Asuransi Raksa Pratikara, Ini Ragam Produk dan Keunggulannya

asuransi raksa pratikara

Asuransi Raksa Pratikara adalah salah satu perusahaan asuransi asal Indonesia yang sudah berusia 45 tahun.

Asuransi Raksa Pratikara atau dikenal pula dengan sebutan Raksa Online merupakan adalah perseroan dalam usaha asuransi umum, yaitu usaha jasa pertanggungan risiko yang memberikan penggantian kepada tertanggung atau pemegang polis, karena kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita tertanggung karena peristiwa tidak pasti.

Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar di OJK dan berkantor di Jalan Abdul Muis Jakarta Pusat ini berfokus pada produk asuransi kerugian seperti asuransi kendaraan bermotor, asuransi rumah tinggal, dan asuransi ruko atau tempat usaha seperti restoran.

Mari kita ketahui Asuransi Raksa Pratikara hingga produk unggulannya dalam pembahasan berikut.

Mengenal produk unggulan Asuransi Raksa Pratikara

Bicara soal produk asuransi Raksa Pratikara, ada cukup banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Berikut ini beberapa pilihannya:

  • Asuransi Kendaraan Bermotor (Raksa Autocare Insurance)
  • Asuransi Rumah Tinggal (Raksa Estatecare Insurance)
  • Asuransi Ruko (Raksa Storecare Insurance)
  • Asuransi Restoran dan Cafe (Raksa Resto Care Insurance)
  • Asuransi Kebongkaran (Raksa Becare Insurance)
  • Asuransi Kecelakaan Diri (Raksa Accidentcare Insurance)
  • Asuransi Pengangkutan (Raksa Marine Cargo Insurance)
  • Asuransi Alat Berat (Raksa Heavy Equipment Insurance)
  • Asuransi Kebakaran (Raksa Fire Insurance)
  • Asuransi Gempa Bumi (Raksa Earthquake Insurance)

Asuransi Kendaraan Bermotor (Raksa Autocare Insurance)

Asuransi ini menyediakan proteksi kendaraan mulai dari kendaraan jenis sedan sampai dengan kendaraan besar seperti truk dan bus.

Raksa memiliki dua jenis asuransi kendaraan bermotor yaitu Comprehensive (All Risk) yang menanggung segala risiko yang terjadi pada kendaraan kamu seperti risiko tabrakan, pencurian, kebakaran baik untuk kerugian sebagian maupun kerugian total.

Sementara untuk Total Loss Only hanya memberikan proteksi apabila terjadi pencurian dengan pertanggungan 75 persen dari harga sebenarnya pada saat kendaraan hilang disesuaikan dengan merek, tipe, model serta tahun pembuatan kendaraan.

Tips Lifepal! Mau uang hingga Rp30 juta per bulannya? Cukup menjadi agen asuransi di Lifepal, kamu bisa raih komisi sebanyak-banyaknya plus tambahan uang Rp3 juta tiap bulan.

Asuransi Rumah Tinggal (Raksa Estatecare Insurance)

Produk ini memberikan proteksi terhadap rumah tinggal dan isinya dari berbagai risiko seperti kebakaran, kebongkaran dengan jaminan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Salah satu ketentuan yang perlu kamu ketahui bahwa rumah yang dijamin tidak digunakan sebagai tempat usaha dengan harga total pertanggungan lebih dari Rp500 juta.

Asuransi Ruko (Raksa Storecare Insurance)

Selain memiliki produk untuk memproteksi rumah tinggal, Asuransi Raksa Pratikara juga membedakan produk untuk memproteksi ruko tempat usaha, mal atau pusat perbelanjaan.

Total nilai pertanggungan mencapai lebih dari Rp1,5 miliar dengan objek pertanggungan berupa bangunan, interior di dalamnya, perabotan dan peralatan yang rusak serta stok atau persediaan yang berada di dalam ruko.  

Asuransi Restoran dan Cafe (Raksa Resto Care Insurance)

Secara spesifik asuransi ini memang hanya memberikan proteksi terhadap bangunan yang digunakan sebagai restoran dan kafe.

Bangunan yang akan mendapatkan proteksi bukan hanya bangunan yang berdiri sendiri tetapi juga bangunan yang berada di dalam pusat perbelanjaan, mal, maupun gedung pusat perkantoran.

Uang pertanggungannya mencapai Rp1 miliar termasuk proteksi semua isi yang ada di dalam bangunan dan perabotannya.

Asuransi Kebongkaran (Raksa Becare Insurance)

Produk ini memberikan perlindungan terhadap usaha pencurian rumah yang dilakukan dengan sengaja serta kerusakan yang ditimbulkan.

Keunggulannya sudah termasuk santunan jika terjadi kematian, kehilangan sebagian anggota tubuh atau penglihatan sampai kekerasan yang mengakibatkan cacat total secara permanen.

Asuransi Kecelakaan Diri (Raksa Accidentcare Insurance)

Asuransi kecelakaan diri yang ditawarkan Raksa memberikan jaminan kerugian finansial jika kamu, keluarga, atau karyawanmu mengalami kecelakaan, cacat sebagian atau total sampai dengan santunan kematian yang berlaku di seluruh dunia.

Asuransi Pengangkutan (Raksa Marine Cargo Insurance)

Produk ini memberikan jaminan perlindungan terhadap kerusakan atau kerugian yang diakibatkan oleh beberapa sebab seperti kebakaran, kandas, tenggelam, dan lain-lain.

Institute Cargo Clauses (A), menjamin seluruh kerugian atau kerusakan barang cargo (All Risk).

Institute Cargo Clauses (B), menjamin kerugian yang disebabkan karena bencana alam, barang terjatuh ke laut, barang rusak karena kemasukan air laut, hingga kerugian total barang saat bongkar muat barang.

Institute Cargo Clauses (C), menjamin kerugian yang mengakibatkan kerusakan pada kapal dengan berbagai sebab namun bukan karena bencana alam, tenggelam, pembuangan muatan dengan sengaja demi keselamatan.

Asuransi Alat Berat (Raksa Heavy Equipment Insurance)

Produk ini memberikan proteksi terhadap kerusakan alat berat dengan berbagai sebab. Alat-alat berat yang dapat diasuransikan bermacam-macam seperti Excavator, Dump Truck, dan berbagai alat berat lainnya dengan pilihan jenis pertanggungan All Risk dan TLO.

Asuransi Kebakaran (Raksa Fire Insurance)

Produk ini memberikan proteksi terhadap kerugian yang disebabkan oleh kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat, hingga asap. Obyek perlindungan asuransi kebakaran adalah bangunan, perabotan, perlengkapan atau instalasi, mesin, serta persediaan barang.

Asuransi Gempa Bumi (Raksa Earthquake Insurance)

Asuransi Gempa Bumi adalah asuransi yang memberikan jaminan perlindungan terhadap kerugian seperti kerusakan harta benda.

Layanan plus dari Asuransi Raksa untuk pemegang polis

Perusahaan Asuransi Raksa Pratikara termasuk memiliki perusahaan yang punya inovasi kreatif. Ciri khasnya terletak pada layanan reflexologi dan manicure-pedicure selagi para pemegang polis menunggu kendaraannya diperbaiki.

Kamu juga bisa memilih keanggotaan Raksa Gold Club atau Silver Club. Keanggotaan Raksa Gold Club khusus untuk kendaraan dengan nilai pertanggungan di atas US$70 ribu.

Sementara itu, keanggotan Silver Club khusus untuk kendaraan dengan nilai pertanggungan di bawah US$70 ribu. Pelayanan yang didapatkan seperti:

  • Laporan proses klaim asuransi Raksa
  • Asisten pribadi
  • Ruang yang nyaman
  • Layanan refleksi
  • Makanan ringan dan minuman
  • Layanan manicure dan pedicure
  • Bengkel resmi
  • Layanan pelanggan 24 jam
  • Layanan derek 24 jam
  • Layanan darurat 24 jam

Secara umum, Asuransi Raksa Pratikara memang menonjol lewat asuransi kendaraan bermotor yang punya fasilitas memanjakan para nasabah.

Terlepas dari itu, Asuransi Raksa Pratikara punya beberapa produk asuransi kerugian yang sangat beragam yang bisa memberikan rasa nyaman dan aman untuk kebutuhan kamu.

Dengan keunggulan tersebut, tentu kamu sudah bisa pertimbangkan apakah asuransi Raksa Pratikara ini cocok untuk kamu pribadi dan keluarga.

Sepak terjang dan penghargaan yang diraih Asuransi Raksa Pratikara

Asuransi Raksa Pratikara mendapat penghargaan dari Infobank pada tahun 2016. Saat itu, Raksa Online dinobatkan sebagai salah satu perusahaan asuransi dengan predikat sangat bagus dengan nilai 124.

Asuransi Raksa Pratikara juga termasuk salah satu perusahaan asuransi umum terbaik di Indonesia. Sebagai informasi saja, premi bruto mencapai Rp250 miliar hingga di bawah Rp1 triliun.

Pada tahun 2015 saja di tengah pasar asuransi yang sepi, Raksa mengukir premi bruto senilai Rp702,35 miliar.

Melalui kiprahnya, Asuransi Raksa Pratikara juga dianggap punya prestasi karena mengenalkan asuransi mobil secara digital. Yaitu, lewat raksaonline.com yang dikenal oleh masyarakat.    

Beberapa karyawan perusahaan asuransi ini juga telah mendapatkan sertifikat dari Swiss Re. Mereka juga didukung oleh Munich Re. Keduanya merupakan reasuradur terbesar di dunia. Reasuradur adalah perusahaan mitra asuransi sebagai penanggung.

Reasuransi dan hubungan internasional

Asuransi Raksa Pratikara mendapat dukungan yang kuat dari Munich Re dan Swiss Re, dua reasuradur terbesar di dunia.

Pada tahun 1993, asuransi ini berinisiatif mengusulkan kepada Swiss Re untuk membuat suatu program pelatihan khusus mengenai Manajemen Risiko di Manila. Sejak saat itu, beberapa staf Asuransi Raksa telah lulus dan mendapatkan sertifikat dari Swiss Re.

Asuransi Raksa Pratikara menjadi satu-satunya peserta dari seluruh Asia Pasifik yang mendapat beasiswa Horst K. Jannot dari Munich Re pada tahun 1997, yaitu training selama 3 bulan di Munich, Jerman dan Atlanta, Amerika Serikat. 

Munich Re hanya memberikan beasiswa tersebut kepada 8 orang dari seluruh penjuru dunia di tahun 1997.

Pembukaan fasilitas pendidikan SITC (Swiss Insurance Training Center) Hong Kong pada bulan Mei 2006 untuk kawasan Asia Pasifik merupakan perwujudan dari ide Asuransi Raksa kepada Swiss Re untuk memberikan kontribusi secara langsung terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia yang profesional di bidang industri asuransi.

Reasuradur internasional terkemuka lainnya yang merupakan mitra usaha Asuransi Raksa antara lain adalah:

  • Hannover Re
  • Taiping Re
  • SCOR Re
  • Peak Re

Asuransi Raksa juga didukung oleh Reasuradur lokal seperti:

  1. Reasuransi Indonesia Utama (Persero)
  2. Maskapai Reasuransi Indonesia
  3. Tugu Reasuransi Indonesia

Pelayanan dan perkembangan

Asuransi Raksa Pratikara berkembang secara konsisten sejak berdiri tahun 1975 dengan mengutamakan pelayanan kepada nasabah dan kesinambungan usaha, hal ini dibuktikan dengan pengakuan dari: 

  • Majalah Infobank sebagai Peringkat Pertama Perusahaan Asuransi Umum Indonesia tahun 2012 dalam kategori “Perusahaan Asuransi Umum Berpremi Bruto Rp200 Miliar ke Atas”
  • Majalah Investor yang menempatkan Asuransi Raksa di peringkat ke -2 dalam Asuransi Umum Terbaik beraset di atas Rp500 miliar-Rp1 triliun.

Pelayanan asuransi Raksa mencakupi 19 kantor di seluruh Indonesia dengan didukung penggunaan Teknologi Informasi yang terkini. Komunikasi antar Cabang dilakukan dengan jaringan on line.

Komitmen terhadap mutu pelayanan kepada nasabah dibuktikan dengan upaya Asuransi Raksa  meningkatkan kualitas pelayanan secara berkesinambungan. Pada tahun 2003, Asuransi Raksa  membuka Pelayanan Nasabah dan Derek 24 jam untuk daerah Jabodetabek. 

Sukses dengan pelayanan di Jabodetabek, Asuransi Raksa memperluas area layanan derek dengan membuka Layanan Derek Gratis di kantor cabang Bandung dan Surabaya.

Asuransi Raksa kembali membuktikan komitmen untuk meningkatkan kepuasan nasabah dengan meluncurkan Raksa Gold Club (RGC) pada tahun 2004. Raksa Gold Club (RGC) adalah pelayanan istimewa yang diperuntukkan bagi pemegang polis asuransi kendaraan bermotor dengan harga pertanggungan ditetapkan minimal US$70,000.00.

Pada tahun 2005, asuransi Raksa Pratikara meluncurkan Raksa Emergency Quick Service (REQS) yaitu fasilitas yang diberikan untuk membantu nasabah yang mengalami masalah darurat dalam perjalanan seperti mobil mengalami aki lemah, ban kempes dan lain-lain.

Menyusul peluncuran Raksa Gold Club (RGC), kembali memberikan bukti keseriusan dalam hal peningkatan pelayanan klaim kepada nasabah dengan dibukanya Raksa Silver Club (RSC), sebagai pelengkap Raksa Gold Club. 

Kehadiran RSC memberikan warna baru di dunia asuransi yang membedakan dengan perusahaan asuransi lainnya. Dengan semboyan pelayanan “MUCAK” (Mudah, Cepat, Akrab) seluruh nasabah yang berkunjung ke RSC dapat merasakan kenyamanan dan keramah-tamahan pelayanannya.

Sebagai kelanjutan dari usaha meningkatkan pelayanan yang berkesinambungan, dalam meningkatkan mutu pelayanan klaim perusahaan, maka pada Oktober 2010 Raksa Mobile Club (RMC) diluncurkan dengan moto pelayanan “Klaim??…..Semakin mudah dan dekat”. 

RMC merupakan mobile office dalam bentuk microbus khusus untuk melayani nasabah yang akan melakukan klaim kendaraan bermotor.

Kehadiran RMC akan lebih memberikan kemudahan bagi para nasabah dalam melakukan klaim. Dengan didukung oleh staf-staf yang terlatih, seluruh nasabah yang berkunjung ke RMC dapat merasakan kenyamanan, kecepatan, dan keakraban.

Penanganan klaim yang mudah, cepat, dan akrab mampu memberikan kepuasan kepada nasabah. Komitmen pembayaran klaim yang mudah ini telah dibuktikan dengan tercatatnya pembayaran klaim huru hara Mei 1998 tanpa adanya penundaan dan klaim-klaim lainnya.

Komitmen pelayanan lainnya dibuktikan dengan diraihnya Sertifikat ISO 9002:1994 pada akhir tahun 1998 dan ditingkatkan menjadi ISO 9001:2008 pada bulan Desember 2010.

Asuransi Raksa Pratikara merupakan asuransi rekanan di beberapa bank di Indonesia baik bank pemerintah maupun bank swasta nasional seperti Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Bank Central Asia, Bank CIMB Niaga, Bank Index Selindo, Bank DBS Indonesia dan lain-lain.

Selain bank pemerintah dan swasta nasional, Asuransi Raksa juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa bank asing terkemuka di antaranya adalah Citibank, Standard Chartered Bank, The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited (HSBC), Deutsche Bank, BNP Paribas, China Construction Bank Indonesia dan lain-lain.

Sejalan dengan hal tersebut, Asuransi Raksa juga mengembangkan jaringan kerja sama dengan beberapa perusahaan sewa guna usaha seperti:

  • BCA Finance
  • Orix Indonesia Finance
  • Buana Finance
  • BFI Finance
  • SAN Finance
  • Tifa Finance
  • Mitsui Leasing Capital Indonesia
  • BRI Multifinance Indonesia
  • Dipo Star Finance
  • Oto Multiartha
  • Mizuho Balimor Finance
  • U Finance
  • CIMB Niaga Auto Finance
  • Adira Dinamika Multi Finance
  • Mega Auto Finance
  • Mandiri Tunas Finance
  • Topas Multi Finance
  • SMFL Leasing Indonesia
  • Aditama Finance
  • Verena Multi Finance
  • Itochu Auto Multifinance (IAF)
  • CSUL Finance
  • Hitachi Capital Finance Indonesia
  • Maybank Indonesia Finance
  • Mitsubishi UFJ Lease & Finance Indonesia
  • Indomobil Finance
  • Mitra Pinasthika Mustika (MPM)
  • CAT Finance
  • Batavia Prosperindo Finance
  • Hexa Finance Indonesia
  • Clipan Finance.

Profesionalisme dan pelatihan

Asuransi Raksa Pratikara sangat memperhatikan kemampuan sumber daya manusia dengan memberikan pelatihan internal dan eksternal yang komprehensif bagi seluruh stafnya. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan jasa layanan yang profesional kepada nasabah sekaligus memperkuat posisi Asuransi Raksa dalam industri asuransi di Indonesia.

Pelatihan internal ini telah menghasilkan sejumlah tenaga profesional dalam bidang asuransi. Asuransi Raksa secara teratur mengirimkan stafnya mengikuti ujian yang diselenggarakan Chartered Insurance Institute (CII) yang berbasis di London, Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), dan Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI). 

Perusahaan asuransi ini telah menghasilkan sejumlah lulusan Ajun Ahli Asuransi Indonesia Kerugian (AAAI-K), Ahli Asuransi Indonesia Kerugian (AAI-K) dan Associate of the Chartered Insurance Institute (ACII).

Program pelatihan pembinaan karier tersebut diprakarsai dan dikoordinir oleh Roger Yeh yang juga merupakan salah satu pendiri Asuransi Raksa Pratikara. 

Beliau adalah penyandang gelar pertama di Indonesia untuk Associate of the Chartered Insurance Institute (ACII) tahun 1981 dan Fellow of the Chartered Insurance Institute (FCII) tahun 1986.

Jika masih belum yakin, coba cari tahu profil dan produk-produk unggulan Asuransi dari PT Asuransi Raksa Pratikara selengkapnya di Lifepal.

Nah, buat kamu yang punya pertanyaan lain seputar asuransi Raksa Pratikara atau asuransi lainnya, yuk tanyakan langsung pada ahlinya melalui fitur Tanya Lifepal!

FAQ seputar Asuransi Raksa Pratikara

Apa itu Asuransi Raksa Pratikara?

Asuransi Raksa Pratikara adalah perseroan dalam usaha asuransi umum, yaitu usaha jasa pertanggungan risiko yang memberikan penggantian kepada tertanggung atau pemegang polis, karena kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita tertanggung karena peristiwa tidak pasti.

Apa saja produk Asuransi Raksa Pratikara?

  • Asuransi Kendaraan Bermotor (Raksa Autocare Insurance)
  • Asuransi Rumah Tinggal (Raksa Estatecare Insurance)
  • Asuransi Ruko (Raksa Storecare Insurance)
  • Asuransi Restoran dan Cafe (Raksa Resto Care Insurance)
  • Asuransi Kebongkaran (Raksa Becare Insurance)
  • Asuransi Kecelakaan Diri (Raksa Accidentcare Insurance)
  • Asuransi Pengangkutan (Raksa Marine Cargo Insurance)
  • Asuransi Alat Berat (Raksa Heavy Equipment Insurance)
  • Asuransi Kebakaran (Raksa Fire Insurance)
  • Asuransi Gempa Bumi (Raksa Earthquake Insurance).

Apa keunggulan Asuransi Raksa?

Secara umum, Asuransi Raksa memang menonjol lewat asuransi kendaraan bermotor yang punya fasilitas memanjakan para nasabah.

Terlepas dari itu, Asuransi Raksa punya beberapa produk asuransi kerugian yang sangat beragam yang bisa memberikan rasa nyaman dan aman untuk kebutuhan kamu.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →