Biaya Ganti Kaca Depan Innova untuk Berbagai Tipe

biaya ganti kaca depan innova

Risiko kaca mobil yang pecah bisa saja terjadi disaat yang tidak diinginkan. Kaca mobil bagian depan bisa saja pecah karena kejatuhan benda seperti batu, kerikil, burung, dan benda lain. Untuk menggantinya, kamu perlu tahu rincian biaya ganti kaca depan Innova.

Kaca mobil bagian depan tentunya sangat bermanfaat bagi pengemudi. Kaca ini akan menahan angin, debu, kotoran, dan hal lainnya untuk masuk ke dalam kabin.

Selain itu, bagian kaca depan tentunya berfungsi untuk melihat kondisi jalanan, sehingga kamu bisa mengendarai mobil dengan aman dan nyaman. Jika kaca ini dalam kondisi kotor atau bahkan rusak, maka perjalananmu bisa terganggu.

Nah, jika kamu mengalami hal ini, kamu tidak perlu panik karena bagian ini bisa diganti. Cari tahu kisaran biaya ganti kaca depan Innova berikut ini!

Biaya ganti kaca mobil Innova

Satu titik retakan pada kaca mobil bisa berimbas pada kondisi kaca mobil. Jika dibiarkan terus menerus, tentunya kerusakan akan semakin parah dan dikhawatirkan bisa pecah pada saat kamu sedang menggunakannya.

Maka dari itu, jika ada sedikit saja tanda kerusakan atau keretakan pada kaca mobil, ada baiknya kamu untuk segera menggantinya. 

Berikut beberapa rincian biaya ganti kaca mobil Innova untuk berbagai tipe dan lokasi.

1. Biaya ganti kaca mobil depan

Kaca depan menjadi bagian kaca yang paling lebar dan penting, sehingga harga untuk kaca depan ini lebih mahal daripada bagian lainnya.

Biaya ganti kaca depan untuk mobil Innova bervariasi, bergantung pada jenis mobil. Misalnya saja, Biaya ganti kaca depan untuk Innova tipe G Luxury M/T Gasoline yaitu sebesar Rp2.5 juta.

Manfaatkan asuransi mobil syariah untuk menjaminmu dari mahalnya biaya perbaikan di bengkel. Asuransi mobil syariah mengedepankan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan syariat dan turut diawasi oleh MUI.

2. Biaya ganti kaca mobil samping

Kaca mobil bagian samping ini merupakan bagian kaca yang paling kecil dan letaknya ada di pintu mobil. Risiko kerusakan juga dapat terjadi pada bagian ini.

Biaya ganti kaca mobil Innova bagian samping dibanderol mulai dari Rp465 ribu untuk kaca pintu depan dan Rp265 ribu untuk kaca pintu belakang per kaca untuk tipe G Luxury M/T Gasoline.

3. Biaya ganti kaca mobil belakang

Terakhir, kaca mobil bagian belakang yang tidak kalah penting. Kaca belakang bisa membantu kamu untuk melihat kondisi bagian belakang mobil saat di perjalanan dan bisa membantu kamu pada saat ingin parkir.

Untuk mengganti kaca mobil belakang Innova, biaya yang dibutuhkan adalah sebesar Rp1 juta untuk tipe G M/T Diesel.

Tentunya, harga yang dicantumkan ini tidak jauh berbeda untuk Innova jenis lainnya. Harga-harga tersebut juga biasanya belum termasuk harga lem sekitar Rp200 ribu, harga list kaca sebesar Rp90 ribu, dan biaya pemasangan sebesar Rp350 ribu.

Promo May Lifepal Dekstop
Promo May Lifepal Mobile

Untuk informasi lengkapnya, kamu bisa menanyakan langsung pada pihak bengkel kaca mobil terdekat, ya. 

Penyebab kaca depan Innova rusak

Kaca mobil bagian depan sebuah mobil ibarat mata yang menjadi penunjuk arah. Jika bagian kaca mobil pecah atau kotor, tentunya akan sangat mengganggu perjalanan. 

Kaca mobil umumnya dibuat dari bahan yang sangat kuat sehingga dapat menahan angin. Namun, risiko rusak pun tak dapat dihindari.

Penyebab utama kaca depan Innova rusak umumnya adalah karena kejatuhan benda seperti batu, kerikil, burung, dan benda lain.

Kaca mobil pecah juga dapat terjadi pada saat kecelakaan. Tidak hanya kaca bagian depan, kaca bagian samping dan belakang pun bisa saja pecah.

Tidak sedikit pula kasus kaca depan Innova pecah karena kurang berhati-hati saat berkendara di belakang truk, sehingga material yang dimuat truk jatuh dan menimpa kaca.

Terakhir, gesekan dari wiper yang telah tipis karetnya bisa saja melukai kaca karena bagian wiper yang tajam tersebut bersentuhan langsung dengan kaca. Gesekan ini lama kelamaan bisa saja membuat kaca menjadi pecah.

Jenis kaca mobil

Jika kamu ingin mengganti kaca mobil, kamu juga perlu tahu beberapa jenis kaca mobil yang ada di pasaran. Jenis-jenis ini akan menentukan harga dan besaran biaya ganti kaca depan innova. Beberapa jenis kaca mobil yang ada, yaitu.

1. Kaca mobil orisinil

Jenis kaca mobil orisinil berarti kaca mobil tersebut diproduksi dan dijual langsung oleh dealer resmi mobil yang membuat berbagai macam spare part mobil

Kamu dapat membeli kaca mobil orisinil di dealer resmi. Jenis ini juga memiliki logo atau stiker pada kaca yang menandakan bahwa kaca tersebut asli.

Meskipun harganya tentu akan lebih mahal, tetapi kualitas kaca pun tidak diragukan lagi.

2. Kaca mobil aftermarket atau OEM

OEM atau Original Equipment Manufacturer adalah pabrik yang menghasilkan spare part asli dan telah memiliki lisensi dari dealer resminya. 

Kamu bisa saja membeli kaca mobil jenis ini yang dapat dengan mudah ditemukan di bengkel-bengkel mobil. Pada kaca mobil aftermarket pun akan diberi logo produsennya.

3. Kaca mobil bakaran

Jenis kaca mobil ini biasanya digunakan untuk mobil-mobil klasik yang mempunyai spare part yang sulit untuk dicari misalnya mobil tahun 1980-an.

Promo 15 Tahun Desktop
Promo 15 Tahun Mobile

Cara merawat kaca depan innova

Agar terhindar dari risiko kaca depan Innova yang rusak, maka kamu bisa merawat dengan rutin membersihkannya. Beberapa cara membersihkan kaca mobil atau merawatnya yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  • Parkir di tempat yang aman dan rindang agar terhindar dari sinar matahari,
  • Berkendara dengan hati-hati, terutama jika berkendara di bagian belakang truk, atau kendaraan yang memuat banyak barang, dan
  • Periksa dan bersihkan secara rutin dengan lap atau lainnya.

Kamu juga bisa rutin membersihkan kaca mobil depan agar debu di jalanan tidak menumpuk dan bisa mengganggu jarak pandangmu. Pastikan untuk selalu berkendara dengan aman dan bisa melihat kondisi jalanan dengan jelas.

Penting memiliki asuransi mobil

Tips dari Lifepal! Kaca depan mobil yang rusak dan bermasalah tentunya dapat membahayakan keamanan saat mengemudi. Jika kaca depan mobil Innova tidak segera diganti, maka bisa saja berdampak pada kerusakan bagian yang semakin parah.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan servis dan tentu saja akan merogoh kantongmu. Sehingga agar lebih nyaman dan kantong aman, ada baiknya jika kamu mulai memiliki asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan.

Kamu bisa memilih asuransi jenis all risk dengan fasilitas segala biaya kerusakan mobil akan ditanggung, dari mulai skala kecil maupun skala besar.

Selain itu, asuransi mobil all risk juga bisa mengganti kerugian akibat kehilangan mobil karena pencurian. Asuransi ini tentunya cocok buat kamu agar terhindar dari segala jenis masalah dan resiko mobil. 

Selain all risk, ada pula asuransi TLO, asuransi ini memiliki fasilitas untuk mengganti kerugian hingga 75 persen dari nilai mobil yang mengalami kerusakan. 

Asuransi ini cocok buat kamu pemilik mobil tua atau mobil bekas. Kedua mobil ini biasanya memiliki potensi tinggi mengalami kerusakan yang lebih berat. 

Supaya tidak bingung menentukan pilihan asuransi mobil, coba ikuti kuis asuransi mobil terbaik berikut ini untuk mengetahui asuransi yang paling tepat sesuai kebutuhanmu.

Pertanyaan seputar biaya ganti kaca mobil Innova

Apa penyebab kaca mobil depan Innova bisa pecah?

Kaca mobil bagian depan umumnya dapat pecah karena adanya tekanan berlebihan dari angin, tertimpa benda tajam seperti batu, kerikil, dan lainnya; serta terpapar sinar matahari dengan suhu ekstrem dalam waktu yang lama.

Berapa kisaran biaya ganti kaca mobil Innova?

Harga kaca depan mobil Innova di pasaran di jual dari harga Rp2.5 juta. Namun, harga ini belum termasuk harga lem kaca sekitar Rp200 ribu, harga list kaca sebesar Rp90 ribu, dan biaya pemasangan sebesar Rp350 ribu.

Agar kantong aman, ada baiknya jika kamu mulai memiliki asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan.

Promo Car Brand Lifepal Desktop
Promo Car Brand Lifepal Mobile

Kaca mobil bagian depan umumnya dapat pecah karena adanya tekanan berlebihan dari angin, tertimpa benda tajam seperti batu, kerikil, dan lainnya; serta terpapar sinar matahari dengan suhu ekstrem dalam waktu yang lama.

Harga kaca depan mobil Innova di pasaran di jual dari harga Rp2.5 juta. Namun, harga ini belum termasuk harga lem kaca sekitar Rp200 ribu, harga list kaca sebesar Rp90 ribu, dan biaya pemasangan sebesar Rp350 ribu.

Agar kantong aman, ada baiknya jika kamu mulai memiliki asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan.