Daftar Bengkel Pintu Mobil Terdekat dan Biaya Servisnya

bengkel pintu mobil terdekat

Seiring bertambahnya umur mobil, pintu pada mobil bisa menimbulkan masalah. Beberapa kerusakan yang dapat muncul di antaranya engsel aus dan karet pada tepi pintu mengendur atau mengeras. Jika kamu mengalami masalah ini, segera bawa mobilmu ke bengkel pintu mobil terdekat.

Untuk kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, tak perlu khawatir. Ada banyak bengkel spesialis pintu mobil terdekat di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi yang bisa mengatasi masalahmu dengan biaya servis yang variatif dan kompetitif.

Berikut ini daftar bengkel karet pintu mobil terdekat di Jabodetabek serta perkiraan biaya servisnya.

Rekomendasi bengkel service pintu mobil terdekat di Jabodetabek

Jika mobilmu terkunci dan kamu tidak tahu cara membuka mobil yang terkunci otomatis, ada baiknya kamu datangi bengkel pintu mobil dan memanggil montirnya.

Bagi kamu yang tinggal di Jabodetabek, ada banyak rekomendasi bengkel yang melayani service pintu mobil yang bisa kamu jadikan referensi. Berikut ini daftar dan alamat lengkap bengkel yang melayani service pintu mobil.

1. Farhan Motor (Jakarta)

Farhan Motor merupakan spesialis pintu mobil. Ia berlokasi di Jalan Jenderal Basuki Rahmat Nomor 101, Pondok Bambu, Jakarta Timur. Saat ini, bengkel tetap buka setiap hari mulai 07.00 WIB sampai 18.00 WIB. 

Lewat situsnya, Farhan Motor rutin membagikan informasi terkini mengenai pelayanannya. Kamu juga bisa melihat langsung foto-foto pengerjaan perbaikan pintu mobil di Farhan Motor.

2. Intan Rizky Jaya (Depok)

Intan Rizky Jaya beralamat di Jalan Raya Cinangka Wates, Bojongsari, Depok. Di masa pandemi Covid-19 ini, bengkel buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Kecuali hari Jumat, Intan Rizki Jaya buka pukul 13.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Bengkel ini juga cukup rutin mengunggah foto-foto pengerjaan perbaikan pintu mobil yang dilakukannya. Berbagai testimoni pelanggan di situsnya pun menyatakan puas dengan pelayanan mereka.

3. AA Jaya (Tangerang Selatan)

AA Jaya menawarkan beragam layanan servis pintu mobil. Mulai dari memperbaiki engsel pintu yang aus hingga kunci otomatis terpusat (central lock) pada pintu mobil. AA Jaya beralamat Jalan Pahlawan Nomor 16, Rempoa, Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Ia buka setiap hari pukul 08.00 WIB.

4. Lia Motor (Bekasi)

Bengkel Lia Motor berlokasi di Ruko Sentra Onderdil Blok EJ Nomor 4, Harapan Indah, Kecamatan Medan Satria, Bekasi Barat. Buka setiap hari pukul 07.00 WIB. Ia menangani beragam masalah pada pintu mobil. 

Kamu juga bisa tahu bagaimana cara pasang central lock mobil, sehingga saat ada masalah dengan mobilmu, maka kamu bisa melakukan pertolongan pertama sebelum membawanya ke bengkel.

5. Pahala Door Car (Bogor)

Pahala Door Car beralamat di Simpang Baru, Bogor, Jawa Barat. Ia sudah beroperasi selama lebih dari tiga tahun. Buka tiap hari pukul 07.00 WIB. Ia menangani beragam masalah pada pintu mobil seperti central lock mobil tidak berfungsi dan pintu mobil tidak bisa dibuka dari dalam.

Biaya servis pintu mobil

Untuk perbaikan engsel pintu mobil, biasanya mulai dari Rp 200.000. Harganya bisa berbeda-beda tergantung jenis mobil.

Kemudian, perbaikan door lock atau biaya perbaikan pintu mobil tidak bisa dibuka sekitar Rp 150.000-300.000. Jika kamu sekaligus memperbaiki kerusakan alarm untuk membuka dan mengunci pintu mobil, harga ganti satu set sekitar Rp 400.000-600.000.

Berikutnya, karet pintu mobil bisa kamu ganti mulai dari Rp 150.000 per pintu. Namun, harganya bisa berbeda-beda untuk tiap jenis mobil. Jika ingin hemat, kamu bisa cari tahu cara pasang karet pintu mobil sendiri di rumah.

Sementara itu, untuk kerusakan jendela mobil akibat motor power window semisal power window macet, biaya perbaikan sekitar Rp 100.000-300.000, tergantung jenis mobilnya. 

Namun, jika motor power window terbakar, harus mengganti motor dinamo yang berkisar antara Rp 300.000-800.000. Selanjutnya, jika regulator yang mengalami kerusakan di gigi regulator yang harus diganti, biayanya sekitar Rp 300.000-700.000.

Jenis dan penyebab kerusakan pada pintu mobil

Umumnya kerusakan pada pintu mobil ketika kendaraan sudah berusia di atas lima tahun. Selain itu, kurangnya perawatan membuat pintu mobil bisa lebih cepat rusak.

Ada beberapa jenis dan penyebab kerusakan pada pintu mobil. Apa saja?

1. Pengait pintu mobil aus

Pengait atau door lock ini berfungsi mengaitkan jangkar dari daun pintu ke badan mobil. Nah, jika kamu sering menutup pintu terlalu keras, bisa berakibat pada door lock yang menjadi aus. Selain itu, air juga dapat memicu masalah pada door lock. 

Pintu mobil yang tidak tertutup dengan sempurna juga dapat menyebabkan air masuk dan mengganggu daun pintu saat ditutup.

Untuk mengatasi masalah pada door lock ini yaitu dengan memperhatikan saat menutup pintu. Jangan sampai terlalu keras. Selanjutnya, menghindari air masuk ke bagian door lock, dan memberikan pelumas secara berkala.

Kerusakan lain yang berkaitan dengan door lock yaitu tidak berfungsinya fitur elektrik central door lock. Dengan fitur ini, semua pintu mobil dapat langsung dikunci dari posisi pengemudi dengan mudah.

Bila salah satu motor penggerak dari central door lock tidak bekerja, maka pintu tersebut tidak dapat terkunci secara otomatis. Segera bawa mobil kamu ke bengkel mobil terdekat bila pengait pintu mobil rusak

2. Engsel turun

Penurunan kekuatan pada engsel pintu mobil biasanya terjadi karena faktor usia. Selain itu, perlakuan terhadap pintu mobil juga jadi alasannya lainnya. Misalnya, sering membiarkan pintu terbuka terlalu lama. Hal ini juga bisa menyebabkan engsel pintu mengalami penurunan.

Sebagai pencegahan, jangan menggantung daun pintu atau membuka pintu mobil dalam waktu lama dan terlalu sering. Selain itu, pemilik juga perlu memberi pelumas pada engsel pintu supaya tetap bekerja dengan maksimal. Menghindari rembesan air masuk ke bagian engsel pintu juga perlu diperhatikan.

3. Karet pintu kendur

Permasalahan lain yang sering muncul yaitu mengendurnya karet pintu mobil. Semakin bertambahnya usia mobil akan berpengaruh terhadap elastisitas karet pintu mobil.  Karet pintu mobil yang sudah menua, biasanya semakin mengeras dan mengendur. 

Hal ini tergantung di mana mobil itu biasa diletakkan. Faktor inilah yang menyebabkan mengapa banyak pintu mobil yang sudah berumur sulit untuk ditutup.

4. Jendela mobil tidak berfungsi

Jendela pada pintu mobil kadang bisa menimbulkan kekacauan, hal ini biasanya disebabkan rel atau jalur pada kaca jendela lepas dari tempatnya. Penyebab lain adalah motor power window yang lemah.

Regulator power window ini berfungsi sebagai penggerak yang menghubungkan motor power window dengan jendela. Kamu perlu menggantinya jika ini terjadi.

Tips merawat pintu mobil

Agar pintu mobil kamu awet, kamu bisa mengikuti beberapa tips merawat mobilmu terutama di bagian pintu berikut ini.

1. Merawat engsel pintu

Engsel pintu sebetulnya termasuk komponen mobil yang bebas perawatan. Namun, kita bisa melakukan perawatan sendiri untuk memperpanjang umur pakai engsel pintu mobil.

Debu, air, serta perubahan suhu udara bisa menurunkan usia pakai atau kemampuan kerja engsel pintu. Ketiganya bisa membuat engsel yang dibuat dari besi berkarat atau terhambat gerakannya.

Jika pintu mobilmu mulai mengeluarkan suara berderit atau terasa berat ketika dibuka atau ditutup, kamu bisa mengatasinya dengan membersihkan engsel, menyemprotkan cairan penetran, dan melumasi dengan minyak multipurpose. Hal ini cukup dilakukan tiap enam bulan sekali.

Kerusakan yang susah diobati adalah yang disebabkan keausan komponen di sistem engsel. Misalnya engsel sudah tidak lurus, patah, atau lubang baut pemegang engsel longgar. Kerusakan ini hanya dapat diobati dengan mengganti engsel lama dengan yang baru.

2. Merawat karet pintu

Ciri karet pintu mobil yang sudah kurang baik dapat terlihat dari teksturnya yang keras dan tidak elastis lagi.

Beberapa cara untuk memperpanjang umur karet pintu mobil, yaitu jangan terlalu sering memarkir kendaraan di tempat panas. Kemudian, hindari kontak langsung atau gesekan barang dengan karet pada pintu.

Cara lainnya yaitu rutin membersihkan kotoran yang menempel pada karet pintu, yaitu dengan menyiram sela-sela karet pintu mobil dengan air bersih. Bisa juga dengan cairan silikon untuk menjaga kelembaban karet.

3. Merawat pengait dan jendela pintu

Untuk mencegah masalah pada door lock, yaitu dengan memperhatikan saat menutup pintu. Jangan sampai terlalu keras. Selanjutnya, menghindari air masuk ke bagian door lock, dan memberikan pelumas secara berkala.

Sementara itu, untuk merawat fitur elektrik pada jendela mobil, kamu perlu membersihkan rel pada jalur karet kaca secara berkala.

Selain itu, garis pada tepi karet penutup pun perlu diperhatikan dan diganti bila sudah rapuh atau robek. Kemudian, debu yang kerap menempel pada garis tepi karet turut dibersihkan agar tidak membuat baret pada kaca kendaraan.

Supaya tetap aman dan tenang, jangan lupa asuransikan kendaraanmu dengan pilihan asuransi mobil terbaik!

Pentingnya punya asuransi mobil

Risiko kerusakan mobil akan selalu ada dan kita tidak bisa menghindarinya. Asuransi mobil adalah asuransi yang memberikan ganti rugi jika kendaraan mengalami kerusakan, baik rusak parah atau sekadar lecet, maupun hilang.

Selain itu, terdapat manfaat tambahan berupa penggantian kerusakan akibat banjir, huru-hara (kerusuhan), dan bencana alam.

Dengan proteksi ini, perusahaan asuransi akan menanggung biaya apabila kendaraanmu mengalami kerusakan atau hilang dalam jangka waktu setahun. Karena itu, pilih asuransi mobil terbaik agar kamu mendapatkan benefit sesuai kebutuhan dengan premi terjangkau.

Kamu bisa memanfaatkan kalkulator premi asuransi mobil dari Lifepal untuk menghitung iuran bulanan berikut ini. Langsung Tanya Lifepal kalau kamu masih bingung menentukan asuransi mobil terbaik, ya!

Rekomendasi asuransi mobil

Asuransi mobil all risk (comprehensive) adalah produk asuransi yang memberikan ganti rugi jika kendaraan nasabah mengalami kerusakan ringan hingga parah. Selain itu, produk ini juga menanggung risiko kehilangan kendaraan.

Ada cukup banyak pilihan asuransi mobil all risk terbaik di Indonesia yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran kamu. Berikut beberapa pilihan asuransi mobil terbaik rekomendasi Lifepal:

  1. ACA Otomate

Masa pertanggungan satu tahun. Pertanggungan kerugian sangat lengkap, yaitu kerusakan akibat benturan, tabrakan, terbalik, tergelincir, atau terperosok. Kemudian, kerugian akibat perbuatan jahat dan pencurian serta kebakaran. Ada pula fasilitas seperti mobil pengganti.

  1. Adira Autocillin

Masa pertanggungan satu tahun. Perlindungan ganti rugi atas kerugian terhadap kendaraan yang secara langsung disebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, atau kecelakaan lalu lintas lainnya (mengacu pada PSAKBI). 

Apabila mobil baru hilang dalam waktu enam bulan setelah pembelian, Autocillin akan menggantinya dengan mobil baru yang lain. Selain itu, ada manfaat layanan mobil derek dan bantuan darurat di jalanan.

  1. Simas Mobil Online

Simas Mobil Online menanggung berbagai jenis mobil yang digunakan secara pribadi, bukan keperluan bisnis. Pertanggungan kerugian mobil total dan sebagian. Layanan bengkel Sinar Mas di 473 bengkel rekanan di seluruh Indonesia

  1. Allianz Mobilku Comprehensive

Perlindungan komprehensif terhadap kerusakan kendaraan dari yang kecil sampai parah, serta penggantian kehilangan kendaraan. 

Ada pula manfaat pertanggungan kerugian dari Allianz Mobilku Comprehensive akibat kecelakaan selama penyeberangan dengan kapal feri. Masa pertanggungan satu tahun.

  1. Tokio Marine Comprehensive (Basic)

Tokio Marine Comprehensive (Basic) memiliki perlindungan komprehensif terhadap kerusakan kendaraan dari yang kecil sampai parah, serta penggantian kehilangan kendaraan. Ada pula manfaat pertanggungan kerugian akibat kecelakaan selama penyeberangan dengan kapal feri. Masa pertanggungan satu tahun.

  1. Jasindo Oto Plus

Jasindo Oto Plus memberikan pertanggungan kerusakan mobil akibat kecelakaan dan bencana alam, tanggung jawab hukum pihak ketiga, dengan manfaat tambahan kecelakaan diri untuk penumpang dan pengemudi.

FAQ seputar bengkel pintu mobil

Biaya servis bisa berbeda tergantung tingkat kerusakan dan tipe mobilmu. Perbaikan engsel pintu mobil, misalnya, mulai dari Rp 200.000. Kemudian, perbaikan door lock mulai dari Rp 150.000. Selengkapnya dapat disimak di artikel.

Ada beragam alasan mengapa pintu mobil rusak. Namun, salah satu faktornya yaitu usia mobil. Biasanya kerusakan pada pintu mobil terjadi pada kendaraan di atas lima tahun.

Asuransi all risk akan menutupi kerusakan mobil yang tidak rusak parah, termasuk kerusakan pada pintu.

Dapatkan Promo