Ingin Berobat ke Singapura? Ini yang Harus Dipersiapkan dan Perkiraan Biayanya

Segini besaran biaya dan apa saja yang mesti dipersiapkan saat berobat ke Singapura

Banyak orang Indonesia yang ternyata lebih memilih berobat ke Singapura. Negara kecil ini dinilai memiliki kualitas penanganan medis yang terbaik, gak cuma di Asia Tenggara, bahkan di seluruh dunia. 

Kamu mungkin sering dengar para tokoh-tokoh publik di Indonesia yang berobat ke Negeri Singa, seperti mendiang mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono sampai penyanyi kondang Vidi Aldiano. Hal ini membuktikan kalau pelayanan medis di sana memang juara. 

Memangnya seberapa bagusnya sih? Dan berapa perkiraan biaya untuk berobat ke Singapura? Simak ulasannya berikut ini, 

Peringkat berapa sih pelayanan medis di Singapura? 

Singapura menduduki peringkat pertama sebagai negara yang memiliki pelayanan rumah sakit terbaik
Singapura menduduki peringkat pertama sebagai negara yang memiliki pelayanan rumah sakit terbaik, (Healthcare Singapore).

Singapura merupakan negara maju di Asia dengan luas wilayah yang bahkan tak beda jauh dari Jakarta. Segala fasilitas dan pelayanan publik di Negeri Singa ini memiliki kualitas kelas internasional, salah satunya adalah fasilitas pelayanan rumah sakitnya. 

Kalau dibandingkan dengan fasilitas medis negara-negara maju di Amerika dan Eropa, Singapura gak kalah deh pokoknya. 

Sebuah lembaga analisis yang berkantor pusat di London, The Legatum Prosperity menaruh Singapura di peringkat pertama sebagai negara dengan pelayanan kesehatan terbaik tahun 2019. 

Gak cuma pelayanan kesehatannya saja, Singapura juga termasuk ke dalam deretan 10 negara tersehat versi Bloomberg tahun 2019, tepatnya duduk di urutan ke-8. Angka harapan hidup masyarakatnya sendiri rata-rata sampai 82 tahun. 

Apa alasan orang Indonesia berobat ke Singapura? 

Ini alasan kenapa orang Indonesia memilih berobat ke Singapura
Ini alasan kenapa orang Indonesia memilih berobat ke Singapura, (Shutterstock).

Jumlah pasien Indonesia yang berobat ke luar negeri terbilang banyak, dikutip dari Katadata, pada tahun 2015 total pasien Indonesia yang berobat ke luar negeri ada 600 ribu orang. Dari 600 ribu itu, sebagian besar ke Malaysia dan sebagian lagi ke Singapura. 

Sementara pengobatan yang paling sering dilakukan adalah penanganan pada kanker, operasi tulang, operasi mata, pengobatan jantung, dan operasi kecantikan. Lantas, apa sih yang menjadi alasan orang Indonesia itu berobat ke Singapura? 

1. Fasilitasnya lengkap dan teknologinya modern 

Kalau dibandingkan dengan fasilitas rumah sakit di Indonesia, Singapura memang lebih canggih dan modern. Maklum saja, jumlah rumah sakit di Singapura kan lebih sedikit, jadi distribusi teknologinya lebih mudah. 

Kalau di Indonesia, mengingat wilayahnya yang jauh lebih besar dan jumlah RS yang jauh lebih banyak, maka wajar bila persebaran teknologinya masih belum merata. 

2. Bertaraf internasional 

Kenapa fasilitasnya bisa canggih, selain karena pemerataan teknologi yang apik, sebagian besar rumah sakit di Singapura sudah bertaraf internasional. 

Totalnya ada 10 rumah sakit umum, 13 swasta, dan banyak klinik spesialis yang rata-rata semuanya sudah memegang sertifikat Joint Commission International (JCI) dan International Organizational Standardization (ISO) 9000.

JCI adalah standar internasional mengenai kelengkapan infrastruktur dan fasilitas yang seharusnya ada di rumah sakit. Jadi, kalau sudah memegang sertifikat ini, rumah sakit tersebut sudah sangat memadai secara internasional. 

Sementara ISO 9000 lebih kepada standarisasi manajemen organisasi yang telah menjunjung kepuasan pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya sesuai dengan peraturan hukum berlaku. 

Kalau sudah bertaraf internasional, sudah pasti dong kualitas pelayanannya nomor wahid. 

3. Gak cuma rumah sakitnya saja, dokter dan tenaga medis lainnya juga berkualitas 

Jumlah tenaga medis di Singapura juga sangat mumpuni. Mereka memiliki jumlah lebih dari 13.000 orang untuk dokter dan tenaga medis. Banyak dari mereka yang merupakan lulusan universitas ternama di luar negeri termasuk dari Amerika Serikat.   

4. Sekalian jalan-jalan 

Kadang kala, percepatan pemulihan orang yang sakit itu juga bisa dilakukan dengan berwisata. Sambil menyelam minum air, berobat ke Singapura juga bisa sekalian melancong. 

Mengunjungi spot-spot Negeri Singa yang masih asri dan jauh dari hiruk pikuk kendaraan bikin tubuh jadi lebih segar. 

Daftar rumah sakit terbaik di Singapura

Mount Elizabeth Hospital Singapura salah satu rumah sakit terbaik di Negeri Singa
Mount Elizabeth Hospital Singapura salah satu rumah sakit terbaik di Negeri Singa, (Shutterstock).

Buat kamu yang berencana berobat ke Singapura tapi belum tahu rumah sakit mana yang top, berikut ini lima RS terbaik di Negeri Singa, dan sering jadi rujukan pasien internasional. 

1. Raffles Medical Hospital 

Raffles Medical Hospital telah berdiri selama lebih dari 40 tahun. RS yang hanya berjarak 15 menit dari Bandara Changi ini memiliki penanganan medis yang berkualitas. 

Terdapat lebih dari 21 penanganan spesialisasi, contohnya seperti masalah kehamilan, kardiologi, onkologi, ortopedi, dan masih banyak lagi. 

2. Mount Elizabeth Hospital 

Mount Elizabeth adalah salah satu rumah sakit swasta terbaik di Singapura. Mereka memiliki lebih dari 1000 tenaga medis yang berkualitas dan mampu menangani berbagai macam penyakit berat. 

Banyak perusahaan asuransi di Singapura, bahkan di Asia yang memberikan pengobatan rujukan para pemegang polisnya ke sini. 

Kebanyakan para pasien yang datang adalah mereka yang membutuhkan penanganan berat, seperti transplantasi ginjal, bedah saraf, bedah robotik, sampai perawatan kanker. 

3. Singapore General Hospital 

Singapore General Hospital (SGH) adalah rumah sakit terbesar di Negeri Singa. Spesialisasinya adalah penanganan-penanganan kondisi darurat, seperti kecelakaan dengan korban yang banyak.

Guna meningkatkan pelayanan cepat untuk pertolongan pertama, rumah sakit ini bahkan memiliki landasan helikopter sendiri. Sangat membantu proses evakuasi medis peristiwa besar.

4. Tan Tock Seng Hospital 

Tan Tock Seng Hospital (TTSH) bisa menampung sekitar 1.400 pasien. Rumah sakit ini diyakini sebagai RS terbaik dalam penanganan penyakit-penyakit menular seperti SARS pada tahun 2003 silam. 

TTSH  memiliki kualitas nomor wahid dalam menangani kasus-kasus bedah kepala, bedah tulang belakang, dan bedah pembuluh darah. 

Selain itu, RS yang berdiri sejak tahun 1820 ini memiliki ruang laboratorium neurodiagnostik yang mampu digunakan oleh para ahli untuk melakukan investigasi bedah saraf pasien.

5. Changi General Hospital 

Changi General Hospital telah melayani lebih dari 1 juta pasien di Asia. Berbagai penanganan spesialisasi bisa kamu temukan di sini, mulai dari penanganan kanker payudara, bedah vaskular, gastroenterologi, endokrinologi, dan masih banyak lagi. 

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk berobat ke Singapura?

Ini lho yang harus dipersiapkan buat berobat ke Negeri Singa
Ini lho yang harus dipersiapkan buat berobat ke Negeri Singa, (Shutterstock).

Berobat ke Singapura gak kayak berobat di dalam negeri. Kalian harus mempersiapkan segalanya matang-matang biar segala urusan pengobatan berjalan lancar. 

Berikut ini hal-hal yang perlu kamu persiapkan saat memutuskan untuk berobat ke Singapura. 

1. Mempersiapkan surat rujukan dari dokter di Indonesia 

Pertama yang perlu dipersiapkan adalah surat rujukan dari dokter yang merawat di Indonesia. Surat rujukan tersebut juga perlu dicantumkan riwayat pengobatan, kondisi kesehatan terakhir di Indonesia, obat-obatan, catatan alergi, dan lain-lainnya. 

Surat rujukan ini juga bisa membantu dokter di Singapura dalam menentukan pelayanan medis apa yang tepat bagi pasien. Begitu pula sebaliknya, dokter di Indonesia juga bisa memantau, bagaimana kondisi pasiennya selama dirawat di Singapura. 

2. Memilih rumah sakit dan dokter spesialis yang tepat 

Kemudian sebelum menjalani pengobatan di Negeri Singa, jangan lupa untuk mencari tahu segala informasi tentang rumah sakit apa yang tepat, beserta dokter spesialis terbaik dan cocok untuk menangani pengobatan. 

3. Melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan 

Untuk bisa berobat ke Singapura, kamu harus pastikan kalau dokumen yang disyaratkan sudah lengkap. Yang pasti adalah dokumen riwayat kesehatan dan juga dokumen data diri seperti paspor beserta visanya. 

Untungnya, berkat hubungan diplomatik yang baik antara kedua negara, Singapura tidak membebaskan visa selama 30 hari bagi pasien asal Indonesia. Tapi jika membutuhkan perawatan lebih dari 30 hari, pihak rumah sakit dan otoritas Singapura akan memfasilitasi perpanjangan ijin tinggal bagi pasien. 

Selain dokumen tersebut, jangan lupa kamu juga harus membeli tiket penerbangannya dari Indonesia ke Singapura dan sebaliknya. 

4. Pilihan tempat menginap bagi anggota keluarga pasien yang mendampingi 

Ada beberapa rumah sakit yang memungkinkan untuk pendamping pasien menginap di dalam ruangan perawatan, tapi ada juga yang tidak memungkinkan pendamping untuk bermalam. Maka dari itu, alternatifnya adalah dengan menyewa apartemen di sekitar rumah sakit. 

Kalau mau lebih murah jangan sewa apartemen, tapi hostel selama masa pengobatan. Untuk biaya bisa di cek di situs-situs pencarian di Booking.com, Traveloka, Agoda, dan lain-lain. 

Perkiraan biaya berobat ke Singapura   

Segini kisaran biaya berobat di Singapura
Segini kisaran biaya berobat di Singapura, (Shutterstock).

Biaya pengobatan di Singapura beragam, tergantung dari jenis penyakit, jenis penanganan, dan rumah sakit mana yang dituju. Antara rumah sakit umum dan swasta pun memiliki harga yang berbeda-beda, berikut ini kisaran biaya yang perlu digelontorkan untuk pasien kanker.

Berikut ini perkiraannya berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Singapura dilansir dari Value Champion.  

1. Rata-rata biaya perawatan kanker di Singapura 

Tipe kanker  Tipe rumah sakit  Estimasi biaya 
Kanker payudara  Rumah sakit umum Rp 22 jutaan
Rumah sakit swasta  Rp 61 jutaan
Kanker prostat  Rumah sakit umum Rp 18 jutaan
Rumah sakit swasta  Rp 59 jutaan
Kanker usus Rumah sakit umum Rp 29 jutaan
Rumah sakit swasta Rp 36 jutaan
Kanker kulit Rumah sakit umum Rp 9 jutaan
Rumah sakit swasta  Rp 31 jutaan

2. Rata-rata biaya berobat ke Singapura untuk tindakan operasi kanker 

Tipe kanker  Tipe rumah sakit  Estimasi biaya 
Kanker payudara  Rumah sakit umum Rp 41 jutaan
Rumah sakit swasta  Rp 182 jutaan
Kanker prostat  Rumah sakit umum Rp 250 jutaan
Rumah sakit swasta  Rp 525 jutaan
Kanker usus Rumah sakit umum Rp 226 jutaan
Rumah sakit swasta Rp 419 jutaan
Kanker paru-paru Rumah sakit umum Rp 90 jutaan
Rumah sakit swasta  Rp 248 jutaan

3. Rata-rata biaya tergantung dari tindakannya

Jenis tindakan  Perkiraan biayanya  
Kemoterapi  Rp 14 jutaan/terapi 
Terapi radiasi  Rp 246 jutaan/terapi 
Imunoterapi  Rp 88 juta/terapi 

Bagaimana dengan rumah sakit di Indonesia?

Gimana dengan berobat di rumah sakit ternama Indonesia?
Gimana dengan berobat di rumah sakit ternama Indonesia?, (Shutterstock).

Setelah kamu melihat harga-harga tersebut, tentu kamu bakal berpikir dua kali untuk berobat ke Singapura. Tapi demi kesehatan sih, sepertinya berapapun biayanya bakal diusahakan ada, apalagi bila yang sakit adalah orang-orang terkasih kita. 

Sebenarnya, untuk mendapatkan pengobatan terbaik kamu juga bisa mendapatkannya di Indonesia. Beberapa rumah sakit di Jakarta bahkan sudah berstandar internasional, seperti RSCM, RS Pondok Indah, Jakarta Eye Center, RSPAD Gatot Soebroto, dan masih banyak lagi. 

Lebih kerennya lagi, rumah sakit-rumah sakit tersebut sudah menjamin pelayanan kesehatan secara maksimal untuk para peserta BPJS Kesehatan. Jadi selama kamu menjadi peserta BPJS, mudah-mudahan tenang deh apabila sesuatu terjadi dengan kesehatanmu.

Tapi, biar lebih aman jangan lupa juga untuk melengkapi perlindungan dengan asuransi kesehatan terbaik, biar gak perlu berobat ke Singapura dan mendapatkan pelayanan ekstra di rumah sakit Indonesia. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →