Lokasi Bengkel Mobil di Surabaya dan Daftar Rekomendasi

bengkel mobil surabaya

Kota Surabaya adalah ibu kota sekaligus kota metropolitan terbesar Provinsi Jawa Timur. Berdasarkan statistik dari BPS tahun 2018 terkait jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, Provinsi Jawa Timur menduduki peringkat kedua dengan Surabaya sebagai salah kota terpadatnya.

Semakin padat, tentu pengguna kendaraan pun semakin ramai. Tidak heran, di sini kamu butuh layanan bengkel yang senantiasa hadir untuk merawat atau memperbaiki mobilmu kapan saja.

Khusus bagi kamu yang tinggal di Surabaya atau kebetulan sedang berkunjung ke kota itu dan sedang mencari-cari rekomendasi bengkel mobil yang bagus, kamu bisa temukan beberapa referensinya di sini.

Namun sebelumnya, kita cari tahu seberapa penting menjalani perawatan atau servis berkala untuk meminimalkan risiko perbaikan mobilmu.

Pentingnya servis rutin di bengkel yang kompeten

Bagi kamu yang rutin beraktivitas menggunakan mobil harus paham dengan tata cara perawatan mesin secara rutin dan harus sigap menyadari jika ada spare part pada mobilmu yang harus diperbaiki atau diganti dengan yang baru.

Pada umumnya terdapat buku manual resmi dari produsen mobil yang berisi jadwal perawatan berkala di bengkel resmi beserta daftar rekomendasi spare part tertentu yang wajib diperiksa dan kapan waktu yang disarankan untuk melakukannya.

Berikut ini daftar perawatan berkala yang sebaiknya jangan sampai terlewat untuk dilakukan.

  • Ganti busi
  • Ganti oli mesin
  • Ganti aki
  • Ganti Filter bensin / bahan bakar
  • Ganti oli power steering
  • Ganti tali kipas
  • Ganti kampas rem
  • Ganti ban
  • Isi air radiator

Walau terdengar sepele, namun tanpa perawatan berkala secara terjadwal, mobilmu berisiko tinggi terhadap kerusakan yang lebih parah. Berbicara mengenai kerusakan yang lebih parah, maka jelas kaitannya kepada biaya perbaikan atau penggantian spare part yang lebih mahal.

Jadi lebih baik jangan sampai menunda-nunda perawatan berkala tepat waktu demi upaya memperpanjang masa pakai mobilmu sekaligus kamu bisa menghemat uang dalam jangka panjang.

Bukan masalah jika kamu bukan pakar otomotif sampai tidak bisa membedakan yang mana namanya busi atau di mana letak tali kipas. Dalam hal ini kamu selalu bisa mengandalkan bantuan dari layanan montir di bengkel resmi yang bereputasi.

Dengan memilih bengkel resmi yang bereputasi juga, kamu tidak perlu khawatir dengan rekayasa tagihan servis mobil dan kamu juga bisa memanfaatkan klaim asuransi mobil untuk menanggung biaya servis mobil.

Bagaimana cara memilih bengkel dengan montir yang berkualitas? Berikut ini beberapa tips yang kamu bisa ikuti.

  • Cari bengkel yang memiliki sertifikasi resmi. Dengan adanya sertifikasi resmi seperti itu, maka otomatis montir-montirnya pun wajib memenuhi kompetensi skil dan pengetahuan di bidangnya.
  • Tanyakan kepada manajemen bengkel apakah memiliki rekanan perusahaan asuransi. Umumnya, perusahaan asuransi yang menjadikan sebuah bengkel sebagai rekanannya sudah melakukan survei terkait kualitas kualitas kerja dan layanan dengan hasil yang bagus.
  • Tanyakan kepada kerabat yang terpercaya untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.

Alamat bengkel mobil pilihan di Surabaya

Berikut ini daftar bengkel mobil Surabaya beserta alamat dan jenis layanan perawatan/perbaikan yang bisa didapatkan.

Bengkel Mobil di Surabaya Alamat Bengkel Fasilitas Bengkel
Bengkel mobil resmi Astra Peugeot Surabaya Jalan Raya Jemur Sari No.40, Jemur Wonosari, Wonocolo, Kota Surabaya 60237 – (031) 848 2206 Melayani perbaikan dan servis untuk semua mobil merek Peugeot dengan kerusakan ringan hingga berat. 

Bengkel ini turut melayani penjualan spare part dan unit mobil Peugeot baru.

Operasional hari Senin-Sabtu dari pukul 08.00 – 16.00, hari Minggu tutup.

Bengkel mobil resmi Mercedes Benz – PT Kedaung Satrya Motor Jl. Mayor Jend. Sungkono No.85, Pakis, Kec. Sawahan, Kota Surabaya 60224 – (031) 566 0000 Bengkel resmi ini melayani servis dan penjualan unit baru khusus mobil merek Mercedes Benz.
Bengkel mobil resmi Nissan Auto Motor Jalan Duwuh Kuwukan 2 No.80A, Lontar, Sambikerep, Kota Surabaya 60217 – 0857 7469 8552 Bengkel resmi yang khusus melayani servis dan perbaikan untuk mobil merek Nissan.
Bengkel mobil resmi VW Sumalik Surabaya Jalan Jambangan IX No.46, Ketintang Selatan, Jambangan, Kota Surabaya 60232 – 0856 5522 2376 Memberikan layanan servis dan perbaikan khusus mobil merek VolksWagen.

Operasional hari Senin-Sabtu dari pukul 08.00 – 16.00.

Bengkel mobil resmi BMW Astra International Jalan HR Muhammad, Kavling No.2, Putat Gede, Suko Manunggal 60189 – (031) 732 2000 Bengkel resmi yang khusus melayani servis dan perbaikan, penjualan suku cadang, dan penjualan unit baru mobil merek BMW.
Bengkel mobil resmi Chevrolet Surabaya Jalan Sulawesi No.33-37, Gubeng, Kota Surabaya 60281 – (031) 503 6933 Melayani perbaikan dan servis serta penjualan unit baru khusus mobil merek Chevrolet.

Operasional hari Senin-Sabtu dari pukul 08.30 – 16.30.

Bengkel mobil resmi Suzuki: United Motors Centre Jl. Achmad Yani 40-44 – (031) 829 0638Jl. Perak Timur No.90 – (031) 357 0232 Menjual suku cadang, servis dan perbaikan, dan penjualan unit baru khusus mobil merek Suzuki.
Bengkel mobil resmi Honda Jemursari: PT Citra Cakra Persada Jl. Raya Jemursari No.213, Surabaya – (031) 848 2626 Menawarkan penjualan unit baru, layanan servis dan perbaikan, dan penjualan suku cadang khusus mobil merek Honda.
Bengkel mobil resmi Hyundai Sulawesi Jalan Sulawesi No.53, Gubeng, Kota Surabaya 60281 – (031) 505 0777 Melayani servis dan perbaikan serta penjualan suku cadang khusus mobil merek Hyundai.

Selain itu, bengkel ini juga menawarkan penjualan unit mobil baru.

Operasional hari Senin-Sabtu mulai pukul 08.00 – 16.30.

Bengkel mobil resmi Indomobil Nissan & Datsun Jalan Jenderal Basuki Rachmat No.14, Kedungdoro, Genteng, Kota Surabaya 60261 – (031) 547 0707 Bengkel resmi yang khusus melayani servis dan perbaikan, penjualan spare part, dan penjualan unit baru khusus mobil merek Nissan dan Datsun.

Operasional setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.30.

Bengkel mobil resmi KIA Arjuna Jalan Raya Arjuna No.154, Sawahan, Kec. Sawahan, Kota Surabaya 60251 – 0813 3200 6690 Melayani servis dan perbaikan ringan hingga berat, penjualan suku cadang, dan penjualan unit baru khusus mobil merek KIA.

Operasional setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00.

Bengkel mobil resmi Mitsubishi: PT Murni Berlian Motors Jalan Demak No.172, Gundih, Bubutan, Kota Surabaya 60172 – (031) 535 3531 Bengkel resmi yang memberikan layanan servis dan perbaikan ringan hingga berat, penjualan spare part, dan penjualan unit baru khusus mobil merek Mitsubishi.

Operasional setiap hari mulai pukul 08.30 – 17.00

Bengkel mobil resmi Toyota Surabaya Jalan Panglima Sudirman, Embong Kaliasin, Kota Surabaya 60271 – 0822 4432 2297 Bengkel resmi khusus mobil merek Toyota yang melayani servis dan perbaikan, penjualan suku cadang, dan pemasaran mobil unit baru.

Operasional hari Senin-Sabtu mulai pukul 09.00 – 17.00.

Kalau kamu punya pertanyaan terkait perencanaan keuangan lainnya sekaligus mendapatkan berbagai tips mengelola kebutuhan finansial, konsultasikan saja di Tanya Lifepal!

Jenis layanan dari bengkel mobil

Tidak cuma mengetahui fungsional dan fitur keunggulan yang ada pada mobilmu, kamu pun sebaiknya memahami juga kondisi permesinan mobilmu secara umum.

Justru dengan semakin memahaminya, kamu bisa mengantisipasi berbagai perbaikan pada mobilmu, misalnya kemunculan suara yang aneh, perbedaan pada cara mobilmu melaju, atau sebatas adanya asap atau aroma yang tidak biasa di dalam mobil.

Informasi dan instruksi mendasar dari buku manual resmi yang kamu dapatkan akan sangat membantu dalam menangani berbagai anomali semacam itu dengan mudah. 

Namun tentu saja kamu senantiasa bisa mengandalkan jasa montir untuk melakukannya untukmu di bengkel.

Nah ada dua penanganan yang kamu bisa dapatkan di bengkel, yaitu perawatan dan perbaikan. Yuk kita pahami perbedaan di antara keduanya.

Perawatan atau servis berkala

Umumnya dikenal dengan servis berkala atau rutin, perawatan adalah pemeriksaan pada bagian atau spare part tertentu pada kendaraan untuk memastikan kualitasnya. 

Umumnya, montir akan melakukan penyesuaian atau penggantian jika melihat ada gangguan minor pada sisi performa. Namun jika masih layak, biasanya hanya dibersihkan atau disesuaikan.

Apa saja perawatan atau servis berkala yang umumnya dilakukan di bengkel?

  • Cek kondisi ban untuk mengembalikan tekanan yang ideal dan memastikan tidak ada robek atau benda tajam yang menancap.
  • Memeriksa tekanan rem dengan memeriksa kekuatan pijakan pedal serta suara dan getaran yang ditimbulkan. Montir juga bisa mengganti kampas rem jika dibutuhkan.
  • Mengganti oli dan saringan oli untuk mencegah gesekan pada sesama bagian-bagian mesin. Mengganti oli secara rutin adalah langkah utama untuk meminimalkan kerusakan mesin.
  • Memeriksa kondisi saluran air radiator dan tali kipas untuk menjaga suhu mesin.
  • Memeriksa kadar cairan lainnya, seperti minyak rem, minyak transmisi khusus perseneling otomatis, cairan pembersih kaca, dan air radiator.
  • Membersihkan kabel dan sambungan aki dari dampak korosi untuk memastikan kelistrikan tidak terganggu.
  • Memeriksa kualitas busi.
  • Mengganti saringan udara sekali setahun atau dua kali setahun jika kamu lebih sering berkendara tiap hari.
  • Menyesuaikan wiper untuk memastikan pandangan tetap jelas selama berkendara saat hujan.

Perawatan rutin semacam ini bisa dilakukan dalam beberapa jam. Setidaknya montir bisa menyelesaikannya di hari itu juga. Fasilitas yang dimiliki sebuah bengkel akan menentukan kualitas dan waktu penyelesaiannya. 

Jadi sangat disarankan untuk memilih bengkel yang berlisensi resmi ketimbang memilih bengkel lainnya untuk menangani mobilmu agar kondisinya lebih terjamin dalam jangka panjang.

Perbaikan ringan dan berat

Lalu apa maksudnya dengan perbaikan dan apa bedanya dengan perawatan? Perbaikan dilakukan jika montir menemukan adanya masalah pada suku cadang tertentu yang berisiko mengganggu fungsional mobil secara khusus.

Mengabaikan perawatan atau servis secara berkala akan meningkatkan risiko mobilmu mengalami perbaikan. Jangan sampai mobilmu yang baru berusia setahun sudah harus melalui banyak perbaikan karena tidak pernah diservis secara berkala.

Nah perbaikan itu sendiri terbagi dua, yaitu perbaikan ringan dan berat. Perbaikan ringan bisa diselesaikan dalam hitungan satu hingga dua hari. Namun kalau sudah berat, mobilmu harus menginap di bengkel untuk beberapa hari.

Perbaikan berat tidak selalu diidentikkan dengan overhaul atau turun mesin. Walau pada tahap ini tidak bisa dimungkiri, mobilmu sudah dalam kondisi parah. Kalau sudah begini bukan cuma waktu yang terbuang, tapi biaya perbaikan pun bisa melambung dan menguras tabunganmu.

Rata-rata biaya layanan bengkel mobil Surabaya

Fasilitas dan layanan bengkel mobil di Surabaya hampir sama dengan bengkel-bengkel di kota besar lainnya, baik bengkel resmi maupun bulan resmi.

Khususnya mengenai biaya layanan bengkel mobil di Surabaya, kisarannya adalah Rp1,4 juta hingga Rp2,5 juta.

Untuk kisaran harga tersebut, jenis servis yang diberikan sudah mencakup beberapa perawatan berikut.

  • Tune up
  • Cek kampas rem, minyak rem, lampu rem
  • Cek kondisi ban dengan spooring dan balancing
  • Ganti oli mesin dan gardan
  • Ganti oli transmisi
  • Ganti kampas kopling
  • Cek saringan oli
  • Kuras oli mesin
  • Cek timing belt
  • Cek injector bensin
  • Cek carbon cleaner
  • Cek saringan kabin 
  • Cek saringan udara
  • Cek atau ganti busi
  • Diagnosis elektrik dan cek aki

Berbeda jika mobilmu harus melalui perbaikan turun mesin atau overhaul akibat kerusakan pada mesin sudah parah. Biaya turun mesin cukup mahal antara biaya jasa montir dan risiko penggantian spare part yang dibutuhkan.

Untuk jasa montirnya saja bisa berkisar Rp2 juta hingga Rp5 juta. Ini belum termasuk harga spare part baru untuk mesin mobilmu yang mana totalnya bisa di atas Rp10 juta jika lebih banyak yang harus diganti.

Sebut saja penggantian packing set pada blok mesin untuk mengatasi kebocoran oli berkisar pada Rp350 ribu hingga tertingginya Rp5 juta. Ditambah dengan biaya jasa ganti packing pada blok mesin berkisar Rp200 ribu hingga Rp500 ribu.

Lindungi keuanganmu dengan asuransi mobil

Nah kamu bisa meminimalkan risiko pengeluaran itu semua andai kamu bisa melakukannya sendiri. Walau tentu tidak semuanya ya.

Misalnya kamu bisa mengganti oli mobilmu sendiri sehingga bisa terhindar dari biaya jasa ganti oli.

Soal biaya perbaikan turun mesin adalah sesuatu yang tidak terhindarkan karena penanganannya sendiri membutuhkan montir yang berpengalaman dan berlisensi.

Nah tapi ada cara agar kamu bisa terhindar dari mahalnya biaya turun mesin, yaitu dengan memanfaatkan asuransi mobil.

Manfaat asuransi mobil akan menjaminmu dari membayar tagihan perbaikan yang sangat mahal.

Pengajuan klaim asuransi pun bisa dilakukan dengan mudah, yaitu kamu hanya perlu membawa mobilmu ke bengkel rekanan asuransi dan langsung ditangani.

Bahkan ada asuransi mobil yang memberikan manfaat mobil pengganti selama mobilmu diperbaiki melalui manfaat asuransi mobil all risk.

Ada juga manfaat asuransi mobil TLO yang bisa memberi manfaat ganti rugi berupa penggantian unit mobil baru.

Kalau kamu bingung mau pilih asuransi mobil mana yang sesuai dengan kebutuhanmu, cari tahu di sini.

Itu dia ulasan mengenai rekomendasi bengkel mobil di Surabaya. Semoga bermanfaat ya!

Tanya jawab seputar bengkel mobil di Surabaya

Apa saja yang termasuk perawatan atau servis ringan mobil?

  • Tune up
  • Cek kampas rem, minyak rem, lampu rem
  • Cek kondisi ban dengan spooring dan balancing
  • Ganti oli mesin dan gardan
  • Ganti oli transmisi
  • Ganti kampas kopling
  • Cek saringan oli
  • Kuras oli mesin
  • Cek timing belt
  • Cek injector bensin
  • Cek carbon cleaner
  • Cek saringan kabin 
  • Cek saringan udara
  • Cek atau ganti busi
  • Diagnosis elektrik dan cek aki

Apa yang dimaksud dengan turun mesin?

Turun mesin atau overhaul adalah jenis perbaikan yang dilakukan dengan terlebih dahulu melepas mesin dari sasis mobil atau motor. Pelepasan ini untuk mempermudah pemeriksaan dan penanganan masalah.

Berapa biaya turun mesin atau overhaul?

Biaya jasa montir untuk melakukan tindakan turun mesin berkisar Rp2 juta hingga Rp5 juta. Ini belum termasuk harga spare part baru untuk mesin mobilmu yang mana totalnya bisa di atas Rp10 juta jika lebih banyak yang harus diganti.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →