Daftar Asuransi Rumah Terbaik di Indonesia 2021 [Terlengkap]

asuransi rumah terbaik di indonesia

Asuransi rumah terbaik adalah ketika polisnya menanggung segala jenis kerugian yang mungkin terjadi pada properti rumah tinggal nasabah, seperti akibat kebakaran, pencurian, maupun bencana alam. Jenis proteksi ini penting banget, khususnya untuk kamu yang memiliki usaha kos-kosan karena risiko kebakaran dan pencurian lebih tinggi.

Asuransi rumah adalah proteksi finansial dalam bentuk jaminan ganti rugi jika rumah yang diasuransikan mengalami risiko kebakaran, pencurian, dan bencana alam.

 

Bukan cuma risiko kerusakan, pentingnya asuransi rumah juga meliputi perlindungan terhadap properti, barang seni maupun gugatan hukum oleh pihak lain. Berbagai risiko di atas tentu tidak seorang pun menginginkannya, namun dapat menimpa siapa saja.

6 Produk Asuransi Rumah Terbaik di Indonesia [2021]

Buat kamu yang saat ini sedang mencari asuransi rumah, ketahui yuk perusahaan asuransi apa aja sih yang punya produk ini?

  • Allianz
  • Sinar mas
  • Chubb Syariah
  • ACA
  • AXA
  • Adira

1. Asuransi  Allianz

Melalui polis Allianz Rumahku, Allianz menawarkan perlindungan komprehensif untuk hunian. Pengguna dapat memilih dua jenis polis yakni Rumahku Plus Houseowner untuk perlindungan rumah dan Rumahku Plus Householder untuk perlindungan hunian dan barang elektronik atau furniture.

Adapun keunggulan asuransi rumah Allianz adalah akomodasi sementara  yang biasanya diberikan ketika hunian peserta mengalami kerusakan sehingga harus pindah sementara waktu. Sementara tarif preminya berkisar antara 0.1604% sampai 0.2444% dari jumlah nilai pertanggungan.

2. Asuransi Sinar Mas

Sinar Mas juga memiliki asuransi rumah bernama Simas Rumah Hemat Plus+ yang menawarkan jaminan lengkap atas kerugian akibat kebakaran, huru hara maupun bencana alam. Dalam polis Simas Rumah Hemat Plus+ terdapat jaminan dasar yang memberikan ganti rugi 100% dari harga pertanggungan dan jaminan tambahan sampai limit tertentu.

Menariknya, perlindungan dari Sinar Mas ini juga mencakup santunan bagi penghuni rumah termasuk satpam dan pembantu. Selain itu, Sinarmas tidak memiliki batasan dalam hal harga pertanggungan meski jika lebih dari Rp3 miliar akan dilakukan survei lokasi dan persetujuan lebih lanjut.

3. Asuransi Syariah Chubb

Chubb Syariah punya tiga jenis polis yang dapat dipilih oleh peserta. Ketiga jenis polis itu antara lain Polis Standar Asuransi Syariah Kebakaran Indonesia, Polis Asuransi Syariah Harta Benda (Property All Risk) dan Polis Asuransi Syariah Gempa Bumi.

Dilansir dari Kontan.co.id, asuransi rumah syariah Chubb menawarkan keunggulan berupa cakupan perluasan yang luas dengan adanya 18 perluasan jaminan yang ditambahkan secara otomatis. Asuransi Syariah Chubb sendiri merupakan sebuah perusahaan asuransi umum yang baru berdiri di Indonesia tahun 2010 lalu.

4. Asuransi ACA

Jangkauan jaminan proteksi dari ACA ini cukup luas karena mencakup pula kerusakan akibat petir, ledakan, sampai kejatuhan pesawat terbang. Untuk rate premi asuransi standarnya adalah 0.088% dari jumlah nilai pertanggungan (JNP). Sementara rumah yang dapat diasuransikan, ACA memberikan ketentuan hanya pada rumah tinggal konstruksi 1 yang sebagian besar terbuat dari bahan tidak mudah terbakar.

Terkait dengan asuransi properti, asuransi ACA sendiri memiliki cukup banyak pilihan diantaranya asuransi kebakaran, asuransi pencurian & pembongkaran, asuransi semua resiko properti/industri dan asuransi gempa bumi indonesia.

5. Asuransi  AXA

Asuransi AXA menawarkan perlindungan atas risiko hunian yang lengkap melalui produk asuransi AXA SmartHome. Polis asuransi ini menjamin bangunan beserta perlengkapan dan peralatan yang melekat di dalamnya. Dengan penambahan premi, AXA juga dapat mengcover biaya barang – barang berharga selama di luar rumah.

Salah satu yang menjadi keunggulan AXA adalah fasilitas akomodasi tempat tinggal sementara bila tempat tinggal mengalami kerusakan. Jadi, yang ditanggung tidak hanya rumah dan isinya saja.

7. Asuransi Adira

Asuransi tempat tinggal Adira cukup lengkap karena terdapat jenis konvensional dan syariah yang bisa jadi pilihan peserta.  Agar lebih sesuai dengan kebutuhan, pengguna bisa menyesuaikan apakah mengambil paket maksimum atau standar.

Jaminan dalam paket maksimum polis  Adira meliputi Tanggung Jawab Pihak Ketiga, Jaminan akibat kerusuhan atau perbuatan jahat, serta manfaat tambahan lainnya seperti biaya sewa rumah sementara.

Tabel Manfaat Asuransi Rumah

Manfaat yang dihadirkan oleh tiap perusahaan asuransi tentu saja berbeda-beda. Untuk mencari pilihan asuransi rumah terbaik pun tidaklah mudah, sebab ada premi-nya juga beragam. Karena itu, kamu bisa ikuti tips cari asuransi terbaik pada video berikut!

Atau bisa juga mempelajari tabel manfaat asuransi rumah berikut ini:

Jaminan Manfaat Dasar Manfaat Tambahan (Rider)
FLEXAS X
Kerusuhan, pemogokan, kerusakan akibat perbuatan jahat X
Kebakaran X
Pencurian, mengikuti risiko kebakaran X
Kecelakaan diri akibat kebakaran X
Tanggung jawab hukum pihak ketiga X
Biaya pengobatan akibat kebakaran X
Tertabrak kendaraan X
Biaya regu pemadam kebakaran X
Pembersihan puing X
Biaya uang sewa rumah X
  • Kebakaran akibat keteledoran nasabah, menjalarnya api, hubungan arus pendek, dan kebakaran akibat benda lain.
  • Kebakaran akibat mesin listrik, peralatan listrik, elektronik, dan instalasi listrik akibat tersambar petir.
  • Ledakan yang berasal dari benda yang dijamin
  • Kerugian bangunan dan harta benda akibat kejatuhan pesawat
  • Asap yang berasal dari kebakaran

Pertanyaan Seputar Asuransi Rumah Terbaik

Cara kerja jenis asuransi ini memang terbilang lebih kompleks jika dibandingkan jenis asuransi kesehatan, jiwa, dan mobil. Nah, jika masih bingung, jangan ragu untuk konsultasikan secara gratis dengan ahli asuransi melalui Tanya Lifepal!

Produk asuransi yang memberikan ganti rugi jika rumah yang diasuransikan mengalami risiko kebakaran, pencurian, hingga rusak akibat bencana alam .
Jenis asuransi ini penting sekali dimiliki, khususnya untuk kamu yang memiliki rumah rawan banjir, kebakaran, hingga pencurian. Misalnya, rumah yang dijadikan usaha kos-kosan, warnet, atau bahkan laundry lebih rentan mengalami kebakaran karena rawan terjadi hubungan arus pendek atau korsleting. Dengan begitu, jika terjadi kerugian, modal usaha kamu berupa properti dapat digantikan oleh pihak asuransi.
Premi asuransi rumah mengikuti Surat Edaran OJK Nomor 6 /SEOJK.05/2017 Tentang Penetapan Tarif Premi Atau Kontribusi Pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda Dan Asuransi Kendaraan Bermotor Tahun 2017. Lihat perhitungan premi selengkapnya!
Secara umum manfaatnya terbagi menjadi dua, yaitu manfaat dasar dan manfaat tambahan (rider). Untuk manfaat dasar, asuransi biasanya hanya menanggung risiko kebakaran, tersambar petir, hingga pencurian. Namun, nasabah boleh memperluas pertanggungan polis dengan beli polis tambahan atau rider. Lihat manfaatnya pada tabel asuransi rumah di atas!
Ya, tapi umumnya bersifat sebagai manfaat atau rider. Jadi, nasabah akan dikenakan biaya manfaat tambahan, ya.
Tidak perlu. Tapi ada beberapa jenis barang berharga yang perlu didaftarkan (biasanya kena premi tambahan):

  • Perabotan rumah dan barang berharga senilai Rp20 juta atau lebih
  • Peralatan elektronik, sperti laptop, printer, dan lain sejenisnya
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →