Cari Tahu Biaya Fisioterapi di Indonesia dan Solusi Finansial Untukmu

biaya fisioterapi di indonesia

Saat kita atau anggota keluarga mengalami cedera dan melemahkan fungsi gerak tubuh, tentunya fisioterapi amat dibutuhkan. Sayangnya, gak jarang orang takut melakukannya karena khawatir dengan biaya fisioterapi yang mahal.

Lalu, sebenarnya berapa sih biaya fisioterapi itu? Apakah benar mahal? Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Biaya fisioterapi di Indonesia

Jika dibandingkan biaya pengobatan biasa, biaya fisioterapi memang tergolong cukup mahal sebab prosedur fisioterapi harus dilakukan secara bertahap, yaitu dimulai dari serangkaian penilaian, diagnosis, hingga tindakan pencegahan.

Nah biaya fisioterapi di klinik fisioterapi maupun rumah sakit berbeda-beda, tergantung jenis cedera dan penanganan yang diberikan. Namun, pada umumnya biaya fisioterapi di Indonesia dimulai dari Rp50.000 hingga lebih dari Rp300.000 per sesi.

Misalnya, biaya fisioterapi di salah satu rumah sakit di Jakarta mematok harga Rp500 ribu dengan fasilitas konsultasi, fisioterapi, hidroterapi, korset, dan foto rontgen.

Berikut kisaran biayanya di beberapa rumah sakit besar di Indonesia. Perlu diketahui bahwa biaya yang tertera bukanlah biaya keseluruhan dikarenakan adanya penanganan medis pendukung yang mungkin dibutuhkan pasien dan akan dikenai biaya tambahan.

Nama Rumah Sakit dan Kota Kisaran Biaya Awal Fisioterapi

RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta

Yogyakarta

Rp20.000

Rumah Sakit Banyumanik

Semarang

Rp25.000

Rumah Sakit Citra Arafiq

Depok

Rp45.000

Mitra Keluarga Tegal

Tegal Barat, Tegal

Rp64.000

RS St. Elizabeth Bekasi

Bekasi

Rp100.000

RS Premier Bintaro

Pondok Aren, Tangerang Selatan

Rp110.000

Klinik Emphysio Makassar

Makassar

Rp200.000

RS Mitra Bangsa Pati

Pati

Rp220.000

Klinik Miracle

Setiabudi, Jakarta

Rp250.000

RSU Bunda BMC Padang

Padang

Rp300.000

Mitra Keluarga Cikarang

Cikarang

Rp335.000

RS Imelda Pekerja Indonesia

Medan

Rp480.000

Apa itu fisioterapi?

rehabilitasi fisioterapi

Fisioterapi atau yang juga dikenal sebagai terapi fisik adalah prosedur yang dilakukan untuk memeriksa, menangani pasien yang memiliki keterbatasan gerak dan fungsi tubuh untuk mengurangi risiko akibat cedera dan risiko cacat fisik.

Penanganan pada fisioterapi biasa dilakukan secara manual dengan pijatan, peningkatan gerak dengan terapi latihan dan stretching, elektroterapi, dan juga edukasi gaya hidup sehat untuk percepat proses penyembuhan.

Fisioterapi sendiri terbagi menjadi beberapa bidang, di antaranya:

  • Fisioterapi Anak (Pediatrik) dan Obgyn: Fisioterapi yang berfokus pada penanganan anak dan kehamilan.
  • Fisioterapi Muskuloskeletal: Fisioterapi yang berfokus pada penanganan otot.
  • Fisioterapi Neuromuskular: Fisioterapi yang berfokus pada penanganan yang berkaitan dengan saraf.
  • Fisioterapi Kardio dan Pulmonal: Fisioterapi yang berfokus pada penanganan yang berkaitan dengan masalah jantung dan paru-paru.
  • Fisioterapi Geriatrik: Fisioterapi yang berfokus pada penanganan yang berkaitan dengan pasien lanjut usia.
  • Fisioterapi Kesehatan Wanita: Fisioterapi yang berfokus pada peningkatan kebugaran dan kesehatan khusus wanita.
  • Fisioterapi Olahraga: Fisioterapi yang berfokus pada penanganan cedera olahraga dan peningkatan kebugaran melalui olahraga.

Kondisi apa yang mengharuskan menjalani fisioterapi?

Ada beberapa jenis kondisi yang membutuhkan fisioterapi, seperti berikut ini.

  • Gangguan tulang belakang.
  • Radang sendi.
  • Kondisi pasca amputasi.
  • Cedera saat olahraga.
  • Kondisi pasca patah tulang.
  • Gangguan otak dan sistem saraf.
  • Gangguan jantung dan sirkulasi darah.
  • Gangguan sistem pernapasan.

Apa risikonya jika tidak menjalani fisioterapi?

Biaya fisioterapi yang tergolong cukup mahal dan lamanya proses terapi sering kali menyebabkan seseorang tidak ingin menjalani fisioterapi. 

Namun, jika kondisi yang dialami membutuhkan penanganan fisioterapi dan tetap dilakukan tentunya rasa tidak nyaman pada tubuh akan sangat mengganggu dan bisa menimbulkan penyakit lainnya.

Biaya medis yang semakin mahal

pasangan orang tua di rumah sakit

Biaya perawatan kesehatan di Indonesia masih terbilang mahal. Bahkan biayanya jauh lebih mahal ketimbang negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.

Berdasarkan survei yang dilakukan Medical Trend Around the World 2018 melalui Medical Trend Around the World, biaya medis di Indonesia tahun 2018 sebesar 12,6 persen lebih tinggi dibanding Malaysia 12,5 persen dan Singapura 9,1 persen. Akibatnya kebutuhan kesehatan di Indonesia menjadi barang mewah dan hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu.

Meskipun di Indonesia sudah memiliki BPJS Kesehatan sebagai solusi, namun gak ada salahnya untuk mengoptimalkan perlindungan kesehatan dengan memiliki jaminan lainnya, misalnya saja dengan memiliki asuransi kesehatan. 

Temukan solusi biaya fisioterapi dengan asuransi kesehatan 

Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang bisa membantu menanggung biaya medis saat harus ke dokter atau rumah sakit. Manfaat utamanya mencakup biaya rawat inap, rawat jalan, pembedahan, dan medical check-up. Sementara manfaat tambahan (rider) meliputi melahirkan, perawatan gigi, dan mata.

Kini hampir seluruh rumah sakit di Indonesia sudah menerima berbagai jenis asuransi kesehatan sebagai solusi pembayaran pengobatan dengan proses yang mudah. Kemudahan ini diterapkan dengan metode cashless ataupun reimbursement.

Dengan punya asuransi kesehatan tentunya kamu gak perlu khawatir akan biaya lagi ketika penyakit datang tiba-tiba. Sebab asuransi kesehatan bisa menanggung biaya perawatannya. Akibatnya perencanaan keuangan yang sudah kamu susun gak berantakan akibat pengeluaran yang tidak terduga. Apalagi biaya preminya bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat asuransi kesehatan terbaik, misalnya membeli asuransi kesehatan secara online di Lifepal. 

Kenapa harus di Lifepal? Di sini kamu bisa membandingkan ratusan produk asuransi kesehatan terbaik dan murah. Dengan begitu, kamu pun bisa menjatuhkan pilihan sesuai dengan manfaat dan premi asuransi yang dibutuhkan. Yuk kunjungi Lifepal sekarang!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →