Asuransi Generali vs Prudential: Mana yang Lebih Bagus?

asuransi generali vs prudential

Asuransi Generali vs Prudential adalah dua perusahaan asuransi yang sangat populer. Sehingga sering kali dibandingkan satu sama lain.

Kedua perusahaan tersebut terkenal dengan produk asuransi jiwa. Nah, buat kamu yang mencari asuransi tersebut, Lifepal menawarkan produk asuransi jiwa hemat hingga 25%.

Apa saja kelebihan dan kekurangan keduanya? Mana yang lebih baik untuk dimiliki? Prudential atau Generali? Simak ulasannya berikut ini untuk mengetahui perbandingan Asuransi Generali vs Prudential:

Sekilas tentang Perusahaan

Untuk mengetahui mana yang lebih baik, Asuransi Generali vs Prudential, ada baiknya mengetahui dulu profil masing-masing perusahaan asuransi terkait.

Perusahaan Asuransi Generali

Mengawali debutnya pada 1831 di Trieste, Italia, Generali Group adalah salah satu perusahaan asuransi terbesar di Eropa. Di Indonesia sendiri Generali Group diwakili oleh PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia.

Didukung oleh 11.000 tenaga pemasar di seluruh Indonesia, Generali menaruh perhatian besar pada inovasi teknologi sebagai salah satu bentuk layanan pada nasabahnya. Beberapa produk layanan digitalnya adalah iSERVICES, iCONNECT, dan iCLICK. Serta yang terbaru adalah ARMS (Auto Risks Management System) yang diciptakan oleh para tenaga lokal.

Beberapa prestasi yang sudah diraih oleh Generali di Indonesia adalah Top 5 Best Consumer Choice Insurance Company Category Life Insurance dari Indonesia Insurance Consumer Choice Award 2018 oleh Warta Ekonomi, Asuransi Jiwa Terbaik 2018 untuk kategori Aset di atas 1T-10T dari Investor Award oleh Majalah Investor, Innovation Award 2018 untuk kategori Produk & Teknologi (Produk iPLAN) dari Sindo Apresiasi Inovasi 2018 oleh Koran Sindo, dan Unit Link Award 2018 untuk kategori Fixed Income periode 5 tahun oleh Majalah Investor.

Perusahaan Asuransi Prudential

Prudential Indonesia (PT Prudential Life Assurance) adalah bagian dari Prudential plc yang berbasis di Inggris. Prudential plc adalah sebuah grup asa keuangan yang sudah berpengalaman selama lebih dari 168 tahun dan melalui Prudential Indonesia, perusahaan ini berkomitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Prudential Indonesia sendiri sudah berdiri sejak 1995 dan pertama kali meluncurkan produk asuransi unit link pada 1999 yang setelahnya menjadi salah satu produk asuransi terlaris di Indonesia.

Memenuhi permintaan pasar yang mulai berminat pada asuransi, Prudential Indonesia pada 2007 merilis produk asuransi syariah perdananya dan sampai kini menjadi salah satu pemimpin pasar di asuransi jiwa syariah.

Sampai 31 Desember 2017, Prudential berhasil mengukuhkan dirinya sebagai salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia dengan memiliki kantor pusat di Jakarta dan kantor pemasaran di Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang yang diperkuat dengan 277.000 tenaga pemasaran.

Dari segi usia perusahaan Asuransi Generali vs Prudential, Generali tentu lebih unggul daripada Prudential. Sebab, usia Asuransi Generali vs Prudential terpaut cukup jauh.

Polis Asuransi Generali vs Prudential

Baik Asuransi Generali vs Prudential sama-sama menawarkan berbagai produk dengan kelebihannya masing-masing.

Polis Asuransi Generali

Generali menawarkan sederet produk yang terbagi dalam Perlindungan Jiwa, Kesehatan, Pendidikan, Pensiun, Asuransi Tambahan dan BRAVO (produk baru yang disesuaikan dengan kondisi pandemi).

Beberapa produk asuransi Generali vs Prudential yang bisa jadi pilihan adalah:

  • iPRIME

Asuransi kesehatan unit link yang selain memberikan proteksi juga memaksimalkan investasi. Manfaatnya antara lain adalah Uang Pertanggungan untuk risiko meninggal akibat kecelakaan hingga sebesar Rp25 juta dan 100% pembayaran premi pertama.

  • iPLAN

Asuransi jiwa unit link yang memiliki proteksi, optimalisasi investasi dan fleksibilitas untuk memiliki asuransi tambahan. Asuransi ini memiliki manfaat yang serupa dengan iPRIME.

  • iPLAN SYARIAH

Asuransi dan investasi berdasarkan prinsip Islami melalui penyaluran wakaf yang bekerjasama dengan Dompet Dhuafa.

  • GEMILANG

Solusi bagi kaum muda yang produktif sebagai tabungan untuk memenuhi kebutuhan masa depan. Manfaatnya berupa Manfaat Meninggal Dunia di mana bila tertanggung meninggal maka akan dibayarkan 100 persen Uang Pertanggungan dan Nilai investasi (bila ada) dan bila tertanggung masih hidup di akhir Masa Pertanggungan, maka akan dibayarkan Nilai Investasi.

  • Flexi Optima

Produk asuransi jiwa unit link dari Asuransi Jiwa Generali Indonesia dengan metode pembayaran premi tunggal yang menawarkan alternatif investasi pada instrumen reksadana Generali Fund serta perlindungan jiwa jangka panjang. 

Manfaat Asuransi Jiwa Generali Flexi Optima adalah memberikan santunan kematian sebesar 125% dari premi tunggal yang dibayarkan.

  • We Flexi Pro

Produk asuransi jiwa berbentuk Unit Link, dengan pembayaran premi tunggal yang menawarkan alokasi fleksibel antara investasi dan asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat utamanya adalah pembayaran pertanggungan 150% untuk risiko meninggal dunia ditambah Nilai Investasi.

  • CEMERLANG

Asuransi jiwa yang memberikan perlindungan diri dan keuangan apabila terjadi risiko dan menjamin pengembalian uang sebesar 110% di akhir masa pertanggungan. Manfat utamanya adalah pembayaran Uang Pertanggungan hingga 200% bila terjadi risiko meninggal dunia dan pengembalian premi sebesar 110% bila tertanggung tidak mengalami risiko hingga akhir masa pertanggungan.

  • iSALAAM

Asuransi Jiwa yang dilengkapi dengan masa pembayaran kontribusi lebih singkat dan masa perlindungan yang lebih lama. Manfaat uniknya adalah Manfaat Berkah 99 yaitu manfaat Healthy Living 99 melalui imbalan sebesar uang pertanggungan ketika mencapai usia 99 tahun.

Selain itu Generali juga memiliki produk asuransi untuk grup, pengelolaan dana pensiun dan asuransi tambahan.

Polis Asuransi Prudential

Selanjutnya mengenai Asuransi Generali vs Prudential, mari lihat produk asuransi Prudential. Produk yang ditawarkan, antara lain dibagi menjadi Pendidikan, Investasi, Perlindungan Kondisi Kritis, Dana Investasi, Kesehatan, Proteksi, Syariah dan Bancassurance.

Beberapa produk dan manfaatnya adalah:

  • PRULink Edu Protection

Merupakan produk investasi yang memberikan dana santunan setiap bulan bila terjadi risiko. Manfaatnya adalah memberikan perlindungan bagi orang tua dan anak dalam satu polis, setiap 3 tahun manfaat bulanan akan naik untuk mengimbangi inflasi dan manfaat bulanan sampai anak berusia 18 atau 25 tahun.

  • PRUTotal Critical Protection (PRUTop)

Asuransi tambahan yang memberikan perlindungan total atas ancaman Kondisi Kritis. Manfaat asuransi ini adalah memberikan perlindungan kondisi kritis yang lebih luas, Uang Pertanggungan hingga Rp 5 miliar, dan perlindungan untuk kondisi kritis termasuk penyakit yang belum ditemukan. Asuransi ini juga tersedia dalam bentuk Syariah.

  • PRUCritical Benefit 88

Asuransi jiwa tradisional yang memberikan perlindungan atas risiko kondisi kritis atau meninggal dunia sampai dengan usia tertanggung 88 tahun. Manfaat asuransi ini adalah perlindungan terhadap satu dari 60 kondisi kritis dan pembayaran 200% dari uang pertanggungan bila tertanggung meninggal dunia sebelum usia 70 tahun karena kecelakaan.

  • PRUCrisis Cover Benefit Plus 61

Merupakan asuransi tambahan yang memberikan perlindungan atas 61 kondisi kritis stadium akhir dan tidak akan mengurangi Uang Pertanggungan Asuransi Dasar saat dibayarkan.

  • PRUEarly Stage Crisis Cover Plus

Asuransi tambahan yang memberikan perlindungan terhadap risiko kondisi kritis sejak tahap awal (early stage). Jadi nasabah bisa melakukan klaim tanpa harus menunggu kondisi tersebut bertambah buruk. Manfaat asuransi ini adalah memberikan perlindungan atas 112 kondisi kritis.

  • PRUJuvenile Crisis Cover

Asuransi tambahan yang juga tersedia dalam bentuk Syariah ini memberikan perlindungan finansial terhadap 32 penyakit kritis setelah 30 hari sang anak lahir. Manfaat asuransi ini adalah menyediakan perlindungan penyakit kritis khusus untuk anak.

  • PRUPrime Healthcare Plus

Asuransi tambahan yang memberikan solusi lengkap untuk perlindungan dengan pembayaran manfaat sesuai tagihan rumah sakit. Asuransi ini dirancang untuk jangkauan luas ke seluruh dunia. Manfaat yang bisa dinikmati adalah cakupan pertanggungan yang luas termasuk Amerika Serikat dan pembayaran rawat jalan untuk kanker dan cuci darah.

  • PRUMed Cover Syariah

Asuransi ini memberikan manfaat tambahan berupa tunjangan harian rawat inap, ICU, dan pembedahan. Manfaat lainnya adalah perlindungan hingga usia 55 atau 65 tahun.

  • PRUCinta

Asuransi jiwa syariah yang memberikan manfaat perlindungan selama 20 tahun masa kepesertaan terhadap risiko meninggal dunia karena kecelakaan atau bukan kecelakaan. Manfaat yang diterima adalah santunan 100% dan Nilai Tunai bila meninggal dunia bukan kecelakaan dan santunan 300% bila meninggal dunia karena kecelakaan serta manfaat Mudik yaitu santunan 400% bila meninggal dunia sebelum usia 70 tahun dalam periode enam minggu sejak tanggal 1 Ramadhan. 

Prudential juga masih memiliki beberapa pilihan untuk pengelolaan dana investasi baik dalam bentuk syariah maupun konvensional.

Premi Asuransi Generali vs Prudential

Besaran premi pada umumnya ditentukan oleh beberapa faktor, seperti usia tertanggung, jenis kelamin tertanggung, jenis pekerjaan tertanggung, jumlah peserta tertanggung, riwayat kesehatan, gaya hidup (merokok, konsumsi alkohol, dan pola hidup), plafon, jangka waktu pertanggungan, manfaat tambahan (rider).

Nah, beberapa hal di atas bisa menjadi acuan perbandingan Asuransi Generali vs Prudential.

Kalau ingin mengetahui berapa premi yang dibutuhkan untuk memiliki salah satu produk asuransi, situs resmi Prudential memiliki fitur “kalkulator premi” yang mudah digunakan dan memiliki informasi yang cukup lengkap.

Fitur yang bisa diakses melalui kanal “informasi untuk anda” ini memiliki 3 bagian yang harus diisi, yaitu latar belakang calon nasabah, info keuangan nasabah dan hasil. Anda tinggal memasukkan data yang diminta di kolom-kolom di setiap bagian dan akan dihitung secara otomatis untuk mengetahui besaran premi di setiap jenis produk asuransi.

Sedangkan Generali menghadirkan fitur kalkulator di situs iservices.generali.co.id. Nasabah dan calon nasabah hanya perlu melakukan registrasi untuk bisa mengakses situs ini. Selain kalkulator premi, situs ini juga menyediakan layanan informasi polis, parameter ARMS, premi dan daftar manfaat, alokasi dana investasi dan account balance, riwayat transaksi, formulir dan informasi pasar.

H2 Rumah Sakit Rekanan Asuransi Generali vs Prudential

Baik asuransi Generali maupun Prudential sama-sama memiliki jaringan di Indonesia dan luar negeri. Berikut adalah beberapa daftar rumah sakit rekanan antara Asuransi Generali vs Prudential:

Rumah sakit rekanan Asuransi Generali

  • RS Myria, Jl. Kol. Burlian KM 7, Palembang
  • RS. Pertamedika Ummi Rosnati, Jl Sekolah 5, Gampong Ateuk Pahlawan, Banda Aceh
  • RSIA Rosiva, Jl Bangka 15, Medan
  • RS Yarsi, Jl Letjen Suprapto, Jakarta Timur
  • RS Universitas Indonesia, Depok
  • Eka Hospital Cibubur, Perum Kota Wisata, Jakarta Timur
  • RS Hermina Pekanbaru, Riau
  • Siloam Nusa Dua, Kawasan BTDC Nusa Dua, Bali
  • RS Harapan Kita, Slipi, Jakarta Barat
  • RS Mitra Keluarga Bintaro, Bintaro Sektor 3A, Tangerang Selatan
  • Global Doctors Hospital, Kuala Lumpur
  • International Eye Specialist Centre, Pulau Pinang
  • Hospital Penawar, Pandan City, Johor Bahru
  • Kempas Medical Centre, Johor Bahru
  • Medical Specialist Centre, Johor Bahru

Rumah sakit rekanan Asuransi Prudential

  • RS Bali Jimbaran, Jl. Kampus Unud 52, Jimbaran, Bali
  • Bali Royal Hospital, Jl. Letda Tantular 6, Denpasar, Bali
  • RS BIMC Siloam Nusa Dua, Kawasan BTDC Nusa Dua, Bali
  • RS Bunda Jembrana, Jl. Rajawali 36, Jembrana Bali
  • Bethsaida Hospital, Jl Boulevard Gading Serpong 29, Tangerang
  • RSU Bhakti Asih, Jl. Raden Saleh, Ciledug, Tangerang
  • RS Bhineka Bakti Husada, Jl. Cabe Raya, Tangerang
  • RSIA Bina Medika, Jl. Rasuna Said B7, Bintaro, Tangerang
  • RSUD Cengkareng, Jl. Kamal Raya Bumi Cengkareng Indah, Jakarta Barat
  • RS Grha Kedoya, Jl Panjang Arteri 26, Jakarta Barat
  • RS Hermina Daan Mogot, Jl. kintamani Raya 2, Jakarta Barat
  • RS Mitra Keluarga, Jl Peta Selatan 1, Kalideres, Jakarta Barat
  • RS Abdi Waluyo, Jl HOS Cokroaminoto 33, Jakarta Pusat
  • RSIA Bunda Jakarta, Jl Teuku Cik Ditiro 21, Jakarta Pusat
  • RS Mata Jakarta Eye Centre, Jl. Teuku Cik Ditiro 46, Jakarta Pusat
  • RS Hermina Kemayoran, Jl. Selangit B10, Jakarta Pusat
  • RS Gandaria, Jl Gandaria Tengah 11, Jakarta Selatan
  • RS Bedah Halimun, Jl Halimun Raya 9, Jakarta Selatan
  • RS Aulia, Jl Jeruk Raya 15, Jagakarsa, Jakarta Selatan
  • Mayapada Hospital, Jl Lebak Bulus I/29, Jakarta Selatan
  • RSIA Sayyidah, Jl Taman Malaka Selatan 6, Jakarta Timur
  • RS Yadika Pondok Bambu, Jl Pahlawan Revolusi 47, Jakarta Timur
  • RSU Universitas Kristen indonesia, Jl. Mayjen Soetoyo, Jakarta Timur
  • RS SMEC Rawamangun, Jl Pemuda 36, Jakarta Timur
  • RS Atma Jaya, Jl Pluit Raya 2, Jakarta Utara
  • RS Duta Indah, Jl Teluk Gong Raya, Jakarta Utara
  • RS Gading Pluit, Jl Boulevard Timur Kelapa Gading, Jakarta Utara
  • RS Mitra Kelapa Gading, Jl Bukit Gading Raya, Jakarta Utara

Layanan Nasabah Asuransi Generali vs Prudential

Didukung oleh website resmi, call centre dan aplikasi digital, Asuransi Generali vs Prudential memberikan kenyamanan pada nasabahnya dengan layanan yang mudah diakses. 

Asuransi Generali mempermudah nasabah dan calon nasabahnya melalui website yang mudah diakses dan tombol “layanan nasabah” yang mudah ditemui. Di dalamnya, nasabah dan calon nasabah bisa menemukan beberapa pilihan layanan, seperti prosedur klaim, cara pembayaran premi, pengajuan asuransi jiwa atau mengetahui pertanyaan-pertanyaan umum seputar kiprah asuransi Generali.

Asuransi Prudential menawarkan layanan yang lebih lengkap di website resminya. Melalui kolom “layanan kami”, asuransi ini menawarkan akses untuk informasi faksimili, Customer Care Centre, Prudential Customer Line, PRUaccess dan email.

Bagi yang ingin informasi lebih lengkap bisa mengakses kolom Prestige by Prudential, PRUCekatan, PRUMedical Network, PRUFlyers, Panduan Klaim dan Formulir, Informasi dan Jasa Transaksi serta Informasi Nasabah.

Kesimpulan 

Kesimpulan mengenai Asuransi Generali vs Prudential bisa kamu perhatikan melalui kesimpulan berikut ini:

Untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya, Generali berusaha menghadirkan berbagai fitur digital, seperti iSERVICE, iCONNECT dan iCLICK. Tujuannya adalah untuk memudahkan para nasabahnya bila sewaktu-waktu membutuhkan data terkait polis asuransinya tanpa perlu repot mendatangi kantor cabang Generali.

Generali juga memiliki sistem terpadu untuk yang berminat mengeluarkan dananya untuk berinvestasi melalui ARMS (Auto Risk Management System). Di masa digital dan tren untuk berinvestasi seperti sekarang ini tentu saja fitur ini memudahkan dan menarik perhatian generasi muda agar peduli investasi.

Sementara Prudential memiliki produk asuransi yang sangat lengkap dan terbagi dalam bentuk syariah dan konvensional. Bagi yang ingin berinvestasi, Prudential juga memiliki sederet produk pilihan yang menguntungkan.

Bagi yang ingin memiliki proteksi lebih maksimal sesuai dengan kebutuhan, Prudential bisa menjadi pilihan dengan mempertimbangkan produknya yang sangat beragam. Namun bila ingin mendapatkan akses layanan yang lebih efisien dan cepat disamping proteksi menyeluruh, Generali layak ditinjau berkat tawaran fitur-fitur digitalnya yang dirancang untuk memudahkan para nasabahnya untuk terkoneksi di manapun dan kapanpun.

Nah, itu tadi dia mengenai perbandingan Asuransi Generali vs Prudential. Buat kamu yang mau konsultasi asuransi, yuk kunjungi situs marketplace asuransi Lifepal.co.id!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →