Cara Menggunakan Asuransi Reliance untuk Klaim dan Cek Limit

Asuransi Reliance

Asuransi Reliance adalah salah satu perusahaan asuransi umum di Indonesia. Lantas, jika ingin mulai membeli produk ini, bagaimana cara menggunakan asuransi Reliance? 

Sebenarnya, kamu bisa menggunakan asuransi ini untuk berbagai tujuan, baik itu untuk asuransi kesehatan maupun asuransi kendaraan. Karena, Reliance memang menghadirkan berbagai macam produk asuransi.

Sekadar informasi, Reliance memiliki sister company yang bergerak di bidang asuransi jiwa. Perusahaan bernama Reliance Life ini punya fokus bisnis pada perlindungan finansial bagi ahli waris yang ditinggalkan.

Cara menggunakan asuransi Reliance

Untuk bisa menggunakan produk asuransi ini, tentunya kamu harus mendaftar sebagai nasabah asuransi terlebih dahulu. Pendaftaran bisa dilakukan dengan berbagai cara. 

Misalnya, bisa dengan menghubungi pihak perusahaan Reliance secara langsung melalui call center di (021) 80823177, kemudian ajukan pengajuan pembelian produk asuransi.

Selain itu, bisa juga dengan melakukan pembelian melalui situs agregator seperti Lifepal. Kamu tinggal mendaftar atau membuka akun di Lifepal untuk bisa melakukan pembelian.

Nantinya, kalau sudah punya asuransi Reliance, kamu bisa memakai sistem cashless untuk mendapatkan manfaat pertanggungan biaya kesehatan. Cukup dengan menunjukkan kartu keanggotaan asuransi Reliance saja ke pihak rumah sakit rekanan.

Daftar produk asuransi Reliance Indonesia dan manfaatnya

Ada begitu banyak jenis polis yang disediakan Reliance, apalagi asuransi umumnya. Tapi nih, ada tiga polis yang populer di tengah masyarakat.

Polis itu adalah Reli-Oto, Reli-Ku, dan Reliance Healthcare. Lalu apa manfaat dari ketiga polis tersebut? Berikut ulasan seputar polis asuransi Reliance!

1. Asuransi mobil Reliance Reli-Oto

Asuransi Reli-Oto merupakan produk asuransi mobil Reliance. Polis ini terdiri atas dua jenis yang bisa dipilih nasabah sesuai kebutuhannya. Berikut polis Reli-Oto yang tersedia dan manfaatnya:

  1. Polis Comprehensive memberikan jaminan menyeluruh atas kerusakan sebagian, kerusakan menyeluruh, atau kehilangan.
  2. Polis TLO atau total loss only memberikan jaminan atas kerusakan mobil lebih dari 75 persen atau kehilangan akibat tindakan kriminal pihak lain.

2. Asuransi kecelakaan Reli-Ku

Asuransi Reli-Ku adalah produk asuransi kecelakaan dari Reliance. Polis ini bisa dibilang cukup unik karena memberikan jaminan atas risiko kecelakaan dalam bentuk voucher.

Voucher ini dibedakan berdasarkan premi asuransi dan periode masa asuransi. Berikut penjelasannya:

  • Premi Rp5.000 untuk masa asuransi selama 10 hari.
  • Premi Rp20 ribu untuk masa asuransi selama 90 hari.
  • Premi Rp50 ribu untuk masa asuransi selama 1 tahun.
  • Terjangkau banget bukan? Selain harga ramah kantong, masing-masing paket polis itu kasih perlindungan 24 jam penuh setiap hari selama masa asuransi di seluruh dunia.

    Lalu, apa saja yang bakal diperoleh nasabah dan ahli warisnya dari Reli-Ku ini? Berikut penjelasannya:

    1. Santunan meninggal dunia diberikan kepada ahli waris sebesar Rp25 juta.
    2. Santunan cacat tetap diberikan kepada nasabah maksimal Rp25 juta. Besaran santunan cacat disesuaikan dengan tabel kompensasi berdasarkan bagian tubuh yang mengalami cacat akibat kecelakaan.
    3. Biaya rawat inap maksimal Rp2,5 juta selama periode pertanggungan dengan nilai Rp150 ribu per hari dan maksimal rawat inap 5 hari untuk satu kali kecelakaan.
    4. Santunan duka sebesar Rp1 juta untuk tertanggung yang meninggal dunia karena kecelakaan.

    3. Asuransi kesehatan Reliance Healthcare

    Reliance Healthcare adalah asuransi kesehatan dari Reliance. Produk yang satu ini memberikan penggantian biaya pengobatan bagi setiap peserta dan menanggung berbagai pengobatan, termasuk asuransi Reliance untuk melahirkan.

    Khusus Reliance Healthcare ini ditujukan bagi nasabah kumpulan alias karyawan perusahaan (employee benefit). Adapun jaminan yang diberikan termasuk perawatan ketidakmampuan secara fisik karena kecelakaan.

    Selain itu, jaminan perluasan lainnya dari asuransi Reliance termasuk untuk rawat jalan, perawatan gigi, melahirkan, dan kacamata. 

    Dengan asuransi kesehatan Reliance ini, karyawan bebas memilih rumah sakit, dokter, dan apotek yang berizin. Layanannya pun 24 jam setiap hari.

    Manfaat asuransi kesehatan Reliance Healthcare 

    Lalu apa saja manfaat yang diberikan oleh produk Reliance Healthcare bagi nasabahnya? Mari simak berikut ini.

    1. Rawat inap

    Pelayanan rawat inap asuransi kesehatan Reliance untuk karyawan memberikan jaminan:

  • Tindakan operasi katup jantung
  • Tindakan operasi kista dan endometriosis kanker
  • Kemoterapi dan atau radioterapi gagal ginjal, hemodialisa
  • Sirkumsisi dengan indikasi medis bagi peserta berusia kurang dari 2 tahun
  • Hernia untuk peserta berusia lebih dari 12 tahun
  • Rawat inap akibat komplikasi kehamilan dan setelah melahirkan untuk perempuan (karyawan atau keluarga karyawan).
  • 2. Rawat jalan

    Pelayanan rawat jalan untuk karyawan memberikan jaminan:

  • Dokter spesialis tanpa rujukan dokter umum
  • Biaya akupuntur yang dilakukan oleh dokter dan bertujuan bukan untuk estetika
  • Vitamin dan food suplement yang diresepkan oleh dokter, sesuai dengan indikasi medis, bertujuan untuk penyembuhan, tidak berdiri sendiri, dan bukan produk MLM.
  • 3. Rawat bersalin

    Pelayanan rawat bersalin untuk karyawan memberikan jaminan:

  • Biaya melahirkan per kehamilan tanpa operasi maupun dengan operasi
  • Keguguran kandungan
  • Pemeriksaan sebelum dan sesudah melahirkan.
  • 4. Rawat gigi plus kacamata

    Pelayanan rawat gigi plus kacamata untuk karyawan memberikan jaminan:

  • Biaya perawatan gigi yang ditanggung asuransi dasar
  • Perawatan gusi
  • Perawatan pencegahan
  • Perawatan kompleks
  • Perawatan perbaikan
  • Penggantian gigi palsu
  • Lensa kacamata
  • Bingkai kacamata
  • Cara klaim asuransi mobil Reliance

    Kamu sedang mencari asuransi mobil? Reliance dengan polis Reli-Oto bisa jadi salah satu pertimbangan.

    Polis ini tergolong mudah dalam prosedur klaim asuransi. Jadi, kerusakan sebagian, kerusakan besar, atau kehilangan, gak terlalu ribet mengurusnya.

    Ketika terjadi kerugian pada mobil kamu ada tiga langkah yang harus kamu lakukan dalam prosedur klaim yaitu:

    1. Menyampaikan laporan klaim dalam waktu 3 x 24 jam ke kantor Reliance
    2. Petugas akan menginformasikan dokumen apa saja yang perlu kamu siapkan untuk klaim
    3. Pembayaran klaim atau perbaikan mobil kamu dilakukan setelah dokumen klaim disetujui dan nilai ganti rugi disetujui perusahaan.

    Klaim asuransi mobil Reliance kerusakan sebagian (partial loss)

    Dokumen yang dibutuhkan untuk kerusakan sebagian adalah sebagai berikut:

  • Laporan kerugian termasuk kronologis kejadian  yang dituliskan pada formulir klaim
  • Fotokopi polis
  • Fotokopi SIM pengemudi
  • Fotokopi STNK
  • Fotokopi KTP
  • Dokumen lain yang dianggap perlu.
  • Klaim asuransi mobil Reliance kerugian total (total loss)

    Dokumen yang dibutuhkan untuk kerugian total atau hilang adalah sebagai berikut:

  • Laporan kerugian termasuk kronologis kejadian  yang dituliskan pada formulir klaim
  • Fotokopi polis
  • Fotokopi SIM pengemudi
  • Fotokopi STNK
  • Fotokopi KTP
  • STNK asli
  • BPKB asli
  • Faktur pembelian
  • Blanko kuitansi
  • Surat penyerahan hak milik yang ditandatangani nasabah
  • Buku KIR (kendaraan pick up)
  • Surat Keterangan dari Polda
  • Bukti pemblokiran STNK
  • Foto kerusakan dan estimasi biaya perbaikan (untuk kerusakan lebih dari 75 persen)
  • Surat tuntutan dari pihak ketiga
  • Dokumen lain yang relevan.
  • Cara klaim asuransi kesehatan Reliance Healthcare

    Cara paling mudah untuk menggunakan atau klaim asuransi Reliance adalah dengan menunjukkan kartu anggota saat berobat di jaringan rumah sakit rekanan.

    Hanya dengan menunjukkan kartu tersebut, kamu tidak perlu lagi membayar biaya pengobatan. Adanya kelebihan klaim tidak akan ditagihkan ketika sedang menjalani perawatan medis. 

    Selain itu, kamu juga bisa membayar secara cashless. Reliance telah bekerja sama dengan Admedika. 

    Ketika berobat, kamu hanya perlu memberikan kartu peserta berupa Reliance Admedika Provider Swipe Card dan KTP ke pihak rumah sakit. 

    Cara cek limit saldo asuransi Reliance

    Untuk melakukan cek limit saldo, kamu bisa menghubungi pihak asuransi Reliance secara langsung. Berikut daftar kontak untuk cek limit asuransi Reliance

    Call center asuransi Reliance

    Pertama, kamu bisa menghubungi call center resmi Reliance. Layanan call center ini beroperasi selama 24 jam dengan nomor sebagai berikut.

  • Hotline Center asuransi Reliance: +62 (21) 80823177 (hunting)
  • Hotline Center Bebas Pulsa: 0800 1000 327
  • Email layanan asuransi kesehatan

    Sama seperti call center, layanan email Reliance juga beroperasi selama 24 jam. Email mengenai cara cek limit asuransi Reliance bisa dikirimkan ke alamat berikut: 

  • hotline@reliance-insurance.com
  • customer.care@reliance-insurance.com
  • Email layanan asuransi mobil

    Jika kamu adalah pemegang polis asuransi mobil Reliance, maka pengecekan melalui email bisa dikirimkan ke alamat: 

  • hotline.general@reliance-insurance.com
  • cust.gen@reliance-insurance.com
  • Berapa limit asuransi Reliance?

    Sama seperti produk asuransi pada umumnya, produk-produk dari Reliance juga memiliki limit. Limit dalam asuransi adalah batas penerimaan manfaat yang diterima oleh peserta asuransi, baik itu asuransi kesehatan maupun asuransi mobil.

    Nah, limit ini berbeda-beda. Setiap perusahaan asuransi punya kebijakan sendiri mengenai limit. Selain itu, limit juga akan berbeda untuk setiap jenis asuransi serta premi yang dibayarkan.

    Oleh sebab itu, angka limit asuransi Reliance tidak bisa disamaratakan untuk setiap produknya. Informasi mengenai limit akan tertera dengan jelas pada polis asuransi.

    Saat akan memulai menjadi nasabah asuransi, sebaiknya perhatikan dengan sengasaka informasi dan kebijakan mengenai limit yang bisa dibaca pada polis asuransimu, bersamaan dengan panduan cara menggunakan asuransi Reliance.

    Premi asuransi Reliance

    Premi asuransi adalah iuran yang dibayarkan secara berkala selama masa periode asuransi. Besaran premi berbeda-beda untuk setiap jenis produk asuransi.

    Selain itu, besaran premi juga ditentukan oleh banyak faktor lain, sehingga bisa saja nominal premi berbeda-beda bagi setiap nasabah. 

    Secara garis besar, premi asuransi Reliance tergolong cukup terjangkau. Berikut ini detail premi untuk setiap produknya: 

  • Reli-Ku: mulai dari Rp5.000 untuk paket 10 hari, sampai Rp50.000 untuk paket 1 tahun
  • Reli-Oto: mulai dari Rp300.000
  • Reliance Healthcare: mulai dari Rp50.000 per bulan
  • Pada asuransi mobil, harga premi tidak bisa selalu disamakan. Karena premi akan dipengaruhi oleh usia kendaraan, domisili, jenis perlindungan, dan sebagainya.

    Sebagai gambaran, kamu bisa mencoba melakukan simulasi perhitungan premi dengan kalkulator premi asuransi mobil dari Lifepal berikut ini.

    Profil PT Asuransi Reliance Indonesia

    Asuransi Reliance adalah salah satu perusahaan asuransi terpercaya di Indonesia yang telah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

    Didirikan pada 2002, perusahaan asuransi ini menghadirkan beragam proteksi yang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Berikut produk asuransi yang ditawarkan Reliance baik Reliance Umum maupun Reliance Life.

    1. Asuransi Mobil dari Reliance dikenal dengan nama Reli-Oto. Produk ini memberikan jaminan ganti rugi menyeluruh atau all risk.
    2. Asuransi Jiwa dari Reliance Life terdiri atas asuransi individu, asuransi keluarga, dan asuransi karyawan.
    3. Asuransi Kesehatan dari Reliance dikenal dengan nama Reliance Healthcare yang memberikan jaminan utama biaya rawat inap.

    Dalam mempertahankan kinerjanya, asuransi Reliance mempersiapkan berbagai inovasi dan beradaptasi dengan new normal dan pola masyarakat yang baru di tengah pandemi.

    Contohnya saja di sisi pelayanan. Kamu yang menjadi nasabah akan mendapatkan layanan Pick Up Service saat pengajuan klaim mobil.

    Selain itu, kamu juga bisa mengajukan klaim kapan saja ke layanan Hotline Asuransi Reliance 24 jam. Dengan begitu, tim klaim asuransi mobil akan segera melayani dan menjadwalkan survei kendaraan agar mobil kamu segera diperbaiki.

    Setelah diperbaiki, mobil kamu bakal di antar ke tempat kamu. Pelayanan ini bertujuan mengurangi risiko tertular Covid-19 kepada nasabah.

    Tips dari Lifepal! Selain mengandalkan asuransi karyawan dari perusahaan, kamu juga perlu mempersiapkan risiko di masa depan dengan memiliki asuransi jiwa pribadi. 

    Asuransi jiwa penting untuk memberikan proteksi bagi keluar dan ahli warismu. Kalau kamu belum tahu seperti apa jenis asuransi jiwa yang tepat, cari tahu di kuis jenis asuransi jiwa terbaik ini. 

    Keunggulan Reliance Healthcare

    Sebagai produk asuransi kesehatan bagi karyawan, Reliance Healthcare memberikan berbagai manfaat seperti perusahaan asuransi lainnya yang menawarkan proteksi bagi karyawan.

    Adapun keunggulan dari sisi layanan yang diberikan antara lain:

  • Fleksibel dalam polis karena dalam bentuk kartu dan lebih praktis dalam penggunaan.
  • Memberikan rasa aman bagi karyawan karena biaya perawatan tidak hanya untuk sakit, tetapi juga kecelakaan.
  • Simpel dalam aktivasi dan prosedur klaim.
  • Bisa top up hingga 4x (khusus voucher Rp50 ribu).
  • Terdapat Customer Care One Stop Solution untuk asuransi kesehatan dan asuransi umum.
  • Jaringan provider rumah sakit dan klinik lebih dari 800 unit tersebar di seluruh Indonesia.
  • Verifikasi klaim maksimal 7 hari kerja untuk reimbursement.
  • FAQ seputar asuransi Reliance

    Informasi mengenai cara menggunakan asuransi Reliance akan tertera lengkap pada polis asuransi. Informasi ini meliputi cara melakukan klaim, cara cek limit saldo, cara membayar premi, cara berhenti, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, perhatikan polis asuransimu dengan seksama.

    Jika kamu menggunakan asuransi Reliance Healthcare, paka cara menggunakannya bisa dilakukan dengan sistem cashless. Cukup dengan membawa kartu asuransi dan memberikannya ke pihak rumah sakit rekanan saja.

    Asuransi karyawan adalah jenis produk asuransi yang diberikan kepada karyawan dan difasilitasi oleh pihak perusahaan. 

    Biasanya, setiap perusahaan memiliki kebijakan berbeda-beda mengenai pemberian asuransi karyawan. Bentuk asuransi yang diberikan bermacam-macam, bisa berupa asuransi jiwa, asuransi kesehatan, maupun dana pensiun.