Cari Tahu Biaya Dokter THT untuk Tindakan Irigasi Telinga

biaya dokter tht

Telinga terasa tersumbat dan membuat pendengaran tidak nyaman? Rasanya ingin berobat, tapi galau berapa biaya dokter THT? 

Pendengaran yang terganggu memang menyebalkan. Meski kita masih bisa mendengar, tapi rasanya tetap saja ada yang aneh di telinga. Apalagi jika disertai dengan rasa nyeri.

Biaya dokter THT biasanya berkisar antara Rp100.000 hingga Rp250.000. Meski ada satu dua rumah sakit yang mengenakan biaya hingga Rp600.000. 

Berikut daftar beberapa rumah sakit di kota-kota besar Indonesia yang memiliki layanan irigasi telinga beserta kisaran biayanya.

Rumah Sakit

Kisaran Biaya Irigasi Telinga

RS Mulia Pajajaran

Bogor

Rp100.000

Rumah Sakit Mulya

Tangerang

Rp112.200

Klinik Panacea

Balikpapan

Rp115.000

RS Awal Bros Ahmad Yani

Pekanbaru

Rp124.000

Mitra Keluarga

Surabaya

Rp127.000

Rumah Sakit Immanuel

Bandung

Rp191.000

Charlie Hospital

Kendal

Rp200.000

Siloam Hospital Lippo Cikarang

Cikarang

Rp250.000

RS Imelda Pekerja Indonesia

Medan

Rp250.000

Takenoko Clinic Sudirman

Jakarta Pusat

Rp330.000

Mayapada Hospital

Jakarta Selatan

Rp605.000

Apa itu prosedur irigasi telinga?

Ada beberapa gangguan telinga yang sering terjadi, salah satunya adalah penumpukan kotoran telinga. Penyakit inilah yang sering membuat kita sulit mendengar. 

Zat lilin yang ada di telinga ini tujuannya memang untuk mencegah debu atau benda asing lain masuk ke telinga. Sayangnya kebiasaan kita membersihkan kotoran dengan cotton bud, dapat membuat zat lilin ini malah terdorong masuk lebih jauh ke lubang telinga. 

Akibatnya telinga terasa berdenging, timbul rasa sakit, bahkan tidak dapat mendengar dengan baik. 

Salah satu tindakan medis yang bisa dilakukan adalah irigasi telinga, yaitu prosedur yang dilakukan untuk membersihkan kotoran telinga yang menumpuk di saluran telinga. 

Jika telinga mulai terganggu, sebaiknya jangan coba-coba untuk melakukan pengobatan sendiri. Akan lebih baik pergi ke dokter THT saja untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Irigasi telinga biasanya dianjurkan jika kotoran telinga mengakibatkan terjadinya infeksi, penyumbatan saluran telinga, pemeriksaan telinga sulit dilakukan, adanya benda asing yang masuk ke telinga, atau malah ada keluhan lainnya semisal pusing, telinga terasa sakit saat mengunyah makanan, dan sebagainya. 

Kekhawatiran mahalnya biaya dokter THT sering membuat urung untuk berobat

Sepertinya seram ya andai kita harus membatalkan niat untuk berobat karena kebetulan saat itu kita sedang tidak memiliki uang? Pada kasus ini, sayangnya jika tidak dilakukan penanganan medis, penumpukan kotoran telinga dapat meningkatkan risiko terjadi infeksi telinga dan berakibat kepada menurunnya kemampuan mendengar. 

Sebaiknya juga jangan melakukan pengobatan sendiri, seperti terapi lilin panas misalnya. Karena malah dapat membuat saluran telinga terbakar. Lebih baik membayar dokter yang sudah jelas keahliannya, daripada melakukan pengobatan sendiri. 

Ya, memang sih biaya dokter THT bagi sebagian dari kita bisa terasa mahal. Tapi daripada menimbulkan masalah pendengaran nantinya, biaya yang harus dikeluarkan akan semakin banyak, kan?

Biaya perawatan kesehatan terus meningkat

Di Indonesia, rata-rata biaya pengobatan dan perawatan kesehatan memang masih terbilang mahal. Bahkan di tahun 2019 kemarin, biaya kesehatan naik 3,46 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang mana sekitar 3,14 persen. 

Tidak hanya karena kita berobat pada dokter spesialis yang tentu biaya pendidikan mereka juga mahal, tapi karena di Indonesia, alat-alat kesehatan masih dikenakan pajak yang cukup tinggi. Belum lagi, adanya trend bisnis rumah sakit mewah, akibatnya rumah sakit pun berlomba memberikan banyak fasilitas pada pasien yang sebetulnya tidak terlalu berpengaruh juga terhadap kesehatan konsumen. 

Wajar, jika akhirnya kita menganggap, biaya berobat atau menjaga kesehatan di Indonesia itu masih mahal. Jargon “orang miskin nggak boleh sakit” atau “yang penting dikerok aja kelar” semakin membuat masyarakat malas datang ke rumah sakit. 

Tapi sebenarnya, ada cara lho agar biaya rumah sakit atau perawatan kesehatan kita bisa terjangkau. Caranya, dengan mendaftar sebagai nasabah asuransi kesehatan. 

Asuransi kesehatan, solusi mengatasi mahalnya biaya dokter

asuransi kesehatan

Bagaimana asuransi kesehatan dapat membantu mengurangi beban biaya pengobatan atau perawatan kesehatan?

Dengan memiliki asuransi kesehatan, saat kamu butuh berobat, kamu tidak perlu khawatir dengan biaya pengobatan yang harus dikeluarkan. Baik itu untuk rawat inap ataupun rawat jalan, asuransi kesehatan akan menanggung biaya kebutuhan tersebut. Banyak asuransi kesehatan yang memberi perlindungan biaya rawat jalan hingga Rp1,5 juta. 

Memang kita harus membayar premi, namun besar premi dapat disesuaikan dengan pengeluaran kita setiap bulan sehingga neraca keuangan di bulan berjalan tidak akan terganggu. 

Selain itu, jumlah premi asuransi yang harus dibayar terbilang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mahalnya keseluruhan biaya medis yang harus dijalani di klinik atau rumah sakit.

Beda halnya jika kita tidak memiliki asuransi kesehatan. Saat sakit kita membutuhkan biaya yang besar, mau tidak mau kita harus merogoh kocek lebih dalam. Bahkan sangat mungkin kita harus mengambil tabungan kita untuk menutupi kebutuhan biaya. 

Lebih dalam tentang asuransi kesehatan

Seperti kita semua tahu produk asuransi kesehatan menanggung biaya medis saat kita butuh perawatan dokter atau di rumah sakit. Cakupan biaya yang ditanggung biasanya meliputi biaya rawat inap, rawat jalan, pembedahan, bahkan juga medical check up

Beberapa asuransi kesehatan juga memberi manfaat tambahan seperti pertanggungan untuk melahirkan, perawatan gigi, dan mata. 

Nasabah asuransi kesehatan cukup hanya membayar premi yang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan perlindungan kesehatan yang kita butuhkan. 

Dengan kata lain, kita juga akan mendapat perlindungan atas risiko finansial yang kita hadapi saat sakit. Artinya, kondisi keuangan kita pada saat sakit tidak akan terganggu karena biaya perawatan atau pengobatan kesehatan kita sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Beberapa perusahaan asuransi juga menawarkan santunan atas risiko meninggal dunia dan pengembalian premi hingga 20 persen.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, kita juga tidak akan merasa khawatir pada saat bepergian karena perusahaan asuransi biasanya sudah bekerja sama dengan banyak rumah sakit rekanan di seluruh Indonesia bahkan juga di luar negeri. 

Tapi bagaimana, ya, cara menjadi nasabah asuransi dan cara memilih asuransi sesuai kebutuhan? Tenang, cukup buka laman beranda Lifepal untuk cari jenis asuransi kesehatan yang tepat. 

Belum puas dengan hanya mengisi kuesioner? Silakan chat dengan layanan pelanggan Lifepal untuk mendapatkan rekomendasi asuransi kesehatan terbaik yang dapat menanggung biaya dokter THT sesuai kebutuhan dan tentu saja yang pas dengan bujet kamu.