Teliti Kembali Sebelum Bilang Asuransi FWD Penipu di Sini

Wanita pusing

Banyak orang yang memilih untuk urung membeli asuransi karena alasan susah klaim. Capek membayar premi secara rutin, tapi saat ingin mencairkan klaim, malah merasa dipersulit.

Padahal, apabila kita benar-benar mengenal produk dan perusahaan asuransi yang kita pilih, kejadiaan seperti sulit mencairkan klaim tidak perlu terjadi.

Apalagi dengan era digital saat ini yang mana untuk mencairkan klaim tidak perlu repot-repot datang ke kantor cabang asuransi. Hanya cukup menyiapkan dokumen pelengkap, selanjutnya unggah ke situs atau aplikasi resmi, lalu tunggu pemberitahuan apakah klaim diterima atau ditolak.

Salah satu yang memberi kemudahan mencairkan klaim adalah asuransi FWD Life. Yuk, kenali produk dan cara klaim FWD Life agar kita benar-benar merasakan manfaatnya memiliki polis FWD Life dan tidak sembarangan bilang asuransi FWD penipu.

FWD Life Mengusung Asuransi Digital 

FWD Life adalah perusahaan asuransi jiwa patungan yang merupakan bagian dari FWD Group. Produk asuransi yang ditawarkan FWD Life adalah jenis asuransi yang berkaitan dengan investasi, asuransi berjangka, asuransi kecelakaan diri dan asuransi kesehatan.

FWD Life Indonesia merupakan bagian dari FWD Group yang memiliki jaringan asuransi di Asia seperti: di Hong Kong, Makau, Thailand, Filipina, Singapura, Vietnam dan Jepang. Selain mengelola asuransi, FWD juga menawarkan jasa employee benefits di sejumlah jaringannya.

Oya, FWD Indonesia sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ya. Jadi tidak perlu khawatir dengan pengelolaan aset perusahaan. Sudah benar-benar dijamin aman dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Lalu apa yang membedakan FWD Life dengan perusahaan asuransi jiwa lain yang di Indonesia?

Jawabannya, FWD Life mengandalkan lini bisnis dari sisi digital mulai dari penawaran produk, distribusi hingga urusan klaim. Ini diwujudkan sejak tahun 2014 di mana FWD Life meluncurkan platform tanpa kertas (paperless) pertama. Artinya, perusahaan dalam seluruh rangkaian kegiatan bisnisnya sudah serba digital dan terekam secara daring.

Tidak hanya urusan klaim yang online, pembelian produk asuransi FWD juga dapat dilakukan secara online.

Produk-Produk FWD Life

Tertarik untuk membeli produk asuransi dari FWD Life? Ada baiknya, kita memang megenal lebih dahulu jenis-jenis produk yang ditawarkan. Semakin kita memahami produk dan mencocokkannya ke dalam kebutuhan kita. Maka, akan semakin kecil kemungkinan klaim kita di masa mendatang akan ditolak.

FWD Life menempatkan produknya ke dalam tiga jenis, yakni produk kesehatan dan kecelakaan, produk asuransi jiwa, dan produk investasi. Produk asuransi tersebut dapat dibeli oleh individu atau kumpulan, ya.

Selanjutnya, mari kita pahami dan kenali isi dari jenis produk tersebut, akan diuraikan di bawah ini.

1. Kesehatan dan kecelakaan 

Adalah produk asuransi yang diberikan untuk menjamin kesehatan pegawai dan meminimalkan risiko finansial yang terjadi setelah pemilik polis merasa kerugian atas polis asuransi perusahaan. Jenis-jenis produk asuransi ini ada tiga macam, yakni:

  • Asuransi kecelakaan tetap: Memberikan perlindungan apabila pemegang polis atas manfaat perlindungan atas risiko kematian dan cacat fisik akibat kecelakaan. Uniknya, FWD memberikan pula perlindungan bagi pecinta olah raga berisiko tinggi.
  • Penyakit kritis: Memberikan manfaat santunan tunai bagi yang terdiagnosa penyakit kritis.
  • Perawatan Rumah Sakit: Memberikan mafaat santunan tunai, jika yang tertanggung harus mendapatkan perawatan dari rumah sakit.

2. Asuransi jiwa

Produk asuransi jiwa ini ditujukan bagi keluarga, anak, dan bahkan individu. Produk asuransi jiwa bisa terbilang terencana. Oya, produk ini memberikan santunan tunai bagi anggota produk ini. Jenis-jenis produk antara lain:

  • FWD Family Term: Perlindungan asuransi uang pertanggungan 100% diberikan kepada tertanggung atau ahli waris, jika tertanggung meninggal dunia.
  • FWD Loop: Memberikan manfaat bagi tertanggung bila meninggal dunia, mengalami penyakit kritis dan memberikan manfaat inap bagi tertanggung asuransi.
  • FWD Payor Term: Memberikan perlindungan bagi ahli waris sebanyak 300% dari uang tertanggung.
  • Bebas Rencana (Term Life): Memberikan manfaat bagi ahli waris akibat kecelakan.

3. Investasi 

Adalah produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi, produk asuransi berbalut unit link ini menawarkan fleksibilitas dalam alokasi premi, penarikan dana, dan penambahan dana. Berikut jenis produk investasi yang diberikan:

  • FWD Sprint Link Plus
  • FWD Sprint Retirement
  • FWD Sprint Education
  • Bebas optimal
  • FWD Sprint Link

Jalur Distribusi Pembelian Asuransi FWD

Apabila kita sudah memahami produk-produk dari FWD Life, selanjutnya tertarik untuk memilikinya. Maka, perusahaan menyediakan sejumlah jalur distribusi yang dapat membantu kita memiliki produk asuransi tersebut.

Ada tiga cara yang dapat membantu kita memiliki produk dari FWD Life, berikut rinciannya.

1. Lewat agen sambil ngopi

FWD Life adalah pionir dengan menjadi perusahaan berbasis digital yang membekali semua agennya dengan tablet. Yang asyik, kita bisa menemui para agen FWD Life di 62 outlet Excelso di seluruh Indonesia. Sambil dapat penjelasan asuransi dan ngopi tentu sangat santai dan asyik, bukan?
Proses analisis membuat ilustrasi pun dilakukan secara cepat hingga kita bisa langsung mendapatkan perlindungan setelah melakukan pembayaran.

2. Lewat bank 

Dapatkan asuransi FWD Life di Bank Victoria. Berikut langkah-langkah pembeliannya.

  • Kita dapat menemui Insurance Specialist di Bank Victoria Untuk mendapatkan ilustrasi nilai pertanggungan secara cepat melalui e-apps.
  • Setelah itu, kita mengirimkan dokumen yang diperlukan serta melakukan pembayaran premi asuransi, polis asuransi kita akan dapat diterbitkan.

3. Online lewat iFWD

Melalui iFWD Liberate, kita dapat membeli asuransi secara online yang mudah dan nyaman, kapan saja serta di mana saja. Akses lewat: https://www.ifwd.co.id/ dan pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Lengkapi informasi yang diperlukan dan lakukan pembayaran untuk langsung mendapatkan perlindungan asuransi.

Tahap-Tahapan Klaim FWD Life

Agar kita tidak cemas menunggu apakah klaim yang kita ajukan diterima atau ditolak. Memang kita perlu membaca secara saksama ketentuan dari polis asuransi kita.

Jadi, hal yang pertama kali sebelum membeli dan setelah membeli polis asuransi adalah: membaca isi polis tersebut. Pahami dan pastikan kalau polis asuransi yang kita beli sesuai dengan harapan kita terhadap produk asuransi tersebut.

Nah, apabila dalam perjalanannya kita akan melakukan klaim asuransi. Berikut adalah panduan tahapan untuk mencairkan asuransi FWD Life.

  1. Buka laman situs web FWD Life di https://www.fwd.co.id/id/support-claims/.
  2. Klik klaim dan pilih unit klaim berdasarkan asuransi yang kita miliki.
  3. Siapkan dokumen pendukung yang harus dilengkapi seperti:
    • Surat Keterangan Dokter Pemeriksa Khusus akibat kecelakaan.
    • Salinan KTP tertanggung dan pemegang polis.
    • Surat kuasa asli  (apabila dikuasakan).
    • Surat keterangan asli dari pihak Kepolisian tentang sebab-sebab kecelakaan. Apabila polis yang hendak dicairkan adalah produk asuransi kecelakaan.
    • Dokumen pendukung dari institusi kesehatan.
    • Kuitansi asli dan perinciannya serta resume medis..
    • Salinan hasil laboratorium/diagnostik dan salinan resep dokter selama perawatan.
    • Khusus untuk cacat tetap sebagian, lengkapi dengan foto seluruh tubuh termasuk bagian tubuh yang mengalami cacat tetap sebagian.
    • Surat keterangan dari tenaga medis yang sah dan berwenang yang menyatakan bahwa tertanggung mengalami cacat tetap total.
    • Surat keterangan dari tenaga medis yang sah dan berwenang yang menyatakan bahwa tertanggung mengalami cacat tetap total.

Selanjutnya, lanjutkan dengan tahap-tahap berikut.

  1. Isi formulir klaim, formulir sebaiknya diisi oleh tertanggung.
  2. Pilih formulir untuk surat pernyataan berdasarkan penyakit yang diderita.
  3. Kirimkan dokumen lewat surel atau surat.
  4. Perhatikan masa tenggang pengiriman formulir klaim yang sudah diisi dengan dokumen pendukung, yang dibutuhkan kepada selambat-lambatnya 30 hari setelah risiko asuransi terjadi.
  5. Setelah klaim selesai diproses, kita akan menerima surel notifikasi dari FWD Life.
  6. Untuk klaim yang belum lengkap, kita memiliki waktu 30 hari untuk melengkapi dokumen tersebut.

Semoga informasi tadi dapat mencerahkan kita untuk membeli produk asuransi yang pas dengan kebutuhan kita. Setelah kini memahami seluk-beluknya, tentu kita tidak menjadi tidak sembarangan mengatakan bahwa asuransi FWD penipu, bukan? Yang terpenting adalah mengikuti prosedur yang telah ditentukan supaya proses klaim lancar.
Oya, apabila masih ada pertanyaan soal produk-produk asuransi terkait lainnya, jangan ragu untuk langsung menghubungi tim Lifepal, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →