Asuransi Melahirkan Prudential: Ulasan dan Harga Premi

asuransi khusus melahirkan

Asuransi khusus melahirkan adalah produk asuransi yang menanggung biaya persalinan. Salah satu produk asuransi melahirkan yang bisa dijadikan pilihan ada dari Prudential.

Biasanya, manfaat pertanggungan melahirkan merupakan bagian dari asuransi kesehatan dan bersifat rider atau tambahan. Tetapi ada juga yang berupa produk khusus alias stand alone.

Nah, salah satu produk yang sifatnya bukan asuransi tambahan adalah PRUMy Child dari Asuransi Prudential. Berikut ulasannya!

PRUMy Child, asuransi melahirkan dari Prudential 

PRUMy Child adalah produk yang bukan merupakan asuransi tambahan. PRUMy Child merupakan salah satu polis asuransi Prudential.

Biasanya, pada perusahaan asuransi lain, asuransi melahirkan hanya dijadikan sebagai rider atau manfaat tambahan. Tapi, tidak demikian dengan PRUMy Child dari Prudential ini.

Polis asuransi ini memberikan perlindungan jiwa sekaligus investasi untuk anak dalam kandungan. 

Menariknya, polis asuransi ini juga bisa diteruskan ketika anak sudah dilahirkan untuk kebutuhan kesehatan, pendidikan dan finansial.

Jadi fungsinya sangat lengkap ya, atau bisa dibilang perlindungannya komprehensif. Sebab dimulai dari saat masih dalam kandungan sampai sudah dilahirkan dan beranjak besar.

Sebagai catatan penting, untuk memiliki asuransi PRUMy Child ditujukan untuk calon ibu yang mengandung dari umur 18 tahun hingga 40 tahun. Selanjutnya ditujukan untuk calon ibu yang usia kehamilan 20-32 minggu.

Manfaat asuransi melahirkan Prudential PRUMy Child

Ada beberapa manfaat dari asuransi Prudential untuk melahirkan ini. Keenam manfaat ini khususnya ditujukan saat proses melahirkan atau saat membutuhkan fasilitas kesehatan.

Apa saja beberapa manfaat tersebut? Berikut rincian manfaat dari produk asuransi PRUMy Child.

1. Pertanggungan jiwa janin atau calon bayi

PRUMy Child memberikan uang pertanggungan asuransi jiwa atas janin atau calon bayi dan ibu selama masa kehamilan.

2. Benefit komplikasi yang terjadi pada ibu

Komplikasi yang terjadi selama masa kehamilan atau sesudah melahirkan pun turut dikaver. Benefit yang diberikan mulai dari Rp10 juta, Rp20 juta hingga Rp30 juta.

3. Perawatan di Inkubator atau ICU

Kita tidak pernah menduga bila terjadi masalah saat melahirkan dan sang anak membutuhkan perawatan di inkubator atau Intensive Care Unit (ICU) atau High Dependency Unit (HDU). 

Pada produk asuransi khusus melahirkan Prudential diberikan tanggungan biaya mulai dari Rp250 ribu, Rp500 ribu hingga Rp1 juta setiap harinya untuk waktu maksimum selama tiga hari.

4. Manfaat kelainan bawaan

Asuransi khusus kehamilan dan melahirkan Prudential juga akan memberikan pertanggungan bila terjadi kelainan bawaan pada anak. Benefit yang diterima mulai dari Rp50 juta, Rp100 juta hingga Rp150 juta.

5. Pertanggungan jiwa atas anak yang meninggal dunia atau cacat

Manfaat lain dari asuransi PRUMy Child adalah pertanggungan jiwa atas anak jika meninggal dunia atau menderita cacat total dan tetap setelah kelahiran. 

Pemegang polis akan menerima uang pertanggungan dari PRUMy Child hingga anak berusia 99 tahun untuk meninggal dunia atau sampai dengan anak berusia 70 tahun untuk cacat total dan tetap.

Selain manfaat yang telah dipaparkan di atas, PRUMy Child ini juga dilengkapi dengan manfaat tambahan lain. 

Ada 17 asuransi tambahan atau asuransi rider yang bisa digabungkan dengan polis asuransi melahirkan ini.

Premi asuransi melahirkan Prudential

Sudah memahami tentang produk asuransi melahirkan Prudential, pertanyaan selanjutnya adalah berapa premi polis PRUMy Child? 

Nah untuk produk premi polis PRUMy Child, biaya asuransi Prudential ini mulai dari Rp400.000 setiap bulan, di luar dari asuransi tambahan ya.

Kalau menambahkan manfaat tambahan atau rider, bisa saja harga preminya jadi berbeda tergantung rider yang dipilih.

Prudential juga menerapkan syarat khusus bila preminya di bawah yang ditetapkan yakni kewajiban untuk memilih PRUsaver. Mata uang yang dibayarkan untuk premi ini adalah rupiah.

Cara daftar asuransi kesehatan Prudential

Ingin membeli polis asuransi kesehatan atau kehamilan dari Prudential? Simak dulu beberapa panduan cara daftarnya sebagai berikut. 

1. Hubungi agen asuransi Prudential

Pertama-tama, coba cari tahu mengenai kontak agen asuransi Prudential. Agen asuransi akan membantu kamu agar bisa menentukan pilihan produk dengan lebih mudah sesuai kebutuhan.

Kalau kamu memang membutuhkan asuransi yang mengcover biaya persalinan, sampaikan dengan jelas kepada pihak agen asuransi. 

Dengan begitu, agen bisa merekomendasikan PRUMy Child kepadamu dan memberikan arahan mengenai cara daftarnya. 

2. Mengisi formulir SPAK

SPAK adalah singkatan dari Surat Permintaan Asuransi Kesehatan. Surat ini akan diberikan ketika kamu sudah menerima gambaran ilustrasi asuransi dan akan mendaftar. 

Dalam surat ini, kamu harus mengisi informasi data diri selengkap-lengkapnya. Kamu juga akan diminta untuk melampirkan beberapa dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

Contohnya seperti dokumen data diri serta bukti medical check up. Hal ini dilakukan agar pihak perusahaan asuransi bisa lebih mudah menentukan besaran premi yang perlu kamu bayarkan.

3. Seleksi oleh underwriter

Underwriter adalah pihak yang melakukan analisa terhadap pengajuan calon nasabah asuransi. Pengajuanmu akan melalui proses underwriting terlebih dahulu. Selama proses ini, kamu hanya perlu menunggu pengajuan disetujui.

Hasil seleksi dari proses underwriting akan menghasilkan beberapa pilihan. Kemungkinan, pengajuan pendaftaranmu akan disetujui atau justru ditolak. 

Atau, bisa juga pengajuan disetujui oleh pihak perusahaan asuransi, namun dengan syarat perlu ada biaya premi tambahan.

Pentingnya memiliki asuransi khusus melahirkan 

Dengan memiliki asuransi untuk melahirkan melengkapi kebahagiaan keluarga dan tenang karena ketahanan finansial terjaga. Berikut alasan mengapa penting memiliki produk ini:

Menekan angka kematian ibu dan anak 

Lewat asuransi, kepastian mendapatkan fasilitas kesehatan yang memadai saat proses melahirkan tanpa harus terkendala soal biaya.

Kesehatan ibu dan anak secara jasmani dan rohani terjaga

Ketenangan dan kebahagiaan akan terasa tanpa beban finansial. Ibu bisa memberikan ASI dengan baik tanpa harus terganggu dengan kemungkinan masalah finansial. 

Selain itu, anak juga bisa mendapatkan kasih sayang dan perhatian besar dari orang tuanya.

Meringankan urusan  

Saat melahirkan, fokus orang tua adalah keselamatan anak dan ibu tetap terjaga. Urusan lain terutama tentang biaya pun sudah teratasi dengan adanya asuransi jadi meringankan urusan yang harus ditangani.

Pemilik polis asuransi tidak perlu harus bolak balik ke administrasi rumah sakit untuk mengurus tagihan karena langsung ditanggung oleh asuransi.

Bandingkan dengan asuransi khusus melahirkan lainnya

Demikian informasi tentang asuransi untuk melahirkan. Saat ini sebagai informasi tambahan, belum ada produk asuransi yang dikhususkan hanya untuk melahirkan selain Prudential. 

Artinya, perusahaan asuransi lain sifatnya hanya menanggung biaya  melahirkan normal.

Dapatkan referensi kepada berbagai produk asuransi persalinan terbaik hanya di Lifepal. Contohnya seperti asuransi melahirkan Allianz. Daftarkan dirimu dan konsultasikan kebutuhan asuransimu dengan pakarnya secara gratis.

Semoga bisa membantu memahami perbedaan antara asuransi khusus melahirkan dengan asuransi yang sifatnya tambahan. 

Pertanyaan seputar asuransi khusus melahirkan

Prudential adalah salah satu perusahaan asuransi yang menyediakan polis asuransi melahirkan yang bukan bersifat sebagai rider atau tambahan. Asuransi melahirkan Prudential diberi nama PRUMy Child. Biaya premi asuransi melahirkan Prudential ini dimulai dari Rp400 ribu setiap bulannya, di luar asuransi tambahan.
Asuransi melahirkan adalah produk asuransi yang meng-cover biaya persalinan. Biasanya manfaat ini merupakan bagian dari asuransi kesehatan tetapi juga ada produk khusus alias stand alone.
Dapatkan Promo