

Sedangkan asuransi kesehatan ABDA memberikan perlindungan terhadap risiko rawat inap atau rawat jalan di rumah sakit. Saat ini, ABDA memiliki lebih dari 30 rumah sakit rekanan yang telah melakukan kerjasama terhadap produk asuransi tersebut.

9. Asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan ABDA menawarkan pertanggungan ganti rugi apabila terjadi kerugian selama nasabah berada di dalam perjalanan. Manfaat ini berlaku untuk perjalanan di dalam da luar negeri.

Adapun risiko yang ditanggung di antaranya kecelakaan, kerusakan atau kehilangan bagasi, pembatalan atau keterlambatan penerbangan, serta kehilangan dokumen perjalanan.

Cara Klaim Asuransi ABDA

Untuk mengajukan klaim asuransi ABDA, ikuti prosedur berikut ini:

Klaim asuransi kendaraan rusak

  • Segera menghubungi pihak asuransi setelah terjadi kerugian. Jangan lupa mendokumentasikan bagian yang rusak.
  • Menyiapkan dokumen yang diminta oleh perusahaan dan mengirimkannya.
  • Setelah klaim dikonfirmasi, kamu bisa membawa kendaraan yang rusak ke bengkel rekanan  ABDA yang ada di kotamu.

Klaim asuransi kebakaran dan rumah

  • Segera melapor pihak asuransi setelah terjadi kerugian. Dokumentasikan bagian yang rusak.
  • Melengkapi dokumen yang diminta perusahaan asuransi.
  • Petugas asuransi akan melakukan survei.
  • Setelah klaim dikonfirmasi, sejumlah uang ganti rugi akan dikirimkan ke rekening nasabah.

Klaim asuransi kesehatan

  • Datang ke rumah sakit rekanan dengan membawa kartu anggota asuransi ke meja administrasi rumah sakit.
  • Setelah data-data dikonfirmasi, pasien bisa langsung menjalani perawatan medis.

Klaim meninggal dunia

  • Ahli waris segera melapor perusahaan asuransi. 
  • Lengkapi dan kirimkan dokumen yang diminta.
  • Jika klaim diterima, maka sejumlah uang santunan meninggal dunia akan dikirimkan ke rekening ahli waris.

Klaim asuransi perjalanan

  • Segera melapor pihak asuransi setelah terjadi kerugian.
  • Lengkapi dokumen prasyarat dan pendukung klaim (bukti perjalanan seperti tiket pesawat, data diri, dan lain-lain)
  • Apabila klaim diterima, uang ganti rugi akan dikirimkan ke rekening nasabah. 

Itulah sekilas info mengenai ABDA beserta produk-produk asuransi umum yang variatif. Produk-produk asuransi umum tentu tidak boleh Anda remehkan karena musibah bisa saja terjadi. Selain itu, segala risiko terhadap aset pribadi atau bisnis apapun membutuhkan perlindungan lebih awal.

Bagi Anda yang memiliki usaha kecil hingga menengah atau yang membutuhkan perlindungan efektif terhadap hunian, asuransi ABDA bisa Anda pertimbangkan.

Punya pertanyaan lain seputar asuransi? Yuk tanyakan langsung pada ahlinya lewat fitur Tanya Lifepal!

Pertanyaan Seputar Asuransi ABDA

Asuransi ABDA adalah perusahaan asli Indonesia yang menyediakan produk asuransi umum seperti asuransi kendaraan dan asuransi rumah.

Hubungi kantor pusat ABDA di (021) 51401688 (Hunting)

Alamat Kantor Pusat ABDA berada di Plaza Asia/ Plaza ABDA Lantai 27, Jalan Jenderal Sudirman Kav.59, Jakarta 12190

Harga premi asuransi  bergantung pada objek yang dipertanggungkan dan kesepakatan nasabah dengan perusahaan asuransi.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →