Biaya Dokter THT Terbaru di Rumah Sakit dan Puskesmas

biaya dokter tht

Saat bagian telinga, hidung, dan tenggorokan kamu bermasalah, mungkin kamu ingin segera mengunjungi dokter THT, ya. Tapi, berapa ya kira-kira besaran biaya dokter THT ini?  

Di beberapa rumah sakit, biaya THT untuk menangani masalah di area telinga, hidung, dan genggorokan kamu bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Hal ini tentunya bisa lebih mahal lagi bergantung pada tindakan medis yang dilakukan.

Kamu bisa segera mencari dokter THT terdekat dari rumah kamu agar penanganannya lebih cepat. Atau, jika kamu menginginkan biaya dokter THT yang lebih terjangkau, kamu bisa periksa di Puskesmas terdekat, ya.

Berikut informasi terkait biaya dokter THT di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bogor, hingga Jogja dan juga biaya dokter THT di Puskesmas. Simak, ya.

Kisaran biaya dokter THT di rumah sakit

Tarif dokter THT biasanya berkisar antara Rp90.000 hingga Rp300.000. Meski ada satu dua rumah sakit yang mengenakan biaya hingga Rp600.000. 

Berikut ini estimasi biaya dokter THT di beberapa rumah sakit yang tersebar di Indonesia untuk mengatasi gangguan pada saluran telinga, hidung, dan tenggorokan kamu. 

Rumah SakitHarga dokter THT
RS Mulia Pajajaran, BogorRp100.000
Rumah Sakit Mulya, TangerangRp112.200
Klinik Panacea, BalikpapanRp115.000
RS Awal Bros Ahmad Yani, PekanbaruRp124.000
Mitra Keluarga, SurabayaRp127.000
Rumah Sakit Immanuel, BandungRp191.000
Charlie Hospital, KendalRp200.000
Siloam Hospital Lippo, CikarangRp250.000
RS Imelda Pekerja Indonesia, MedanRp250.000
Takenoko Clinic Sudirman, Jakarta PusatRp330.000
Mayapada Hospital, Jakarta SelatanRp605.000
Rumah Sakit JIH, JogjaRp110.000
Rumah sakit Islam Yogyakarta PDHIRp95.000
RS PKU Muhammadiyah GampingRp70.000
RS Mitra Keluarga SurabayaRp228.000
RS Premier SurabayaRp250.000
Rumah Sakit Kasih Ibu SoloRp250.000
RS Khusus THT – Bedah KL Proklamasi, Menteng, Jakarta PusatRp450.000

Biaya periksa THT di Puskesmas

Seperti yang sudah dijabarkan di atas biaya THT untuk prosedur membersihkan telinga di rumah sakit tidaklah murah. Apabila kamu ingin mencari harga yang terjangkau bahkan gratis, kamu bisa periksa di Puskesmas terdekat dan memanfaatkan BPJS Kesehatan.

Jika kamu tidak memiliki BPJS Kesehatan, biaya periksa THT di Puskesmas adalah Rp50 ribu. Tarif THT di Puskesmas ini tentunya bisa lebih tinggi jika memerlukan tindakan yang lebih serius.

Namun, jika kamu menggunakan BPJS Kesehatan, biaya untuk pemeriksaan THT di Puskesmas akan ditanggung sepenuhnya alias gratis.

Bahkan, jika gejala yang kamu alami berat, kamu bisa dirujuk ke rumah sakit dan biayanya pun akan ditanggung.

Penyakit apa saja yang harus menemui dokter THT?

Seperti yang kita ketahui, dokter spesialis THT adalah ahli yang khusus menangani beberapa masalah di saluran telinga, hidung, dan tenggorokan kamu. Oleh sebab itu, jika kamu mengalami beberapa masalah di saluran telinga, hidung, dan tenggorokan kamu, kamu bisa memeriksakannya di dokter spesialis THT.

Berikut ini beberapa penyakit yang bisa ditangani oleh dokter THT:

  • Tonsillitis (radang amandel)
  • Laringitis (peradangan pada laring)
  • Sinusitis
  • Telinga berdengung
  • Pendengaran berkurang atau hilang
  • Sleep apnea
  • Tumor atau kanker pada telinga, hidung, atau tenggorokan
  • Hidung tersumbat
  • Sulit menelan makanan
  • Suara serak selama lebih dari 2 minggu
  • Tidur mendengkur
  • Indra penciuman terganggu
  • Apakah bisa membersihkan telinga di dokter THT?

    Ada beberapa gangguan telinga yang sering terjadi, salah satunya adalah penumpukan kotoran telinga. Penyakit inilah yang sering membuat kita sulit mendengar. 

    Zat lilin yang ada di telinga ini tujuannya memang untuk mencegah debu atau benda asing lain masuk ke telinga. Sayangnya kebiasaan kita membersihkan kotoran dengan cotton bud, dapat membuat zat lilin ini malah terdorong masuk lebih jauh ke lubang telinga. 

    Akibatnya telinga terasa berdenging, timbul rasa sakit, bahkan tidak dapat mendengar dengan baik. 

    Salah satu tindakan medis yang bisa dilakukan adalah irigasi telinga, yaitu prosedur yang dilakukan untuk membersihkan kotoran telinga yang menumpuk di saluran telinga. 

    Jika telinga mulai terganggu, sebaiknya jangan coba-coba untuk melakukan pengobatan sendiri. Akan lebih baik pergi ke dokter THT saja untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

    Irigasi telinga biasanya dianjurkan jika kotoran telinga mengakibatkan terjadinya infeksi, penyumbatan saluran telinga, pemeriksaan telinga sulit dilakukan, adanya benda asing yang masuk ke telinga, atau malah ada keluhan lainnya semisal pusing, telinga terasa sakit saat mengunyah makanan, dan sebagainya. 

    Tindakan yang dilakukan oleh dokter THT

    Selain irigasi telinga, ada beberapa tindakan lain yang dilakukan oleh dokter spesialis THT berikut ini.

    1. Esofangoskopi

    Pada tindakan ini, dokter akan memasukan selang yang sudah ada kamera pada mulut pasien. Selang tersebut kemudian akan masuk ke kerongkongan untuk melihat adanya gangguan pada tenggorokan.

    2. Audiometri

    Tindakan medis ini dilakukan untuk mengetes kemampuan pendengaran pasien serta untuk mengetahui ada atau tidaknya masalah pendengaran sejak dini.

    3. Tonsilektomi

    Tindakan ini dilakukan untuk mengatasi masalah pada amandel, yakni dengan cara memotong amandel yang ukurannya besar di bagian tenggorokan.

    4. Trakeostomi

    Tindakan ini dilakukan apabila pasien mengalami sumbatan pada saluran pernapasannya. Trakeastomi dilakukan dengan memasang tabung pernapasan pada trakea, sehingga pasien jadi bisa bernapas lagi dengan mudah.

    5. Operasi sinus dengan endoskopi

    Tindakan ini dilakukan dengan cara memasukkan selang kecil ke saluran hidung untuk mengatasi masalah sinus pada seseorang.

    6. Septoplasti

    Tindakan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi sumbatan pada saluran pernapasan. Caranya yakni dengan memperbaiki posisi septum hidung melalui operasi.

    FAQ Seputar Biaya THT

    Biaya dokter THT di Jakarta bervariasi. Rata-rata mulai dari Rp350 ribu hingga Rp500 ribu, tergantung pada kebijakan rumah sakit dan tindakan medis yang diambil.

    Penting. Asuransi kesehatan akan memproteksi finansial kamu dari biaya pengobatan yang mahal. Jadi, aset dan tabungan kamu akan tetap aman, ya.

    Artikel Terkait Lainnya
    Artikel terkait tidak ditemukan