Biaya Endoskopi 2020 di Indonesia [Plus Cara Minimalkannya]

Biaya endoskopi

Pemeriksaan endoskopi biasanya dilakukan buat memeriksa lambung pasien yang menderita sakit. Ada biaya endoskopi yang dikenakan rumah sakit terhadap pasien yang melakukan pemeriksaan ini. Kira-kira berapa besar ya?

Dalam dunia medis, pemeriksaan endoskopi dilakukan dengan alat yang bermana endoskop. Endoskop adalah sebuah alat yang berbentuk seperti selang tipis dengan kamera yang disertai lampu pada ujungnya.

Alat ini biasa digunakan untuk melihat kondisi organ di dalam tubuh. Kamera endoskop akan menampilkan gambar pada layar di monitor sehingga kondisi organ dapat diamati dengan lebih baik dan lebih jelas. 

Prosedur medis yang menggunakan endoskop ini disebut juga dengan endoskopi. Endoskopi sendiri dapat digunakan dengan berbagai cara tergantung organ apa yang perlu diperiksa.

Endoskopi sendiri dilakukan untuk memeriksa organ terkait tanpa perlu membuat sayatan pada tubuh pasien.

Pastikan diri kamu terlindungi dengan asuransi kesehatan terbaik yang memberikan jaminan atas biaya perawatan kesehatan, termasuk endoskopi.

Gejala-gejala yang perlu pemeriksaan endoskopi

Kamu biasanya akan direkomendasikan untuk melakukan endoskopi jika memiliki gejala kelainan pada organ. Kelainan tersebut bisa berupa infeksi, peradangan, bahkan kanker.

Tindakan endoskopi juga bisa dilakukan untuk membantu dokter mengambil sampel jaringan (biopsi). Selain itu, endoskopi bisa dilakukan untuk menunjang diagnosis jika kamu mengalami beberapa gejala sebagai berikut: 

  • Keluhan saluran pencernaan, seperti buang air besar atau muntah darah, diare atau muntah terus-menerus, nyeri perut, berat badan menurun, disfagia, maupun rasa panas pada ulu hati.
  • Batuk darah atau batuk kronis.
  • Keluhan saluran kemih seperti buang air kecil berdarah atau mengompol.
  • Keguguran berulang atau pendarahan pada vagina.

Di samping gejala di atas, endoskopi juga dilakukan untuk melaksanakan tindakan medis, seperti: 

  • Membuang batu empedu.
  • Memasang stent pada saluran empedu atau pankreas yang menyempit.
  • Menghancurkan batu pada saluran kemih dan memasang stent pada ureter. 
  • Mengangkat usus buntu yang mengalami peradangan.
  • Mengangkat miom di rahim.
  • Menyumbat pendarahan pada penderita tukak lambung.
  • Menangani varises esofagus yang pecah. 

Prosedur endoskopi

Biaya endoskopi

Dalam pelaksanaannya, endoskopi tidak memakan waktu yang terlalu lama hanya sekitar 15 – 45 menit. Itu pun tergantung dari tujuannya dilakukan. Saat akan melakukan endoskopi, kamu akan: 

  • Diminta berbaring di atas meja pemeriksaan. 
  • Diberikan obat bius oleh dokter.
  • Dimasukkan endoskop pada tubuh melalui saluran tertentu tergantung dengan organ yang akan diperiksa.
  • Dokter akan mengendalikan endoskop sampai ia mencapai organ tubuh yang dituju.
  • Setelah selesai, kamu akan dibawa ke ruang pemulihan.
  • Jika sudah kembali sadar, kamu bisa diizinkan untuk pulang. 

Biaya endoskopi di Indonesia 

Endoskopi dapat dilakukan dengan berbagai cara tergantung dengan kebutuhan dan organ mana yang perlu mendapatkan pemeriksaan.

Ini yang menyebabkan biaya endoskopi pun berbeda-beda untuk setiap pasiennya. Ini juga ditentukan obat bius yang digunakan selama endoskopi dilakukan, juga perawatan pasca endoskopi.

Perbedaan biaya ini pun tergantung dari rumah sakit dimana kamu melakukan endoskopi, kisaran biayanya mulai dari Rp 2.500.000 – >Rp 5.000.000.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini daftar biaya endoskopi di berbagai rumah sakit di Indonesia sebagaimana yang dikutip dari Alodokter

Rumah Sakit  Biaya endoskopi

Lokasi 

Rumah Sakit Immanuel  Rp 2.576.500 Bandung
Siloam Hospitals Kebon Jeruk Rp 3.371.000 Jakarta 
RS Bhayangkara Makassar Rp 4.000.000 Makassar
Primaya Hospital Tangerang Rp 2.031.000 Tangerang
Rumah Sakit Premier Jatinegara Rp 5.200.000 Jakarta 
Columbia Asia Hospital Semarang Rp 4.311.000 Semarang
Siloam Hospitals Surabaya Rp 3.800.000 Surabaya
Siloam Sriwijaya Palembang  Rp 2.300.000 Palembang
RS EMC Tangerang Rp 2.527.000 Tangerang
RS Mitra Plumbon Cirebon  Rp 4.725.000 Cirebon
Siloam Hospitals Lippo Village  Rp 3.371.000 Tangerang
MRCCC Siloam Hospitals Semanggi Rp 3.500.000 Jakarta
Ciputra Hospital Citra Garden City Rp 5.000.000 Jakarta
Mitra Keluarga Bekasi Timur  Rp 1.120.000 Bekasi
Siloam Hospitals Asri Mampang Rp 2.500.000 Jakarta 

Pentingnya memiliki asuransi kesehatan 

Asuransi kesehatan penting sekali untuk dimiliki sebab biaya kesehatan semakin hari mengalami kenaikan yang menyebabkan uang yang dikeluarkan semakin besar.

Berdasarkan data perusahaan asuransi Cigna dan Tower Watson Global Medical Trend Survey, kenaikan biaya kesehatan mengalami kenaikan atau inflasi sebesar 15 persen per tahun.

Di sinilah asuransi kesehatan berperan yang antara lain:

1. Mencegah kerugian finansial 

Selain untuk menjadi penyelamat di saat dibutuhkan nantinya, asuransi kesehatan dapat mencegah kamu dari risiko kerugian keuangan diakibatkan dari masalah kesehatan. Biaya perawatan yang besar tidak jarang membuat seseorang kehabisan harta bendanya.

Sudah jatuh tertimpa tangga, sudah sakit terpaksa harus menjadi miskin. Kamu tentunya nggak mau seperti itu, bukan?

Milikilah asuransi kesehatan dari sekarang. Biaya perawatan akan ditanggung perusahaan asuransi, kamu pun dapat sisa hidup dengan tenang kemudian. 

2. Melatih diri menjadi lebih baik

Memiliki asuransi kesehatan memang dimaksudkan untuk melindungi diri dan keluarga, baik dalam segi kesehatan maupun keuangan.

Namun, kamu juga bisa menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi lebih disiplin, dan pandai berhemat, bahkan mengetahui skala prioritas dengan sangat baik. 

Dengan memilih untuk memiliki asuransi kesehatan, jelas kamu telah memprioritaskan kehidupan masa depan dan keluarga.

Kamu pun kemudian menyisihkan uang secara bijaksana dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Kamu otomatis menjadi berhemat.

Selain itu, dengan membayar premi asuransi kesehatan setiap bulan, kamu pun menjadi pribadi yang konsisten dan disiplin. Demi mendapatkan manfaat maksimal, kamu pun tidak mengabaikan waktu pembayaran setiap bulannya. 

3. Melindungi diri sendiri dan keluarga 

Alasan yang mendorong seseorang untuk memiliki asuransi kesehatan tidak lain adalah untuk melindungi dirinya sendiri beserta anggota keluarga yang dicintainya.

Menyadari bahwa produktivitas dan pemasukan akan berhenti pada saatnya, memiliki jaminan kesehatan merupakan sebuah kewajiban.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, biaya perawatan kesehatan mulai dari konsultasi dengan dokter, rawat jalan, rawat inap, pemeriksaan semisal endoskopi, bahkan tindakan operasi pun ditanggung perusahaan asuransi. Kamu pun dapat menerima santunan jika mengidap penyakit kritis atau meninggal dunia. 

Mau tahu lebih banyak tentang anggaran kesehatan hingga asuransi? Temukan jawaban para ahli di Tanya Lifepal!

Bagaimana memilih asuransi kesehatan yang tepat?

asuransi kesehatan cashless 

Banyak perusahaan yang menawarkan asuransi kesehatan, tetapi tidak semua produk asuransi kesehatan tepat untuk kebutuhan kamu dan keluarga.

Untuk memilih produk asuransi kesehatan yang tepat, kamu perlu memerhatikan beberapa fasilitas yang ditawarkan perusahaan asuransi. Berikut adalah fasilitas yang perlu dipertimbangkan. 

  • Klaim cashless
  • Bonus tidak ada klaim
  • Klaim ganda
  • Pertanggungan pre-existing condition
  • Pertanggungan rawat jalan setelah rawat inap
  • Biaya ambulans
  • Medical check-up 

1. Klaim cashless

Produk asuransi kesehatan yang menyediakan fasilitas klaim cashless memudahkan kamu dalam melakukan perawatan medis karena kamu tidak perlu membayar apa pun.

Kamu hanya perlu membawa kartu keanggotaan dan memberikannya kepada pihak rumah sakit. Kemudian pihak rumah sakit yang akan berkoordinasi dengan perusahaan asuransi mengenai biaya perawatan.

Namun perlu dicatat, klaim cashless ini hanya bisa dilakukan dengan rumah sakit rekanan penyedia asuransi. 

2. Bonus karena tidak ada klaim 

Ada beberapa penyedia asuransi yang dapat memberikan bonus kepada nasabah yang tidak mengajukan klaim selama masa pertanggungan. Bonus dapat berupa potongan premi ataupun nilai tunai. 

3. Klaim ganda 

Klaim ganda atau disebut dengan coordination of benefit (CoB) merupakan sebuah fasilitas dimana nasabah bisa mengajukan klaim ke dua perusahaan asuransi berbeda.

Kebanyakan dari kita sebagai Warga Negara Indonesia memiliki BPJS Kesehatan sebagai asuransi wajib. Artinya, kita memiliki asuransi kesehatan lainnya di samping asuransi swasta yang kita miliki saat ini.

Perusahaan asuransi yang memberikan fasilitas klaim ganda ini tentu saja memberikan keuntungan karena kemungkinan lingkup proteksi akan berbeda dengan BPJS Kesehatan.

Begitu juga dengan alur pelayanan yang lebih ringkas dibandingkan dengan BPJS Kesehatan. 

4. Pertanggungan pre-existing condition

Kebanyakan asuransi tidak menanggung penyakit yang ada sebelum kamu memiliki polis asuransi kesehatan. Namun, tetap ada beberapa asuransi yang tidak memberlakukan syarat tersebut dan memberikan pre-existing condition sehingga penyakit tersebut bisa mendapat pertanggungan dari penyedia asuransi. 

5. Pertanggungan rawat jalan setelah rawat inap 

Tidak semua penyedia asuransi menanggung biaya rawat jalan yang kamu alami setelah rawat inap. Ada beberapa perusahaan yang memberikan pertanggungan secara lengkap untuk rawat inap sekaligus dengan rawat jalan setelahnya.

Kamu hanya perlu sedikit teliti untuk menemukan produk asuransi kesehatan yang menyediakan fasilitas ini. 

6. Biaya ambulans 

Dengan memberikan fasilitas biaya ambulans, kamu sebagai nasabah pun tidak perlu khawatir untuk mengeluarkan biaya tambahan atas transportasi yang dilakukan dengan menggunakan ambulans. 

7. Medical check-up 

Beberapa penyedia asuransi kesehatan pun memberikan fasilitas berupa pemeriksaan medis secara gratis. Ini tentu saja menjadi manfaat yang harus dimaksimalkan.

Kamu bisa memeriksa kondisi tubuh secara rutin, kesehatan pun termonitor dengan baik. 

Endoskopi tidak jarang digunakan untuk melakukan pemeriksaan sebelum atau saat tindakan operasi dilakukan. Mengingat biaya operasi sendiri tidaklah sedikit, ditambah dengan biaya endoskopi pastinya biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit.

Namun, jika kamu telah memiliki asuransi kesehatan maka kamu tidak perlu khawatir. Semua akan tercakup dalam pelayanan lengkap. Kamu pun hanya perlu fokus pada proses pemulihan.

Semoga kamu dan keluarga selalu berada dalam kondisi sehat dan bahagia. Untuk mendapatkan asuransi kesehatan terbaik, kamu bisa mendapatkan rekomendasi dari Lifepal secara gratis.

Tinggal isi formulir yang ada di halaman awal situs ini. Kamu pun mendapatkan asuransi sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki.

Gunakan Kalkulator Uang Pertanggungan Jiwa dari Lifepal berikut ini biar kamu mendapatkan premi asuransi jiwa yang sesuai kebutuhan dan bujetmu!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →