Asuransi Cigna, Mengenal Sejarah dan Produk Unggulnya

Produk Asuransi Cigna

Asuransi Cigna adalah perusahaan asuransi jiwa yang berasal dari Amerika Serikat dan berada di bawah naungan Cigna Corporation. Asuransi ini telah terkenal di Amerika Serikat sejak tahun 1792 dan sudah berekspansi di Indonesia sejak tahun 1990.

Adapun produk yang dihadirkan terbilang sangat lengkap, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan angggaran calon nasabah. Tertarik dengan produk asuransi Cigna? Yuk, lihat ulasan lengkap berikut:

Penggabungan Dua Perusahaan

Tahukah Anda kalau nama ‘Cigna’ sendiri berasal dari dua nama perusahaan yang berbeda? Semua berawal dari berdirinya perusahaan Insurance Company of North America (INA). Perusahaan tersebut adalah perusahaan asuransi berbasis kelautan pertama di Amerika Serikat. Perusahaan ini berdiri di Philadelphia pada tahun 1792.

Tujuan berdirinya INA untuk memberikan perlindungan kepada para pelaut. Perlindungan ini ditujukan khusus untuk mereka yang berprofesi sebagai kapten kapal yang memiliki risiko tinggi selama berada di atas laut.

Selama INA berjalan, mereka berhasil membantu 51 asuransi untuk mencairkan klaim sebesar US$ 650 ribu atas kerugian pada peristiwa kebakaran di Chicago. Berkat kesuksesan mereka itulah membuat perusahaan tersebut bertahan lama selama beberapa tahun ke depan.

Kemudian gubernur Connecticut berinisiatif untuk mendirikan perusahaan asuransi yang bernama Connecticut General Life Insurance Company (CG). Semenjak hadirnya kedua perusahaan asuransi, secara tidak langsung memunculkan sebuah koalisi secara mutualisme.

Setelah hampir 200 tahun asuransi perusahaan hadir untuk melindungi puluhan ribu masyarakat Amerika Serikat hingga mampu bertahan untuk ekspansi ke dalam pasar internasional, akhirnya dua perusahaan CG dan INA bergabung menjadi CIGNA pada tahun 1982.

Pusat kantor yang sebelumnya berada di Connecticut kembali pindah ke kota asal perusahaan INA didirikan yaitu di Philadelphia pada tahun 1989. Kemudian pada tahun 1993 logo terbaru diluncurkan berupa pohon sebagai simbol ‘Tree of Life’.

Rangkaian Pencapaian Asuransi Cigna

Meskipun belum tergabung secara resmi, baik CG dan INA berkoalisi secara masif terhadap inovasi produk-produk asuransi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Amerika Serikat. Seiring berjalannya waktu, kedua perusahaan asuransi pun bekerja secara bersinergi agar selalu berintegrasi dengan produk-produknya. 

Salah satu inovasi yang sudah mereka lakukan adalah melakukan ekspansi pertama kali di kota London, Buenos Aires, dan Vienna pada tahun 1887. Kemudian disusul dengan peresmian produk asuransi kecelakaan pertama kali oleh Cigna (pada saat itu dari CG) pada tahun 1912.

Kehadiran Benjamin Rush yang mengambil alih komando INA telah memberikan warna baru terhadap perusahaan. Salah satunya metode penghitungan penilaian risiko. Metode ini menjelaskan tentang pengurangan jumlah klaim yang akan diberikan supaya mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Metode ini dikenal dengan “scientific underwriting” yang diresmikan di tahun 1898.

Setelah menunggu beberapa tahun lamanya, akhirnya produk pertama dari asuransi Cigna telah diluncurkan yaitu asuransi perlindungan kesehatan yang ditujukan kepada kapasitas kelompok beserta pembuatan kontrak asuransi pertama untuk golongan pensiun pada tahun 1919.

Definisi asuransi yang sangat melekat dengan perlindungan jiwa yaitu di bidang sektor kesehatan membuat perusahaan asuransi tersebut mengajak kerjasama dengan rumah sakit. Produk asuransi tersebut berupa perlindungan terhadap biaya perawatan yang membuat perusahaan memegang peranan penting untuk asuransi kesehatan, contohnya adalah tentara militer Amerika Serikat.

Pada tahun 1970, INA membentuk Pusat Rehabilitasi Internasional (IRA) yang bertujuan untuk konsultasi pembedahan, inisiatif penahanan biaya serta manajemen penyakit. Sampai saat ini, IRA masih berjalan dan diawasi langsung oleh suatu organisasi khusus bernama CIGNA Health Management pada tahun 2010.

Abad ke-20 juga merupakan masa pengembangan inovasi mutakhir oleh sekelompok ilmuwan terbaik dari berbagai negara, salah satunya adalah penemuan pesawat terbang. Kesempatan ini digunakan baik oleh INA dan CG untuk meluncurkan asuransi perlindungan kecelakaan pesawat terbang pada tahun 1926.

Perluasan Pasar Asuransi di Asia

Kemudian INA menjadi perwakilan Amerika Serikat sekaligus salah satu pendiri American Foreign Insurance Association (AFIA) dan membuka kantor perusahaan di beberapa negara Asia seperti Jepang, Thailand, Indonesia, Korea dan Singapura.

Perusahaan asuransi Cigna sudah melakukan ekspansi di benua Asia sejak tahun 1897. Didirikan pertama kali di Shanghai, perusahaan cabang asuransi ini bernama China’s Yang-tsze Insurance Association.

Ekspansi pasar asuransi Asia dimulai kembali dengan peresmian kantor pertama di Cina, tepatnya di Beijing pada tahun 1994. Peresmian ini diikuti pula dengan pembukaan kantor pertama di Hongkong di tahun yang sama.

Ekspansi tersebut kerap dilakukan perusahaan secara besar-besaran, salah satunya Indonesia. Perusahaan akhirnya menempati pasar asuransi Indonesia pada tahun 1990 yang telah mempekerjakan karyawan sebanyak 74.000 karyawan dari seluruh dunia.

Pada tahun 2017, asuransi Cigna Indonesia telah melampaui target rasio tingkat solvabilitas atau RBS (Risk Based Capital) sebesar 784%. Pencapaian ini jauh dari standar yang sudah ditetapkan pemerintah yaitu sebesar 120%.

Produk Asuransi Cigna

Di Indonesia, Anda akan mendapatkan produk-produk yang sangat bervariasi dan dapat pertimbangkan untuk rencana keuangan masa depan. Produk asuransi Cigna dibagi menjadi 4 (empat) jenis, yaitu

1. Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi ini tidak hanya melindungi diri Anda, melainkan keluarga Anda sekaligus dalam kondisi apapun. Perlindungan tersebut ditujukan baik untuk perlindungan perawatan di rumah sakit maupun jaminan pensiun.

Asuransi kesehatan Cigna memiliki 8 (delapan) jenis asuransi yang terdiri dari:

  • Cigna Family Care Optima
  • Cigna Family Care
  • Cigna Premium Health Protection
  • Cigna Proteksi Sehat Optima
  • Cigna Proteksi Sehat
  • Cigna Senyum Sehat
  • Cigna Health Protection
  • Cigna Save and Care

2. Asuransi Penyakit Kritis

Produk asuransi ini memberikan perlindungan terhadap 10 penyakit kritis yang ditetapkan oleh perusahaan Cigna. Setiap jenis asuransi penyakit kritis memiliki macam penyakit kritis yang berbeda-beda.

Asuransi kesehatan Cigna memiliki 2 (dua) jenis asuransi yang terdiri dari:

  • Family Proteksi Optima (Kanker, Pembuluh Darah Otak (stroke), Serangan Jantung, Bypass Pembuluh Darah Arteri Coroner, Ginjal, Koma, Sindrom Kawasaki, Paru-paru, Leukimia, Diabetes Melitus Tipe 1)
  • Cigna for your Serenity (Infark Miokard, Penyakit Pembuluh Darah Arteri Koroner yang memerlukan Operasi By Pass, Operasi Penggantian Katup Jantung, Stroke, Kanker, Gagal Ginjal, Gagal Hati, Koma, Transplantasi Organ Tubuh Utama, dan Luka Bakar Hebat)

3. Asuransi Jiwa

Sesuai dengan jenisnya, produk ini memiliki fasilitas manfaat yang memberikan perlindungan berjangka sesuai keinginan nasabah. Baik selama 5 tahun hingga seumur hidup.

Asuransi kesehatan Cigna memiliki 6 (enam) jenis asuransi yang terdiri dari:

  • Cigna Life Protection
  • Cigna Executive Protection
  • Cigna Executive Protection Plus
  • Life Protection Optima
  • Cigna Second Life
  • Cigna EaziFuture

4. Asuransi Kecelakaan Diri

Produk asuransi ini melindungi diri Anda hingga keluarga dengan biaya premi yang sangat rendah. Mulai dengan biaya premi sebesar Rp 39.000, Anda dapat menikmati manfaat asuransi hingga mencapai Rp 1 milyar.

Asuransi kesehatan Cigna memiliki 3 (tiga) jenis asuransi yang terdiri dari:

  • Cigna Executive Protection
  • Cigna For Your Life
  • Proteksi Diri Ekstra

Itu tadi sejarah berdirinya perusahaan asuransi Cigna yang sudah berpengalaman selama lebih dari 200 tahun. Tentu Anda sudah tidak perlu ragu lagi untuk memilih produk-produknya sebagai pilihan asuransi terbaik untuk rencana tabungan di masa depan.

Untuk menentukan pilihan polis terbaik dengan premi ringan, jangan ragu untuk konsultasikan dengan ahli asuransi secara gratis melalui Tanya Lifepal!

Pertanyaan Seputar Asuransi Cigna

Perusahaan asuransi jiwa asal Amerika Serikat yang memberikan pilihan produk mencakup asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi penyakit kritis, dan asuransi kecelakaan diri.

Besaran preminya bergantung pada profil nasabah, plafon, hingga uang pertanggungan polis yang dipilih. Untuk mengetahui besaran premi Cigna, dapat lihat beberapa polisnya di Lifepal.co.id.

Terdapat dua pilihan klaim untuk asuransi kesehatan Cigna, yaitu cashless dan reimbursement. Untuk cashless, nasabah hanya perlu menunjukkan kartu peserta asuransi kepada pihak rumah sakit rekanan. Kemudian bisa langsung mendapatkan layanan kesehatan sesuai perjanjian polis.

Sementara untuk reimbursement, nasabah harus membayarkan tagihan rumah sakit dengan dana pribadi tersebut (baik di rumah sakit rekanan atau non rekanan Cigna), kemudian mengajukan klaim kepada pihak perusahaan asuransi. Jika disetujui, tagihan tersebut akan digantikan oleh pihak asuransi.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →