Bengkel Mobil: Pilihan Online dan Tips Memilih yang Terbaik

bengkel mobil

Bengkel mobil adalah sarana bagi kamu yang memiliki mobil untuk melakukan servis kendaraan. Itu sebabnya, ketika membeli mobil kamu harus mempertimbangkan jaringan bengkel resmi yang tersebar di Indonesia.

Biar gampang menemukan bengkel resmi dan rekanan, kamu bisa membeli asuransi mobil. Selain mendapatkan layanan pasti, kamu gak harus mengeluarkan uang banyak ketika melakukan klaim kerusakan hingga kehilangan dengan proteksi mobil.

Lalu apa saja bengkel mobil yang ada di Indonesia?

Yuk kenalan dengan bengkel online, bengkel panggilan, dan cari tahu tips memilih bengkel mobil terbaik!

Pilihan bengkel mobil online

Sesuai namanya, bengkel online ini memudahkan kamu yang ingin melakukan servis atau perbaikan mobil. Kecanggihan teknologi membantu pelayanan perawatan kendaraan kamu.

Dengan sistem online, kamu gak perlu repot melakukan booking servis hingga klaim asuransi mobil seperti Allianz. Cukup lewat smartphone, kamu hanya perlu mengisi formulir booking. Simpel banget kan?

Bengkel mobil online merupakan layanan yang menawarkan jasa servis mobil panggilan, atau jasa booking servis mobil di bengkel secara online. Lewat aplikasinya, kamu bisa menghubungi salah satu bengkel yang tersedia.

Nantinya, montir akan mendatangi lokasi kamu buat memperbaiki atau servis mobil. Bisa juga mobil kamu dibawa ke bengkel oleh montir tersebut, tanpa harus kamu yang membawanya.

Pengin tahu layanan online apa saja yang bisa kamu gunakan? Yuk simak ulasan berikut.

1. Montir.id

Untuk mendapatkan layanan di aplikasi ini, kamu perlu mengunduh di Google Play. Sekadar infor, saat ini pusat layanan Montir.id terletak di Jakarta, sedangkan layanannya berlokasi di sekitar Jabodetabek.

Selain melayani online, Montir.id juga memiliki layanan servis mobil panggilan. Jadi, mekanik bisa datang ke tempat kamu karena memang tidak ada bengkel offline.

Keunggulan lain dari Montir.id adalah layanan 24 jam selama 7 hari. Artinya, kamu bisa memanggil mekanik pada hari libur.

Adapun jenis layanan yang diberikan aplikasi ini antara lain:

  • Servis umum seperti ganti oli, pengecekan aki, hingga ban.
  • Konsultasi.
  • Penggantian suku cadang.
  • Servis mobil darurat.

Di aplikasi ini semua merek dan jenis mobil bisa dilayani. Ada pula promo menarik yang bisa kamu dapatkan jika memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku di Montir.id.

2. Supercar.id

Walaupun namanya supercar, bengkel online yang satu ini gak cuma melayani servis dan perbaikan mobil-mobil kategori supercar yang harganya selangit.

Bengkel yang berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan, ini melayani semua merek dan jenis mobil. Tentunya, supercar seperti Lamborghini dan Porsche juga bisa dilayani.

Keunggulan dari Supercar.id adalah mekanik berpengalaman dan jaminan suku cadang asli. Selain itu, semua layanan yang diberikan ada garansinya hingga 3 bulan.

Selain melalui situs resminya, kamu yang pengin servis mobil di Supercar.id juga bisa menghubungi kontak resmi di nomor 081808189933.

3. Moservice.id

Moservice adalah penyedia jasa booking bengkel online yang telah memiliki mitra bengkel di 42 kota besar di Indonesia.

Jaringan yang cukup luas ini menjadi keunggulan Moservice. Gak salah kalau kamu mencoba bengkel online ini. Apalagi bagi kamu yang sering melakukan perjalanan darat di Indonesia.

Hebatnya lagi, setiap bengkel yang kamu pilih di Moservice akan menampilkan detail layanan. Jadi, kamu gak perlu repot-repot menghubungi bengkel untuk menanyakan jenis layanannya.

Untuk merek dan jenis mobil yang dilayani termasuk semua brand asal Jepang dan Eropa seperti Mercedes-Benz.

Selain membantu booking online, Moservice juga memiliki layanan servis mobil panggilan. Kamu bisa mendatangkan mekanik lewat aplikasi ini, sehingga gak perlu bawa mobil ke bengkel.

Jangan lupa unduh aplikasinya terlebih dulu, ya!

4. Obet Motor

Berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Obet Motor menjadi salah satu bengkel online yang punya bengkel fisik alias offline.

Lewat situs Obetmotor.id, kamu bisa mendapatkan berbagai layanan servis mobil selama lokasi kamu masih dijangkau mekaniknya.

Adapun layanan yang tersedia antara lain:

  • Servis panggilan ke rumah.
  • Servis di jalan (saat mobil mogok).
  • Penjemputan mobil untuk dibawa ke bengkel fisik.
  • Tune-up.
  • Pengecekan mesin mobil.
  • Inspeksi aki, rem, dan kopling.

Keunggulan bengkel mobil online

Simpel dan gak repot menjadi salah satu keunggulan bengkel mobil online. Itu sebabnya, kehadiran bengkel ini cocok banget buat kamu yang punya mobilitas tinggi.

Buat pertimbangan kamu, cek keunggulan bengkel online berikut:

1. Gak perlu antre

Bengkel online emang gak ribet. Itu sebabnya, kamu hanya perlu booking secara online tanpa harus mendatangi langsung bengkel.

Lewat aplikasi bengkel online, kamu cukup pilih bengkel yang kamu ingin tuju. Setelah itu lakukan reservasi. Nantinya, kamu akan mendapatkan jadwal servis.

Bahkan, kalau kamu gak mau keluar rumah cuma buat servis mobil, kamu bisa pilih layanan panggilan. Nantinya, mekanik yang datang ke rumah kamu untuk memberikan servis mobil hingga perbaikan.

2. Perbaikan mobil mogok di manapun

Musibah mobil mogok bisa terjadi kapan saja. Apalagi kalau kamu tengah berkendara. Bengkel online menjadi salah satu pilihan untuk memperbaiki mobil kamu saat dikendarai.

Lewat bengkel online, kamu akan lebih cepat mendapatkan mekanik. Kenapa? Karena bengkel online tersebar di berbagai tempat.

Misalnya saja kamu lagi ada di Kota Bogor. Tiba-tiba mobil mogok. Nah, dengan membuka aplikasi bengkel online, kamu bisa langsung memilih kota dan bengkel terdekat di lokasi kamu.

3. Pilihan bengkel berkualitas

Lewat aplikasi bengkel online, pilihan bengkel berkualitas dan bergaransi mudah ditemukan. Tentunya ini gak belum tentu kamu dapat ketika kamu mendatangi bengkel langsun yang bukan bengkel resmi mobil kamu.

Selain itu, ada detail informasi terkait layanan yang diberikan. Begitupun merek dan jenis mobil yang bisa diservis, metode bayar, alamat, dan lainnya.

Bengkel panggilan, alternatif servis mobil

Bengkel panggilan juga jadi alternatif kamu yang pengin servis, ganti oli, dan tune-up. Layanan bengkel ini sebenarnya masuk kategori online, namun belum tentu ada aplikasinya.

Salah satu contohnya adalah Mr. Bengkel Mobil Panggilan. Dikutip Otomania.com, bengkel ini melayani pengerjaan untuk berbagai mobil merek Jepang. Beberapa di antaranya adalah toyota, Daihatsu, Nissan, suzuki, dan Honda.

Didirikan sejak Februari 2019, bengkel ini memberikan berbagai layanan servis dan perbaikan dengan harga berkisar Rp650-900 ribu. Keunggulan dari bengkel panggilan biasanya gratis ongkos kirim untuk wilayah tertentu. Contohnya Jabodetabek.

Kalau kamu punya pertanyaan terkait anggaran perawatan mobil sekaligus mendapatkan rekomendasi jaminan biaya perawatan mobil, simak ulasan para ahli di Tanya Lifepal!

Tips memilih bengkel mobil terbaik

Bengkel terdekat biasanya menjadi pilihan kita dalam memilih bengkel mobil terbaik. Padahal, hal ini belum tentu menguntungkan kamu karena bisa saja bengkel tersebut memberikan servis yang kurang baik.

Kalau kamu lagi cari bengkel mobil terbaik, yuk simak tips memilih bengkel mobil berikut ini.

1. Memiliki teknisi profesional

Hal pertama yang patut diperhatikan saat akan memilih tempat servis kendaraan roda empat yakni teknisi yang profesional. Teknisi seperti ini biasanya bersertifikat dan memiliki pengetahuan yang detail mengenai mobil.

Syarat ini berlaku juga bagi kamu yang mencari bengkel mobil modifikasi. Teknisi profesional akan membantu kamu memodifikasi mobil dengan tetap berpatokan pada sisi keamanan berkendara.

2. Ada standar operasional

Setiap bengkel dengan teknisi tepercaya tentu mempunyai standar operasional yang jelas. Tidak hanya itu, quality control juga memegang peranan krusial terhadap sebuah bengkel mobil yang bagus.

Keberadaan dua hal ini juga penting dimiliki oleh bengkel Air Conditioner (AC) mobil dan bengkel cat mobil. Pasalnya, AC dan cat merupakan komponen penting dari sebuah kendaraan roda empat yang tidak bisa dikerjakan sembarangan.

3. Lokasi terjangkau

Salah satu tips memilih tempat servis mobil adalah dengan mencari bengkel yang mudah didatangi kapan pun. Bengkel seperti ini biasanya termasuk ke dalam bengkel mobil 24 jam setiap hari, termasuk hari libur.

Bukan hanya itu, akses terhadap pelayanan yang mudah pun wajib menjadi pertimbangan saat memilih tempat servis yang baik. Pilihlah bengkel dengan pelayanan yang tidak ribet dengan cara mencoba satu bengkel terlebih dahulu.

4. Bengkel resmi sebagai pilihan terbaik

Masih bingung memilih bengkel resmi? Langkah paling aman adalah dengan memanfaatkan bengkel resmi kendaraan kamu. Hal ini disebabkan oleh ketersediaan suku cadang, teknisi profesional, serta pelayanan prima yang diberikan oleh bengkel resmi.

5. Cari informasi dari kenalan kamu

Gak ada salahnya kamu bertanya kepada teman atau saudara yang punya mobil dengan merek dan jenis seperti kamu. Langkah ini juga bisa dilakukan untuk membandingkan bengkel yang satu dengan bengkel yang lainnya.

Tidak sedikit orang yang kerap memberikan rekomendasi lokasi servis mobil. Oleh karena itu, galilah lebih dalam mengenai alasan mereka memilih bengkel tersebut.

6. Ketahui asuransi mobil yang cocok bagi kamu

Lewat Kuis Lifepal berikut ini, kamu akan mendapatkan asuransi mobil yang cocok buat kamu agar terhindar dari kerugian membeli jaminan ganti rugi mobil.

Caranya gampang! Kamu cukup mengisi kolom berikut ini.

Demikian tips memilih bengkel mobil terbaik. Jika kamu masih pengin mendapatkan informasi lebih lengkap terkait perlindungan untuk mobilmu, cari tahu manfaat asuransi all risk dan asuransi TLO dari Lifepal.

Tanya jawab

Apa yang dimaksud dengan bengkel mobil online?

Bengkel mobil online merupakan layanan yang menawarkan jasa servis mobil panggilan, atau jasa booking servis mobil di bengkel secara online. Lewat aplikasinya, kamu bisa menghubungi salah satu bengkel yang tersedia.

Layanan apa saja yang diberikan bengkel mobil?

Layanan yang diberikan bengkel mobil sangat banyak. Sebut saja servis umum seperti servis rutin, pengecekan aki, pengecekan kondisi ban, servis mesin, serta pengecekan kaki-kaki mobil.

Bagaimana mencari lokasi bengkel mobil terdekat?

Salah satu cara mudah mencari lokasi bengkel mobil terdekat adalah menggunakan bengkel online. Di manapun kamu berada, kamu bisa mengakses aplikasi bengkel online dan mengetahui lokasi bengkel mobil terdekat.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →