4 Produk Asuransi Manulife dan Sejarahnya di Indonesia

Produk asuransi Manulife

Di Indonesia kamu tentu pernah menjumpai berbagai macam asuransi asing yang telah memasuki pasar asuransi dengan penawaran produk yang selalu menarik perhatian. Dari banyaknya perusahaan asuransi yang ada di Indonesia, pasti kamu sudah tahu tentang produk asuransi Manulife, bukan?

Manulife atau The Manufacturers Life Insurance Company adalah salah satu perusahaan asuransi asing yang memiliki markas besar di Toronto, Kanada.

Perusahaan asuransi yang sudah berdiri sejak tahun 1887 ini mempunyai perjalanan panjang sampai pada akhirnya mereka mampu melebarkan sayapnya di Tanah Air.

Seperti apakah rekam jejak produk asuransi Manulife hingga mereka mampu menempati peringkat 20 besar di jajaran perusahaan asuransi di dunia?

Sejarah berdirinya asuransi Manulife

Sir John A. MacDonald mendirikan perusahaan asuransi Manulife pada saat menjabat menjadi Perdana Menteri Pertama di Kanada. Saat itu ia menjadi Presiden Direktur di perusahaan tersebut.

Tujuan utama berdirinya perusahaan tersebut adalah keinginan sang Perdana Menteri untuk menjadikan Kanada sebagai negara manufaktur dan bukan hanya penyedia suplai semata.

Pada 1961, produk asuransi Manulife telah mencapai total aset penjualan asuransi sebesar US$ 1 triliun. Hampir satu abad kemudian, perusahaan tersebut dipegang pertama kali oleh seorang perempuan, yaitu Dr. Gail Cook-Bennett.

Sebagai negara yang berbicara dwibahasa, yaitu bahasa Inggris dan Prancis, nama perusahaan asuransi Manulife akhirnya memiliki nama perusahaan resmi dalam bahasa Prancis yang disahkan tahun 1963. Nama resmi tersebut adalah La Compagnie d’Assurance-Vie Manufacturers.

Produk asuransi Manulife di pasar Asia

Di sektor pasar asuransi Asia, perusahaan Manulife awalnya berekspansi ke Singapura. Di sana Manulife mengambil alih perusahaan bernama Singapore PTE Limited yang kemudian diganti nama menjadi UOB Manulife Singapore.

Manulife pun melanjutkan aktivitas tersebut di negeri Tiongkok, tepatnya di Shanghai. Di sana Manulife dikenal sebagai Manulife-Sinochem.

Potensi ekonomi yang terus meningkat di kawasan Asia Tenggara kerap menjadi sasaran empuk bagi Manulife untuk melebarkan sayap bisnis mereka.

Pada 1999, Vietnam menjadi incaran Manulife dengan mendirikan kantor cabang dengan saham yang dipegang secara penuh oleh mereka. Perusahaan yang awalnya bernama Chinfon–Manulife Insurance Company berganti menjadi Manulife Limited.

Pada saat Manulife telah memasuki kejayaan di Asia Tenggara, Manulife juga menjadi perusahaan asuransi pertama di Kanada yang melakukan peluncuran Manulife Bank of Canada. Peresmian ini dilakukan tahun 1993.

Memasuki abad ke-21, Manulife mulai berakuisisi dengan John Hancock di pasar Internasional dan menggabungkan dua brand sebagai logo terbaru yang dipakai hingga saat ini.

Lalu, bagaimana dengan pasar asuransi Manulife di Indonesia?

Pada akhirnya, perusahaan Manulife mulai merambah pasar asuransi nasional tahun 1985. Apa saja perjalanan yang mereka lalui hingga berkembang saat ini?

Jajaki Indonesia lewat perusahaan asuransi nasional

Perusahaan asuransi Manulife mulai menjajaki pasar asuransi di Indonesia dengan nama PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia.

Pada awalnya perusahaan asuransi ini mengambil alih seluruh saham perusahaan dengan Dharmala Group dan Korporasi Keuangan Internasional yang tergabung menjadi PT Asuransi Jiwa Dharmala Manulife.

Seiring perkembangan asuransi Manulife selama bertahun-tahun, perusahaan asuransi ini telah melakukan kerja sama regional dengan DBS Bank Ltd. yang bermarkas di Singapura. Kerja sama ini diperluas 15 tahun kemudian yang meliputi Singapura, Hong Kong, dan Indonesia.

Dengan usia perusahaan yang cukup lama, perusahaan asuransi Manulife telah memiliki kantor pemasaran sebanyak 25 kota dan telah mempekerjakan karyawan sebanyak 11.000 orang.

Saat ini apa saja produk-produk asuransi Manulife di Indonesia?

Rangkaian produk asuransi Manulife di Indonesia

Selama perusahaan Manulife berkembang di Indonesia, mereka telah memberikan berbagai macam penawaran yang menarik untuk para calon nasabah.

Produk-produk asuransi Manulife yang ditawarkan sebagian besar terdiri dari asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan kesehatan, layanan investasi, dan dana pensiun yang ditujukan kepada seluruh masyarakat serta wirausahawan di Indonesia.a

Hingga saat ini, ada lima macam produk asuransi Manulife yang perlu kamu tahu, yaitu:

  • Produk asuransi Manulife individu
  • Produk asuransi Manulife kumpulan
  • Program Pensiun Individu
  • Produk Manulife syariah

1. Produk asuransi Manulife individu

Ada banyak sekali jenis produk asuransi individu dari Manulife. Produk tersebut dibedakan berdasarkan kebutuhan dari setiap nasabah, baik asuransi jiwa maupun asuransi kesehatan.

Produk tersebut dimulai dari perlindungan pendidikan anak, jaminan hari tua, asuransi Manulife kesehatan yang berikan perlindungan perawatan di rumah sakit, dan sebagainya

Selain itu, kamu juga dapat membayar premi asuransi baik dalam rupiah maupun dolar. Tidak ada pula jenis umur yang dibedakan mulai dari 1 bulan hingga 99 tahun. Ada 12 macam produk individu yang terdiri dari:

  • Manulife Education Protector
    Asuransi pendidikan untuk anak yang memberikan manfaat dana pendidikan terjadwal hingga 170 persen yang diberikan sesuai dengan usia masuk sekolah. Pembayaran premi bisa dilakukan selama 5-10 tahun.
  • MiUltimate HealthCare
    Asuransi kesehatan dasar ini akan memberikan manfaat berupa penggantian biaya rawat jalan, rawat gigi, dan persalinan serta ganti rugi biaya rawat inap di rumah sakit rekanan. Berikut ini rinciannya.
    1. Perlindungan kesehatan hingga tertanggung  berusia 80 tahun atau hingga tanggungan anak berusia 25 tahun.
    2. Manfaat biaya kamar rawat inap tiga kali lipat dari plan yang dipilih jika dirawat di luar Indonesia atau Malaysia (kecuali Amerika Serikat).
    3. Santunan pengobatan untuk penyakit HIV/AIDS.
    4. Pembayaran ganti rugi sesuai tagihan kesehatan dengan limit tahunan (tergantung plan yang dipilih).
    5. Manfaat berupa limit tambahan bila tertanggung menderita penyakit kritis, serangan jantung, kanker, gagal ginjal, atau transplantasi organ.
    6. Manfaat tambahan untuk pembedahan rekonstruksi karena mastektomi atau kecelakaan, pengobatan tradisional, dan perawatan fisioterapi dan chiropractic.
  • MiUltimate Critical Care
    Asuransi kesehatan untuk penyakit kritis yang memberikan manfaat akhir masa pertanggungan dan meninggal dunia sebesar 160 persen total premi yang dibayarkan (selain premi tambahan), angioplasti sebesar 25 persen UP atau maksimal Rp 200 juta, serta perlindungan untuk penyakit kritis tahap akhir sebesar 100 persen UP plus 100 persen total premi yang sudah dibayarkan.
  • ProActive Plus
    Asuransi jiwa berjangka yang memberikan manfaat berupa 100 persen UP jika tertanggung meninggal dunia dalam masa pertanggungan.
  • ProLife Plus
    Asuransi jiwa seumur hidup yang memiliki jangka waktu hingga 99 tahun. Asuransi ini akan memberikan 100 persen Uang Pertanggungan plus Nilai Pertanggungan Tambahan (jika ada), kalau tertanggung tutup usia sebelum 99 tahun.
  • ProLiving Absolute
    Asuransi jiwa seumur hidup yang memberikan proteksi kematian dan cacat total tetap hingga tertanggung berusia 99 tahun.
  • Term Saving Protection
    Asuransi jiwa berjangka yang memberikan manfaat meninggal (100% UP) dan meninggal karena kecelakaan (200 persen UP), serta manfaat akhir kontrak (100% pengembalian premi).
  • Manulife Prime Assurance
    Asuransi jiwa seumur hidup yang dilengkapi dengan perlindungan jiwa, kesehatan, dan penyakit kritis bagi keluarga tertanggung.
  • Manulife Lifestyle Protector
    Produk asuransi ini menawarkan manfaat akhir perlindungan dan manfaat cacat total tetap atau meninggal dengan pilihan program dan investasi yang beragam.
  • Manulife Value Protector Absolute
    Produk ini akan memberikan proteksi jiwa seumur hidup (hingga 99 tahun) sekaligus kesempatan untuk berinvestasi.
  • Manulife Investment Protector
    Produk ini akan mengalokasikan 100 persen total premi untuk investasi dan memiliki manfaat asuransi tambahan berupa perlindungan 56 penyakit kritis, kecelakaan, dan/atau jiwa.
  • Miwealth Assurance
    Produk ini cocok bagi kamu yang ingin mendapatkan proteksi investasi. Mulai tahun pertama, 100% pembayaran premi akan dialokasikan untuk investasi.

Terdapat pula pilihan asuransi tambahan dari Manulife yang dapat kamu pertimbangkan ketika mulai membeli produk asuransi tersebut. Ada enam macam asuransi yang terdiri dari:

  • Payor Benefit
  • Accidental Death and Disability Benefit (ADDB)
  • Advanced Life Protector
  • Manulife Crisis Cover
  • Yearly Renewable Term
  • Manulife Crisis Cover Ultimate

2. Produk asuransi Manulife kumpulan

Demi melindungi kesejahteraan karyawan, asuransi Manulife memiliki tiga macam perlindungan khusus yang disediakan untuk perusahaan yang ingin terhindar dari risiko kerja.

Selain berfungsi sebagai santunan dari risiko kesehatan, produk asuransi ini juga membantu dalam investasi berjangka, program pesangon, serta perlindungan optimal, melalui asuransi mikro (asuransi rawat jalan, asuransi gigi, asuransi kacamata, dan sebagainya).

  • Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)
  • Group Saving
  • Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan Kumpulan (Group Life and Health)

3. Program pensiun individu

Asuransi Manulife memiliki produk khusus yang bernama MiGolden Retirement. Produk ini sangat fleksibel untuk kamu akses.

Selain dapat memilih sendiri jenis investasi sebagai tabungan dan jenis pembayaran premi, kamu juga akan mendapatkan empat manfaat khusus.

Manfaat tersebut terdiri dari Manfaat Masa Pensiun Normal, Masa Pensiun Dipercepat, Masa Pensiun Cacat, dan Masa Pensiun Meninggal.

Ada pula produk MiFuture Income Protector yang akan memberikan 6 manfaat berupa: 

  1. Manfaat pembayaran tunai usia mapan (100 persen dana mapan)
  2. Manfaat meninggal dunia akibat kecelakaan (100 persen dana mapan)
  3. Manfaat pembayaran tunai tahunan (total 400 persen dana mapan akan dibayarkan setiap tahun selama 20 tahun setelah tertanggung mencapai usia mapan)
  4. Manfaat pembebasan premi jika tertanggung meninggal dunia selama masa pembayaran premi (hanya berlaku untuk premi reguler)
  5. Manfaat meninggal dunia (100 persen dana mapan)
  6. Manfaat akhir masa pertanggungan berupa 200 persen dana mapan dikurangi dengan manfaat meninggal dunia yang sudah diberikan (jika ada)

4. Produk asuransi Manulife syariah

Sesuai dengan aturan Dewan Pengawas Syariah (DPS), segala bentuk proses keuangan diawasi langsung oleh organisasi berbasis syariah yang bersangkutan.

Fungsi mereka adalah memastikan bahwa Dana Tabarru’ yang mereka kumpulkan bekerja secara adil dan transparan.

Untuk itulah asuransi Manulife Syariah memiliki Berkah SaveLink yang memiliki manfaat mulai dari santunan meninggal sebesar 100 persen hingga perlindungan terhadap 50 macam risiko penyakit kritis.

Masing-masing produk dibedakan berdasarkan kebutuhan calon nasabah asuransi Manulife supaya memudahkan mereka. Termasuk untuk menabung dalam jangka panjang.

Selain berinovasi dengan produk asuransi, Manulife juga turut bekerjasama dengan mitra-mitra perusahaan yang berkembang di Indonesia. Hal tersebut terus berlanjut sampai sekarang, seperti rumah sakit, bank, media cetak dan online, dan sebagainya.

Jika kamu sudah tertarik untuk membeli asuransi di Manulife, apa saja manfaat yang akan didapat? Tentu saja banyak!

Salah satu manfaat yang didapat adalah Manulife Value Protector Absolute yang akan memberikan manfaat berupa dana tunjangan pensiun hingga berusia 99 tahun.

Bagaimana menurut kamu? Sudahkah kamu tertarik dengan asuransi Manulife?

Coba perhatikan lagi dan bandingkan antara produk dan premi asuransi Manulife. Kemudian kamu bisa diskusikan dengan keluarga.

Oh ya, kamu juga bisa bertanya pada kerabat atau membaca testimoni nasabah mengenai apakah asuransi Manulife mengecewakan atau tidak.

Sebagai referensi tambahan yang bermanfaat, mari kita cari tahu ulasan mengenai profil perusahaan dan produk-produk unggulan dari Asuransi Manulife selengkapnya di Lifepal!