Asuransi: Pengertian, Prinsip dan Jenisnya Simak di Sini

Jenis Produk Asuransi Kesehatan AXA

Asuransi adalah perjanjian antara kedua belah pihak antara peserta asuransi dan perusahaan asuransi. Tujuannya agar peserta asuransi bisa mendapatkan perlindungan dengan membayar sejumlah iuran atau disebut remi yang ditentukan oleh perusahaan asuransi.

Perlindungan yang didapatkan bisa bermacam-macam seperti asuransi kesehatan, perlindungan nilai ekonomi jiwa (asuransi jiwa), perlindungan harta benda, perlindungan kendaraan, dan lain-lain.

Temukan pilihan perlindungan finansial dari asuransi mobil supaya kamu tidak perlu lagi khawatir dengan mahalnya biaya perawatan dan perbaikan kerusakan mobil di bengkel. Dengan jaminan finansial dari asuransi mobil, dana tabungan dan investasimu jadi aman.

Pada dasarnya asuransi berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap pihak tertanggung dari kejadian yang timbul tanpa terduga, tanggung jawab hukum, hingga tuntungan ganti rugi dari pihak ketiga kepada pemegang polis atau nasabah asuransi.

Dasar hukum asuransi

Pengertian mengenai apa itu asuransi bisa dipahami dari dasar hukumnya. Asuransi di Indonesia sudah memiliki dasar hukum yang jelas seperti diatur dalam Undang-Undang No 2 tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian.

Dalam pasal 1 undang-undang tersebut disebutkan bahwa pertanggungan adalah perjanjian dengan yang mana penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung dengan menerima premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan, atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan dideritanya dari suatu peristiwa yang tidak tertentu.

Begitu pula dalam pasal 246 KUHD (Kitab Undang-undang Hukum Dagang) menjabarkan pengertian asuransi sebagai berikut:

Perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung dengan memperoleh premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan, atau kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu.

Prinsip dasar asuransi

Dalam asuransi terdapat istilah manfaat peralihan risiko. Risiko bisa diartikan juga dengan bahaya yang tidak diharapkan. Nah, risiko inilah yang kemudian dialihkan dari pihak peserta asuransi ke perusahaan asuransi. Untuk itulah asuransi menganut beberapa prinsip dasar. Berikut ini prinsip asuransi:

  • Diselenggarakan untuk menghindari dan mencegah kerugian, paling tidak meminimalkan kerugian yang akan terjadi sebelumnya.
  • Berfungsi mengalihkan kemungkinan buruk yang menimpa dirinya kepada pihak lain.
  • Memberikan rasa aman ketika menjalankan usaha sehingga bisa memusatkan perhatian untuk meningkatkan efisiensi perusahaan.
  • Bisa dijadikan alat untuk membentuk modal yang digunakan di masa depan.
  • Dapat dimanfaatkan sebagai tabungan dan investasi sehingga keuntungannya bisa diambil di masa depan.

Premi asuransi

Premi asuransi adalah iuran yang wajib dibayarkan oleh peserta kepada perusahaan asuransi secara periodik dalam kurun waktu tertentu.

Jumlah premi amat bergantung pada faktor-faktor internal dan eksternal yang dihitung berdasarkan risiko dan nilai pertanggungan.

Berikan perlindungan yang terbaik untuk keuanganmu dengan asuransi mobil TLO. Asuransi mobil TLO memberimu jaminan ganti rugi atas kerusakan mobil di atas 75 persen dan kehilangan akibat pencurian. Dapatkan asuransi TLO terbaik di Lifepal.

Polis asuransi

Polis asuransi adalah surat kontrak atau surat kesepakatan antara peserta sebagai tertanggung dan perusahaan asuransi sebagai penanggung.

Yang mana surat kontrak tersebut dijadikan bukti tertulis apabila peserta ingin mengajukan klaim. Kemudian, polis juga mencantumkan rincian hak dan kewajiban kedua belah pihak.

Peserta asuransi pun diwajibkan untuk memahami polis asuransi yang akan ditandatangani. Oleh karena itu, terdapat masa peninjauan polis asuransi yang diberikan oleh perusahaan asuransi yang disebut free look period. Masa peninjauan inilah kesempatan peserta asuransi untuk mempelajari secara lebih dalam tentang hak dan kewajibannya sebagai peserta asuransi.

Dengan begitu, peserta asuransi bisa memahami secara menyeluruh manfaat apa saja yang bisa didapatkan sebagai konsekuensi dari premi yang sudah dibayarkan kepada perusahaan asuransi.

Jenis asuransi

Secara sederhana, asuransi dibagi ke dalam dua kategori yaitu asuransi jiwa dan asuransi umum. Itulah sebabnya di Indonesia ada perusahaan asuransi jiwa dan perusahaan asuransi umum yang memiliki produk-produk sesuai dengan pengkategoriannya.

Berikut ini adalah pengelompokan jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia.

Asuransi jiwa

  • Asuransi jiwa berjangka
  • Asuransi jiwa seumur hidup
  • Asuransi jiwa unit link
  • Asuransi jiwa dwiguna (endowment)

Asuransi umum

Keuntungan dan kerugian asuransi

Terdapat keuntungan dan kerugian asuransi bagi kedua belah pihak, baik peserta asuransi maupun perusahaan asuransi.

Bagi peserta, asuransi memberikan keuntungan karena peserta bisa mendapatkan rasa aman serta risiko kerugian yang lebih kecil. Karena risiko kerugian tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Inilah yang disebut sebagai pengalihan risiko kerugian.

Namun, sebagian orang berpendapat jika premi yang dibayarkan hangus seperti di dalam asuransi murni, maka mereka tidak akan mendapatkan keuntungan. Karena memang tidak ada dana yang diinvestasikan.

Bagi perusahaan, asuransi memberikan keuntungan dari pengumpulan dana dari peserta asuransi. Dana yang terkumpul tersebut dapat diinvestasikan kembali sehingga perusahaan asuransi bisa mendapatkan keuntungan.

Namun, sebaliknya perusahaan asuransi bisa mendapatkan kerugian saat terjadi pemasukan premi dengan pembayaran klaim yang tidak seimbang. Secara sederhana, pemasukan lebih kecil dibandingkan dengan pengeluaran.

Untuk itulah perusahaan asuransi harus memiliki strategi untuk bisa meningkatkan premi dan menginvestasikannya agar dapat membayarkan klaim atau risiko kerugian yang dialami peserta.

Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaran karena memang nyatanya biaya perawatan mobil tidaklah murah. Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu tak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Tips dari Lifepal! Merencanakan anggaran keuangan pribadi dan keluarga selayaknya dibarengi dengan proteksi finansial dari asuransi. Dengan adanya proteksi finansial dari asuransi, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan risiko beban pengeluaran bulanan yang berlebihan.

Salah satu produk asuransi yang kamu bisa manfaatkan untuk kendaraan kesayangan adalah asuransi mobil. Kalau kamu bingung dengan produk asuransi mobil mana yang cocok dengan kebutuhan, temukan jawabannya melalui kalkulator asuransi mobil Lifepal berikut.

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Temukan referensi produk asuransi terlengkap hanya di Lifepal.

Pertanyaan seputar manfaat asuransi

Kenapa penting untuk memiliki asuransi?

Perlindungan finansial dari asuransi penting untuk dimiliki agar kamu tidak terbebani dengan pengeluaran mendadak yang pada akhirnya bisa menguras tabunganmu. Misalnya, tagihan rumah sakit yang terlalu mahal atau mendadak harus melunasi biaya perbaikan kendaraan di bengkel saat kamu kebetulan sedang tidak memiliki dana simpanan.

Terdapat berbagai pilihan produk asuransi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan keuanganmu, yaitu:

Perusahaan asuransi dapat dikatakan bagus jika memiliki kesehatan keuangan perusahaan yang baik. Selain itu, pilihan polis yang beragam juga dapat menjadi indikator bagus atau tidaknya perusahaan tersebut. Dengan begitu, calon nasabah akan lebih mudah memilih polis yang dibutuhkan dan menyesuaikannya dengan anggaran yang dimilikinya.

Untuk mendapatkan referensi produk asuransi terlengkap, cari tahu di Lifepal.

Bagaimana cara memilih perusahaan asuransi terbaik?

Perusahaan asuransi yang tepat bagi tiap nasabah tentu saja berbeda-beda. Misal, untuk yang berusia lanjut, tentu asuransi kesehatan terbaik adalah yang menanggung hingga usia 100 tahun. Namun, untuk yang memiliki riwayat penyakit kritis dalam keluarga, maka asuransi kesehatan terbaik adalah yang menanggung risiko penyakit kritis sekaligus. Sama halnya dalam memilih asuransi jiwa dan asuransi mobil. Kembali lagi harus disesuaikan dengan profil nasabah. Jadi, jangan hanya berfokus pada premi murah saja.