Biaya Cabut Gigi Mahal? Manfaatkan Asuransi Gigi

biaya cabut gigi

Biaya cabut gigi menjadi pertanyaan yang ingin diketahui saat seseorang menjalani prosedur cabut gigi ke dokter. Cabut gigi adalah prosedur operasi untuk mencabut gigi dari gusi, biasanya dilakukan pada gigi yang sudah rusak dan tidak bisa lagi diperbaiki. 

Biaya cabut gigi bisa berbeda-beda, tergantung kondisi gigi, berapa jumlah gigi yang dicabut, dan di mana kamu melakukannya. Biasanya biaya cabut gigi berkisar antara Rp150 ribu hingga Rp500 ribu per gigi, sedangkan untuk prosedur operasi atau odontektomi sebesar Rp1,5 juta hingga Rp4 juta.

Biaya cabut gigi yang mahal ini tentunya tidak akan menjadi beban jika memiliki asuransi kesehatan yang bagus. Karena gigi merupakan salah satu bagian yang menjadi pertanggungan asuransi kesehatan, sehingga kamu tak perlu khawatir jika mengalami keluhan atau kerusakan pada gigi.

Mengapa biaya cabut gigi mahal?

Kesehatan gigi dan mulut tidak dapat dipisahkan dari kesehatan tubuh secara keseluruhan, sehingga penting untuk selalu dijaga.

Pasalnya, penanganan untuk kerusakan gigi cenderung sulit. Hal itu disebabkan gigi adalah organ tubuh yang kompleks. Itu mengapa klinik atau rumah sakit untuk perawatan kesehatan mulut cenderung membanderol dengan tarif tinggi.

Harga pencabutan gigi oleh dokter gigi umum juga berbeda dari praktik dokter gigi spesialis bedah mulut. Sehingga, sebelum menyetujui untuk menjalani prosedur ini, ada baiknya kamu bertanya di awal mengenai perkiraan biaya yang akan dikeluarkan, agar tidak tiba-tiba kaget saat harus membayar setelah perawatan selesai.

Semakin aneh posisi tumbuhnya gigi, maka akan semakin mahal biaya pencabutannya. Hal lain yang juga menentukan biaya adalah faktor penyulit. Semakin banyak faktor penyulit, maka biaya yang perlu dikeluarkan akan semakin tinggi.

Karena itu, tak heran bila biaya cabut gigi hingga prosedur operasi berkisar antara Rp150 ribu hingga Rp4 juta. 

Daftar rumah sakit dan biaya cabut gigi

Berikut beberapa rumah sakit di Indonesia yang memiliki fasilitas penanganan medis perawatan gigi beserta kisaran biaya terkait, seperti disarikan Lifepal:

Nama Rumah Sakit

Kisaran Biaya Awal Cabut Gigi

RSKB Halmahera Siaga

Bandung Wetan, Bandung

Rp170.000
Klinik Imedical Specialist Centre

Makassar

Rp200.000
RS EMC Tangerang

Tangerang

Rp212.000
Rumah Sakit Sumber Waras

Jakarta Barat

Rp250.000
Mitra Keluarga Surabaya

Sukomanunggal, Surabaya

Rp250.000
Siloam Hospital Bogor

Bogor

Rp300.000
Siloam Hospitals Manado

Manado

Rp482.000
RS Imelda Pekerja Indonesia

Medan

Rp500.000
RS Awal Bros Panam

Pekanbaru

Rp500.000
Klinik Medexs

Kebayoran Baru, Jakarta

Rp550.000
Siloam Hospitals Balikpapan

Balikpapan

Rp558.000

Penyebab gigi harus dicabut

Ada beberapa penyebab yang membuat seseorang harus menjalani prosedur cabut gigi. Selain karena gigi berlubang, prosedur ini dilakukan pada kondisi gigi goyang disertai nanah, gigi tidak rata, infeksi gigi, gigi rusak karena luka, gigi patah, dan infeksi gusi. Masing-masing penyebab punya tingkat kesulitan penanganan yang berbeda.

Ada beberapa kondisi lain yang mengharuskan seseorang melakukan cabut atau operasi gigi. Yaitu:

Kerusakan gigi yang tidak bisa diperbaiki

Kerusakan gigi yang tidak bisa diperbaiki adalah kondisi gigi yang telah mengalami kerusakan parah. Misalnya, gigi berlubang yang telah mencapai bagian tengah gigi (pulpa), sehingga jika dibiarkan dapat menyebabkan pembusukan karena adanya bakteri pada gigi berulang.

Biasanya pada tahap awal, kerusakan gigi mempengaruhi enamel gigi. Setelah enamel habis terkikis bagian dalam gigi, dentin, hingga mulai memburuk. Saat pembusukan menimbulkan lubang di tengah-tengah gigi, gigi tersebut mengalami kerusakan lebih lanjut. 

Ketika bakteri mencapai pusat, atau pulpa, maka saluran yang menuju pada akar gigi akan terinfeksi. Jika tidak segera diatasi, infkesi ini akan menyebar semakin luas. Pada kasus yang lebih parah tindakan operasi perlu dilakukan, agar infeksi tidak menyebar.

Mengalami periodental

Periodontal adalah infeksi yang terjadi pada gusi, ligamen periodontal, tulang alveolar, dan struktur lain di sekitar gigi. Tahap awal penyakit periodontal adalah gingivitis yang merupakan infeksi pada gusi. Jenis penyakit periodontal yang lebih parah mempengaruhi ligamen periodontal dan tulang alveolar.

Penyakit periodontal disebabkan bakteri dalam plak gigi yang merupakan zat lengket yang terbentuk pada gigi kamu beberapa jam setelah makan. Karena alasan itulah, para dokter gigi menyarankan untuk menyikat gigi secara teratur sehingga mencegah penyakit periodontal.

Posisi gigi tak normal

Posisi gigi yang tidak normal seperti bertumbuk, kurang rata, atau miring dapat melukai jaringan pipi dan menyebabkan infeksi. Pencabutan gigi dapat mencegah rusaknya gigi lain dan membantu menutunkan risiko infeksi. 

Hal yang sering terjadi adalah, rahang seseorang memiliki terlalu banyak gigi sehingga menyebabkan rasa nyeri ketika dipakai untuk mengunyah. Pencabutan menjadi satu-satunya jalan untuk membuat rahang kembali normal.

Apa yang terjadi jika tidak melakukan cabut gigi?

Ada beberapa risiko yang mungkin bisa kamu alami jika menghindari pembedahan cabut gigi, padahal kondisinya sudah parah. 

1. Rongga mulut terlalu penuh

Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang terus tumbuh hingga kita dewasa. Bahkan gigi geraham biasanya tumbuh saat kamu berusia 20-an tahun. Jika saat gigi geraham tumbuh, rongga mulut sudah penuh, beberapa gigi perlu dicabut karena gigi yang muncul sebagian (impacted tooth) akan sulit dibersihkan dan berpotensi menyebabkan infeksi.

2. Risiko infeksi

Akar gigi memiliki pembuluh darah dan saraf. Jika gigi rusak atau berlubang, bakteri bisa masuk ke akar gigi dan berisiko infeksi.

3. Menyebabkan penyakit gusi, rahang, dan sinus

Infeksi pada jaringan di sekitar gigi harus segera ditangani, jika tidak gusi bisa menjadi bengkak. Bahkan pada beberapa kasus, bisa menyebabkan gangguan pada rahang dan sinus. 

Mengobati sakit gigi  agar terhindari biaya cabut gigi yang mahal

Meski mencabut gigi penting dilakukan, perawatan gigi di Indonesia masih terbilang mahal. Masyarakat banyak yang memilih untuk menahan sakit gigi dan tidak pergi ke dokter karena permasalahan tersebut. Bahkan, untuk perawatan gigi rutin saja seperti membersihkan karang gigi menjadi hal yang mewah dan belum masuk daftar kebutuhan utama. 

Walhasil, gangguan pada gigi sering diabaikan. Masyarakat baru datang ke dokter gigi ketika kondisi giginya sudah parah. Jika sudah begitu, pengeluaran menjadi lebih banyak karena terpaksa dihadapkan kepada biaya cabut gigi yang mahal. 

Tapi sebenarnya, perawatan gigi bisa menjadi terjangkau jika kamu menjadi peserta BPJS Kesehatan yang mengikuti prosedur dan ketentuan berlaku. Namun, kalau mau cover lebih lengkap, tentu saja akan lebih baik memiliki asuransi gigi. 

Pentingnya asuransi gigi

Karena harga perawatan ke dokter gigi mahal, maka siapkanlah budget khusus agar tidak memberatkan ketika tindakan operasi gigi dijalankan. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah dengan membeli premi asuransi kesehatan khusus untuk gigi.

Dengan memiliki asuransi gigi, kamu tidak perlu khawatir jika mengalami masalah pada organ tubuh ini. Pasalnya asuransi gigi biasanya menanggung berbagai pengeluaran, meliputi:

  • Biaya tambal gigi
  • Pembersihan karang gigi
  • Cabut gigi
  • Perawatan gigi yang kompleks akibat kecelakaan dan penyebab lainnya. 

Jangan lupa, tingkat inflasi biaya medis di Indonesia merupakan salah satu yang tertinggi di Asia. Jika memiliki asuransi gigi, kamu bisa lebih berhemat bukan?

Apa itu asuransi gigi?

Asuransi gigi adalah bagian dari asuransi kesehatan yang ditujukan untuk menanggung biaya perawatan gigi secara rutin. Umumnya asuransi ini merupakan manfaat tambahan atau rider dari asuransi kesehatan. 

Jadi untuk memilikinya, kamu harus membeli asuransi kesehatan terlebih dahulu. Meski demikian, ada pula asuransi gigi yang bisa kamu miliki tanpa membeli asuransi kesehatan terlebih dahulu. 

Mengcover biaya cabut gigi dan keuntungan lain punya asuransi gigi

Ada banyak manfaat yang kamu dapatkan jika memiliki asuransi gigi, tergantung kelebihan produk dan jenis pertanggungan yang dipilih. 

Misalnya jika kamu memilih asuransi gigi Cigna Senyum Sehat, kamu akan mendapatkan uang pertanggungan hingga sebesar Rp24 juta per tahun. Manfaat tersebut termasuk berbagai biaya  terkait, yaitu:

  • Konsultasi dokter gigi
  • Pembersihan karang gigi
  • Tambal gigi
  • Cabut gigi sederhana
  • Perawatan akar gigi
  • Cabut gigi bungsu dengan anestesi
  • Perawatan gigi akibat kecelakaan dan beberapa fasilitas lainnya tergantung kesepakatan di dalam polis asuransi

Nah untuk mendapatkan perlindungan dari semua biaya tersebut, kamu hanya perlu membayar premi Rp190 ribu per bulan.

Ada pula asuransi gigi berupa asuransi rider dari perusahaan asuransi lainnya, seperti Miultimate Healthcare dari Manulife, yang memberikan manfaat berupa perawatan gigi pencegahan, perawatan dasar, kompleks, sampai biaya crown, implan, dan prostesis akibat kecelakaan. 

Jadi hanya dengan membayar premi dalam jumlah tertentu, kamu akan mendapatkan proteksi finansial untuk perawatan gigi.

Rumah sakit rekanan asuransi gigi

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi gigi, makin banyak pula rumah sakit di Indonesia yang menjadi rekanan. Hampir di setiap daerah, sudah ada rumah sakit yang menjadi rekanan asuransi gigi.

Jadi sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi gigi, kamu bisa mengecek daftar rumah sakit dan klinik rekanan yang biasanya tertera di laman resmi perusahaan asuransi.

Semakin banyak rekanan rumah sakit yang tersebar di berbagai kota, tentu menjadi nilai lebih buat kita sebagai nasabah. Sebab, andai kita sedang berada di luar kota dan ingin mengajukan klaim perawatan medis, maka kita bisa menemukan rumah sakit rekanan di kota tersebut dengan mudah.

Cara jadi nasabah asuransi gigi

Mudah saja menjadi nasabah asuransi gigi. Ini dia beberapa langkah sederhana yang perlu kamu lakukan.

  1. Ketahui perawatan gigi yang kamu butuhkan. Misalnya perawatan gigi rutin, pembersihan karang gigi, cabut gigi, atau perawatan lainnya.
  2. Ketahui kemampuan kam membayar premi asuransi gigi setiap bulan. Biasanya besaran premi asuransi gigi umumnya mulai dari Rp140 ribuan hingga Rp300 ribuan per bulan
  3. Pilih sistem klaim cashless, jadi kamu bisa mendapatkan perawatan gigi dengan menunjukkan kartu peserta asuransi saja. 
  4. Pilih asuransi gigi yang memiliki kebijakan renewal guarantee sehingga saat sudah mendekati masa akhir polis, kamu bisa memperpanjang dengan mudah.
  5. Pilih asuransi gigi yang memiliki masa tunggu tidak lebih dari sebulan jika kamu mengalami keluhan yang sama di lain waktu.

Jika sudah melakukan beberapa langkah di atas, kamu tinggal memilih produk asuransi gigi yang sesuai. Cek laman resmi mereka atau hubungi nomor CS resmi yang tersedia untuk membelinya. 

Dengan menjadi nasabah asuransi gigi, maka biaya cabut gigi tidak akan mahal lagi. Jadi tunggu apalagi? Yuk cari tahu asuransi kesehatan keluargamu di Lifepal.

Pertanyaan seputar biaya cabut gigi

Di beberapa rumah sakit di Jakarta, biaya cabut gigi dimulai dari Rp350.000 hingga Rp500.000 per gigi.
Cabut gigi adalah operasi untuk mencabut gigi dari gusi, yang umumnya dilakukan pada gigi yang rusak dan tidak bisa lagi diperbaiki.
Salah satu penyebab mahalnya biaya perawatan gigi adalah biaya masuk impor bahan-bahan perawatan gigi yang masih masuk kategori barang mewah. Membeli barang dari negara lain yang lebih murah namun kualitasnya kurang baik tentu bukan solusi yang bijaksana.
Perawatan gigi dan mulut ditanggung BPJS selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan pencabutan gigi tersebut dilakukan atas indikasi medis yang jelas dari dokter atau bukan atas permintaan peserta sendiri.
Biaya tambal gigi bisa gratis menggunakan BPJS Kesehatan. Jika kamu ingin memanfaatkan BPJS Kesehatan untuk menambal gigi, pastikan kamu memiliki akses ke faskes tingkat I yang kamu daftarkan saat awal mendaftarkan kepesertaan JKN. Namun, tidak semua tindakan tambal gigi bisa dijamin oleh BPJS.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →