Biaya Cuci Mobil di Bengkel dari Mulai Manual Hingga Pakai Robotic

biaya cuci mobil

Biaya cuci mobil penting untuk diketahui para pemilik kendaraan. Sebab, kewajiban dari setiap pemilik kendaraan adalah merawat dan menjaganya.

Salah satu cara perawatan mobil yang mudah dan disarankan adalah dengan mencuci mobil secara rutin.

Memang, mencuci mobil bisa dilakukan sendiri di rumah. Tetapi, sesekali kendaraan tetap harus disentuh tim teknisi dari car wash. Pengerjaan cuci mobil oleh ahlinya akan memastikan proses pencucian bisa lebih mendetail sehingga hasilnya menjadi lebih maksimal juga.

Lalu berapa sih kisaran biaya cuci mobil di car wash saat ini? 

Biaya cuci mobil secara manual hingga robotic

Biaya yang dikenakan akan dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti di mana lokasi mencuci mobilnya dan metode pencucian yang digunakan. Harga cuci mobil di setiap daerah pasti berbeda-beda.

Selain itu, cara mencuci kendaraan memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan harganya juga pasti beda. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kisaran biaya cuci mobil dengan berbagai metode.

1. Biaya cuci mobil manual (Rp25 ribu – Rp30 ribu)

Cuci mobil manual dengan menggunakan tenaga manusia memiliki harga yang jauh lebih murah. Keunggulan pencucian manual atau tenaga manusia, lebih bersih. Selain itu, mencuci secara manual juga lebih detail dan teliti sehingga hasilnya akan lebih bersih.

Namun meski murah dan lebih bersih, cuci mobil secara manual bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk menunggunya.

2. Biaya cuci mobil hidrolik (Rp20 ribu – Rp50 ribu)

Selanjutnya cuci steam manual tapi menggunakan hidrolik. Sistem hidrolik digunakan untuk mengangkat mobil sehingga memudahkan pembersihan, terutama di bagian bawah mobil secara leluasa.  

Sayangnya, jika cuci mobil dengan hidrolik ada risiko mobil jatuh dari mesin hidrolik. Jadi pastikan harus berhati-hati. 

3. Biaya cuci mobil waterless (Rp50 ribu – Rp100 ribu)

Sesuai namanya, waterless merupakan cara mencuci tanpa air yang diganti menggunakan cairan berbahan polimer yang mampu menangkap kotoran dan debu di bodi mobil.  

Untuk harga pencucian waterless di Auto Glaze Express hanya memerlukan biaya mulai dari Rp50 ribu, ini sudah termasuk wax, semir ban, dan vacuum interior.

4. Biaya cuci mobil touchless (Rp50 ribu – Rp75 ribu)

Cuci mobil touchless alias tanpa sentuh ini tengah populer saat ini. Sistem cuci tanpa sentuh ini masih memakai tenaga manusia.

Bedanya, tidak ada sentuhan langsung, sehingga mobil hanya dicuci memakai semprotan bertekanan tinggi, mulai dari bagian kolong hingga bodi. Waktu yang dibutuhkan pun sangat singkat yaitu hanya 5 menit hingga 10 menit saja.

Dengan cara ini, tidak ada sentuhan langsung dapat menghindarkan dari goresan baik dari kain atau sikat. 

5. Biaya cuci mobil robotic (Rp80 ribu – Rp150 ribu)

Tempat cuci mobil yang tenaga pembersihnya menggunakan bantuan mesin khusus. Mesin inilah yang kemudian dikenal dengan istilah robot.

Sistem robotic ini menggunakan full mesin untuk membersihkannya secara otomatis mengikuti sistem. Dalam proses cuci robot, pemilik mobil tidak perlu keluar dari kendaraannya. Mereka hanya perlu menutup rapat seluruh kaca mobilnya 

6. Biaya cuci mobil di Pertamina (mulai dari Rp40 ribu)

Selain pihak swasta, ternyata Pertamina juga telah menyediakan layanan cuci mobil di sejumlah SPBU bekerja sama dengan Autoglaze melalui ‘Bright Wash by AutoGlaze Car Wash’.

Untuk biaya cuci mobil di SPBU Pertamina dipatok sebagai berikut.

  • Member: Rp40 ribu
  • Nonmember: Rp50 ribu
  • Paket 3-in-1 (Car Grooming, Engine Cleaning, dan Fogging): mulai dari Rp250 ribu untuk member dan Rp600 ribu untuk non member.  

Untuk cuci mobil di Pertamina sudah termasuk cuci coating, cuci kolong, semir ban, dan vakum. 

Komponen mobil yang harus dibersihkan secara rutin

Seringkali saat mencuci mobil bagian-bagian eksterior yang dibersihkan hanya yang mudah dijangkau dan terlihat. Misalnya bagian bodi mobil, kaca ataupun pelek saja yang dibersihkan.

Padahal, ada bagian-bagian lain yang wajib dibersihkan agar tidak muncul karat ataupun jamur dan tentunya agar mobil tampil makin kinclong. Apa saja?

1. Bodi mobil

Menjaga dan merawat kebersihan bodi mobil sangatlah penting. Tak hanya agar lebih indah, kebersihan mobil juga penting agar terhindar dari kerusakan yang lebih parah.

Jika tidak dibersihkan, kemungkinan munculnya jamur alias water spot di bodi mobil. Gunakan wax secara rutin dalam jangka waktu tertentu sebagai pelindung dan menjaga kilau cat. 

2. Kaca

Sama dengan bodi, kaca juga harus dibersihkan karena mendominasi area eksterior mobil.

Musuh terbesar kaca adalah air yang akan berubah menjadi water spot jika tak lekas diseka. Lakukan pembersihan kaca dengan glass cleaner secara rutin.

Hindari menggunakan produk yang mengandung amoniak karena akan membuat kaca terlihat kusam. Sebagai pelindung dapat dipakai water repellent yang sekaligus membantu mengusir air ketika hujan.

3. Lampu

Selain membantu sorot cahaya lampu, membersihkan mika lampu juga membuat mobil tampak selalu apik. Apalagi lampu sekarang sudah memiliki pola desain memikat.

Kondisi kaca yang kotor juga akan membuat pengendara tidak nyaman saat berkendara yang akan mengganggu visibilitas keluar. Seperti kaca berembun atau butiran air hujan tidak tersapu dengan baik oleh wiper.

4. Atap Mobil

Posisinya di bagian atas mobil, kerap membuat pemilik mobil malas membersihkannya. Padahal, atap adalah salah satu bagian mobil yang terpapar langsung teriknya sinar matahari. Malas menjaga kebersihannya, atap akan cepat terlihat kusam.

5. Ban

Ban mobil yang kotor, selain merusak keindahan mobil, juga berpengaruh besar terhadap fungsi optimal ban tersebut. Kondisi ban mobil akan mempengaruhi traksi (grip atau daya rekat ban pada permukaan jalan) dan sistem pengereman.

Penumpukan debu atau kotoran pada ban akan mengakibatkan berkurangnya fungsi optimal ban.

Jika kotoran tersebut tidak dibersihkan, kondisi ban akan semakin parah tingkat kerusakannya dan sangat mengganggu sistem pengereman. Gunakan yang berbahan dasar non-silikon.

6. Kolong mobil

Posisinya yang sulit kerap membuat pemilik malas membersihkan kolong mobil. Padahal akan terlihat aneh jika bodi mengkilap, tapi kolongnya kotor. Meski tidak terlalu terlihat, tapi bagian bawah ini tempat kotoran menumpuk.  

Kolong mobil paling banyak menyimpan kotoran khususnya ketika musim hujan. Bayangkan bila tidak membersihkan bagian bawah ini, tumpukan kotoran ini jika dibiarkan bisa mengganggu kerja komponen tertentu.

Sudah selayaknya memberi perhatian lebih pada bagian bawah mobil ini, mulai dari ruang spakbor, bumper depan-belakang, kemudi, suspensi, radiator dan kondensor AC.

Lindungi mobilmu dengan asuransi

Mengingat harga beli mobil yang tidak sedikit, maka kita juga harus menyiapkan anggaran untuk setiap perawatannya.

Asuransi mobil bisa jadi solusi untuk mengatasi berbagai perawatan kendaraan dan risiko kecelakaan. Bahkan, asuransi mobil pun menanggung risiko tidak terduga seperti kerusakan mobil yang disebabkan tergelincir dari mesin hidrolik saat cuci mobil. 

Pemilik mobil yang mengalami kerusakan hidrolik dapat mengajukan klaim sambil menjelaskan kronologi terjatuhnya mobil kepada pihak asuransi mobil. Hak tuntut pemilik mobil akan dialihkan ke pihak asuransi, jadi yang akan menuntut bengkel cuci mobil adalah perusahaan asuransi.

Manfaat ini serupa bagi pemilik motor yang ingin mendapatkan perlindungan kerugian dari asuransi motor.

Asuransi juga dapat menanggung biaya servis mobil dan biaya servis motor, termasuk biaya perbaikan atas kerusakan akibat kecelakaan lalu lintas dan perbuatan kelalaian.

Itulah informasi seputar biaya cuci mobil. Memilih tempat cuci mobil dan caranya haruslah tepat. Sebab, jika asal memilihnya, bisa-bisa mobil kesayangan kita tergores hingga mengalami kerusakan. 

Jika kamu punya pertanyaan terkait perencanaan anggaran pribadi dan rumah tangga, jangan segan untuk berkonsultasi di Tanya Lifepal.

FAQ seputar biaya cuci mobil

Berapa biaya cuci mobil?

Biaya cuci mobil dipengaruhi oleh beberapa hal seperti di mana lokasi mencuci mobilnya dan metode pencucian yang digunakan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kisaran biaya cuci mobil dengan berbagai metode:

  • Biaya cuci mobil manual  (Rp25 ribu- Rp30 ribu)
  • Biaya cuci mobil hidrolik (Rp20 ribu – Rp50 ribu)
  • Biaya cuci mobil waterless (Rp50 ribu – Rp100 ribu) 
  • Biaya cuci mobil touchless (Rp50 ribu – Rp75 ribu) 
  • Biaya cuci mobil robotic (Rp80 ribu – Rp150 ribu) 
  • Biaya cuci mobil di Pertamina (mulai dari Rp40 ribu)

Apa itu cuci mobil hidrolik?

Sistem hidrolik digunakan untuk mengangkat mobil sehingga memudahkan pembersihan, terutama di bagian bawah mobil secara leluasa.

Berapa lama mencuci mobil?

Durasi proses pengerjaan baik berbeda tergantung metodenya. Sebagai gambaran untuk tempat cuci robot maupun cuci tenaga manusia sama-sama menghabiskan waktu mencapai 15-20 menit. Sementara touchless bisa maksimal 10 menit.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →