Asuransi Reliance – Polis, Keunggulan, dan Cara Klaim

Asuransi Reliance

Asuransi Reliance adalah salah satu perusahaan asuransi umum di Indonesia. Reliance populer dengan produk asuransi mobilnya yang memberikan jaminan atas risiko kerugian kendaraan roda empat.

Sekadar informasi, Reliance memiliki sister company yang bergerak di bidang asuransi jiwa. Perusahaan bernama Reliance Life ini punya fokus bisnis pada perlindungan finansial bagi ahli waris yang ditinggalkan.

Didirikan pada 2002, perusahaan asuransi ini menghadirkan beragam proteksi yang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Berikut produk asuransi yang ditawarkan Reliance baik Reliance Umum maupun Reliance Life.

  1. Asuransi Mobil dari Reliance dikenal dengan nama Reli-Oto. Produk ini memberikan jaminan ganti rugi menyeluruh atau all risk.
  2. Asuransi Jiwa dari Reliance Life terdiri atas asuransi individu, asuransi keluarga, dan asuransi karyawan.
  3. Asuransi Kesehatan dari Reliance dikenal dengan nama Reliance Healthcare yang memberikan jaminan utama biaya rawat inap.

Tertarik sama asuransi ini? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Polis asuransi Reliance dan manfaatnya

Ada begitu banyak polis yang disediakan Reliance. Apalagi asuransi umum Reliance. Tapi nih, ada tiga polis yang populer di tengah masyarakat.

Polis itu adalah Reli-Oto, Reli-Ku, dan Reliance Healthcare. Lalu apa manfaat dari ketiga polis tersebut?

Berikut ulasan seputar polis asuransi Reliance!

1. Asuransi Reli-Oto

Asuransi Reli-Oto dari Reliance merupakan asuransi mobil. Polis ini terdiri atas dua jenis yang bisa dipilih nasabah sesuai kebutuhannya.

Berikut polis Reli-Oto yang tersedia dan manfaatnya:

  1. Polis Comprehensive memberikan jaminan menyeluruh atas kerusakan sebagian, kerusakan menyeluruh, atau kehilangan.
  2. Polis TLO atau total loss only memberikan jaminan atas kerusakan mobil lebih dari 75 persen atau kehilangan akibat tindakan kriminal pihak lain.

2. Asuransi Reli-Ku

Asuransi Reli-Ku adalah produk asuransi kecelakaan dari Reliance. Polis ini bisa dibilang cukup unik karena memberikan jaminan atas risiko kecelakaan dalam bentuk voucher.

Voucher ini dibedakan berdasarkan premi dan periode masa asuransi. Berikut penjelasannya:

  • Premi Rp5.000 untuk masa asuransi selama 10 hari.
  • Premi Rp20 ribu untuk masa asuransi selama 90 hari.
  • Premi Rp50 ribu untuk masa asuransi selama 1 tahun.

Terjangkau banget bukan?

Selain harga ramah kantong, masing-masing paket polis itu kasih perlindungan 24 jam penuh setiap hari selama masa asuransi di seluruh dunia.

Lalu, apa saja yang bakal diperoleh nasabah dan ahli warisnya dari Reli-Ku ini? Berikut penjelasannya:

  1. Santunan meninggal dunia diberikan kepada ahli waris sebesar Rp25 juta.
  2. Santunan cacat tetap diberikan kepada nasabah maksimal Rp25 juta. Besaran santunan cacat disesuaikan dengan tabel kompensasi berdasarkan bagian tubuh yang mengalami cacat akibat kecelakaan.
  3. Biaya rawat inap maksimal Rp2,5 juta selama periode pertanggungan dengan nilai Rp150 ribu per hari dan maksimal rawat inap 5 hari untuk satu kali kecelakaan.
  4. Santunan duka sebesar Rp1 juta untuk tertanggung yang meninggal dunia karena kecelakaan.

3. Reliance Healthcare

Reliance Healthcare adalah asuransi kesehatan dari Reliance. Produk asuransi Reliance yang satu ini memberikan penggantian atas biaya pengobatan bagi setiap peserta.

Khusus Reliance Healthcare ini ditujukan bagi nasabah kumpulan alias karyawan perusahaan.Adapun jaminan yang diberikan termasuk perawatan ketidakmampuan secara fisik karena kecelakaan.

Selain itu, jaminan perluasan lainnya adalah rawat jalan, perawatan gigi, melahirkan, dan kacamata. Dengan asuransi kesehatan Reliance ini, karyawan bebas memilih rumah sakit, dokter, dan apotek yang berizin. Layanannya pun 24 jam setiap hari.

Keunggulan Reliance Healthcare

Sebagai produk asuransi kesehatan bagi karyawan, Reliance Healthcare memberikan berbagai manfaat seperti perusahaan asuransi lainnya yang menawarkan proteksi bagi karyawan.

Terdapat dua keunggulan dari produk ini yaitu dari segi pelayanan dan manfaat yang diberikan.

Keunggulan layanan Reliance Healthcare

Adapun keunggulan dari sisi layanan yang diberikan antara lain:

  • Fleksibel dalam polis karena dalam bentuk kartu dan lebih praktis dalam penggunaan.
  • Memberikan rasa aman bagi karyawan karena biaya perawatan tidak hanya untuk sakit, tetapi juga kecelakaan.
  • Simpel dalam aktivasi dan prosedur klaim.
  • Bisa top up hingga 4x (khusus voucher Rp50 ribu).
  • Terdapat Customer Care One Stop Solution untuk asuransi kesehatan dan asuransi umum.
  • Jaringan provider rumah sakit dan klinik lebih dari 800 unit tersebar di seluruh Indonesia.
  • Verifikasi klaim maksimal 7 hari kerja untuk reimbursement.

Keunggulan manfaat Reliance Healthcare 

Lalu apa saja keunggulan Reliance Healthcare dari sisi manfaat? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Rawat inap

Pelayanan rawat inap asuransi kesehatan Reliance untuk karyawan memberikan jaminan:

  • Tindakan operasi jantung
  • Tindakan operasi kista dan endometriosis kanker
  • Kemoterapi dan atau radioterapi gagal ginjal, hemodialisa
  • Sirkumsisi dengan indikasi medis bagi peserta berusia kurang dari 2 tahun
  • Hernia untuk peserta berusia lebih dari 12 tahun
  • Rawat inap akibat komplikasi kehamilan dan setelah melahirkan untuk perempuan (karyawan atau keluarga karyawan).

2. Rawat jalan

Pelayanan rawat jalan untuk karyawan memberikan jaminan:

  • Dokter spesialis tanpa rujukan dokter umum
  • Akupuntur yang dilakukan oleh dokter dan bertujuan bukan untuk estetika
  • Vitamin dan food suplement yang diresepkan oleh dokter, sesuai dengan indikasi medis, bertujuan untuk penyembuhan, tidak berdiri sendiri, dan bukan produk MLM.

3. Rawat bersalin

Pelayanan rawat bersalin untuk karyawan memberikan jaminan:

  • Biaya melahirkan per kehamilan tanpa operasi maupun dengan operasi
  • Keguguran kandungan
  • Pemeriksaan sebelum dan sesudah melahirkan.

4. Rawat gigi plus kacamata

Pelayanan rawat gigi plus kacamata untuk karyawan memberikan jaminan:

  • Biaya perawatan gigi dasar
  • Perawatan gusi
  • Perawatan pencegahan
  • Perawatan kompleks
  • Perawatan perbaikan
  • Penggantian gigi palsu
  • Lensa kacamata
  • Bingkai kacamata.

Cara klaim asuransi mobil Reliance

Kamu sedang mencari asuransi mobil? Reliance dengan polis Reli-Oto bisa jadi salah satu pertimbangan.

Polis ini tergolong mudah dalam prosedur klaim. Jadi, kerusakan sebagian, kerusakan besar, atau kehilangan, gak terlalu ribet mengurusnya.

Ketika terjadi kerugian pada mobil kamu ada tiga langkah yang harus kamu lakukan dalam prosedur klaim yaitu:

  1. Menyampaikan laporan klaim dalam waktu 3 x 24 jam ke kantor Reliance
  2. Petugas akan menginformasikan dokumen apa saja yang perlu kamu siapkan untuk klaim
  3. Pembayaran klaim atau perbaikan mobil kamu dilakukan setelah dokumen klaim disetujui dan nilai ganti rugi disetujui perusahaan.

Dokumen klaim asuransi mobil Reliance

Dokumen klaim asuransi mobil Reliance yang dibutuhkan berbeda sesuai jenis klaim yang kamu ajukan. Berikut dokumen yang harus kamu siapkan jika ingin klaim asuransi mobil dari Reliance.

1. Klaim kerusakan sebagian (partial loss)

Dokumen yang dibutuhkan untuk kerusakan sebagian adalah sebagai berikut:

  • Laporan kerugian termasuk kronologis kejadian  yang dituliskan pada formulir klaim
  • Fotokopi polis
  • Fotokopi SIM pengemudi
  • Fotokopi STNK
  • Fotokopi KTP
  • Dokumen lain yang dianggap perlu.

2. Klaim kerugian total (total loss)

Dokumen yang dibutuhkan untuk kerugian total atau hilang adalah sebagai berikut:

  • Laporan kerugian termasuk kronologis kejadian  yang dituliskan pada formulir klaim
  • Fotokopi polis
  • Fotokopi SIM pengemudi
  • Fotokopi STNK
  • Fotokopi KTP
  • STNK asli
  • BPKB asli
  • Faktur pembelian
  • Blanko kuitansi
  • Surat penyerahan hak milik yang ditandatangani nasabah
  • Buku KIR (kendaraan pick up)
  • Surat Keterangan dari Polda
  • Bukti pemblokiran STNK
  • Foto kerusakan dan estimasi biaya perbaikan (untuk kerusakan lebih dari 75 persen)
  • Surat tuntutan dari pihak ketiga
  • Dokumen lain yang relevan.

Pertumbuhan premi asuransi Reliance

Kabar terbaru dari perkembangan asuransi di Indonesia cukup melegakan, salah satunya dari Reliance. Dirangkum dari Kontan, 16 November 2020, PT Asuransi Reliance Indonesia yang bergerak di bidang jasa asuransi kerugian mencatatkan kinerja positif.

Menurut Kepala Divisi Marketing Asuransi Reliance, Wandri Sugianto, perusahaan mampu membukukan pertumbuhan premi 15 persen periode Januari-September 2020. Persentase ini naik dibandingkan periode sama tahun lalu.

Dalam mempertahankan kinerjanya, asuransi Reliance mempersiapkan berbagai inovasi dan beradaptasi dengan new normal dan pola masyarakat yang baru di tengah pandemi.

Contohnya saja di sisi pelayanan. Kamu yang menjadi nasabah akan mendapatkan layanan Pick Up Service saat pengajuan klaim mobil.

Selain itu, kamu juga bisa mengajukan klaim kapan saja ke layanan Hotline Asuransi Reliance 24 jam. Dengan begitu, tim klaim asuransi mobil akan segera melayani dan menjadwalkan survei kendaraan agar mobil kamu segera diperbaiki.

Setelah diperbaiki, mobil kamu bakal di antar ke tempat kamu. Pelayanan ini bertujuan mengurangi risiko tertular Covid-19 kepada nasabah.

Kamu masih pengin tahu lebih banyak seputar asuransi? Simak berbagai jawaban mengenai asuransi yang dijawab para ahli di Tanya Lifepal!

Tanya jawab

Apa itu asuransi Reliance?

Asuransi Reliance adalah perusahaan asuransi umum (kerugian) yang memberikan jaminan ganti rugi atas aset yang dijaminkan. Dikenal sebagai asuransi umum, Reliance juga punya produk asuransi kesehatan untuk nasabah individu dan kumpulan (karyawan perusahaan).

Perusahaan juga punya sister company bernama Reliance Life. Sesuai namanya, Reliance Life fokus pada asuransi jiwa yang memberikan jaminan finansial kepada ahli waris atau keluarga nasabah.

Apakah asuransi Reliance BPJS bisa koordinasi manfaat?

Sejak 2015, asuransi Reliance telah bekerja sama BPJS Kesehatan dalam koordinasi manfaat (CoB). Skema CoB ini diharapkan akan meningkatkan pelayanan bagi peserta yang mampu membayar lebih.

Prinsip CoB BPJS Kesehatan dengan asuransi Reliance adalah koordinasi manfaat yang diberlakukan bila peserta BPJS Kesehatan membeli asuransi kesehatan tambahan dari Penyelenggara Program Asuransi Kesehatan Tambahan atau Badan Penjamin lainnya yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan nantinya akan menjamin biaya sesuai tarif yang berlaku pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sedangkan selisihnya akan menjadi tanggung jawab asuransi komersial selama sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku.

Bagaimana cara cek limit asuransi Reliance?

Bagi peserta atau nasabah yang ingin mengecek limit asuransi Reliance bisa langsung menghubungi Hotline 24 jam Asuransi Reliance.

Adakah pengecualian tanggungan asuransi Reliance?

Untuk asuransi kesehatan Reliance tidak ada pengecualian jaminan. Artinya, jaminan diberikan selama limit tahunan masih ada dan tidak termasuk dalam pengecualian polis.

Pengecualian pada asuransi kesehatan, asuransi mobil, dan asuransi lain dari Reliance terdapat dalam buku polis dan kebijakan perusahaan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →