Asuransi Asei: Pusat Perlindungan Bisnis Terbaik

Asuransi

Tak hanya kesehatan atau aset pribadi, nyatanya bisnis pun butuh perlindungan khusus. Bahkan, perlindungan tersebut bisa berbentuk asuransi.

Pasalnya, dalam bisnis Anda, terdapat sejumlah aset dan sumber daya yang menjadi bagian kelangsungan bisnis ke depannya. Risiko tertentu bisa saja terjadi pada aset dan sumber daya tersebut, bukan?

Maka dari itu, dibutuhkan perlindungan dalam bentuk asuransi agar risiko yang terjadi tidak bikin Anda benar-benar merugi.

Di Indonesia, Asuransi Asei adalah salah satu perusahaan asuransi yang benar-benar berfokus pada perlindungan bisnis. Asei menyediakan perlindungan mulai dari bisnis ekspor-impor, konstruksi, dan perlindungan terhadap karyawan perusahaan.

Berikut ulasan mengenai Asuransi Asei beserta dengan pilihan produk terbaiknya.

Perusahaan Umum Pertama di Bidang Usaha Dagang

Asuransi Asei adalah perusahaan asuransi nasional yang berpengalaman di bidang perlindungan terhadap pengembangan ekspor non-migas nasional. Berlokasi di Jakarta, perusahaan ini sebelumnya memiliki nama PT Asuransi Ekspor Indonesia yang bersifat Persero.

Meskipun sudah berdiri sejak tahun 1985, perusahaan ini semakin berkembang dengan konsep terbaru yang berbasis teknologi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemudahan bagi banyak orang untuk melindungi segala bentuk usaha mereka melalui Asuransi Asei.

Asei sukses menjadi pionir asuransi umum di bidang perdagangan, ekspor, dan usaha lainnya. Perusahaan ini memiliki banyak sekali produk asuransi yang tepat sasaran untuk bisnis dibandingkan perusahaan asuransi lain. Berikut produk-produk yang ditawarkan oleh Asuransi Asei beserta keunggulannya.

Rincian Produk Asuransi Asei

Produk Asuransi Asei

Pada asuransi Asei terdapat tujuh produk asuransi umum yang dibedakan berdasarkan fungsi utamanya. Produk-produk tersebut terdiri dari:

Asuransi Ekspor

Berdasarkan jenisnya, asuransi ekspor dibagi menjadi dua macam, yaitu:

Export Credit Insurance, atau biasa disebut dengan Asuransi Kredit Ekspor yang berfungsi untuk memberikan ganti rugi kepada eksportir yang tidak menerima pelunasan pembayaran dari importir yang bersangkutan. Pada produk asuransi ini, asuransi Asei membantu ganti rugi sebesar 85 persen, sisanya ditanggung oleh eksportir itu sendiri.

Export Bill Insurance, atau biasa disebut dengan Asuransi Pembiayaan Tagihan Ekspor yang berfungsi untuk menguntungkan pihak Bank dalam bernegosiasi tagihan ekspor kepada pihak nasabah eksportir.

Terdapat dua risiko yang ditanggung oleh asuransi ekspor ini. Risiko tersebut berupa risiko komersial (kebangkrutan, ketidakmampuan untuk membayar, dan penolakan untuk menerima barang ekspor) dan risiko politik (pelarangan transfer barang ekspor, pembatasan kuota jumlah impor, pencabutan izin usaha impor, dan perang atau tindakan permusuhan).

Asuransi Kredit Perdagangan

Produk ini memberikan ganti rugi kepada penjual usaha dagang yang disebabkan oleh tidak ada penerimaan piutang atau tagihan, baik secara sebagian atau menyeluruh dari pihak pembeli domestik. Biasanya kerugian ini disebabkan oleh faktor risiko komersial.

Asuransi Pembiayaan

Disebut juga sebagai Asuransi Pembiayaan Tagihan Domestik, produk asuransi ini memberikan perlindungan terhadap risiko komersial. Risiko ini berupa ganti rugi dari transaksi pengambilalihan tagihan domestik kepada suatu nasabah yang telah mendapatkan limit tagihan transaksi domestik.

Pada produk ini, asuransi Asei memberikan jaminan ganti rugi sebesar 85 persen dan tidak termasuk bunga atau denda yang dimiliki oleh nasabah.

Asuransi Kredit dan Penjaminan Kredit

Jenis asuransi ini dibagi menjadi dua macam, yaitu:

Asuransi Kredit, pada produk asuransi ini, pihak asuransi Asei berfungsi untuk memberikan pertanggungan kepada lembaga bank atau lembaga non-bank.

Pihak asuransi akan melindungi risiko kegagalan debitur untuk melakukan pelunasan fasilitas kredit atau pinjaman tunai (cash loan) kepada lembaga terkait.

Asuransi ini juga dibagi menjadi delapan macam, yaitu:

  • Asuransi Kredit Modal Kerja (KMK) Transaksional
  • Asuransi KMK Umum Revolving/Rekening Koran
  • Asuransi KMK Umum Aplofend
  • Asuransi Kredit Investasi/Project Financing
  • Asuransi Kredit Mikro pola executing kepada Lembaga Keuangan
  • Asuransi Kredit Mikro pola channeling
  • Asuransi Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKP-E)
  • Asuransi Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Penjaminan Kredit, berfungsi untuk memberikan jaminan kepada bank dari risiko kegagalan pelunasan oleh debitur terhadap pinjaman nontunai (non-cash loan) yang diberikan oleh bank. Pada jenis asuransi ini, Asei akan memberikan ganti rugi 100 persen kepada pihak bank terkait.

Suretyship

Produk ini merupakan surat perjanjian khusus antara Asuransi Asei dengan Penerima Pekerjaan (Principal) sebagai bentuk jaminan kepada pihak Pemilik Proyek atau Obligee. Isi surat perjanjian tersebut menjelaskan bahwa pihak Principal wajib melakukan tugasnya berdasarkan kontrak yang sudah ditetapkan dengan Obligee.

Manfaat produk asuransi ini adalah memastikan kedua belah pihak telah melaksanakan kewajiban yang sesuai dengan isi kontrak berlaku. Selain itu, kedua belah pihak juga dipastikan mendapatkan penjaminan secara cepat, mudah, dan tidak merugikan satu sama lain.

Produk Suretyship dibagi menjadi lima macam, yaitu:

  • Suretyship Bond
  • Customs Bond
  • Kontra Garansi Bank
  • Excise Bond
  • Payment Bond (Jaminan Pembayaran)

Asuransi Umum

Jenis asuransi ini merupakan pelengkap dari produk asuransi yang sudah tersedia oleh asuransi Asei sebagai perlindungan yang lebih optimal dalam menjalankan usaha atau transaksi kredit. Ada tujuh macam asuransi umum dari Asei yang terdiri dari:

  • Asuransi Rekayasa (Engineering Insurance)
  • Asuransi Pengangkutan Barang (Marine Cargo Insurance)
  • Asuransi Rangka Kapal (Marine Hull Insurance)
  • Asuransi Aneka (General Incident/Miscellaneous Insurance)
  • Asuransi Penerbangan (Aviation Insurance)
  • Asuransi Minyak Bumi dan Gas Bumi (Oil and Gas Insurance)

Asuransi Syariah

Berdasarkan ketentuan asuransi syariah di Indonesia, praktik asuransi syariah di lingkup perusahaan asuransi Asei diawasi langsung oleh DPS (Dewan Pengawas Syariah). Pada produk asuransi syariah ini, ada sembilan macam asuransi yang dilindungi berbasis syariah, yaitu:

  • Asuransi Harta Benda Syariah
  • Asuransi Rekayasa Syariah
  • Asuransi Pengangkutan Barang Syariah
  • Asuransi Rangka Kapal Syariah
  • Asuransi Aneka Syariah
  • Asuransi Uang Syariah
  • Asuransi Kecelakaan Diri Syariah
  • Asuransi Kebongkaran Syariah
  • Asuransi Kecelakaan Diri Plus Syariah

Itulah penjabaran singkat mengenai asuransi Asei yang sangat direkomendasi bagi Anda yang sedang membutuhkan perlindungan dari risiko ekspor-impor. Pastikan usaha Anda selalu lancar dengan jaminan terbaik supaya tidak merugikan banyak pihak dan terhindar dari ancaman pailit (bangkrut).

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Asei

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Asei

Seperti yang Anda tahu, produk asuransi Asei khusus mengutamakan perlindungan terhadap bisnis, dan usaha komersial. Oleh karena itu, asuransi Asei pantas disebut sebagai perusahaan asuransi satu-satunya di Indonesia yang khusus memberikan proteksi pada bisnis.

Jadi, bagi para pebisnis, Asei layak jadi mitra Anda. Sebab, fokus mereka pada penyediaan asuransi bisnis tentu membuat pelayanan mereka menjadi lebih maksimal.

Kekurangannya telah terlihat jelas. Asuransi ini lebih berfokus pada usaha-usaha besar dan sektor “berat”. Oleh sebab itu, pilihan produk perlindungan untuk usaha mikro dari Asei terbilang terbatas.

Yang pasti, meski ruang lingkup Asei terbilang sempit, namun pengalaman Asei atau PT Asuransi Ekspor Indonesia layak tak bisa dianggap sepele. Malah perusahaan asuransi satu ini terbilang kawakan di bidangnya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →