Mengenal Asuransi BNI Life, Keuntungan, dan Cara Klaimnya

reksadana bni

Pasar asuransi di Indonesia semakin ramai, salah satu perusahaan yang tergolong baru itu adalah asuransi BNI Life. Sebagai perusahaan yang berbasis manajemen keuangan, bank juga memiliki peranan penting dalam mengatur keuangan para nasabah.

BNI Life merupakan perusahaan asuransi yang diresmikan oleh PT Bank BNI pada tahun 1996. Adapun produk asuransi BNI Life yang dapat dipilih terbilang cukup lengkap, mencakup asuransi individu, bisnis, dan syariah. Buat kamu yang sedang mencari produk asuransi mirip BNI Life, Lifepal menyediakan berbagai pilihan asuransi jiwa yang preminya hemat hingga 25%, lho.

Meskipun baru berdiri 20-an tahun, perusahaan asuransi ini telah melayani banyak nasabah dan memiliki kantor cabang lebih dari lima kota di seluruh Indonesia.

Temukan ulasan lebih banyak dan mendalam mengenai asuransi dari ahlinya di Tanya Lifepal!

Berikut detail profil BNI asuransi beserta sedikit informasi tentang premi asuransi BNI Life dan manfaatnya.

BNI Life diakuisisi Bank BNI

Didirikan pada tahun 1996, perusahaan asuransi ini awalnya bernama PT Asuransi Jiwa BNI Jiwasraya. Selama memasuki tahun 2000-an, BNI Life telah mengumpulkan beberapa penghargaan.

Contoh, Asuransi Jiwa Terbaik pada tahun 2002 oleh Majalah Investor. BNI juga memperoleh Predikat Sangat Bagus untuk Kinerja Tahun 2013 dari Sharia Finance Award yang diselenggarakan InfoBank.

Kemudian perusahaan resmi diakuisisi (joint venture) PT Bank Negara Indonesia Persero pada tahun 2014. Yang mana BNI menjadi pemegang saham penuh sebesar 60 persen.

Hal ini diikuti dengan para pemegang saham lainnya seperti, Sumitomo Life Insurance Company 39 persen, Yayasan Kesejahteraan Karyawan, dan Yayasan Danar Dana Swadharma.

Meski baru puluhan tahun, BNI telah melakukan berbagai inovasi. Yang paling kentara adalah varian produk asuransi yang mereka hadirkan. Berikut sekilas produk asuransi Bank BNI melalui anak perusahaan BNI Life.

Produk unggulan dari asuransi BNI Life

Menjadi pendatang baru di pasar asuransi bukan berarti mereka awam terhadap pergerakan industri asuransi yang terjadi di Indonesia. BNI Life memiliki banyak sekali produk menarik yang patut dilirik, mulai dari jenis asuransi individu, bisnis, syariah, dan tahap kehidupan. Berikut penjelasan singkat mengenai produk asuransinya:

1. Individu

Terdapat pilihan produk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan dengan berbagai macam manfaat. Manfaat tersebut dibedakan menjadi perlindungan jiwa, kesehatan, pendidikan, hari tua, dan investasi.

Ada lima macam produk asuransi individu yang terdiri dari:

  • BNI Life Plan Multi Protection
  • BNI Life Pandai +
  • Blife Spectra Multi Link
  • Hy-End Pro
  • Spectra Double Power

Keunikan yang didapat dari asuransi individu BNI Life ini sangatlah banyak!

Salah satu contoh adalah produk BNI Life Plan Multi Protection. Yang mana pembayaran premi bulanan sebesar Rp100 ribu saja dengan manfaat maksimal. Salah satu adalah pertanggungan sebesar 100 persen ketika nasabah meninggal dunia.

2. Bisnis

Sesuai dengan jenisnya, asuransi bisnis ini khusus untuk perusahaan atau lembaga yang ingin melindungi karyawannya dari risiko kecelakaan kerja bahkan meninggal dunia. 

Keistimewaan produk asuransi ini adalah adanya manfaat perlindungan melahirkan. Jumlah minimal untuk penerima manfaat asuransi ini pun minimal 10 orang saja dengan rentang usia 20 tahun sampai 60 tahun.

Berikut pilihan produk asuransi bisnis dari BNI.

Asuransi kesehatan terdiri dari:

  • Optima Cash Plan
  • Optima Group Health

Asuransi jiwa terdiri dari:

  • Optima Group Life
  • Optima Group Protection

Khusus untuk produk asuransi BNI Life Optima Cash Plan, perlindungan yang diperoleh meliputi santunan rawat inap, rawat jalan, melahirkan, dan pembedahan atau operasi.

Selain itu, produk asuransi ini juga bisa meng-cover pasangan dan anak dari karyawan perusahaan yang bersangkutan. Sebagai informasi, ketentuan umur untuk si karyawan dan pasangan adalah 17 tahun sampai 70 tahun. Sementara anak-anak yang ditanggung berusia 6 bulan sampai 16 tahun.

2. Syariah

BNI Life Syariah khusus memberikan manfaat asuransi pendidikan dan unit-link namun berbasis syariah. Produk-produk asuransi BNI Life Syariah terdiri dari:

Pendidikan: BNI Wadi’ah Life Gold Cendekia

Asuransi pendidikan syariah ini memberikan manfaat khusus berupa dana tahapan pendidikan. Dana ini dapat digunakan sebagai tunjangan dana mulai dari masuk TK hingga universitas.

Sistem pembayaran premi pada produk asuransi syariah ini dibagi dalam hitungan bulanan, triwulan, semesteran, dan tahunan. Biaya yang dikeluarkan mulai Rp150 ribu per bulan hingga Rp1 juta per tahun. Santunan asuransi diberikan mencapai Rp5 miliar!

Unit-link: Blife Syariah Multipro Link

Jenis asuransi ini merupakan produk unit link. Cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan proteksi sekaligus investasi dengan basis syariah. Produk asuransi ini juga dapat kamu gunakan untuk rencana perjalanan umroh atau haji.

Melihat beragam produk asuransi yang BNI tawarkan, kamu bisa mempertimbangkan satu produk dengan produk lainnya. Siapa tahu ada salah satu pilihan produk di atas yang cocok untuk kebutuhan kamu.

Meskipun BNI lebih dikenal sebagai perbankan, tidak ada salahnya untuk melirik produk asuransi dari mereka.

Pasalnya, sepak terjang BNI di dunia keuangan tidak perlu diragukan lagi. Apalagi perusahaan ini merupakan perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang mana dimiliki oleh pemerintah. Dengan demikian, kamu pun merasa lebih lega untuk memercayakan dana yang miliki di sana.

Keuntungan memiliki asuransi kesehatan BNI Life

Tanpa keuntungan, kamu pasti tidak memiliki alasan untuk memiliki asuransi kesehatan dari BNI Life. Lalu, apa saja keuntungan yang bisa kamu rasakan?

  • Tersedianya produk asuransi, baik untuk individu maupun untuk bisnis, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan nasabah.
  • Jaringan rumah sakit, apotek, dan laboratorium yang menerima asuransi pun memiliki cakupan yang luas. Tidak hanya di Indonesia, tetapi di seluruh dunia.
  • Proses klaim asuransi yang mudah dan cepat 
  • Harga premi asuransi yang ditawarkan cenderung murah sehingga mudah dijangkau untuk segala kalangan.
  • Terdapat manfaat tambahan yang lengkap, seperti rawat jalan, rawa gigi, persalinan, hingga kematian.
  • Fasilitas pembayaran klaim tersedia dalam berbagai pilihan, mulai dari pembayaran cashless sampai dengan reimbursement.
  • Pembayaran premi asuransi pun bisa dilakukan melalui ATM BNI di seluruh Indonesia. 

Kelebihan membeli polis asuransi kesehatan BNI Life secara online

Tanpa ribet, kamu bisa membeli polis asuransi kesehatan BNI Life dapat kamu lakukan secara online. Melalui situs resmi ataupun aplikasi smartphone, kamu bisa mengajukan aplikasi, update status, hingga pengecekan secara berkala dengan lebih mudah.

Lebih dari itu, waktu yang dikeluarkan untuk semua proses tersebut menjadi lebih sedikit.

Begitu juga biaya polis yang lebih murah karena tidak adanya biaya distribusi dan infrastruktur seperti yang biasanya ada pada asuransi-asuransi yang tidak berbasis online. 

Membeli polis asuransi secara online pun memudahkan kamu untuk mendapatkan informasi dan mampu memiliki produk asuransi yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Mudah mengakses informasi, mulai dari yang disediakan perusahaan sampai dengan review yang diberikan dari nasabah yang telah merasakan manfaat dan keuntungan dari produk yang dipilih.

Kamu bisa memilih produk asuransi kesehatan tanpa perlu menyangsikannya.

 

Syarat membeli polis asuransi kesehatan BNI Life

Setelah mengetahui produk asuransi kesehatan mana yang ingin dibeli, kamu pun perlu mempersiapkan diri untuk memenuhi syarat pengajuannya.

Tidak sulit, kamu hanya perlu menyiapkan dokumen pribadi, seperti fotokopi KTP, KITAS untuk WNA, dan hasil pemeriksaan kesehatan apabila diperlukan. Lalu, mengisi formulir pengajuan yang disediakan perusahaan.

Selain itu, pastikan bahwa tertanggung/peserta berusia minimal 5 tahun dan maksimal 60 tahun. Sementara untuk tertanggung/peserta tambahan, usia minimalnya adalah 6 bulan. 

Pengecualian dalam asuransi kesehatan BNI Life

Terdapat beberapa pengecualian dalam tanggungan asuransi kesehatannya, di antaranya:

  • Adanya penyakit yang timbul ataupun kondisi yang telah ada sebelumnya (pre-existing condition), tergantung dengan produk asuransi yang dipilih.
  • Pengajuan klaim yang dilakukan lebih dari 30 hari kalender sejak tertanggung dan/atau yang menjalani proses perawatan dengan memberikan formulir klaim dan dokumen pendukung lainnya.

Cara melakukan klaim asuransi kesehatan BNI Life

Salah satu keunggulan yang dimiliki perusahaan adalah proses klaim yang mudah dan cepat. Terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan klaim, yaitu:

1. Klaim 27 Menit

Disebut juga sebagai BNI Life Speedy Claim 27 merupakan metode klaim asuransi kesehatan yang dihadrikan untuk nominal klaim sampai dengan Rp 10 juta.

Pencairan klaim dapat dilakukan sekitar 27 menit melalui transfer rekening. Layanan ini tersedia untuk klaim rawat inap baik sebelum atau setelahnya. 

Dalam pengajuan Speedy Claim 27 dibutuhkan dokumen-dokumen berikut ini: 

  • Formulir pengajuan yang telah diisi secara lengkap
  • Resume medis yang juga diisi lengkap dan jelas
  • Kwitansi asli biaya perawatan 
  • Rincian biaya yang lengkap dan jelas 
  • Salinan hasil tertulis pemeriksaan diagnostik, seperti laboratorium dan rontgen, jika dibutuhkan.
  • Rincian obat-obatan yang jelas dan lengkap.
  • Pembayaran ke rekening peserta.

Setelah dokumen di atas lengkap, kamu pun perlu mengikuti tahapan pengajuan klaim BNI Life Speedy Claim 27 sebagai berikut:

  • Peserta datang dengan membawa seluruh berkas pengajuan seperti yang tercantum di atas
  • Staf customer care melakukan analisis kelayakan proses layanan BNI Life Speedy Claim 27 
  • Jika klaim dapat diprotes, kamu akan mendapatkan form pengajuan layanan klaim untuk diproses selama 27 menit yang sudah diisi. Form diisi berdasarkan klaim masing-masing.
  • Jika klaim tidak dapat diproses, akan diarahkan pada proses klaim reguler. 
  • Customer care memberikan tanda terima berkas pengajuan.
  • Pengajuan klaim diproses dalam sistem AK 27 sampai dengan pembayaran menggunakan BNI Direct.
  • Kamu akan mendapatkan SMS informasi klaim telah dibayarkan customer care.

2. Klaim One Day Service

Pelayanan klaim yang satu ini diproses selama satu hari atau 24 jam. Pelayanan ini merupakan sebuah inovasi dalam mempercepat proses klaim yang biasanya memakan waktu sampai dengan 5 hari kerja.

Jelas ini menguntungkan bagi nasabah. Namun, perlu dicatat bahwa pengajuan klaim dengan layanan ini hanya bisa dilakukan pada pukul 08.00 – 15.00 WIB. 

Layanan ini berguna untuk mempercepat layanan pembayaran produk tradisional, seperti:

  • Jatuh tempo tahapan
  • Akhir asuransi
  • Bonus sehat
  • Penebusan polis
  • Pinjaman polis 
  • Pembatalan polis dengan cooling off period
  • Pengembalian premi sekaligus untuk produk anuitas

Untuk melakukan pengajuan klaim dengan layanan ini, kamu harus mengikuti beberapa tahapan sebagai berikut.

  • Pengajuan wajib dilakukan sendiri oleh pemegang polis 
  • Nominal pembayar maksimum adalah Rp 100 juta.
  • Menyiapkan dokumen pengajuan lengkap yang terdiri dari:
    • Pengisian formulir Layanan One Day Service di walk in customer care atau kantor layanan BNI Life terdekat.
    • Lampiran salinan identitas diri yang masih berlaku (KTP, SIM, atau paspor).
    • Lampiran salinan buku tabungan atas nama pemegang polis. Jika berbeda, harus mengisi surat kuasa dengan syarat nama dari pemilik buku tabungan ada/tercantum dalam buku polis baik sebagai tertanggung maupun ahli waris. 
    • Menyerahkan polis asli khusus untuk layanan cooling off period (COP), penebusan polis, akhir asuransi (maturity), dan pinjaman polis. 

Layanan pengajuan klaim yang satu ini hanya dapat dilakukan untuk klaim asuransi kesehatan individu. Namun, nominal yang bisa diklaim sampai dengan Rp 50 juta.

Proses pembayaran klaim ini pun tidak hanya dapat dilakukan dengan rekening BNI, tetapi juga Bank Mandiri dan BCA. Ada pun produk yang dilayani oleh layanan klaim ini adalah sebagai berikut.

  • Klaim Hospital Cash Plan 
  • Klaim Serenity Saver 
  • Klaim Spectra Health Care 
  • Klaim Maksima Sehat 
  • Klaim produk kesehatan individu lainnya. 

Pertanyaan Lainnya Terkait Asuransi BNI Life

Untuk meninmbang bagus atau tidaknya perusahaan asurasni harus disesuaikan dengan kebutuhan, anggaran, dan profil nasabah. Namun, asuransi BNI Life sangat cocok khususnya untuk nasabah yang menginginkan manfaat asuransi lengkap dengan proses klaim kilat (25 menit).

PT BNI Life Insurance merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dimiliki oleh pemerintah.

Dilansir dalam situs resmi BNI Life, terhitung 9 Mei 2014, PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk menjadi pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan 60 persen. Kemudian diikuti Sumitomo Life Insurance Company sebesar 40 persen.

Produknya terbagi menjadi tiga kategori, yaitu asuransi individu, asuransi bisnis, dan asuransi syariah. Adapun produk yang dihadirkan mencakup: 

  • Asuransi jiwa individu
  • Asuransi pendidikan individu
  • Asuransi unit link individu
  • Asuransi kesehatan bisnis
  • Asuransi jiwa bisnis
  • Asuransi jiwa syariah
  • Asuransi pendidikan syariah
  • Asuransi unit link syariah

Demikianlah profil dari BNI Life sebagai perusahaan penyedia asuransi kesehatan berikut dengan produk-produk yang ditawarkan olehnya.

Perusahaan asuransi ini pun memiliki fitur unggulan dengan proses klaim yang cepat dan mudah. Ini yang membuatnya berbeda dengan asuransi kesehatan lainnya.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai profil dan keunggulan produk asuransi yang ditawarkan BNI Life, jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →