Tips Membeli Asuransi Gigi Prudential 2020 dan Reviewnya

dokter gigi

Asuransi gigi merupakan produk asuransi yang memberikan proteksi terhadap biaya perawatan gigi. Salah satu perusahaan yang memiliki produk ini adalah asuransi gigi Prudential melalui polis PRUCorporate Medical. 

Polis asuransi ini merupakan asuransi karyawan yang memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk menjamin biaya kesehatan pekerjanya melalui asuransi. PRUCorporate Medical sendiri memberikan manfaat rawat inap dengan aneka manfaat tambahan yang dapat dipilih, salah satunya perawatan gigi. 

Kamu bisa lho membeli asuransi gigi terbaik di Lifepal! Mumpung lagi ada promo 25 persen, tunggu apa lagi!

Sebenarnya, biaya perawatan gigi umumnya sudah termasuk dalam polis asuransi kesehatan sebagai tambahan manfaat (rider). Namun, ada pula asuransi gigi yang berdiri sendiri (stand alone) tanpa harus membeli polis asuransi kesehatan utama. Dalam hal ini, asuransi gigi prudential tersebut merupakan rider dari asuransi PRUCorporate Medical. 

Biaya kesehatan gigi sendiri tidak bisa dipandang sebelah mata, yaitu bisa mencapai Rp150.000 sampai Rp300.000 per gigi. Sementara kasus gigi berlubang memerlukan biaya Rp400.000 sampai Rp600.000 per gigi. 

Bila melihat gambaran biaya tersebut, tentu kamu jadi punya gambaran biaya kesehatan gigi tidaklah murah, bukan. Terlebih lagi menurut Cigna Indonesia, biaya perawatan dental naik 7-8 persen tiap tahunnya. Karena itulah, asuransi gigi ini menjadi penting. 

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Beli Asuransi Gigi Prudential

Sebelum membeli asuransi, pastikan agar kamu memahami dengan baik segala informasi dan ketentuan yang tercantum di dalam polis. Ini penting agar kamu tidak kebingungan saat melakukan perawatan kesehatan dengan asuransi. 

Memahami polis asuransi juga penting agar kamu mendapatkan polis yang sesuai dengan kebutuhan sendiri, bukan karena bujuk rayu sales atau iklan. Nah, untuk kamu yang sedang mencari tahu asuransi gigi prudential sebagai proteksi biaya kesehatan gigi, pertimbangan apa aja sih yang sebaiknya dipikirkan? Berikut ulasannya. 

Pahami apa saja yang ditanggung dan tidak ditanggung

Ini adalah hal paling dasar dari setiap pembelian polis asuransi. Kamu harus tahu persis manfaat apa saja yang tercover dalam asuransi kesehatan, khususnya asuransi gigi. Secara umum, asuransi gigi yang tercover dalam PRUCorporate Medical adalah pertanggungan perawatan gigi akibat kecelakaan sesuai tagihan. 

Adapun perawatan gigi lainnya tercover dalam manfaat tambahan atau rider seperti perawatan dasar, perawatan pencegahan, perawatan perbaikan, perawatan gusi, dan perawatan gigi palsu. Khusus untuk perawatan perbaikan, batasannya adalah per periode polis sampai dengan 2 kali kunjungan per periode polis. 

Sementara itu, hal – hal yang tidak ditanggung oleh asuransi gigi prudential sebenarnya mirip dengan ketentuan asuransi lain yakni perawatan yang sifatnya kosmetik. Secara spesifik, polis asuransi PRUCorporate Medical menyebut perawatan yang berhubungan dengan estetika seperti memutihkan gigi tidak tercover dalam polis. 

Masa tunggu

Pertimbangan lain dalam memilih asuransi adalah masa tunggu yang harus dilewati sebelum manfaat proteksi dapat diklaim atau dicairkan. Masa tunggu ini umum diterapkan pada asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa. 

Khusus untuk manfaat perawatan gigi di PRUCorporate Medical, masa tunggunya adalah 6 bulan. Tetapi, ada pengecualian untuk gigi palsu yang masa tunggunya adalah 12 bulan. Jadi, ketika kamu membeli polis asuransi prudential maka manfaat proteksi gigi tersebut baru dapat dipakai setelah melewati masa tunggunya sejak asuransi dikatakan aktif.  

Renewal guarantee

Renewal guarantee merupakan fasilitas asuransi kesehatan yang kerap menjadi perhatian nasabah. Secara sederhana, renewal guarantee adalah komitmen perusahaan asuransi untuk memperpanjang polis nasabah bagaimanapun kondisi tertanggung atau pengguna asuransi yang bersangkutan. 

Klausul ini memberikan ketenangan tersendiri bagi pemegang asuransi karena perusahaan akan tetap mengcover biaya kesehatan meski sudah mendekati akhir masa kontrak. Nah, produk asuransi gigi dari Prudential punya klausul renewal guarantee ini.

Ada inner limit

Faktor yang tak kalah penting untuk jadi pertimbangan adalah soal limit tahunan dan inner limit. Limit tahunan merupakan batasan jumlah yang dapat diklaim dalam satu tahun sementara inner limit merupakan batasan untuk setiap jenis klaim. Umumnya, ini diterapkan pada asuransi yang menggunakan sistem pembayaran klaim cashless.  

Selain inner limit dikenal pula as charge atau sesuai tagihan di mana perusahaan asuransi akan membayar klaim sesuai tagihan dari rumah sakit selama tidak melebihi limit. Berdasarkan informasi dari product summarynya, PRUCorporate Medical sendiri tersedia dalam pilihan inner limit dan as charged. 

Manfaat rider perawatan gigi Prudential berdasarkan informasi dari situsnya menggunakan sistem sesuai tagihan dengan batas keseluruhan per periode polis antara Rp500.000 sampai Rp4.000.000 tergantung plan asuransinya. 

Asuransi kesehatan Prudential bisa klaim cashless

Memilih asuransi harus dilakukan dengan teliti terutama pada sistem pembayaran klaimnya. Secara umum, ada dua jenis sistem klaim yang dikenal sampai saat ini yakni cashless dan reimbursement. 

Sistem cashless memungkinkan pengguna untuk langsung menikmati pelayanan kesehatan di rumah sakit rekanan dengan menunjukkan kartu asuransi. Sedang pada sistem reimbursement pengguna harus membayar tagihan rumah sakit sendiri lalu diklaim ke perusahaan asuransi dengan membawa bukti transaksi. 

Sistem cashless lebih disukai karena lebih fleksibel dan praktis. Pengguna tinggal membawa kartu asuransi layaknya kartu kredit untuk berobat di mana saja. Petugas administrasi rumah sakit tinggal melakukan verifikasi dan pengecekan apakah plafon biaya pengobatan masih mencukupi. 

Beruntung bagi pengguna asuransi kesehatan Prudential, khususnya pengguna PRUCorporate Medical yang ingin memakainya untuk ke dokter gigi karena polisnya menerapkan sistem cashless. 

Klaim di luar negeri

Asuransi Prudential memungkinkan pesertanya untuk berobat di negara lain seperti Singapura, Malaysia dan Thailand. Kamu perlu menghubungi administrator pihak ketiga sebelum melakukan perawatan maksimal 2×24 jam. 

Setelahnya, petugas akan melakukan verifikasi dan mengirim dokumen yang harus kamu isi dan lengkapi dengan persyaratan yang diminta. Konsultasikan dulu dengan petugas sebelum menggunakan fasilitas cashless di luar negeri.  

Terakhir, pastikan rumah sakit atau layanan kesehatan yang akan kamu kunjungi termasuk dalam daftar rekanan Prudential. Kamu dapat melihat daftar rumah sakit di luar negeri yang rekanan dengan Prudential pada situs resminya.

Paket keluarga, apakah lebih murah?

Asuransi keluarga dapat diambil dengan paket perorangan (single plan) atau keluarga (family plan). Pada family plan, kamu hanya perlu menggunakan satu polis asuransi saja untuk mengcover proteksi setiap anggota keluarga. Perlu diingat, keluarga yang dimaksud di sini adalah keluarga inti saja, tidak termasuk sepupu lainnya. 

Sayangnya, Prudential tidak memiliki paket keluarga yang dapat mengcover proteksi anak dan istri dalam satu paket. Masing – masing anggota keluarga harus membeli asuransi kesehatan utama sendiri. 

Premi dikembalikan dengan ketentuan khusus  

Pada dasarnya, pembayaran premi adalah untuk mengcover biaya pada saat terjadi kondisi – kondisi tertentu. Premi yang disetorkan kepada pihak asuransi dapat dikembalikan lagi, kok. Tetapi, dengan catatan kinerja investasinya bagus. 

Berapa Biaya Premi Asuransi Kesehatan Prudential?

Besaran biaya premi asuransi kesehatan yang dibayarkan sebenarnya mengikuti biaya polis dasar yang dipilih. Adapun manfaat tahunnya mencapai miliaran rupiah seperti PRUcritical hospital cover senilai Rp15 miliar. 

Tahun ini, Prudential juga meluncurkan produk asuransi yang dapat melindungi pengguna dari kondisi kritis dengan biaya premi Rp400.000 saja per bulan. 

Selain mengantisipasi risiko dengan asuransi kesehatan, kamu juga perlu lho mengumpulkan dana darurat untuk keperluan mendesak. Untuk menghitung berapa keperluan kamu, yuk gunakan Kalkulator Dana Darurat berikut:

Demikian ulasan tentang asuransi gigi Prudential yang perlu kamu pahami. Sudah yakin untuk mulai mengasuransikan kesehatan gigi keluarga?