Asuransi Properti Terbaik di Indonesia 2020 [Tips Memilihnya]

Asuransi properti

Asuransi properti terbaik adalah ketika perusahaan mampu menjadi solusi finansial ideal bagi nasabahnya ketika terjadi kerugian. Asuransi properti di Indonesia sendiri terbagi menjadi dua, yaitu asuransi rumah dan asuransi bisnis. Perbedaannya sederhana, yaitu asuransi rumah untuk hunian atau rumah tinggal dan asuransi bisnis propertinya digunakan untuk menjalankan usaha. 

Cara kerja asuransi properti lebih rumit dan berbeda dibandingkan asuransi lainnya. Karena itu, sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih polis terbaiknya. Biar gak salah pilih simak ulasan lengkap berikut!

  • Asuransi Rumah: Mengikuti Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI). Jenis properti yang dapat diasuransikan adalah hunian atau tempat tinggi. Bahkan menurut Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1988 tentang Rumah Susun, unit apartemen atau rumah susun wajib diasuransikan. Selain itu, termasuk juga rumah yang dibeli lewat Kredit Pemilikan Rumah.
  • Asuransi Bisnis: Melindungi properti yang tercakup dalam suatu bisnis. Contohnya, gudang, pabrik, toko, mal, dan kantor. Paket jaminan yang ditawarkan biasanya berupa property all risk untuk properti non industri, seperti kantor, rumah sakit, dan sekolah. Kalau untuk properti industri seperti pabrik, gudang, dan mal – pakainya Industrial All Risk.

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1988 tentang Rumah Susun, unit apartemen atau rumah susun wajib diasuransikan. Selain itu, termasuk juga rumah yang dibeli lewat Kredit Pemilikan Rumah.

Selain itu asuransi ini juga memberikan jaminan ganti rugi atas risiko yang terjadi pada harta benda dan atau kepentingan yang dipertanggungkan, mulai dari kerusakan akibat bencana hingga kesalahan manusia.

 7 Rekomendasi Asuransi Properti Terbaik di Indonesia

Dalam memilih asuransi properti terbaik sebenarnya tergantung dengan kebutuhan dan anggaran kamu. Misalnya, bisa saja asuransi A baik untuk nasabah profil B tapi kurang sesuai dengan profil nasabah C. Begitupun sebaliknya. 

Jadi, kuncinya adalah kenali kebutuhanmu terlebih dahulu barulah dapat membandingkan rekomendasi asuransi properti terbaik berikut ini: 

1. Asuransi Properti ACA

Perusahaan asuransi ACA menghadirkan dua pilihan polis asuransi properti yang dapat disesuaikan dengan profil nasabah. Pertama yaitu ACA Rumah Idaman yang menanggung jenis properti rumah tinggal. Untuk manfaat asuransi ACA sangat lengkap, mulai dari mengikuti PSAKI,  tanggung jawab hukum pihak ketiga, hingga kerugian harta benda di dalam rumah. 

Pilihan lainya adalah ACA Asuransi Semua Risiko Properti/Industri yang menanggung jenis properti kantor pabrik, dan gedung perkantoran. 

2. Asuransi Properti Allianz 

Salah satu polis asuransi terbaik yang dihadirkan oleh Allianz adalah Rumahku Plus. Manfaat yang diberikan adalah ganti rugi kerusakan aset bangunan hingga Rp20 miliar. Tentu saja nilai tersebut terbilang sangat tinggi dibandingkan polis dari perusahaan lainnya. Selain itu, Allianz juga akan memberikan biaya akomodasi sementara dan santunan meninggal dunia. 

Hanya saja jenis properti yang dapat diasuransikan dalam polis Allianz ini adalah rumah yang tidak lebih dari tiga lantai. Jadi, untuk jenis properti seperti ruko empat lantai tidak bisa mendaftarkannya dalam Rumahku Plus.

3. Asuransi Properti Adira

Asuransi properti yang dihadirkan Adira adalah Adita Tempat Usaha. Sesuai dengan namanya, polis dari Adira ini dikhususkan untuk melindungi tempat usaha kecil dan menengah (UKM). Nah, yang membuat polis ini unggul adalah tidak hanya berfokus pada risiko kerugian pada properti banunan saja. 

Adita Tempat Usaha juga memberikan santunan meninggal dunia atau cacat tetap akibat kecelakaan diri, serta pertanggungan biaya pengobatan akibat kebakaran. 

4. Asuransi Properti Sinar Mas

Selain unggul dengan produk asuransi kesehatannya, asuransi Sinar Mas juga memberikan pilihan manfaat asuransi properti yang sangat menarik. Adapun polis asuransi properti terbaik yang dihadirkan Sinar Mas mencakup Simas Ruko sudah jelas ditujukan untuk jenis properti ruko dengan manfaat ganti rugi atas risiko PSAKI. Polis ini juga menanggung harta benda di dalam bangunan yang diasuransikan. 

Sementara Simas Rumah Hemat++ ditujukan untuk aset hunian. Manfaatnya serupa, yaitu ganti rugi atas risiko PSAKI, harta benda di dalamnya, tanggung jawab hukum pihak ketiga, santunan meninggal dunia atau cacat tetap, hingga pertanggungan biaya pengobatan akibat kecelakaan. 

5. Asuransi Properti BRINS

Asuransi properti BRI Insurance dikenal juga dengan nama ASRI. Terdapat tiga pilihan plan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu Silver, Gold, dan Premium. Ketiganya memiliki besaran premi dan uang pertanggungan yang berbeda. 

Untuk manfaat asuransi yang diberikan BRI Insurance mencakup ganti rugi atas risiko PSAKI, tanggung jawab hukum pihak ketiga, santunan meninggal dunia, dan pertanggungan santunan rawat inap.

6. Asuransi Properti Avrist

Rekomendasi asuransi properti terbaik selanjutnya adalah dari Avrist melalui polis Property All Risk. Keunggulan polis Avrist Property All Risk adalah menanggung segala jenis properti, mulai dari rumah, kantor, pabrik, hingga tempat usaha. 

Hanya saja manfaat asuransi yang diberikan Avrist cukup standar, yaitu ganti rugi atas risiko kerugian mengikuti standar PSAKI. 

7. Asuransi Properti AIG

Pilihan lainnya adalah dari perusahaan asuransi AIG melalui polis AIG Property All Risk. Polis dari AIG ini dikhususkan untuk perusahaan yang bergerak di bidang medis, manufaktur, ritel, institusi pendidikan tinggi, dan properti komersial. Jadi sangat cocok untuk nasabah yang memiliki proyek besar. 

Manfaat yang diberikan juga terbilang paling tinggi dibandingkan polis-polis lainnya, laut hingga USD1,5 miliar. Adapun risiko yang ditanggung mencakup kebakaran, banjir, badai, gempa bumi, dan interupsi bisnis. 

Tips Memilih Asuransi Properti Terbaik

Banyak calon nasabah yang kesulitan memilih asuransi properti yang sesuai, sebab masih belum umum dibahas banyak orang. Cara kerjanya pun juga lebih rumit ketimbang asuransi kesehatan dan jiwa. Namun jangan khawatir, yuk simak tips memilih asuransi properti terbaik berikut ini:

1. Perhitungan kebutuhan uang pertanggungan

Cari tahu berapa nilai properti yang kamu miliki, hingga harta benda di dalamnya. Dengan begitu kamu bisa perkirakan berapa uang pertanggungan yang dibutuhkan jika terjadi kerugian total pada properti yang diasuransikan. Selain itu, cari tahu juga risiko apa yang umum terjadi di sekitar propertimu. Misal, jika di area rawan banjir maka pilih asuransi yang menanggung risiko tersebut. 

2. Ketahui kesehatan keuangan perusahaan

Hal ini juga sering terlupakan. Untuk menghindari risiko perusahaan yang dipilih gagal bayar, cari tahu kesehatan keuangan perusahaan asuransi yang dipilih. Caranya mudah, cek laporan tahunan perusahaan yang ada di situs resmi mereka. Kemudian lihat apakah sudah memenuhi standarisasi POJK. Cara mudahnya kamu juga bisa lihat review laporan keuangan perusahaan asuransi yang dipilih di Lifepal. 

3. Cari tahu reputasi perusahaan

Setelah mengetahui kesehatan keuangan perusahaan, selanjutnya cari tahu reputasi perusahaan dengan baik. Apakah pernah tersandung kasus hukum dan lain sebagainya. Namun, pastikan sumber informasi yang kamu dapatkan kredibel ya. 

4. Bandingkan dengan polis dari perusahaan lainnya

Sebelum memutuskan memilih salah satu polis asuransi properti, sebaiknya bandingkan manfaat dan besaran premi dari setidaknya lima polis perusahaan asuransi lainnya. Ini bisa mudah kamu lakukan secara online dengan memanfaatkan marketplace asuransi seperti Lifepal.co.id. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan polis yang benar-benar sesuai kebutuhan dan anggaran. 

5. Konsultasikan kepada ahli asuransi

Jika masih bingung dengan pilihan asuransi properti seperti apa yang dibutuhkan dan masuk anggaran, coba pertimbangkan untuk melakukan konsultasi dengan ahli asuransi. Kamu bisa memanfaatkan layanan konsultasi asuransi gratis dari Lifepal! 

Pertanyaan Lainnya Terkait Asuransi Properti

Sama halnya dengan asuransi lainnya, nasabah diharuskan untuk bayar iuran premi kemudian mengajukan klaim jika terjadi kerugian baru manfaat asuransi akan diberikan.

  • Segera melaporkan klaim asuransi kepada pihak perusahaan yang berkaitan (baik broker atau agen)
  • Serahkan dokumen yang diminta
  • Perusahaan akan meneliti kebenaran klaim apakah sesuai dengan polis yang disepakati bersama
  • Jika jumlah klaim besar, pihak perusahaan akan menunjuk loss adjuster untuk melakukan analisa klaim lebih dalam
  • Jika klaim diterima makan ganti rugi akan diberikan kepada nasabah
Premi asuransi properti dipengaruhi beberapa faktor, seperti lokasi dan penggunaan bangunan. Misalnya, untuk rumah tinggal, akan dilihat berapa banyak penghuni yang tinggal di dalamnya dan rekam jejak lokasi rumah, seperti catatan soal banjir, tingkat tindak kriminal pencurian, dan lain-lain?

Itu tadi beberapa informasi terkait pilihan asuransi properti terbaik di Indonesia. Kesimpulannya, dalam memilih asuransi properti sebaiknya ketahui terlebih dahulu kebutuhan dan anggaran kamu. Barulah disesuaikan dengan pilihan rekomendasi asuransi yang ada. Semoga membantu ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →