Asuransi Kesehatan Prudential sebagai Produk Rider Unggulan

Terlepas dari sudah adanya fasilitas perlindungan kesehatan dari pemerintah Indonesia melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, produk asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi swasta tetap diminati.

Tentu saja, dibandingkan dengan BPJS Kesehatan, produk asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi swasta memiliki sejumlah keunggulan. Salah satunya adalah kepraktisan layanan karena peserta tidak perlu melalui proses rujukan dan mengantre untuk mendapatkan layanan.

Di tengah penetrasi pasar asuransi yang masih rendah di Indonesia, peluang produk asuransi kesehatan masih begitu besar. Salah satu perusahaan asuransi jiwa yang memiliki produk asuransi kesehatan juga adalah Prudential Indonesia.

Asuransi kesehatan dapat dipahami secara sederhana sebagai produk yang mengalihkan risiko kesehatan individu ke perusahaan asuransi. Dengan kata lain, jika individu yang membayar premi secara berkala mengalami sakit di kemudian hari, biaya pengobatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi, tentu saja dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Dalam tulisan ini, kita akan membahas sejumlah asuransi kesehatan tambahan (rider) yang ditawarkan oleh Prudential Indonesia. Pada umumnya, perbedaan satu produk asuransi kesehatan dan produk lainnya terletak pada manfaatnya. Yuk, kita simak bersama!

PRUPrime

Pada dasarnya, Prudential memiliki empat produk asuransi tambahan dengan nama PRUPrime, yaitu:

  • PRUPrime Healthcare Plus.
  • PRUPrime Healthcare Plus Syariah.
  • PRUPrime Healthcare. 
  • PRUPrime Healthcare Syariah. 

PRUPrime adalah produk asuransi rider yang memberikan proteksi kesehatan dengan pembayaran manfaat sesuai tagihan tertentu di rumah sakit yang ditetapkan di tabel manfaat. 

Situs resmi Prudential Indonesia menyebutkan produk-produk PRUPrime menawarkan “fleksibilitas pada pilihan perlindungan kesehatan”. Ini dia perbedaan manfaat-manfaatnya!

1. PRUPrime Healthcare Plus

Manfaat yang didapatkan dari polis asuransi ini meliputi fleksibilitas dalam menentukan cakupan wilayah pertanggungan, tipe kamar dengan harga kamar terendah dengan dua tempat tidur atau satu tempat tidur dengan kamar mandi  dalam dan batas harga kamar sesuai plan.

Selain itu, manfaat-manfaat lainnya meliputi beberapa hal di bawah ini.

  • Pilihan cakupan wilayah pertanggungan yang lebih luas, dari wilayah Indonesia sampai seluruh dunia (termasuk Amerika Serikat).
  • Fleksibilitas dalam menentukan masa perlindungan (sampai tertanggung berusia 55, 65, 75, 85, atau 99 tahun).
  • Terdapat PRUPrime Limit Booster yang dapat menambah batas manfaat tahunan asuransi tambahan PRUPrime Healthcare Plus menjadi hingga Rp65 miliar sesuai plan yang dipilih.
  • Pembayaran rawat jalan sesuai tagihan untuk perawatan kanker dan cuci darah tanpa atau dengan rawat inap sebelumnya.
  • Manfaat untuk perawatan 30 hari sebelum dan 90 hari sesudah tindakan bedah rawat jalan.
  • Kunjungan dokter umum dan dokter spesialis (serta subspesialis) per jenis spesialisasi masing-masing hingga dua kali per hari.
  • Pembayaran manfaat untuk perawatan di luar wilayah pertanggungan dengan persentase tertentu mengacu ketentuan pada polis.
  • Batas manfaat tahunan Rp65 miliar untuk Plan Diamond dengan batas manfaat tahunan Rp15 miliar ditambah PRUPrime Limit Booster Rp50 miliar.

2. PRUPrime Healthcare Plus Syariah

Menurut Prudential, produk ini adalah produk asuransi tambahan berbasis syariah sesuai dengan prinsip-prinsip universal asuransi jiwa syariah, yaitu saling berbagi risiko dan saling membantu. Pada umumnya, manfaat PRUPrime Healthcare Plus Syariah sama dengan PRUPrime Healthcare Plus.

Salah satu manfaat yang membedakan antara produk PRUPrime Healthcare Plus Syariah dan produk konvensional adalah produk ini memiliki santunan Dana Marhamah yang akan dibayarkan apabila peserta yang diasuransikan meninggal yang akan menambahkan santunan asuransi dasar.

3. PRUprime Healthcare

PRUprime healthcare adalah produk yang menawarkan manfaat pembayaran biaya rawat inap, rawat jalan, tindakan bedah, dan manfaat lainnya. Tersedia enam pilihan santunan (plan) yang dapat diambil dengan menyesuaikan besarnya kebutuhan perlindungan kita.

PRUprime Healthcare memberikan perlindungan tidak hanya di Indonesia, tapi juga dengan jangkauan internasional sesuai standar pelayanan Prudential Indonesia yang sudah melindungi jutaan nasabahnya. 

Di samping itu, produk ini memiliki fasilitas PRUprime Limit Booster yang menambah batas manfaat tahunan asuransi tambahan PRUprime Healthcare. Terdapat pula PRUprime Saver yang menawarkan perlindungan kesehatan dengan biaya asuransi lebih terjangkau. Berikut ini sejumlah manfaatnya.

  • Pembayaran biaya kamar rumah sakit dan akomodasi hingga maksimum Rp 8 juta/hari (sesuai plan yang dipilih).
  • Manfaat pembayaran biaya kunjungan dokter spesialis dihitung berdasarkan per tipe spesialis.
  • Pembayaran manfaat asuransi kesehatan sesuai tagihan rumah sakit untuk beberapa manfaat pada Tabel Manfaat PRUprime Healthcare sesuai dengan plan yang dipilih.
  • Perlindungan kesehatan dengan biaya asuransi lebih murah dengan memilih fasilitas PRUprime saver.
  • Terdapat manfaat PRUprime Limit Booster yang dapat menambah batas manfaat tahunan hingga Rp35 miliar.
  • Tambahan untuk PRUprime Limit Booster sebesar selisih biaya kamar rawat inap apabila tertanggung menjalani rawat inap di kamar yang lebih rendah dari pilihan plan.
  • No claim bonus atau 10 persen peningkatan batas manfaat tahunan awal asuransi tambahan setiap tahun apabila tidak ada klaim asuransi yang diajukan, maksimal 50 persen dari batas manfaat tahunan awal.
  • Perlindungan yang lebih luas sampai ke seluruh dunia (sesuai plan yang dipilih, kecuali Amerika Serikat).

PRUCritical

Selain PRUPrime, Prudential juga memiliki produk bernama PRUCritical dengan dua produknya yang bernama PRUCritical Hospital Cover Syariah dan PRUCritical Hospital Cover. Sesuai namanya, produk ini adalah asuransi tambahan penyakit kritis.

1. PRUCritical Hospital Cover

PRUcritical hospital cover adalah produk asuransi tambahan yang memberikan perlindungan komprehensif atas perawatan kondisi kritis dari sejak evaluasi medis hingga pemulihan, bahkan hingga di luar negeri. Beberapa manfaat produk ini, antara lain:

  • Perlindungan komprehensif untuk perawatan 12 kondisi gangguan kesehatan kritis, yaitu kanker, gagal ginjal, stroke, serangan jantung, tindakan bedah bypass pembuluh darah jantung, pembedahan katup jantung secara terbuka, pembedahan terbuka pada pembuluh darah aorta, pengangkatan satu paru, pengangkatan satu ginjal, pengangkatan hati, transplantasi organ penting, angioplasti dan penatalaksanaan invasif lain untuk penyakit pembuluh darah jantung, sejak tahap evaluasi medis bahkan hingga pemulihan.
  • Pembayaran manfaat asuransi kesehatan sesuai tagihan rumah sakit/klinik pada sebagian besar manfaat sesuai dengan plan yang dipilih untuk perawatan kondisi kritis yang dilindungi.
  • Perlindungan dengan jaringan yang luas hingga ke seluruh dunia bahkan Amerika Serikat sesuai plan yang dipilih.
  • Kenyamanan atas perawatan di kamar dengan satu atau dua tempat tidur termurah di rumah sakit sesuai dengan tabel manfaat dan plan yang dipilih.
  • Manfaat tahunan hingga Rp15 miliar sesuai dengan plan yang dipilih.
  • Perlindungan untuk pemantauan kesehatan hingga 5 tahun sejak perawatan aktif.
  • Manfaat tahunan hingga Rp15 miliar sesuai plan yang dipilih.

2. PRUCritical Hospital Cover Syariah

Manfaat dari PRUCritical Hospital Cover Syariah ini relatif sama dengan PRUCritical Hospital Cover, namun dengan mendasarkan kepada pemanfaatan premi dan jenis perlindungan sesuai syariah.

PRUhospital&surgical

Wanita operasi

Selain PRUPrime dan PRUCritical, Prudential juga memiliki produk bernama PRUhospital&surgical. Produk ini terbagi ke dalam dua produk yang bernama PRUhospital&surgical Cover Plus dan PRUhospital&surgical Cover Plus Syariah. 

1. PRUhospital&surgical Cover Plus

PRUhospital&surgical cover plus adalah produk asuransi tambahan yang memberikan manfaat penggantian seluruh biaya rawat inap, Intensive Care Unit (ICU), dan tindakan pembedahan sesuai dengan plan yang diambil, selama tertanggung menjalani perawatan di rumah sakit/klinik.

Produk ini memberikan manfaat lain untuk biaya akomodasi bagi pendamping di rumah sakit untuk tertanggung berusia di bawah 15 tahun sesuai dengan ketentuan yang berlaku, fisioterapi, dan santunan kematian akibat kecelakaan. 

Program asuransi kesehatan PRUhospital&surgical Cover Plus memberikan dukungan finansial saat terjadi risiko sakit, sampai usia tertanggung 55 tahun, 65 tahun, atau 75 tahun. Berikut manfaat lain yang bisa didapatkan pemilik polis asuransi ini.

  • Memberikan manfaat kepada pemegang polis apabila memerlukan rawat inap, ICU dan tindakan pembedahan.
  • Memberikan penggantian atas setiap tindakan bedah dengan masing-masing tindakan bedah memiliki batasan pertanggungan sendiri sesuai dengan tindakan pembedahan yang tidak melebihi tabel manfaat asuransi tambahan PRUhospital&surgical Cover Plus.
  • Memberikan manfaat pembayaran biaya-biaya saat menjalani perawatan, seperti biaya kunjungan dokter umum atau spesialis hingga dua kali kunjungan per hari dan biaya perawatan rumah sakit tertentu lainnya.
  • Memberikan manfaat berupa biaya fisioterapi pada saat rawat inap maupun sebelum dan sesudah rawat inap, biaya perawatan sebelum dan sesudah rawat inap, dan biaya penginapan pendamping untuk tertanggung berusia kurang dari 15 tahun.
  • Santunan kematian akibat kecelakaan.
  • Manfaat Rawat Jalan seperti Biaya Rawat Jalan Darurat Untuk Kecelakaan, Biaya Perawatan Kanker, Biaya Perawatan Cuci Darah atau Dialisis.
  • Manfaat rawat inap sampai Rp3 juta per hari.
  • Manfaat per tahun hingga Rp1,2 miliar.

2. PRUhospital&surgical Cover Plus Syariah

Manfaat yang ditawarkan PRUhospital&surgical Cover Plus Syariah relatif sama dengan manfaat PRUhospital&surgical Cover Plus, namun dengan mengikuti ketentuan syariah yang telah disepakati.

PRUmed

Selain yang sudah disebutkan di atas, Prudential juga memiliki produk bernama PRUmed. Terdapat dua produk di dalamnya, yaitu PRUmed Cover dan PRUmed Cover Syariah.

PRUmed menawarkan manfaat tambahan berupa tunjangan harian rawat inap, ICU, dan pembedahan kepada tertanggung utama jika menjalani rawat inap di rumah sakit.

1. PRUmed Cover

Apa saja manfaat yang kita bisa dapatkan dengan menjadi pemegang polis PRUmed Cover?

  • Memberikan tunjangan harian apabila pemegang polis memerlukan perawatan inap di rumah sakit, ICU dan pembedahan.
  • Maksimum manfaat harian sesuai dengan jumlah satuan manfaat yang diambil. Tersedia jumlah satuan manfaat sampai dengan 10 satuan manfaat per jiwa, setara dengan Rp400.000.
  • Memberikan perlindungan sampai usia 55 tahun atau 65 tahun.
  • Memberikan manfaat ganda untuk rawat inap karena kecelakaan di luar negeri. Manfaat yang diberikan sebesar dua kali lipat dari nilai manfaat rawat inap.
  • Uang pertanggungan sebesar dua kali manfaat untuk rawat inap
  • Maksimum manfaat harian sebesar 10 satuan manfaat per jiwa.
  • Maksimum pertanggungan biaya pembedahan sebesar Rp15 juta.

2. PRUmed cover syariah

Manfaat yang ditawarkan PRUmed Cover Syariah relatif sama dengan manfaat PRUmed cover dengan mengedepankan ketentuan syariah.

Nah, demikian penjelasan mengenai produk-produk asuransi tambahan (rider) untuk asuransi kesehatan dari Prudential Indonesia. Semoga penjelasan ini menambah pengetahuan kita yang mau membeli produk asuransi kesehatan Prudential, ya!
Tertarik untuk mencari tahu produk-produk asuransi lainnya yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet pribadi? Temukan jawabannya di Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →