Pengin Rekam Jantung? Ini Biaya EKG di Rumah Sakit [2020]

biaya ekg

Pemeriksaan EKG hadir untuk mengetahui penyebab jantung berdebar, bahkan terasa nyeri. Lantas, berapa biaya EKG bila ingin mengetahui kondisi kesehatan jantung kita?

Biaya EKG menjadi pertanyaan siapa saja yang ingin mengecek salah satu organ tubuh sangat vital ini bila terkena gangguan serta masalah. 

Jika jantung terasa mengalami gangguan, pemeriksaan EKG hadir untuk menelaah lebih jauh dan canggih apa penyebab jantung terasa berdebar, bahkan nyeri.

Jika dibandingkan dengan pemeriksaan lainnya, biaya EKG bisa dibilang terjangkau. Harganya tergantung rumah sakit dan peralatan yang digunakan.

Untuk mengeceknya, yuk ketahui pemeriksaan EKG lebih dalam di sini!

Apa itu elektrokardiogram (EKG)?

Electrocardiogram (ECG) atau elektrokardiogram (EKG) merujuk pada pemeriksaan sederhana yang tujuannya untuk mengukur irama dan aktivitas listrik jantung. Pernahkah kamu mendengar istilah rekam jantung? Nah, EKG sama dengan rekam jantung. 

Tahu gak kalau setiap kali jantung kamu berdetak, ada aliran listrik yang mengalir dan memicu kontraksi otot jantung. Kontraksi otot inilah yang menyebabkan jantung mampu memompa darah ke seluruh tubuh. 

Pada tindakan pemeriksaan EKG, aliran listrik jantung direkam oleh mesin dan hasilnya akan diperiksa apakah menunjukkan gangguan atau kerusakan.

Berapa sih biaya EKG? Sama seperti pemeriksaan lainnya, biaya elektrokardiogram bisa berbeda-beda tergantung klinik dan fasilitas kesehatannya. Umumnya, biaya pemeriksaan ini di rumah sakit swasta dimulai dari Rp500 ribu.

Pemeriksaan elektrokardiogram

Sebenarnya apa sih kegunaan dan persiapan pemeriksaannya? Apakah ada risiko yang ditimbulkan? 

1. Kegunaan EKG

Rekam jantung ini sangat berguna untuk mengetahui beberapa hal yang terjadi di jantung seperti munculnya gumpalan, sumbatan, hingga kerusakan otot jantung. Yuk, baca kegunaan EKG di bawah ini:

  • Mendeteksi ritme jantung tidak normal yang dapat menyebabkan terbentuknya gumpalan darah di pembuluh darah.
  • Mendeteksi kelainan jantung seperti serangan jantung, aritmia, sumbatan arteri koroner, kerusakan otot jantung, pembesaran jantung, dan peradangan pada lapisan pelindung jantung (perikarditis).
  • Mendeteksi kondisi medis lain seperti gangguan keseimbangan elektrolit dan penyakit paru.
  • Memantau proses penyembuhan setelah serangan jantung, perkembangan penyakit jantung, dan mengevaluasi efektivitas obat jantung atau alat pacu jantung.
  • Menyingkirkan kemungkinan penyakit jantung pada pasien yang akan melakukan operasi.

2. Keluhan yang membutuhkan pemeriksaan EKG?

Tidak semua gangguan membutuhkan tindakan pemeriksaan EKG, hanya keluhan tertentu yang direkomendasikan untuk ditangani. Gejala atau keluhan tersebut berupa:

  • Nyeri dada
  • Jantung berdebar
  • Gangguan irama jantung (aritmia)
  • Sesak nafas
  • Pusing
  • Badan lemas
  • Cepat lelah.

Selain itu keluhan di atas, rekam jantung juga direkomendasikan bagi pasien dengan kondisi tertentu, seperti:

  • Pernah mengalami serangan jantung atau masalah jantung lainnya
  • Memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarga
  • Sudah direncanakan akan menjalani operasi karena kondisi jantung perlu dinilai sebelum prosedur
  • Pengguna alat pacu jantung karena EKG dapat mengevaluasi efektivitas dari alat pacu jantung
  • Sedang mengonsumsi obat untuk menangani penyakit jantung karena evaluasi efektivitas obat dapat dinilai melalui elektrokardiogram
  • Mengalami gangguan keseimbangan elektrolit
  • Seberapa sering Anda harus menjalani elektrokardiogram?

Apabila hasil elektrokardiogram menunjukkan hasil yang normal, pemeriksaan cukup dilakukan satu kali dan tanpa tes lanjutan. 

3. Hal yang harus dipersiapkan sebelum pemeriksaan EKG

Apa saja persiapan untuk menjalani elektrokardiogram? Sebenarnya, tidak ada persiapan khusus sebelum pemeriksaan elektrokardiogram. 

Bahkan, pasien bisa makan dan minum seperti biasa. Agar elektroda mudah dipasang pada kulit dada, kamu disarankan memakai celana yang mudah dilepas dan mencukur bulu dada jika memilikinya.

4. Hal yang tidak dianjurkan sebelum pemeriksaan EKG

Meski tidak ada persiapan khusus, buat jaga-jaga agar hasil rekam jantung tidak terganggu, kamu tidak dianjurkan menerapkan beberapa langkah seperti:

  • Merokok sebelum pemeriksaan dilakukan.
  • Minum air es dan berolahraga.
  • Memakai krim atau lotion berminyak karena elektroda bisa sulit menempel di kulit.
  • Mengenakan celana panjang karena elektroda juga perlu ditempelkan pada kaki.

5. Prosedur pemeriksaan EKG

Pemeriksaan elektrokardiogram bisa dilakukan di klinik ataupun rumah sakit. Prosedur yang biasanya dilakukan adalah:

  • Pasien diminta berbaring di meja pemeriksaan.
  • Pasien akan diminta membuka pakaian atas.
  • Melepas aksesori seperti kalung, gelang, ikat pinggang, handphone yang mungkin dapat memengaruhi hasil.
  • Petugas medis akan meletakkan beberapa elektroda pada lengan, kaki, dan dada pasien.
  • Elektroda yang terhubung ke komputer tersebut akan merekam aktivitas listrik jantung.
  • Aktivitas listrik jantung akan ditampilkan di layar komputer dan hasilnya dicetak pada lembaran kertas.

Prosedur rekam jantung biasanya hanya berlangsung sebentar, hanya beberapa menit saja. Tapi,  selama proses ini kamu dilarang menggerakan anggota tubuh dan berbicara.

6. Siapa yang melakukan pemeriksaan EKG?

Tindakan EKG jantung ditangani oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah serta didukung peralatan medis yang memadai.

7. Apakah ada risiko pascapemeriksaan EKG?

Pemeriksaan ini secara umum bersifat aman, cepat, dan tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, rasa tidak nyaman mungkin saja timbul ketika elektroda dilepas dari kulit, atau muncul ruam kulit di lokasi penempelan elektroda.

8. Pemeriksaan jantung lainnya

Ternyata untuk merekam jantung untuk mengetahui berbagai macam kondisinya tidak hanya prosedur EKG saja. Jenis pemeriksaan jantung yang lain adalah treadmill test, USG jantung, holter monitoring, tes stres, dan CT scan jantung

Biaya pemeriksaan EKG

Mau tahu estimasi biaya pemeriksaan rekam jantung? Lifepal ada list-nya khusus buat kamu. Daftar biaya ini berasal dari berbagai rumah sakit/klinik di Jakarta.

Rumah Sakit/Klinik Estimasi Biaya
Rumah Sakit Tebet Rp100 ribu
Siloam Hospitals Kebon Jeruk Rp161 ribu
Siloam Hospitals TB Simatupang Rp161 ribu
Mayapada Hospital Jakarta Selatan Rp245 ribu
Rumah Sakit Husada Mangga Dua Selatan Rp110 ribu
Primaya Evasari Hospital Rp65 ribu
Rumah Sakit Premier Jatinegara Rp290 ribu
Laboratorium Klinik Prodia Sunter Rp130 ribu
Laboratorium Klinik Prodia Pasar Minggu Rp130 ribu
Rumah Sakit Sumber Waras Rp85 ribu
MRCCC Siloam Hospitals Semanggi Rp161 ribu
RSU Pekerja Cilincing Rp75 ribu
Siloam Hospitals Asri Mampang Rp1140 ribu
Laboratorium Klinik Prodia Sunter Griya Rp130 ribu
Prodia Health Care Kemang Rp130 ribu
Prodia Women’s Health Centre Jakarta Rp130 ribu
Laboratorium Klinik Prodia Kampung Melayu Rp130 ribu
Klinik Medexs Rp100 ribu

Daftar rumah sakit di atas datang dari tempat dan harga yang berbeda. Kamu bisa cek mana rumah sakit/klinik yang terdekat dengan domisili beserta estimasi biaya konsultasinya.

Apakah biaya ke dokter kulit ditanggung BPJS?

Kamu pasti sudah tahu kalau setiap anggota BPJS Kesehatan berhak menerima pelayanan kesehatan, meliputi pelayanan promotif, preventif, pengobatan untuk menyembuhkan penyakit, dan rehabilitasi. 

Nah, dalam kasus biaya EKG kulit bisa dipastikan ditanggung BPJS. pemeriksaan jantung dengan  EKG masuk dalam pelayanan kesehatan tingkat 1 dengan kategori pemeriksaan. 

Kalau kamu pengin biaya EKG ditanggung BPJS, pastikan rumah sakit/klinik yang kamu kunjungi juga berafiliasi dengan BPJS. Eits, perlu diingat, BPJS tidak menanggung pelayanan kesehatan untuk tujuan estetik, ya.

Pentingnya punya asuransi

Setuju kan kalau punya asuransi pasti kamu diuntungkan, seperti saat kamu mau rekam jantung. Itu baru satu dari sekian urgensi punya asuransi.

Umumnya, asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang menanggung biaya medis saat kita diharuskan pergi ke dokter atau rumah sakit. 

Beberapa manfaat asuransi kesehatan meliputi biaya rawat inap, rawat jalan, pembedahan, dan medical check-up. Nah, asuransi ini juga mempunyai manfaat tambahan lho seperti melahirkan, perawatan gigi, dan mata.

Untuk menikmati manfaat di atas, nasabah perlu membayarkan premi yang besarannya variatif dan tergantung pada usia, pekerjaan, dan limit pertanggungan. 

Namun berbeda dengan BPJS Kesehatan, kita bisa lebih fleksibel memilih premi yang diinginkan, pertanggungan, dan rumah sakit.

Cara memilih asuransi kesehatan terbaik

Di Indonesia, penyedia layanan asuransi jumlahnya ratusan, namun sebelum memilih mana yang cocok, kita perlu mengetahui beberapa kriteria asuransi kesehatan terbaik.

Kriteria asuransi kesehatan terbaik, yaitu:

  • Jaringan rumah sakit yang luas. Bagi yang sering ke luar negeri, pastikan penyedia menjangkau rumah sakit di luar negeri.
  • Fasilitas cashless karena praktis apalagi di saat kondisi genting. Sehingga kita cukup menggesekkan atau cukup menunjukkan kartu asuransi saja.
  • Limit pertanggungan dan premi sesuai. Tidak selalu asuransi kesehatan murah akan lebih baik, tetapi asuransi yang bagus juga tidak selalu mahal. Nah, itulah kriterianya. Apakah asuransi sudah termasuk dalam kriteria di atas?

 Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli proteksi kesehatan: 

Metode klaim cashless

Dengan sistem klaim cashless nasabah bisa datang ke rumah sakit bermodal kartu peserta asuransi kesehatan saja. Artinya, nasabah tidak perlu mengeluarkan anggaran yang besar untuk mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit rekanan. Namun, cashless tidak selalu menjadi terbaik. Ingat penjelasan sebelumnya, ya!

Contohnya adalah rekomendasi pilihan di atas yaitu Allianz, AXA Mandiri, Prudential, Manulife, BCA, BNI Life, dan Cigma semuanya memiliki manfaat asuransi cashless dan reimbursement

Menanggung biaya rawat jalan

Biaya perawatan pra dan pasca rawat inap tidaklah murah. Untuk itu, sebaiknya pilih yang menanggung biaya rawat jalan tersebut. 

Dari rekomendasi Lifepal, Asuransi kesehatan AXA Mandiri, Cigna, dan Manulife menanggung biaya rawat jalan sebagai manfaat dasar asuransi. Calon nasabah tinggal memilih premi dan plafon yang dapat melengkapi kebutuhan serta anggaran. 

Manfaat pengembalian premi

Beberapa asuransi juga menawarkan pengembalian premi atau no claim bonus apabila tidak ada klaim hingga masa polis berakhir. 

Umumnya besaran pengembalian premi tiap polis perusahaan berbeda-beda ada yang 20 persen, 50 persen, bahkan hingga 100 persen dari total premi yang telah dibayarkan.

Beberapa pilihan rekomendasinya adalah asuransi kesehatan Cigna, Prudential, dan Allianz juga memberikan manfaat no claim bonus bahkan ada yang setiap setahun. 

Limit/plafon sesuai premi

Plafon yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan memang sekilas terkesan besar. Misalnya, uang pertanggungan Rp20 juta terkesan banyak saat ini. Namun, jika dibandingkan dengan biaya perawatan medis di Indonesia saat ini yang mana biaya operasi memakan biaya sekitar Rp7-Rp15 juta, tentu manfaat pertanggungan Rp20 juta sangatlah kecil.

Jika memungkinkan, sebaiknya pilih yang menanggung biaya medis sesuai tagihan rumah sakit (as charged), seperti Manulife, Prudential, dan BNI Life. 

Iuran premi tidak lebih 10 persen dari gaji

Meski proteksi kesehatan sangatlah penting, calon nasabah tetap harus memastikan keuangannya tetap terjaga. Salah satunya adalah dengan mengikuti metode finansial 50/30/20. Di mana 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 30 persen untuk hiburan, 10 persen investasi, dan 10 persen asuransi. 

Beli melalui broker asuransi

Broker yang telah terdaftar resmi dapat membantu nasabah mengajukan klaim. Ingat, ketika sedang mengalami risiko medis, pengajuan klaim akan sangat sulit dilakukan sendiri. Belum lagi jika pengajuan klaim nasabah ditolak karena alasan tertentu. Broker asuransi seperti Lifepal dapat sangat membantu dalam mengatasi masalah klaim tersebut.

Keuntungan beli asuransi kesehatan online 

Ada begitu banyak manfaat yang bisa didapat dengan beli asuransi kesehatan online. Salah satunya adalah kemudahan transaksi. 

Sebab, calon nasabah hanya perlu buka situs broker asuransi Lifepal.co.id untuk membandingkan ratusan produk asuransi kesehatan terbaik dan murah. Setelah itu, pilih plafon dan premi yang sesuai kebutuhan serta anggaran. 

Selain itu, marketplace asuransi online juga biasanya menawarkan banyak diskon, sehingga premi yang didapat bisa lebih murah. Seperti Lifepal, yang saat ini menawarkan promo menarik untuk produk asuransi kesehatan. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →