Asuransi Jasindo Milik Negara, Ini Produk dan Manfaatnya

asuransi jasindo

Asuransi Jasindo berada di bawah PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau sering disebut sebagai PT Asuransi Jasindo. Perusahaan ini termasuk salah satu asuransi terbaik di Indonesia.

Jasindo yang 100 persen perusahaan asuransi milik Negara Kesatuan Republik Indonesia. Status Jasindo adalah BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Produk asuransi yang dihadirkan mencakup asuransi perjalanan, asuransi kendaraan, asuransi pengangkutan, asuransi kebakaran, sampai asuransi rekayasa.

Keunggulan dari Jasindo adalah terdapat produk asuransi pertanian yang dikhususkan untuk petani, nelayan, dan peternak sapi. Keberadaan produk ini bertujuan untuk menunjang kesejahteraan para UMKM di bidang pertanian, perikanan, dan peternakan.

Sejarah Jasindo, asuransi gabungan dua perusahaan asing

Sejarah Asuransi Jasindo bermula dari tahun 1845 yang merupakan penggabungan antara perusahaan asuransi Belanda dan Inggris. 

Perusahaan tersebut adalah NV Assurantie Maatschappij de Nederlander dan perusahaan asuransi asal Inggris yang berlokasi di Jakarta, Bloom Vandem.

Setelah Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, turun mandat dari para proklamator Indonesia, yaitu Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta. Mandat tersebut menyatakan pemindahan kekuasaan dan kepemilikan kerajaan Belanda kepada kekuasaan Pemerintah Indonesia.

Nah, program tersebut adalah program nasionalisasi pemerintah Indonesia. Yang mana perusahaan Belanda atau asing kemudian dijadikan perusahaan nasional. Salah satunya adalah, NV Assurantie Maatschappij de Nederlander.

Sejak keduanya digabungkan, tujuan perusahaan berupaya untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat, turut serta mengukuhkan keamanan, dan membantu meningkatkan perekonomian negara.

Berkat pengalamannya yang panjang itulah asuransi Jasindo mendapatkan kepercayaan bukan hanya berasal dari dalam negeri, tetapi juga luar negeri.

Tercatat Asuransi Jasindo pernah mengukir beberapa prestasi klaim terbesar seperti Loss of DB Satelit Garuda milik Aces International hingga senilai US$101,5 juta, Battery Charging Failure Satelit Palapa C2 sebesar US$36,5 juta, dan BDC Failure Satelit Palapa C2 senilai US$31,2 juta.

Prestasi tersebut bikin Jasindo menjadi salah satu perusahaan asuransi nasional dengan peringkat Internasional.

Asuransi Jasindo mendapatkan anugerah “Claim Paying Ability” pada saat krisis di tahun 1997 dengan peringkat BBB. Peringkat tersebut diberikan oleh Standard and Poor’s, salah satu lembaga layanan finansial asal Amerika Serikat

Asuransi Jasindo juga kembali mendapatkan prestasi dalam kategori Financial Strength Ability (Stable Outlook) dengan peringkat B++. 

Selain itu, mereka termasuk dalam kategori Issuer Credit Ability (Stable Outlook) dengan peringkat BBB dari Badan Pemeringkat Internasional AM Best yang bermarkas di Hong Kong dan Amerika Serikat.

Tips Lifepal! Mau uang hingga Rp30 juta per bulannya? Cukup menjadi agen asuransi di Lifepal, kamu bisa raih komisi sebanyak-banyaknya plus tambahan uang Rp3 juta tiap bulan.

Ragam produk terbaik dari Jasindo

Ada beragam produk terbaik Jasindo yang juga memberikan banyak manfaat perlindungan finansial. Berikut ini ragam dan beberapa manfaatnya.

1. Jasindo Agri

Proteksi Jasindo Agri cukup unik karena diberikan kepada para peternak, petani, dan nelayan. Tujuannya adalah agar usaha mereka bisa lebih menguntungkan tanpa khawatir mendapatkan kerugian seperti risiko gagal panen, kematian hewan ternak, hingga risiko meninggal dunia bagi nelayan karena ganasnya lautan.

Manfaat pertanggungan:

  • Premi sangat terjangkau, dimulai dari Rp180 ribu saja
  • Nilai tunai pertanggungan mencapai Rp6 juta untuk lahan pertanian per hektar
  • Jenis musibah yang ditanggung adalah gagal panen akibat kebanjiran, kekeringan, hingga serangan hama tanaman yang merusak lahan pertanian secara total.

2. Jasindo Travel Insurance

Perjalanan kamu jadi lebih nyaman dan tentram dengan manfaat proteksi medis, bantuan darurat, serta santunan kecelakaan maupun santunan bila meninggal dunia akibat kecelakaan untuk di dalam negeri maupun di luar negeri.

Manfaat pertanggungan:

  • Memberikan perlindungan medis dengan memberikan penggantian biaya hingga Rp40 juta.
  • Jika terjadi kecelakaan dan pemegang polis meninggal dunia atau mengalami cacat permanen, maka akan mendapat santunan sebesar Rp150 juta.
  • Jika dalam perjalanan kamu menggunakan angkutan umum seperti pesawat terbang, kapal laut, kereta api, dan kemudian kamu merasa tidak nyaman karena pelayanan yang buruk, maka kamu akan mendapat penggantian sebesar Rp10 juta.

3. Jasindo Kebakaran

Proteksi terhadap kerusakan harta benda dikarenakan kebakaran. Kebakaran pun bisa dikategorikan diakibatkan oleh petir, ledakan, hingga tertimpa pesawat terbang.

Asuransi Jasindo memiliki perlindungan terhadap gempa bumi, tertabrak kendaraan, huru-hara, kerusuhan, banjir, tanah longsor, dan bencana alam lainnya.

Manfaat pertanggungan:

Nilai pertanggungan tergantung properti yang diasuransikan. Karena harus dilakukan assesment terlebih dahulu terhadap setiap properti yang kemudian ditentukan premi yang harus dibayarkan

4. Jasindo Rekayasa (engineering)

Perlindungan terhadap proyek yang harus ditanggung oleh pelaku usaha seperti perusahaan kontraktor, dan lain-lain.

Manfaat pertanggungan:

Memberikan proteksi terhadap segala risiko yang terjadi dalam pelaksanaan proyek.

5. Jasindo Tanggung Gugat (Liability)

Perlindungan terhadap risiko tuntutan hukum dari pihak ketiga.

Manfaat pertanggungan:

Disesuaikan dengan tingkat risiko kerugian yang dihadapi, jika tergugat mengalami kekalahan di pengadilan dan diwajibkan membayar ganti kerugian.

6. Jasindo Aviation & Satelit

Proteksi terhadap aktivitas penerbangan termasuk menjamin pesawat terbang, personal accident, loss of licence, ground handling liability. Bahkan, proteksi terhadap risiko satelit yang akan diluncurkan ke orbit.

Manfaat pertanggungan:

Perlindungan sesuai yang ditentukan dalam klausul polis asuransi.

7. Jasindo Keuangan

Jasindo Keuangan memberikan perlindungan terhadap jaminan penawaran, jaminan pelaksanaan, jaminan uang muka, jaminan pemeliharaan khususnya bentuk penjaminan yang diminta pemilik proyek kepada pelaksana proyek dalam melaksanakan proyek sesuai dengan kontrak yang sudah disepakati.

8. Jasindo Bidang Kelautan (Marine Insurance)

Perlindungan terhadap risiko kerugian akibat kecelakaan dalam aktivitas pelayaran dan kegiatan yang mendukungnya.

9. Jasindo Minyak & Oil Gas (Oil & Gas Insurance)

Perlindungan terhadap ganti rugi jika terjadi klaim kerusakan atau kerugian dalam industri minyak dan gas entah itu onshore ataupun offshore.

10. Jasindo Health

Salah satu keunggulan produk ini adalah dapat langsung berobat tanpa menunggu rujukan dokter seperti halnya yang terjadi pada BPJS Kesehatan. Yang mana prosedur dalam BPJS Kesehatan yang harus melalui faskes pertama.

Manfaat pertanggungan:

  • Penggantian biaya untuk rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi, melahirkan, kaca mata, atau medical check up sesuai yang ditagihkan.
  • Sangat fleksibel, kamu bisa menentukan sendiri tambahan-tambahan manfaat sesuai dengan kebutuhanmu.
  • Kamu bisa berobat ke rumah sakit manapun di Indonesia tanpa harus meminta surat rujukan dahulu.

11. Jasindo Sekolah

Ternyata ada produk yang dibutuhkan oleh Sekolah seperti Jasindo Sekolah. Produk ini memberikan proteksi terhadap anak usia sekolah atau mahasiswa yang diakibatkan kecelakaan.

Manfaat pertanggungan:

Dengan premi yang sangat terjangkau mulai dari Rp6.750 – Rp15 ribu, para pelajar dan mahasiswa bisa mendapatkan manfaat perlindungan dari Rp1 juta sampai dengan Rp7,5 juta. Dan jika siswa mengalami cacat tetap maka akan mendapat santunan sebesar Rp15 juta.

12. Jasindo Pengangkutan (Cargo)

Jenis asuransi ini diperuntukkan bagi para pengusaha kargo atau pengiriman barang untuk mengantisipasi risiko kerugian pengangkutan oleh transportasi melalui darat, udara maupun laut.

Manfaat pertanggungan:

Pertanggungan atas barang yang diangkut dari kerusakan maupun kehilangan, baik melalui darat, laut, maupun udara.

13. Jasindo OTO Plus

Perlindungan kendaraan ini diberikan untuk kerugian karena kerusakan atau kehilangan maupun santunan terhadap pengemudi dan maksimum 3 orang penumpang.

Manfaat pertanggungan:

  • Perlindungan dari segala hal yang bisa menimpa aset dan pengemudinya. Misalnya dari huru hara, sabotase, kehilangan, kebanjiran, tergelincir, tabrakan, terbalik, dan sebagainya.
  • Penggantian kendaraan hingga 80% dari harga pasar
  • Santunan kematian hingga 3 orang penumpang.

14. Jasindo Mikro

Dengan premi hanya Rp50 ribu saja, produk ini sudah memberikan perlindungan komprehensif selama satu tahun jika terkena risiko kebakaran diri, kebakaran rumah tinggal dengan premi yang amat terjangkau.

Manfaat pertanggungan:

  • Pemberian santunan atas kecelakaan yang menyebabkan meninggal dunia sebesar Rp20 juta.
  • Reimbursement atas penggantian biaya rumah sakit untuk rawat inap sebesar Rp100 ribu per hari.
  • Penggantian biaya pembedahan yang disebabkan kecelakaan maksimal Rp2,5 juta.

15. Jasindo Pelangi

Hampir mirip dengan Jasindo Travel Insurance, produk ini memberikan proteksi dalam pelayaran dan penerbangan mulai dari ruang tunggu sampai dengan tiba di bandara atau pelabuhan tujuan.

Manfaat pertanggungan:

  • Premi per penumpang sebesar Rp25 ribu, dapat membeli 4 sekaligus untuk satu orang.
  • Pertanggungan kematian maksimal Rp250 juta.
  • Jika terjadi kecelakaan, maka biaya perawatan yang ditanggung sebesar Rp25 juta.
  • Jika kamu kehilangan bagasi, maka diganti sebesar Rp2 juta.

16. Jasindo Mudik

Program ini cukup unik karena memberikan proteksi perjalanan mudik saat Lebaran, Natal, dan Tahun Baru serta hari besar lainnya dari H-10 sampai dengan H+10. Premi ringan mulai dari Rp10 ribu dengan uang pertanggungan sampai dengan Rp25 juta.

Dari pilihan di atas, kita ketahui Asuransi Jasindo memang lebih banyak didominasi dengan pasar korporasi yang mencapai 70 persen. Sementara pasar ritel, jauh di bawahnya.

Manfaat pertanggungan:

  • Premi minimal Rp20 ribu, dan termahal Rp40 ribu.
  • Santunan meninggal dunia maksimal Rp25 juta
  • Jika terjadi pencurian dan atau kebakaran, akan mendapat pertanggungan sebesar Rp2,5 juta.
  • Jika menjalani rawat inap akibat kecelakaan, mendapat pergantian maksimal Rp2,5 juta.

Keunggulan asuransi Jasindo yang layak kamu pertimbangkan

Ada beragam keunggulan yang ditawarkan perusahaan asuransi milik negara ini. Mari ketahui!

Keunggulan asuransi Jasindo

Asuransi Jasindo memiliki budaya perusahaan yang bernilai seperti RAISE yang merupakan singkatan dari Resourceful – Agility – Integrity – Synergy – Excellence Service.

Kiprah Jasindo tetap berkilau hingga akhir 2017 dengan penghargaan Indonesian Sales and Marketing Award 2017 membuktikan bahwa Asuransi Jasindo termasuk salah satu Asuransi Terbaik di Indonesia hingga saat ini.

Perusahaan ini juga dinamis dan mengikuti perkembangan digital dengan meluncurkan aplikasi SIAP (Sistem Inovasi Asuransi Pertanian). Aplikasi ini diperuntukkan bagi petani di daerah yang ingin melakukan proses pendaftaran. Aplikasi ini pun disambut hangat oleh para petani dan peternak.

Petani maupun peternak bukan hanya bisa mendaftar dengan proses yang mudah dan praktis tapi juga mendapatkan informasi cara melakukan pembayaran premi serta pengajuan klaim. Aplikasi tersebut sudah dikenalkan kepada para petani dan peternak di Jawa Barat.

Asuransi Jasindo tetap optimis bahwa pertumbuhan asuransi akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya daya beli masyarakat dan literasi tentang asuransi.

Tak heran, untuk memenuhi targetnya, perusahaan ini gencar membidik pasar ritel yang selama ini memang masih menjadi pekerjaan rumah bagi mereka.

Dengan dukungan jaringan digital dan teknologi, tak mustahil jika Jasindo bisa menjadi salah satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia yang merupakan karya anak negeri sendiri.

Sebagai informasi, PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) telah mencatatkan premi ritel sebesar Rp1,8 triliun di bulan Oktober 2018.  Hingga September saja premi bruto gabungannya mencapai Rp3,37 triliun. 

Tahun 2019, asuransi Jasindo menargetkan premi ritel sebesar Rp6,2 triliun dengan beberapa produk baru serta strategi bisnis paling mutakhir. Semoga tercapai ya targetnya.

Dari uraian pencapaian ini, tentu produk-produk mereka layak kamu pertimbangkan. Baik dari sisi perseorangan ataupun bisnis, produk asuransi Jasindo ini terbilang menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia.

Gandeng e-commerce

PT Asuransi Jasa Indonesia (Asuransi Jasindo) menggandeng salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia, Blibli, untuk memasarkan asuransi kendaraan bermotor dan asuransi properti. 

Asuransi Jasindo yang kini  merupakan bagian dari Holding Perasuransian dan Penjaminan yang dikenal dengan nama Indonesia Financial Group atau IFG, melakukan penandatanganan MoU dengan Blibli pada tanggal 17 September 2020.

Produk asuransi kendaraan bermotor milik Jasindo yang dijual di Blibli mencakup kerugian seperti kerusakan atau kehilangan kendaraan bermotor, tanggung jawab hukum untuk pihak ketiga, dan santunan terhadap pengemudi dan penumpang. 

Selain itu, ada juga produk asuransi properti yang dijual dengan memberikan jaminan kerugian atau kerusakan pada properti yang disebabkan oleh kebakaran, sambaran petir, ledakan, kejatuhan pesawat dan kerusakan akibat asap.

Kerja sama tersebut merupakan bentuk nyata komitmen Asuransi Jasindo dalam memberikan pelayanan yang prima kepada para pelanggannya serta menjadi solusi dalam pembelian produk asuransi di era pandemi seperti sekarang.

Terus manjakan pemegang polis dan mitra bisnis

PT Asuransi Jasa Indonesia terus mengembangkan teknologi dan inovasi untuk mempermudah pemegang polis dan mitra bisnis dalam melakukan transaksi.

Ada empat aplikasi yang dikembangkan Asuransi Jasindo pada 2020 ini, di antaranya yakni, Aplikasi TKA (Tenaga Kerja Asing) Online, Mobile Apps SIAP Protan 2020, Aplikasi AKP (Awak Kapal Perikanan), dan Aplikasi Virtual Claim.

Keempat aplikasi yang telah dilakukan Jasindo sejak tahun 2018 itu mempunyai fungsi yang beragam. Aplikasi TKA (Tenaga Kerja Asing) Online misalnya, ini merupakan aplikasi untuk penutupan asuransi tenaga kerja asing (TKA). 

Selanjutnya, Mobile Apps SIAP Protan 2020 adalah aplikasi terkait dengan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dan Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTSK) yang dikembangkan secara mobile.

Tak sampai di situ, pada 2019 Asuransi Jasindo juga mengembangkan Web Apps Jasindo, Aplikasi Konsorsium Kemendag, Aplikasi AUTP/AUTSK, dan Aplikasi CRM (Customer Relationship Management).

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya tentang asuransi Jasindo, jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal!

Nah, buat kamu yang punya pertanyaan lain seputar asuransi Jasindo atau asuransi lainnya, yuk tanyakan langsung pada ahlinya melalui fitur Tanya Lifepal!

FAQ asuransi Jasindo

Jasindo merupakan perusahaan asuransi yang menawarkan produk perlindungan untuk ritel yang mencakup personal dan korporasi. Sejarah operasional perusahaan ini telah dimulai sejak lebih dari 150 tahun yang lalu.

Pada awalnya perusahaan asuransi umum tersebut dimiliki oleh dua negara, yaitu Belanda dan Inggris. Namun, setelah Indonesia merdeka, pemerintah memutuskan untuk melakukan nasionalisasi kepada perusahaan tersebut. Jasindo pun dibagi menjadi dua perusahaan, yakni  PT Asuransi Bendasraya yang bergerak di bidang Asuransi Umum dalam rupiah dan PT Umum International Underwriters (UIU) yang bergerak pada bidang Asuransi Umum dalam valuta asing.

Namun pada tahun 1972, pemerintah memutuskan untuk melakukan merger atas kedua perusahaan asuransi tersebut menjadi PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo). Sebagai salah satu perusahaan asuransi BUMN.

Apakah asuransi Jasindo bagus?

Memiliki pengalaman operasional kurang lebih selama 150 tahun membuat asuransi Jasindo merupakan perusahaan yang terkemuka di Tanah Air karena pelayanan dan proses klaimnya yang relatif cepat.

Bagus atau tidaknya sebuah asuransi juga umumnya tergantung dari kebutuhan masyarakat. Jasindo memiliki berbagai macam produk asuransi yang bisa memenuhi kebutuhan pelanggannya.

Asuransi Jasindo mempunyai berbagai macam produk unggulan seperti perlindungan perjalanan yang memberikan manfaat santunan meninggal dunia mencapai Rp150 juta untuk nasabah. Selain itu ada juga produk korporasi yang melindungi segala aktivitas penerbangan hingga mencangkup satelit.

Berita-berita miring yang menerpa Asuransi Jasindo juga relatif jarang terdengar di media cetak maupun digital. Dengan pertimbangan itu bisa dikatakan, perusahaan asuransi yang satu ini bisa dikategorikan sebagai perusahaan asuransi bagus yang bisa digunakan nasabah sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Apa keunggulan asuransi Jasindo?

Sebagai salah satu perusahaan BUMN yang dikelola oleh negara, Jasindo dikelola oleh para tenaga profesional mulai dari level manajemen paling atas hingga paling bawah. Ini menunjukan komitmen besar untuk terus melayani pelanggan serta meningkatkan mutu produk yang dipasarkan.

Selain dari SDM, Jasindo juga memiliki keunggulan di pengalaman yang sudah cukup lama di bidang asuransi, kurang lebih sekitar 150 tahun. Ini tentunya menjadi nilai plus tersendiri dibandingkan beberapa perusahaan lain yang bergerak di bidang serupa.

Itu bisa dilihat dari banyaknya produk yang dijual oleh Jasindo di berbagai sektor mulai dari agribisnis hingga asuransi satelit. Proses klaim yang relatif mudah merupakan poin penting lainnya yang tidak boleh dilewatkan oleh para nasabah yang tertarik menggunakan produk perusahaan ini.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →