Pilihan Produk Asuransi AIA Serta Kelebihan dan Cara Klaim

asuransi aia

Asuransi AIA adalah salah satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia yang telah hadir sejak lama untuk memenuhi kebutuhan individu atas perlindungan jiwa dan kesehatan, serta tabungan jangka panjang. 

Sebagai salah satu asuransi terbaik di Indonesia, AIA melayani lebih dari 36 juta polis individu dan lebih dari 16 juta peserta pemegang polis kumpulan. AIA juga menyediakan program kesejahteraan karyawan, asuransi jiwa kredit dan program pensiun bagi nasabah korporasi, serta asuransi berbasis syariah

Saat ini, AIA memberikan kemudahan kepada nasabah yang ingin membeli produk ini melalui AIA DigiBuy. Ini merupakan inovasi layanan pemasaran tanpa perlu bertatap muka untuk produk tradisional atau non-unit link melalui jalur distribusi keagenan dan bancassurance. 

Sekilas tentang Asuransi AIA

AIA adalah perusahaan asuransi jiwa global asal Hong Kong. Produk asuransi yang dihadirkan oleh AIA Indonesia berfokus pada asuransi jiwa, AIA proteksi kesehatan, dan asuransi penyakit kritis.

Melalui AIA Group Limited dan anak perusahaannya (secara bersama-sama disebut sebagai “AIA” atau “Group”), asuransi ini menjadi kelompok perusahaan asuransi jiwa pan-Asia independen terbesar di dunia yang tercatat di bursa saham. 

Hingga saat ini, AIA Group Limited memiliki anak perusahaan dan cabang yang beroperasi di 18 pasar di Asia Pasifik, yaitu Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Tiongkok, Korea, Filipina, Australia, Indonesia, Taiwan, Vietnam, Selandia Baru, Makau, Brunei, Kamboja, Myanmar memiliki 99 persen saham anak perusahaan di Sri Lanka, dan 49 persen kepemilikan saham usaha patungan di India.

Menariknya, AIA menjadi perusahaan yang pertama kali mengenalkan bancassurance di Indonesia pada tahun 1990-an.

Bancassurance adalah produk asuransi yang ditawarkan oleh bank. Sehingga nasabah bank tidak perlu repot lagi mencari asuransi terbaik. Dengan satu pintu, nasabah mendapatkan dua pelayanan, produk bank sekaligus produk asuransi.

Kelebihan asuransi AIA

Persaingan perusahaan asuransi di Indonesia cukup tinggi. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing perusahaan.

Bicara mengenai asuransi AIA, ada beberapa nilai plus yang jadi kelebihan perusahaan ini, diantaranya:

  • Pilihan polis asuransi yang ditawarkan oleh AIA Financial juga terbilang sangat lengkap dan menguntungkan nasabah.
  • AIA Indonesia telah meraih berbagai penghargaan bergengsi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri seperti Peringkat 2 The Best Life Insurance 2018.
  • Tingkat solvabilitas 5 kali lebih tinggi dari standar membuktikan keuangan AIA sangat kuat, sehingga bisa memberikan jaminan keamanan dalam melakukan klaim atau pembayaran tagihan terkait polis.
  • Program beli satu dapat empat sangat bermanfaat bagi keluarga yang dapat terproteksi dalam satu polis asuransi.
  • Klaim asuransi AIA terbilang cepat jika syarat-syarat untuk mengajukan terpenuhi dan lengkap.
  • Premi asuransi yang murah dan terjangkau sesuai rata-rata kemampuan masyarakat Indonesia.

Namun, selain kelebihannya, AIA juga memiliki kekurangan yang harus jadi pertimbangkan sebelum membeli produknya seperti:

  • Sering kali sales atau agen tidak menjelaskan detail tentang asuransi yang ditawarkan, hanya menjelaskan kelebihannya saja, sehingga sering terjadi kesalahpahaman yang membuat nasabah menutup asuransi dengan kekecewaan. 
  • Kurangnya transparansi tentang biaya-biaya yang timbul akibat asuransi seperti biaya admin, akuisisi, jual beli investasi, dan lain-lain.
  • Meski ada produk unit link Syariah, tetapi manajemen tidak terpisah sehingga aset dan penempatan dana bisa tercampur dan menyalahi aturan Syariat Islam.
  • Pernah kena berita miring salah satunya adalah kasus penggugatan nasabah kepada Direktur Utama AIA Financial lantaran dana milik nasabah yang diinvestasikan delapan tahun tidak meraih keuntungan. Hanya saja, belum ada berita lebih lanjut terkait kasus tersebut. 

Pilihan produk asuransi AIA

Produk asuransi AIA terbilang lengkap sebagaimana perusahaan asuransi berskala internasional ini menawarkan berbagai produk asuransi.

Deretan pilihan untuk calon nasabah meliputi asuransi dengan prinsip syariah, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, asuransi yang dikaitkan dengan investasi, program kesejahteraan karyawan, dan program Dana Pensiun (DPLK). 

Berikut ini pilihan produk asuransi yang ditawarkan oleh AIA.

  • Asuransi jiwa: memberikan manfaat santunan tunai atas risiko meninggal dunia atau cacat tetap total. Salah satu polisnya menanggung hingga nasabah berusia 99 tahun.
  • Asuransi kesehatan: memberikan manfaat berupa pertanggungan biaya rumah sakit atau pelayanan kesehatan lainnya ketika nasabah mengalami risiko medis.
  • Asuransi penyakit kritis: memberikan manfaat berupa pertanggungan biaya perawatan kesehatan jika nasabah mengalami salah satu dari penyakit kritis yang ditanggung dalam polis.
  • Dana Pensiun Kumpulan: memberikan manfaat investasi dan perlindungan finansial jika karyawan terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).
  • Employee Benefit (Kumpulan): manfaat asuransi untuk karyawan atau peserta organisasi jika mengalami risiko meninggal dunia, penyakit kritis, rawat inap, dan kecelakaan.

Apa saja polis asuransi AIA?

Sementara untuk polis asuransinya, AIA menghadirkan lebih dari 10 polis. Semuanya dipasarkan oleh lebih dari 6.000 tenaga penjual berpengalaman dan profesional melalui berbagai jalur distribusi agen, bancassurance, hingga korporat. 

Adapun untuk pilihan polis asuransi yang ditawarkan oleh AIA sebagai berikut.

1. Vital Care (Asuransi Kesehatan AIA)

Produk asuransi dengan pertanggungan biaya rawat inap, rawat jalan, pembedahan biaya medis, dan biaya rawat inap darurat akibat kecelakaan. Polis ini bisa menanggung nasabah sejak lahir hingga usia 70 atau 88 tahun. Pertanggungan sesuai dengan tagihan rumah sakit (as charged).

Manfaat asuransi kesehatan Vital Care AIA.

  • Perlindungan hingga 169 penyakit kritis yang maksimal sejak tahap awal, hingga tahap akhir.
  • Memberikan santunan penghasilan bulanan jika terkena penyakit kritis tahap akhir kanker, stroke atau serangan jantung sebesar 1 persen uang pertanggungan selama 100 bulan. 
  • Apabila perlu dirawat di ICU akan dibayarkan manfaat sebesar 50 persen uang pertanggungan.
  • Uang pertanggungan penyakit kritis minor kanker akan dibayarkan lagi jika nasabah kembali terdiagnosis penyakit kritis minor kanker minimal 12 bulan sejak terdiagnosis penyakit kritis minor kanker pertama kali.
  • Memberikan solusi untuk kebutuhan perlindungan yang maksimal dengan pilihan plan yang fleksibel sesuai kebutuhan.

2. Proteksi Prima Plus (Asuransi Kesehatan AIA)

AIA Proteksi Prima Plus  merupakan produk produk asuransi Unit Link dikaitkan dengan investasi (PAYDI).  AIA Proteksi Prima Plus memberikan manfaat meninggal dan manfaat investasi. 

Berikut ini manfaat AIA Proteksi Prima Plus.

  • Menjaga dengan perlindungan jiwa hingga 99 tahun. 
  • Mendukung perencanaan keuangan mulai dari usia produktif.  
  • Proteksi lengkap untuk biaya rumah sakit yang tidak terduga.   
  • Loyalty Bonus berupa nilai persentase dari Premi Dasar tahun pertama atau Premi Dasar tahunan terendah hingga 100 persen.

3. AIA Critical Protection (Asuransi Penyakit Kritis AIA)

Penyakit kritis tidak hanya merenggut keluarga tercinta, namun juga tabungan dan harta keluarga selama masa perawatan.

Biaya pemulihan, biaya pengobatan alternatif serta hilangnya pendapatan selama tidak bekerja dapat ditanggung oleh perlindungan terhadap penyakit kritis.

Untuk itulah, AIA menyediakan produk asuransi penyakit kritis AIA Critical Protection.

Berikut ini manfaat AIA Critical Protection.

  • Memberi perlindungan terhadap penyakit kritis dan jiwa hingga usia 99 tahun.
  • Pilihan masa pembayaran premi 10 tahun atau 20 tahun. 
  • Manfaat sebesar Uang Pertanggungan jika terjadi risiko terdiagnosis salah satu dari 60 jenis Penyakit Kritis (termasuk tindakan bedah Angioplasti).
  • Manfaat sebesar Uang Pertanggungan jika terjadi risiko meninggal dan dua kali Uang Pertanggungan jika terjadi risiko meninggal akibat kecelakaan.
  • Manfaat sebesar Uang Pertanggungan jika tertanggung hidup hingga usia 99 tahun.

4.  AIA Priority Plus Assurance (Asuransi Jiwa AIA)

Produk asuransi jiwa dengan manfaat meninggal dunia karena kecelakaan dan manfaat investasi. Produk unit-link ini dibayarkan dengan pembayaran premi berkala yang dapat menyesuaikan dengan tujuan perencanaan keuangan dalam setiap tahap kehidupan. 

Adapun manfaat dari AIA Priority Plus.

  • Menanggung nasabah hingga usia 70 tahun.
  • Alokasi premi 3 persen untuk polis investasi rupiah dan 1,5 persen untuk Dollar Amerika. 
  • Manfaat loyalty bonus sebesar 25 persen dari premi dasar tahun pertama.

5. AIA Infinite Link Assurance (Asuransi Jiwa AIA)

Produk asuransi AIA selanjutnya yaitu AIA Infinite Link. Produk ini memberikan uang pertanggungan jiwa berdasarkan nominal yang terbesar antara uang pertanggungan atau investasi. 

Manfaat dari produk ini sebagai berikut.

  • Menanggung nasabah hingga usia 99 tahun. 
  • Manfaat loyalty bonus hingga 100 persen dari premi dasar. 
  • Pilihan dana investasi rupiah dan Dollar Amerika Serikat.

5. AIA Prolink Assurance (Asuransi Jiwa AIA)

Produk asuransi jiwa dengan uang pertanggungan dan investasi yang bagus. Dengan manfaat perlindungan jiwa dan investasi yang dapat membantu Anda menghadapi berbagai risiko yang tak terduga.

Berikut ini beberapa manfaat AIA Prolink.

  • Menanggung nasabah hingga usia 99 tahun. 
  • Manfaat loyalty bonus hingga 75 persen dari premi dasar pada tahun pertama. 
  • Pilihan dana investasi rupiah dan Dollar Amerika Serikat. 
  • Pilihan asuransi tambahan lengkap.

6. AIA infinite Plus Assurance (Asuransi Jiwa AIA)

Produk asuransi jiwa dengan uang pertanggungan dan manfaat investasi dengan manfaat sebagai berikut.

  • Menanggung nasabah hingga usia 99 tahun. 
  • Manfaat loyalty bonus hingga 100 persen dari premi dasar. 
  • Pilihan dana investasi rupiah dan Dollar Amerika Serikat. Alokasi premi 5 persen untuk polis investasi rupiah dan 3 persen untuk Dollar Amerika.

7. AIA Family First Protection (Asuransi Jiwa AIA)

Jika ingin melindungi satu keluarga sekaligus, kamu bisa memilih produk AIA Family First Protection.

AIA Family First Protection (AFFP) adalah produk asuransi terkait investasi yang memberikan kita kendali penuh untuk mengatur komposisi perlindungan maupun investasi sesuai dengan tahap hidup yang kita hadapi.

Manfaat yang akan diperoleh meliputi beberapa poin berikut.

  • Produk asuransi jiwa dengan manfaat 100 persen uang pertanggungan dan investasi. 
  • Premi asuransi AIA murah mulai dari Rp200 ribuan per bulan. 
  • Santunan meninggal dunia.
  • Polis akan tetap berlaku dalam 10 tahun polis pertama, bahkan saat nilai tunai yang ada tidak mencukupi untuk menanggung beban biaya yang timbul.

8. AIA Sakinah Assurance (Asuransi Jiwa Syariah AIA)

Produk asuransi jiwa berbasis syariah dengan manfaat uang pertanggungan meninggal dunia dan investasi syariah. 

Melalui AIA Sakinah Assurance, peserta akan mendapatkan beberapa manfaat berikut.

  • Pengelolaan asuransi yang sesuai dengan prinsip syariah, yaitu saling tolong-menolong, melindungi dan menanggung antar sesama peserta.
  • Perencanaan keuangan yang optimal dengan berbagai pilihan jenis investasi berbasis syariah.
  • Memberikan proteksi jiwa dan kecelakaan serta beragam pilihan Asuransi Tambahan yang memberikan Anda ketenangan hati.
  • Kesempatan untuk memperoleh Surplus Underwriting.
  • Memberikan perlindungan berupa santunan meninggal hingga 300 persen dari uang pertanggungan apabila terjadi risiko meninggal akibat kecelakaan selama perjalanan ibadah Haji atau di dalam transportasi umum.
  • Pertanggungan atas biaya rawat inap, tindakan bedah, obat-obatan dan rawat jalan. 
  • Menanggung 32 jenis penyakit kritis. 
  • Pembebasan premi apabila tertanggung mengalami risiko cacat tetap total atau terdiagnosis penyakit kritis.   

9. AIA Protection Income Plan (Dana Hari Tua)

AIA Income Protection membantu kamu dalam mempersiapkan dana hari tua di awal masa produktif.

Dengan fitur yang fleksibel, produk satu ini akan membantu kamu untuk membangun perencanaan dana jangka panjang dengan menyesuaikan tujuan finansial seperti dana pensiun, dana Pendidikan, dana ibadah, dan tujuan keuangan lainnya. 

Manfaat yang akan diperoleh sebagai berikut.

  • Pilihan masa pembayaran premi yang fleksibel sesuai dengan tujuan finansial. 
  • Memaksimalkan perencanaan dana masa tua dengan manfaat uang tunai. 
  • Akumulasi dana lebih baik dengan manfaat uang tunai tambahan. 
  • Menjaga keluarga dengan manfaat meninggal dan cacat tetap total.  

10. Asuransi Jiwa Karyawan Group Term Life (Employee Benefit/Kumpulan)

Proteksi untuk karyawan dengan manfaat meninggal dunia akibat kecelakaan atau sakit.

Program Group Term Life dari AIA dirancang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dalam menyediakan Santunan Duka Cita bagi karyawannya jika terjadi kematian akibat kecelakaan atau terserang suatu penyakit. 

Untuk manfaat yang didapat meliputi lima poin berikut.

  • Manfaat santunan meninggal dunia mulai dari Rp50 hingga Rp100 juta. 
  • Manfaat santunan atas risiko cacat tetap dan total akibat kecelakaan.
  • Uang Pertanggungan dibayarkan secara penuh dan sekaligus jika karyawan meninggal dalam Masa Asuransi.
  • Premi Terjangkau dan perusahaan dapat memilih besarnya Uang Pertanggungan.
  • Perluasan manfaat Asuransi Jiwa dapat ditambahkan manfaat Asuransi Cacat Tetap Total (TPD/Total Permanent Disability) dan Manfaat Penyakit Kritis (Critical Illness).

11. Asuransi Kesehatan Medipro (Employee Benefit (Kumpulan)

Proteksi bagi karyawan berikutnya adalah Medipro. Produk Asuransi kesehatan yang diperuntukkan bagi karyawan perusahaan termasuk istri dan anak-anak mereka dan merupakan program yang sesuai bagi perusahaan berskala kecil sampai menengah. 

Program Medipro menyediakan layanan Asuransi kesehatan yang lengkap dan komprehensif dengan Manfaat Rawat Inap dan Pembedahan, Rawat Jalan, Persalinan dan Rawat Gigi.

Manfaat yang didapat meliputi beberapa poin ini.

  • Manfaat Rawat Inap dan Pembedahan, yaitu penggantian biaya selama Peserta dirawat di Rumah Sakit yang mencakup manfaat kamar dan makan harian, ICU, pelayanan Rumah Sakit yang lain, dokter bedah, kunjungan dokter di Rumah Sakit, rawat jalan darurat karena kecelakaan, konsultasi ahli sebelum dan sesudah rawat inap atau pembedahan, diagnosis x-ray dan laboratorium sebelum dan sesudah rawat inap atau pembedahan, serta manfaat perawat pribadi sesuai dengan ketentuan Polis.
  • Manfaat Rawat Jalan, yaitu penggantian biaya selama Peserta melakukan proses rawat jalan yang mencakup manfaat konsultasi dokter umum atau dokter spesialis dan obat-obatan sesuai resep, pemeriksaan diagnostik dan laboratorium dan biaya fisioterapi sesuai dengan ketentuan Polis.
  • Manfaat Perawatan Gigi, yaitu penggantian biaya untuk manfaat rawat gigi dasar
  • Selain manfaat di atas, Program ini juga menyediakan Manfaat Meninggal sebesar Uang Pertanggungan dan Manfaat Cacat Tetap dan Total sesuai dengan ketentuan Polis

12. AIA Power Pro Life – Covid-19

AIA Power Pro Life disiapkan khusus bagi masyarakat terdampak Covid-19. Produk ini memberikan proteksi jiwa yang lengkap dengan premi yang terjangkau kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia. 

Adapun manfaat asuransi AIA Power Pro Life sebagai berikut.

  • Premi terjangkau hanya Rp300 ribu per bulan.
  • Memberikan nilai perlindungan jiwa Rp1 miliar bagi nasabah yang berusia 30 tahun. 
  • Masa perlindungan mencapai 10 tahun, yang dapat diperpanjang hingga maksimum usia 75 tahun tanpa proses seleksi risiko ulang. 
  • Manfaat perlindungan terhadap risiko pandemi atau terpapar Covid-19 yang memerlukan perawatan ICU (butuh ventilator invasive).
  • Perlindungan jiwa jika pemegang polis tutup usia karena risiko Covid-19. 
  • Perlindungan jika pemegang polis mengalami kondisi penyakit yang telah mencapai stadium akhir atau terminal illness dengan nilai 100 persen uang pertanggungan.

Cara klaim asuransi AIA

Asuransi AIA dikenal luas sebagai salah satu asuransi dengan proses pencairan yang mudah dan cepat.

Meski demikian, kamu tetap perlu memahami prosedur cara pencairan asuransi AIA agar prosesnya tidak berbelit-belit, yaitu:

  • Ajukan dokumen klaim
  • Ikuti pemeriksaan kelengkapan dokumen
  • Tunggu pemberitahuan melalui SMS
  • Tunggu keputusan klaim
  • Cek pembayaran klaim
  • Cek penerimaan klaim

1. Ajukan dokumen klaim

Cara pencairan asuransi AIA pertama adalah mempersiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan. Kemudian nasabah dapat memulai proses pengajuan klaim asuransi.

Dokumen klaim pencairan asuransi AIA dapat dikirimkan ke Kantor Pusat AIA/Bancassurance Officer/Agency Officer/Customer Services terdekat.

2. Ikuti pemeriksaan kelengkapan dokumen

Begitu dokumen klaim pencairan asuransi diterima oleh pihak AIA, dokumen tersebut akan diperiksa kelengkapannya.

Jika hasil pemeriksaan menyatakan dokumen belum lengkap, nasabah akan menerima pemberitahuan melalui SMS dan surat.

Nasabah akan diberikan waktu hingga 30 hari kerja untuk melengkapi dokumen. Jika hingga batas waktu yang ditetapkan belum juga dilengkapi, pihak AIA akan mengembalikan dokumen klaim ke nasabah melalui Agency Officer atau Bancassurance Officer.

Nah, pastikan kamu dapat dihubungi selama masa pemeriksaan kelengkapan dokumen, ya.

3. Tunggu pemberitahuan melalui SMS

Jika dokumen klaim pencairan asuransi dinyatakan telah lengkap, proses atau cara pencairan asuransi AIA akan dilanjutkan ke tahap berikutnya. Nasabah akan menerima pemberitahuan melalui SMS mengenai konfirmasi bahwa dokumen klaim sudah diterima.

4. Tunggu keputusan klaim

Langkah berikutnya adalah proses analisis terhadap pengajuan klaim. Proses atau cara pencairan asuransi AIA ini dilakukan oleh tim penilai klaim. Keputusan klaim akan dikeluarkan setelah tim penilai klaim selesai melakukan analisis.

5. Cek pembayaran klaim

Setelah hasil keputusan klaim menyatakan klaim disetujui, AIA Financial akan membayarkan klaim yang disetujui ke nasabah.

Keputusan klaim akan diinformasikan ke nasabah melalui SMS atau surat. Pastikan nomor kontak dan domisili kamu sesuai dengan data yang dikirimkan agar kamu dapat mengecek pembayaran klaim.

6. Cek penerimaan klaim

Bila dokumen pencairan asuransi yang kamu kirimkan sudah lengkap dan jelas, proses klaim kamu akan diproses dalam kurun waktu 8 hari kerja untuk klaim kesehatan, sedangkan untuk klaim meninggal akan diproses 11 hari kerja.

Setelah itu, nasabah akan menerima pembayaran klaim yang diajukan.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait pilihan produk dan manfaat yang ditawarkan oleh asuransi AIA, jangan ragu untuk berkonsultasi di Tanya Lifepal.

FAQ seputar asuransi AIA

Apa manfaat dari polis Vital Care dari AIA?

Vital Care dari Asuransi Kesehatan AIA menawarkan pertanggungan biaya rawat inap, rawat jalan, pembedahan biaya medis, dan biaya rawat inap darurat akibat kecelakaan.

Nasabah bisa mendapatkan perlindungan sejak lahir hingga usia 70 atau 88 tahun. Pertanggungan sesuai dengan tagihan rumah sakit atau disebut as charged.

Apa manfaat memiliki AIA Critical Protection?

AIA Critical Protection dari Asuransi Penyakit Kritis AIA menawarkan jaminan biaya pemulihan, biaya pengobatan alternatif serta hilangnya pendapatan selama tidak bekerja.

Bagaimana cara berhenti dari asuransi AIA?

Untuk berhenti dari asuransi AIA, kamu bisa mengajukan penutupan polis. Mengenai caranya, kamu bisa menghubungi pihak AIA. Setelah itu kita meminta permohonan pembatalan asuransi kepada AIA. Nantinya, AIA akan memberikan kita formulir untuk diisi.

Bagaimana cara menghubungi call center AIA?

Layanan nasabah atau call center AIA dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim AIA, dan sebagainya, silakan hubungi kontak berikut.

  • AIA Customer Care Line 1500 980 atau (021)3000 1 980.
  • Email [email protected]
  • Faksimile: (021) 5421 8699
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →