Asuransi Tugu Mandiri dan Manfaatnya [Plus Cara Klaim dan Cek Polis]

Asuransi Tugu Mandiri

Asuransi Tugu Mandiri terkenal dengan produk asuransi jiwa di Indonesia dengan usia perusahaan lebih dari 30 tahun. Pernah mendapatkan kinerja dengan predikat “sangat bagus”, tak heran jika sahamnya dimiliki beberapa BUMN di Indonesia.

BUMN tersebut termasuk yang memiliki posisi vital dalam perindustrian. Seperti Dana Pensiun Pertamina, PT Timah, Tbk (Persero), PT Tugu Pratama Interindo, hingga Menteri Keuangan RI. Perusahaan asuransi ini berada di bawah bendera PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri. 

Berdiri sejak tanggal 28 Juni 1985, Tugu Mandiri memiliki delapan cabang di kota-kota besar di Indonesia. Berkantor pusat di Wisata Tugu Jalan Raden Saleh No 44 Jakarta, Tugu Mandiri punya beberapa perwakilan di kota-kota besar seperti Medan, Palembang, Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya, dan Pekanbaru.

Tugu Mandiri cukup populer sebagai perusahaan asuransi yang menggunakan distribusi pemasaran Captive, Corporate, Agency, Alternatif (Bancassurance dan Affinity), dan Dana Pensiun Keuangan.

Beberapa kemitraan strategis telah dijalin oleh Tugu Mandiri  dengan bermacam latar belakang seperti kesehatan, keuangan, perbankan, dan biro perjalanan. Perusahaan ini bahkan pernah mendapatkan predikat kinerja sangat bagus dari majalah Infobank pada tahun 2015.

Catatan terakhir seperti dikutip dari laman Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia, Asuransi Tugu Mandiri memiliki 86 ribu pemegang polis aktif dan lebih dari 120 peserta perusahaan. Program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) tersebut telah melayani lebih dari 32 ribu orang, lho!

Berpengalaman dalam asuransi jiwa, Tugu Mandiri dianggap sebagai salah satu perusahaan pelopor program asuransi dana pesangon bagi tenaga kerja jasa penunjang atau outsource.

Produk asuransi dana pesangon ini bernama Mandiri Asuransi Pesangon Sejahtera (MAPS). Bahkan, MAPS telah hadir jauh sebelum BPJS Ketenagakerjaan hadir di Indonesia.

Dengan slogan “Life, Pension & Health Insurance”, mereka memiliki tiga produk unggulan yaitu asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan DPLK.

Seperti apa produk unggulannya? Yuk, kita simak ulasan berikut ini.

1. Asuransi Jiwa Tugu Mandiri

Asuransi jiwa Tugu Mandiri pada dasarnya adalah asuransi jenis unit link. Kamu akan mendapatkan proteksi sekaligus manfaat investasi.

Salah satu produk asuransi jiwa perorangan ini adalah TM Powerlink yang memberikan uang pertanggungan 125 persen dari premi dasar atau Rp 15 juta.

Ada tiga jenis asuransi investasi yang ditawarkan, yaitu:

  • TM Powerlink Stable Fund (Aman)
  • TM Powerlink Managed Fund (Moderat)
  • TM Powerlink Equity Fund (Sepadan)

Komposisinya dibedakan atas efek pendapatan tetap, instrumen pasar uang, dan efek ekuitas saham.

Preminya bisa dibayarkan dengan metode bulanan, kuartal, semester, dan tahunan dengan minimal premi sebesar Rp 300 per bulan.

2. Asuransi Kesehatan Tugu Mandiri

Manfaat dari asuransi kesehatan Tugu Mandiri ini termasuk biaya rawat inap serta pembedahan dengan masa pertanggungan selama satu tahun. Sistem pembayarannya sudah menggunakan metode cashless sehingga lebih memudahkan nasabahnya.

Produk asuransi kesehatan dari Tugu Mandiri terdiri dari Group Managed Health Care Plan, Group Medicare Plan, dan Hospital Cash Plan Plus.

3. Dana Pensiun Lembaga Keuangan Tugu Mandiri

DPLK Tugu Mandiri memiliki produk TM SiTampan yang menjadi produk unggulan DPLK. Produk ini adalah jaminan dana pensiun dengan membayarkan sejumlah iuran dan hasil investasi sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan dari dana yang berkembang.

Keuntungannya dengan program DPLK yang ditawarkan oleh Tugu Mandiri, baik perusahaan maupun pekerja atau karyawan akan mendapatkan pengurangan pajak penghasilan badan (PPh 23) untuk perusahaan dan untuk individu (PPh 21).

Sebetulnya masih banyak produk asuransi yang ditawarkan kepada nasabahnya sesuai dengan jenis-jenis yang ditawarkan. Terutama mencakup tiga hal utama yang sudah disebutkan yaitu asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan dana pensiun.

Pertanyaan seputar Asuransi Tugu Mandiri

Berikut ini beberapa pertanyaan yang diajukan terkait Asuransi Tugu Mandiri.

Pertanyaan seputar asuransi jiwa

1. Apa saja layanan produk Asuransi Tugu Mandiri?

Asuransi kesehatan, asuransi pesangon karyawan, asuransi purna jabatan, asuransi kematian, asuransi kredit, dan dana pensiun. 

2. Apakan polis aktif dapat dinilai tunaikan dan berapa nilainya? 

Polis aktif bisa dinilai tunaikan namun besarannya akan lebih kecil dari uang pertanggungan sesuai dengan perhitungan aktuaria.

3. Apa saja syarat untuk pengajuan klaim jatuh tempo (ekspirasi) bagi asuransi jiwa kumpulan dan perorangan?

Syarat asuransi jiwa kumpulan antara lain surat pengantar dari perusahaan, formulir klaim asuransi yang sudah ditandatangani pejabat pemegang polis, fotokopi SK pensiun tertanggung, fotokopi KTP, kartu peserta, dan fotokopi rekening tabungan. 

Syarat asuransi jiwa perorangan di antaranya mengisi formulir, fotokopi KTP, polis asli, kwitansi pembayaran premi terakhir, dan fotokopi rekening tabungan.

4. Berapa lama proses pembayaran klaim?

Proses pembayaran klaim berlangsung selama 14 hari

5. Bagaimana cara mengubah alamat atau ahli waris bagi pemegang polis individu?

Menyertakan surat permintaan tertulis dari tertanggung kepada pemegang polis disertai dokumen pendukung lainnya. 

Pertanyaan seputar asuransi kesehatan

1. Apa saja sistem layanan yang tersedia?

Sistem show card/swipe card dan sistem reimbursement.

2. Apa saja syarat mengikuti program proteksi kesehatan?

Minimal peserta 50 orang, usia peserta minimal 1 bulan, dan maksimal 55 tahun.

3. Berapa jumlah provider kesehatan Asuransi Tugu Mandiri? 

Lebih dari 1000 provider di seluruh Indonesia

4. Apakah Asuransi Tugu Mandiri sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan?

Tugu Mandiri sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dengan sistem Coordination of Benefit (COB) sejak Mei 2014.

Pada 2018, perusahaan asuransi ini mencatat keberhasilan mengelola dana pensiun lembaga keuangan senilai Rp 2,488 triliun tercatat dari bulan Januari hingga April 2018 seperti diberitakan Kontan (24/5/2018).

Itulah sekilas tentang Asuransi Tugu Mandiri yang lebih menyasar korporasi. Jadi, asuransi ini khususnya cocok bagi kamu yang sedang berbisnis dan telah memiliki perusahaan sendiri.

Oh ya, Dana Tugu Mandiri umumnya diinvestasikan ke reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, dan reksadana saham. Dari situ, kamu bisa menyimpulkan bahwa produk unit-link yang ditawarkan mereka pun tidak terlalu berisiko.

Mari cari tahu lebih banyak tentang profil dan produk-produk asuransi dari Tugu Mandiri paling lengkap di Lifepal!